Page 1 of 10

Meningkatkan kinerja Innova

Posted: Wed Apr 18, 2007 7:47
by Turboman
Pertama tama saya menulis Thread ini bukanlah karena saya orang yg berkepentingan dengan merek ybs., tetapi hanya sekedar sharing yg siapa tahu berguna bagi pemilik mobil yg dimaksud.

Utk Innova VVT-i 2.0 gasoline :

Engine :

Light tuning :
1. Tuning TPS (DC 50 rb.)
2. Poles TB (Throttle Body) (DC 50 rb.)
3. Tuning MAP sensor, dengan memasang filter kecil pada selang vacuum MAP sensor. (DC = harga filter kecilnya)
4. JFC air filter (DC 250 rb.)

Advanced tuning :
1. Kansai exhaust system, dmana dameter exhaust pipe diturunkan dr 2,5" menjadi 2,25" utk memperbaiki pumping power pada RPM rendah. (DC sekitar 2,2 jt.di SAKI)
2. Max. 2A, utk menyelaraskan pola aliran udara pada intake manifold. (DC sekitar 1,6 jt.)


Percobaan di atas sudah terbukti memperbaiki pumping power pada RPM rendah dan membuat kons. BBM sedikit lebih baik.


Suspension (berlaku genral baik VVT-i maupun D4 D) :
Coil spring suspensi belakang yang renggang2 memgakibatkan bantingan agak kaku terutama bila mobil dibebani scr ringan.

Solusinya adalah menggantinya dengan per Mercedes W123 (Tiger) yaitu per depan Tiger utk suspensi belakang Innova, dimana diameter per Tiger sama persis dengan per blkg Ipah, hanya harus dipotong 1,5 - 2 ulir agar ketinggian bag belakang Ipah tetap sama. (DC Rp. 650 rb.)

Maka kenyamanan si Ipah langsung terasa "naik kelas". Test di tol yg permukaannya kurang smooth spt Cipularang / T.B. Simatupang sangat terasa bedanya.


End of part one.

Posted: Wed Apr 18, 2007 7:54
by uch
Bos, kira2 "hepeng" ya berapa tuh semua nya..?

Posted: Wed Apr 18, 2007 8:24
by Sithlord
Bung Turboman, anda memang pintar. Anda benar ngerti teknis mobil... Saya malah orang awam dalam hal teknis mesin dalam. Cuman tau simple seperti piston, crankshaft etc....


Nanti mudah mudahan anda bisa bantu pemilik Livina meningkatkan performa mobil mereka lebih dashyat lagi.... Dengar mesin HR dan MR punya aftermarket kit yang bisa boost power lebih gila lagi...

Posted: Wed Apr 18, 2007 9:53
by Turboman
Utk light tuning juga sudah ernah diaplikasikan di mesin X-Trail, yaitu poles Throttle Body saja, berhubung X-Trail nggak pakai TPS spt 1 TR-FE.

Hasilnya cukup sukses.

Posted: Wed Apr 18, 2007 12:00
by abdoel
P. Turboman,

memangnya innova Vvti pake MAP sensor ?
apa bukan MAF (Mass Air Flow) sensor ?

salam,
abdoel

Posted: Wed Apr 18, 2007 12:46
by datsu
oom Turboman.. kalo light tuning buat Vios ada gak yah? udah mulai kerasa kurang bertenaga nii? abis terakhir carbon clean 20ribu KM yang lalu.. :D

Posted: Wed Apr 18, 2007 12:50
by frontier
Bung Turboman, tolong dong.. masuk ke thread "modif jazz disini tempatnya".... kasih kita2 masukan apa aja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa Jazz VTEC ataupun iDSI.... Trims !!!

Posted: Wed Apr 18, 2007 16:52
by Turboman
datsu wrote:oom Turboman.. kalo light tuning buat Vios ada gak yah? udah mulai kerasa kurang bertenaga nii? abis terakhir carbon clean 20ribu KM yang lalu.. :D
Wah kebetulan sekali oom datsu, utk light tuning Vios merp. salah 1 mobil yg berhasil.

Coba kontak oom Andreas - Phoenix di 0818763649

Posted: Wed Apr 18, 2007 16:57
by Turboman
frontier wrote:Bung Turboman, tolong dong.. masuk ke thread "modif jazz disini tempatnya".... kasih kita2 masukan apa aja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa Jazz VTEC ataupun iDSI.... Trims !!!
Utk Jazz & Fit pakarnya kalau nggak salah yg namanya pak Rudy dr RS atau Lestari Motor yach ?

saya juga baru dengar, karena ada 1 rekan yg mau tuning Jazz-nya, nanti kalau udah berhasil saya juga mau dengar sharing beliau.

Posted: Wed Apr 18, 2007 18:08
by satyr
kalo untuk corolla 1800 ada tuning apa bos?

Posted: Thu Apr 19, 2007 6:47
by datsu
Turboman wrote:
datsu wrote:oom Turboman.. kalo light tuning buat Vios ada gak yah? udah mulai kerasa kurang bertenaga nii? abis terakhir carbon clean 20ribu KM yang lalu.. :D
Wah kebetulan sekali oom datsu, utk light tuning Vios merp. salah 1 mobil yg berhasil.

Coba kontak oom Andreas - Phoenix di 0818763649
Sip sip.. thanx oom Turboman.. nanti tak kontak.. :p

Posted: Thu Apr 19, 2007 7:10
by frontier
Turboman wrote:
frontier wrote:Bung Turboman, tolong dong.. masuk ke thread "modif jazz disini tempatnya".... kasih kita2 masukan apa aja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa Jazz VTEC ataupun iDSI.... Trims !!!
Utk Jazz & Fit pakarnya kalau nggak salah yg namanya pak Rudy dr RS atau Lestari Motor yach ?

saya juga baru dengar, karena ada 1 rekan yg mau tuning Jazz-nya, nanti kalau udah berhasil saya juga mau dengar sharing beliau.
Thanx infonya.... saya tunggu hsl tuning Jazz Lestari Motor... kalo perlu, untuk komparasi, kita test rame2 antara mobil hasil tuning LM, Jeskoneng dan mobil Jazz standar pabrik (sama2 VTEC matic/manual).... mohon Pak Turboman bersedia mengaturnya, jika perlu dengan vericom (pinjam punya siapa ya ?)

Posted: Thu Apr 19, 2007 7:42
by Turboman
Ini ada no telpon Lestari Motor (021) 7388 1481

Paketnya modif intake / stel klep / tune up Jazz Rp. 500 rb. (katanya).

Ok next back to Innova again, sesuai thread.

Posted: Thu Apr 19, 2007 9:54
by msm
Pak Turbo mau tanya nih
TPS itu singkatan apa?
Apakah Throttle Position Sensor?
MAP?

Pak Turbo kalo misalnya diameter pipa knalpot dibesarin bukannya lebih menambah power untuk high rpm-nya?
Thanks.

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Posted: Thu Apr 19, 2007 10:03
by diesel
Suspension (berlaku genral baik VVT-i maupun D4 D) :
Coil spring suspensi belakang yang renggang2 memgakibatkan bantingan agak kaku terutama bila mobil dibebani scr ringan.

Solusinya adalah menggantinya dengan per Mercedes W123 (Tiger) yaitu per depan Tiger utk suspensi belakang Innova, dimana diameter per Tiger sama persis dengan per blkg Ipah, hanya harus dipotong 1,5 - 2 ulir agar ketinggian bag belakang Ipah tetap sama. (DC Rp. 650 rb.)
Pak, bisa dipasang/beli dimana ? Maksudnya yang udah ready begitu, jadi kita tinggal bayar dan nikmatin aja. Ngak kudu harus renov sendiri. :lol:
Thanks

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Posted: Thu Apr 19, 2007 10:15
by Turboman
diesel wrote:
Solusinya adalah menggantinya dengan per Mercedes W123 (Tiger) yaitu per depan Tiger utk suspensi belakang Innova, dimana diameter per Tiger sama persis dengan per blkg Ipah, hanya harus dipotong 1,5 - 2 ulir agar ketinggian bag belakang Ipah tetap sama. (DC Rp. 650 rb.)
Pak, bisa dipasang/beli dimana ? Maksudnya yang udah ready begitu, jadi kita tinggal bayar dan nikmatin aja. Ngak kudu harus renov sendiri. :lol:
Thanks

Cahaya - DTMF (Dutamas Patmawati)

9021) 72793677

Posted: Thu Apr 19, 2007 13:25
by Good_boy86
@turboman
gw mau nanya nih...
untuk innova diesel, "racun" yang perlu ditambahkan untuk solarnya ada ga??
misal yang untuk bersiin injector, tapi obatnya dimasukin ke tangki bbm nya.. :lol:
thanks

Posted: Thu Apr 19, 2007 16:42
by Turboman
msm wrote:Pak Turbo mau tanya nih
TPS itu singkatan apa?
Apakah Throttle Position Sensor?
MAP?

Pak Turbo kalo misalnya diameter pipa knalpot dibesarin bukannya lebih menambah power untuk high rpm-nya?
Thanks.
MAP iya.

Mesin 1 TR-FE dengan cc 2000 dan 136 bhp diberi pipa exhaust 2,5" kebesaran, sebabnya kenapa nah ada penjelasan lengkap di thread posisi kenalpot pengaruh nggak, posting2 Prof. Penyuturbo.

Dikasi pipa 2,25" lebih enak, pumping power RPM rendah improve, paketnya di SAKI ada, mungkin skg tempat2 lain juga ada yg bikin.

Posted: Thu Apr 19, 2007 16:45
by Turboman
Good_boy86 wrote:@turboman
gw mau nanya nih...
untuk innova diesel, "racun" yang perlu ditambahkan untuk solarnya ada ga??
misal yang untuk bersiin injector, tapi obatnya dimasukin ke tangki bbm nya.. :lol:
thanks
Obat yg paling enak saat ini : Amsoil ADF.

Ketika dicampur efeknya spt Redline CFSC di mesin gasoline, 2 - 3 hari pertama mesin kadang2 ada sedikit getar saat stasioner, cleaning agent bekerja, lewat itu tarikan lebih galak ! Terutama RPM rendahnya..........asik deh pokoke :mrgreen:

Posted: Fri Apr 20, 2007 0:44
by abdoel
Turboman wrote:
msm wrote:Pak Turbo mau tanya nih
TPS itu singkatan apa?
Apakah Throttle Position Sensor?
MAP?

Pak Turbo kalo misalnya diameter pipa knalpot dibesarin bukannya lebih menambah power untuk high rpm-nya?
Thanks.
MAP iya.

Mesin 1 TR-FE dengan cc 2000 dan 136 bhp diberi pipa exhaust 2,5" kebesaran, sebabnya kenapa nah ada penjelasan lengkap di thread posisi kenalpot pengaruh nggak, posting2 Prof. Penyuturbo.

Dikasi pipa 2,25" lebih enak, pumping power RPM rendah improve, paketnya di SAKI ada, mungkin skg tempat2 lain juga ada yg bikin.
Pak Turbo,
kalo pake MAP sensor berarti harus ada selang vakum dari manifold menuju sensor MAP, terus letak selang vakum ini dimana ?
sedangkan sensor yg diatas box filter itu gak ada selangnya. dan dari manifold hanya ada selang yg ke booster rem.
mohon pencerahannya ?

Posted: Fri Apr 20, 2007 1:28
by Turboman
abdoel wrote:
Turboman wrote:
msm wrote:
.
Pak Turbo,
kalo pake MAP sensor berarti harus ada selang vakum dari manifold menuju sensor MAP, terus letak selang vakum ini dimana ?
sedangkan sensor yg diatas box filter itu gak ada selangnya. dan dari manifold hanya ada selang yg ke booster rem.
mohon pencerahannya ?

Nanti kalau kebetulan ketemu lagi ama pemilik mobilnya tak potoin deh.

Yup MAP sensor yg dihubungkan dengan selang vakum ke intake manifold, sedang sensor yg ada di atas box air filter itu adalah Air Temp. sensor. CMIIW

Utk selang MAP sensor aslinya selang polos menuju intake, modifikasinya dengan menambah filter kecil spt. pada selang MAP sensor di D4 D, utk detailnya bisa telp. ke Phoenix.

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Posted: Sun Apr 22, 2007 3:38
by chaos_loki
Turboman wrote: Utk Innova VVT-i 2.0 gasoline :

Engine :

Light tuning :
1. Tuning TPS (DC 50 rb.)
2. Poles TB (Throttle Body) (DC 50 rb.)
3. Tuning MAP sensor, dengan memasang filter kecil pada selang vacuum MAP sensor. (DC = harga filter kecilnya)
4. JFC air filter (DC 250 rb.)


Advanced tuning :
1. Kansai exhaust system, dmana dameter exhaust pipe diturunkan dr 2,5" menjadi 2,25" utk memperbaiki pumping power pada RPM rendah. (DC sekitar 2,2 jt.di SAKI)
2. Max. 2A, utk menyelaraskan pola aliran udara pada intake manifold. (DC sekitar 1,6 jt.)


Percobaan di atas sudah terbukti memperbaiki pumping power pada RPM rendah dan membuat kons. BBM sedikit lebih baik.

bung turbo tempat tuning tersebut dimana yah??kalo bisa kasih alamat lengkap sama contact numbernya trus biayanya brapa??berhubung saya punya innova bensin di rumah..

Latest update for 2.0 VVT-i 1 TR-FE

Posted: Sun Apr 22, 2007 3:48
by Turboman
Latest update for 2.0 VVT-i 1 TR-FE from Phoenix (in Trial) :

VVT-I: Pake busi X-Trail, produk asli jepang, lbh muahal..kyk-nya
cocok buat dalam kota/jarak tol dalam kota..moga2 krn ini nggak banyak
modif utk irit yg makan biaya..range angka lbh panas..LFR5A-11 mirip
ama yg di iridium LFR5AIX-11..mustinya nggak ada problem..aslinya
LFR6C-11..type agak dingin..cocok buat jalan jauh (long)..

VVT-I: MAF..dibagian tiang bagian yg menghadap ke arah saringan udara,
di coak utk mendapatkan respon yg cepat, krn VVT-I cenderung utk
lbh "nonjok" di rpm sekitar 2500 rpm...dgn di coak..mesin bereaksi
dari 1500rpm...


Demikian report

Re: Meningkatkan kinerja Innova

Posted: Sun Apr 22, 2007 4:01
by Turboman
chaos_loki wrote:
Turboman wrote: Utk Innova VVT-i 2.0 gasoline :

Engine :

Light tuning :
1. Tuning TPS (DC 50 rb.)
2. Poles TB (Throttle Body) (DC 50 rb.)
3. Tuning MAP sensor, dengan memasang filter kecil pada selang vacuum MAP sensor. (DC = harga filter kecilnya)
4. JFC air filter (DC 250 rb.)


Advanced tuning :
1. Kansai exhaust system, dmana dameter exhaust pipe diturunkan dr 2,5" menjadi 2,25" utk memperbaiki pumping power pada RPM rendah. (DC sekitar 2,2 jt.di SAKI)
2. Max. 2A, utk menyelaraskan pola aliran udara pada intake manifold. (DC sekitar 1,6 jt.)
bung turbo tempat tuning tersebut dimana yah??kalo bisa kasih alamat lengkap sama contact numbernya trus biayanya brapa??berhubung saya punya innova bensin di rumah..

Light tuning 1 - 3 di Phoenix 0818763649

JFC AF banyak yg jual, PMK, DTMF, dll.

Kansai exhaust system : Standard Adi Knalpot (SAKI) 021 6252934

Max. 2A di Bengkel Rizor Bintaro 02170173512

Efek2 yg terbukti didapat dengan advanced tuning :
1. Exhaust system : pumping power RPM rendah lebih baik, suara dengung ketika berakselerasi dapat diminimalisir scr signifikan, bbrp user melaporkan sedikit perbaikan kons. BBM.

2. Max. 2A memperbaiki akselerasi 0-100 km/jam minimal 1 - 1,5 detik lebih cepat. Percobaan di lapangan ada yg bisa mendapat perbaikan hingga 3 detik lebih, yg semula 20 detikan improve menjadi 16 detik something.

Posted: Sun Apr 22, 2007 14:35
by Smatic
Turboman wrote:
abdoel wrote:
Turboman wrote: .
Pak Turbo,
kalo pake MAP sensor berarti harus ada selang vakum dari manifold menuju sensor MAP, terus letak selang vakum ini dimana ?
sedangkan sensor yg diatas box filter itu gak ada selangnya. dan dari manifold hanya ada selang yg ke booster rem.
mohon pencerahannya ?

Nanti kalau kebetulan ketemu lagi ama pemilik mobilnya tak potoin deh.

Yup MAP sensor yg dihubungkan dengan selang vakum ke intake manifold, sedang sensor yg ada di atas box air filter itu adalah Air Temp. sensor. CMIIW

Utk selang MAP sensor aslinya selang polos menuju intake, modifikasinya dengan menambah filter kecil spt. pada selang MAP sensor di D4 D, utk detailnya bisa telp. ke Phoenix.
Bung Turboman,

Mesin Innova (1TR-FE) masih pake sensor MAF (Mass Air Flow) sebaiknya tidak pakai filter udara jenis "cotton-oiled" spt merk JFC ato K&N krn akan menyebabkan sensor MAF lebih mudah kotor (kontaminasi uap oli) shg ECU akan membaca "rich" & pemakaian bensin jadi lebih boros.
Utk membersihkan sensor MAF bisa pake alkohol ato spray khusus pembersih MAF spt merk "CFC" yg dijual di ACE ware.