Konsultasi: Mesin

[AIC] - Aerio Indonesia Club

Moderator: Shaqilla

arrazi
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 13 Jul 2013, 15:58

Re: Konsultasi: Mesin

Post by arrazi » 13 Jul 2013, 16:09

Post Deleted
Last edited by t0mc4t on 13 Jul 2013, 19:58, edited 2 times in total.
Reason: Mohon meletakkan posting jual beli sesuai pada tempatnya.

wibawana
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: 19 Aug 2012, 19:02

Re: Konsultasi: Mesin

Post by wibawana » 25 Sep 2013, 07:07

om numpang tanya.. kemarin habis ganti oli mesin aerio 2006, saya pake shell w15-40. kok mesin terasa berat ya?? dan oli di power steering saya turun di bawah minus... saya sadar ini pas panasin mobil dan iseng belokin stir dan ada bunyi dikolong.. lha ??? saya cek ke bagian mein dan liat olinya turun dan cukup banyak ilangnya.. dan saya liat di bagian kanan mesin pas di belakang radiator, saya liat ada basah oli.. itu kompresor apa ya??

singachu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: 07 Jan 2008, 10:10

Re: Konsultasi: Mesin

Post by singachu » 25 Sep 2013, 19:01

wibawana wrote:om numpang tanya.. kemarin habis ganti oli mesin aerio 2006, saya pake shell w15-40. kok mesin terasa berat ya?? dan oli di power steering saya turun di bawah minus... saya sadar ini pas panasin mobil dan iseng belokin stir dan ada bunyi dikolong.. lha ??? saya cek ke bagian mein dan liat olinya turun dan cukup banyak ilangnya.. dan saya liat di bagian kanan mesin pas di belakang radiator, saya liat ada basah oli.. itu kompresor apa ya??
15w-40 kekentelan om.... coba 10w-40 kalau ga lebih encer 5w-40 atau 5w-30

yang atas itu pompa ps, bawahnya itu compresor ac

regards,
singachu

wibawana
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: 19 Aug 2012, 19:02

Re: Konsultasi: Mesin

Post by wibawana » 27 Sep 2013, 07:31

ternyata selang di botol oli power steering yang menuju kompresor bocor di besi pengikatnya... kok bisa ya?? oli malah merembes dari sela sela selang. akhirnya saya potong 2 cm selangnya dan pasang kembali,, tapi sebelumnya saya belepotann oli.. panas lagii!! :mky_01: tadi habis saya coba jalan agak jauh.. gak tau klo olinya panas,, :big_blushing: . masalah oli merembes beres. semuanya normal kembali. setelah tambah oli samapai batas max nya mesin saya hidupkan dan terdengan suara nyesss.. oli di botol turun,, dan saya isi lagi sampai batas max. setir saya belokkkan pelan-pelan.. kanan kiri kanan kiri.. dan saya tes jalan,, jadi enteng deh setirnya.. kemudian saya cek lagi oli power steeringnnya gak ada oli lagi dan ukuran olinya gak berubah.. hhh aman...

tapi yang jadi masalah oli mesinnya ini,, waktu pas ganti oli shell kena 210.000,, wadoeh.... berarti sekarang harus ganti oli lagi gitu om??? ... :big_slap: :big_slap:

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 817
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: Konsultasi: Mesin

Post by ecco » 27 Sep 2013, 10:30

wibawana wrote:
tapi yang jadi masalah oli mesinnya ini,, waktu pas ganti oli shell kena 210.000,, wadoeh.... berarti sekarang harus ganti oli lagi gitu om??? ... :big_slap: :big_slap:
Ganti aja om, dulu ane juga pakai oreo selama 7 tahun, oli pakai 10w-40 selama itu enak2 aja tuh...tadi malem dikasih tau ama tetanggan yg punya bengkel katanya oli mau naik 10%...ayo ganti sekarang :D
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi

wibawana
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: 19 Aug 2012, 19:02

Re: Konsultasi: Mesin

Post by wibawana » 27 Sep 2013, 19:04

ganti olinya belum ada 4 hari yang lalu om :mky_06: ...hadeehh.. :off_no:

User avatar
dity
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 30 Jun 2008, 22:05

Re: Konsultasi: Mesin

Post by dity » 15 Sep 2014, 18:44

Dear All, need help nih.
Ada yang tahu ukuran celah klep (valve) std aerio? Rencananya saya mau ganti shim nya, krn suara mesin saya sudah mulai berisik krn celah klepnya mulai renggang.

Sebenarnya pengapian aerio itu 5 derajat BTDC yah? Krn mbl saya waktu di scan pake OBDII derajat pengapiannya 14 derajat BTDC. apa ini tandanya knock sensornya bermasalah? Krn klo dilihat kondisi fisiknya terdapat rembesan oli di knock sensor. Apa mungkin knock sensor ini penyebab kandungan HC di gas buang jadi tinggi bgt? >425 ppm?

camshaft
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 01 Sep 2016, 00:08

Re: Konsultasi: Mesin

Post by camshaft » 01 Sep 2016, 12:01

dity wrote:Dear All, need help nih.
Ada yang tahu ukuran celah klep (valve) std aerio? Rencananya saya mau ganti shim nya, krn suara mesin saya sudah mulai berisik krn celah klepnya mulai renggang.

Sebenarnya pengapian aerio itu 5 derajat BTDC yah? Krn mbl saya waktu di scan pake OBDII derajat pengapiannya 14 derajat BTDC. apa ini tandanya knock sensornya bermasalah? Krn klo dilihat kondisi fisiknya terdapat rembesan oli di knock sensor. Apa mungkin knock sensor ini penyebab kandungan HC di gas buang jadi tinggi bgt? >425 ppm?
emangnya aerio blon pake hidraulyc lash adjuster HLA

Post Reply

Return to “[AIC] - Aerio Indonesia Club”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests