Voxy saya boros.

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Voxy saya boros.

Post by kunaskun »

tesna wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 6:26
pendoli wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 6:00 Haha istri selalu setel AC paling rendah padahal ada climate control. Tapi daripada berantem yaudah terserah deh...
harus di edukasi istrinya, pelan2 nanti bisa kok. Istri sy jg begitu soalnya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

saya sih dulu juga selalu set mentok dingin, sampai suatu saat merantau ke negeri 4 musim dan ngerasain winter disana, dinginnya sampai nusuk tulangggg. Saya jadi sangat menghargai 24-25 derajat itu suhu yang sangat nyaman, ga terlalu dingin, ga terlalu panas. PAS sejukkkk

automatic climate control itu jg jd salah salah satu fitur yg wajib ada kl beli mobil. set aja 24 derajat, gitu mobil abis parkir kejemur matahari, anginnya lgs kenceng otomatis dan akan pelan2 turun ketika udah mendekati suhu target. Ga ada tuh yg namanya, eh gedein donk ac nya panas ni, eh kecilin dong ac nya.. dingin ni. Just set and forget, let the electronics do the work.
pernah baca soal climate control, biasanya manusia normal itu akan merasa sejuk nyaman ketika temperatur disekitarnya antara 22-28C (lupa angka tepatnya, tapi tengah2nya pas di 24C-26C makanya saya selalu set AC apapun di angka segini), dengan asumsi kelembaban ruangan 60-80%.

berapa kali ketemu org yg nyetir mobil climate control, yg ngomel AC Auto akan full blast pas pertama kali ON gitu. ngomel karena terganggu akibat tiupan awal akan panas dan berisik tiupan angin blower yang kenceng. jadi blower diset medium, temperature paling rendah, uda gitu aja terus sejak awal. katanya lebih cepet dingin (dan lebih cepat service AC jadinya) daripada Auto AC yang full blast di awal2.

ada lagi yg : AC Auto gitu ga dingin kalau ga setel suhu terendah, alhasil blower akan tiup kenceng terus karena set suhu yang mustahil tercapai di negara tropis, terus ujung2nya karena tiupan blower kenceng terus, di set manual lagi, set temperatur ke terendah dan blower disetel2 sendiri, lebih dingin dan lebih irit bensin katanya.

ya saya si iyain aja, karena ya dingin itu buat org beda2, ada yang jalan2 ke taman safari aja udah teriak dingin, ada yang ke negara pas autumn/mulai winter pake kaos doang dan kupluk biasa2 saja.

ada lagi yg: AC kalau diset Auto akan cepet rusak, karena blower naik turun sendiri kecepatannya. bengkel AC malah ada yang setuju juga. set AC paling bener itu temperatur paling rendah + blower medium/lowest. paling awet katanya. ya saya iyain aja, karena saya kan bukan mekanik ginian.
lemonadelovers wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 6:32 Ngomongin kompresor ac kenapa ya gak ada mobil ICE pake electeic compressor sukur2 pake inverter jg jd ga beban langsung ke mesin
hybrid/pure EV yang kaya gini AFAIK. kalau mobil biasa ya "rugi", karena ada yang bisa muterin kompressor langsung.
Last edited by kunaskun on Tue Oct 01, 2019 6:50, edited 1 time in total.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Voxy saya boros.

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 4:57
evanbngdor wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 4:19 Wah saya AC rumah selalu set 16 ya kalo lg musim hujan max 18 lah. AC 1PK, ukuran kamar 3,5 x 4 x 3,2 (PxLxT)
:mky_01:
hanya buang2 listrik saja, suhu segitu mustahil tercapai, kecuali AC tsb ditempatkan di ruangan yang fully sealed.
Memang ngga akan tercapai, tp setidaknya ngga keringetan kayak dipasang suhu di atas 20. Tidur keringetan mana enak Om
:mky_01:

AC mobil aja selalu saya pentokin paling dingin, blower minimal 2.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Voxy saya boros.

Post by evanbngdor »

tesna wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 6:26 harus di edukasi istrinya, pelan2 nanti bisa kok. Istri sy jg begitu soalnya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

saya sih dulu juga selalu set mentok dingin, sampai suatu saat merantau ke negeri 4 musim dan ngerasain winter disana, dinginnya sampai nusuk tulangggg. Saya jadi sangat menghargai 24-25 derajat itu suhu yang sangat nyaman, ga terlalu dingin, ga terlalu panas. PAS sejukkkk

automatic climate control itu jg jd salah salah satu fitur yg wajib ada kl beli mobil. set aja 24 derajat, gitu mobil abis parkir kejemur matahari, anginnya lgs kenceng otomatis dan akan pelan2 turun ketika udah mendekati suhu target. Ga ada tuh yg namanya, eh gedein donk ac nya panas ni, eh kecilin dong ac nya.. dingin ni. Just set and forget, let the electronics do the work.
Tergantung orangnya sih Om, kalo saya suhu 24 itu udah keringetan, perlu dibantu kipas minimal.

Pernah waktu itu ke bromo dini hari mau liat sunrise, yg lain pake jaket lengkap sama kupluk segala, saya cuma pake t-shirt, celana chino pendek, sama sepatu sandal. Sampe diliatin sama orang2
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Voxy saya boros.

Post by lemonadelovers »

kunaskun wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 6:40
lemonadelovers wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 6:32 Ngomongin kompresor ac kenapa ya gak ada mobil ICE pake electeic compressor sukur2 pake inverter jg jd ga beban langsung ke mesin
hybrid/pure EV yang kaya gini AFAIK. kalau mobil biasa ya "rugi", karena ada yang bisa muterin kompressor langsung.
Iya om kmrn liat di ebay ad yg jual kompressor ac ex nissan leaf cm dipake 1000miles mikirnya klo convert, listrik yang ke magnet clutch sambung ke relay buat hidupin kompresonya
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Voxy saya boros.

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 6:42 Memang ngga akan tercapai, tp setidaknya ngga keringetan kayak dipasang suhu di atas 20. Tidur keringetan mana enak Om
:mky_01:

AC mobil aja selalu saya pentokin paling dingin, blower minimal 2.
evanbngdor wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 6:48 Tergantung orangnya sih Om, kalo saya suhu 24 itu udah keringetan, perlu dibantu kipas minimal.

Pernah waktu itu ke bromo dini hari mau liat sunrise, yg lain pake jaket lengkap sama kupluk segala, saya cuma pake t-shirt, celana chino pendek, sama sepatu sandal. Sampe diliatin sama orang2
:mky_01:
kalau itu AC sehat dan bekerja normal, berarti ya bener anda golongan org yang tahan dingin. :mky_08:
lemonadelovers wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 6:48 Iya om kmrn liat di ebay ad yg jual kompressor ac ex nissan leaf cm dipake 1000miles mikirnya klo convert, listrik yang ke magnet clutch sambung ke relay buat hidupin kompresonya
kuat ga alternator mobil, dikasi beban sebesar itu? tebakan saya minimal 20-30A. karena start awal kompressor itu besar sekali, karena mesti "kompres" freon (biasanya mobil) dari tekanan rendah kisaran 30-40 psi sampai ke 209 psi, terus berjalan beberapa saat, setelah itu cut off, lalu ulang lagi siklus tsb.

kalau perhatikan kompresor kulkas rumah/AC rumahan yang sudah berumur, biasa akan terdengar start awal kompresor yang getarannya keras gitu. kadang ada yang sampe getar itu kulkas/outdoor AC-nya.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Voxy saya boros.

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 6:54 kalau itu AC sehat dan bekerja normal, berarti ya bener anda golongan org yang tahan dingin. :mky_08:
Ya itu permasalahannya kalo misal lg pergi bareng2 keluarga, ya harus ada yg berkorban siapa yang rela kepanasan atau siapa yang rela kedinginan, ujung2nya ya selalu saya yg rela kepanasan karena paling efeknya ya keringetan aja, drpd orang kedinginan malah lebih bahaya.
:big_dunno:

Waktu tidur jg sama, cuma kalo tidur masih bisa pake selimut tebel sih buat menghalau dingin
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Voxy saya boros.

Post by omenRoo »

masih lanjut ya? kalo dibilang boros, ada baiknya dibandingin dengan sesama user voxy. bisa sharing rata2 konsumsi bbm nya..
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Voxy saya boros.

Post by tesna »

kunaskun wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 6:40
pernah baca soal climate control, biasanya manusia normal itu akan merasa sejuk nyaman ketika temperatur disekitarnya antara 22-28C (lupa angka tepatnya, tapi tengah2nya pas di 24C-26C makanya saya selalu set AC apapun di angka segini), dengan asumsi kelembaban ruangan 60-80%.

berapa kali ketemu org yg nyetir mobil climate control, yg ngomel AC Auto akan full blast pas pertama kali ON gitu. ngomel karena terganggu akibat tiupan awal akan panas dan berisik tiupan angin blower yang kenceng. jadi blower diset medium, temperature paling rendah, uda gitu aja terus sejak awal. katanya lebih cepet dingin (dan lebih cepat service AC jadinya) daripada Auto AC yang full blast di awal2.

ada lagi yg : AC Auto gitu ga dingin kalau ga setel suhu terendah, alhasil blower akan tiup kenceng terus karena set suhu yang mustahil tercapai di negara tropis, terus ujung2nya karena tiupan blower kenceng terus, di set manual lagi, set temperatur ke terendah dan blower disetel2 sendiri, lebih dingin dan lebih irit bensin katanya.

ya saya si iyain aja, karena ya dingin itu buat org beda2, ada yang jalan2 ke taman safari aja udah teriak dingin, ada yang ke negara pas autumn/mulai winter pake kaos doang dan kupluk biasa2 saja.

ada lagi yg: AC kalau diset Auto akan cepet rusak, karena blower naik turun sendiri kecepatannya. bengkel AC malah ada yang setuju juga. set AC paling bener itu temperatur paling rendah + blower medium/lowest. paling awet katanya. ya saya iyain aja, karena saya kan bukan mekanik ginian.
ya memang sih tiap org beda2 pendapatnya, tp yha logikanya, kalau ada teknologi yang namaya automatic climate control, ngapain dijadiin manual climate control :P

soal keawetan: gue sejak tahun 2000 punya mobil yang ber automatic climate control (2 mobil yg berbeda, masinng2 mobil kira2 dipakai 10 tahun), 2-2 nya ga pernah mengalami kebocoran ac/ ganti kompressor sih. Sedangkan ada 1 mobil yg ac nya manual, udah ganti minta jajan ganti kompressor pas umur 5 tahun wkwkwkkw

soal irit: logikanya ya, suhu klo dibiarkan mentok lowest, apapun fanspeed nya, kompressor akan bekerja 100%. Sedangkan kalau di suhu macam 23-25 gitu kompressor akan berhenti bekerja (atau memelankan putaran kompressor pada ac tipe inverter) karena suhu yang dituju udah tercapai. Logikanya kan kompressor mati/pelan ngga membebani mesin, harusnya lebih irit dong.

Fan auto juga akan mempercepat suhu turun, otomatis kompressor akan lebih cepat mengurangi beban kalau suhu nya udah sampai. otomatis juga lebih irit bbm?

oh iya, tiap mobil juga beda2 sih.. tp most european, cbu japan, itu disetel 24 derajat udah cukup dingin dan nyaman buat gue. Tapi Innova yang lama, 22-23 baru dingin buat gue. Innova yg baru (reborn/ANKI) 24-25 cukup :)

evanbngdor wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 7:00
Ya itu permasalahannya kalo misal lg pergi bareng2 keluarga, ya harus ada yg berkorban siapa yang rela kepanasan atau siapa yang rela kedinginan, ujung2nya ya selalu saya yg rela kepanasan karena paling efeknya ya keringetan aja, drpd orang kedinginan malah lebih bahaya.
:big_dunno:

Waktu tidur jg sama, cuma kalo tidur masih bisa pake selimut tebel sih buat menghalau dingin
inilah kegunaan mobil automatic climate control dengan multiple zone mhahahaha

tp canggih juga ya di bromo bisa pake kaos doang. Trakhir gue ke bromo itu dapet 3 derajat... njir dingin buangetttttttttttt

PS: maap ya TS jadi ngalor ngidul gini topic nya :D
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Voxy saya boros.

Post by geofreyap »

sulthooon wrote: ↑Mon Sep 30, 2019 11:11
geofreyap wrote:Cek tekanan angin ban.

Cek kondisi filter udara.

Cek settingan AC Climate kontrolnya, karena sejauh ini dari pengalaman oe, banyak yg belum paham cara pakai AC Auto Climate Control begitu. Banyak banget yg suka setel suhu sampai 18Β°C, sama kaya kasusnya orang setel AC rumah juga begitu.

Cek juga apakah AC belakang nyala terus ? Kalau iya, settingan AC belakang sudah benar atau belum ?

Soal bensin, lebih enak pakai RON 95 keatas. Tenaga dapet, irit dapet.
Kalau tdk bisa, minimal RON 92.

Muatan bagaimana ?




CMIIW
:big_smile]
Bagi inpo setting climate control ac nya yg bener dong om
TemenΒ² di atas sudah menjawab tuh Om.
Kurang lebih seperti penjelasan temenΒ² di atas.
:mky_01:
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Voxy saya boros.

Post by evanbngdor »

tesna wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 9:59
evanbngdor wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 7:00
Ya itu permasalahannya kalo misal lg pergi bareng2 keluarga, ya harus ada yg berkorban siapa yang rela kepanasan atau siapa yang rela kedinginan, ujung2nya ya selalu saya yg rela kepanasan karena paling efeknya ya keringetan aja, drpd orang kedinginan malah lebih bahaya.
:big_dunno:

Waktu tidur jg sama, cuma kalo tidur masih bisa pake selimut tebel sih buat menghalau dingin
inilah kegunaan mobil automatic climate control dengan multiple zone mhahahaha

tp canggih juga ya di bromo bisa pake kaos doang. Trakhir gue ke bromo itu dapet 3 derajat... njir dingin buangetttttttttttt

PS: maap ya TS jadi ngalor ngidul gini topic nya :D
Untungnya saya lebih sering sendiri kalo di mobil, jd bisa enak nyetel suka2 haha.

Waktu itu saya ke bromo pas Desember sih, musim hujan, katanya sih lebih dingin pas musim kemarau di Bromo itu. Cuma ya mungkin tetep di bawah 10 derajat sih
:mky_01:

#makinOOT
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Voxy saya boros.

Post by kunaskun »

tesna wrote: ↑Tue Oct 01, 2019 9:59 ya memang sih tiap org beda2 pendapatnya, tp yha logikanya, kalau ada teknologi yang namaya automatic climate control, ngapain dijadiin manual climate control :P
ya begitulah manusia :mky_07:
soal keawetan: gue sejak tahun 2000 punya mobil yang ber automatic climate control (2 mobil yg berbeda, masinng2 mobil kira2 dipakai 10 tahun), 2-2 nya ga pernah mengalami kebocoran ac/ ganti kompressor sih. Sedangkan ada 1 mobil yg ac nya manual, udah ganti minta jajan ganti kompressor pas umur 5 tahun wkwkwkkw

soal irit: logikanya ya, suhu klo dibiarkan mentok lowest, apapun fanspeed nya, kompressor akan bekerja 100%. Sedangkan kalau di suhu macam 23-25 gitu kompressor akan berhenti bekerja (atau memelankan putaran kompressor pada ac tipe inverter) karena suhu yang dituju udah tercapai. Logikanya kan kompressor mati/pelan ngga membebani mesin, harusnya lebih irit dong.

Fan auto juga akan mempercepat suhu turun, otomatis kompressor akan lebih cepat mengurangi beban kalau suhu nya udah sampai. otomatis juga lebih irit bbm?
ya logika saya juga sama. tapi kata bengkel AC malah sebaliknya, karena kalau auto AC gitu, pas On kompressor langsung muter kencneg terus karena evap ga dingin2 akibat tiupan blower AC yang kenceng banget gitu = kompressor kerja terus2an sampe evap dingin. nah kalau di set blower terendah + ac paling dingin = kompressor kerjanya sebentar karena evap cepat dingin akibat tiupan fan pelan dari awal.

kalau suhu diset ga terdingin dan suhu tsb tercapai, kata bengkel AC: kompressor akan mati hidup berulang = cepet rusak, kalau set terdingin kompressor akan hidup terus, matinya jarang2 = ga cepet rusak. soal boros bensin ya cerita lain, katanya gitu. dan AC auto itu semacam taktik pabrikan aja biar ac cepet rusak = duit lagi [emo-yesno]

kalau konsumen indo yang baik si percaya bengkel AC pastinya, dan ngomel2 kalau pabrikan ga kasi AC Auto, ga kekinian katanya, padahal ga dipake juga :mky_07:
telytims
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Tue Dec 14, 2010 15:28
Location: jakarta
Daily Vehicle: scross

Re: Voxy saya boros.

Post by telytims »

Diisi pertalite... boros mah pantes. Wong pertamax aja mobil ini berat... enaknya ron 95.
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Voxy saya boros.

Post by whitehorse4 »

TS apakah sudah menemukan solusi?
qaz22
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Mar 15, 2015 8:22

Re: Voxy saya boros.

Post by qaz22 »

Warhorst wrote: ↑Sat Sep 21, 2019 2:05 Hi semua,

Sy baru ambil voxy beksa 2018. Tapi kalo liat di layar pemakaian bbm itu di 6.9L/1km.

Dan selama pamakain, perkiraan perjalanan 50km tapi garis bensin dari full turun ke setengah dengan perjalan dalam kota. Bbm pake pertalite.

Apakah itu nornal?

Kalo begitu, saya harus tune up dan cek apa aja ya?

Thanks
milik saya : 2019 july
Full to full pertamax
1L:8,5km to 1L : 9,8km tomang
Rute: sedyatmo/ tomang - kuningan.
Kalau sepi & lancar - untung2 potong kambing kalau 1:10,5
TOY nga pernah janji irit ya : kata suhu saya.
ericssons
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Aug 22, 2020 9:21
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: Toyota Voxy

Re: Voxy saya boros.

Post by ericssons »

Saya punya Voxy 2017 pertama kali launching. Tapi sejak 2017 sampai skrg sangat irit. Dalam kota 1 : 12. Dan luar kota jika pakai Cruise Control bisa 1 : 20. Dengan syarat max 80 Kmh.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Voxy saya boros.

Post by kompresorz »

qaz22 wrote: ↑Wed Mar 11, 2020 10:48
Warhorst wrote: ↑Sat Sep 21, 2019 2:05 Hi semua,

Sy baru ambil voxy beksa 2018. Tapi kalo liat di layar pemakaian bbm itu di 6.9L/1km.

Dan selama pamakain, perkiraan perjalanan 50km tapi garis bensin dari full turun ke setengah dengan perjalan dalam kota. Bbm pake pertalite.

Apakah itu nornal?

Kalo begitu, saya harus tune up dan cek apa aja ya?

Thanks
milik saya : 2019 july
Full to full pertamax
1L:8,5km to 1L : 9,8km tomang
Rute: sedyatmo/ tomang - kuningan.
Kalau sepi & lancar - untung2 potong kambing kalau 1:10,5
TOY nga pernah janji irit ya : kata suhu saya.

:big_biglaugh: ...


kalo gw yg bawa 1:8,5...



untung2 potong kambing....
DJanto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Dec 05, 2017 17:34

Re: Voxy saya boros.

Post by DJanto »

Boros ato tidak tergantung kaki kanan dulu sekolah dimana
telytims
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Tue Dec 14, 2010 15:28
Location: jakarta
Daily Vehicle: scross

Re: Voxy saya boros.

Post by telytims »

Voxy diisi pertalite kasiaan om..