Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Moderator: iLOC

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by Risol1 » 23 Mar 2009, 08:16

piterr wrote: ooo berarti emang final gear nya kurang gedean dikit ya? ane bawa livina 1.8 ultimate manual naik ke tawangmangu sarangan... presneling 2 nya kayak kurang tenaga gitu..... harus gigi 1 baru ngelawan..... padahal naik sx4 yg cuma 1500 cc aja ngacir pake gigi 2, malah sempat tarik tarikan ama nissan Navara...... gile itu power nya..... kagak ada matinye.....
SX4 kalo di US udah dapet julukan "Mini Cooper killer" hehehe.....
http://www.youtube.com/watch?v=VNLd1Xh0-sM

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by asudarsono » 23 Mar 2009, 08:22

Iya, APV Luxio juga akan jadi Alphard killer. Neo Bal dikasih turbo juga dapet julukan Evo killer.

Kalau Livina di US dapat julukan apa, bro?
Ready to Race

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by Risol1 » 23 Mar 2009, 08:43

asudarsono wrote:Iya, APV Luxio juga akan jadi Alphard killer. Neo Bal dikasih turbo juga dapet julukan Evo killer.

Kalau Livina di US dapat julukan apa, bro?
hehehe....kalo APV/Luxio kan cuma bercandaan disebut "Alphard Killer" secara harga dan kemewahannya jg jauh.....begitu jg dengan neo bal dengan Evo.
Tapi kalo SX4 dengan mini cooper kan cuma beda $3000 (30an jt), dan memang Suzuki menganggap mini cooper sebagai saingan dekatnya dan bener2 pengen ngerebut pasar nya mini.....hehehehe jadi bukan cuma bercandaan :mrgreen:

Livina kan bukan model global bos, jadi engga ada di US. :mrgreen:

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by asudarsono » 23 Mar 2009, 09:35

O gitu ya, he he he, ok thx for info.
Ready to Race

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16465
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by DOHC » 23 Mar 2009, 14:39

maxx wrote:
DOHC wrote:
maxx wrote:Kalo beneran udah ganti ratio gigi yg lebih besar ... sudah pasti top speed turun dan momen puntir lebih kuat, tp masa sih gigi 5 kecepatan 100 sudah meraung? .. yg gw tau mesin HR15DE halus loh .. Gigi 5 lari 100 plg juga di rpm 3-4rb, ga mungkin deh sampai meraung2 suara mesinnya.
tuh di milis livina uda ada koq yg kasi testi ttg ganti gearbox, dan dia sendiri yg tulis kalo dgn gearbox baru di XR nya pada kecepatan 100 aja rpm uda di 3000an... nah kalo suara mesin di 3000an blom meraung, bearti 2000 itu idle gt ??
bentar dulu nih... persepsi tentang suara mesin meraung itu spt apa? .. kalo yg dimaksud suaranya diruang mesin saat 3000rpm tentu jelas berubah jauh dari idle yg cuma 750-850rpm. Yg gw maksud adalah dari dalam kabin mobil suaranya masih halus (setidaknya di GL 1.8 gw) .. krn ga mungkin lagi lari kecepatan 100kmh di gigi 5 .. kita dengerin ruang mesin :D
Dari kata "meraung2" yg ditulis seblumnya ... berdasar yg gw bayangin "terdengar dari kabin mobil tuh mesin sudah menjerit2".

Semua mobil kalo dengerin diruang mesin trus di pedal gas di injek sampai 3000rpm pasti terdengar raungannya, kalo ga denger sih budeg... :big_peace:
ok, jadi skrg dibuat 2 definisi deh utk suara mesin, raung itu suara mesin yg dgeber secara normal sdgkan menjerit itu artinya mesin lagi di geber secara melebihi normal (deket2 redline)... :big_peace:
btw saya uda perna coba setir antara GL 1.8 dan livina 1.5, menurut saya yg 1.5 suara mesin nya emang lebi kenceng koq bro dibanding yg 1.8, apalagi pada saat digeber
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16465
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by DOHC » 23 Mar 2009, 14:45

asudarsono wrote:Yah emang gitu mesin Eropa itu lebih kasar bunyinya. Coba pas stationer didengar katupnya pada bunyi semua khan.

Mungkin kita pengguna Livina nggak denger karena nyetel sound system sih. Juga karena suara angin dan ban kurang maka suara mesin juga terabaikan.

Jadi kalau mau jalan 100 kpj pakailah Panther, mesinnya halus sekali khan? Apalagi kalau stasioner, nggak ada bunyi2 kayak Livina, kali.
mesin livina series itu didesain oleh perushaan jepang dan eropa tapi utk pembuatan nya yah di pabrik jepang (aichi) pabrik tsb jg membuat mesin terano, toyota yaris di australia, dan beberapa merek2 mobil jepang lain nya

tapi kalau kata beres nissan, suara kasar pada saat stationer apalagi suara2 tik2 itu karena mesin livina masi memakai HLA... wahh teknologinya sama donk ama mesin2 mitsubishi lancer
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by asudarsono » 23 Mar 2009, 17:20

Emangnya HLA tuh apa?
Ready to Race

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: 22 Nov 2007, 17:26

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by GTR » 23 Mar 2009, 17:22

hydrolic lash adjuster, alat yg menjaga valve clearance selalu mendekati ideal.

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by asudarsono » 23 Mar 2009, 17:43

Busyet hari gini masih ada yg adjust katup manual pakai feeler gauge?

Mobil Perancis udah 15 tahun nggak ada yg kayak gitu. Terakhir 505 deh.
Ready to Race

mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: 17 Feb 2009, 11:44

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by mandala1 » 23 Mar 2009, 18:15

Kaenya yg dimaksud bukan disetel kerenggangan klep pake manual kali om darsono, HLA itu bentuknya semacam pistol yg fungsinya buat mangatur tekanan teming, gitu kali yah?
Bener gak?

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8407
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 083866888918 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by maxx » 23 Mar 2009, 20:25

asudarsono wrote:Yah emang gitu mesin Eropa itu lebih kasar bunyinya. Coba pas stationer didengar katupnya pada bunyi semua khan.

Mungkin kita pengguna Livina nggak denger karena nyetel sound system sih. Juga karena suara angin dan ban kurang maka suara mesin juga terabaikan.

Jadi kalau mau jalan 100 kpj pakailah Panther, mesinnya halus sekali khan? Apalagi kalau stasioner, nggak ada bunyi2 kayak Livina, kali.
yg bener nih bos... mesin panther (diesel) lebih halus dari pada livina?? :e-think:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600|083866888918
LINE: monza.autosport
BBM: 7A1BC755 | BBM Channel:C002C4798
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport

mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: 17 Feb 2009, 11:44

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by mandala1 » 23 Mar 2009, 20:30

Iya kalo panthernya lagi parkir n matiin mesin

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8407
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 083866888918 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by maxx » 23 Mar 2009, 20:34

mandala1 wrote:Kaenya yg dimaksud bukan disetel kerenggangan klep pake manual kali om darsono, HLA itu bentuknya semacam pistol yg fungsinya buat mangatur tekanan teming, gitu kali yah?
Bener gak?
betul tuh bos... setau gw HLA = hydrolic lash adjuster adalah sebuah alat yg scr otomatis selalu adjust celah klep valve agar tetap dalam jarak yg ditetapkan meskipun pemuaian metal (besi) terjadi.. shg tetap didapatkan celah buka tutup katup yg optimum.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600|083866888918
LINE: monza.autosport
BBM: 7A1BC755 | BBM Channel:C002C4798
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16465
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by DOHC » 23 Mar 2009, 20:49

tapi ada umur pakai nya, apalagi kalau km uda tinggi biasanya HLA nya uda mulai pada aus, dan ga bisa di repair alias musti diganti.. beda dgn yg klep distel manual, umur pakai nya lebi panjang...
tapi HLA jg bisa awet asalkan kita pakai oli yg bagus koq karena kerja HLA sangat berpengaruh pada kualitas oli , dan kalo bisa jgn yg terlalu kental, 10w-30 std NGO atau 10-40W sperti oli2 semi syn lain nya jg uda mumpuni koq
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8407
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 083866888918 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by maxx » 23 Mar 2009, 21:05

mandala1 wrote:Iya kalo panthernya lagi parkir n matiin mesin
Image
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600|083866888918
LINE: monza.autosport
BBM: 7A1BC755 | BBM Channel:C002C4798
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8407
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 083866888918 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by maxx » 23 Mar 2009, 21:09

DOHC wrote:tapi ada umur pakai nya, apalagi kalau km uda tinggi biasanya HLA nya uda mulai pada aus, dan ga bisa di repair alias musti diganti.. beda dgn yg klep distel manual, umur pakai nya lebi panjang...
tapi HLA jg bisa awet asalkan kita pakai oli yg bagus koq karena kerja HLA sangat berpengaruh pada kualitas oli , dan kalo bisa jgn yg terlalu kental, 10w-30 std NGO atau 10-40W sperti oli2 semi syn lain nya jg uda mumpuni koq
HLA masa pakainya bisa lebih dari 100rb KM (*tergantung beban kerja mesin), rasanya worthed digunakan u/ less maintanance dan memastikan kondisi mesin optimum dg celah klep yg tepat, krn kalo stel manual belum tentu akurat u/ setiap celah valve dan juga pastinya saat mesin panas valve akan memuai dan celah menyempit.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600|083866888918
LINE: monza.autosport
BBM: 7A1BC755 | BBM Channel:C002C4798
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16465
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by DOHC » 23 Mar 2009, 21:21

duh, blom perna denger nigh bunyi mesin livina yg km nya uda tinggi diatas 100 rebu.. dulu di beres gading, saya perna liat ada GL yg km nya uda 60an rebu, tapi suara mesin nya blom kasar, kayanya HLA nya masi blom kena tuh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by asudarsono » 24 Mar 2009, 04:52

Yg meragukan HLA, justru mesin jaman sekarang perlu HLA. Apalagi yg aluminium. Kalau disetel manual gitu ya lama2 jebol mesinnya krn kepanasan. Apalagi jarang orang ingat stel kelep (kapan terakhir hayo stel klep). Tuh kalau masih ragu tanya aja orang yg pakai Timor.

HLA ini awal dari teknologi VVTI. Belum pernah saya lihat HLA atau VVTI yg rusak dan diganti tuh. Yg ada aus. Kalau aus tinggal diganjal pakai spacer aja. Berdasar buku manual mobil yg aku punya, itu dilakukan tiap 100.000 km. Jadi bukan 100 rb km rusak tapi 100 rb km distel.
Ready to Race

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16465
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by DOHC » 24 Mar 2009, 21:04

HLA aus bisa diganjel ?? pake spacer ?? dan bisa distel tiap 100 rebu km ?? baca darimana bro ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: 17 Feb 2009, 11:44

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by mandala1 » 24 Mar 2009, 21:41

DOHC wrote:HLA aus bisa diganjel ?? pake spacer ?? dan bisa distel tiap 100 rebu km ?? baca darimana bro ??
Heran yah bro? Sama gue juga heran... He..he...
Kasus HLA rusak udah sering bgt sy temui terutama di mobil2 sekitar taon'90 an, contohnya seperti eterna, lancer dan-gan, hyundai elantra, dsb.
Secara HLA kalo rusak harus di ganti n harganya pun tidak terlalu mahal koq, pernah juga sih ada customer sy yg ngotot tetep ga mau beli baru pengen dibetulin aja, waktu itu kasusnya as HLA nya patah bukan lemah bisa sy akalin ganti as yg tengahnya aja, tapi tetep hasilnya ga maksimal.
Ujung2nya....Ganti baru juga...

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16465
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by DOHC » 24 Mar 2009, 22:01

iya bro, baru gw denger HLA bisa dibenerin, tapi biarpun harga satuan nya ga sberapa, tetep aja mahal jg bro kalo musti ganti smua, apalagi kalo mesin V6 sperti galant...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1415
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Livina Engine (GL/XR/GEAR) - MR18DE / HR15DE

Post by Profith83 » 21 Apr 2009, 09:11

Pnather 2005 yah yang versi Turbo - mesin ini yang dipakai di seri touring (biarpun turbo nya boongan)
Sebab thn 2005 ada yang masih versi mesin standart ada yang sudah turbo ....
Kalau 2006 sudah turbo semua ...
tapi saya pernah yang lebih pilih turbo thn 2005, punya saya thn 2005 bulan 10 ...
Thn 2005 belum ada catalytic converternya --> jadi tenaganya MAK JOSSS

Ingat yah, Gue bilang di tanjakan ... sebab panther thn 2005 Turbo di tanjakan apapun sekitar Surabaya, Malang, Trawas, tretes TIDAK pernah nolak masuk gigi 2 ... hehehe

Tapi kalau di TOL ... Gue pegang GL, karena Gue juga pemakai GL ... gigi 4 jalan 140 KM/jam ditarik masih maknyus ...
Kalau Panther di TOL yah jadi paling belakang :)

TOL --> GL
Tanjakan --> Panther
aldy wrote:Yakin nih panther bisa ngasepin GL he2..Memang sih ane biasanya seringnya ngasepin mobil sejuta umat di jalan tol..qiqiqiqi :big_peace: Apalagi kemarin ada kuda diesel ngoyo bgd ngejar Mb C-Class di tol akhirnya tuh kuda ane salip habis bayar tol cz ga kuat narik Rpm atas sih.. :big_peace: Mb C-Class tau sendiri lah Gonee..

Post Reply

Return to “i-LOC General Chat”