kualitas service NISSAN

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7369
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: kualitas service NISSAN

Post by newrubble »

jaman sy masih di jkt dulu n punya avanza2013, 2014 tiap tiap mobil sy claimed krn silver ornamen doortrim luntur kena keringat n mrk ganti smua doortrim dg baru. doortrim lama mrk ambil n sy claimed tiap x luntur. tiap mobil umurnya tdk lama di sy cuma skitar 9bln max

always no hassle at toyota a2000
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Re: kualitas service NISSAN

Post by kunaskun »

ternakblog wrote:
kunaskun wrote:
newrubble wrote:in indo

buy nissan to make ur shortlife runs faster

drastic qc improvement? dont expect too much....a small low compliance market (compare to the population size)...only one million plus plus sold per annum (all brands)
kalau ane si semua jepun bolehlah daripada honda, bodo amat sama resale value/part/dll seancur2nya kalau masih jepun masih lumayan, ga pernah ketemu ada sales ahond yang beres, dan dulu banget pengalaman di city idsi 2013 i had enough of honda.
Sales honda yang pernah tak temui mmg kebykan kyk kolor semua kelakuannya,resign seenaknya,masih bagusan sales nissan kalo tk blg,ini yg batangan,entah yang nonik,blm pernah diservis sales nonik:-))
nah kan bener :mky_02: :mky_07:

makanya ane anti ahond, bodo amat mau bikin sekeren apa juga, dari beli aja sudah ga ngenakin gimana service ntar? kebayang aja tuh beres bisa ga ane komplain ganti ini itu dilayanin dengan manusiawi? yang ada tar jangan2 dikit2 ancem masukin koran :mky_03:

separah2nya nissan masih bisa melayani ane dengan manusiawi :big_exellent:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Re: kualitas service NISSAN

Post by adty »

kunaskun wrote:
makanya ane anti ahond, bodo amat mau bikin sekeren apa juga, dari beli aja sudah ga ngenakin gimana service ntar? kebayang aja tuh beres bisa ga ane komplain ganti ini itu dilayanin dengan manusiawi? yang ada tar jangan2 dikit2 ancem masukin koran :mky_03:

separah2nya nissan masih bisa melayani ane dengan manusiawi :big_exellent:
Ahond hmm :big_think:

Kejadian berulang saat ane liat HR-V kayak Mobilio dulu. Banyak yg liat tp itu sales pada ngobrol2 geje di counter. Sama sekali gaada itikad baik buat nyamperin. Again, ini yg membuat ane mundur lagi dari ahond, ngga kebayang pelayanan selanjutnya bakal kayak apa soale :snipersmile:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: kualitas service NISSAN

Post by ChZ »

Jadi inget beberapa minggu lalu waktu teman ane nanya mo tuneup City 2007 nya di Ahon wa langsung nyaut.

"ngapain ente di Ahon? Yang ada mahal kerjaan gak bener" - kebetulan beberapa hari sebelumnya om Go sempat cerita servis City di salah satu bengkel Ahon di Surabaya di-charge 600k tanpa rincian kerjaan yang jelas. Dan bengkel ini emang terkenal ampas di Surabaya berdasarkan opini para user.

Begitu wa sautin gitu dan gw saranin ke bengkel langganan ane langsung dia appointment ama mekaniknya, cuma bayar 320ribu udah include ganti busi dan kerjaan nya jelas, bisa gw pantau wong bengkelnya di kampus :mky_03: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: kualitas service NISSAN

Post by bangrosi »

newrubble wrote:jaman sy masih di jkt dulu n punya avanza2013, 2014 tiap tiap mobil sy claimed krn silver ornamen doortrim luntur kena keringat n mrk ganti smua doortrim dg baru. doortrim lama mrk ambil n sy claimed tiap x luntur. tiap mobil umurnya tdk lama di sy cuma skitar 9bln max

always no hassle at toyota a2000
Wah ini bs diclaim kebetulan silver ornamen avanza sdh pada bocel2 gimana alesannya nih,dulu claim wiper fortuner baru satu tahun gk di acc gk garansi katanya dr pada kaca baret2 n berisik beli baru deh akhirnya.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: kualitas service NISSAN

Post by vipere »

Profith83 wrote:Nissan itu mintanya kita ikutin semua servis berkala dan bayar sesuai servis berkala.
Kalau mobil jarang dipakai pun misal 6 bulan cuma 2.000 KM tetap suruh servis berkala 6 bulan dan semua total biaya 1 jt an.
Biarpun tiap 6 bulan ganti olie atau tiap 4 bulan ganti olie ... mereka gak mau di claim.

Lain dengan Toyota, selama kita ganti olie dan cairan mereka mau di claim.

Bayangin saja claim Shockbeker dan bearing roda apa hububunganya dengan servis berkala?
TIDAK ada hubungan servis berakala dengan rusak shockbeker dan bearing roda.

Kalau memang shockbeker rusak dan bearing roda rusak, biarpun servis berkala atau tidak yah tetap rusak ... wakakaa


yah begitulah kalau memang pusatnya seenaknya sendiri dan tidak mau terima claim, maka cabang juga tidak mau terima claim.

Sudah percuma marah marah buat darah tinggi saja.
Intinya cuma 1 di Nissan harus ikutin servis berkala tiap 6 bulan atau mana yang tercapai terlebih dahulu TITIK.
Dari pusat memang begitu, lain dengan atoyot atau merk lain.
Waduh , masa sih gitu ,om ? soalnya Evalia saya juga jarang dipakai, 6 bulan paling 2000 km, kecuali lagi liburan.
Cuman tiap 6 bulan saya ganti oli aja di Nissan Roxy.
Km sekarang kan baru 13.000 ,saya tanya SA nya, service 20.000 nya musti sekarang atau tunggu pas 20.000 km aja. Katanya tunggu 20.000 KM aja,
paling ganti oli aja tiap 6 bulan. umur mobil udah hampir 2 tahun,belum service 20 ribu. Terakhir ada komplain ac bunyi berdesis, garansi masih berlaku kok. Cuman itu komplain gituan musti 2 x balik, Pertama katanya bunyinya dari knalpot. Masa AC berdesis apa hubungannya ama knalpot. Ternyata beneran setelah bawa pulang masih bunyi. Setalah itu balik lagi, minta dituntasin sekarang , soalnya susah cari waktu bolak balik.
Akhirnya tuh AC dibongkar semua diperiksa. Evap dll masih OK. Akhirnya solved juga, Ternyata yg rusak cuman karet kecil doang, lupa namanya.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4586
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: kualitas service NISSAN

Post by Profith83 »

vipere wrote:
Profith83 wrote:Nissan itu mintanya kita ikutin semua servis berkala dan bayar sesuai servis berkala.
Kalau mobil jarang dipakai pun misal 6 bulan cuma 2.000 KM tetap suruh servis berkala 6 bulan dan semua total biaya 1 jt an.
Biarpun tiap 6 bulan ganti olie atau tiap 4 bulan ganti olie ... mereka gak mau di claim.

Lain dengan Toyota, selama kita ganti olie dan cairan mereka mau di claim.

Bayangin saja claim Shockbeker dan bearing roda apa hububunganya dengan servis berkala?
TIDAK ada hubungan servis berakala dengan rusak shockbeker dan bearing roda.

Kalau memang shockbeker rusak dan bearing roda rusak, biarpun servis berkala atau tidak yah tetap rusak ... wakakaa


yah begitulah kalau memang pusatnya seenaknya sendiri dan tidak mau terima claim, maka cabang juga tidak mau terima claim.

Sudah percuma marah marah buat darah tinggi saja.
Intinya cuma 1 di Nissan harus ikutin servis berkala tiap 6 bulan atau mana yang tercapai terlebih dahulu TITIK.
Dari pusat memang begitu, lain dengan atoyot atau merk lain.
Waduh , masa sih gitu ,om ? soalnya Evalia saya juga jarang dipakai, 6 bulan paling 2000 km, kecuali lagi liburan.
Cuman tiap 6 bulan saya ganti oli aja di Nissan Roxy.
Km sekarang kan baru 13.000 ,saya tanya SA nya, service 20.000 nya musti sekarang atau tunggu pas 20.000 km aja. Katanya tunggu 20.000 KM aja,
paling ganti oli aja tiap 6 bulan. umur mobil udah hampir 2 tahun,belum service 20 ribu. Terakhir ada komplain ac bunyi berdesis, garansi masih berlaku kok. Cuman itu komplain gituan musti 2 x balik, Pertama katanya bunyinya dari knalpot. Masa AC berdesis apa hubungannya ama knalpot. Ternyata beneran setelah bawa pulang masih bunyi. Setalah itu balik lagi, minta dituntasin sekarang , soalnya susah cari waktu bolak balik.
Akhirnya tuh AC dibongkar semua diperiksa. Evap dll masih OK. Akhirnya solved juga, Ternyata yg rusak cuman karet kecil doang, lupa namanya.
ah Nissan itu intinya cuma 1, selama masa garansi 3 tahun ikutlah servis berkala dan bayar sesuai yang tercantum di servis berjala, kalau tidak resiko ditanggung penumpang, biarpun kita ikutin servis berkala kalau cuman ganti olie dan filter mereka biasanya di belakang rewel tuh:) itu yang terjadi dengan saya ... Orang lain mungkin beda. Sejak saat itu jadi terpikir beberapa kali kalau beli produk ini. Pengalaman di ATOYOT ikut servis berakala cuma ganti olie, filter, ada problem selalu diganti. Propeller shaft senilai 3 jt diganti, pegas bagasi belakang sepasang 2 jt diganti, problem sekering putus 4 kali complaint ke pusat, mobil nginap 1 hari semua free dan sekering diganti semua, pada waktu ambil mobil mereka minta maaf dan dikasih souvenir biarpun cuma payung. ATOYOT memperlakukan kita seperti konsumen yaitu konsumen adalah raja. ITIKAD baik dari pusat dan sopan santun di ATOYOT memang diacungin jempol, belum ada merk lain yang seperti ini.

ATOYOT pernah sekering putus terus sampai 3 kali ke bengkel tidak menemukan akhirnya saya complaint ke pusat, gue bilang ini ada hubungan dengan listrik sampai sekering putus 3 kali, karena saya sudah ke bengkel 3 kali dan belum selesai juga, maka dengan ini kalau ada sampai kebakaran atau hal lain yang merugikan maka saya tidak mau menanggung kerugian tersebut. Sejak saat itu saya ditelpon langsung oleh pusat dan kepala bengkel telpon saya langsung. INI itikad baik ... gak bayangin ini kalau terjadi di merek satunya, paling dibilang sudah lumrah mobil dipakai 3 tahun apalagi kelistrikan bukan termasuk garansi, cuma shockbeker dan bearing saja mereka gak mau ganti wakakaka :wkkk:

ATOYOT kalau ada problem di mobil mereka SELALU mau ganti dan tanggung jawab, mereka cari sampai dapat dan takut sama konsumen
GUE BUKAN SALES ATOYOT, cuman pernah pakai beberapa merek dari panther, Innova 2 kali, Nissan 2 kali.

Complaint paling tidak susah yaitu Panther dan Innova --> nilai 10
Merek batu makan kalau complaint --> nilai 0
soalnya biar complaint ke pusat hasilnya sama wakakaka :wkkk:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7369
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: kualitas service NISSAN

Post by newrubble »

satu bekas expat disini yg pernah 17th outplacement di jkt n daerah daerah lain indo bilang sy intinya

in indo we use tyt coz we need their reliability not coz we like the brand that produces all those workhorses. all of 'em have similar reliability for typical developing country infrastructure conditions...especially avanza, a one sized box fits all
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7369
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: kualitas service NISSAN

Post by newrubble »

bangrosi wrote:Wah ini bs diclaim kebetulan silver ornamen avanza sdh pada bocel2 gimana alesannya nih,dulu claim wiper fortuner baru satu tahun gk di acc gk garansi katanya dr pada kaca baret2 n berisik beli baru deh akhirnya.
dulu fortuner vnt pertama x released sy beli satu n punya wiper problem kurang lbh sama n sy kuatir tdk di ganti (odoread 2,400km) ahirnya sy liat two-piece crowl-grille dibawah wiper itu sy tekan sampai tengahnya masuk ke dalam n ada gap ditengah n sy claim

crowl-grille ssdh mrk ambil pic diganti baru n skalian sy claim full front wiper set n mrk recheck juga front windshield ternyata kata a2000 radio dalam ada micro scratches....smua diganti baru n unit stayed dua hari di workshop....pas klaar mrk serahkan mobil dlm keadaan luar dalam bersih serta satu pack alat alat cuci mobil dan ucapan minta maaf tertulis

itu tyt yg sy alami....comfort ride level mmg rendah tapi after-sales satisfaction sempurna sehingga sy selalu ganti tyt dg tyt
User avatar
Ald2001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Fri Oct 24, 2014 20:59

Re: kualitas service NISSAN

Post by Ald2001 »

ASS yoyota memang ga ada yg ngalahin. majority orng2 yg punya mobil lebih dr 1 pasti punya yoyota. Entah itu panjah ato ipah (pengamatan di sekitar ane). first time buyer jg kayanya sebagian besar pilih panjah atau LCGC yoyota.

HArusnya APM laen bisa jadiin benchmark ASS ya yoyota ini. bahkan merk ahond aja ASSnya jauh ama yoyota. Dlu pernah ane mo servis njezz 20k km lewat brp ratus km gara2 dibawa keluar kota aja mrk gamau nerima.

Fortie bokap wkt itu lewat ampe 2400km servis gratisnya masi dilayanin.

Setuju ama om rubble, biar yoyota kalah dari segi comfort, handling, dll tp dgn reabilitas produk yg kuat ditambah ASS yg hebat uda bisa nguasain pasar kendaraan di sini
2014 fortuner TRD
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
supertramp
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Mon Oct 15, 2012 2:50

Re: kualitas service NISSAN

Post by supertramp »

Pengalaman nya banyak yang jelek ya sama Nissan, dulu sih waktu saya untung tidak dipersulit. Lumayan banyak yang di claim, shock depan belakang semua, shock depan kanan ada 2X di luar itu juga diganti karena saya complaint ada bunyi2 an waktu belok.

Joint steer 3X claim, switch sign kaca spion, water pump...semua tidak pernah dipersulit.

Bahkan terakhir service di Firna, minta bubut Disc rem malah dibilang tidak bisa dan disuruh ganti. Waktu service lagi ke BeRes saya tanyakan apa masih bisa dibubut ternyata malah bisa.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: kualitas service NISSAN

Post by vipere »

Profith83 wrote: ah Nissan itu intinya cuma 1, selama masa garansi 3 tahun ikutlah servis berkala dan bayar sesuai yang tercantum di servis berjala, kalau tidak resiko ditanggung penumpang, biarpun kita ikutin servis berkala kalau cuman ganti olie dan filter mereka biasanya di belakang rewel tuh:) itu yang terjadi dengan saya ... Orang lain mungkin beda. Sejak saat itu jadi terpikir beberapa kali kalau beli produk ini. Pengalaman di ATOYOT ikut servis berakala cuma ganti olie, filter, ada problem selalu diganti. Propeller shaft senilai 3 jt diganti, pegas bagasi belakang sepasang 2 jt diganti, problem sekering putus 4 kali complaint ke pusat, mobil nginap 1 hari semua free dan sekering diganti semua, pada waktu ambil mobil mereka minta maaf dan dikasih souvenir biarpun cuma payung. ATOYOT memperlakukan kita seperti konsumen yaitu konsumen adalah raja. ITIKAD baik dari pusat dan sopan santun di ATOYOT memang diacungin jempol, belum ada merk lain yang seperti ini.

ATOYOT pernah sekering putus terus sampai 3 kali ke bengkel tidak menemukan akhirnya saya complaint ke pusat, gue bilang ini ada hubungan dengan listrik sampai sekering putus 3 kali, karena saya sudah ke bengkel 3 kali dan belum selesai juga, maka dengan ini kalau ada sampai kebakaran atau hal lain yang merugikan maka saya tidak mau menanggung kerugian tersebut. Sejak saat itu saya ditelpon langsung oleh pusat dan kepala bengkel telpon saya langsung. INI itikad baik ... gak bayangin ini kalau terjadi di merek satunya, paling dibilang sudah lumrah mobil dipakai 3 tahun apalagi kelistrikan bukan termasuk garansi, cuma shockbeker dan bearing saja mereka gak mau ganti wakakaka :wkkk:

ATOYOT kalau ada problem di mobil mereka SELALU mau ganti dan tanggung jawab, mereka cari sampai dapat dan takut sama konsumen
GUE BUKAN SALES ATOYOT, cuman pernah pakai beberapa merek dari panther, Innova 2 kali, Nissan 2 kali.

Complaint paling tidak susah yaitu Panther dan Innova --> nilai 10
Merek batu makan kalau complaint --> nilai 0
soalnya biar complaint ke pusat hasilnya sama wakakaka :wkkk:
Nah ternyata standardnya beda beda. Ternyata masing2 orang beda2. Justru ini SA nya yg bilang service 20 rb ya tunggu pas 20 rb aja,
Dan juga dia bilang kalo masih masalah balik lagi aja, masih garansi. Dan komplainan terakhir dibenerin juga gratis semua. Padahal udah hampir 2 tahun belum service 20 ribu.
Dnisbo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xtrail T31

Re: kualitas service NISSAN

Post by Dnisbo »

share pengalaman juga.
Selama ini saya sering service nissan march punya adek saya.
Mulai dari km 1000 sampai skrg 90rb km, di beres nissan radin inten, semua normal2 aja. claim ga di persulit, problem solving cepat, ruang tunggu lumayan nyaman.
Cuma yg jadi kekurangannya, servicenya itu lama dan selalu antri. Harus pakai booking, walaupun lg emergency. Dan SA-nya banyak yg sok sibuk, padahal lg ga ngelayanin customer.

Justru honda yg ASS-nya menurut saya kurang. Ruang tunggu di honda bekasi kranji jelek, sempit dan ga nyaman.
Honda freed saya km baru 30rb, mesinnya ndut2an, dan permasalahannya ga selesai2. Montir Beres cuma bersihin fuel line dan ganti busi, semua dengan biaya sendiri. Tapi tetep blom solved. Akhirnya panggil montir kantor, di suruh ganti fuel pump. Saya ganti sendiri, dan problem solved.
Pernah juga klaim asuransi untuk ganti kaca belakang yg pecah, dan prosesnya cukup lama untuk sekedar ganti kaca belakang, lebih dari 1 minggu. Padahal asuransinya rekanan dengan beres tsb.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: kualitas service NISSAN

Post by DOHC »

wahh ternyata masing2 merek ad plus minus nya jg yahh... termasuk sekelas toyota..

anyway... kl bagi ane sehh tetep mobil itu yg plg penting yahh kualitas barang nya sendiri... mau ASS bagus tp barang nya sampah, rusak2 mulu, ga awet dll yahh tetep aj bagi ane itu merek ampas... tohh sbagus2 nya ASS, gegara tuh mobil kualitas ampas, kita jadi buang2 waktu ke bengkel mulu... punya mobil kan mau convenient, bukan nya malah jd ribet...

tp laen lg kl mobilnya ud ampas, ASS nya jg ga kalah ampas, nahh ini mending cepet2 bangkrut aj d.. kasian calon2 konsumen lain nya, ud byar mahal2 dpt barang sampah...

kl merk honda... ane jg perna ngalamin serpis di beres nya... kabeng nya bsa "ngajak" bayar di bawah meja.. suka ngecas harga gila2an utk pekerjaan sepele, tune up malah jadi tune down, SA yg krg friendly, ruang tunggu yg kurang enak.... jauhh bgt dehh ama atoyot.. malah utk ruang tunggu, batu makam masi lebi mending dr ahond... tp untung lah, honda ane ga rewel, dan bsa d tangani dgn mudah d bengkel luaran, spare parts jg berjibun d atrium... jd ga masalah...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4586
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: kualitas service NISSAN

Post by Profith83 »

Kelebihan ATOYOT :
- Mobil Avanza dan Innonya PART kuat sekali, banyak yang pakai 7-8 tahun belum rusak sudah 70,000 KM tidak ada ganti part kecuali kampas rem, padahal dipakainya kasar. ATOYOT mobilnya kuat disiksa (avanza dan innova)
- GARANSI 100%, gak banyak cing cong deh ... PASTI diganti biarpun servis berkala cuman ganti olie dan filter
- SERVIS cepat dan PASTI solved :big_okay:
- reliability nya HEBAT, kijang tahun 1980 an saja masih jalan ... hahahahah

kekurangan ATOYOY :
Avanza kurang enak mental mentul ... katanya yah, saya tidak punya avanza soalnya.


Kalau yang di judul yah dibawah 10 tahun ok ok saja, lewat itu siap siapa biaya saja.
Entah part apa yang mahal yah ...

bisa sharing mungkin ... part apa yang mahal dan pasti setelah 10 tahun atau 150.000 KM harus ganti MISAL harga part 10 jt keatas.
Harus ganti maksudnya 5 dari 10 pemakai akhirnya ganti part itu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: kualitas service NISSAN

Post by DOHC »

Profith83 wrote:Kelebihan ATOYOT :
- Mobil Avanza dan Innonya PART kuat sekali, banyak yang pakai 7-8 tahun belum rusak sudah 70,000 KM tidak ada ganti part kecuali kampas rem, padahal dipakainya kasar. ATOYOT mobilnya kuat disiksa (avanza dan innova)
- GARANSI 100%, gak banyak cing cong deh ... PASTI diganti biarpun servis berkala cuman ganti olie dan filter
- SERVIS cepat dan PASTI solved :big_okay:
- reliability nya HEBAT, kijang tahun 1980 an saja masih jalan ... hahahahah

kekurangan ATOYOY :
Avanza kurang enak mental mentul ... katanya yah, saya tidak punya avanza soalnya.


Kalau yang di judul yah dibawah 10 tahun ok ok saja, lewat itu siap siapa biaya saja.
Entah part apa yang mahal yah ...

bisa sharing mungkin ... part apa yang mahal dan pasti setelah 10 tahun atau 150.000 KM harus ganti MISAL harga part 10 jt keatas.
Harus ganti maksudnya 5 dari 10 pemakai akhirnya ganti part itu.
apanja ama ipah sehh ud terbukti kuat om... mau 10 taon atau d atas 150rebu km jg.... ga ad masalah... ga ad itu critanya ampe 10 jutaan keatas utk serpis... kcuali abis kecelakaan fatal...

ini d tempat dinas ane aj, banyak mobil pelat merah ipah bensin dan apanja generasi awal2... odo nya ud ngeri2 saking tinggi nya... ampir smua unit ud perna ngejelajah ujung utara dan selatan pulau sulawesi... dan dirawat nya pun khas supir angkot sini... pake oli drum2an... dan kalo seinget nya aj dganti tuh oli.... smua nya masi jalan tuh tanpa ngebul...

ipah ane ud 150 rebu km jg serpis termahal cuman btulin shock depan, tie rod, ama ganti ball joint depan atas bawah.. parts dan ongkos ga ampe 4 jt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4586
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: kualitas service NISSAN

Post by Profith83 »

DOHC wrote:
Profith83 wrote:Kelebihan ATOYOT :
- Mobil Avanza dan Innonya PART kuat sekali, banyak yang pakai 7-8 tahun belum rusak sudah 70,000 KM tidak ada ganti part kecuali kampas rem, padahal dipakainya kasar. ATOYOT mobilnya kuat disiksa (avanza dan innova)
- GARANSI 100%, gak banyak cing cong deh ... PASTI diganti biarpun servis berkala cuman ganti olie dan filter
- SERVIS cepat dan PASTI solved :big_okay:
- reliability nya HEBAT, kijang tahun 1980 an saja masih jalan ... hahahahah

kekurangan ATOYOY :
Avanza kurang enak mental mentul ... katanya yah, saya tidak punya avanza soalnya.


Kalau yang di judul yah dibawah 10 tahun ok ok saja, lewat itu siap siapa biaya saja.
Entah part apa yang mahal yah ...

bisa sharing mungkin ... part apa yang mahal dan pasti setelah 10 tahun atau 150.000 KM harus ganti MISAL harga part 10 jt keatas.
Harus ganti maksudnya 5 dari 10 pemakai akhirnya ganti part itu.
apanja ama ipah sehh ud terbukti kuat om... mau 10 taon atau d atas 150rebu km jg.... ga ad masalah... ga ad itu critanya ampe 10 jutaan keatas utk serpis... kcuali abis kecelakaan fatal...

ini d tempat dinas ane aj, banyak mobil pelat merah ipah bensin dan apanja generasi awal2... odo nya ud ngeri2 saking tinggi nya... ampir smua unit ud perna ngejelajah ujung utara dan selatan pulau sulawesi... dan dirawat nya pun khas supir angkot sini... pake oli drum2an... dan kalo seinget nya aj dganti tuh oli.... smua nya masi jalan tuh tanpa ngebul...

ipah ane ud 150 rebu km jg serpis termahal cuman btulin shock depan, tie rod, ama ganti ball joint depan atas bawah.. parts dan ongkos ga ampe 4 jt...
iya papanja dan ipah ane yakin 100%
yang saya tulis --> kalau yang di "JUDUL thrit" itu pemakaian di bawa 10 tahun ok ok saja, lewat dari 10 tahun diperiapkan biayanya saja.
Nah perkiraan part apa yang mahal yang 10 tahun pasti rusak :) --> Part untuk mobil yang tertera di judul thrit ini
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: kualitas service NISSAN

Post by kunaskun »

adty wrote:
kunaskun wrote:
makanya ane anti ahond, bodo amat mau bikin sekeren apa juga, dari beli aja sudah ga ngenakin gimana service ntar? kebayang aja tuh beres bisa ga ane komplain ganti ini itu dilayanin dengan manusiawi? yang ada tar jangan2 dikit2 ancem masukin koran :mky_03:

separah2nya nissan masih bisa melayani ane dengan manusiawi :big_exellent:
Ahond hmm :big_think:

Kejadian berulang saat ane liat HR-V kayak Mobilio dulu. Banyak yg liat tp itu sales pada ngobrol2 geje di counter. Sama sekali gaada itikad baik buat nyamperin. Again, ini yg membuat ane mundur lagi dari ahond, ngga kebayang pelayanan selanjutnya bakal kayak apa soale :snipersmile:
nah ini dia :mky_04:
DOHC wrote:wahh ternyata masing2 merek ad plus minus nya jg yahh... termasuk sekelas toyota..

anyway... kl bagi ane sehh tetep mobil itu yg plg penting yahh kualitas barang nya sendiri... mau ASS bagus tp barang nya sampah, rusak2 mulu, ga awet dll yahh tetep aj bagi ane itu merek ampas... tohh sbagus2 nya ASS, gegara tuh mobil kualitas ampas, kita jadi buang2 waktu ke bengkel mulu... punya mobil kan mau convenient, bukan nya malah jd ribet...

tp laen lg kl mobilnya ud ampas, ASS nya jg ga kalah ampas, nahh ini mending cepet2 bangkrut aj d.. kasian calon2 konsumen lain nya, ud byar mahal2 dpt barang sampah...
jadi keingat teman ane, bapaknya kepengen beli hyundai lagi gara2 puas pake H1, garansi kan 5 tahun/unlimited km kalau ga salah, nah itu mobil rajin bener di klaim garansi dan selalu dilayani, jadi bodo amat kata bapaknya gara2 ini :mky_02:

lucu juga beli mobil gara2 garansinya lama :mky_01:
kl merk honda... ane jg perna ngalamin serpis di beres nya... kabeng nya bsa "ngajak" bayar di bawah meja.. suka ngecas harga gila2an utk pekerjaan sepele, tune up malah jadi tune down, SA yg krg friendly, ruang tunggu yg kurang enak.... jauhh bgt dehh ama atoyot.. malah utk ruang tunggu, batu makam masi lebi mending dr ahond... tp untung lah, honda ane ga rewel, dan bsa d tangani dgn mudah d bengkel luaran, spare parts jg berjibun d atrium... jd ga masalah...
nah ini dia bikin kesel kan, jadi keingat cerita beres chevy, temen pelihara captiva, harga part di beres mahal, malah mekanik tawarin part jualan sendiri :big_chicken: WTH... :big_dunno:

---

eniwei ASS tiap merek adalah ceritanya jelek, apa iya beres toyota lebih beres? belum tentu pasti ada minusnya hanya ya namanya aja benchmark, first tier ASS pasti dibanding2in terus dan jadi acuan makanya bagus :big_smoking:
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13

Re: kualitas service NISSAN

Post by elraedrew »

Profith83 wrote:Kelebihan ATOYOT :
- reliability nya HEBAT, kijang tahun 1980 an saja masih jalan ... hahahahah
kemarin sempat cerita ganti ac di livina saya yg usia 5 tahun ke bokap
kata bokap.. wah mana bisa beli nissan,, ini kijang krista uda 15 tahun ac tidak pernah ganti, masi dingin.
ahhaa
susah dah mau lawan reliability atoyot
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: kualitas service NISSAN

Post by jwid »

Dulu pernah pakai frod, setiap 3 bulan ada keluhan parts slow moving harus diganti misalnya beres bilang bos, tangki washer fluid retak harus ganti harga 1jtan taun 2004 beres ford pusat. Apa coba washer tank bisa retak. Bolak balik ti servis berkala kaya gt ini itu. Pernah kecelakaan, cari parts 6 bulan ga ada melulu, sangat kapok. Bengkel umum jArang mau, atau bisa, atau berani terima. Montir beres bolak balik nawarin servis dirumah dan beli part diluar bengkel atau dari dia. Mantappp ternyata sampe skrg taun 2015 masih kaya gini. Kata teman teman semua, kapok lu.

Ass a2k toyot menurut saya adalah yang paling mendekati standard pelayanan konsumen negara maju dan high compliance with buyer protection. Merek2 lainnya tebak2 buah manggis dan schrodingers cat
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7369
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: kualitas service NISSAN

Post by newrubble »

std tiap a2000 bgt masuk ada info board besar ttg brp total harga parts n labor tiap product yg resmi dijual tam ...pd tiap service time due sampai 100k km

lbh dr km100k ada di parts room

jadi siapapun yg beli tyt di a2000 sdh bisa perkirakan dr awal maintenance cost nantinya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: kualitas service NISSAN

Post by DOHC »

sebenernya kl mau dibilang, kerja beres a2000 jg ga bsa dbilang perfect koq...ada cacat nya jg... ipah ane perna ngecat body di a2000 sunter, cat blom "kering" bener ud dipasang tuh side moulding... hasilnya ?? dalam 3 bulan tuh side moulding copot sendri gegara pada jerawatan cat nya... bahkan montir ngecat pinggir jalan kramat salemba aj tau kl abis ngecat musti ada curing time beberapa ari sblom d tempel side moulding...

perna lg pas awal2 beli seken ipah ane dl, dari bawah dek ad bunyi aneh2.. bawa bolak balik ke beres ga ktemu penyakit nya, ampe uda ganti gasket knalpot dll tetep aj masi ad... bawa ke montir atrium, ternyata dari mounting gearbox kurang kenceng...

perna jg ad problem sekring putus mulu, sempet konsul ama prop sjamsul dan mods turboman dan rekan2 di sini jg... dan bawa ke a2000 puri... cuman masi blm ktemu jg penyakitnya... sampai akhirnya coba bongkar smua klstrikan di plafon dan belakang dashboard, ktemu ada beberapa kabel yg rusak isolasi nya... short circuit...

cuman dari 3 kasus ane di atoyot... overall, pihak beres nya menawarkan good will utk tiap case mreka yg unsolved... kcuali yg a2000 sunter, ngeles bajaj waktu ane complain, dan kebetulan waktu ane complain ud lewat masa garansi pekerjaan ngecat.... tp utk case yg bunyi2, mreka blg anytime ane bole ke beres lg ngecek, free of charge... demikian jg yg skering putus... bahkan waktu itu ampe kabeng dan ane dan satu montir nya ngubek2 ipah ane ngecek smua klistrikan... walaupun saat itu ga ktemu penyakitnya, tp pihak bengkel blg anytime ane sempet, dsuru dateng lg k bengkel utk di cek, dan lagi2 free of charge... bahkan yg ini ampe ane di telp oleh pihak bengkel nya beberapa ari kmudian... jd yahh effort mreka dlm menangani customer yg ane rasa jd nilai jual lebih mreka...

ahond ?? batu makam ?? far worse than that....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: kualitas service NISSAN

Post by Fiz »

kunaskun wrote:
lucu juga beli mobil gara2 garansinya lama :mky_01:
KIA mulai dilirik di eu dan us kan karna garansi 7 tahun pak :mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: kualitas service NISSAN

Post by ChZ »

DOHC wrote:sebenernya kl mau dibilang, kerja beres a2000 jg ga bsa dbilang perfect koq...ada cacat nya jg...
ahond ?? batu makam ?? far worse than that....
Namanya manusia sih ya oom klep, gak ada yang perfect mau A2k selalu dibilang ASSnya paling dewa.

Dosen ane pernah cerita dia adu mulut ama kabeng A2k. Gegara masalah simpel : nyari bunyi-bunyian di sekitaran enjin, kabeng nya bilang gegara ada retakan, padahal yang dibilang retakan itu tekukan mouldingnya emang kayak gitu :big_biglaugh:

Kalau Ahon, even beres yang paling bagus dan paling ane rekomen di area Semarang, buat ngecek perkabelan aja ane di charge 100k :frm_bang_head: padahal ane kenal sama orang bengkelnya, ane kenal sama orang-orang dealer. Tetep dicharge 100k :frm_bang_head: modal senter melongok ke enjin bay doang ngecek ada kabel yang putus apa kagak (karena waktu itu peredam panas kap mesin ane sobek sobek dikerikitin kucing... dasar antek medket).

Kalau Nissan, Suzuki, well... hampir sama sih. Satu grup. Gw heavy repair SX4 gw yang tabrakan Mei taon lalu selesainya 5 bulan sendiri, mobil gw dibiarin mangkrak 5 bulan tanpa kabar yang jelas. 2 bulan pertama waktu ane tinggal liburan ke Semarang gak ada progress, balik balik masih blom dikerjain, alesannya nunggu part. Mana SA nya o'on dan gak komunikatif, ditanyain udah selesai bagian mana jawabnya ngeles mulu janjiin "Agustus pasti jadi mas".... jadinya Oktober pertengahan. :off_no: :off_no: :off_no:

Akhirnya DC meningkat 10jt dari estimasi yang "hanya" 40jutaan jadi 51juta :frm_bang_head: :frm_bang_head: termasuk ongkos nginep (ini yang kamfretos). Sudah gitu waktu mobilnya dibawa ke Semarang buat dijual, baru ketauan air filter nya lupa dipasang :frm_bang_head: buset, ni mobil mau diambil kastemer aja gak ada persiapan sedikitpun, bensin gw dibiarin kosong juga.

Sejak saat itu illfeel dan gak pernah lagi menapakkan roda ke bengkel itu. Untung yang di Surabaya barat kenalan mod whiskas dan rada terjamin, itupun mod whiskas sempat gontok sama sales sono gegara waktu beli R3 GX AT diPHP melulu STNK nya, hampir dibalikin dealer tuh mobil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: kualitas service NISSAN

Post by vipere »

newrubble wrote:std tiap a2000 bgt masuk ada info board besar ttg brp total harga parts n labor tiap product yg resmi dijual tam ...pd tiap service time due sampai 100k km

lbh dr km100k ada di parts room

jadi siapapun yg beli tyt di a2000 sdh bisa perkirakan dr awal maintenance cost nantinya
kayaknya sih itu standard semua bengkel, om. Di bengkel hyundai dan nissan yg pernah saya kunjungin juga ada board gituan mah.
kunaskun wrote: nah ini dia bikin kesel kan, jadi keingat cerita beres chevy, temen pelihara captiva, harga part di beres mahal, malah mekanik tawarin part jualan sendiri :big_chicken: WTH... :big_dunno:

---

eniwei ASS tiap merek adalah ceritanya jelek, apa iya beres toyota lebih beres? belum tentu pasti ada minusnya hanya ya namanya aja benchmark, first tier ASS pasti dibanding2in terus dan jadi acuan makanya bagus :big_smoking:
Kalo soal part itu sih di toyota juga ada kok di bawah tangan gitu. Tapi gak mau disebutin deh di mana. Soalnya teman ane belum lama ini ada masalah karena banjir, jadi itu teknisi mau bantuin itu diklaim sebagai garansi, tapi kasih uang jasa ke dia.
Tapi ini sebenernya keuntungan juga kali ya buat konsumen ? wkekke..