Benarkah LCGC murah?

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by ricz »

ChZ wrote:
ecco wrote:Ngaku salahnya setelah yang jualan LCGC pada panen raya...ckckckck...
jalanan udah terlanjur sumpek dan macet gegara mobil-mobil tersebut.... :big_slap:

jarang kali ane liat mobil begini nyetirnya bener.... rata-rata kalo nggak ugal-ugalan ya alon-alon asal kelakon... siput kurang gizi aja lebih cepet kayaknya..... :big_slap: mana pelannya di jalur cepet pula....
Nah... Soal LCGC sotoy...

Tadi pagi sblm ke gereja di dpn gw ad Alay sotoy ngebut... Gw kickdown sekali aja udh langsung nempel tuh Alay... :mky_03:

Tapi gw milih ngalah, plgan itu org yg baru bw mbl aja yg kek gt... :mky_03:
2021 Fortuner VRZ
isucknewton
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Dec 31, 2013 13:57

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by isucknewton »

abis ini yang masuk berita gara-gara ugal-ugalan bukan lagi avania nih
:mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by ChZ »

ricz wrote: Nah... Soal LCGC sotoy...

Tadi pagi sblm ke gereja di dpn gw ad Alay sotoy ngebut... Gw kickdown sekali aja udh langsung nempel tuh Alay... :mky_03:

Tapi gw milih ngalah, plgan itu org yg baru bw mbl aja yg kek gt... :mky_03:
korban ugal-ugalan ane di jalan biasanya ya kwartet mobil murah tsb... sotoy/agay/alay/KWR....

lha.... mau disalip kagak bisa... pelan-pelan di tengah... dim kagak ngaruh, klakson juga kagak ngereken.... ya udah potong aja jalurnya.... :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by madcat015 »

Perkiraan ane, setelah transisi pemerintahan, LCGC bisa dihentikan pemerintah yang berkuasa nantinya.

Which is good.

Dengan keputusan LCGC yang terkesan sangat gegabah, konyol, tidak transparan, dan bodoh nya naujubile, beban sosial makin besar. Pemilik sepeda motor yang sudah beli LCGC akan teler melihat seluruh biaya berlipat 10. Isi tangki motor 20rebu vs mobil 200rebu, servis 10k motor di 50-80rebu vs mobil 900rebu, pajak tahunan motor 200rebu vs mobil 1.8jeteng, belum lagi biaya parkir, cicilan kredit, asuransi, dll dll dll...

Biaya ekonomi dan sosial makin besar dengan kehadiran LCGC. Mobil LCGC yang "disarankan" minum RON92 malah minum RON88, belum lagi kemacetan, dan menghadapi masa mudik.

Jujur, tidak satupun LCGC yang sudah melewati tes sebenarnya: masa mudik. Ane pernah posting, dengan mental pengemudi yang masih perlu dipoles dengan amplas, resiko mudik makin besar... LCGC akan di isi full load bonus berbagai macam kargo dan barang, membelah pulau jawa dan pulau sumatra... plus dengan tambahan 2 roda menjadi 4 roda, kepercayaan diri pemilik LCGC akan meningkat dan makin reckless *yang benar2 tidak ane harapkan terjadi*

Berapa banyak insiden yang akan terjadi? Berapa banyak kerugian dan kehilangan yang akan terjadi? Nyawa tidak akan bisa diganti dengan apapun. Paling bagi pemerintah Indonesia yang serakah akan menjadi statistik doang "ah, tahun ini yang mampus sekian ribu..." Tapi secara eksponensial, kerugian tidak akan bisa terhitung lagi.

LCGC tidak akan benar2 murah bagi masyarakat dan tidak akan pernah menjadi murah.

=========

Salah satu pabrikan sudah mencium gelagat ini, dan alih2 menggenjot LCGC, mereka membuat LMPV yang booming luar biasa. LCGC hanya menjadi pembuka jalan investasi dan produksi.

Sekarang terlihat begitu tidak kompetennya pemerintah Indonesia, begitu bodoh dan serakahnya mereka hingga bisa dikadali oleh pengguna LCGC dan pabrikan.

Just a bunch of idiots sitting at DPR/MPR, and instead serving the people who chose them, they killed the people who chose them and called themselves: Government.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by VanzMatic »

madcat015 wrote:Perkiraan ane, setelah transisi pemerintahan, LCGC bisa dihentikan pemerintah yang berkuasa nantinya.

Which is good.

Dengan keputusan LCGC yang terkesan sangat gegabah, konyol, tidak transparan, dan bodoh nya naujubile, beban sosial makin besar. Pemilik sepeda motor yang sudah beli LCGC akan teler melihat seluruh biaya berlipat 10. Isi tangki motor 20rebu vs mobil 200rebu, servis 10k motor di 50-80rebu vs mobil 900rebu, pajak tahunan motor 200rebu vs mobil 1.8jeteng, belum lagi biaya parkir, cicilan kredit, asuransi, dll dll dll...

-cut-
Betul mod.. hal seperti ini yang jarang diperhatikan biker yang barusan naik pangkat ke mobil. Biasanya mereka ini yang asal beli aja, alias hajar bleh, yang penting menurut itungan mereka, cicilan masih masuk di anggaran bulanan, HANYA dilihat dari: berapa gaji gue, berapa bulanan yang dikeluarin bini gue, oh, ada sisa 3 juta. Bisa nih gue cicil mobil murah.
Alhasil... alakazaaam... Bini uring uringan, karena secara bulanan, biaya bensin jadi bengkak 10x lipat, dari semula 20ribu seminggu menjadi 200 ribu seminggu.

Sekali servis 500ribu... jeglek lah bini..kolaps lah finansial keluarga.

And so on...
madcat015 wrote: Jujur, tidak satupun LCGC yang sudah melewati tes sebenarnya: masa mudik. Ane pernah posting, dengan mental pengemudi yang masih perlu dipoles dengan amplas, resiko mudik makin besar... LCGC akan di isi full load bonus berbagai macam kargo dan barang, membelah pulau jawa dan pulau sumatra... plus dengan tambahan 2 roda menjadi 4 roda, kepercayaan diri pemilik LCGC akan meningkat dan makin reckless *yang benar2 tidak ane harapkan terjadi*
-cut-
Setuju mod! :big_smoking:
As I used to talk about saat sebuah mobil dengan model yang benar benar baru adalah:
Mari kita lihat reliabilitasnya saat musim mudik.

Musim mudik, musim penyiksaan tanpa ampun bagi sebuah kendaraan. Musim yang menjadi pertaruhan kekuatan sebuah mobil dan hasil pemeliharaan ownernya selama setahun, pembuktian, apakah ownernya menjaga betul jadwal pemeliharaan kendaraan atau tidak. Musim dimana sebuah kendaraan bisa stuck berjam jam dipanggang di bawah terik panas matahari tanpa ampun, mesin tetap harus nyala untuk menjalankan AC, musik, dan hal lain... Atau.. didera kendala tak terperi di perjalanan, umpama.. medan jalan yang hancur lebur, dimana ban ban dan kaki kaki berteriak minta ampun dibawa ke alam seperti itu dalam kondisi muatan full load, atau bahkan overloaded, and so on, you can name it...

Mari kita lihat saja..
:big_grin:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by hariy »

ChZ wrote:
ricz wrote: Nah... Soal LCGC sotoy...

Tadi pagi sblm ke gereja di dpn gw ad Alay sotoy ngebut... Gw kickdown sekali aja udh langsung nempel tuh Alay... :mky_03:

Tapi gw milih ngalah, plgan itu org yg baru bw mbl aja yg kek gt... :mky_03:
korban ugal-ugalan ane di jalan biasanya ya kwartet mobil murah tsb... sotoy/agay/alay/KWR....

lha.... mau disalip kagak bisa... pelan-pelan di tengah... dim kagak ngaruh, klakson juga kagak ngereken.... ya udah potong aja jalurnya.... :ungg:

:mky_03: :mky_03: :mky_03:
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by bisti »

sy pikir orang yg beli mobil lcgc gk patut utk disalahkan jg...salahkah dia pengin punya mobil yg sy yakin paling biasa dipake sabtu minggu..drpd pake motor anggota misal dah ada 2 anak...
mknya kalo aturan pemerintah kurang tepat..mungkin...
apa mungkin org berpenghasilan sedikit itu salah....hehe..tak pikir gk jg...
mudah2an gk ada yg tersinggung dgn bahasan disini...
ini forum khan terbuka smua org..
kita gk tau kondisi member..apakah smua org yg dah punya mobil dr sejak sekolah..
just my opinion...kl salah ya maaf
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by madcat015 »

@om VM: terima kasih atas opini nya om... :mky_01:

@om bisti: nah, karenanya diskusi diperlukan, karena sudut pandang berbeda bs memberikan sedikit titik terang.

Mmg ane akui, siapa yg tidak mw membelikan sebuah mobil untuk keluarga di rumah. Tetapi bukannya ada pilihan mobil2 bekas dgn harga yg lebih murah dan spek lebih baik. Meski tingkat resiko maintenance naujubile berlipat kali dari LCGC baru, ttp setidaknya tdk sampai membebani asal selisih nominal nya signifikan.

Contoh, dgn 140-150jt bs dpt sebuah Suzuki SX-4 AT tahun 2011 kondisi baik. Duid segitu utk LCGC dpt Sotoy S, paling mentok E.

LCGC dari awal sudah ane curigai sebagai jebakan betmen ATPM. Berlomba2 meloloskan LCGC dengan janji "yak, enjin mampus kl isi RON88", dan pemerintah, dengan menteri yg terhormat bin dudul berpikir "yak, kesempatan ngurangi subsidi RON88 dan menambah pendapatan pajak kendaraan dan faktor ekonomi, berikan penghargaan ke ATPM dgn PPnBM 0%".

Masalahnya, ATPM mana yg mw menghadapi protes pembeli "Mobil ente busuk! Baru 2 taon enjin kaput."

Beranikah ATPM menyatakan ke pembeli "Maaf, itu salah ente. Siapa suruh isi RON88. Menurut buku petunjuk bla bla bla..."

Nol! Ga bakalan ada.

Dan yg bikin terdengar konyol, pemerintah powerless dan clueless dgn peraturan yg mereka buat sendiri.

Jadi balik lagi, ane ga akan memarginalisasi pengguna R2 yg ingin beralih ke R4. Tapi ane berusaha meletakkan logika sederhana ttg pendapatan untuk dipikirkan.

If you can afford it, could you maintain it?

Kekacauan LCGC ini begitu sistemik. Dan serem rasanya melihat paket2 kredit pemilikan mobil. Dalam jangka sekian tahun, sekian persen pendapatan harus diberikan ke pemberi kredit. Sementara tiap bulan mobil butuh bahan bakar, tiap sekian bulan butuh servis, dan tiap tahun bayar pajak.

Karena sepanjang pengamatan ane saat memperhatikan calon pembeli LCGC secara kridit, mereka hanya melihat tabel angsuran dan tenor, lalu berpikir: "ok, sekian jeteng per bulan masuk dalam budget". Mereka ga ada yg nanya "brp biaya servis per 10rb km? Brp pajak tahunan? Brp biaya spooring? Brp harga aki nya, filter nya, dst dst."

Hanya melihat cicilan. Dah, bungkus. Sesederhana itu, tapi konsekuensi nya yang tidak sederhana.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by bisti »

@bro madcat....ok I got the point..tq
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by madcat015 »

bisti wrote:@bro madcat....ok I got the point..tq
Sama2 om bisti... :mky_01:

Mohon maaf kalau pendapat ane terlalu kasar dan tanpa babibu. Krn ane prihatin dgn sisi lain program LCGC yg belum disadari khalayak umum.

Kena bombardir "Mobil murah!"

:ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by ChZ »

madcat015 wrote:@om VM: terima kasih atas opini nya om... :mky_01:

@om bisti: nah, karenanya diskusi diperlukan, karena sudut pandang berbeda bs memberikan sedikit titik terang.

Mmg ane akui, siapa yg tidak mw membelikan sebuah mobil untuk keluarga di rumah. Tetapi bukannya ada pilihan mobil2 bekas dgn harga yg lebih murah dan spek lebih baik. Meski tingkat resiko maintenance naujubile berlipat kali dari LCGC baru, ttp setidaknya tdk sampai membebani asal selisih nominal nya signifikan.

Contoh, dgn 140-150jt bs dpt sebuah Suzuki SX-4 AT tahun 2011 kondisi baik. Duid segitu utk LCGC dpt Sotoy S, paling mentok E.

LCGC dari awal sudah ane curigai sebagai jebakan betmen ATPM. Berlomba2 meloloskan LCGC dengan janji "yak, enjin mampus kl isi RON88", dan pemerintah, dengan menteri yg terhormat bin dudul berpikir "yak, kesempatan ngurangi subsidi RON88 dan menambah pendapatan pajak kendaraan dan faktor ekonomi, berikan penghargaan ke ATPM dgn PPnBM 0%".

Masalahnya, ATPM mana yg mw menghadapi protes pembeli "Mobil ente busuk! Baru 2 taon enjin kaput."

Beranikah ATPM menyatakan ke pembeli "Maaf, itu salah ente. Siapa suruh isi RON88. Menurut buku petunjuk bla bla bla..."

Nol! Ga bakalan ada.

Dan yg bikin terdengar konyol, pemerintah powerless dan clueless dgn peraturan yg mereka buat sendiri.

Jadi balik lagi, ane ga akan memarginalisasi pengguna R2 yg ingin beralih ke R4. Tapi ane berusaha meletakkan logika sederhana ttg pendapatan untuk dipikirkan.

If you can afford it, could you maintain it?

Kekacauan LCGC ini begitu sistemik. Dan serem rasanya melihat paket2 kredit pemilikan mobil. Dalam jangka sekian tahun, sekian persen pendapatan harus diberikan ke pemberi kredit. Sementara tiap bulan mobil butuh bahan bakar, tiap sekian bulan butuh servis, dan tiap tahun bayar pajak.

Karena sepanjang pengamatan ane saat memperhatikan calon pembeli LCGC secara kridit, mereka hanya melihat tabel angsuran dan tenor, lalu berpikir: "ok, sekian jeteng per bulan masuk dalam budget". Mereka ga ada yg nanya "brp biaya servis per 10rb km? Brp pajak tahunan? Brp biaya spooring? Brp harga aki nya, filter nya, dst dst."

Hanya melihat cicilan. Dah, bungkus. Sesederhana itu, tapi konsekuensi nya yang tidak sederhana.
ini juga sudut pandang bokap ane ketika mw beli mobil buat memudahkan mobilitas ane di sby....

bajet max 150jeteng.... dapet SX-4 2011 :big_grin:

kemaren habis checkup di BeRes, ganti belt AC, belt alternator, dan minyak rem plus biaya jasa (bongkar rem + bersihin rem), cuma 550rebong.... :big_grin: lumayan bersahabat buat kantong mahasiswa kere macem ane.... :ungg:

nah, makanya... ane lihatnya mobil "murah" ini perawatannya sama sekali ga "murah" lho.... :ungg:

jadi sebenernya "low cost" ? err... i doubt that.... :ungg: low price, but not low cost.... :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by WongZo »

Stuju ma pendapat om cat :big_exellent: .
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by y_anjasrana »

Menurut ane tetep mending mobil LCGC daripada motor cepot 250cc yg sempat muncul saat demo buruh tuh....
Accurate V5 Accounting System Consultant
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by Salvanost »

Belum termasuk uang tol...
Saya aja dengan mobil 1000km/bulan
Kira2 perbulan butuh uang tol 250k
Sisanya udah jelas disebutkan oleh om madcat, uang parkir mungkin bisa diatas 10x lipat
Lom lagi bayar duid ke pak ogah
Lom lagi tilang yg lebih mahal
Lom lagi konsumsi bensin 1:6-1:14 mobil vs 1:40 motor

Dan yg paling dahsyat? Jelas ERP!!! Sekali lewat daerah elite bayar minimal 20000
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by VanzMatic »

Asumsi mobil dipakai harian lo ya:
1. BBM per pekan, sekikir kikirnya kita beliin premium, sepekan 100rb paling mentok. Motor? 20ribu rata rata.
2. Parkir, sangat variable.
3. Biaya tol. Sejarang jarangnya nge-tol, kalo pakai mobil harian, minimal biaya tol: 40rb sebulan. Motor? Nol.
4. Pajak. Setaun 1,8 juta secara mean. Motor? 180ribu setaun.
5. Perbaikan plus ganti oli dkk dll ... pukul rata 600ribu. Motor? 50ribu sudah sama oli federal.
6. Ganti oli doang, pakai oli menengah ke atas plus jasa? 400ribu. Motor? Pakai oli mewah 80 ribu full syn.
7. Ganti rem depan mobil plus jasa? 350ribu. Motor? 40ribu.
8. Ganti ban, minimal 2 buah, sudah 1,2 juta paling murah, biasanya termasuk balancing. Motor? Depan doang 120ribu.
9. Spooring roda depan? 300 ribu rata rata. Motor? Ke tukang setel pelek ruji bengkel sepeda, kasi 50ribu.
10. dll dkk..
:big_grin:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by bisti »

tp ada sudut pandang lain masbro...
saya paling ngeri liat ada keluarga pergi pake motor...anak besar didepan bapak anak kedua ibu..kedua anak gk pake helm...ada yg pernah liat keluarga spt motornya jatuh....ngeri masbro...
saya berdoa ..mudah2an mohon jgn ada lg keluarga pergi dgn cara spt ini...katakan pake mobil sederhana pun...tak pikir jauh lebih aman...apalah arti punya uang lebih...setelah satu kejadian yg menyakitkan & gk mungkin diulang lg
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by VanzMatic »

bisti wrote:tp ada sudut pandang lain masbro...
saya paling ngeri liat ada keluarga pergi pake motor...anak besar didepan bapak anak kedua ibu..kedua anak gk pake helm...ada yg pernah liat keluarga spt motornya jatuh....ngeri masbro...
saya berdoa ..mudah2an mohon jgn ada lg keluarga pergi dgn cara spt ini...katakan pake mobil sederhana pun...tak pikir jauh lebih aman...apalah arti punya uang lebih...setelah satu kejadian yg menyakitkan & gk mungkin diulang lg
Hehe... saya sebetulnya salah satu mendukung mobil murah....karena - as stated before - saya udah 4x liat sekeluarga bonceng 4 mudik lebaran, jatuh. Ada yg kepleset solar, ada yg diserempet lari bus akap, ada yang nyusruk ke rumput pinggir jalan, dan yang mengenaskan....si anak nangis sejadi jadinya...

Imagine that?

Tapi di benak saya juga tidak mendukung, apabila kepemilikan mobil murah juga mengancam kelangsungan uang SPP anak anaknya,... kelangsungan beli beras, sehingga salah salah yang dicekik malah pengeluaran beli berasnya, bukan pengeluaran beli bensin mobilnya... apalagi kalau si suami punya hobi tidak terkendali: Belanjain uang rumah tangga untuk kebutuhan tersier: Modif ban, main audio, dlsb.

Two sided epic story?
Definetely YES.

Dibutuhkan effort untuk memeliharanya. Sanggupkah...?
Hanya ke point itu saja paparan ane di posting sebelumnya.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by bisti »

yups...hehe..
dua sisi mata uang...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by madcat015 »

bisti wrote:tp ada sudut pandang lain masbro...
saya paling ngeri liat ada keluarga pergi pake motor...anak besar didepan bapak anak kedua ibu..kedua anak gk pake helm...ada yg pernah liat keluarga spt motornya jatuh....ngeri masbro...
saya berdoa ..mudah2an mohon jgn ada lg keluarga pergi dgn cara spt ini...katakan pake mobil sederhana pun...tak pikir jauh lebih aman...apalah arti punya uang lebih...setelah satu kejadian yg menyakitkan & gk mungkin diulang lg
Sudut pandang om bisti mmg jg jadi pertimbangan ane. kondisi LCGC ini seakan2 menjadi dilema.

Memang mobil menawarkan kenyamanan dan kapasitas lebih besar. Perkara keselamatan, tergantung pengemudi dan doa. Kita hati2, orang lain belum tentu.

Jadi antara keselamatan vs kehidupan bulanan/kesanggupan finansial membiayai LCGC. Semua orang menginginkan keduanya, dan bagi sebagian orang, mereka hanya memiliki satu pilihan. Itu yg bikin ane mengambil sikap kontra ke LCGC. Pemerintah cuman memikirkan pajak, pabrikan memikirkan untung, bank memikirkan spread bunga. Tetap pemilik yg harus menanggung itu semua.

Makanya knp ane berpikir: mobkas mmg lebih beresiko, ttp tidak semua mobkas kondisi nya jelek. Ane ingat, ada teman yg punya KiSup 1990an. Kondisi sangat laik jalan, sering jadi mobil utk roadtrip. Kurang dari 40jt dia bungkus, sekitar 32juta sekian.

Perawatan mudah, spareparts di mana2, AC adem, tangguh, dan suka nglitik meski tidak parah... toh, sebagus2nya LCGC, masih belum teruji spt KiSup tsb.

Dua sisi sudut pandang mmg harus dilihat. Tp ane berpendapat, LCGC tidak tepat sama sekali. Salah sasaran dan salah kaprah karena pemerintah dudul naujubile.

Korbannya ya masyarakat spt biasa.

@om VM: thanks for putting the right words before my humble post... :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by hariy »

y_anjasrana wrote:Menurut ane tetep mending mobil LCGC daripada motor cepot 250cc yg sempat muncul saat demo buruh tuh....
itu motor apaan, om?
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by WongZo »

Klw kta ane penjualan LCGC klw bsa tenor kreditnya jngan yg lama", 3 tahunan ckup lah yh, klw smpe ad yg 7 taun gtu kan kepikiran org sni mudah lah periodenya lama. Tp mmng klw untuk mudik jauh lebih baik daripada pke motor sih, ngeri soalnya. Tp untuk maintenance costnya walaupun mobil cmn dipake seminggu sekali vs motor pke tiap hari ttp aja berat bngt, kya kta" para suhu" diatas. Klw menurut ane beli mobil second dgn range harga serupa sih lebih baik, bsa dpt build quality lbh baik, kgak menambah jumlah kendaraan. Tp mmng bnyak org yg gapunya bnyk wktu untuk repair mobil second atau jg banyak yg gangerti mesin yg takut berabe klw dijalanan. Mmng agak sulit juga sih :e-think: .
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by ChZ »

WongZo wrote:Klw kta ane penjualan LCGC klw bsa tenor kreditnya jngan yg lama", 3 tahunan ckup lah yh, klw smpe ad yg 7 taun gtu kan kepikiran org sni mudah lah periodenya lama. Tp mmng klw untuk mudik jauh lebih baik daripada pke motor sih, ngeri soalnya. Tp untuk maintenance costnya walaupun mobil cmn dipake seminggu sekali vs motor pke tiap hari ttp aja berat bngt, kya kta" para suhu" diatas. Klw menurut ane beli mobil second dgn range harga serupa sih lebih baik, bsa dpt build quality lbh baik, kgak menambah jumlah kendaraan. Tp mmng bnyak org yg gapunya bnyk wktu untuk repair mobil second atau jg banyak yg gangerti mesin yg takut berabe klw dijalanan. Mmng agak sulit juga sih :e-think: .
naik motor, apalagi di kota besar ngeri om... :big_childish:

beban mental dan fisik tentu saja..... kemacetan, jarak tempuh jauh, panas, dan polusi.... akibatnya waktu nyampe tempat tujuan, badan udah capek pegel di perjalanan.... apalagi yg trayeknya ujung-ke-ujung.... :ungg:

naik mobil : macet... tapi beban fisik dan mental nggak separah kalo naik motor....

solusi sebenarnya adalah public transport.... masalahnya public transport nggak aman, nggak nyaman pula.... :big_slap:

IMO sepertinya calon pembeli mobil murah patut mempertimbangkan mobkas yang "war proven" seperti KiSulDies atau IsPan.... mobil yang "nyaris" trouble-free saking simpelnya, kalopun trouble bisa repair sendiri... seburuk-buruknya bengkel pinggir jalan bisa benerin... :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by Kaleng »

Mungkin pemerintah perlu bikin tabel estimasi biaya kepemilikan LCGC yang beredar saat ini, bisa diiklankan mungkin di media cetak yang menyambar level masyarakat yang menjadi target.

Jadinya ada gambaran kira-kira penghasilan per bulan berapa baru boleh meminang LCGC.

Apabila masyarakat yang sehari2 naik motor PP Kerja kemudian beralih ke LCGC saya rasa 80% akan balik lagi pakai motor setelah beberapa saat terutama untuk yang di area jabodetabek karena pakai mobil macetnya kagak tahan.

Minggu lalu ada kesempatan coba pakai mobil pulang kerja total waktu sekitar 1,5 jam kalau pakai motor cukup 1 jam. Capek kurang lebih sama.

Senin kemarin pagi-pagi berangkat kerja harus naik bis karena kebetulan motor ditinggal di kantor dan hasilnya perjalanan 2 jam dan berdiri sepanjang perjalanan dan kaki pegel bukan main. Kalau pakai motor cukup 50 menit - 1 jam dan badan tidak capek.

Jadi apabila yang beli lcgc adalah pemotor yang jarak lumayan jauh dan jalur macet saya rasa pasti banyak yang balik lagi pakai motor sebagai kendaraan operasional harian.

cmiimw
mawan
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Mon May 19, 2014 7:19

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by mawan »

salam kenal semuanya...kalo ane sih penganut LCGA.... (Low Cost Gowes Aje)... sekedar saran dari newbie... :mky_01:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Benarkah LCGC murah?

Post by kunaskun »

respon pasar buat lcgc menurut ane sukses si daerah terutama jawa tengah, kena di level kelas menengah baru yang baru naik pendapatannya = pertanda buruk untuk urusan etika berkendara, untungnya belum banyak orang "bodoh" nyetir di pantura pake lcgc, dan kalaupun ada sepengalaman ane ga ada yang konyol macem gerombolan AV/XE plat B :big_biglaugh: jadi ya setidaknya ga parah2 amat, walau di musim mudik pasti akan ada, dan bisa jadi ada korban celaka pertama LCGC pas mudik nanti.

yang menarik itu di jawa tengah, ratio mobil "SUPER" bisa dibilang imbang dengan duo agay alay. kalau si satya lebih sulit dicari.

belakangan yang booming sekarang, mobilio, itu menggila antrian indent-nya :mky_02: hebat dagangan honda, di daerah kota banyak banget mobilio plat putih berkeliaran, kelihatan mencolok banget jumlahnya, bisa dibilang semenit sekali pasti keliatan itu seekor. mungkin bener dari jaman dulu sampe sekarang, sejak krismon 98, kelas paling banyak itu dibawah 200 juta, dulu pas duo kaleng nongol kan harganya 100 juta lebih dikit, jazz pun sama, yaris juga, sekarang rata2 sudah naik harganya, yang kesisa cuma duo kaleng. sekarang ada LCGC ditambah mobilio dan mpv low end lainnya.