Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by Turboman »

Berhubung di SM ada trit ttg pesawat, jadi ane coba utk bikin trit sesuatu yg masih erat hubungannya dgn dunia otomotif

KENDARAAN TAMBANG / ALAT BERAT

Part 1

ARTICULATED TRUCK

sebetulnya Art Truck sudah exist sejak lama pisan, walau ada bbrp merek di pasaran, tapi spt nya si VOLVO merajai segment ini. CMIIW

Kalo ane lihat si Articulate ini Turning Circle nya relatif kecil dan kemampuan nanjak di sudut agak curam yg menjadi keunggulan dia dibanding truk2 dgn disain konvensional

ABS, VSC, HSA, Suspensi aktif, etc.

Nuwbie Ingin tahu juga apa sih Plus - Minus Art Truck VS truk konvensional

Silakan tambahkan bagi yg punya data / pengalaman dgn truk ini








Buatan CAT




Komatsu



juga ada buatan TEREX, Deere, dll.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by F272 »

Pertamax..!!!


:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
nekosaiyajin
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Dec 13, 2015 14:40

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by nekosaiyajin »

Dulu d lokasi gawe ane d kaltim ada ginian..cmn merek CAT...prtama liat lucu juga bentuknya..ini bisa nengak nengok kepalanya..hahaha..tinggi rodanya skitar 180 cm kali ya...d compare ama tinggi ane...
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by paidjho »

Setahu piyiks ya Om, articulated ini lebih populer untuk underground mine, fungsinya seperti yg Om Turbo bilang, maneuverability. Karena di tunnel underground lebih sempit, min. 6 meteran.
Sweden lebih advance dlm hal underground equipment, Atlas Copco, Volvo, Sandvic, dll.

Untuk open pit mine kurang populer krn area maneuver lebih luas.
US, jepun, korea produk lebih populer.

Masalah utama articulated ini di sambungan joint nya, vibrasi, heavy load, elevasi jalan terlalu terjal.
Sehingga capacity tidak bisa banyak, sehingga production cost tinggi.

Untuk detail teknis nya, mohon maaf saya kurang faham.

Mungkin teman2 lain bisa koreksi saya...
nekosaiyajin
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Dec 13, 2015 14:40

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by nekosaiyajin »

paidjho wrote:Setahu piyiks ya Om, articulated ini lebih populer untuk underground mine, fungsinya seperti yg Om Turbo bilang, maneuverability. Karena di tunnel underground lebih sempit, min. 6 meteran.
Sweden lebih advance dlm hal underground equipment, Atlas Copco, Volvo, Sandvic, dll.

Untuk open pit mine kurang populer krn area maneuver lebih luas.
US, jepun, korea produk lebih populer.

Masalah utama articulated ini di sambungan joint nya, vibrasi, heavy load, elevasi jalan terlalu terjal.
Sehingga capacity tidak bisa banyak, sehingga production cost tinggi.

Untuk detail teknis nya, mohon maaf saya kurang faham.

Mungkin teman2 lain bisa koreksi saya...
Owh..d tempat ane artic lebih sering d pake buat overburden aja..mngkin bisa ngrayap d medan yg curam ora tanah lumpur..
Iya prod cost tinggi..jd gk d pakai buat ngerit..kpasitasnya kyknya gk sbanyak dumptruk biasa..
alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Mon May 02, 2016 14:54

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by alicevamps »

Iya operation cost articulated dump truck (adt) kalau dibandingin rigid dump truck (rdt) lebih tinggi (cost per bcm-nya), terurama dari fuel consumption, repair n maintenance cost jg terhitung tinggi. Kelebihannya dy bisa dipakai di medan yg lebih berat spt gradien jalan lebih tinggi, jalanan licin atau jalanan yg kurang rata. Sepengamatan aku di tambang om aku sih adt biasa dipakai kalau baru buka lahan seperti misalnya pada waktu top soil removal. Oot sedikit, di kalimantan ada salah kaprah istilah buat adt, banyak org bilangnya articulid/volvo/hm, kalau hm mgkn karena produk komatsu kan serinya hmxxx. Begitu jg untuk rdt n excavator mostly disebut hd n pc, padahal bisa jd itu produk caterpillar, hitachi, atau lainnya. Yg sering bikin bingun klo bilang antara komatsu hd785 ama cat 785 cuman disebut 785, kan ukurannya beda. Btw denger2 pt ba ama newmont mau pake belaz tuh, electric n ukurannya raksasa.
Oh iya jangan2 ntar aku dikira cowok karena ngomongin beginian.
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by paidjho »

alicevamps wrote:Iya operation cost articulated dump truck (adt) kalau dibandingin rigid dump truck (rdt) lebih tinggi (cost per bcm-nya), terurama dari fuel consumption, repair n maintenance cost jg terhitung tinggi. Kelebihannya dy bisa dipakai di medan yg lebih berat spt gradien jalan lebih tinggi, jalanan licin atau jalanan yg kurang rata. Sepengamatan aku di tambang om aku sih adt biasa dipakai kalau baru buka lahan seperti misalnya pada waktu top soil removal. Oot sedikit, di kalimantan ada salah kaprah istilah buat adt, banyak org bilangnya articulid/volvo/hm, kalau hm mgkn karena produk komatsu kan serinya hmxxx. Begitu jg untuk rdt n excavator mostly disebut hd n pc, padahal bisa jd itu produk caterpillar, hitachi, atau lainnya. Yg sering bikin bingun klo bilang antara komatsu hd785 ama cat 785 cuman disebut 785, kan ukurannya beda. Btw denger2 pt ba ama newmont mau pake belaz tuh, electric n ukurannya raksasa.
Oh iya jangan2 ntar aku dikira cowok karena ngomongin beginian.
Om yg bener, setelah lihat video ke 3, articulated travel suspension buat overburden.

Tadi nya persepsi saya pivoting kepala truk nya....

My bad, saya gak focus...
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by paidjho »

Hadeuhh... Salah quote pulak....


Maaf mbak sist...

Gpp, namanya tukar pikiran... Salut, lady tahu juga...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by Turboman »

Wiiiwwww mantap pisann ulasan dari rekan2 semua

Terima kasih mau sharing dan berbagi

nubie jadi lebih paham skg

yuk dilanjut
nekosaiyajin
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Dec 13, 2015 14:40

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by nekosaiyajin »

alicevamps wrote:Iya operation cost articulated dump truck (adt) kalau dibandingin rigid dump truck (rdt) lebih tinggi (cost per bcm-nya), terurama dari fuel consumption, repair n maintenance cost jg terhitung tinggi. Kelebihannya dy bisa dipakai di medan yg lebih berat spt gradien jalan lebih tinggi, jalanan licin atau jalanan yg kurang rata. Sepengamatan aku di tambang om aku sih adt biasa dipakai kalau baru buka lahan seperti misalnya pada waktu top soil removal. Oot sedikit, di kalimantan ada salah kaprah istilah buat adt, banyak org bilangnya articulid/volvo/hm, kalau hm mgkn karena produk komatsu kan serinya hmxxx. Begitu jg untuk rdt n excavator mostly disebut hd n pc, padahal bisa jd itu produk caterpillar, hitachi, atau lainnya. Yg sering bikin bingun klo bilang antara komatsu hd785 ama cat 785 cuman disebut 785, kan ukurannya beda. Btw denger2 pt ba ama newmont mau pake belaz tuh, electric n ukurannya raksasa.
Oh iya jangan2 ntar aku dikira cowok karena ngomongin beginian.
Udh banyak jua perempuan yg nyemplung d tambang..dlu ada bbrp engineering..d tmpt lain kaabarnya driver HD ada yg cwek..btw tambang om msih survive kah?sedih liat kondisi batu bara sekarang :big_dunno:

Sorry oot..btt...yg ane msih mikir itu artic klo belok bannya belok juga apa kepalanya yang nengok ya..hahaha..
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by Rakean »

di PTFI pake ADT CAT, mantap juga, tanjakan heat road dilahap dengan mudah
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by Turboman »

kalo liat suspensi ADT nya Volvo, spt nya utk off road lebih nyaman naek ADT drpd Land Cruiser

apalagi UnFortuner alias Bosay

wwkwkkwkwkwk
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by satrialiar69 »

nekosaiyajin wrote:
alicevamps wrote:Iya operation cost articulated dump truck (adt) kalau dibandingin rigid dump truck (rdt) lebih tinggi (cost per bcm-nya), terurama dari fuel consumption, repair n maintenance cost jg terhitung tinggi. Kelebihannya dy bisa dipakai di medan yg lebih berat spt gradien jalan lebih tinggi, jalanan licin atau jalanan yg kurang rata. Sepengamatan aku di tambang om aku sih adt biasa dipakai kalau baru buka lahan seperti misalnya pada waktu top soil removal. Oot sedikit, di kalimantan ada salah kaprah istilah buat adt, banyak org bilangnya articulid/volvo/hm, kalau hm mgkn karena produk komatsu kan serinya hmxxx. Begitu jg untuk rdt n excavator mostly disebut hd n pc, padahal bisa jd itu produk caterpillar, hitachi, atau lainnya. Yg sering bikin bingun klo bilang antara komatsu hd785 ama cat 785 cuman disebut 785, kan ukurannya beda. Btw denger2 pt ba ama newmont mau pake belaz tuh, electric n ukurannya raksasa.
Oh iya jangan2 ntar aku dikira cowok karena ngomongin beginian.
Udh banyak jua perempuan yg nyemplung d tambang..dlu ada bbrp engineering..d tmpt lain kaabarnya driver HD ada yg cwek..btw tambang om msih survive kah?sedih liat kondisi batu bara sekarang :big_dunno:

Sorry oot..btt...yg ane msih mikir itu artic klo belok bannya belok juga apa kepalanya yang nengok ya..hahaha..
kalo ADT belok kepalanya yang nengok om
buat beloknya pake hydraulic cylinder, diiket antara frame depan dan belakang di kedua sisinya, kiri dan kanan
kalo mau belok kanan, silinder sebelah kanan memendek sedangkan yang kiri memanjang.
alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Mon May 02, 2016 14:54

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by alicevamps »

Selain bisa belok2 kepalanya, jg bs miring atau sedikit mengguling, jd di kontur jalan jelek jg lbh bisa diandalkan dibanding rigid dump truck. Bayangin aja aja kepalanya bisa miring kiri atau kanan dikit atau menggeleng ya, sementara vessel nya masuh tegak, susah dijelasin
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Kend. Tambang mutakhir (1) : Articulated Truck (VOLVO / CAT)

Post by Pugman »

Hehe Kalo soal dump truck saya ga bisa komen, cm pengalaman pertama saya belajar nyetir pake Hino Ranger FF, ga tau itu yang 6700cc atau yang 10000-an. Yang jelas saat beban kosong dari keadaan diam aja pakai gigi 4 tidak masalah sama sekali. CM karena tabung kompresor buat rem udah bocor halus, jadi jika sudah berhenti diatas 30menit kalau mau jalan harus tunggu sekitar 5 menit supapa tekanan angin lebih dari 5 bar baru aman buat jalan. Oya pas jalan juga jangan sering2 ngerem biar angin ga tekor. Dan kalau sekadar iseng seh pernah numpang dump truck sejenis Hino kapasitas 20ton, habis itu naik RDT CAT kapasitas 40 ton yang kepalanya ditengah jadi agak aneh rasanya dalam kabin, dan tentu saja komatsu HD lupa seri berapa, tapi sama dengan CAT kapasitas 40ton. cm dari naik Dt Hino ke CAT itu ibarat naik avanza terus pindah ke Accord dan dari CAT pindah Komatsu pun ibarat dari Accord pindah ke E-klase. Suspensi nyaman, mesin dan perpindahan maticnya sangat halus.