Meningkatkan kinerja Innova

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16647
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by DOHC » 03 Dec 2012, 20:10

tret lama ane sundul lagi dehh...

berawal dari problem di ipah ane yg makin boros akhir2 ini... pas kondisi traffic macet dan cuaca lagi terik2 nya... stationer mesin agak ga stabil... geter2 berlebih... padahal kalo di bejeg ga glitik... kondisi oli jg kayanya masi bagus, masi ada beberapa rebu km lg utk diganti... busi jg uda ane bersihin beberapa ari yg lalu...

akhirnya MAF sensor coba ane buka, dan ternyata kotor di salah satu sisi... terutama di kawat yg buat ngukur air temp nya.. karena lg kehabisan contact cleaner, maka bermodalkan alkohol dan cotton bud ane bersihin tuh kawat sensor... stelah di pasang kembali, stationer lgs stabil...

btw di ipah 1TR... cuman ada MAF sensor doank atau ada MAP sensor jg yah ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: 12 Aug 2012, 20:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by mr-saga » 04 Dec 2012, 17:53

DOHC wrote:tret lama ane sundul lagi dehh...

berawal dari problem di ipah ane yg makin boros akhir2 ini... pas kondisi traffic macet dan cuaca lagi terik2 nya... stationer mesin agak ga stabil... geter2 berlebih... padahal kalo di bejeg ga glitik... kondisi oli jg kayanya masi bagus, masi ada beberapa rebu km lg utk diganti... busi jg uda ane bersihin beberapa ari yg lalu...

akhirnya MAF sensor coba ane buka, dan ternyata kotor di salah satu sisi... terutama di kawat yg buat ngukur air temp nya.. karena lg kehabisan contact cleaner, maka bermodalkan alkohol dan cotton bud ane bersihin tuh kawat sensor... stelah di pasang kembali, stationer lgs stabil...

btw di ipah 1TR... cuman ada MAF sensor doank atau ada MAP sensor jg yah ??
ikut bantu sundul jg

Om DOHC ini info yg ane dpt dari page 1
----
"You may embed only 3 quotes within each other."
----
Pak Turbo,
kalo pake MAP sensor berarti harus ada selang vakum dari manifold menuju sensor MAP, terus letak selang vakum ini dimana ?
sedangkan sensor yg diatas box filter itu gak ada selangnya. dan dari manifold hanya ada selang yg ke booster rem.
mohon pencerahannya ?[/quote]


Nanti kalau kebetulan ketemu lagi ama pemilik mobilnya tak potoin deh.

Yup MAP sensor yg dihubungkan dengan selang vakum ke intake manifold, sedang sensor yg ada di atas box air filter itu adalah Air Temp. sensor. CMIIW

Utk selang MAP sensor aslinya selang polos menuju intake, modifikasinya dengan menambah filter kecil spt. pada selang MAP sensor di D4 D, utk detailnya bisa telp. ke Phoenix.[/quote]

Image
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17724
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by Turboman » 04 Dec 2012, 20:00

TR-FE gak pake MAP sensor

KD-FTV yg pake MAP sensor buat baca boost

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16647
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by DOHC » 04 Dec 2012, 20:12

hoo... baguslah... pusing jg kebanyakan sensor...

berarti nambah satu lg nehh tips meningkatkan kinerja 1TR.... bersihin MAF sensor... buat bikin idle stationer lebi langsam...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by billyd1773dz » 09 Dec 2012, 01:50

suhu2 nanya dunk..
beberapa bulan lalu gw ganti clutch ipah d4d MT gw dgn power clutch stage1, karna yg ori uda slip terus g tahan nerima powernya,

yg jd masalah, awalnya beberapa minggu pemasangan, tiap angkat kopling jd geter ga karuan, kemudian kalau transmisi di netral, susah dimasukin giginya, mesti di gerung2 dulu baru masuk giginya. begitu juga saat mau berhenti, kopling uda diteken habis tapi gigi susah di kenetralkan, dan meski uda di teken habis, mobil masih maju... :frm_bang_head: kalau kondisi berhenti yah, klw kondisi jalan sih normal.

awalnya gw kira kopling blm ngeplak aja.... skrng uda 4blnan memang geternya uda berkurang, asal start awal di gigi2 dan rpm aga tinggi uda g parah geternya, *klw gigi 1 masih parah* tapi soal gigi susah masuk, dan susah ke netral masih kaya gtu.
nah skrng di tambah muncul suara nggguuuukkkkkk saat kopling mw di angkat,kenceng suaranya.....

hmm barangkali ada yg pernah pke ni kopling, kata sellernya sih ada yg perlu di papas dikit, tp dia g bisa jelas brp mm, dan bagian mananya... :frm_bang_head: atau jangan2 memang cacat nih produknya, atw salah pemasangan kah?

klw g ada solusi kepaksa, balik ke ori nih... kakinya yg mesti di sekolahin hehe :D

thx yah
:beer:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by andy1800 » 09 Dec 2012, 08:24

agak2 ketawa ketahan agak2 kasian.... masa' seorang billy bisa kena problem kaya ginian.... :e-whistle:
balik ke ori aja lah bil ....pas dibongkar lg ganti ori itu ntar perhatikan dg seksama. tp jgn penasaran ya, ngikutin kata yg jual, dipangkas segala. pokoknya klo dari awal dah gak beres gitu akan lbh gede kemungkinan tetep gak akan ada beresnya mau diapa2in jg.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17724
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by Turboman » 09 Dec 2012, 09:00

billyd1773dz wrote:suhu2 nanya dunk..
beberapa bulan lalu gw ganti clutch ipah d4d MT gw dgn power clutch stage1, karna yg ori uda slip terus g tahan nerima powernya,

yg jd masalah, awalnya beberapa minggu pemasangan, tiap angkat kopling jd geter ga karuan, kemudian kalau transmisi di netral, susah dimasukin giginya, mesti di gerung2 dulu baru masuk giginya. begitu juga saat mau berhenti, kopling uda diteken habis tapi gigi susah di kenetralkan, dan meski uda di teken habis, mobil masih maju... :frm_bang_head: kalau kondisi berhenti yah, klw kondisi jalan sih normal.

awalnya gw kira kopling blm ngeplak aja.... skrng uda 4blnan memang geternya uda berkurang, asal start awal di gigi2 dan rpm aga tinggi uda g parah geternya, *klw gigi 1 masih parah* tapi soal gigi susah masuk, dan susah ke netral masih kaya gtu.
nah skrng di tambah muncul suara nggguuuukkkkkk saat kopling mw di angkat,kenceng suaranya.....
wah kok aneh yah ??

Kalo boleh tahu pake kopling merek apa ? RDP / BK Clutch / ??

Pasang dimana ?

Udah coba buang minyak kopling dan isi DOT3 fluid baru ?

User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: 12 Aug 2012, 20:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by mr-saga » 09 Dec 2012, 09:12

billyd1773dz wrote:suhu2 nanya dunk..
beberapa bulan lalu gw ganti clutch ipah d4d MT gw dgn power clutch stage1, karna yg ori uda slip terus g tahan nerima powernya,

yg jd masalah, awalnya beberapa minggu pemasangan, tiap angkat kopling jd geter ga karuan, kemudian kalau transmisi di netral, susah dimasukin giginya, mesti di gerung2 dulu baru masuk giginya. begitu juga saat mau berhenti, kopling uda diteken habis tapi gigi susah di kenetralkan, dan meski uda di teken habis, mobil masih maju... :frm_bang_head: kalau kondisi berhenti yah, klw kondisi jalan sih normal.

awalnya gw kira kopling blm ngeplak aja.... skrng uda 4blnan memang geternya uda berkurang, asal start awal di gigi2 dan rpm aga tinggi uda g parah geternya, *klw gigi 1 masih parah* tapi soal gigi susah masuk, dan susah ke netral masih kaya gtu.
nah skrng di tambah muncul suara nggguuuukkkkkk saat kopling mw di angkat,kenceng suaranya.....

hmm barangkali ada yg pernah pke ni kopling, kata sellernya sih ada yg perlu di papas dikit, tp dia g bisa jelas brp mm, dan bagian mananya... :frm_bang_head: atau jangan2 memang cacat nih produknya, atw salah pemasangan kah?

klw g ada solusi kepaksa, balik ke ori nih... kakinya yg mesti di sekolahin hehe :D

thx yah
:beer:
kalo ane blh tau lbh spesifik nya, geter2 nya di bagian mana ya Om?
kali aja sama ama problem ane, tp di motor :mky_01:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by billyd1773dz » 09 Dec 2012, 10:37

andy1800 wrote:agak2 ketawa ketahan agak2 kasian.... masa' seorang billy bisa kena problem kaya ginian.... :e-whistle:
balik ke ori aja lah bil ....pas dibongkar lg ganti ori itu ntar perhatikan dg seksama. tp jgn penasaran ya, ngikutin kata yg jual, dipangkas segala. pokoknya klo dari awal dah gak beres gitu akan lbh gede kemungkinan tetep gak akan ada beresnya mau diapa2in jg.
wkwkwk yeee gw juga manusia dunk.... hahaah :D jujur ajah gw g ngerti soal beginian dan bnyk hal lain yg g ngerti haha... :D bole donk nanya2.. haha :D

soalnya memang beberapa kopling, ada yang perlu ngeplak dulu.. gw pikir ya mungkin ini juga gtu... lagian sayang uda beli mahal mahal ga kepake.... harap harap aja ntarnya jadi enak. di akal2in biar enak gpp sieh, biar g dibuang sayang aja g kepake..... hehe

kejadiannya dri sebelum lebaran, waktu itu mw mudik, uda di putusin ganti yg ori lagi aja, eh puter2 semuanya kosong g ada yg nyetok kopling... hmmm

tp soal grip ni kopling memang bagus sih, dulu di gigi 4-5 selalu slip padahal masih bru kopling orinya waktu itu, gigi rendah klw nyusul nanjak slip juga.... skrng uda kaga..

mikir juga balik ke ori... rencananya mw coba pantekan dulu sih.. d boil yg satu lagi terbukti lebih bagus dri ori..

boil wirawiri kantor sih, jd g bisa sering2 nginep d bengkel :D tp ada bagus klw lg d tinggal di kantor.... yg make g bisa sembarangan orng, haha pasti bingung masukin giginya... hehehe

thx
:beer:
Last edited by billyd1773dz on 09 Dec 2012, 11:00, edited 2 times in total.
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by billyd1773dz » 09 Dec 2012, 10:47

Turboman wrote:
billyd1773dz wrote:suhu2 nanya dunk..
beberapa bulan lalu gw ganti clutch ipah d4d MT gw dgn power clutch stage1, karna yg ori uda slip terus g tahan nerima powernya,

yg jd masalah, awalnya beberapa minggu pemasangan, tiap angkat kopling jd geter ga karuan, kemudian kalau transmisi di netral, susah dimasukin giginya, mesti di gerung2 dulu baru masuk giginya. begitu juga saat mau berhenti, kopling uda diteken habis tapi gigi susah di kenetralkan, dan meski uda di teken habis, mobil masih maju... :frm_bang_head: kalau kondisi berhenti yah, klw kondisi jalan sih normal.

awalnya gw kira kopling blm ngeplak aja.... skrng uda 4blnan memang geternya uda berkurang, asal start awal di gigi2 dan rpm aga tinggi uda g parah geternya, *klw gigi 1 masih parah* tapi soal gigi susah masuk, dan susah ke netral masih kaya gtu.
nah skrng di tambah muncul suara nggguuuukkkkkk saat kopling mw di angkat,kenceng suaranya.....
wah kok aneh yah ??

Kalo boleh tahu pake kopling merek apa ? RDP / BK Clutch / ??

Pasang dimana ?

Udah coba buang minyak kopling dan isi DOT3 fluid baru ?
mereknya powerclucth, gw beli dri distronya piggy powerlab di sby... nih om :D

pasang di bengkel langganan bro d bdg,

nah blm tuh olinya blm di apaapain, penasaran juga dri hydraulicnya bisa yah?

:beer:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by billyd1773dz » 09 Dec 2012, 10:50

mr-saga wrote:
billyd1773dz wrote:suhu2 nanya dunk..
beberapa bulan lalu gw ganti clutch ipah d4d MT gw dgn power clutch stage1, karna yg ori uda slip terus g tahan nerima powernya,

yg jd masalah, awalnya beberapa minggu pemasangan, tiap angkat kopling jd geter ga karuan, kemudian kalau transmisi di netral, susah dimasukin giginya, mesti di gerung2 dulu baru masuk giginya. begitu juga saat mau berhenti, kopling uda diteken habis tapi gigi susah di kenetralkan, dan meski uda di teken habis, mobil masih maju... :frm_bang_head: kalau kondisi berhenti yah, klw kondisi jalan sih normal.

awalnya gw kira kopling blm ngeplak aja.... skrng uda 4blnan memang geternya uda berkurang, asal start awal di gigi2 dan rpm aga tinggi uda g parah geternya, *klw gigi 1 masih parah* tapi soal gigi susah masuk, dan susah ke netral masih kaya gtu.
nah skrng di tambah muncul suara nggguuuukkkkkk saat kopling mw di angkat,kenceng suaranya.....

hmm barangkali ada yg pernah pke ni kopling, kata sellernya sih ada yg perlu di papas dikit, tp dia g bisa jelas brp mm, dan bagian mananya... :frm_bang_head: atau jangan2 memang cacat nih produknya, atw salah pemasangan kah?

klw g ada solusi kepaksa, balik ke ori nih... kakinya yg mesti di sekolahin hehe :D

thx yah
:beer:
kalo ane blh tau lbh spesifik nya, geter2 nya di bagian mana ya Om?
kali aja sama ama problem ane, tp di motor :mky_01:
kaya yg mataharinya uda lemah om... padahal baru aftermarket...

geternya dri transmisi drek drek drek drek gtu...tuasnya bergertar hebat, pedal koplingnya juga geter.... ndut ndut deh mobilnya..... waktu mw di angkat... klw uda jalan sih normal.

:beer:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16647
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by DOHC » 09 Dec 2012, 10:55

apa jangan2 problem di bagian tuas perseneling nya yahh ?? bushing nya pecah gt ??

mengenai kuras minyak kopling... ane uda kuras sendiri... cuman stelah di kuras, kenapa yahh kalo pas pagi2 gt atau pas mesin masi dingin, pas lepasin kopling nya ga enak bgt... jalan nya agak ndut2an gt... tp kalo mesin uda panas, agak mendingan jalan nya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by billyd1773dz » 09 Dec 2012, 11:06

^^
umm geternya semobil2 mobilnya sih, hehe yg pling keliat ya memang tuasnya, klw pecah bushingnya mestinya kondisi diam juga,kya longgar gtu kan tuasnya? ini masih kenceng kok, klw gigi 1 aja yg geter parah. klw start dri gigi 2 dan 3 engga parah geternya, cuma bunyi nguuuuukkkkkkkkk panjang gtu... klw rpmnya aga tinggi saat kopling di lepas, geternya berkurang. klw sudah jalan shifting dri 1 ke 2 kerass banget, tp bisa masuk..

ada yg bilang sinkromeshnya, dan mesti turun transmisinya.... hmmm km baru 30rb an dan kejadiannya tepat abis ganti kopling, uda panas juga sama aja g ada perbedaan,
dulu pernah boil lain yg geternya mirip ini karna mataharinya uda lemah, tp itu bgtu panas ilang geternya, klw ini ya geter terus.

thx yah
:beer:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16647
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by DOHC » 09 Dec 2012, 11:12

coba d bongkar lg aj om kopling set nya...

kalo sinkromes... dl di panther ane perna rusak, tp keluhan nya susah masuk gigi mau di rpm brapa aja, dan pas lg netral, kedengeran bunyi metal2 beradu kenceng banget...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by andy1800 » 09 Dec 2012, 11:15

DOHC wrote:apa jangan2 problem di bagian tuas perseneling nya yahh ?? bushing nya pecah gt ??
....
mestinya peluang itu kecil ya....soalnya kan di pedal jg berasa getar....trus ni problem muncul nya persis stlh diganti sm performance clucth tsb, bukan dr sebelumnya.
jd mmg nyaris bisa disimpulkan ini sumbernya dari si clutch
dari jalur hidrolik bisa jg sih...tp biasanya akibatnya gak segitunya...sulit jelasin akibat klo jalur hidroliknya masuk angin, tp agak beda deh.





billyd1773dz wrote:
andy1800 wrote:agak2 ketawa ketahan agak2 kasian.... masa' seorang billy bisa kena problem kaya ginian.... :e-whistle:
balik ke ori aja lah bil ....pas dibongkar lg ganti ori itu ntar perhatikan dg seksama. tp jgn penasaran ya, ngikutin kata yg jual, dipangkas segala. pokoknya klo dari awal dah gak beres gitu akan lbh gede kemungkinan tetep gak akan ada beresnya mau diapa2in jg.
wkwkwk yeee gw juga manusia dunk.... hahaah :D jujur ajah gw g ngerti soal beginian dan bnyk hal lain yg g ngerti haha... :D bole donk nanya2.. haha :D

soalnya memang beberapa kopling, ada yang perlu ngeplak dulu.. gw pikir ya mungkin ini juga gtu... lagian sayang uda beli mahal mahal ga kepake.... harap harap aja ntarnya jadi enak. di akal2in biar enak gpp sieh, biar g dibuang sayang aja g kepake..... hehe

kejadiannya dri sebelum lebaran, waktu itu mw mudik, uda di putusin ganti yg ori lagi aja, eh puter2 semuanya kosong g ada yg nyetok kopling... hmmm

tp soal grip ni kopling memang bagus sih, dulu di gigi 4-5 selalu slip padahal masih bru kopling orinya waktu itu, gigi rendah klw nyusul nanjak slip juga.... skrng uda kaga..

mikir juga balik ke ori... rencananya mw coba pantekan dulu sih.. d boil yg satu lagi terbukti lebih bagus dri ori..

boil wirawiri kantor sih, jd g bisa sering2 nginep d bengkel :D tp ada bagus klw lg d tinggal di kantor.... yg make g bisa sembarangan orng, haha pasti bingung masukin giginya... hehehe

thx
:beer:
wkwkwk
oo jd gantinya krn faktor 'terpaksa' jg ya ....iya denger2 pas masa lebaran kemaren emang astra gila deh, stok onderdil byk banget yg kosong.

masalahnya ...klo experimen2 digini digitu.... ongkos bongkar pasangnya jd bengkak banyak bil...
tp klo di boil satunya dah terbukti, ya itu peluang/pertimbangan tersendiri.

tebak2 buah manggis sih yg plg mgkin problembanya ya ada di: matahari nya, sleeve dek laher nya, atau mmg canvas nya.
kdg ada kesalahan kecil pemasangan. cukup kecil, shg gak disadari, tp efeknya ga enak.
pernah ada temen di beres ford aja, evie 4x4 mt, pasang dek laher nya aja kita curiga tu kebalik....jalan datar sih gak notice, tp klo mulai nanjak, ngaco deh....begitu dbongkar lagi, mataharinya ancur.

klo masalah penyesuaian kanvas biasanya gak selama itu.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16647
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by DOHC » 09 Dec 2012, 11:18

pemasangan jg ngaruh koq...

tuh di kasus merek batu makam aj, perna ada yg baru jalan 15an rebu km uda susah masuk gigi... dan di vonis kopling uda abis... customer disalahin ga bsa nyetir.. padahal stelah di cek and ricek, kesalahan pemasangan dari pabrikan....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by andy1800 » 09 Dec 2012, 11:30

nha iya
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by billyd1773dz » 09 Dec 2012, 20:44

andy1800 wrote:
DOHC wrote:apa jangan2 problem di bagian tuas perseneling nya yahh ?? bushing nya pecah gt ??
....
mestinya peluang itu kecil ya....soalnya kan di pedal jg berasa getar....trus ni problem muncul nya persis stlh diganti sm performance clucth tsb, bukan dr sebelumnya.
jd mmg nyaris bisa disimpulkan ini sumbernya dari si clutch
dari jalur hidrolik bisa jg sih...tp biasanya akibatnya gak segitunya...sulit jelasin akibat klo jalur hidroliknya masuk angin, tp agak beda deh.





billyd1773dz wrote:
andy1800 wrote:agak2 ketawa ketahan agak2 kasian.... masa' seorang billy bisa kena problem kaya ginian.... :e-whistle:
balik ke ori aja lah bil ....pas dibongkar lg ganti ori itu ntar perhatikan dg seksama. tp jgn penasaran ya, ngikutin kata yg jual, dipangkas segala. pokoknya klo dari awal dah gak beres gitu akan lbh gede kemungkinan tetep gak akan ada beresnya mau diapa2in jg.
wkwkwk yeee gw juga manusia dunk.... hahaah :D jujur ajah gw g ngerti soal beginian dan bnyk hal lain yg g ngerti haha... :D bole donk nanya2.. haha :D

soalnya memang beberapa kopling, ada yang perlu ngeplak dulu.. gw pikir ya mungkin ini juga gtu... lagian sayang uda beli mahal mahal ga kepake.... harap harap aja ntarnya jadi enak. di akal2in biar enak gpp sieh, biar g dibuang sayang aja g kepake..... hehe

kejadiannya dri sebelum lebaran, waktu itu mw mudik, uda di putusin ganti yg ori lagi aja, eh puter2 semuanya kosong g ada yg nyetok kopling... hmmm

tp soal grip ni kopling memang bagus sih, dulu di gigi 4-5 selalu slip padahal masih bru kopling orinya waktu itu, gigi rendah klw nyusul nanjak slip juga.... skrng uda kaga..

mikir juga balik ke ori... rencananya mw coba pantekan dulu sih.. d boil yg satu lagi terbukti lebih bagus dri ori..

boil wirawiri kantor sih, jd g bisa sering2 nginep d bengkel :D tp ada bagus klw lg d tinggal di kantor.... yg make g bisa sembarangan orng, haha pasti bingung masukin giginya... hehehe

thx
:beer:
wkwkwk
oo jd gantinya krn faktor 'terpaksa' jg ya ....iya denger2 pas masa lebaran kemaren emang astra gila deh, stok onderdil byk banget yg kosong.

masalahnya ...klo experimen2 digini digitu.... ongkos bongkar pasangnya jd bengkak banyak bil...
tp klo di boil satunya dah terbukti, ya itu peluang/pertimbangan tersendiri.

tebak2 buah manggis sih yg plg mgkin problembanya ya ada di: matahari nya, sleeve dek laher nya, atau mmg canvas nya.
kdg ada kesalahan kecil pemasangan. cukup kecil, shg gak disadari, tp efeknya ga enak.
pernah ada temen di beres ford aja, evie 4x4 mt, pasang dek laher nya aja kita curiga tu kebalik....jalan datar sih gak notice, tp klo mulai nanjak, ngaco deh....begitu dbongkar lagi, mataharinya ancur.

klo masalah penyesuaian kanvas biasanya gak selama itu.
hmm kyanya gtu om.. semoga memang salah pasang, dan masih bisa di selamatkan... masih berharap koplingnya bisa di pke wkwkwk :D

wkwkw namanya penasaran om, haha trus klw pke ori kyanya percuma ntar slip juga, g tahan ngehandle powernya... :D tetep mesti cari jalan keluar lain.
klw aftermarket clucth yg rekomended apa yah merkny?



btw ipah d4d ajibb yah, irriitt pisan, full tank di tasik, terus kebandung puter-puter 2 hari, langsung ketasik lanjut ke jogja, masih ada 1/3 padahal kondisi kopling g beres dan g pke nyekolahin kaki wkwkwk :D irit ngacir....

MTnya aja nih, klw di upgred lngs slip . d tol cruise 100km rpmnya tinggi dan topspeed jg mentok 130an...

:beer:
Last edited by billyd1773dz on 09 Dec 2012, 20:48, edited 2 times in total.
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by billyd1773dz » 09 Dec 2012, 20:46

DOHC wrote:coba d bongkar lg aj om kopling set nya...

kalo sinkromes... dl di panther ane perna rusak, tp keluhan nya susah masuk gigi mau di rpm brapa aja, dan pas lg netral, kedengeran bunyi metal2 beradu kenceng banget...
iyah kyanya meti di buka lagi... :D

bener om, itu juga gw pikir bukan sinkromes, karna ini sih g ada suara gigi beradu gtu... hehe ;D

:beer:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by andy1800 » 10 Dec 2012, 00:56

billyd1773dz wrote:
andy1800 wrote:
DOHC wrote:apa jangan2 problem di bagian tuas perseneling nya yahh ?? bushing nya pecah gt ??
....
mestinya peluang itu kecil ya....soalnya kan di pedal jg berasa getar....trus ni problem muncul nya persis stlh diganti sm performance clucth tsb, bukan dr sebelumnya.
jd mmg nyaris bisa disimpulkan ini sumbernya dari si clutch
dari jalur hidrolik bisa jg sih...tp biasanya akibatnya gak segitunya...sulit jelasin akibat klo jalur hidroliknya masuk angin, tp agak beda deh.





billyd1773dz wrote: wkwkwk yeee gw juga manusia dunk.... hahaah :D jujur ajah gw g ngerti soal beginian dan bnyk hal lain yg g ngerti haha... :D bole donk nanya2.. haha :D

soalnya memang beberapa kopling, ada yang perlu ngeplak dulu.. gw pikir ya mungkin ini juga gtu... lagian sayang uda beli mahal mahal ga kepake.... harap harap aja ntarnya jadi enak. di akal2in biar enak gpp sieh, biar g dibuang sayang aja g kepake..... hehe

kejadiannya dri sebelum lebaran, waktu itu mw mudik, uda di putusin ganti yg ori lagi aja, eh puter2 semuanya kosong g ada yg nyetok kopling... hmmm

tp soal grip ni kopling memang bagus sih, dulu di gigi 4-5 selalu slip padahal masih bru kopling orinya waktu itu, gigi rendah klw nyusul nanjak slip juga.... skrng uda kaga..

mikir juga balik ke ori... rencananya mw coba pantekan dulu sih.. d boil yg satu lagi terbukti lebih bagus dri ori..

boil wirawiri kantor sih, jd g bisa sering2 nginep d bengkel :D tp ada bagus klw lg d tinggal di kantor.... yg make g bisa sembarangan orng, haha pasti bingung masukin giginya... hehehe

thx
:beer:
wkwkwk
oo jd gantinya krn faktor 'terpaksa' jg ya ....iya denger2 pas masa lebaran kemaren emang astra gila deh, stok onderdil byk banget yg kosong.

masalahnya ...klo experimen2 digini digitu.... ongkos bongkar pasangnya jd bengkak banyak bil...
tp klo di boil satunya dah terbukti, ya itu peluang/pertimbangan tersendiri.

tebak2 buah manggis sih yg plg mgkin problembanya ya ada di: matahari nya, sleeve dek laher nya, atau mmg canvas nya.
kdg ada kesalahan kecil pemasangan. cukup kecil, shg gak disadari, tp efeknya ga enak.
pernah ada temen di beres ford aja, evie 4x4 mt, pasang dek laher nya aja kita curiga tu kebalik....jalan datar sih gak notice, tp klo mulai nanjak, ngaco deh....begitu dbongkar lagi, mataharinya ancur.

klo masalah penyesuaian kanvas biasanya gak selama itu.
hmm kyanya gtu om.. semoga memang salah pasang, dan masih bisa di selamatkan... masih berharap koplingnya bisa di pke wkwkwk :D

wkwkw namanya penasaran om, haha trus klw pke ori kyanya percuma ntar slip juga, g tahan ngehandle powernya... :D tetep mesti cari jalan keluar lain.
klw aftermarket clucth yg rekomended apa yah merkny?



btw ipah d4d ajibb yah, irriitt pisan, full tank di tasik, terus kebandung puter-puter 2 hari, langsung ketasik lanjut ke jogja, masih ada 1/3 padahal kondisi kopling g beres dan g pke nyekolahin kaki wkwkwk :D irit ngacir....

MTnya aja nih, klw di upgred lngs slip . d tol cruise 100km rpmnya tinggi dan topspeed jg mentok 130an...

:beer:
penasaran emang penyakit deh ...ujung2nya biaya bengkak wkwkwk
pokoknya gw dah nasehatin ya bil, berhentilah penasaran! wkwkk mana bisa... ...tp klo nekat juga, tanggung ndiri akibatnya yah wkwkwk

gw termasuk beruntung, dulu 4-5x bongkar pasang ndiri plat kopling, mulus2 aja...langsung tune-in, lsg jreng, n sukses ses ses... koplingnya gak perlu penyesuaian2 dulu. pdhl special tool nya yaitu centering-bush nya itu, cuma bikin ndiri ....pakai pipa yg ditambahin balut2 pakai kertas biasa. wkwkwk



keunggulan boyota mmg mana pernah di urusan topspeed...
klo land rover punya slogan 4xFAR..... nah boyota mirip2 dah: 2xFAAAAARRRRRR ....wkwkwk
:beer:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by billyd1773dz » 10 Dec 2012, 09:45

andy1800 wrote:[
penasaran emang penyakit deh ...ujung2nya biaya bengkak wkwkwk
pokoknya gw dah nasehatin ya bil, berhentilah penasaran! wkwkk mana bisa... ...tp klo nekat juga, tanggung ndiri akibatnya yah wkwkwk

gw termasuk beruntung, dulu 4-5x bongkar pasang ndiri plat kopling, mulus2 aja...langsung tune-in, lsg jreng, n sukses ses ses... koplingnya gak perlu penyesuaian2 dulu. pdhl special tool nya yaitu centering-bush nya itu, cuma bikin ndiri ....pakai pipa yg ditambahin balut2 pakai kertas biasa. wkwkwk



keunggulan boyota mmg mana pernah di urusan topspeed...
klo land rover punya slogan 4xFAR..... nah boyota mirip2 dah: 2xFAAAAARRRRRR ....wkwkwk
:beer:
klw alternatif clutch apa y om? kyanya g bisa deh balik ke ori sih.... klw clucthnya hilux tu sama g sih ama ipah?

hahah namanya jg modip............. pasang piggy ini itu, tenaga bisa naik menggila... tp ada aja yg mesti di korbanin hahaha :D muncul masalah lain wkwk :D

:beer:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by andy1800 » 10 Dec 2012, 19:46

billyd1773dz wrote: klw alternatif clutch apa y om? kyanya g bisa deh balik ke ori sih.... klw clucthnya hilux tu sama g sih ama ipah?
wah sori bil, gw blank kalo urusan aftermarket :big_peace:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

DICHY_21
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 02 Feb 2013, 23:23

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by DICHY_21 » 02 Feb 2013, 23:45

Permisi....Numpang nanya Master2 sekalian...., maaf kalo re post... :big_peace:

Saya lagi sngat amat bingung....mo beli ipah bensin or diesel...??? :e-think:

dana cukup buat yg seken taon 2010....

Mohon PENCERAHANNYA suhu2 sekalian..... :off_good:

Teng Kyu.... :mrgreen:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17724
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by Turboman » 03 Feb 2013, 01:33

DICHY_21 wrote:Permisi....Numpang nanya Master2 sekalian...., maaf kalo re post... :big_peace:

Saya lagi sngat amat bingung....mo beli ipah bensin or diesel...??? :e-think:
nyetir sendiri atau pakai supir ?

DICHY_21
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 02 Feb 2013, 23:23

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Post by DICHY_21 » 03 Feb 2013, 11:06

Turboman wrote:
DICHY_21 wrote:Permisi....Numpang nanya Master2 sekalian...., maaf kalo re post... :big_peace:

Saya lagi sngat amat bingung....mo beli ipah bensin or diesel...??? :e-think:
nyetir sendiri atau pakai supir ?
Nyetir sendiri, buat ke kantor n jalan2 ma keluarga... :off_man: :off_woman:

truz denger2 yg diesel (m/t) top speednya cm 140 kpj??? :ngacir:
kalo yg bensin kalo minum premium engine suka menggelitik???, beener gak tuh mas turbo.... :capede:
dana cukup buat diesel/gasoline seken yg taon 2010....
Mohon Pencerahannya.... Teng Kyu... :thanks:

Post Reply