Mobil-Mobil Tambang

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Mobil-Mobil Tambang

Post by dany_pos »

Bro semua, ane tertarik untuk tau kendaraan2 apa aja ya yg biasa dipakai di tambang n apa yg cocok dipakai di tambang, baik kendaraan operasional karyawan maupun truk pengangkut yg super gede itu. Kampung ane di Samarinda n banyak perusahaan tambang, kontraktor, catering n pendukung lainnya dari yg perusahaan skala kecil macam koperasi gitu sampai yg udah taraf internasioanl. Kebanyakan dari mreka pakai D-Cab. Paling banyak sepengamatan ane yg lalu lalang di kota ya Ford Ranger n Strada Triton. Pertanyaannya :
- Sudah cocok kah kendaraan2 tsb dengan kondisi di lapangan?
- Apa ada spesifikasi/modifikasi khusus biar kendaraannya bisa dipakai di tambang, atau standar2 aja?
- Gimana untuk legalitasnya, apa semua kendaraan itu wajib punya surat2 atau sebagian aja?
- Kenapa yg dipilih adalah model D-cab, padahal kan ribet karena harus bayar KIR segala, lagian biasanya bak belakang ndak dipakai?
- Klo beli mobil bekas tambang, layak kah?
- Truk2 besar tambang (orang sini nyebutnya HD), apa perlu surat2 juga?
- Tipe2 atau truk2 angkut itu apa aja ya? ane cuman pernah liat Komatsu ama Cat, itu juga ndak tau tipe apa
- Gimana cara bawa truk2 besar itu ke tambang ya? apa boleh lewat jalan umum atau diangkut per bagian n dirakit di lokasi?
Terakhir minta request dong (buat yg kerja di tambang), foto2 kendaraannya apa aja yg ada di tambang.....tertarik banget nih.....maklum org2 biasa kayak ane kan ndak boleh masuk area perusahaan...
Makasih banyak sebelumnya....
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by pradit_d »

kebetulan pernah kerja di rental mobil buat tambang n perkebunan. berdasarkan pengalaman ane ya....
- Mobil2 operasional tambang itu sebagian besar mobil rental, mayoritas pilihannya adalah d-cab n SUV ladder frame double gardan (4x4), karena medan yg memang mengharuskan demikian. Kenapa mayoritas d-cab? karena biaya sewanya lebih murah, nggak ada lagi pilihan mobil diesel tangguh 4wd yg lebih murah dari d-cab. biasanya SUV untuk yg level jabatan lebih tinggi. Selain kedua mobil tsb ada jg kendaraan untuk operasional lain, misalnya untuk jemputan karyawan, umumnya innova/panther.
- Dominan warna putih atau silver (warna terang), untuk alasan safety.
- umumnya surat2 lengkap, STNK, KIR tiap 6 bulan karena nggak jarang juga mobil dibawa karyawan ke kota
- spesifikasi mesin sebagian besar standar, kaki2 juga. yg sering tidak standar mungkin ban, beberapa ada yg request pakai ban mud terrain (MT). Selain itu paling untuk luar mobil biasanya ada rollbar di bak untuk pemasangan lampu rem, sein, mundur (third lamp), wajib strobo light (lampu rotary), tempat pemasangan tiang bendera (buggy whip), alarm mundur, radio komunikasi, dsb. beberapa ada yg minta dipasangin bumper besi khusus semacam merek ARB atau TJM
- Beli bekas tambang? mending pikir2 dulu deh. Karena biasanya dipakai di medan berat berlumpur n sering amblas, org yg pakai berganti2an n asal2an, diaksih bbm diesel industri yg nggak jelas kualitasnya....ya pasti banyak masalah di sana-sini
- Tentang dump truck berukuran raksasa ane jg penasaran, belum pernah jg masuk ke area tambang
:big_peace:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by Nightster Guy »

- Sudah cocok kah kendaraan2 tsb dengan kondisi di lapangan?
- Apa ada spesifikasi/modifikasi khusus biar kendaraannya bisa dipakai di tambang, atau standar2 aja?
- Gimana untuk legalitasnya, apa semua kendaraan itu wajib punya surat2 atau sebagian aja?
- Kenapa yg dipilih adalah model D-cab, padahal kan ribet karena harus bayar KIR segala, lagian biasanya bak belakang ndak dipakai?
poin2 di atas biar om firawan dan jalu yg jawab, mereka memang kerja on site.

----------
- Klo beli mobil bekas tambang, layak kah?
liat2 juga. kasus per kasus. di beberapa showroom di surabaya sini banyak ranger/strada ex tambang, sy cek sepintas kolongnya yah nggak parah2 amat. udah dibedakin abis2an kali yah..

:wkkk:

sebaliknya, tetangga kompleks ada yg ngambil dmax ex nopol KT, buset, baknya nyaris terbelah. ntah bekas dimuatin apaan. itu dmax jalan dikit semuanya bunyi, kcuali klakson.

:big_weee:

tapi berkaca dr pengalaman temen yg ambil ex tambang, biaya benahinnya sampe dia beres dan layak jalan, jatuh2nya cuma beti (lebih murah dikit) ama beli mobil bukan ex tambang.

capek di waktu, capek di tenaga, plus tetep aja nggak bakal semulus mobil non proyek. semuanya bisa dibenahin, lha interior? nggak bisa. busuk.

----------
- Truk2 besar tambang (orang sini nyebutnya HD), apa perlu surat2 juga?
HD = salah 1 tipe komatsu yah?

----------
- Tipe2 atau truk2 angkut itu apa aja ya? ane cuman pernah liat Komatsu ama Cat, itu juga ndak tau tipe apa
kata temen sih mostly 2 merk itu. hasil baca2 di sebelah, ada jg merk terex.

kl cat tipe 797f (terbesar ke 2 di dunia) ada 86 units di freeport. yg merk terex tipe 6300ac (terbesar di dunia) ada 30 units di konsesinya indo tambang megah (ITM), di site pt jorong.

----------
- Gimana cara bawa truk2 besar itu ke tambang ya? apa boleh lewat jalan umum atau diangkut per bagian n dirakit di lokasi?
nggak mungkin segede gini jalan di jalan bro..... hasil baca2, utk yg terex 6300ac (terbesar di dunia) total perlu 13 truk trailer low deck utk ngangkut pretelannya SATU unit truk tsb, dirakit di lokasi.

Image

----------
Terakhir minta request dong (buat yg kerja di tambang), foto2 kendaraannya apa aja yg ada di tambang.....tertarik banget nih...
yg lainnya biar bagiannya om jalu dan firawan.. bus iveco trakker pt freeport.. ini ngambil dr forum http://www.bismania.com/home/showthread.php?t=529:

Image
Das Beste oder nichts.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by Jambangan »

Paling demen ama bus2 pertambangan kek gini :mky_02:
Om NG, ini aslinya truk kan??
Itu bodi belakangnya bikinan karoseri atau langsung dari produsennya ya??
Btw ini iveco trakker khusus buat pertambangan ya om??
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by pradit_d »

ane jg pernah liat tapi merek Scania. Yg bikin ane bingung, sopir ama penumpang belakang gimana caranya komunikasi ya.....
:big_peace:
User avatar
valentina_oye
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by valentina_oye »

Saya jg kerja di perusahaan kontraktor tambang, cuman di bagian administrasi. Pernah ke site di Jambi, cuman gak ada dump truck besar2 semacam Caterpillar gitu.....yg ada Nissan Diesel...hehehe kecewa.....
ysfraysha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Nov 17, 2012 0:53
Location: Jakarta

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by ysfraysha »

soal pajak beda mereka dikasih keringanan jadi bea masuk kecil bahkan bisa 0% dan karena tidak di jalan raya pajak tahunan pun tidak ada tetapi koorporatenya kena pajak antara 25% - 45% dari keuntungan....bersih....

:mky_04:

lainnya di kalteng ada truck2 gede sekelas 250ton dan freeport sekelas 350ton
dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by dany_pos »

makasih ya semua infonya....sementara ane tampung dulu semuanya....ayo dong yang lain jg berbagi pengalaman....
:big_peace:
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by marama »

medio 2007, ane pernah jd ngaudit di pertambangan, lokasi di bolaang mongondow, sulut.
Disana walaupun cuma sebulan, tp puas liatin mobil2nya tambang.
Level manager keatas dpt mbl dinasnya fortuner 4x4/everest 4x4, direktur nya ada LC 100
Buat operasional pakai strada, tp spec nya campur ada yg single cab/dcab, oiya bbrp unit ada taft hiline/GT 4x4.
Rata2 ban nya diupgrade spec MT, yg taft rata2 bbrp ud dijejerin di lapangan terbuka kondisi ud parah bgt , bahkan ada yg sdh tanpa ban :wkkk: (mgkn mau dilelang).
Untuk truk nya pakai volvo seri Volvo A25F, tp ada juga beberapa nissan diesel.

Pemakaiannya memang parah bgt kl emg mau minat sama mobil ex-tambang, karena ane liat sendiri cara makainya gmn:
-rata-rata hampir 24 jam dipakai
-kalau cuaca hujan/lagi istirahat makan kaca jendela dibiarkan kondisi terbuka, jd ud bs kbayang interior gmn
-bodi bak penyok2 kdg karena bawa drum bbm/oli
-kalau isi solar beleberan ke bodi

Denger2 di ps minggu ada yg jual lelangan ford ranger eks tambang ya? hrg nya 20-35jt tergantung kondisi
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by andy1800 »

20-35jt? wah kondisi kaya gmana itu ya? tanpa ban jg kali?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by MitshuToyo »

Saya punya koleksi foto2 waktu masuk ke tambang Adaro dan Kideco Jaya Agung di kalimantan..
berikut foto2nya, kalau ada yang kurang berkenan nanti saya hapus lg.. :)
HD biasanya di angkut dengan kapal. Waktu di priok di kasih tau rodanya saja sebiji (Waktu itu) 150 jt.. mantapp..

Yang terpikir dalam kepala sy saat disana : BETAPA RUSAKNYA HUTAN KALIMANTAN... batu bara diangkut ke jawa untuk pembangkit listrik, tetapi di sebagian kalimantan listriknya byar prettt.. :big_peace:

Image

Image

Image

Image

Favorit saya :

Image
Lagi nginjek rem..
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by MitshuToyo »

Tambahan ft

Image

Image

Image
Lagi nginjek rem..
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by MitshuToyo »

Tambah dikit lg

Image

Selanjutnya Ini yang unik, seingat saya kalau belok bukan rodanya yang muter, tapi lehernya.. mirip buaya..

Image

Kalau ada yang keberatan pemuatan foto2 ini, ntar sy hapus lg.. heheheh
Lagi nginjek rem..
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by Jambangan »

Mantap om foto2nya :mky_02:
Btw truk yg di pintunya ada tulisan LT008 itu buat apa ya om??
Ga pernah liat truk kyk gitu :mky_01:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by jalu »

dany_pos wrote:Bro semua, ane tertarik untuk tau kendaraan2 apa aja ya yg biasa dipakai di tambang n apa yg cocok dipakai di tambang, baik kendaraan operasional karyawan maupun truk pengangkut yg super gede itu. Kampung ane di Samarinda n banyak perusahaan tambang, kontraktor, catering n pendukung lainnya dari yg perusahaan skala kecil macam koperasi gitu sampai yg udah taraf internasioanl. Kebanyakan dari mreka pakai D-Cab. Paling banyak sepengamatan ane yg lalu lalang di kota ya Ford Ranger n Strada Triton. Pertanyaannya :
- Sudah cocok kah kendaraan2 tsb dengan kondisi di lapangan?
- Apa ada spesifikasi/modifikasi khusus biar kendaraannya bisa dipakai di tambang, atau standar2 aja?
- Gimana untuk legalitasnya, apa semua kendaraan itu wajib punya surat2 atau sebagian aja?
- Kenapa yg dipilih adalah model D-cab, padahal kan ribet karena harus bayar KIR segala, lagian biasanya bak belakang ndak dipakai?
- Klo beli mobil bekas tambang, layak kah?
Light vehicle :
-cocok atau tidak tergantung situasi lokasi dan regulasi perusahaan yg menggunakan
- spek yg diminta biasanya mengacu dr regulasi perusahaan, yang umum diminta adalah diesel 4wd, tapi setelah sepc dasar itu ada yg regulasinya gak terlalu ketat, ada juga yang super ketat seperti contoh mobil ops harus berusia max 2thn, semua kursi ber safety belt, dilengkapi airbag + abs....dan ada perlengkapan tambahan seperti dilengkapi pemadam, roll bar, roll cage, speed limiter/monitor, lampu2 tambahan sampe ada yg mesti dilengkapi spark arrester segala...
-Sebagian besar untuk light vehicle itu legal, anomali saya liat di krn di freeport itu beberapa light vehicle ternyata tidak ada surat2nya, jadi diimpor dan memang hanya digunakan di lingkup area kerja saja, tidak untuk di jalan raya, makanya mbl2 tsb jika sudah hbs masa pakai tidak dilelang tapi dikubur/dibuang
-Dcab adalah mbl light vehicle yang cocok untuk lapangan, kapasitas duduk 5 orang seperti passenger car, dan bak belakang sangat fungsional untuk bawa barang/tools, justru kalo di lapangan bagian body yang paling cepet hancur itu bak nya, pertanda sering sekali digunakan...masalah bayar KIR itu perusahaan pasti sudah ada divisi yg urus, user tinggal pakai saja
-mbl ex lapangan yg sebelumnya digunakan di perusahaan dng regulasi safety driving yg ketat, itu umumnya msh layak dibeli krn selama pemakaiannya gak brutal, kondisinya gak ancur2 amat..tp kalo perusahaan sebelumnya regulasinya longgar, itu biasanya mblnya jg udah remuk, body luar bs aja keliatan utuh tp komponen yg lain tanda tanya besar
dany_pos wrote: heavy vehicle
- Truk2 besar tambang (orang sini nyebutnya HD), apa perlu surat2 juga?
- Tipe2 atau truk2 angkut itu apa aja ya? ane cuman pernah liat Komatsu ama Cat, itu juga ndak tau tipe apa
- Gimana cara bawa truk2 besar itu ke tambang ya? apa boleh lewat jalan umum atau diangkut per bagian n dirakit di lokasi?
Terakhir minta request dong (buat yg kerja di tambang), foto2 kendaraannya apa aja yg ada di tambang.....tertarik banget nih.....maklum org2 biasa kayak ane kan ndak boleh masuk area perusahaan...
Makasih banyak sebelumnya....
-untuk truk "biasa", itu dilengkapi surat2 resmi, tapi kalo dump truck yg segede2 bagong itu beda lagi, umumnya dikategorikan sama dengan earth mover (alat2 berat)
- kalo dump truck kategori earth mover biasanya dibagi 2, articulated atau hauler/fixed. contoh articulated dump truck itu seperti foto volvo diatas....yang lainnya itu fixed dump truck/hauler
-umumnya truck2 tsb dikirim part by part dan dirakit di lokasi, makanya setiap produsen alat berat pasti punya workshop disekitar lokasi tambang, selain untuk support juga untuk assembling

foto2 diatas udah meramaikan tret ini
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by jalu »

Jambangan wrote:Mantap om foto2nya :mky_02:
Btw truk yg di pintunya ada tulisan LT008 itu buat apa ya om??
Ga pernah liat truk kyk gitu :mky_01:
hmm...disitu ada tulisan "dilarang merokok" :big_slap:

AFAIK itu truk minyak bekas/limbah...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
hanzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Tue Jul 13, 2004 18:53

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by hanzz »

Sedikit komen buat foto iveco (truk setengah bus) diatas
Biasanya di pertambangan ada aturan safety yg mengharuskan kendaraan 4X4
Jadi antar jemput karyawan ke lokasi tambang juga kudu pake bus 4x4,
biaaaasanya berhubung nyari bus 4x4 susah, makanya kita bikin modif
Truk yg dasarnya udah ada penggerak depannya di modif di tambahin badan jadi bus "jadi-jadian" :mrgreen:
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by dieselkiki »

saya permah liat terex putih dan komatsu kuning kek gambarnya pak mitsu waktu lewat proyek bendungan jatigede di jabar. side by side make xenia kantor. huaaaaaa guedhe banget.
- faith humanity freedom -
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by MitshuToyo »

jalu wrote:makanya mbl2 tsb jika sudah hbs masa pakai tidak dilelang tapi dikubur/dibuang
Lho, jadi bener ya dikubur ? saat itu saya jg dikasih tau tapi gak percaya.. :upss:
Yang menarik kalau di Adaro, jalan dari lokasi tambang ke pelabuhan terdekat mirip jalan tol jkt-cikampek.. 70 km aspal mulus + lebarr.
Lagi nginjek rem..
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by newrubble »

[quote="MitshuToyo"]Tambahan ft

Image

Nah yg milik BUMA atau bukit makmur ini kreditan dari bank yg initialnya BDI ( bukan bank dagang indonesia ya) dgn total kredit (starting 2005 rollover) itu $ 450,000,000 utk bbrp unit yg tipe itu dgn bbrp chasis reinforcement points (additional cross member installation) serta engine repowering kit ...semua dilakukan onsite ...FYI
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by newrubble »

Jambangan wrote:
Paling demen ama bus2 pertambangan kek gini :mky_02:
Om NG, ini aslinya truk kan??
Itu bodi belakangnya bikinan karoseri atau langsung dari produsennya ya??
Btw ini iveco trakker khusus buat pertambangan ya om??
Dulu passenger cabin itu captive market nya superior coach ...trus volgren indonesia ...skrg restu ibu ( bluebird group ) dan volgren ( australia )
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by newrubble »

MitshuToyo wrote:
jalu wrote:makanya mbl2 tsb jika sudah hbs masa pakai tidak dilelang tapi dikubur/dibuang
.
Thn 91 di salah satu site newmont indonesia saya lihat sendiri scrapyard isinya ada 75 unit TSW types FJ60 dan BJ60 masing masing 50 dan 25 units sebagian dgn single-lift up rear back access door ...bukan twin swing / barn door spt yg umum terlihat di jkt ...knp dibuang? Krn book value nya sdh zero, ada juga yg sdh "milik" (compensated by) insurance krn total loss ...juga, mana mau mining company kirim keluar site itu semua yg zero economic value ( mendingan mrk kirim hasil tambang keluar area yg udah jelas besar duitnya ) ...ada bbrp salvage company dari ostrali n thai yg spesialis ambil itu semua scrap trus di refurbish sblm di jual lagi di negri negri yg punya poverty level setingkat afrika ... Saya thn 2009 pernah nemu yg ada bekas bekas identitas freeport di kandahar ( BJ 70 flat back ) sdh dipasang multi barrel rocket launcher serta senapan 12,7mm ...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by andy1800 »

newrubble wrote:
MitshuToyo wrote:
jalu wrote:makanya mbl2 tsb jika sudah hbs masa pakai tidak dilelang tapi dikubur/dibuang
.
Saya thn 2009 pernah nemu yg ada bekas bekas identitas freeport di kandahar ( BJ 70 flat back ) sdh dipasang multi barrel rocket launcher serta senapan 12,7mm ...
:frm_snipper: takuuutttt
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by andy1800 »

MitshuToyo wrote: Kalau ada yang keberatan pemuatan foto2 ini, ntar sy hapus lg.. heheheh
keberatan kenapa?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by AB1050 »

MitshuToyo wrote:
Image
ane masih penasaran,supir kendaraan segede bagong gitu khursus nyetirnya dimana yaa?? cara pengendalianya mirip sama mobil biasa gak yaa.. :mky_01: