Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Hai hallo, pemilik Mirage silakan ngumpul di Cafe ini, buat sharing2 tentang Mirage.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Ga punya mirage, tp numpang keduax ahh
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Fri Dec 06, 2013 1:14
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
salam sesama pengguna mirage
secret make a woman woman
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Salam sesama pem-bully Miras...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
absen........
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Mayra hadir.... miras merah manual.....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Ane comot dari websitenya IMEC nih.. kyknya menarik :
Semoga bermanfaatWhy 3 Cylinder?
Postby anginlumpur » 22 May 2013, 20:04
3cyld vs 4cyld in general
kita anggap mesin ini yg beda hanya jumlah silindernya, teknologi sama, body mbl sama, GB sama... dll sama deh... kya 3A92 dan 4A92 kli yah.
kenyataan bnyk faktor lain yg nentuin performa dan karakter jadi hal ini tidak mutlak ini karakter dasarnya dri konstruksi straight three, bukan bearti semua 3cyld seperti ini dan 4cyld seperti itu...
Fuel Efficiency
kelebihan utama mesin 3 silinder di banding 4 silinder itu pastinya lebih irit.. karna jumlah silinder yang digunakan untuk membakar fuel lebih sedikit...
namun jika volume mesin sama misalnya 1.2 ltr 3cyld dan 4cyld 1.2ltr, jumlah fuel yang masuk sih kurang lebih akan sama ajah... tp yang 3cyld tetep lebih efisien... karna jumlah bidang permukaan yang kontak/bergesekan metal to metal, piston dan dinding silinder lebih sedikit *cyldnya cuma 3* selain itu jumlah joint piston ke crankshaft juga lebih dikit.. al hasil mesin 3 cyld punya kelebihan di mekanikal efisiensi karna lebih sedikit hambatannya dan daya yg terbuang dari gesekan di dalam mesin. *Low Friction* setiap Fuel yang terbakar lebih banyak yg jadi tenaga.
3Cyld juga berarti memiliki komponen yang lebih dikit...... camshaft dan crankshaft lebih pendek, valve lebih dikit ukuran fisik lebih kecil yang berujung ke bobot kendaraan yang jauh lebih ringan,*light weight* ujung2nya power to weight ratio lebih baik.
ukuran engine bay juga bisa di perkecil untuk memperbesar kabin penumpang al hasil ke fuel efficient dan power to weight ratio juga berpengaruh *compact size*
karna komponen yg di pakai lebih sedikit, ongkos maintenance juga akan lebih murah, karna komponen yang di ganti lebih sedikit. *low maintenance cost*
tentu ini juga berpengaruh ke production cost mesin yg harusnya lebih murah......... khusus hal ini yah kembali ke vendornya ngambil untung nya mw sgimana..
kelemahan nya siapppp....
rough power flow
pada mesin 3 cyld 4 langkah, satu siklus mesin dengan fase isapan,kompresi,pembakaran,pembuangan terdiri dari 2 putaran crankshaft atau 720 derajat. jarak antar fase pembakaran di 3 silinder adalah 240 derajat putaran crankshaft... namun fase pembakaran hanya terjadi di sudut 180 derajat sedangkan 60 derajat sisanya tidak terjadi fase apapun atw di sebut fase idle, di saat ini mesin berputar hanya oleh momen inertia...
Why 3 Cylinder?
Postby anginlumpur » 22 May 2013, 20:04
3cyld vs 4cyld in general
kita anggap mesin ini yg beda hanya jumlah silindernya, teknologi sama, body mbl sama, GB sama... dll sama deh... kya 3A92 dan 4A92 kli yah.
kenyataan bnyk faktor lain yg nentuin performa dan karakter jadi hal ini tidak mutlak ini karakter dasarnya dri konstruksi straight three, bukan bearti semua 3cyld seperti ini dan 4cyld seperti itu...
Fuel Efficiency
kelebihan utama mesin 3 silinder di banding 4 silinder itu pastinya lebih irit.. karna jumlah silinder yang digunakan untuk membakar fuel lebih sedikit...
namun jika volume mesin sama misalnya 1.2 ltr 3cyld dan 4cyld 1.2ltr, jumlah fuel yang masuk sih kurang lebih akan sama ajah... tp yang 3cyld tetep lebih efisien... karna jumlah bidang permukaan yang kontak/bergesekan metal to metal, piston dan dinding silinder lebih sedikit *cyldnya cuma 3* selain itu jumlah joint piston ke crankshaft juga lebih dikit.. al hasil mesin 3 cyld punya kelebihan di mekanikal efisiensi karna lebih sedikit hambatannya dan daya yg terbuang dari gesekan di dalam mesin. *Low Friction* setiap Fuel yang terbakar lebih banyak yg jadi tenaga.
3Cyld juga berarti memiliki komponen yang lebih dikit...... camshaft dan crankshaft lebih pendek, valve lebih dikit ukuran fisik lebih kecil yang berujung ke bobot kendaraan yang jauh lebih ringan,*light weight* ujung2nya power to weight ratio lebih baik.
ukuran engine bay juga bisa di perkecil untuk memperbesar kabin penumpang al hasil ke fuel efficient dan power to weight ratio juga berpengaruh *compact size*
karna komponen yg di pakai lebih sedikit, ongkos maintenance juga akan lebih murah, karna komponen yang di ganti lebih sedikit. *low maintenance cost*
tentu ini juga berpengaruh ke production cost mesin yg harusnya lebih murah......... khusus hal ini yah kembali ke vendornya ngambil untung nya mw sgimana..
kelemahan nya siapppp....
rough power flow
pada mesin 3 cyld 4 langkah, satu siklus mesin dengan fase isapan,kompresi,pembakaran,pembuangan terdiri dari 2 putaran crankshaft atau 720 derajat. jarak antar fase pembakaran di 3 silinder adalah 240 derajat putaran crankshaft... namun fase pembakaran hanya terjadi di sudut 180 derajat sedangkan 60 derajat sisanya tidak terjadi fase apapun atw di sebut fase idle, di saat ini mesin berputar hanya oleh momen inertia...
dri team-bhp
Zoom in (real dimensions: 720 x 540)Image
1 ilustrasi sudut putaran crankshaft
2 tenaga dri silinder / sikluk pembakaran
3 flow tenaga yg di produksi
nah liat dri kurva power output... meskipun pada akhirnya tenaga mesin yg di keluarkan sama dengan yang 4cyld. di 3cyld power yang di hasilkan tidak merata, terdapat jeda dimana dimana mesin tidak menghasilkan tenaga, sehingga power flownya kurang ideal. itu jika di RPM rendah..ini berdampak pada karakternya di RPM rendah, saat idle yg terasa lebih geter, jg torque n power yg rendah..
namun jika RPMnya di naikkan mesin akan menjalankan lebih banyak siklus 4langkah dan waktu saat idle berkurang.. di kondisi ini tenaga yg tersalurkan akan jadi jauh lebih baik..
di tambah kombinasi mesin low friction, dan light weight hasilnya energi yang terbuang di gesekan dan kerugian mekanis dri setiap fuel yg dibakar lebih sedikit sehingga lebih banyak yg di pakai untuk jadi tenaga, alhasil untuk mengahasilkan tenaga yang sama dengan mesin 4cyld, mesin 3cyld membutuhkan fuel lebih sedikit... *dgn rpm lebih tinggi*
mesin akan jauh lebih enak di pakai di rpm atas dan jalan bebas hambatan
di bandingkan d kota apalagi d pegunungan, yang umumnya butuh low end torque n power. kind of ironic?
itu di siklus mesin 3cyld yg berkonfigurasi 120 derajat, ada beberapa mesin 3cyld unit yang berkonfigurasi 180 derajat, karakternya jd mirip mesin straith 2cyld, karna cyld 1 & 3 turun naik bareng , no 2 180 berikutnya... 180 yang terakhir tidak ada pembakaran... 3A92 pke yg mana? ntah blom nemu euy.
nah di mesin 4cyld mampu hidup di kondisi idle dgn getara yang lebih halus dri 3cyld, why? pada mesin 4 cyld setiap crankshaft berputar 180 derajat penuh tampa ada fase idle.... sehingga power output akan terus mengalir tampa jeda. sehingga mesin akan menghasilkan tenaga lebih juga lebih responsif sekalipun berada di rpm rendah.. hasilnya mesin akan lebih mudah di kendarai d kecepatan rendah.
ilustrasi 4cyld power output yg lebih rapet... dan mendekati kondisi ideal.
---conclusion
+Fuel Efficient
+Low Friction
+Light Weight
+Low Maintenance Cost
+Compact
+Low Production cost
+Efficient Fuel To Power Output on High RPM
-Un - Continuous power output
-Vibration
-Weak Low RPM power and torque
nah...klw saat ini gmn perkembangan mesin 3cyld untuk mengatasi kelemahannya?
first soal getarannya d low rpm, untuk itu di gunakan counter balance shaft, atau batang besi yang berputar berlawanan crankshaft untuk menyeimbangkan mesin dan mengcounter getaran... perkembangan nya balance shaft yg berputar ini pasti nyedot tenaga mesin,sehingga di mesin ford ecoboost 1.0 turbo 3cyld , balance shaft dhilangkan di ganti dgn flywheel yang un-balanced untuk menghilankan geter, tampa mengurangin tenaga.
jgn salah mesin 4cyld juga pakai balance shaft.. karna masih di anggap *bergetar* meski g sehebat 3cyld.
untuk itu dibuat enginemounting khusus, yang bisa ngeredam getaran mesin lebih efektif... ada yg isinya adalah fluid untuk meredam *hydromount*, liat aja di mira kita saat idle buka engine bay, mesin bergoyang, tp ga kerasa sampai kabin atw di body.. engine mountingnya mantep :thumbup: gtw dimira hydromount bukan...ngeliat performanya kyanya sih iya
mesin yang dianggap self balancing adalah mesin flat four horizontaly opposed alias boxer seperti d subaru dan porche, juga mesin six straight inline, yang sebenernya mirip dgn 2buah mesin 3cyld yang saling mencounter balance. kedua konfigurasi ini dianggap paling balance tampa perlu balancing shaft.
nah terus tenaga di low-end rpm.......rasanya di jaman skrng mesin DOHC dan era variable valve timing dan variable valve lift, rasanya ampir semua mesin termasuk 4cyld sekalipun punya karakter rpm low to mid lebih rendah power outputnya, kyanya g ada yg benar2 galak deh d putaran bawah layaknya mesin karbu dan injeksi sebelum jaman valve timing. sebaliknya di rpm atas baru keluar tenaganya dan galak.
di sisi lain, DOHC dan VVT dan VVL *bhsnya mitsu MIVEC* jg ngebantu mesin 3cyld untuk ngedapetin tenaga dan torsi lebih d rpm bawah utk mengurangin kelemahan desain nya. sehingga saat dipakai sudah tidak menggangu dan tidak sampai kerasa beda dgn 4cyld.
jika di liat secara detail mungkin baru keliat perbedaan di grafik kurva tenaganya. dimana mesin 3cyld akan keliat garis power dan torsinya akan melonjak tajam setelah rpm meningkat.
karakter kurva seperti itu mungkin mirip dgn mesin turbo jadul yang non VGT.... ada Lag dan kosong di putaran bawah, namun setelah rpm naik ke territory turbo dan mulai spooling nah.... sensasi saat turbo mulai ngeboost itu luaaar biasa :thumbup: pasti bikin ketagihan hehehe
lucunya sensasi ini jarang/sedikit di temuin di mesin turbo terbaru yang VGT... mungkin klw d adu dan every day usage lebih enak VGT, tp fun to drive nya enakan Turbo biasa.
memang iya sih pke mira klw nanjak berat, rasanya kya lg bawa mesin turbo, mesti pertahanin di rpm atas 4000an baru melesat kencang dan bisa melesat ngelewatin mbl2 yg ccnya lebih besar n more cyld....tp bgtu ada yg ngagokin d rem, rpm turun lg drop dulu dan mesti ngerayap building up lg. kick down sih terusan2, CVTnya uda mentok d ratio pling low wkwkw jd tinggal sabar aja hehe
cara bawa gtu persis kya klw gw lg bawa mesin turbo ...
thxxxx panjang lebar lagi...
cmiiw
ngoprek mania----
User avatar
anginlumpur
Posts: 147
Joined: 11 Mar 2013, 23:23
My Mirage: Exceed AT
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Tambah lagi... ttg batasan kecepatan yg aman dan maksimum mirage :
Batas Aman :
Batas Maksimum :
Hmmm.... Pantes ane cuma mentok di 175kpj. Kecepetan naik gear nih.... Besok-besok coba jurus ini ahh.....
Batas Aman :
Batas Maksimum :
Hmmm.... Pantes ane cuma mentok di 175kpj. Kecepetan naik gear nih.... Besok-besok coba jurus ini ahh.....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
absen merah manual...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Es teh manis satu bang..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
do not try this at home? then try somewhere else
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Ternyata mirage jago berenang ya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
that is the pointartoodetoo wrote:do not try this at home? then try somewhere else
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 400
- Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
- Location: Di atas genteng
- Daily Vehicle: CX-5
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
wah luar bisa juga mirage ini, airnya cukup dalam tuh..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
50 cm sejauh 4 KM,dan masih sehat wal afiatantekakio wrote:wah luar bisa juga mirage ini, airnya cukup dalam tuh..
hoki atau.......
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
50cm?
Setau ane, avanza batasnya aja di 60cm lho...
Setau ane, avanza batasnya aja di 60cm lho...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
ya kalo di rumah bisa dimaki2 bini lah,.artoodetoo wrote:do not try this at home? then try somewhere else
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Posisi intake mira tinggi d atas mesin...... d atas garis lampu
Tapi
Posisinya terbuka menghadap kedepan secara langsung.... throttlebodynya turun kebawah... d bawah platnomor, jadi pastiin klem2 hose tbnya rapat...
Jika dbanding sainganya, biasanya toyota intake masuk ke dalam overfender jadi klw keredem ga akan langsung ke masukan air. Kelindungin ruang fender.
Tapi
Posisinya terbuka menghadap kedepan secara langsung.... throttlebodynya turun kebawah... d bawah platnomor, jadi pastiin klem2 hose tbnya rapat...
Jika dbanding sainganya, biasanya toyota intake masuk ke dalam overfender jadi klw keredem ga akan langsung ke masukan air. Kelindungin ruang fender.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
SilverK610i wrote:absen merah manual...
Wahh... samaan nih om....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
absen
ane pemilik... miras,, eh mirage
..brosurnya
ane pemilik... miras,, eh mirage
..brosurnya
engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 641
- Joined: Wed Sep 11, 2013 4:50
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Salam miras hater...madcat015 wrote:Salam sesama pem-bully Miras...
SLOW BUT SURE
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM
Ane tidak membenci doi, bro metpoks...madfox18 wrote:Salam miras hater...madcat015 wrote:Salam sesama pem-bully Miras...
Ane cuma ga ngeh sama benda berwarna kekuningan di samping kiri poto doi...
Makan tempat banyak bener... siapa sih yang taruh di sana.
*ngibrit sekentjang2nja...*
Obey the mahakitteh.