Mobil-Mobil Tambang

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by newrubble »

earth mover operator itu diberi kursus oleh penjualnya maupun employer nya...di pertambangan yg punya compliance level tinggi. ..misal dia ada bbrp ISO dari 9000, 9001, 12000, 14000 serta 18000

ada bbrp prosedur sblm benda itu bergerak maupun bermanufer...antara lain pemasangan bendera hijau di sudut kiri kanan pertanda benda itu posisi statis alias parkir. ..pemasangan bendera merah saat ia beroperasi

membunyikan klaksor bbrp x saat ia mau bergerak dan kehadiran safety officer secara kasat mata selama raksasa itu beraksi

unit kendaraan lain yg size nya lbh kecil dipasang antenna pengaman dgn ketinggian yg mudah dilihat oleh operator earth mover dan ujung dari antena dipasang bendera warna tertentu yg menandakan status operaional kemdaraan tsb

meski demikian ada bbrp. ..accident akibat lalainya / negligence salah satu pihak sehingga sejak 2005 hingga kini ada 12 kasus doublecab terinjak terex ataupun cat earthmovers dgn bbrp korban

tambang kecil dgn skala lokal maupun nasional ada yg tdk menganut protokol operasional tsb sehingga siapapun patut waspada level xtra tinggi bila berada di dekat raksasa tsb
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by AB1050 »

newrubble wrote:earth mover operator itu diberi kursus oleh penjualnya maupun employer nya...di pertambangan yg punya compliance level tinggi. ..misal dia ada bbrp ISO dari 9000, 9001, 12000, 14000 serta 18000

ada bbrp prosedur sblm benda itu bergerak maupun bermanufer...antara lain pemasangan bendera hijau di sudut kiri kanan pertanda benda itu posisi statis alias parkir. ..pemasangan bendera merah saat ia beroperasi

membunyikan klaksor bbrp x saat ia mau bergerak dan kehadiran safety officer secara kasat mata selama raksasa itu beraksi

unit kendaraan lain yg size nya lbh kecil dipasang antenna pengaman dgn ketinggian yg mudah dilihat oleh operator earth mover dan ujung dari antena dipasang bendera warna tertentu yg menandakan status operaional kemdaraan tsb

meski demikian ada bbrp. ..accident akibat lalainya / negligence salah satu pihak sehingga sejak 2005 hingga kini ada 12 kasus doublecab terinjak terex ataupun cat earthmovers dgn bbrp korban

tambang kecil dgn skala lokal maupun nasional ada yg tdk menganut protokol operasional tsb sehingga siapapun patut waspada level xtra tinggi bila berada di dekat raksasa tsb
mantab :thanks:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by andy1800 »

bbrp wktu lalu ketemu sm kenalan yg profesinya nyetir Haul Truck ini... pas cuti dia ...lbh tepatnya digrounded. krn hbs ngebut n bikin haul trucknya terguling :mky_01: ngakunya sih: "jalan nya licin bos." :mky_02:





btw ane setiap liat judulnya trid ini, knp selalu kebacanya gini ya?: Mobil-Mobil Telentang
:e-think:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by MitshuToyo »

andy1800 wrote:
MitshuToyo wrote: Kalau ada yang keberatan pemuatan foto2 ini, ntar sy hapus lg.. heheheh
keberatan kenapa?
Gpp.. kali aja ada member sm yg karyawan di sana & keberatan atas pemuatan foto2 di areal tambang tanpa ijin.. meski koleksi pribadi.. hehehe..

****
Seingat saya dulu waktu diantar keliling pakai doublecab, setiap akan memasuki jalur HD sopir selalu berhenti bentar & minta ijin lewat radio..
Lagi nginjek rem..
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by Harchi »

MitshuToyo wrote:
andy1800 wrote:
MitshuToyo wrote: Kalau ada yang keberatan pemuatan foto2 ini, ntar sy hapus lg.. heheheh
keberatan kenapa?
Gpp.. kali aja ada member sm yg karyawan di sana & keberatan atas pemuatan foto2 di areal tambang tanpa ijin.. meski koleksi pribadi.. hehehe..

****
Seingat saya dulu waktu diantar keliling pakai doublecab, setiap akan memasuki jalur HD sopir selalu berhenti bentar & minta ijin lewat radio..
iya om...radio komunikasi emang jadi salah satu perangkat wajib di mobil2 yg masuk area tambang....

ane pernah liat ambulance punya kpc pake TLC 70 series di RS pkt bontang....kayakknya untuk kaltim cuman kpc tuh yg ane liat pake ambulance TLC 70....perusahaan lainnya biasanya pake hilux, ranger atau triton dimodif
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
ysfraysha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Nov 17, 2012 0:53
Location: Jakarta

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by ysfraysha »

Image

Uploaded with ImageShack.us

ini jenis articulated truck , muatan antara 35-40ton, dan berpenggerak 6x6 wheeldrive, khusus maen lumpur dan jalanan jelek...
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by newrubble »

Harchi wrote:
ane pernah liat ambulance punya kpc pake TLC 70 series di RS pkt bontang....kayakknya untuk kaltim cuman kpc tuh yg ane liat pake ambulance TLC 70....perusahaan lainnya biasanya pake hilux, ranger atau triton dimodif
Sy pernah liat (jaman masih kerja di suatu risk n security agency) ...di kalimantan ...suatu konsesi tambang pakai volkswagen syncro 4x4 warna orange ...dgn stripping putih serta symbol palang merah utk medic evac nya ...5 thn lalu saya masih liat rongsokannya lagi di potong potong utk seluruh 8 unit yg ada ... Susah parts kata (bekas) operator nya
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by newrubble »

ysfraysha wrote:Image

ini jenis articulated truck , muatan antara 35-40ton, dan berpenggerak 6x6 wheeldrive, khusus maen lumpur dan jalanan jelek...
Versi militernya lbh keren ...meski sama sama mengadopsi center-steering system ...menggendong bofors cannon 155 mm laser accuracy ...mesin sama persis tapi yg versi militer punya sound insulator yg membuat suara mesinnya baru terdengar di luar saat articulated semi tractor itu berada 5 meter dari kita berdiri ...serta ( yg versi militer ) panas dari exhaust serta panas dari mesin di alihkan ke bagian bawah chasis ...sekedar u menipu heat-radiation seeker missile sekelas bikinan rusia atau cina
condrot
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Oct 21, 2008 2:24

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by condrot »

:mky_08:
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by Harchi »

ysfraysha wrote:Image

Uploaded with ImageShack.us

ini jenis articulated truck , muatan antara 35-40ton, dan berpenggerak 6x6 wheeldrive, khusus maen lumpur dan jalanan jelek...
yg di atas volvo tipe apa om? ane cuman pernah liat yg komatsu hm400 n cat 740, suka banget ama suaranya komatsu, meraung kayak gimana gitu....
oh iya klo org2 lapangan biasanya bilang articulated dump truck dengan sebutan volvo atau hm....padahal bisa aja produk caterpillar....hahahaha
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by Harchi »

newrubble wrote:
Harchi wrote:
ane pernah liat ambulance punya kpc pake TLC 70 series di RS pkt bontang....kayakknya untuk kaltim cuman kpc tuh yg ane liat pake ambulance TLC 70....perusahaan lainnya biasanya pake hilux, ranger atau triton dimodif
Sy pernah liat (jaman masih kerja di suatu risk n security agency) ...di kalimantan ...suatu konsesi tambang pakai volkswagen syncro 4x4 warna orange ...dgn stripping putih serta symbol palang merah utk medic evac nya ...5 thn lalu saya masih liat rongsokannya lagi di potong potong utk seluruh 8 unit yg ada ... Susah parts kata (bekas) operator nya
wah itu yg bentuknya mirip vw transporter ditinggikan itu ya? sayang sekali dipotong2 padahal bisa jadi barang koleksi
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by newrubble »

Harchi wrote: wah itu yg bentuknya mirip vw transporter ditinggikan itu ya? sayang sekali dipotong2 padahal bisa jadi barang koleksi

bentuknya mirip volkswagen vanagon (volkswagen transporter type 3 yg tdk masuk indo) tapi dia lebih lebar kira kira 15 cm atau selebar kurang lebih kabin mitsubishi colt canter diesel ... dia tdk pakai bonnet ...ground clearance nya hampir setinggi mitsi colt tsb

ya mrk kan perusahaan tambang bukan kolektor mobil ...hasil tambang jauh lebih menguntungkan drpd memikirkan mobil mobil yg nilai ekonomis nya sdh habis alias write off ...mgkin besi nya di lebur jadi pagar rumah atau apa lah
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by Harchi »

ah iya juga sih om....klo udah lewat masa pakai hitungannya jadi besi tua....

btw om newrubble ini sama dengan yg punya ID rubble di forum sebelah ya? klo iya berarti tokoh favorit saya tuh selain mr. Nightster Guy
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by Prast84 »

Harchi wrote:ah iya juga sih om....klo udah lewat masa pakai hitungannya jadi besi tua....

btw om newrubble ini sama dengan yg punya ID rubble di forum sebelah ya? klo iya berarti tokoh favorit saya tuh selain mr. Nightster Guy
kalo tempat saya ditumpuk dulu baru dibuang ke jurang dari mobil tahun 72 sampe 2012 Baik land Cruiser,Hilux,Dodge Ram (Chevy),kalo sekarang mayoritas hanya Land Cruiser sama Ford Everest dan Ranger..........
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by ferryset »

kendaraan di pertambangan harus yang mempunyai gerak 4 roda (4X4). karena di daerah pertambangan merupakan medan yang berat yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan 2Wd biasa. maka diperlukan kendaraan yang berdaya tahan tinggi. kalau jaman dulu seperti daihatsu Taft/ Rocky. kalau untuk jaman sekarang seperti Nissan Navara Frontier, isuzu D-max, ford ranger. dan kendaraan itu pun masi harus di modif lagi seperti penggantian ban dengan kembang khusus offroad, suspensi dan kaki-kaki diganti dengan part khusus offroad. setelah ada penggantian tersebut maka kendaraan nya akan lebih handal melewati medan yang berat.
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by Penikmat_Kopi »

MitshuToyo wrote:Tambah dikit lg



Selanjutnya Ini yang unik, seingat saya kalau belok bukan rodanya yang muter, tapi lehernya.. mirip buaya..

Image

Kalau ada yang keberatan pemuatan foto2 ini, ntar sy hapus lg.. heheheh

ini articulate dump truck. atau biasa disingkat artic. Atau kadang dibecandain namanya jd odong-odong.
Ada bbrp misalnya: Volvo A35-A40, Cat 740, Komatsu HM400
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by Penikmat_Kopi »

newrubble wrote:earth mover operator itu diberi kursus oleh penjualnya maupun employer nya...di pertambangan yg punya compliance level tinggi. ..misal dia ada bbrp ISO dari 9000, 9001, 12000, 14000 serta 18000

ada bbrp prosedur sblm benda itu bergerak maupun bermanufer...antara lain pemasangan bendera hijau di sudut kiri kanan pertanda benda itu posisi statis alias parkir. ..pemasangan bendera merah saat ia beroperasi

membunyikan klaksor bbrp x saat ia mau bergerak dan kehadiran safety officer secara kasat mata selama raksasa itu beraksi

unit kendaraan lain yg size nya lbh kecil dipasang antenna pengaman dgn ketinggian yg mudah dilihat oleh operator earth mover dan ujung dari antena dipasang bendera warna tertentu yg menandakan status operaional kemdaraan tsb

meski demikian ada bbrp. ..accident akibat lalainya / negligence salah satu pihak sehingga sejak 2005 hingga kini ada 12 kasus doublecab terinjak terex ataupun cat earthmovers dgn bbrp korban

tambang kecil dgn skala lokal maupun nasional ada yg tdk menganut protokol operasional tsb sehingga siapapun patut waspada level xtra tinggi bila berada di dekat raksasa tsb
Betul Om. Termasuk juga standar trainingnya misalnya untuk alat berat tertentu harus memenuhi minimal 800 jam atau 1000 jam. Juga ada penggunaan simulator untuk training dan assesment sebelum pengoperasian
Untuk metode baru, misalnya loading overburden (dari excavator ke dump truck) juga harus ada JSA nya sebelum diberlakukan.
Safety menjadi concern paling utama, makanya banyak SOP yang dibuat, JSA dan bahkan sanksi yg tegas bagi pelanggarnya. Tujuannya adalah memastikan semua orang kembali ke rumah dengan selamat.

Salah satu yang menjadi momok adalah kecelakaan akibat fatigue. Misalnya operator memaksakan diri mengoperasikan unitnya walaupun dia dalam keadaan fatigue, dan kadang operator merasi masih mampu mengoperasikan padahal sebenarnya sudah dalam kondisi fatigue. Ada batasan berapa jam minimal tidurnya, kurang dari 6 jam tidur, nggak boleh mengoperasikan unit. Makanya ada beberapa perusahaan yang menerapkan fatigue check pada saat awal shift serta secara berkala pada jam-jam rawan fatigue. Kemudian kalau operator merasa fatigue, maka wajib lapor ke supervisornya, ada SOP di amsing-masing perusahaan untuk tindak lanjut dari penanganan fatigue misalnya disuruh tidur 1 jam atau sampai dengan disuruh pulang sekalian. Itu merupakan salah satu upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan di tambang karena fatigue.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by Penikmat_Kopi »

Liebherr T 282
Image


Cat 797

Image


Terex MT 6300AC

Image
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by Prast84 »

Penikmat_Kopi wrote:
newrubble wrote:earth mover operator itu diberi kursus oleh penjualnya maupun employer nya...di pertambangan yg punya compliance level tinggi. ..misal dia ada bbrp ISO dari 9000, 9001, 12000, 14000 serta 18000

ada bbrp prosedur sblm benda itu bergerak maupun bermanufer...antara lain pemasangan bendera hijau di sudut kiri kanan pertanda benda itu posisi statis alias parkir. ..pemasangan bendera merah saat ia beroperasi

membunyikan klaksor bbrp x saat ia mau bergerak dan kehadiran safety officer secara kasat mata selama raksasa itu beraksi

unit kendaraan lain yg size nya lbh kecil dipasang antenna pengaman dgn ketinggian yg mudah dilihat oleh operator earth mover dan ujung dari antena dipasang bendera warna tertentu yg menandakan status operaional kemdaraan tsb

meski demikian ada bbrp. ..accident akibat lalainya / negligence salah satu pihak sehingga sejak 2005 hingga kini ada 12 kasus doublecab terinjak terex ataupun cat earthmovers dgn bbrp korban

tambang kecil dgn skala lokal maupun nasional ada yg tdk menganut protokol operasional tsb sehingga siapapun patut waspada level xtra tinggi bila berada di dekat raksasa tsb
Betul Om. Termasuk juga standar trainingnya misalnya untuk alat berat tertentu harus memenuhi minimal 800 jam atau 1000 jam. Juga ada penggunaan simulator untuk training dan assesment sebelum pengoperasian
Untuk metode baru, misalnya loading overburden (dari excavator ke dump truck) juga harus ada JSA nya sebelum diberlakukan.
Safety menjadi concern paling utama, makanya banyak SOP yang dibuat, JSA dan bahkan sanksi yg tegas bagi pelanggarnya. Tujuannya adalah memastikan semua orang kembali ke rumah dengan selamat.

Salah satu yang menjadi momok adalah kecelakaan akibat fatigue. Misalnya operator memaksakan diri mengoperasikan unitnya walaupun dia dalam keadaan fatigue, dan kadang operator merasi masih mampu mengoperasikan padahal sebenarnya sudah dalam kondisi fatigue. Ada batasan berapa jam minimal tidurnya, kurang dari 6 jam tidur, nggak boleh mengoperasikan unit. Makanya ada beberapa perusahaan yang menerapkan fatigue check pada saat awal shift serta secara berkala pada jam-jam rawan fatigue. Kemudian kalau operator merasa fatigue, maka wajib lapor ke supervisornya, ada SOP di amsing-masing perusahaan untuk tindak lanjut dari penanganan fatigue misalnya disuruh tidur 1 jam atau sampai dengan disuruh pulang sekalian. Itu merupakan salah satu upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan di tambang karena fatigue.
dimana2 faktor kelelahan adalah musuh utama buat operator alat berat terkadang JSA dan SOP suka dilewatan karena Supervisor mengejar target produksi yg diberikan makanya yg suka ditekan operator.

itu hanya pengalaman saja
adamarizal
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Apr 17, 2014 9:40
Location: Bekasi - Balikpapan - Muara Badak PP

Re: Mobil-Mobil Tambang

Post by adamarizal »

Om2 sekalian ada yang punya info kontak buat sewa minibus (elf, colt diesel dll) pokoknya yang bisa muat banyak standar tambang ga (rotary, radio, dll) ? Lokasi Samarinda
BacheTof
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri May 10, 2019 15:08
Location: Cameroon

Mobil Mobil Tambang

Post by BacheTof »

iye groove coverage. gw punya tuh seri 1 and 2 nya, cuma masih bentuk kaset wkwkwkwkkwkwkw....
di mobil ada juga sih cuma copy-an doank ga semuanya...
lumayan enak buat di denger walaupun udah lama bener.