Page 1 of 1

Modif velg & ban

Posted: 21 Nov 2008, 14:56
by maxx
VELG & BAN
--------------------
Nih info2 ukuran velg dan ban yg cocok buat GL tanpa rombak2 / ganti shock

Std >> velg 15x5.5J ban 185/65/15
Dia. 621.5mm - Kelling 1952.5mm
Note: u/ peingkatan grip dg velg std.. bisa pakai uk. ban 205/60/15 yg beda 0.89% sdg kan ukuran lain dg lebar tapak 195 atau 215 diameter ban lebih kecil dr std.

Velg 17x7 ET42-45 ban 215/45/17
Dia. 625.3mm - Kelling 1964.44mm - beda 0.61% [real speed lebih cepat 0.61% drpd yg terbaca di speedometer]
Note: Uk ban yg paling mendekati std ban std

velg 17x7 ET42 ban 205/50/17
Dia. 636.8mm - Kelling 2000.56mm - beda 2.46%

Velg 17x7.5 ET40 .. ban 215/50/17
Dia. 646.8mm - Kelling 2031.98mm - beda 4.07%
Note: Uk ban terpaling nyaman u/ yg sering melalui jalan rusak.

Velg 18x7.5 / 18x8 ET42-45 .. ban 225/40/18
Dia. 637.2mm - Kelling 2001.82mm - beda 2.53%

Velg 19x8 ET42-45 .. ban 225/35/19
Dia. 640.1mm - Kelling 2010.93mm - beda 2.99%

Sumber perhitungan uk. ban http://www.rochfordtyres.co.uk/tyrecalc.asp

Penting!!!
PCD Velg 4x114.3
Max. lebar Velg 8"
Offset 40-45 ..kurang dari 40 (e.a: 38, 35 etc) velg keluar dari fender.


Agar memudahkan u/ mengerti bahasa ban.. dibawah ini bisa sbg acuan u/ membaca spec ban yg benar dan tepat.

Contoh: Ban dg spec >> 205/70/15 84H

Artinya dari kiri ke kanan:
--------------------------------
Lebar tapak >> 205mm
Tinggi ban (profil ban) >> 205 x 70% = 143.5mm
Ban u/ ukuran Velg 15 inch
Load index 84 = 500kg (beban max per ban)
Speed Rating H = 210 kph

NOTE: Jangan lupa fakta bahwa angka load index dan speed rating adalah pada kondisi ideal, apabila tapak ban sudah tipis tentu saja akan terjadi penurunan performa.

Speed Rating
---------------
N = 140 KpH; P = 150 KpH; Q = 160 KpH; R = 170 KpH
S = 180 KpH; T = 190 KpH; U = 200 KpH; H = 210 KpH
V = 240 KpH; W = 270 KpH; Y = 300 KpH; Z/ZR = 240+ KpH

Load Index
-------------
71 = 345 kg; 81 = 462 kg; 91 = 615 kg
72 = 355 kg; 82 = 475 kg; 92 = 630 kg
73 = 365 kg; 83 = 487 kg; 93 = 650 kg
74 = 378 kg; 84 = 500 kg; 94 = 670 kg
75 = 387 kg; 85 = 515 kg; 95 = 690 kg
76 = 400 kg; 86 = 530 kg; 96 = 710 kg
77 = 412 kg; 87 = 545 kg; 97 = 730 kg
78 = 425 kg; 88 = 560 kg; 98 = 750 kg
79 = 437 kg; 89 = 580 kg; 99 = 775 kg
80 = 450 kg; 90 = 600 kg; 100 = 800 kg


Kode Produksi Ban
---------------------

Banyak orang tidak tahu bahwa informasi yang paling penting adalah kode produksi ban.
Ban akan expired (kedaluwarsa) dalam waktu tiga tahun setelah ban tersebut dibuat.

Kode produksi dicetak pada salah satu sisi ban, biasanya dengan marking unik mirip peneng. Setiap pabrik ban memiliki jumlah digit tersendiri untuk kode tersebut, ada 5 digit, ada pula yang 7 digit. Tetapi 4 DIGIT dari belakang adalah standard international yang menunjukkan MINGGU (WEEK) dan TAHUN (YEAR) ban tersebut dibuat

Z3207 artinya ban tersebut dibuat pada MINGGU ke-32, TAHUN 2007

XYZ2707 artinya ban tersebut dibuat pada MINGGU ke-27, TAHUN 2007

Jika saat membeli ban baru tetapi toko menyodorkan ban yang sudah kedaluwarsa ... kita berhak u/ menolaknya memakai ban expired tsb, krn terancam pecah ban di jalan.
Sebaiknya waktu pemakaian pun tidak lewat dari masa expired tersebut. Idealnya 2 tahun ban diganti total.

Re: Modif velg & ban

Posted: 21 Nov 2008, 15:25
by neo88
siippp deh.... bro maxx infonyeeee...
ntarr neo cek dehhh ban motor neo karakteristiknyaa gimanee.... :big_smoking:

tapi ban neo dahh ampirr ulang taoon yg ke-5 lho.... . wkakakaa.... Image

Re: Modif velg & ban

Posted: 28 Nov 2008, 12:17
by biiboid
gw sih setuju sama itungannya, tapi karena gosip GL tuh over mileage & gw juga cenderung setuju sama tuh gosip...dibandingin sama mobil gw yg lama...contoh yah, misal gw dulu naek mobil ke kantor average 16.8 km, sekarang naek GL average 17.3 km, penyimpangan nya jadi 0.7/16.8 = 2.9%, padahal gw dah ganti velg 18...apalagi kalo pake velg std yah? (yah ini kasar sih itungannya, jadi ga bisa dijadiin acuan yah...ini mah pendapat gw pribadi)...

kayaknya real speed nya itu baru bener kalo pake velg > 20 kali yak...

Re: Modif velg & ban

Posted: 28 Nov 2008, 15:24
by maxx
std ukuran jangan dari mobil yg lama... tp harus bener2 di ukur dg alat ukur yg tepat, mungkin aja mobil yg lama juga ga bener hitungan mileagenya... tp krn terbiasa kita mengacu kalo mobil lama mileagenya bener.

Re: Modif velg & ban

Posted: 29 Nov 2008, 04:05
by biiboid
iya sih, makanya gw bilang itungannya emang kasar banget...tapi ini udah gw bandingin ke beberapa point lagi (misal ngebandingin dengan KM yg ada di jalan tol, GPS)

jadi gw pribadi sih emang yakin kalo GL gw tuh overmileage...cuma yaaaaahhhh namanya juga dah kadung beli, ibarat bini, masa mau dicerai in hehehe

Re: Modif velg & ban

Posted: 29 Nov 2008, 05:27
by maxx
biiboid wrote:iya sih, makanya gw bilang itungannya emang kasar banget...tapi ini udah gw bandingin ke beberapa point lagi (misal ngebandingin dengan KM yg ada di jalan tol, GPS)

jadi gw pribadi sih emang yakin kalo GL gw tuh overmileage...cuma yaaaaahhhh namanya juga dah kadung beli, ibarat bini, masa mau dicerai in hehehe
Sama, gw juga merasakan mileage GL lebih cepet nambahnya, tp susah dibuktikan kalo cuma banding2 dg GPS ataupun odometer mobil lain. Justru terasa pas saat pake 225/40/18 .. alias diameter ban naik 2.5%.

Btw, yg gw tau >> std pabrikan mobil ada toleransi +/- 6% u/ keakuratan perhitungan odometer.

Makanya kalo majalah2 di luar negri ngitung FC tidak mengacu pada odometer mobil, tp mereka memakai alat "trip meter" yg bisa memberikan pengukuran lebih akurat, di pasangkan pada body mobil dg roda pengukur tersendiri yg menyentuh tanah dan bersebelahan dg roda belakang.

Re: Modif velg & ban

Posted: 01 Apr 2015, 20:56
by rautech
nice info Om..
kalo ganti velg 18 kan jadi lebih gede bebannya, ngaruh ngga ya ke umur pake kaki2?