Page 1 of 48

Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 0:10
by artoodetoo
Hai hallo, pemilik Mirage silakan ngumpul di Cafe ini, buat sharing2 tentang Mirage.

:big_grin: :big_peace:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 0:12
by ak4ng
pertamax gan

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 0:15
by amfibi
Ga punya mirage, tp numpang keduax ahh :ngacir:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 0:19
by vermouth
salam sesama pengguna mirage

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 0:48
by madcat015
Salam sesama pem-bully Miras... :ngacir:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 1:00
by artoodetoo
Image

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 1:33
by billyd1773dz
absen........ :D :D

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 3:27
by y_anjasrana
Mayra hadir.... miras merah manual.....

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 3:35
by y_anjasrana
Ane comot dari websitenya IMEC nih.. kyknya menarik :
Why 3 Cylinder?

Postby anginlumpur » 22 May 2013, 20:04
3cyld vs 4cyld in general
kita anggap mesin ini yg beda hanya jumlah silindernya, teknologi sama, body mbl sama, GB sama... dll sama deh... kya 3A92 dan 4A92 kli yah.
kenyataan bnyk faktor lain yg nentuin performa dan karakter jadi hal ini tidak mutlak :D ini karakter dasarnya dri konstruksi straight three, bukan bearti semua 3cyld seperti ini dan 4cyld seperti itu...

Fuel Efficiency
kelebihan utama mesin 3 silinder di banding 4 silinder itu pastinya lebih irit.. karna jumlah silinder yang digunakan untuk membakar fuel lebih sedikit...

namun jika volume mesin sama misalnya 1.2 ltr 3cyld dan 4cyld 1.2ltr, jumlah fuel yang masuk sih kurang lebih akan sama ajah... tp yang 3cyld tetep lebih efisien... karna jumlah bidang permukaan yang kontak/bergesekan metal to metal, piston dan dinding silinder lebih sedikit *cyldnya cuma 3* selain itu jumlah joint piston ke crankshaft juga lebih dikit.. al hasil mesin 3 cyld punya kelebihan di mekanikal efisiensi karna lebih sedikit hambatannya dan daya yg terbuang dari gesekan di dalam mesin. *Low Friction* setiap Fuel yang terbakar lebih banyak yg jadi tenaga.

3Cyld juga berarti memiliki komponen yang lebih dikit...... camshaft dan crankshaft lebih pendek, valve lebih dikit ukuran fisik lebih kecil yang berujung ke bobot kendaraan yang jauh lebih ringan,*light weight* ujung2nya power to weight ratio lebih baik.

ukuran engine bay juga bisa di perkecil untuk memperbesar kabin penumpang :D al hasil ke fuel efficient dan power to weight ratio juga berpengaruh *compact size*

karna komponen yg di pakai lebih sedikit, ongkos maintenance juga akan lebih murah, karna komponen yang di ganti lebih sedikit. *low maintenance cost*

tentu ini juga berpengaruh ke production cost mesin yg harusnya lebih murah......... khusus hal ini yah kembali ke vendornya ngambil untung nya mw sgimana..


kelemahan nya :D siapppp....

rough power flow
pada mesin 3 cyld 4 langkah, satu siklus mesin dengan fase isapan,kompresi,pembakaran,pembuangan terdiri dari 2 putaran crankshaft atau 720 derajat. jarak antar fase pembakaran di 3 silinder adalah 240 derajat putaran crankshaft... :D namun fase pembakaran hanya terjadi di sudut 180 derajat sedangkan 60 derajat sisanya tidak terjadi fase apapun atw di sebut fase idle, di saat ini mesin berputar hanya oleh momen inertia...

Image


Why 3 Cylinder?

Postby anginlumpur » 22 May 2013, 20:04
3cyld vs 4cyld in general
kita anggap mesin ini yg beda hanya jumlah silindernya, teknologi sama, body mbl sama, GB sama... dll sama deh... kya 3A92 dan 4A92 kli yah.
kenyataan bnyk faktor lain yg nentuin performa dan karakter jadi hal ini tidak mutlak :D ini karakter dasarnya dri konstruksi straight three, bukan bearti semua 3cyld seperti ini dan 4cyld seperti itu...

Fuel Efficiency
kelebihan utama mesin 3 silinder di banding 4 silinder itu pastinya lebih irit.. karna jumlah silinder yang digunakan untuk membakar fuel lebih sedikit...

namun jika volume mesin sama misalnya 1.2 ltr 3cyld dan 4cyld 1.2ltr, jumlah fuel yang masuk sih kurang lebih akan sama ajah... tp yang 3cyld tetep lebih efisien... karna jumlah bidang permukaan yang kontak/bergesekan metal to metal, piston dan dinding silinder lebih sedikit *cyldnya cuma 3* selain itu jumlah joint piston ke crankshaft juga lebih dikit.. al hasil mesin 3 cyld punya kelebihan di mekanikal efisiensi karna lebih sedikit hambatannya dan daya yg terbuang dari gesekan di dalam mesin. *Low Friction* setiap Fuel yang terbakar lebih banyak yg jadi tenaga.

3Cyld juga berarti memiliki komponen yang lebih dikit...... camshaft dan crankshaft lebih pendek, valve lebih dikit ukuran fisik lebih kecil yang berujung ke bobot kendaraan yang jauh lebih ringan,*light weight* ujung2nya power to weight ratio lebih baik.

ukuran engine bay juga bisa di perkecil untuk memperbesar kabin penumpang :D al hasil ke fuel efficient dan power to weight ratio juga berpengaruh *compact size*

karna komponen yg di pakai lebih sedikit, ongkos maintenance juga akan lebih murah, karna komponen yang di ganti lebih sedikit. *low maintenance cost*

tentu ini juga berpengaruh ke production cost mesin yg harusnya lebih murah......... khusus hal ini yah kembali ke vendornya ngambil untung nya mw sgimana..


kelemahan nya :D siapppp....

rough power flow
pada mesin 3 cyld 4 langkah, satu siklus mesin dengan fase isapan,kompresi,pembakaran,pembuangan terdiri dari 2 putaran crankshaft atau 720 derajat. jarak antar fase pembakaran di 3 silinder adalah 240 derajat putaran crankshaft... :D namun fase pembakaran hanya terjadi di sudut 180 derajat sedangkan 60 derajat sisanya tidak terjadi fase apapun atw di sebut fase idle, di saat ini mesin berputar hanya oleh momen inertia...

dri team-bhp
Zoom in (real dimensions: 720 x 540)Image

1 ilustrasi sudut putaran crankshaft
2 tenaga dri silinder / sikluk pembakaran
3 flow tenaga yg di produksi

nah liat dri kurva power output... meskipun pada akhirnya tenaga mesin yg di keluarkan sama dengan yang 4cyld. di 3cyld power yang di hasilkan tidak merata, terdapat jeda dimana dimana mesin tidak menghasilkan tenaga, sehingga power flownya kurang ideal. itu jika di RPM rendah..ini berdampak pada karakternya di RPM rendah, saat idle yg terasa lebih geter, jg torque n power yg rendah..

namun jika RPMnya di naikkan mesin akan menjalankan lebih banyak siklus 4langkah dan waktu saat idle berkurang.. di kondisi ini tenaga yg tersalurkan akan jadi jauh lebih baik..

di tambah kombinasi mesin low friction, dan light weight hasilnya energi yang terbuang di gesekan dan kerugian mekanis dri setiap fuel yg dibakar lebih sedikit sehingga lebih banyak yg di pakai untuk jadi tenaga, alhasil untuk mengahasilkan tenaga yang sama dengan mesin 4cyld, mesin 3cyld membutuhkan fuel lebih sedikit... *dgn rpm lebih tinggi*
mesin akan jauh lebih enak di pakai di rpm atas dan jalan bebas hambatan :D
di bandingkan d kota apalagi d pegunungan, yang umumnya butuh low end torque n power. kind of ironic?

itu di siklus mesin 3cyld yg berkonfigurasi 120 derajat, ada beberapa mesin 3cyld unit yang berkonfigurasi 180 derajat, karakternya jd mirip mesin straith 2cyld, karna cyld 1 & 3 turun naik bareng , no 2 180 berikutnya... 180 yang terakhir tidak ada pembakaran... 3A92 pke yg mana? ntah blom nemu euy.

nah di mesin 4cyld mampu hidup di kondisi idle dgn getara yang lebih halus dri 3cyld, why? pada mesin 4 cyld setiap crankshaft berputar 180 derajat penuh tampa ada fase idle.... sehingga power output akan terus mengalir tampa jeda. sehingga mesin akan menghasilkan tenaga lebih juga lebih responsif sekalipun berada di rpm rendah.. hasilnya mesin akan lebih mudah di kendarai d kecepatan rendah.

Image


ilustrasi 4cyld power output yg lebih rapet... dan mendekati kondisi ideal.

---conclusion
+Fuel Efficient
+Low Friction
+Light Weight
+Low Maintenance Cost
+Compact
+Low Production cost
+Efficient Fuel To Power Output on High RPM
-Un - Continuous power output
-Vibration
-Weak Low RPM power and torque



nah...klw saat ini gmn perkembangan mesin 3cyld untuk mengatasi kelemahannya?

first soal getarannya d low rpm, untuk itu di gunakan counter balance shaft, atau batang besi yang berputar berlawanan crankshaft untuk menyeimbangkan mesin dan mengcounter getaran... :D perkembangan nya balance shaft yg berputar ini pasti nyedot tenaga mesin,sehingga di mesin ford ecoboost 1.0 turbo 3cyld , balance shaft dhilangkan di ganti dgn flywheel yang un-balanced untuk menghilankan geter, tampa mengurangin tenaga.

jgn salah mesin 4cyld juga pakai balance shaft.. karna masih di anggap *bergetar* meski g sehebat 3cyld.

untuk itu dibuat enginemounting khusus, yang bisa ngeredam getaran mesin lebih efektif... ada yg isinya adalah fluid untuk meredam *hydromount*, liat aja di mira kita saat idle buka engine bay, mesin bergoyang, tp ga kerasa sampai kabin atw di body.. engine mountingnya mantep :thumbup: gtw dimira hydromount bukan...ngeliat performanya kyanya sih iya :D

mesin yang dianggap self balancing adalah mesin flat four horizontaly opposed alias boxer seperti d subaru dan porche, juga mesin six straight inline, yang sebenernya mirip dgn 2buah mesin 3cyld yang saling mencounter balance. kedua konfigurasi ini dianggap paling balance tampa perlu balancing shaft.

nah terus tenaga di low-end rpm.......rasanya di jaman skrng mesin DOHC dan era variable valve timing dan variable valve lift, rasanya ampir semua mesin termasuk 4cyld sekalipun punya karakter rpm low to mid lebih rendah power outputnya, kyanya g ada yg benar2 galak deh d putaran bawah layaknya mesin karbu dan injeksi sebelum jaman valve timing. sebaliknya di rpm atas baru keluar tenaganya dan galak.

di sisi lain, DOHC dan VVT dan VVL *bhsnya mitsu MIVEC* jg ngebantu mesin 3cyld untuk ngedapetin tenaga dan torsi lebih d rpm bawah utk mengurangin kelemahan desain nya. sehingga saat dipakai sudah tidak menggangu dan tidak sampai kerasa beda dgn 4cyld.

jika di liat secara detail mungkin baru keliat perbedaan di grafik kurva tenaganya. dimana mesin 3cyld akan keliat garis power dan torsinya akan melonjak tajam setelah rpm meningkat. :D

karakter kurva seperti itu mungkin mirip dgn mesin turbo jadul yang non VGT.... ada Lag dan kosong di putaran bawah, namun setelah rpm naik ke territory turbo dan mulai spooling nah.... sensasi saat turbo mulai ngeboost itu luaaar biasa :thumbup: pasti bikin ketagihan hehehe :D
lucunya sensasi ini jarang/sedikit di temuin di mesin turbo terbaru yang VGT... mungkin klw d adu dan every day usage lebih enak VGT, tp fun to drive nya enakan Turbo biasa. :D

memang iya sih pke mira klw nanjak berat, rasanya kya lg bawa mesin turbo, mesti pertahanin di rpm atas 4000an baru melesat kencang dan bisa melesat ngelewatin mbl2 yg ccnya lebih besar n more cyld....tp bgtu ada yg ngagokin d rem, rpm turun lg drop dulu dan mesti ngerayap building up lg. kick down sih terusan2, CVTnya uda mentok d ratio pling low wkwkw :D jd tinggal sabar aja hehe :D
cara bawa gtu persis kya klw gw lg bawa mesin turbo ... :D




thxxxx panjang lebar lagi... :D
cmiiw
ngoprek mania---- :D :D

User avatar
anginlumpur

Posts: 147
Joined: 11 Mar 2013, 23:23
My Mirage: Exceed AT
Semoga bermanfaat :big_peace:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 3:39
by y_anjasrana
Tambah lagi... ttg batasan kecepatan yg aman dan maksimum mirage :

Batas Aman :

Image



Batas Maksimum :

Image


Hmmm.... Pantes ane cuma mentok di 175kpj. Kecepetan naik gear nih.... Besok-besok coba jurus ini ahh..... :mky_01:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 5:14
by SilverK610i
absen merah manual... :big_smoking:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 5:19
by SilverK610i
believe me.....DO NOT TRY THIS AT HOME :big_chicken:

Image

source

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 5:21
by Hansen
Es teh manis satu bang..

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 5:25
by artoodetoo
do not try this at home? then try somewhere else

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 5:39
by amfibi
Ternyata mirage jago berenang ya :big_comfort:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 5:41
by SilverK610i
artoodetoo wrote:do not try this at home? then try somewhere else
that is the point :mky_02:

:ngacir:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 5:41
by antekakio
wah luar bisa juga mirage ini, airnya cukup dalam tuh..

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 5:54
by SilverK610i
antekakio wrote:wah luar bisa juga mirage ini, airnya cukup dalam tuh..
50 cm sejauh 4 KM,dan masih sehat wal afiat :big_childish:

hoki atau.......

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 6:00
by amfibi
50cm?

Setau ane, avanza batasnya aja di 60cm lho...

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 6:11
by ak4ng
artoodetoo wrote:do not try this at home? then try somewhere else
ya kalo di rumah bisa dimaki2 bini lah,. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 6:49
by billyd1773dz
Posisi intake mira tinggi d atas mesin...... d atas garis lampu

Tapi
Posisinya terbuka menghadap kedepan secara langsung.... throttlebodynya turun kebawah... d bawah platnomor, jadi pastiin klem2 hose tbnya rapat...

Jika dbanding sainganya, biasanya toyota intake masuk ke dalam overfender jadi klw keredem ga akan langsung ke masukan air. Kelindungin ruang fender.

:beer:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 7:38
by y_anjasrana
SilverK610i wrote:absen merah manual... :big_smoking:

Wahh... samaan nih om.... :big_peace: :big_peace:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 9:20
by walid_007
absen


ane pemilik... miras,, eh mirage












..brosurnya
:ngacir:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 10:02
by madfox18
madcat015 wrote:Salam sesama pem-bully Miras... :ngacir:
Salam miras hater...
:ngacir: :ngacir: :ngacir:

Re: Cafe Mirage - Tempat Ngumpulnya Pemilik Mirage SM

Posted: Wed Dec 25, 2013 10:15
by madcat015
madfox18 wrote:
madcat015 wrote:Salam sesama pem-bully Miras... :ngacir:
Salam miras hater...
:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Ane tidak membenci doi, bro metpoks...

Ane cuma ga ngeh sama benda berwarna kekuningan di samping kiri poto doi...

Makan tempat banyak bener... siapa sih yang taruh di sana. :e-snooty:

Image


*ngibrit sekentjang2nja...* :ngacir: