Benarkah LCGC murah?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Dec 07, 2013 6:53
Benarkah LCGC murah?
pertanyaan ini sudah muncul dalam benak ane dari dulu, "benarkah LCGC murah?". atau mungkin lebih tepatnya pertanyaannya adalah berapa sih besarnya insentif pajak yang diberikan oleh pemerintah untuk mobil2 dalam program LCGC?
sebenarnya kalau dicompare LCGC dengan sitikar non LCGC selisih harganya (include diskon) cukup masuk akal dengan perbedaan spek mesin dan fitur yang diberikan, trus yg bikin ane bingung sebenarnya berapa ya insentif pajak yg didapatkan oleh ATPM...?
ane semakin tergelitik utk membuat trit ini (agar mendapat pencerahan dari om2 disini) setelah melihat berita salah satu lcgc toyota agya yg diekspor ke filipin dgn nama toyota wigo
http://www.topgear.com.ph/news/car-news ... oyota-wigo
kalau dari harga wigo tipe G MT P 499.000,- yg kalau dirupiahkan sekitar Rp 135 juta CMIIW
perbedaannya dgn agya G diindonesia diantaranya
- wiper belakang
- HU 2 din with layar
- 4 speaker
- ABS
- Immobilizer
- wireless door lock? (ini apa ya om )
sebenarnya kalau dilihat selisihnya dengan OTR JKT mungkin cukup besar tapi kalau dibandingkan dengan OTR kaltim harga agya G MT saat ini sudah Rp 121 juta
selisih 15 juta dengan di filipin dan ada perbedaan fitur seperti diatas....kok kyknya agak gimana gitu ya....apa ongkos kirim ke filipin lebih murah dari ke kaltim ya...?
mungkin ada pendapat dari om2 disini mengenai hal2 tersebut diatas
dan siapa tahu ada yg bisa ngasih bocoran, minimal clue lah, khususnya ttg berapa sih insentif pajak yg didapat oleh mobil2 lcgc?
sebenarnya kalau dicompare LCGC dengan sitikar non LCGC selisih harganya (include diskon) cukup masuk akal dengan perbedaan spek mesin dan fitur yang diberikan, trus yg bikin ane bingung sebenarnya berapa ya insentif pajak yg didapatkan oleh ATPM...?
ane semakin tergelitik utk membuat trit ini (agar mendapat pencerahan dari om2 disini) setelah melihat berita salah satu lcgc toyota agya yg diekspor ke filipin dgn nama toyota wigo
http://www.topgear.com.ph/news/car-news ... oyota-wigo
kalau dari harga wigo tipe G MT P 499.000,- yg kalau dirupiahkan sekitar Rp 135 juta CMIIW
perbedaannya dgn agya G diindonesia diantaranya
- wiper belakang
- HU 2 din with layar
- 4 speaker
- ABS
- Immobilizer
- wireless door lock? (ini apa ya om )
sebenarnya kalau dilihat selisihnya dengan OTR JKT mungkin cukup besar tapi kalau dibandingkan dengan OTR kaltim harga agya G MT saat ini sudah Rp 121 juta
selisih 15 juta dengan di filipin dan ada perbedaan fitur seperti diatas....kok kyknya agak gimana gitu ya....apa ongkos kirim ke filipin lebih murah dari ke kaltim ya...?
mungkin ada pendapat dari om2 disini mengenai hal2 tersebut diatas
dan siapa tahu ada yg bisa ngasih bocoran, minimal clue lah, khususnya ttg berapa sih insentif pajak yg didapat oleh mobil2 lcgc?
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Benarkah LCGC murah?
Seriously, 4-channel ABS?
Spek dewa untuk harganya ui...
Tapi gear levernya jelek ME EYES!
Wireless door lock kayaknya remote untuk membuka dan mengunci pintu...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Dec 07, 2013 6:53
Re: Benarkah LCGC murah?
eh ada momod kucing mampir...
ane awam sama dunia permesinan om..paling ngertinya ABS lebih safety dr rem biasa
ini sekedar ngeluarin unek2 aja om, ngeliat selisih harga dimari dgn di filipin tapi dengan fiturnya yg lumayan
btw klo boleh nebak nih om, kyknya insentif pajak utk lcgc cuma sekitar 5 jeti ya om........
...............
ane awam sama dunia permesinan om..paling ngertinya ABS lebih safety dr rem biasa
ini sekedar ngeluarin unek2 aja om, ngeliat selisih harga dimari dgn di filipin tapi dengan fiturnya yg lumayan
btw klo boleh nebak nih om, kyknya insentif pajak utk lcgc cuma sekitar 5 jeti ya om........
...............
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Dec 07, 2013 6:53
Re: Benarkah LCGC murah?
btw ni heater bakal kepake ya di filipin? bukannya disana beriklim tropis kyk di indo...?madcat015 wrote:
ooohh...ane sih taunya itu namanya alarm....madcat015 wrote: Wireless door lock kayaknya remote untuk membuka dan mengunci pintu...
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Benarkah LCGC murah?
Sama om, ane juga ga seberapa ngerti. Masih harus banyak belajar...MantanLuna wrote:eh ada momod kucing mampir...
ane awam sama dunia permesinan om..paling ngertinya ABS lebih safety dr rem biasa
ini sekedar ngeluarin unek2 aja om, ngeliat selisih harga dimari dgn di filipin tapi dengan fiturnya yg lumayan
btw klo boleh nebak nih om, kyknya insentif pajak utk lcgc cuma sekitar 5 jeti ya om........
...............
Untuk heater, itu wajib drpd saat hujan dan dingin, seluruh kaca berembun.
Insentif pajak LCGC jauh lebih besar dari angka tsb. Ane ga bisa bilang angka pastinya om...
Confidential...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7371
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Benarkah LCGC murah?
mari kita bicara asal asalan u term wireless
semur sy hidup itu buka kunci pintu mobil pakai anak kunci atau remote control(press button ataupun frequency range) n bukan pakai kabel ataupun linggis
wireless artinya tanpa kabel jadi dibalik door skin (luar) n trim itu tdk ada electric function apapun yg artinya. .. buka tutup n kunci mobil itu full manual dg tangan
semur sy hidup itu buka kunci pintu mobil pakai anak kunci atau remote control(press button ataupun frequency range) n bukan pakai kabel ataupun linggis
wireless artinya tanpa kabel jadi dibalik door skin (luar) n trim itu tdk ada electric function apapun yg artinya. .. buka tutup n kunci mobil itu full manual dg tangan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42
Re: Benarkah LCGC murah?
Harga murah kalau dibandingkan dgn negara lain agak berbeda, karena kebijakan bea masuk, pajak, insentif, dan biaya plus2 lainnya. paling masuk akal dicompare dgn saingan di indonesia.
Kalau ane mending uang segitu utk nyari janda/mobil 2nd yg bagus.
Kalau ane mending uang segitu utk nyari janda/mobil 2nd yg bagus.
アイドリング!!!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Tue Nov 19, 2013 14:32
Re: Benarkah LCGC murah?
LGCC ini emang tujuannya buat ekspor, dimana
menurut pemahaman awam ku :
pemerintah bebaskan pajak (0%) untuk datangkan mesin misal toyota
kemudian di assembly di indo,
begitu jadi tinggal di kirim ke luar (sehingga harganya bisa bersaing)
nah negara2 berkembang, bisanya tetap tetapin pajak ketika import mesin untuk di CKD
maka dari itu, sekarang dgn adanya LGCC, produk buatan indonesia bisa bersaing ke luar, maupun ke negara tetangga..
otomatis industri otomotif indonesia akan semakin maju dan berkembang..
India juga salah satu negara dengan potensi penduduk besar di dunia yg di gadang2 untuk dijadikan basis otomatif setelah thailand..
cuman dari sisi posisi wilayah produksi India itu untuk di kirim ke ya eropa timur dsb..
nah kalo indonesia sepertinya akan di jadikan basis produksi untuk wilayah asia tenggara, dan harapan kita juga ekspor ke australia (mengingat pabrik honda, toyota, dan GM dan angkat kaki dari OZ, karena biaya produksi yg tinggi..)
menurut pemahaman awam ku :
pemerintah bebaskan pajak (0%) untuk datangkan mesin misal toyota
kemudian di assembly di indo,
begitu jadi tinggal di kirim ke luar (sehingga harganya bisa bersaing)
nah negara2 berkembang, bisanya tetap tetapin pajak ketika import mesin untuk di CKD
maka dari itu, sekarang dgn adanya LGCC, produk buatan indonesia bisa bersaing ke luar, maupun ke negara tetangga..
otomatis industri otomotif indonesia akan semakin maju dan berkembang..
India juga salah satu negara dengan potensi penduduk besar di dunia yg di gadang2 untuk dijadikan basis otomatif setelah thailand..
cuman dari sisi posisi wilayah produksi India itu untuk di kirim ke ya eropa timur dsb..
nah kalo indonesia sepertinya akan di jadikan basis produksi untuk wilayah asia tenggara, dan harapan kita juga ekspor ke australia (mengingat pabrik honda, toyota, dan GM dan angkat kaki dari OZ, karena biaya produksi yg tinggi..)
Clonengan juga manusia loh.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Dec 07, 2013 6:53
Re: Benarkah LCGC murah?
belajar cara mancing nonik om......... ups itu sih ane.........madcat015 wrote: Sama om, ane juga ga seberapa ngerti. Masih harus banyak belajar...
Untuk heater, itu wajib drpd saat hujan dan dingin, seluruh kaca berembun.
Insentif pajak LCGC jauh lebih besar dari angka tsb. Ane ga bisa bilang angka pastinya om...
Confidential...
hoo...mangap deh, klo ane hujan/panas perasaan yg dinyalain tetap aja ac deh....ndeso
wah klo gitu berarti emang lumayan yah insentif pajaknya...
klo buka pintu harus pake linggis ntuh mobil mestinya juga ngasih bonus linggis ya, ga cuman kf, sarung jok, dll.......newrubble wrote:mari kita bicara asal asalan u term wireless
semur sy hidup itu buka kunci pintu mobil pakai anak kunci atau remote control(press button ataupun frequency range) n bukan pakai kabel ataupun linggis
wireless artinya tanpa kabel jadi dibalik door skin (luar) n trim itu tdk ada electric function apapun yg artinya. .. buka tutup n kunci mobil itu full manual dg tangan
iya ya, pajaknya beda....Tomiko_Van wrote:Harga murah kalau dibandingkan dgn negara lain agak berbeda, karena kebijakan bea masuk, pajak, insentif, dan biaya plus2 lainnya. paling masuk akal dicompare dgn saingan di indonesia.
Kalau ane mending uang segitu utk nyari janda/mobil 2nd yg bagus.
emang untuk di ASEAN pajak diindonesia termasuk yg paling tinggi ya om?
setuju om, jadi menciptakan peluang dan lapangan kerja bagi vendor2 lokal...tp jd inget dulu momot kucing pernah bilang klo persyaratan 80% harus komponen lokal utk lcgc ternyata bahan bakunya sebagian besar juga masih ngimporClonenganSMNew wrote:LGCC ini emang tujuannya buat ekspor, dimana
menurut pemahaman awam ku :
pemerintah bebaskan pajak (0%) untuk datangkan mesin misal toyota
kemudian di assembly di indo,
begitu jadi tinggal di kirim ke luar (sehingga harganya bisa bersaing)
nah negara2 berkembang, bisanya tetap tetapin pajak ketika import mesin untuk di CKD
maka dari itu, sekarang dgn adanya LGCC, produk buatan indonesia bisa bersaing ke luar, maupun ke negara tetangga..
otomatis industri otomotif indonesia akan semakin maju dan berkembang..
India juga salah satu negara dengan potensi penduduk besar di dunia yg di gadang2 untuk dijadikan basis otomatif setelah thailand..
cuman dari sisi posisi wilayah produksi India itu untuk di kirim ke ya eropa timur dsb..
nah kalo indonesia sepertinya akan di jadikan basis produksi untuk wilayah asia tenggara, dan harapan kita juga ekspor ke australia (mengingat pabrik honda, toyota, dan GM dan angkat kaki dari OZ, karena biaya produksi yg tinggi..)
tapi yah semoga kedepan bisa lebih baik........bukan lebih banyak ngimpor bahan bakunya.....
klo dipikir2 otr jkt 106 jt dgn otr filipin tadi 135 jt....hmm, emang lumayan selisihnya ya, terasa klo memang ada "insentif" tadi....
cuman klo ane compare dgn otr dikaltim atau pulau2 dluar jawa, hmm...kok jadi ga worthed ya karena perbedaan fitur (ABS, immob,dll) diatas
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Benarkah LCGC murah?
LCGC itu apa ya ?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 363
- Joined: Thu Apr 18, 2013 1:44
Re: Benarkah LCGC murah?
LCGC Muahal, Mirage GLX M/T terakhir ane denger diskon 28jt, jadi 112jt, Agya M/T 110jt dan jangan harap dikasih diskon,
Padahal kualitas Mirage sama Agya jauhlah, Mirage dashboard aja jauh keliatan lebih mewah, dengan piano black finish udah gitu AC digital bukan AC kompor yg cuma punya pengaturan suhu sama fan doang
Padahal kualitas Mirage sama Agya jauhlah, Mirage dashboard aja jauh keliatan lebih mewah, dengan piano black finish udah gitu AC digital bukan AC kompor yg cuma punya pengaturan suhu sama fan doang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 363
- Joined: Thu Apr 18, 2013 1:44
Re: Benarkah LCGC murah?
Oh ya ini perbedaan Wigo sama Agya versi lengkap :
1. Tentunya Setir Kiri
2. Arah semburan AC yg lengkap sekaligus Heater
Di Indo AC Agya minim fitur cuma pengaturan kecepatan fan dan suhu, di Wigo ada pengatur arah semburan ke kaca depan (biar nggak ngembun pas ujan), terlihat dari adanya lubang diatas ujung dashboard, dan juga bisa ngatur semburan ke arah kaki dll dll
3. Cover penutup Air Bag Penumpang
Di Wigo lebih rapi, rata dashboard dan lebih kecil
4. Audio Double Din Monitor
5. Rear Defooger
Mobil kelas diatasnya aja (Avanza) nggak punya, kayaknya Rear Defooger ini udah mulai ditinggalkan dimobil2 di Indo buat neken cost production, padahal perlu banget nih kalo kaca belakang lagi berkabut bingung juga liat belakang
6. Rear Wiper
Nah ini hebatnya udah dikasih rear defogger dikasih rear wiper juga :salute:, biasanya salah satu dikasihnya
7. ABS
Agya hanya memiliki Dual Air Bag, dan sampai tipe tertinggi pun belum punya ABS.
8. Immobilizer
Tidak seperti Karimun Wagon R yg sudah memiliki Immobilizer, Agya di Indo belum punya
9. Emblem depan Toyota
Ya jelas emblem Garuda kan buat memenuhi persyaratan LCGC
Ini dia spek lengkapnya :
[spoiler=Full Spec]ENGINE
Engine: 1.0-liter in-line three-cylinder, 12-valve DOHC 1KR-FE
Horsepower: 64hp @ 6,000rpm
Torque: 85Nm @ 3,600rpm
Transmission: 5-speed manual (1.0G and 1.0E) or 4-speed automatic (1.0G)
DIMENSIONS
Length: 3,600mm
Width: 1,620mm (1.0G) or 1,600mm (1.0E)
Height: 1,520mm
Wheelbase: 2,450mm
Ground clearance: 180mm
Seating capacity: 5 pax
CHASSIS
Front suspension: MacPherson strut with coil spring
Rear suspension: Semi-independent torsion axle beam with coil spring
Wheels: 14-inch alloy (1.0G) or 13-inch steel with cap (1.0E)
Tires: 175/65 R14 (1.0G) or 155/80 R13 (1.0E)
EXTERIOR
Headlamps: Multi-reflector-type halogen
Fog lamps: With (1.0G) or without (1.0E)
Radiator grille: Chrome
Side mirrors: Body color
Outside door handles: Chrome (1.0G) or body color (1.0E)
Side molding: Chrome (1.0G) or without (1.0E)
Rear spoiler: With (1.0G) or without (1.0E)
High-mount stop lamp: Spoiler-integrated LED type (1.0G) or without (1.0E)
INTERIOR
Instrument panel: Silver (1.0G) or silver and black (1.0E)
Audio: 2-DIN navi-ready CD/MP3/USB/AUX with iPod and video playback capability (1.0G) or 1-DIN MP3/USB/AUX (1.0E)
Speakers: 4 (1.0G) or 2 (1.0E)
Steering wheel: Three-spoke urethane with silver accent (1.0G) or three-spoke urethane (1.0E)
Sun visors: Driver and passenger (with vanity mirror)
Assist grips: One in front and two at the back (1.0G) or without (1.0E)
Inside door handles: Chrome (1.0G) or material (1.0E)
Door trim: Molded full trim with silver ornament (1.0G) or molded full trim (1.0E)
POWER FEATURES
Power steering: With
Power windows: With
Power door locks: With
Power side mirrors: With (1.0G) or without (1.0E)
SAFETY FEATURES
Airbags: Dual front (driver and passenger)
Antilock brakes: With (1.0G) or without (1.0E)
Child locks: With (rear doors only)
SECURITY FEATURES
Anti-theft system: Immobilizer (1.0G) or without (1.0E)
Wireless door locks: With (1.0G) or without (1.0E)
BODY COLORS
Silver metallic: 1.0G AT, 1.0G MT and 1.0E MT
Dark blue mica metallic: 1.0G AT and 1.0G MT
Light blue: 1.0E MT
Gray metallic: 1.0G AT and 1.0G MT
White: 1.0G AT, 1.0G MT and 1.0E MT
Black: 1.0G AT, 1.0G MT and 1.0E MT[/spoiler]
Tapi ada fitur ada harga, di Filipin Wigo dijual dengan harga 120-144jt, Tapi Agya kalo dikenain pajak segitu juga kali ya harganya
Oh ya tambahan Wigo nggak ada varian TRD S, hanya E dan G
1. Tentunya Setir Kiri
2. Arah semburan AC yg lengkap sekaligus Heater
Di Indo AC Agya minim fitur cuma pengaturan kecepatan fan dan suhu, di Wigo ada pengatur arah semburan ke kaca depan (biar nggak ngembun pas ujan), terlihat dari adanya lubang diatas ujung dashboard, dan juga bisa ngatur semburan ke arah kaki dll dll
3. Cover penutup Air Bag Penumpang
Di Wigo lebih rapi, rata dashboard dan lebih kecil
4. Audio Double Din Monitor
5. Rear Defooger
Mobil kelas diatasnya aja (Avanza) nggak punya, kayaknya Rear Defooger ini udah mulai ditinggalkan dimobil2 di Indo buat neken cost production, padahal perlu banget nih kalo kaca belakang lagi berkabut bingung juga liat belakang
6. Rear Wiper
Nah ini hebatnya udah dikasih rear defogger dikasih rear wiper juga :salute:, biasanya salah satu dikasihnya
7. ABS
Agya hanya memiliki Dual Air Bag, dan sampai tipe tertinggi pun belum punya ABS.
8. Immobilizer
Tidak seperti Karimun Wagon R yg sudah memiliki Immobilizer, Agya di Indo belum punya
9. Emblem depan Toyota
Ya jelas emblem Garuda kan buat memenuhi persyaratan LCGC
Ini dia spek lengkapnya :
[spoiler=Full Spec]ENGINE
Engine: 1.0-liter in-line three-cylinder, 12-valve DOHC 1KR-FE
Horsepower: 64hp @ 6,000rpm
Torque: 85Nm @ 3,600rpm
Transmission: 5-speed manual (1.0G and 1.0E) or 4-speed automatic (1.0G)
DIMENSIONS
Length: 3,600mm
Width: 1,620mm (1.0G) or 1,600mm (1.0E)
Height: 1,520mm
Wheelbase: 2,450mm
Ground clearance: 180mm
Seating capacity: 5 pax
CHASSIS
Front suspension: MacPherson strut with coil spring
Rear suspension: Semi-independent torsion axle beam with coil spring
Wheels: 14-inch alloy (1.0G) or 13-inch steel with cap (1.0E)
Tires: 175/65 R14 (1.0G) or 155/80 R13 (1.0E)
EXTERIOR
Headlamps: Multi-reflector-type halogen
Fog lamps: With (1.0G) or without (1.0E)
Radiator grille: Chrome
Side mirrors: Body color
Outside door handles: Chrome (1.0G) or body color (1.0E)
Side molding: Chrome (1.0G) or without (1.0E)
Rear spoiler: With (1.0G) or without (1.0E)
High-mount stop lamp: Spoiler-integrated LED type (1.0G) or without (1.0E)
INTERIOR
Instrument panel: Silver (1.0G) or silver and black (1.0E)
Audio: 2-DIN navi-ready CD/MP3/USB/AUX with iPod and video playback capability (1.0G) or 1-DIN MP3/USB/AUX (1.0E)
Speakers: 4 (1.0G) or 2 (1.0E)
Steering wheel: Three-spoke urethane with silver accent (1.0G) or three-spoke urethane (1.0E)
Sun visors: Driver and passenger (with vanity mirror)
Assist grips: One in front and two at the back (1.0G) or without (1.0E)
Inside door handles: Chrome (1.0G) or material (1.0E)
Door trim: Molded full trim with silver ornament (1.0G) or molded full trim (1.0E)
POWER FEATURES
Power steering: With
Power windows: With
Power door locks: With
Power side mirrors: With (1.0G) or without (1.0E)
SAFETY FEATURES
Airbags: Dual front (driver and passenger)
Antilock brakes: With (1.0G) or without (1.0E)
Child locks: With (rear doors only)
SECURITY FEATURES
Anti-theft system: Immobilizer (1.0G) or without (1.0E)
Wireless door locks: With (1.0G) or without (1.0E)
BODY COLORS
Silver metallic: 1.0G AT, 1.0G MT and 1.0E MT
Dark blue mica metallic: 1.0G AT and 1.0G MT
Light blue: 1.0E MT
Gray metallic: 1.0G AT and 1.0G MT
White: 1.0G AT, 1.0G MT and 1.0E MT
Black: 1.0G AT, 1.0G MT and 1.0E MT[/spoiler]
Tapi ada fitur ada harga, di Filipin Wigo dijual dengan harga 120-144jt, Tapi Agya kalo dikenain pajak segitu juga kali ya harganya
Oh ya tambahan Wigo nggak ada varian TRD S, hanya E dan G
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Benarkah LCGC murah?
Om POS ini nanya serius atau ngetes sih ya?POS VETT wrote:LCGC itu apa ya ?
LCGC = Low Chrome .. eh salah, Low Cost Green Car. Mobil berbiaya rendah dan ramah lingkungan.
Etapi benar juga sih pertanyaan om Pos, khan yg ditekankan adalah biaya penggunaan mobil yg rendah khan ya, bukan mobilnya murah
Tapi khan itu Mirage keluaran 2013 ombimo_s wrote:LCGC Muahal, Mirage GLX M/T terakhir ane denger diskon 28jt, jadi 112jt, Agya M/T 110jt dan jangan harap dikasih diskon,
Padahal kualitas Mirage sama Agya jauhlah, Mirage dashboard aja jauh keliatan lebih mewah, dengan piano black finish udah gitu AC digital bukan AC kompor yg cuma punya pengaturan suhu sama fan doang
Oh ya, BTW, Mirage juga ada defogger dan wiper belakang loh. FYI aja sih, biar makin galau yg kepingin beli LCGC
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Benarkah LCGC murah?
Kalau heater...hmmm... antara perlu dan ngga perlu.
Sejatinya kalau hujan, ane bikin knob suhu habanja pada posisi paling low. Atau bahkan kalau bawa anak bini, kadang ane off kan itu knob suhu, dan kalau mulai hangat, ane dinginkan lagi suhunya.
Karena, kalau menghangat saat hujan, bukannya malah ngembun di dalam kaca ya?
Jadi kayak angkot angkot gitu lah kalo ujan...
Kalau rear window defogger, hmmmm... duluu punya Futura dan T120ss karoseri Adiputro. Pasti ada rear window defogger. Justru defogger ini seringnya ane nyalain kalau hembusan AC kurang sanggup mendinginkan seluruh kabin sehingga berembun.
Karena itu, embun di dalam malah muncul saat udara luar lebih dingin dari di dalam.
Dan di Futura maupun T120ss, jarang ane nyalakan defogger. Walaupun berfungsi
Sejatinya kalau hujan, ane bikin knob suhu habanja pada posisi paling low. Atau bahkan kalau bawa anak bini, kadang ane off kan itu knob suhu, dan kalau mulai hangat, ane dinginkan lagi suhunya.
Karena, kalau menghangat saat hujan, bukannya malah ngembun di dalam kaca ya?
Jadi kayak angkot angkot gitu lah kalo ujan...
Kalau rear window defogger, hmmmm... duluu punya Futura dan T120ss karoseri Adiputro. Pasti ada rear window defogger. Justru defogger ini seringnya ane nyalain kalau hembusan AC kurang sanggup mendinginkan seluruh kabin sehingga berembun.
Karena itu, embun di dalam malah muncul saat udara luar lebih dingin dari di dalam.
Dan di Futura maupun T120ss, jarang ane nyalakan defogger. Walaupun berfungsi
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Benarkah LCGC murah?
Even RAV4 ane 3 channel ABS...
Lengkap bener fitur si Wigo...
Lengkap bener fitur si Wigo...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7371
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Benarkah LCGC murah?
[cencored] Chairpersonship in Gay Community (kepemimpinan seorg leez di dlm komunitas gaya)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Benarkah LCGC murah?
Yang jelas murah pajak nya.
LCGC kriteria nya:
persentase Komponen buatan dalam negeri tinggi
emisi rendah / irit (syaratnya pakai pertamax)
murah...nah ini relatif, coba aja bandingkan harga off the road LCGC dengan (misal) xenia 1000cc.
LCGC kriteria nya:
persentase Komponen buatan dalam negeri tinggi
emisi rendah / irit (syaratnya pakai pertamax)
murah...nah ini relatif, coba aja bandingkan harga off the road LCGC dengan (misal) xenia 1000cc.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Wed Feb 05, 2014 8:03
Re: Benarkah LCGC murah?
ijinkan piyik ini nimbrung...
LCGC harga max off the roadnya 95Jt kan ya?kyknya yg siap ekspor cm astra sm suzuki aja,gak tau klo hando...dan max 95Jt itu dicapai sama satay type E,Agya type G kyknya msh di bwh itu...jadi bisa diitung tuh nilai tambah dg ekspor wigo dg harga OTR 135Jt di filipin,bea masuknya dll,sama harga pokoknya di Indonesia...kira2 lebih menjanjikan mana sama bikin mobnas trus ekspor?CMIIW
LCGC harga max off the roadnya 95Jt kan ya?kyknya yg siap ekspor cm astra sm suzuki aja,gak tau klo hando...dan max 95Jt itu dicapai sama satay type E,Agya type G kyknya msh di bwh itu...jadi bisa diitung tuh nilai tambah dg ekspor wigo dg harga OTR 135Jt di filipin,bea masuknya dll,sama harga pokoknya di Indonesia...kira2 lebih menjanjikan mana sama bikin mobnas trus ekspor?CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7371
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Benarkah LCGC murah?
bikin CKD n full manufacturing indo itu masih tetap investment risk issue. tiap principal sbtulnya lbh suka cbu meski bukan dr japan.
karena
-social cost (lahan diduduki warga, illegal transportation money tipping, etc) hrs ditanggung sendiri investor(s)
-production cost benchmark in hard currency (usd) knapa? krn spt sy bilang dulu sejak th67 sampai detik ini rupiah value trend itu bearish / declining
-bole sj siapapun teriak line up ini n itu sdh skian percent local content? tapi coba liat semua vendor list di tiap brand japan trutama. 99% dari suppliers / vendors adalah affiliated companies. artinya, ownership dari vendors ada shares dari principal (misalnya ada shares TAM di denso, atau yg pure local itu ada shares astra otoparts di dasa windu agung)
husus factor ketiga. knapa bisa? krn indo authorities tdk tegas bilang bhw yg dimaksud dg local content adalah installed components manufactured locally by non affiliated parties to brand principal. directly or indirectly. india itu tegas, bgt juga japan, PRC! south.korea.US! EU! oz, nz dan. ..malay
sehingga tiap supplied component itu juga kena production cost benchmark in usd. rate ¥ vs IDR stabil vis a vis. tapi IDR vs usd shaky ya tetap sj harga tiap unit yg sdh siap pajang showroom kena impact (harga akan naik)
u sementara wkt mmg lbh promising locally manufacturing for xport tapi sampai kapan?
sy nanya bgt krn bila kita ikutin perjalanan n history of CKD indo itu spirit awalnya adalah u fabrication independency dimana (1973) CKD kena zero percent import tax (wkt itu pemerintah indo blm kemaruk, tdk ada bea masuk komponen, pajak pertambahan nilai, pajak pertambahan nilai-barang mewah) sedangkan (1972 krn pas 1973 semua CBU kena non tariff barrier alias ga bole masuk kalo brand new). Sedangkan 1972 CBU kena import tax 15 percent
angka angka yg masih wajar krn satu tujuan economy indo merdeka dr belanda adalah u menghindarkan beban ekonomi yg memberatkan rakyat kebanyakan (pidato dr moh hatta di depan civitas academica Unas, may 1950)
apa perlu kepala tiap high ranked govt apparatus dibenturkan ke solid wall spy mrk ingat ini?
karena
-social cost (lahan diduduki warga, illegal transportation money tipping, etc) hrs ditanggung sendiri investor(s)
-production cost benchmark in hard currency (usd) knapa? krn spt sy bilang dulu sejak th67 sampai detik ini rupiah value trend itu bearish / declining
-bole sj siapapun teriak line up ini n itu sdh skian percent local content? tapi coba liat semua vendor list di tiap brand japan trutama. 99% dari suppliers / vendors adalah affiliated companies. artinya, ownership dari vendors ada shares dari principal (misalnya ada shares TAM di denso, atau yg pure local itu ada shares astra otoparts di dasa windu agung)
husus factor ketiga. knapa bisa? krn indo authorities tdk tegas bilang bhw yg dimaksud dg local content adalah installed components manufactured locally by non affiliated parties to brand principal. directly or indirectly. india itu tegas, bgt juga japan, PRC! south.korea.US! EU! oz, nz dan. ..malay
sehingga tiap supplied component itu juga kena production cost benchmark in usd. rate ¥ vs IDR stabil vis a vis. tapi IDR vs usd shaky ya tetap sj harga tiap unit yg sdh siap pajang showroom kena impact (harga akan naik)
u sementara wkt mmg lbh promising locally manufacturing for xport tapi sampai kapan?
sy nanya bgt krn bila kita ikutin perjalanan n history of CKD indo itu spirit awalnya adalah u fabrication independency dimana (1973) CKD kena zero percent import tax (wkt itu pemerintah indo blm kemaruk, tdk ada bea masuk komponen, pajak pertambahan nilai, pajak pertambahan nilai-barang mewah) sedangkan (1972 krn pas 1973 semua CBU kena non tariff barrier alias ga bole masuk kalo brand new). Sedangkan 1972 CBU kena import tax 15 percent
angka angka yg masih wajar krn satu tujuan economy indo merdeka dr belanda adalah u menghindarkan beban ekonomi yg memberatkan rakyat kebanyakan (pidato dr moh hatta di depan civitas academica Unas, may 1950)
apa perlu kepala tiap high ranked govt apparatus dibenturkan ke solid wall spy mrk ingat ini?
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Benarkah LCGC murah?
Indeed om rubble...newrubble wrote:bikin CKD! n full manufacturing indo itu masih tetap investment risk issue. tiap principal sbtulnya lbh suka cbu meski bukan dr japan.
karena
-social cost (lahan diduduki warga, illegal transportation money tipping, etc) hrs ditanggung sendiri investor(s)
-production cost benchmark in hard currency (usd) knapa? krn spt sy bilang dulu sejak th67 sampai detik ini rupiah value trend itu bearish / declining
-bole sj siapapun teriak line up ini n itu sdh skian percent local content? tapi coba liat semua vendor list di tiap brand japan trutama. 99% dari suppliers / vendors adalah affiliated companies. artinya, ownership dari vendors ada shares dari principal (misalnya ada shares TAM di denso, atau yg pure local itu ada shares astra otoparts di dasa windu agung)
husus factor ketiga. knapa bisa? krn indo authorities tdk tegas bilang bhw yg dimaksud dg local content adalah installed components manufactured locally by non affiliated parties to brand principal. directly or indirectly. india itu tegas, bgt juga japan, PRC! south.korea.US! EU! oz, nz dan. ..malay
sehingga tiap supplied component itu juga kena production cost benchmark in usd. rate ¥ vs IDR stabil vis a vis. tapi IDR vs usd shaky ya tetap sj harga tiap unit yg sdh siap pajang showroom kena impact (harga akan naik)
Faktor pertama dan kedua benar2 ga bs dielakkan.
Ane tertarik dgn faktor ketiga:
Faktor ketiga ini yg menyebabkan industri pendukung otomotif lokal mati kutu...
Perusahaan yg menyuplai komponen bener2 jadi price transfer company karena pengaruh affiliate yg begitu besar.
Hingga seorang rekan ane di perusahaan otomotif pernah mengatakan: "Skr ga kayak dulu, perusahaan non affiliated sulit sekali berkembang. Kami mendikte seluruh perusahaan (lokal) tsb. Mulai kualitas barang, hingga cost breakdown. Kami memastikan dan menentukan berapa rupiah profit mereka"
"Hal yg berbeda terjadi di affiliated, bisa dikatakan, kecuali production output, kami tidak tau internal nya."
Langkah masih panjang untuk benar2 membuat lokal content. Pemerintah terlalu takut kehilangan investor, pemerintah tidak tegas, pemerintah korup, pemerintah takut, pemerintah di dikte investor.
Semoga masa depan bisa lebih baik bagi Indonesia.
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Benarkah LCGC murah?
Sundul lagi ah trid bergizi....
Bacaan bermutu..
Bacaan bermutu..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Benarkah LCGC murah?
ojok banter2 om nyundule. mengko benjolVanzMatic wrote:Sundul lagi ah trid bergizi....
Bacaan bermutu..
ups !
...................
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Benarkah LCGC murah?
mahal murahny itu tergantung kebutuhan...dan apa yang dapat kita manfaatkan dari setiap rupiah yang kita keluarkan
engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Benarkah LCGC murah?
Pingin ini dah... http://autonetmagz.com/mungkinkah-suzuk ... yla/10935/ ... ini muncul, ane berpaling dari A*ya...