Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

jutah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Oct 13, 2005 7:58

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by jutah »

Ok rekan2 sekalian, mau update lagi, kmrn sudah ke beres mazda lain, kali ini yg disunter,error code dari hasil scannya adalah:
P0171 System Too Lean Bank 1

SA menjelaskan bahwa diruang bakar jumlah oksigen lbh banyak dari seharusnya, menurut dia ini disebabkan oleh penumpukan karbon di ruang bakar (i still don't buy it) sehingga harus bersihkan ruang bakar yg nilainya sekitar 1 jtan, ada cairan khusus yg akan di tuangkan ke masing2 silinder lalu akan dijalankan sampai keluar asap atau something like that klo ga salah nangkep penjelasannya, dan as always dia bilang tidak dicover garansi untuk cuci ruang bakar.
Ketika saya tanya karbon itu dari mana datangnya, dia bilang dari hasil pembakaran di ruang mesin, saya agak bingung sih, apa iya jaman skrg saat pertamax dan pertamax turbo sdh unleaded semenjak dulu masih akan menyisakan karbon? Kalau pun iya saya yakin jumlahnya tidak akan signifikankan? Apalagi ini blm ada setaun.

Karena kmrn msh ada seperempat lbh pertamax turbo ditangki, akhirnya saya minta direset lagi saja sampai saya coba isi pertamax, lalu oleh bengkel sensor2 dibersihkan, sensor oksigen,dll (ini menurut SA nya sih, saya sempat intip dan memang ada beberapa part yg di lepas lalu di semprot2 cairan ntah cairan apa)
Ok, selesai check engine mati, lalu saya isi full pertamax dan check engine tidak nyala, sampai tadi siang, starter di parkiran mal dan nyala lagi itu check engine (eeaaa)
Akhirnya saya telp customer service mazda, ceritain kronologinya kekeuh bahwa harusnya menurut saya cuci ruang bakar itu dicover garansi karena saya selalu menggunakan bahan bakar dianjurkan dan tidak merubah apa2, cust service bilang akan difollow up dan nanti saya akan dihubungi.
Sempat search di google tentang error code itu dan tidak nemu yg bilang harus cuci ruang bakar, menurut rekan2 sekalian apa iya perlu cuci ruang bakar?
Karena dr saya yg awam soal mesin dan kawan2nya kok rasanya agak ga nyambung ya antara kelebihan oksigen dan adanya tumpukan karbon di ruang bakar..

Oh ya pas scan kmrn juga ditemukan bahwa accu sudah agak lemah sehingga menyebabkan istopnya ga berfungsi, dan klo ganti accu di beres harganya 3jtan, wow lumayan juga ya untuk harga accu, lalu tanya2 bengkel non beres ada yg jual merk amaron harga 1,6jtan, apakah ada yg pengalaman dgn accu merk itu? Apakah tidak apa2 klo misal saya ganti dgn accu itu? Karena menurut org bengkelnya yg amaron ini CA nya lbh tinggi dr yg bawaan, yg lain lbh rendah jadi ga dianjurkan.

Mohon maaf klo agak berantakan, ngetiknya dari hp hehehe..
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by mobilover »

Hmm2 kasus bro jutah baru pertama kali ini ane denger.
Agak unik yah :mky_01: Well semoga dari customer service ada solusi untuk biaya cleaningnya :big_smile]

anyway utk aki amaron, ane pribadi juga pake. Harganya di kisaran 1 juta pas ane ganti. Sampe sekarang masih awet :big_peace:
Untuk aki ganti di bengkel non resmi aja, asal ukuran dan voltagenya cukup ga ada masalah kok. Ane udah buktikan sendiri dgn mobil ane pribadi :big_smoking:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by egibaio »

Jangan mau. Ga ada hubungannya terlalu lean gara gara karbon numpuk, akal akalannya aja memang itu. Coba cek MAF atau kebocoran intake yang setelah MAF aja kalau lean begitu. Hati2 ganti accu di luar bisa bisa dijadikan alasan buat mengahnguskan garansi.

Kecuali kalau bersiin karbonnya gratis boleh lah. Lagipula carbon clean abis sejuta baru denger tuh emang obatnya pake champagne kali ya mahal bener.

Karbon di ruang bakar dari pembakaran pasti ada tapi ga bakal nyalain CE, lah mobil saya umur 15 taun aja kagak ada tuh kerak numpuk atau sludge.

Pengalaman dulu saya pake mazda kalau ada problem ngomongnya sama SA memang ga pernah memuaskan, SA nya bodoh tapi sok tahu. Harus telpon MMI mulu. Ancam bawa ke media aja atau bandingin experience pakai brand mobil sebelumnya dengan mazda (dulu saya begitu dan lgsg cepat prosesnya). Atau daripada ngobrol sama SA mending lgsg ngobrol sama montir yang di workshopnya
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5686
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by sintoni »

Kalo menurut SA ada penumpukan karbon di ruang mesin sih emang agak ga masuk akal. Masa mobil setaun terus pake bensin 92 sudah ada penumpukan karbon yang buat CE nyala, bener kat om egi, penumpukan karbon pasti ada, tapi ga masuk akal kalo sudah CE nyala.

Tapi kalo bisa dicoba kerjain sendiri dulu.

Coba pake aditif bensin yang bersifat deterjen yang mengandung PEA, kayak amsoil PI atau Redline CSFC, tuangin aja full pas bensin kurang dari setengah.

Terus coba italian tune up dulu di tol, semoga bisa membantu.

Kalo ga bisa ya coba Carbon Cleaning di bengkel.
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by idlamahilang »

Menurut ane mending aki nya diganti baru dulu aja, karena M2 ini kan banyak fitur yang pakai ecu mirip mobil eropa, dan indikator check engine selalu nyala setelah mesin di start. Bisa jadi karena Cranking Ampere aki anda udah lemah, jadi ada beberapa sensor yang mungkin kena trigger. Di mobil eropa kan sering ada effect samping kalo aki lemah tapi dipaksa start, ada LCD deadpixel, mobil ngelitik, power window mati dan central lock mati jg. Siapa tau M2 nya mirip2 gitu.
Daripada aki nya tekor di kemudian hari malah pusing pala ntar. Kalo ane sih pake aki rocket, CA nya lumayan tinggi daripada yuasa dan geforce.

Jadi ya ganti aki trus reset ulang lagi. Diliat gimana hasilnya. Semoga lekas sembuh.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by michaelgiri93 »

Hmmm
Nubi mau ngasi pendapat
Jadi kalo salah mohon dikoreksi ya om2 sekalian
Setau saya kalo too lean artinya komposisi bahan bakar dan oksigennya relatif lebih banyak oksigennya (bahasa gampangnya begitu)
Nah kalo system too rich artinya komposisinya relatif banyak bbm daripada oksigen
CMIIW
Nah kalo udah begitu bukannya malah artinya harus di setel ya komposisinya di bikin lebih rich sedikit daripada setelan sekarang
Atau, bersihkan filter udara dan mass aiflow sensor/ airflow meter, dan 2 2nya bisa dilakukan sendiri om
Seharusnya gak perlu pembersihan ruang bakar
Bicara soal karbon
Setau saya juga ini, kalau salah mohon dikoreksi
Tiap mesin pasti ada penumpukan karbon, dan kalaupun sudah di bersihkan bla bla bla juga dipakai sebentar pasti numpuk lagi, dan setau saya itu normal sekali om
Jadi hal itu belum tentu menyelesaikan masalah menurut saya
Ya itu pendapat saya sih
Cmiiw ya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by ChZ »

Karbon numpuk di ruang bakar hubungannya sama rasio kompresi meningkat... Which means knocking...

G ada hubungannya....

Too lean bisa jd... Kebocoran intake... Bacaan sensor g bener... Injector mampet...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
poik99
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
Location: Jakarta

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by poik99 »

Punya gw ga gitu kok, gonta ganti bensin ga masalah
Uda berapa kali ganti
Mbl juga sama mazda 2 skyactiv
Kayanya ada yang ngaco deh soalnya mbl gw ga perna CEL
Itu CEL uda perna di reset pake obd2 blum? Sering abis reset gtu ilang

Sent from my SM-G930F using Seraya Motor mobile app
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by arissety »

Kok g dicover garansi. Akal2an saja itu.
Harus ngotot om TS.

Klo kayak gini jadi males beli mobil baru, mending second aja.
inu83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sun Nov 08, 2015 2:46

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by inu83 »

Menurut saya sih coba klaim aki/ganti aki (di toyota cover garansi 2thn,entah mazda ya)...karena pembacaan sensor akan tdk maksimal klo aki dibawah rating std...terbukti toh i-stop gk jalan...hehe.setelah gnti aki baru kita lihat perubahannya...
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by ongisnade »

Pengalaman saya service di Mazda Adityawarman Surabaya (punya eurokars) membersihkan intake manifold dan ruang bakar sudah menjadi standard mereka dan tidak ada biaya tambahan, waktu itu CX5 saya ngelitik. Dari penjelasan kabeng periodically (paling tidak per 10 rb km) intake manifold harus dibongkar juga ruang bakar dibersihin/carbon cleaning. Penyebab utama ngelitik/kotor menurut penjelasan dia adalah uap oli yang masuk kembali ke intake manifold. Kalau dicopot dan dibuatkan oil catch tank akan keluar CE. Jadi mau gak mau ya periodically dibongkar dan diberihkan. Ada masukan juga kalau timing pembakaran sudah di set octane 92 trus kita isi octane yang lebih tinggi maka ruang bakar akan lebih cepat kotor oleh carbon deposit dikarenakan octane yang lebih tinggi lebih susah untuk terbakar. Sebelumnya saya gonta-ganti octane 92-95 jadi ngelitik. Setelah dibersihkan saya pakai octan 92 terus sampai sekarang tidak ada ngelitik lagi.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by ChZ »

ongisnade wrote:Pengalaman saya service di Mazda Adityawarman Surabaya (punya eurokars) membersihkan intake manifold dan ruang bakar sudah menjadi standard mereka dan tidak ada biaya tambahan, waktu itu CX5 saya ngelitik. Dari penjelasan kabeng periodically (paling tidak per 10 rb km) intake manifold harus dibongkar juga ruang bakar dibersihin/carbon cleaning. Penyebab utama ngelitik/kotor menurut penjelasan dia adalah uap oli yang masuk kembali ke intake manifold. Kalau dicopot dan dibuatkan oil catch tank akan keluar CE. Jadi mau gak mau ya periodically dibongkar dan diberihkan. Ada masukan juga kalau timing pembakaran sudah di set octane 92 trus kita isi octane yang lebih tinggi maka ruang bakar akan lebih cepat kotor oleh carbon deposit dikarenakan octane yang lebih tinggi lebih susah untuk terbakar. Sebelumnya saya gonta-ganti octane 92-95 jadi ngelitik. Setelah dibersihkan saya pakai octan 92 terus sampai sekarang tidak ada ngelitik lagi.
Maaf oom... Setau saya... Seharusnya mesin kompresi tinggi (13:1) malah gak ada masalah dalam membakar bensin model apapun... Ferrari 12:1 aja pake 98 gak ada masalah.

Kasus unburnt fuel kl pake oktan tinggi malah hrsnya rawan di mbl kompresi rendah drpd tinggi... Contoh kasus klw mobil yg masi pake delco g bs dimajuin lg timing nya... makanya bkn kenceng malah ngempos...

Klw di mobil skrg yang uda fuel injection... Dia punya banyak mapping... Jd dia bisa otomatis adaptasi... aplg Mazda yang katanya canggih...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by Turboman »

Kalo saran ane

mending minta periksa semua sensor pada intake dan juga injector2 nya

periksa juga high pressure GDI pump

filter in tank nya

minta ganti jika bermasalah
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: RE: Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by billyd1773dz »

ChZ wrote:
ongisnade wrote:Pengalaman saya service di Mazda Adityawarman Surabaya (punya eurokars) membersihkan intake manifold dan ruang bakar sudah menjadi standard mereka dan tidak ada biaya tambahan, waktu itu CX5 saya ngelitik. Dari penjelasan kabeng periodically (paling tidak per 10 rb km) intake manifold harus dibongkar juga ruang bakar dibersihin/carbon cleaning. Penyebab utama ngelitik/kotor menurut penjelasan dia adalah uap oli yang masuk kembali ke intake manifold. Kalau dicopot dan dibuatkan oil catch tank akan keluar CE. Jadi mau gak mau ya periodically dibongkar dan diberihkan. Ada masukan juga kalau timing pembakaran sudah di set octane 92 trus kita isi octane yang lebih tinggi maka ruang bakar akan lebih cepat kotor oleh carbon deposit dikarenakan octane yang lebih tinggi lebih susah untuk terbakar. Sebelumnya saya gonta-ganti octane 92-95 jadi ngelitik. Setelah dibersihkan saya pakai octan 92 terus sampai sekarang tidak ada ngelitik lagi.
Maaf oom... Setau saya... Seharusnya mesin kompresi tinggi (13:1) malah gak ada masalah dalam membakar bensin model apapun... Ferrari 12:1 aja pake 98 gak ada masalah.

Kasus unburnt fuel kl pake oktan tinggi malah hrsnya rawan di mbl kompresi rendah drpd tinggi... Contoh kasus klw mobil yg masi pake delco g bs dimajuin lg timing nya... makanya bkn kenceng malah ngempos...

Klw di mobil skrg yang uda fuel injection... Dia punya banyak mapping... Jd dia bisa otomatis adaptasi... aplg Mazda yang katanya canggih...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Yep.. there're no such thing as octane too high.....
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: RE: Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by ongisnade »

billyd1773dz wrote:
ChZ wrote:
ongisnade wrote:Pengalaman saya service di Mazda Adityawarman Surabaya (punya eurokars) membersihkan intake manifold dan ruang bakar sudah menjadi standard mereka dan tidak ada biaya tambahan, waktu itu CX5 saya ngelitik. Dari penjelasan kabeng periodically (paling tidak per 10 rb km) intake manifold harus dibongkar juga ruang bakar dibersihin/carbon cleaning. Penyebab utama ngelitik/kotor menurut penjelasan dia adalah uap oli yang masuk kembali ke intake manifold. Kalau dicopot dan dibuatkan oil catch tank akan keluar CE. Jadi mau gak mau ya periodically dibongkar dan diberihkan. Ada masukan juga kalau timing pembakaran sudah di set octane 92 trus kita isi octane yang lebih tinggi maka ruang bakar akan lebih cepat kotor oleh carbon deposit dikarenakan octane yang lebih tinggi lebih susah untuk terbakar. Sebelumnya saya gonta-ganti octane 92-95 jadi ngelitik. Setelah dibersihkan saya pakai octan 92 terus sampai sekarang tidak ada ngelitik lagi.
Maaf oom... Setau saya... Seharusnya mesin kompresi tinggi (13:1) malah gak ada masalah dalam membakar bensin model apapun... Ferrari 12:1 aja pake 98 gak ada masalah.

Kasus unburnt fuel kl pake oktan tinggi malah hrsnya rawan di mbl kompresi rendah drpd tinggi... Contoh kasus klw mobil yg masi pake delco g bs dimajuin lg timing nya... makanya bkn kenceng malah ngempos...

Klw di mobil skrg yang uda fuel injection... Dia punya banyak mapping... Jd dia bisa otomatis adaptasi... aplg Mazda yang katanya canggih...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Yep.. there're no such thing as octane too high.....
Yah betul sekali bro secara teori memang seharusnya seperti itu. Dari beberapa pengguna CX5 termasuk saya setelah dibersihkan dan hanya minum octane 92 hingga 5 ribu km belum ada keluhan ngelitik lagi. Tapi sebagian pengguna yg naik octane 95 belum sampai seribu km sebagian kambuh ngelitik lagi. Apa mungkin tidak adaptive lagi ya terhadap perubahan octane. Saya masih monitor hingga 10 rb km hanya minum octane 92 ada ngelitik lagi atau tidak.
jutah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Oct 13, 2005 7:58

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by jutah »

Rekan2 sekalian, mau update lagi, sorry baru bisa online lagi :mky_01:
Jadi ceritanya kmrn minggu sudah ganti aki dengan Amaron tipe 85D23L, karena saya pikir toh aki sudah mulai lemah juga, setelah ganti, senin pagi kemarin minta reset lagi ke bengkel.

Awalnya ok, tapi di pakai setengah hari seperti biasa saat menyalakan mesin setelah parkir indoor di mal eh dia nyala lagi itu CE :mky_05:
Tapi yg saya notice setelah beberapa reset ini adalah si CE ini selalu nyalanya setelah saya starter klo habis parkir di basement kantor/mal, jadi di tempat2 parkir indoor, sedangkan setelah di reset klo saya parkir di outdoor saat starter ga pernah nyala sih, not sure kalau ini berhubungan atau tidak hehehe..

SA tetep bilang harus bersihin ruang bakar, setelah saya tanya kemungkinan ada yg bocor di intake udara, menurut dia kalo ada yg bocor mesin akan brebet, sedangkan ini kan tidak, mesin normal.
Saya sudah mengajukan keluhan ke Mazda Customer Care, sudah ceritakan semua kronologi, ditanya siapa SA nya dan mazda mana dan katanya akan di proses dan nanti di hubungi.
So far saya masih menunggu jawaban dari Mazda customer care dulu, klo sampai besok belum dihubungi rencananya akan hubungi lagi kesana :big_bored:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by iwing »

sekedar sharing. teman saya ada yang memakai avanza. seperti punya om, avanza tmn saya itu juga nyala CE nya. sudah di scan oleh beres dan bengkel2 lain katanya gak ada pesan error nya. sudah di reset pun, gak lama juga nyala lagi. cuma kalo dari sisi pemakaian, gak ada keluhan. hanya indikator CE nyala itu yang mengganggu. setelah terus dipakai secara harian, tau2 indikator CE itu mati sendiri dan sampai skrg kurang tau penyebab nya apa

btw semoga cepet ada solusi om
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by geofreyap »

Sebenernya kalo si om mau belajar & mau kotor sih masalah "cuci ruang bakar" bisa di lakukan sendiri a.k.a DIY.

Tinggal beli carb cleaner, buka air intake dari throttle body, semprot cairannya sambil minta 1 orang untuk mainin gas di rpm tinggi. Habisin itu 1 kaleng. Nanti kalo asap banyak, tandanya emang kotor oleh endapan karbon.
And yes, oktan 92 - 95 pun pasti masih ada endapan, karena kita tidak tiap hari bisa gas poll.

Lalu beli juga contact cleaner.
Bersihkan MAF sensor yg di air intake dan oxygen sensor di saluran buang dengan contact cleaner.

Coba juga ganti busi dengan yg baru & beli yg iridium. Tinggal cari cross-reference dari busi std nya mazda2 (ada di manual & google).

Coba juga ganti air filter. Boleh K&N atau balik ke ori-nya.

Dan yg terakhir coba bersihkan injector. Ini harus kebengkel. (Dan ini optional, karena mobil masih baru. Tp tidak ada salahnya utk di coba)

Kalau dari hasil scan mengatakan too lean, harusnya langkah2 di atas bisa mengobati penyakitnya.

Dan yg jelas biaya yg di keluarkan tidak sampai 300rb (di luar harga air filter, busi, & jasa bersihkan injector di bengkel).

Dan apakah mesin mazda harus di service ke bengkel resmi mazda ?
Jawaban saya sebagai penggemar otomotif, tidak.
Jawaban saya sebagai sales mazda, iya.

Tinggal cari bengkel tuning yg pro, jgn bengkel pinggir jalan biasa ya.
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
jutah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Oct 13, 2005 7:58

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by jutah »

geofreyap wrote:Sebenernya kalo si om mau belajar & mau kotor sih masalah "cuci ruang bakar" bisa di lakukan sendiri a.k.a DIY.

Tinggal beli carb cleaner, buka air intake dari throttle body, semprot cairannya sambil minta 1 orang untuk mainin gas di rpm tinggi. Habisin itu 1 kaleng. Nanti kalo asap banyak, tandanya emang kotor oleh endapan karbon.
And yes, oktan 92 - 95 pun pasti masih ada endapan, karena kita tidak tiap hari bisa gas poll.

Lalu beli juga contact cleaner.
Bersihkan MAF sensor yg di air intake dan oxygen sensor di saluran buang dengan contact cleaner.

Coba juga ganti busi dengan yg baru & beli yg iridium. Tinggal cari cross-reference dari busi std nya mazda2 (ada di manual & google).

Coba juga ganti air filter. Boleh K&N atau balik ke ori-nya.

Dan yg terakhir coba bersihkan injector. Ini harus kebengkel. (Dan ini optional, karena mobil masih baru. Tp tidak ada salahnya utk di coba)

Kalau dari hasil scan mengatakan too lean, harusnya langkah2 di atas bisa mengobati penyakitnya.

Dan yg jelas biaya yg di keluarkan tidak sampai 300rb (di luar harga air filter, busi, & jasa bersihkan injector di bengkel).

Dan apakah mesin mazda harus di service ke bengkel resmi mazda ?
Jawaban saya sebagai penggemar otomotif, tidak.
Jawaban saya sebagai sales mazda, iya.

Tinggal cari bengkel tuning yg pro, jgn bengkel pinggir jalan biasa ya.
Saya khawatirnya klo bongkar malah ga bisa pasangnya lagi om :big_biglaugh:


Tadi siang telp lagi ke Mazda call center untuk follow up keluhan saya, selang 2 jam kemudian SA Mazda Sunter yg waktu itu handle mobil waktu di cek ke sana telp ke saya, dia bilang mau follow up masalah mobil saya, pas saya tanya apakah ini karena nerima info dari call center, katanya tidak memang mau follow up saja (reallyy??) dia bilang klo memang muncul lagi harus cuci ruang bakar, bersihin injektor dll dan tetap kena biaya 1jtan.
Saya tetap kekeuh bahwa ini harusnya dicover warranty, dan dia bilang ok pak nanti coba dia bicarakan dgn team teknisi di sini dan nanti bapak kami hubungi kembali (saya semakin yakin bahwa ini pasti karena sudah di hub oleh MMI untuk hub saya, PD lah saya bahwa ini pasti akan di cover warranty).
Selang 15 menit kemudian dia telp lagi dan bilang setelah konsultasi dgn teknisi, kacab, dll boleh pak dibawa kesini mobilnya untuk dibersihkan ruang bakar, TAPI... kita berikan free jasanya saja ya pak, jadi obatnya tetap bapak bayar, untuk 4 silinder butuh 2 botol, harga 1 botol 198rb setelah pajak (eeaaaa).
Ngobrol2 lagi dgn tetep kekeuh untuk semua di cover warranty tetap ga dikasih, ya sudah akhirnya saya setujui 396rb untuk beli obatnya dan free jasa, tapi saya juga minta untuk di bersihkan injektornya dan cek fuel pump just in case ada masalah dan dia menyanggupi.
Ya sudahlah akhirnya saya booking untuk dikerjakan hari rabu depan tgl 14 desember.
Mudah2an setelah proses tgl 14 nanti semuanya sudah solved hehehe..nanti akan saya update lagi progressnya.. :big_smile]
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by FMEAKD »

Om jutah , coba bawa mobilnya ke tol lalu gas poll italian tune up, kalo nantinya masih CE setelah di bawa ke beres, siapa tau nanti CE mati
Sama ganti filter udara
Kalo injector mampet, RON 98 mah agak tifam mungkin... atau coba isi shell vpower, bawa jalan di toll gas poll
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by egibaio »

jutah wrote:
geofreyap wrote:Sebenernya kalo si om mau belajar & mau kotor sih masalah "cuci ruang bakar" bisa di lakukan sendiri a.k.a DIY.

Tinggal beli carb cleaner, buka air intake dari throttle body, semprot cairannya sambil minta 1 orang untuk mainin gas di rpm tinggi. Habisin itu 1 kaleng. Nanti kalo asap banyak, tandanya emang kotor oleh endapan karbon.
And yes, oktan 92 - 95 pun pasti masih ada endapan, karena kita tidak tiap hari bisa gas poll.

Lalu beli juga contact cleaner.
Bersihkan MAF sensor yg di air intake dan oxygen sensor di saluran buang dengan contact cleaner.

Coba juga ganti busi dengan yg baru & beli yg iridium. Tinggal cari cross-reference dari busi std nya mazda2 (ada di manual & google).

Coba juga ganti air filter. Boleh K&N atau balik ke ori-nya.

Dan yg terakhir coba bersihkan injector. Ini harus kebengkel. (Dan ini optional, karena mobil masih baru. Tp tidak ada salahnya utk di coba)

Kalau dari hasil scan mengatakan too lean, harusnya langkah2 di atas bisa mengobati penyakitnya.

Dan yg jelas biaya yg di keluarkan tidak sampai 300rb (di luar harga air filter, busi, & jasa bersihkan injector di bengkel).

Dan apakah mesin mazda harus di service ke bengkel resmi mazda ?
Jawaban saya sebagai penggemar otomotif, tidak.
Jawaban saya sebagai sales mazda, iya.

Tinggal cari bengkel tuning yg pro, jgn bengkel pinggir jalan biasa ya.
Saya khawatirnya klo bongkar malah ga bisa pasangnya lagi om :big_biglaugh:


Tadi siang telp lagi ke Mazda call center untuk follow up keluhan saya, selang 2 jam kemudian SA Mazda Sunter yg waktu itu handle mobil waktu di cek ke sana telp ke saya, dia bilang mau follow up masalah mobil saya, pas saya tanya apakah ini karena nerima info dari call center, katanya tidak memang mau follow up saja (reallyy??) dia bilang klo memang muncul lagi harus cuci ruang bakar, bersihin injektor dll dan tetap kena biaya 1jtan.
Saya tetap kekeuh bahwa ini harusnya dicover warranty, dan dia bilang ok pak nanti coba dia bicarakan dgn team teknisi di sini dan nanti bapak kami hubungi kembali (saya semakin yakin bahwa ini pasti karena sudah di hub oleh MMI untuk hub saya, PD lah saya bahwa ini pasti akan di cover warranty).
Selang 15 menit kemudian dia telp lagi dan bilang setelah konsultasi dgn teknisi, kacab, dll boleh pak dibawa kesini mobilnya untuk dibersihkan ruang bakar, TAPI... kita berikan free jasanya saja ya pak, jadi obatnya tetap bapak bayar, untuk 4 silinder butuh 2 botol, harga 1 botol 198rb setelah pajak (eeaaaa).
Ngobrol2 lagi dgn tetep kekeuh untuk semua di cover warranty tetap ga dikasih, ya sudah akhirnya saya setujui 396rb untuk beli obatnya dan free jasa, tapi saya juga minta untuk di bersihkan injektornya dan cek fuel pump just in case ada masalah dan dia menyanggupi.
Ya sudahlah akhirnya saya booking untuk dikerjakan hari rabu depan tgl 14 desember.
Mudah2an setelah proses tgl 14 nanti semuanya sudah solved hehehe..nanti akan saya update lagi progressnya.. :big_smile]
Nah kalau udah bayar tapi tetep nyala mau gimana tuh? :big_think: Agak ragu juga itu penyebabnya, tapi mudah mudahan cepat solved om
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by PRBS »

jangan mau untuk keluarin biaya lagi kalau soon or later setelah ritual ini, CE kembali nyala..

takutnya (amit2nya) unit yg om pakai ada cacat bawaan pabrik.. (walaupun ini masih "amit2"nya)

dan kalau bisa, sebelum melakukan ritual beres2 carbon blablabla di beres, pastiin lagi ke SA dengan ngomong gini..

"kalau suatu saat CE kembali nyala.. saya minta ini dicek kembali secara lebih menyeluruh ya.. dan harus dicover garansi loh ya.. saya ga mau kalau saya sampai mengeluarkan duit lagi. karena hal ini kan bukan salah saya dalam pemakaian.."

maaf bukan maksudnya menggurui om TS.. tapi kadang jengkel aja sama beres yg sudah jelas unit mobil masih dicover garansi tapi tetap ngeyel kalau hal ini hal itu ga dicover garansi..

:big_okay: :big_okay:
inu83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sun Nov 08, 2015 2:46

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by inu83 »

Ikut penasaran sama mesin skyactive...dpat artikel berikut http://mazdacar.org/post/2014/01/12/Tip ... an-6).aspx

Apabila kelistrikan dan sensor tidak stabil maka jangan kaget kalau Engine Light menyala. Engine Light menyala adalah sesuatu yang diharuskan pada saat switch berada di status ON tetapi pada saat Anda sudah menggerakkan mobll dan mesin menyala, maka indikator tersebut harus mati, apabila masih menyala maka Anda dalam masalah Smile. Masalah apa yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut

Aliran bensin ke mesin tidak lancar (misal Anda jarang memanaskan Mazda 6 Anda dan hanya dipakai untuk weekend hal ini sangat mungkin terjadi)
Kelistrikan yang tidak stabil (misal Anda menyalakan mobil terburu-buru dan sering menyala matikan mesin akibat jarak tempuh yang sangat pendek kurang dari 10 KM)
Mesin yang tidak dipanaskan dengan baik (Tidak sempat memanasi mobil dengan mengikuti tips berikut)

Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut adalah tips yang berhasil dilakukan

Pertama apabila Anda memang harus sangat terpaksa mengendarai mazda Anda maka berjalanlah pelan-pelan dengan kecepatan di bawah 40 Km/jam. Engine Light bukan berarti mesin rusak tetapi putaran yang berlebih bisa merusak mesin.

Usahakan parkir mobil Anda di tempat yang sejuk, matikan AC, heated seat, dan semua acessories, kemudian matikan dengan menekan button Start untuk mematikan mesin.

Tunggu mesin berhenti dengan sempurna (ini di SkyActiv ditandai dengan bunyi klik-klik-klik di bagian mesin depan dan itu normal)

Biarkan mesin selama 10 menit hingga cukup dingin

Masuk ke mobil dan tanpa menekan pedal, masuk ke posisi ACC dengan mengklik tombol start biarkan Audio Kit Anda menyala sesaat

Tekan satu kali lagi tombol start untuk masuk ke posisi ON, yakinkan semua panel menyala

Selengkapnya baca di tautan ya...
jutah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Oct 13, 2005 7:58

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by jutah »

FMEAKD wrote:Om jutah , coba bawa mobilnya ke tol lalu gas poll italian tune up, kalo nantinya masih CE setelah di bawa ke beres, siapa tau nanti CE mati
Sama ganti filter udara
Kalo injector mampet, RON 98 mah agak tifam mungkin... atau coba isi shell vpower, bawa jalan di toll gas poll
Sebetulnya tiap hari sudah lewat tol om, cuma karena memang selalu rame jadi paling mentok di 110-120kmh aja..

PRBS wrote:jangan mau untuk keluarin biaya lagi kalau soon or later setelah ritual ini, CE kembali nyala..

takutnya (amit2nya) unit yg om pakai ada cacat bawaan pabrik.. (walaupun ini masih "amit2"nya)

dan kalau bisa, sebelum melakukan ritual beres2 carbon blablabla di beres, pastiin lagi ke SA dengan ngomong gini..

"kalau suatu saat CE kembali nyala.. saya minta ini dicek kembali secara lebih menyeluruh ya.. dan harus dicover garansi loh ya.. saya ga mau kalau saya sampai mengeluarkan duit lagi. karena hal ini kan bukan salah saya dalam pemakaian.."

maaf bukan maksudnya menggurui om TS.. tapi kadang jengkel aja sama beres yg sudah jelas unit mobil masih dicover garansi tapi tetap ngeyel kalau hal ini hal itu ga dicover garansi..

:big_okay: :big_okay:
iya om, kemarin waktu SA nya telpon juga saya sudah pastikan lagi, dan dia bilang klo masih nyala ini masih di cover dalam garansi pengerjaan yg ini dan klo nanti ternyata ada part yg perlu diganti masih di cover oleh warranty ( ya iya lah ya..)
Tapi nanti pas di bengkel saat hari H akan saya tekankan lagi, thanks atas saran kata2nya om..

inu83 wrote:Ikut penasaran sama mesin skyactive...dpat artikel berikut http://mazdacar.org/post/2014/01/12/Tip ... an-6).aspx

Apabila kelistrikan dan sensor tidak stabil maka jangan kaget kalau Engine Light menyala. Engine Light menyala adalah sesuatu yang diharuskan pada saat switch berada di status ON tetapi pada saat Anda sudah menggerakkan mobll dan mesin menyala, maka indikator tersebut harus mati, apabila masih menyala maka Anda dalam masalah Smile. Masalah apa yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut

Aliran bensin ke mesin tidak lancar (misal Anda jarang memanaskan Mazda 6 Anda dan hanya dipakai untuk weekend hal ini sangat mungkin terjadi)
Kelistrikan yang tidak stabil (misal Anda menyalakan mobil terburu-buru dan sering menyala matikan mesin akibat jarak tempuh yang sangat pendek kurang dari 10 KM)
Mesin yang tidak dipanaskan dengan baik (Tidak sempat memanasi mobil dengan mengikuti tips berikut)

Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut adalah tips yang berhasil dilakukan

Pertama apabila Anda memang harus sangat terpaksa mengendarai mazda Anda maka berjalanlah pelan-pelan dengan kecepatan di bawah 40 Km/jam. Engine Light bukan berarti mesin rusak tetapi putaran yang berlebih bisa merusak mesin.

Usahakan parkir mobil Anda di tempat yang sejuk, matikan AC, heated seat, dan semua acessories, kemudian matikan dengan menekan button Start untuk mematikan mesin.

Tunggu mesin berhenti dengan sempurna (ini di SkyActiv ditandai dengan bunyi klik-klik-klik di bagian mesin depan dan itu normal)

Biarkan mesin selama 10 menit hingga cukup dingin

Masuk ke mobil dan tanpa menekan pedal, masuk ke posisi ACC dengan mengklik tombol start biarkan Audio Kit Anda menyala sesaat

Tekan satu kali lagi tombol start untuk masuk ke posisi ON, yakinkan semua panel menyala

Selengkapnya baca di tautan ya...

Ini link pertama yg saya dapet juga om saat search di google setelah CE nyala untuk pertama kali, sudah coba semua saran di situ namun tak menyelesaikan sayangnya :(
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Mazda 2 Skyactiv check engine on pakai pertamax turbo

Post by FMEAKD »

Om jutah, 120 kpj mah belum hig rev
Italia tune up itu gak mesti kencang yg penting gas poll sampai high rev doang masukin ke mode S... atau plus minus, 2 puteran cukup membersihkan endapan karbon
Nge gas bya jangan di urut langsung teken aja