Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by VanzMatic »

abrof wrote:...bingung nih bukannya GL tu terkenal karena lembutnya suspensi.....saya pemakai GL 2007...suspensi OK (paling nyaman di kelasnya)....jangan2 yg model baru tipe suspensi beda sama yg lama?...atau tekanan angin ban terlalu tinggi?.. :e-think:
Kalo tkanan ban, AvG ane tekanan ban depan: 30 psi, belakang 40 psi......... :ngacir:

Jadi kalo mendadak mau kedatangan kelg en rombongan, ayoh ajaaa...! :angel:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by aldy »

hi SM-ers

Baru 1 bulan pakai GL 1.5MT, versi 2011 (interior sudah yang black)
1. Peredaman buruk, masih ditemui, saya merasa suara mesin yang cukup terdengar, namun masih dalam batas wajar. Lebih baik dari Rush (yang sebelumnya pakai)
2. Shock absorber, menurut saya cukup keras, agak mengganggu kenyamanan, padahal waktu test drive berasa lebih lembut (mobil test drive GL tahun 2010)
3. Pintu depan kiri yang tidak menutup rapat tidak saya temui di mobil saya
4. Ndut ndutan di rpm rendah gigi 1, masih ditemui, memang ini problem tersebesar yang saya temui. Sedikit terkoreksi saat saya bawa ke service 1000km (walaupun odometer baru 400km). Yang dilakukan beres adalah membuang angin palsu pada sistem kopling hidroliknya- persis seperti buang angin palsu pada sistem rem. Hasilnya setelah service ndut ndutan masih terasa namun tidak separah waktu pertamakali terima unit.
5. Engine brake tidak begitu terasa, saya sangat setuju. Makanya saya himbau untuk selalu waspada terutama pada saat macet, selalu siap ngerem pakai kaki - jangan mengandalkan engine brake. Konsekuensi logis memang kalau kampas rem cepat aus.
6. Masalah khusus di unit saya , adalah adanya rembesan oli sampai ada tetesan di lantai garasi, ketahuan di km 400 an. Kalau dari baunya saya menduga itu oli transmisi. Makanya belum genap 1000km langsung saya bawa ke beres untuk dilakukan service. Ternyata baut oli transmisi yang tidak rapat - weleh weleh kok bisa ya NMI lalai dalam mengecek hal ini ??
7. Bunyi keras saat AC pertama kali dinyalakan masih ditemui, kelihatannya kompresor masih konvensional yang menggunakan magnet untuk mengunci as kompressor supaya ikut berputar. Tapi kok ya bisa sekeras itu bunyinya, seperti bunyi mau patah.
8. Blower AC diposisi 1 yang berbunyi keras, masih ditemui.
9. Hembusan celah AC baris kedua - sepoi sepoi sekali, seakan akan ada hambatan di ducting nya. Tapi untungnya walau posisi termostat di 1/4 ruangan sudah cukup dingin hingga baris kedua.
10. Akselerasi lemot 2000-3000 rpm , setuju sekali, masih ditemui. FYI, saya pakai bensin campur : Premium : Shell Super Extra = 50: 50
11. Nilai plus karena sudah ada roof monitor + DVD. Anak saya suka sekali , selalunya minta diputarkan film kartun kesayangannya. Walaupun akibatnya orangtua yang duduk di depan jadi gak ada hiburan ... hiks

Saya baru kali ini memakai brand NISSAN, overall tidak terlalu impressive buat saya, khususnya GL ini. Karena memang saya peruntukkan mobil buat isteri dan untuk antar anak-anak sekolah. Impiannya sih kelak bisa punya new XTRAIL ataupun SERENA yang pasti lebih mantab dari GL.

Semoga NMI selalu mendengar keluhan konsumen untuk melakukan perbaikan ke depannya. Masa sudah hampir 5 tahun GL keluar masalah yang terjadi masih tetap sama. Seperti menunjukkan sikap ketidakpedulian NMI terhadap keluhan konsumen.
FYI, saat service 1000km, saat saat konsultasikan issue ndut ndutan tersebut, dengan entengnya Service Advisor bilang bahwa itu sudah komplain umum yang selalu dilontarkan konsumen dan katanya sudah bawaan pabrik, seakan memang mengakui hal ini sebagai masalah utama namun tidak ada niat untuk mencari solusi. GAWAT kalau mentalitas Service Advisor seperti itu.

salam hangat
Om ikutan bantu jawab
1. Emang GL ga kedap2 bgt peredamannya tapi buat mobil sekelas itu lumayan lha..solusi tambah peredam
2. Coba check tekanan bannya (kalo mau empuk depan 33 belakang 33 juga)..kalo perlu ganti nitrogen..
4. emang karakter Gl gigi 1 agak ndut2an..coba om isi pertamax aja jangan dicampur (lumayan mengurangi)..
7. Normal bgt semua GL kayak gitu om
8. Normal karakter GL soalnya bukan double blower.. jadi single blower dipaksa dinginin sampe baris belakang..Klo mau dipelanin bisa dipasang resistor..tapi resikonya baris ketiga ga bakalan kena hembusan AC alias kepanasan.. :mrgreen:
10. Pasang Throttle controler..Dijamin :ngacir: :ngacir: GL emang di setting "fuel saver sake" mulai mesin type lean burn, respon throttle yg boyo sampe rasio gigi yang sangat halus (ngejar top speed).. :e-snooty: ..Ane aja kaget FCnya di jalan tol bisa mengungguli T***TA P*I*S..(uji FC di majalah lokal :upss: )
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by AD74YA »

Cukup menarik nih banyak pengalaman yang berbeda dari user yang berbeda :frm_salut: mantap sharingnya.. saya ikut memantau
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by BADAK »

saya jg ikut memantau, walopun gak pake GL sbg daily car :ungg:
Tapi justru dr semua mbl dirumah saya merasa GL yg plg nyaman. Maklum yg lain mbl perang :D
Tapi heran jg, banyak bgt keluhannya..
Semoga aja ada petinggi NMI yg ikut memantau & memperhatikan keluhan2 user disini.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by aldy »

Setuju om kalo banyak keluhan tuh nissan :frm_bang_head:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by pcx »

Bai de wei, kliatannya yang banyak keluhan tu memang Nissan GL 1.5L ya ? :e-think:
secara populasinya memang jauh lebih banyak dari 1.8L
Kalo GL 1.8L lebih fine fine aja, apalagi yang M/T 6 speed wow maknyosss :off_good_job:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by Lucky11 »

SayangNya lagi mobil2 Nissan masih pakai ban dunlop yang kena batu robek.
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
User avatar
evath
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Oct 22, 2008 4:27

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by evath »

BADAK wrote:saya jg ikut memantau, walopun gak pake GL sbg daily car :ungg:
Tapi justru dr semua mbl dirumah saya merasa GL yg plg nyaman. Maklum yg lain mbl perang :D
Tapi heran jg, banyak bgt keluhannya..
Semoga aja ada petinggi NMI yg ikut memantau & memperhatikan keluhan2 user disini.
Mas Badak, Anda pakai grand touring ya? GL mobil istri, saya sendiri hariannya pakai Isuzu Touring 2010, suspensi GL kalah nyaman sama Touring saya tsb.
Gonta ganti mobil sah sah aja, asal jangan gonta ganti pasangan, tetap setia is the best
User avatar
evath
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Oct 22, 2008 4:27

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by evath »

pcx wrote:Bai de wei, kliatannya yang banyak keluhan tu memang Nissan GL 1.5L ya ? :e-think:
secara populasinya memang jauh lebih banyak dari 1.8L
Kalo GL 1.8L lebih fine fine aja, apalagi yang M/T 6 speed wow maknyosss :off_good_job:
Selamat deh, Anda tdk salah pilih.
Gonta ganti mobil sah sah aja, asal jangan gonta ganti pasangan, tetap setia is the best
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by DOHC »

GL 1.8 m/t jg ga bebas keluhan koq.... ada jg user yg ampe ganti CSC utk kopling nya... :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle:

cuman aja karena populasi yg 1.8 m/t ga sebanyak yg 1.5 m/t makanya seolah2 ga kedengaran problem nya... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by Hansen »

Lalu X-Gear ente itu manual ato matic chiong? :e-think:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by DOHC »

btw ini siapa yg nyebarin gosip jadi xgear sehh.... xr koq... manual siong...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by Hansen »

Hooo...tadinya ane kirain XR nya diganti lagi jadi X-Gear chiong :upss: :upss: :upss:
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by BADAK »

evath wrote:
BADAK wrote:saya jg ikut memantau, walopun gak pake GL sbg daily car :ungg:
Tapi justru dr semua mbl dirumah saya merasa GL yg plg nyaman. Maklum yg lain mbl perang :D
Tapi heran jg, banyak bgt keluhannya..
Semoga aja ada petinggi NMI yg ikut memantau & memperhatikan keluhan2 user disini.
Mas Badak, Anda pakai grand touring ya? GL mobil istri, saya sendiri hariannya pakai Isuzu Touring 2010, suspensi GL kalah nyaman sama Touring saya tsb.
Iya om, saya harian pake Grand Touring. Tapi koq bisa ya mlh lbh nyaman touring :mrgreen:
Seperti yg prnh dikatakan bang jalu kl panther ini suspensi belakang agak gak manusiawi, keras bgt. Kalo yg LS mmg lembut, tp kl touring bagaikan naek L300, apalagi kl cmn 1 penumpang.
Selain Grand Touring kdg saya jg pake GL ultimate 1.8 n ngrasa koq enak bgt ya dibanding touring. Bawaannya pgn ngebut trz, kabin lbh hening, setir ringan. Ya untungnya slm ini gak pernah ngalamin trouble2 kyk rekan disini (semoga aja gaj pernah).
Selain itu naek touring buat perjalanan jauh lebih melelahkan drpd naek GL.
Sorry kl agak OOT..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by BADAK »

DOHC wrote:btw ini siapa yg nyebarin gosip jadi xgear sehh.... xr koq... manual siong...
Wah aku salah tangkep dohc, xr tak baca x-gear :upss:
brarti dl dr XV gnt XR ya? :e-think:
Emg GL ada brp tipe?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by Hansen »

BADAK wrote:
DOHC wrote:btw ini siapa yg nyebarin gosip jadi xgear sehh.... xr koq... manual siong...
Wah aku salah tangkep dohc, xr tak baca x-gear :upss:
brarti dl dr XV gnt XR ya? :e-think:
Emg GL ada brp tipe?
Nah, ini biang gosipnya chiong... :wkkk:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by DOHC »

tak potong cula nya si badak kalo gt... gosip aja... :upss: :upss: :upss: :upss:

GL itu ada dibagi jadi 1500 ama 1800cc dak... kalo 1500 ada SV/ GL manual namanya, XV, ama ultimate.... kalo yg 1800 cuman ada XV ama ultimate doank...

kalo yg lipina pendek cuman ada x gear ama xr....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by DOHC »

ngomong2... uda ada yg perna nyoba kuras minyak kopling nya GL kah ?? scara ntuh reservoir antara rem ama kopling kan jadi satu... cuman kalo kita kuras rem, kan yg bagian kopling ga smua nya terkuras... malah jangan2 ga tersentuh gt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by solar_kerosen »

Ndut ndutan di rpm rendah gigi 1, masih ditemui, memang ini problem tersebesar yang saya temui

sebenarnya kalau boleh jujur sejak pertama kali mengetes mobil , kalau orang yg udah expert maupun pengalaman bongkar mobil pasti punya Feeling seperti apa karakter mobil itu dan kelebihan serta kekurangannya .

saya curiga dealer ada main , maksudnya mobil test drive bukan mobil yg sebagaimana keluar dari pabrik tapi udah dilakukan "tuning" tertentu yg dimaksud
tentang masalah ndut ndutan itu bukan masalah vital daridulu sudah diketahui sejak jaman compresi tinggi gunakalanlah minimal Pertamax plus untuk mesin tersebut jangan premium bila anda suka premium silahkan beli Suzuki real van atau Mitsubishi T120SS
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
hendri_bp
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Jun 21, 2011 10:19

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by hendri_bp »

Calon istri saya punya Grand Livina XV 1.5 MT tahun 2009 akhir. Saya yang rekomendasikan GL ke dia dengan melihat bentuk, spek, dan review di majalah.

Kesan-kesan setelah test drive:
1. Tarikan hebat
2. Handling mantap

Kesan-kesan ketika membawa pulang dari dealer:
1. Aduh, kok pantatku sakit... Kupikir wajar, biasa pake Blazer yang empuk segalanya :p
2. Aduh, kok gigi satu-nya ndut-ndutan di rpm rendah... Kupikir bakal cepat habis koplingnya

Beberapa hari kemudian dibawa ke pemandian ciater, kondisi full load:
1. Wow, nanjak-nanjak sih PD kalo gini
2. Betul-betul stabil di tikungan

Sempat berpikir untuk tukar kebo dengan GL juga, sampe kemudian kopling set-nya mobil doi habis di km 10000 (sepuluh ribu)...
Kupikir, emang sih doi belum jago nyetir. Tapi 10 ribu km? --> ganti kena 2 juta

Semua pengujian diatas dilakukan dengan bbm premium (doi ga terlalu peduli jenis bbm yang dipakai).
Berhubung do'i akhir-akhir ini sering keluar Jakarta, dititipkanlah GL-nya padaku. Selama beberapa hari kupakai di Jakarta:
1. Hmm, koplingnya ringan banget. Tidak seperti ketika baru dulu. Kata doi, mekaniknya ngganjal bagian [cencored] dari kopling biar ga terlalu tinggi (aku gak tahu [cencored] tuh apa :p)
2. Tetap ndut-ndutan di rpm rendah, meskipun sudah pake Shell super ekstra (oktan 95). Tetep harus rajin main kopling
3. Kurang nyaman dibawa macet-macetan, throttle by wire-nya mestinya di-set untuk city driving dong :D
4. Kok konsumsi BBM-nya 1:9.5 ya? Dengan BBM Shell super extra dan kondisi jalan sama, Blazer bisa 1:6 (padahal bobot Blazer lebih 2 kali lipat GL)?

Anyway, mohon maaf bila ada salah-salah kata, tapi sepertinya kok lebih banyak komentar negatif-nya ya? Ya, komentar positifnya kan sudah banyak yang kasih to? :D

Kesimpulannya kalo buat saya: "Saya lebih milih Serena C24 bekas ketimbang GL manual 1.5 baru" --> Saya gak komen soal 1.5 AT dan 1.8 lho, mestinya jauh lebih baik kalo lihat pengalaman temen-temen semua :D
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by imsus2c »

hendri_bp wrote:Calon istri saya punya Grand Livina XV 1.5 MT tahun 2009 akhir. Saya yang rekomendasikan GL ke dia dengan melihat bentuk, spek, dan review di majalah.

Kesan-kesan setelah test drive:
1. Tarikan hebat


Beberapa hari kemudian dibawa ke pemandian ciater, kondisi full load:
1. Wow, nanjak-nanjak sih PD kalo gini
yg pernah saya baca2 (secara saya bukan user/owner GL) dari posting member disini, malah banyak yang bilang kalo GL tarikan/rpm bawahnya lemah dan juga lemah di tanjakan (apalagi beban penuh) :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by DOHC »

kcuali uda dapet GL yg versi facelift... dmana gearbox nya beda ama GL kluaran awal... cuman tetep aja sehh.. utk tanjakan lemot jg...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by imsus2c »

DOHC wrote:kcuali uda dapet GL yg versi facelift... dmana gearbox nya beda ama GL kluaran awal... cuman tetep aja sehh.. utk tanjakan lemot jg...
baru tau kalo edisi baru, gearbox sudah beda :ungg:
lebih kasar mungkin ya rasio giginya?
kalo iya, logikanya sih tarikan/tanjakan lebih bagus, tapi top speed drop (dan biasanya fc sedikit berbeda)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
hendri_bp
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Jun 21, 2011 10:19

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by hendri_bp »

imsus2c wrote:
hendri_bp wrote:Calon istri saya punya Grand Livina XV 1.5 MT tahun 2009 akhir. Saya yang rekomendasikan GL ke dia dengan melihat bentuk, spek, dan review di majalah.

Kesan-kesan setelah test drive:
1. Tarikan hebat


Beberapa hari kemudian dibawa ke pemandian ciater, kondisi full load:
1. Wow, nanjak-nanjak sih PD kalo gini
yg pernah saya baca2 (secara saya bukan user/owner GL) dari posting member disini, malah banyak yang bilang kalo GL tarikan/rpm bawahnya lemah dan juga lemah di tanjakan (apalagi beban penuh) :ungg:
RPM-nya harus pas Pak. Coba tarik diatas 3000 rpm, baru enak. Faktor lain, mobil saya yang biasa punya rasio gigi yang
aneh (1 dan 2 besar, 3 4 5 kecil) sehingga agak menyulitkan kalau tanjakannya "tanggung".
kojirosan
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Oct 26, 2011 7:59

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by kojirosan »

ane mo ikutan nambahin, semoga pihak NMI ada yg baca and bisa kasi pemecahannya,

1. - Peredam bawah buruk. --> sedikit berisik kalo jalanannya beton, bunyi ban kedengeran bgt :mky_05:
2. - Shock Absorbers glodakan saat melibas polisi tidur --> Ini jg ga terasa (mungkin ane selalu pelan kalo ketemu poldur :mky_01: )
3. - Pintu depan saat ditutup agak bergetar dan seperti rada mental2. --> ini kayaknya ud dperbaikin ama NMI, punya ane ga gt :mky_02:
4. - Terasa nyendat2 dikit di rpm rendah. Ini terjadi saat kita langsung menekan gas begitu setelah de-akselerasi. :mky_05:
Ini gan yg masih, secara ane baru beli GL bulan kemaren (Okt2011), NMI kayaknya ga naruh perhatian serius d ama issue ini, pertama2 bawa ni boil kenapa, kok ndut2an gt kalo abis deselerasi

Minggu ini ane mo bawa k beres komplen yg ndut2an sapa tau jawabannya beda and ada solusinya
(Beresnya di Nissan Puri Jakbar) :mky_08:

Thanks