Balik lg ke preferensi user Om, sebenernya kalo kita ngikutin anjuran servis menurut buku dan suatu saat dalam masa garansi itu ada kerusakan mesinnya, kita bisa nuntut karena kita full ngikutin anjuran dari produsen kan.Newmember2018 wrote: ↑15 Aug 2019, 17:37Kenapa jadi lumpur om? Coba aja cek di buku servisnya.
Ini orang bengkel lho yg bilang maksimal 10ribu atau 6 bulan. Bisa diliat di link ini
https://www.google.com/amp/s/www.gridot ... yang-cocok
Ane juga mobil merk lain dianjurinnya 10 ribu atau 6 bulan.
Atau jangan2 ada oknum SA yg ditarget jualan oli nih? Sama kayak oknum SA masukin macem-macem cairan cleaner ini itu. Nggak pake tanya tuh, main masukin aja. Kalau gak teliti bisa gede biaya servisnya karena ada tambahan beli macam-macam cairan.
Tapi kalau banyak duit ya sih silahkan aja mau ganti oli sesering mungkin ya gpp
Cuma mesti dilihat juga kualitas oli resmi dari merek tersebut bagaimana, mungkin secara label sih sama-sama full sintetik dengan viskositas sama, tapi kualitas masing-masing produsen oli pasti beda, ada harga pasti ada rupa. Spesifikasi jg pasti beda-beda
Biar lebih yakin coba oli habis pakai 10rb km itu dites di lab, dari situ bakal keliatan apakah oli yg dipake itu bisa dipake sampe 10rb km atau kurang atau bahkan mungkin bisa lanjut sampe 12rb km.
Kalau saya pribadi sih ngga telan mentah-mentah pandangan kalau dirawat teratur di bengkel resmi itu jaminan lebih baik drpd dirawat di non bengkel resmi, tergantung pengerjaan apa yg dilakukan dan cairan-cairan yg dipake.