Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by evanbngdor »

Newmember2018 wrote: 15 Aug 2019, 17:37
andyez86 wrote: 15 Aug 2019, 16:44
yaa semoga ga jd lumpur om oli nya...hehhhehee
Kenapa jadi lumpur om? Coba aja cek di buku servisnya.
Ini orang bengkel lho yg bilang maksimal 10ribu atau 6 bulan. Bisa diliat di link ini
https://www.google.com/amp/s/www.gridot ... yang-cocok

Ane juga mobil merk lain dianjurinnya 10 ribu atau 6 bulan.
Atau jangan2 ada oknum SA yg ditarget jualan oli nih? Sama kayak oknum SA masukin macem-macem cairan cleaner ini itu. Nggak pake tanya tuh, main masukin aja. Kalau gak teliti bisa gede biaya servisnya karena ada tambahan beli macam-macam cairan.
Tapi kalau banyak duit ya sih silahkan aja mau ganti oli sesering mungkin ya gpp :ngacir:
Balik lg ke preferensi user Om, sebenernya kalo kita ngikutin anjuran servis menurut buku dan suatu saat dalam masa garansi itu ada kerusakan mesinnya, kita bisa nuntut karena kita full ngikutin anjuran dari produsen kan.

Cuma mesti dilihat juga kualitas oli resmi dari merek tersebut bagaimana, mungkin secara label sih sama-sama full sintetik dengan viskositas sama, tapi kualitas masing-masing produsen oli pasti beda, ada harga pasti ada rupa. Spesifikasi jg pasti beda-beda

Biar lebih yakin coba oli habis pakai 10rb km itu dites di lab, dari situ bakal keliatan apakah oli yg dipake itu bisa dipake sampe 10rb km atau kurang atau bahkan mungkin bisa lanjut sampe 12rb km.

Kalau saya pribadi sih ngga telan mentah-mentah pandangan kalau dirawat teratur di bengkel resmi itu jaminan lebih baik drpd dirawat di non bengkel resmi, tergantung pengerjaan apa yg dilakukan dan cairan-cairan yg dipake.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by andyez86 »

Newmember2018 wrote: 15 Aug 2019, 17:37
andyez86 wrote: 15 Aug 2019, 16:44
Newmember2018 wrote: 13 Aug 2019, 17:45 Ngapain boros-boros ganti oli. Kalau di buku servis juga 10 ribu. SGo juga untuk 10 ribu kan. Ane juga juga awal pake sijuki dibilang SA nya suruh ganti 5ribu. Ane gak terima dan ane tunjukin di bukunya sampe ke website sijuki. Disitu tertulis 10ribu hehehe. SA bilang kalau dia cuma menganjurkan aja. Ane bilang menganjurkan kok spt wajib ngomongnya dan ane kejar lagi yg bener anda atau buku servis dan websote resmi? Akhirnya dia bilang sampe 10 ribu sesuai buku hahaha.
Intinya sih ikutin aja buku servis.
yaa semoga ga jd lumpur om oli nya...hehhhehee
Kenapa jadi lumpur om? Coba aja cek di buku servisnya.
Ini orang bengkel lho yg bilang maksimal 10ribu atau 6 bulan. Bisa diliat di link ini
https://www.google.com/amp/s/www.gridot ... yang-cocok

Ane juga mobil merk lain dianjurinnya 10 ribu atau 6 bulan.
Atau jangan2 ada oknum SA yg ditarget jualan oli nih? Sama kayak oknum SA masukin macem-macem cairan cleaner ini itu. Nggak pake tanya tuh, main masukin aja. Kalau gak teliti bisa gede biaya servisnya karena ada tambahan beli macam-macam cairan.
Tapi kalau banyak duit ya sih silahkan aja mau ganti oli sesering mungkin ya gpp :ngacir:
gini om...anjuran buku servis soal oli ga pernah saya ikuti sih...drpd mesin jebol di 80 apa 100rb km...kan udah diitung yg ky bgtu.....mbl bensin saya pakai oli full syn aja paling jln max 7500km / 10bln,klo ud 10bln biarpun baru jln 5000km ttp buang...yg diesel bs 10rb/8bln saya pake 7500km ato 6bln aja...internal mesin bersih semua....ga ada yg namanya sludge ato oli jd lumpur...saya sih lebih percaya sama hasil lab ya drpd acuan buku servis...tmn yg rutin servis di BeRes tiap 10rb km dan ganti oli 5000km aja ttp turun mesin koq....wkwkwkw
Newmember2018
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: 08 Dec 2018, 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ignis

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by Newmember2018 »

andyez86 wrote: 16 Aug 2019, 10:55
Newmember2018 wrote: 15 Aug 2019, 17:37
andyez86 wrote: 15 Aug 2019, 16:44

yaa semoga ga jd lumpur om oli nya...hehhhehee
Kenapa jadi lumpur om? Coba aja cek di buku servisnya.
Ini orang bengkel lho yg bilang maksimal 10ribu atau 6 bulan. Bisa diliat di link ini
https://www.google.com/amp/s/www.gridot ... yang-cocok

Ane juga mobil merk lain dianjurinnya 10 ribu atau 6 bulan.
Atau jangan2 ada oknum SA yg ditarget jualan oli nih? Sama kayak oknum SA masukin macem-macem cairan cleaner ini itu. Nggak pake tanya tuh, main masukin aja. Kalau gak teliti bisa gede biaya servisnya karena ada tambahan beli macam-macam cairan.
Tapi kalau banyak duit ya sih silahkan aja mau ganti oli sesering mungkin ya gpp :ngacir:
gini om...anjuran buku servis soal oli ga pernah saya ikuti sih...drpd mesin jebol di 80 apa 100rb km...kan udah diitung yg ky bgtu.....mbl bensin saya pakai oli full syn aja paling jln max 7500km / 10bln,klo ud 10bln biarpun baru jln 5000km ttp buang...yg diesel bs 10rb/8bln saya pake 7500km ato 6bln aja...internal mesin bersih semua....ga ada yg namanya sludge ato oli jd lumpur...saya sih lebih percaya sama hasil lab ya drpd acuan buku servis...tmn yg rutin servis di BeRes tiap 10rb km dan ganti oli 5000km aja ttp turun mesin koq....wkwkwkw
Kalau berhubungan dengan interval waktu setuju om.
Ane juga kalau sudah 6 bulan walaupun baru jalan 3000 km pasti ganti. Mungkin kalau full synthetic bisa.lebih panjang waktunya
Maksud ane ini si SA ngomongnya rekomendasi ganti oli 5rb km atau 3 bulan. Tapi begitu ditunjukin di buku dan website yg tertulis 10rb atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dulu, si SA bilang yg bener 10rb atau 6 bulan.
Jadi kesannya kok kayak ditarget jualan oli suruh ganti oli 3 bulan atau 5 ribu.
Mungkin ini kasus yg sama yg terjadi sama TS.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by Profith83 »

Menurut saya aturan 10rb km atau 6 bulan itu ada syarat/kondisi.

Apabila kondisinya sempurna maka bias 10rb atau 6 bulan. Kondisi sempurna itu :
- Tidak ada macet
- Kecepatan maximum 80 km/jam
- Jarang akselerasi
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by andyez86 »

Newmember2018 wrote: 16 Aug 2019, 14:09
andyez86 wrote: 16 Aug 2019, 10:55
Newmember2018 wrote: 15 Aug 2019, 17:37

Kenapa jadi lumpur om? Coba aja cek di buku servisnya.
Ini orang bengkel lho yg bilang maksimal 10ribu atau 6 bulan. Bisa diliat di link ini
https://www.google.com/amp/s/www.gridot ... yang-cocok

Ane juga mobil merk lain dianjurinnya 10 ribu atau 6 bulan.
Atau jangan2 ada oknum SA yg ditarget jualan oli nih? Sama kayak oknum SA masukin macem-macem cairan cleaner ini itu. Nggak pake tanya tuh, main masukin aja. Kalau gak teliti bisa gede biaya servisnya karena ada tambahan beli macam-macam cairan.
Tapi kalau banyak duit ya sih silahkan aja mau ganti oli sesering mungkin ya gpp :ngacir:
gini om...anjuran buku servis soal oli ga pernah saya ikuti sih...drpd mesin jebol di 80 apa 100rb km...kan udah diitung yg ky bgtu.....mbl bensin saya pakai oli full syn aja paling jln max 7500km / 10bln,klo ud 10bln biarpun baru jln 5000km ttp buang...yg diesel bs 10rb/8bln saya pake 7500km ato 6bln aja...internal mesin bersih semua....ga ada yg namanya sludge ato oli jd lumpur...saya sih lebih percaya sama hasil lab ya drpd acuan buku servis...tmn yg rutin servis di BeRes tiap 10rb km dan ganti oli 5000km aja ttp turun mesin koq....wkwkwkw
Kalau berhubungan dengan interval waktu setuju om.
Ane juga kalau sudah 6 bulan walaupun baru jalan 3000 km pasti ganti. Mungkin kalau full synthetic bisa.lebih panjang waktunya
Maksud ane ini si SA ngomongnya rekomendasi ganti oli 5rb km atau 3 bulan. Tapi begitu ditunjukin di buku dan website yg tertulis 10rb atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dulu, si SA bilang yg bener 10rb atau 6 bulan.
Jadi kesannya kok kayak ditarget jualan oli suruh ganti oli 3 bulan atau 5 ribu.
Mungkin ini kasus yg sama yg terjadi sama TS.
iya lah pasti di target jualan oli SA nya...dmna2 jg gt om....ud jadi hal umum itu....hhahaha....klo target jualan oli nya tercapai nnti dia dpt bonus kan....
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by andyez86 »

Profith83 wrote: 16 Aug 2019, 16:45 Menurut saya aturan 10rb km atau 6 bulan itu ada syarat/kondisi.

Apabila kondisinya sempurna maka bias 10rb atau 6 bulan. Kondisi sempurna itu :
- Tidak ada macet
- Kecepatan maximum 80 km/jam
- Jarang akselerasi
nahhh...kebetulan kmren abis ganti oli mbl sienta matic..pakai selama 5000an km aja krn jarang pakai selama 10bln..pas dikeluarkan oli nya ud parahhh......item bgt+bau gosong...akhrnya kmren gelontor sdkit oli baru dlu sblm oli pengganti diisikan
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by devin96 »

Menurut saya sih ganti 10 rb km/6 bulan sesuai anjuran buku service sih gpp om. Oli full sintetik dibuat supaya bisa jangka penggantian oli-nya lebih lama jadi lebih ramah lingkungan. Saya sendiri pake oli TMO 10w/40 semi syn di fortuner bensin 2007 selalu ganti oli per 10 rb km, yang di tempuh selama 2 tahun karena mobil jarang pake (yg ini jgn di tiru hehe). So far aman2 aja sih gapernah ada masalah nge-sludge, mesin kasar atau apapun. Pernah dlu ganti seal cover klep, pas saya lihat daleman mesin-nya juga bersih2 aja dan gapernah pake2 engine flush maupun oil additive.

Kalo dari toyota sendiri sih memang apapun oli-nya diganti tiap 10 rb km, jadi saya ikutin aja. Pas udh keluar service dari BeRes toyota, saya ganti oli tetap setia dengan TMO 10w/40 semi syn yg saya dapatkan di Toda dan disarankan ganti per 5 rb km. Tapi saya hiraukan dan tetap ganti per 10 rb km dan aman2 saja sampai skrg. Menurut saya yang terpenting adalah oli-nya ASLI dan sesuai dengan spesifikasi mesin. Ini berdasarkan pengalaman saya loh ya hehe
User avatar
Slowslowglow
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: 13 Aug 2019, 10:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by Slowslowglow »

devin96 wrote: 20 Sep 2019, 22:50 Menurut saya sih ganti 10 rb km/6 bulan sesuai anjuran buku service sih gpp om. Oli full sintetik dibuat supaya bisa jangka penggantian oli-nya lebih lama jadi lebih ramah lingkungan. Saya sendiri pake oli TMO 10w/40 semi syn di fortuner bensin 2007 selalu ganti oli per 10 rb km, yang di tempuh selama 2 tahun karena mobil jarang pake (yg ini jgn di tiru hehe). So far aman2 aja sih gapernah ada masalah nge-sludge, mesin kasar atau apapun. Pernah dlu ganti seal cover klep, pas saya lihat daleman mesin-nya juga bersih2 aja dan gapernah pake2 engine flush maupun oil additive.

Kalo dari toyota sendiri sih memang apapun oli-nya diganti tiap 10 rb km, jadi saya ikutin aja. Pas udh keluar service dari BeRes toyota, saya ganti oli tetap setia dengan TMO 10w/40 semi syn yg saya dapatkan di Toda dan disarankan ganti per 5 rb km. Tapi saya hiraukan dan tetap ganti per 10 rb km dan aman2 saja sampai skrg. Menurut saya yang terpenting adalah oli-nya ASLI dan sesuai dengan spesifikasi mesin. Ini berdasarkan pengalaman saya loh ya hehe
Oli rekomendasi Ertiga 2019 selain SGO apa ya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by Suryaputra »

Profith83 wrote: 16 Aug 2019, 16:45 Menurut saya aturan 10rb km atau 6 bulan itu ada syarat/kondisi.

Apabila kondisinya sempurna maka bias 10rb atau 6 bulan. Kondisi sempurna itu :
- Tidak ada macet
- Kecepatan maximum 80 km/jam
- Jarang akselerasi
Iya, klo liat manual book lio ada keterangan lengkap tentang kondisi berat sbb:
- berkendara rutin kurang dari 8km per hari
- stop & go
- iklim tropis dan berdebu (ini sih indonesia banget)
ganti tiap 6bln / 5rb km (dgn catatan pakai oli bawaan beres honda).

klo olinya di luar beres & lbh bagus, ya bisa lebih lah.


Slowslowglow wrote: 26 Sep 2019, 21:05 Oli rekomendasi Ertiga 2019 selain SGO apa ya
di Manual book, rentang SAE bolehnya brp om ?

biasanya klo mobil2 jepang kebanyakan dr 0w20 ~ 10w30
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by devin96 »

Slowslowglow wrote: 26 Sep 2019, 21:05
devin96 wrote: 20 Sep 2019, 22:50 Menurut saya sih ganti 10 rb km/6 bulan sesuai anjuran buku service sih gpp om. Oli full sintetik dibuat supaya bisa jangka penggantian oli-nya lebih lama jadi lebih ramah lingkungan. Saya sendiri pake oli TMO 10w/40 semi syn di fortuner bensin 2007 selalu ganti oli per 10 rb km, yang di tempuh selama 2 tahun karena mobil jarang pake (yg ini jgn di tiru hehe). So far aman2 aja sih gapernah ada masalah nge-sludge, mesin kasar atau apapun. Pernah dlu ganti seal cover klep, pas saya lihat daleman mesin-nya juga bersih2 aja dan gapernah pake2 engine flush maupun oil additive.

Kalo dari toyota sendiri sih memang apapun oli-nya diganti tiap 10 rb km, jadi saya ikutin aja. Pas udh keluar service dari BeRes toyota, saya ganti oli tetap setia dengan TMO 10w/40 semi syn yg saya dapatkan di Toda dan disarankan ganti per 5 rb km. Tapi saya hiraukan dan tetap ganti per 10 rb km dan aman2 saja sampai skrg. Menurut saya yang terpenting adalah oli-nya ASLI dan sesuai dengan spesifikasi mesin. Ini berdasarkan pengalaman saya loh ya hehe
Oli rekomendasi Ertiga 2019 selain SGO apa ya
Menurut saya sih merk bsa apa aja yang penting ASLI dan spesifikasi sesuai. Menurut saya spesifikasi mobil2 baru cocok pake 5w/30, kalo 0w/20 terlalu encer karena iklim yg panas tkt bikin nguap. Merk bsa apa aja seperti liqui moly, AMS, royal purple, PTT, Pertamina, Shell, Castrol dll, sesuaikan saja dengan budget hehe
Edgar
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 16 Nov 2019, 21:40

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by Edgar »

Pengalaman dulu pake onl ngikutin service tiap 10rb , oli resmi, odo 70rb km ad sludge ,

Sekarang miara neng erti tiap 5000 /3 bulan uda ganti
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by ZEXELGRIFONE »

Suryaputra wrote: 26 Sep 2019, 22:13
Profith83 wrote: 16 Aug 2019, 16:45 Menurut saya aturan 10rb km atau 6 bulan itu ada syarat/kondisi.

Apabila kondisinya sempurna maka bias 10rb atau 6 bulan. Kondisi sempurna itu :
- Tidak ada macet
- Kecepatan maximum 80 km/jam
- Jarang akselerasi
Iya, klo liat manual book lio ada keterangan lengkap tentang kondisi berat sbb:
- berkendara rutin kurang dari 8km per hari
- stop & go
- iklim tropis dan berdebu (ini sih indonesia banget)
ganti tiap 6bln / 5rb km (dgn catatan pakai oli bawaan beres honda).

klo olinya di luar beres & lbh bagus, ya bisa lebih lah.


Slowslowglow wrote: 26 Sep 2019, 21:05 Oli rekomendasi Ertiga 2019 selain SGO apa ya
di Manual book, rentang SAE bolehnya brp om ?

biasanya klo mobil2 jepang kebanyakan dr 0w20 ~ 10w30
Nanya om..
Klo lewat 6 bulan tapi kilometer oli baru di 2500an km.
Oli mesin aman kah?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by rendr »

Olinya yg ga kuat nyampe 10rb km om... Kecuali SGO diesel Acea A5/B5 mungkin msh bisa

Wong saya test lab jalan 4800 km/4 bulan di scross TBN udh kritis

Hasil test lab nya udh pernah saya upload di trit sebelah
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: 01 Mar 2018, 13:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by Boeds »

Saya jarang sekali pakai sgo sampai 10rb. Mungkin kalopun pernah, hanya sekali saja seingat sy. Biasa kalo rajin di 5rb km kalo males di 7rb an km.

Skrg di 107rb km, mesinnya masih sangat halus, apalagi skrg lagi pake amsoil signature 0w30.. lebih halus lagi.
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 23 Oct 2016, 22:48

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by Ivano »

Newmember2018 wrote:
andyez86 wrote: 16 Aug 2019, 10:55
Newmember2018 wrote: 15 Aug 2019, 17:37 Kenapa jadi lumpur om? Coba aja cek di buku servisnya.
Ini orang bengkel lho yg bilang maksimal 10ribu atau 6 bulan. Bisa diliat di link ini
https://www.google.com/amp/s/www.gridot ... yang-cocok

Ane juga mobil merk lain dianjurinnya 10 ribu atau 6 bulan.
Atau jangan2 ada oknum SA yg ditarget jualan oli nih? Sama kayak oknum SA masukin macem-macem cairan cleaner ini itu. Nggak pake tanya tuh, main masukin aja. Kalau gak teliti bisa gede biaya servisnya karena ada tambahan beli macam-macam cairan.
Tapi kalau banyak duit ya sih silahkan aja mau ganti oli sesering mungkin ya gpp :ngacir:
gini om...anjuran buku servis soal oli ga pernah saya ikuti sih...drpd mesin jebol di 80 apa 100rb km...kan udah diitung yg ky bgtu.....mbl bensin saya pakai oli full syn aja paling jln max 7500km / 10bln,klo ud 10bln biarpun baru jln 5000km ttp buang...yg diesel bs 10rb/8bln saya pake 7500km ato 6bln aja...internal mesin bersih semua....ga ada yg namanya sludge ato oli jd lumpur...saya sih lebih percaya sama hasil lab ya drpd acuan buku servis...tmn yg rutin servis di BeRes tiap 10rb km dan ganti oli 5000km aja ttp turun mesin koq....wkwkwkw
Kalau berhubungan dengan interval waktu setuju om.
Ane juga kalau sudah 6 bulan walaupun baru jalan 3000 km pasti ganti. Mungkin kalau full synthetic bisa.lebih panjang waktunya
Maksud ane ini si SA ngomongnya rekomendasi ganti oli 5rb km atau 3 bulan. Tapi begitu ditunjukin di buku dan website yg tertulis 10rb atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dulu, si SA bilang yg bener 10rb atau 6 bulan.
Jadi kesannya kok kayak ditarget jualan oli suruh ganti oli 3 bulan atau 5 ribu.
Mungkin ini kasus yg sama yg terjadi sama TS.
Ikutin aja om, hajar 10.000km, lebih juga gpp.
Mobil-mobil sendiri kok.

Kalo turun mesin setelah odo 100.000 up, juga bayar sendiri kan?

Lanjooot.
User avatar
Slowslowglow
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: 13 Aug 2019, 10:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by Slowslowglow »

Ini yg old stock ya om.. udah brp ribu km? Pakai buntut 30 bisa ya berarti
Boeds wrote:Saya jarang sekali pakai sgo sampai 10rb. Mungkin kalopun pernah, hanya sekali saja seingat sy. Biasa kalo rajin di 5rb km kalo males di 7rb an km.

Skrg di 107rb km, mesinnya masih sangat halus, apalagi skrg lagi pake amsoil signature 0w30.. lebih halus lagi.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by Suryaputra »

ZEXELGRIFONE wrote: 17 Nov 2019, 18:14
Suryaputra wrote: 26 Sep 2019, 22:13
Profith83 wrote: 16 Aug 2019, 16:45 Menurut saya aturan 10rb km atau 6 bulan itu ada syarat/kondisi.

Apabila kondisinya sempurna maka bias 10rb atau 6 bulan. Kondisi sempurna itu :
- Tidak ada macet
- Kecepatan maximum 80 km/jam
- Jarang akselerasi
Iya, klo liat manual book lio ada keterangan lengkap tentang kondisi berat sbb:
- berkendara rutin kurang dari 8km per hari
- stop & go
- iklim tropis dan berdebu (ini sih indonesia banget)
ganti tiap 6bln / 5rb km (dgn catatan pakai oli bawaan beres honda).

klo olinya di luar beres & lbh bagus, ya bisa lebih lah.


Slowslowglow wrote: 26 Sep 2019, 21:05 Oli rekomendasi Ertiga 2019 selain SGO apa ya
di Manual book, rentang SAE bolehnya brp om ?

biasanya klo mobil2 jepang kebanyakan dr 0w20 ~ 10w30
Nanya om..
Klo lewat 6 bulan tapi kilometer oli baru di 2500an km.
Oli mesin aman kah?
Apapun mblnya dan oli bawaan bengkel resmi.
klo kilometer pendek, biasanya saya pribadi mentokin sampai 7 bulan.

jd even 7 bln br sampai 4rb km, lgs sy ganti.

kecuali klo saya pakai oli yg kelas premium macam amsoil asm, redline, schaeffer, Q8 dan sejenisnya hajar deh 1 thn :D
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by sukerdan02 »

Untuk pelajaran, gak selalu buku panduan itu 100% benar dan 100% aman.. Kembali ke pemakaian dan preferensi user dulu
Kalau mau contoh, Chevrolet Spin yang diesel (yg dieselnya sebangun dengan ertiga diesel), kenapa banyak kasus gentong? Karena di manual book spin ditulis ganti oli + filter PER 15.000 km.. Setelah banyak kasus liner gentong, direvisi lah manual book itu menjadi 7500km..

Untuk kasus yg di spin, katanya sih gara2 oil dilution, karena oli yang jenis LOW SAPS yang harusnya untuk kondisi low sulphur, cepet terkontaminasi dengan kondisi bbm kita yg kandungan sulphurnya tinggi, akhirnya oli rusak sebelum waktunya.

Saya ada contoh nyatanya sih di rumah, ada 2 spin diesel, km mirip2 yang satu 105k satunya 99k.. Dan keduanya selalu servis bengkel resmi sampai saat garansi habis.. dan keduanya selalu pakai Pertade, oli juga selalu pakai Q8 sesuai beres.

Perbedaanya, yang km 99k suara sudah lebih kasar dan sudah keluar asap tipis dari lubang dipstick oli
yang km 105 suara lebih halus dan ga ada asap sama sekali

yang km 99k dulu selalu ikut interval servis sesuai manual book
yang km 105k, sejak awal ganti oli di 7500km, ga pernah ikut manual book

Saat ini kedua mobil itu ganti oli per 5k km, oli masih pake Q8

Pelajarannya, informasi di manual book jangan ditelan mentah2.. sering2 lah cek kondisi oli dll kendaraan anda, dan peka pada perubahan karakter kendaraan
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 10 Feb 2017, 13:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by arief225 »

sukerdan02 wrote:Untuk pelajaran, gak selalu buku panduan itu 100% benar dan 100% aman.. Kembali ke pemakaian dan preferensi user dulu
Kalau mau contoh, Chevrolet Spin yang diesel (yg dieselnya sebangun dengan ertiga diesel), kenapa banyak kasus gentong? Karena di manual book spin ditulis ganti oli + filter PER 15.000 km.. Setelah banyak kasus liner gentong, direvisi lah manual book itu menjadi 7500km..

Untuk kasus yg di spin, katanya sih gara2 oil dilution, karena oli yang jenis LOW SAPS yang harusnya untuk kondisi low sulphur, cepet terkontaminasi dengan kondisi bbm kita yg kandungan sulphurnya tinggi, akhirnya oli rusak sebelum waktunya.

Saya ada contoh nyatanya sih di rumah, ada 2 spin diesel, km mirip2 yang satu 105k satunya 99k.. Dan keduanya selalu servis bengkel resmi sampai saat garansi habis.. dan keduanya selalu pakai Pertade, oli juga selalu pakai Q8 sesuai beres.

Perbedaanya, yang km 99k suara sudah lebih kasar dan sudah keluar asap tipis dari lubang dipstick oli
yang km 105 suara lebih halus dan ga ada asap sama sekali

yang km 99k dulu selalu ikut interval servis sesuai manual book
yang km 105k, sejak awal ganti oli di 7500km, ga pernah ikut manual book

Saat ini kedua mobil itu ganti oli per 5k km, oli masih pake Q8

Pelajarannya, informasi di manual book jangan ditelan mentah2.. sering2 lah cek kondisi oli dll kendaraan anda, dan peka pada perubahan karakter kendaraan
10.000 itu harus kendaraan yang ga ernah kena macet sama sekali. Dengan 200jam kerja mesin. Dengan kata lain jalan rata harus diatas 50kmph. Klo rata rata cuma 25 kmph oli hanya tahan 5000km. Klo cuma jalan rata rata dibawah 10kmph atau macet. Oli 2000km saja sudah jelek. (oli standar dealer macam honda toyota suzuki dll). Dan sekali starter mesin, mobil dilarang kerja berat dan sebelum mesin mati ga boleh jalan di bawah 8km, dan ga boleh ban diam lama dalam keadaan mesin nyala (macet).
Contoh di mobil saya crv turbo ada oil lifenya. Di indokator tercatat mampu 10400km lagi adahal saya sudah jalan 3000km. Itu dengan catatan konsumsi bbm 20kmpl. 20kmpl itu bisa di capai karna jalanan tidak macet sama sekali. Dengan kata lain, anda harus tinggal di daerah saya, yg ga pernah kena macet sama sekali.
Kalau mau dipaksa macet dan tetep mau pake 5000km atau lebih, wajib pakai amsoil atau oli yg grade nya lebih tinggi.
IMG20190807130342.jpeg
IMG20190807130342.jpeg (43.66 KiB) Viewed 599 times
IMG20190706155712.jpeg
IMG20190706155712.jpeg (35.07 KiB) Viewed 599 times
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by sukerdan02 »

arief225 wrote: 18 Nov 2019, 14:26 10.000 itu harus kendaraan yang ga ernah kena macet sama sekali. Dengan 200jam kerja mesin. Dengan kata lain jalan rata harus diatas 50kmph. Klo rata rata cuma 25 kmph oli hanya tahan 5000km. Klo cuma jalan rata rata dibawah 10kmph atau macet. Oli 2000km saja sudah jelek. (oli standar dealer macam honda toyota suzuki dll). Dan sekali starter mesin, mobil dilarang kerja berat dan sebelum mesin mati ga boleh jalan di bawah 8km, dan ga boleh ban diam lama dalam keadaan mesin nyala (macet).
Contoh di mobil saya crv turbo ada oil lifenya. Di indokator tercatat mampu 10400km lagi adahal saya sudah jalan 3000km. Itu dengan catatan konsumsi bbm 20kmpl. 20kmpl itu bisa di capai karna jalanan tidak macet sama sekali. Dengan kata lain, anda harus tinggal di daerah saya, yg ga pernah kena macet sama sekali.
Kalau mau dipaksa macet dan tetep mau pake 5000km atau lebih, wajib pakai amsoil atau oli yg grade nya lebih tinggi.IMG20190706155712.jpegIMG20190807130342.jpeg
Intinya yang saya tuju adalah, ga perlu ngeyel harus ikut manual book.. Sesuaikan dengan kondisi berkendara juga.. Kalo mau ideal, saya sebenernya lebih sreg kalau ada engine hour meter sih, jadi kaya genset itu, yg ganti oli sesuai lama waktu mesin menyala..
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 10 Feb 2017, 13:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by arief225 »

Yups tepat sekali. Di crv gen 4 ada engine hours nya. Tpi di crv gen 5 tidak ada, akan tetapi digantikan oleh oil life.

Saran saya. Karna pertanyaan ts seperti yg pengen mobilnya selalu baik, bukan mobil asal jalan, maka : untuk ertiga, klo itu mobil tempur atau buat kerja, ganti saja pakai hx8 ganti tiap 5rb. Klo mobil kesayangan atau rawatan pakai lah oli yg bagus macam lucas amsoil royal purple dll. Ganti tiap 5000 sampai 7500. Klo bilang mahal, ya tergantung ya. Klo oli ngesludge jatuhnya kudu overhaul, mesin rusak benerinnya mahal dan membekas, tenaga pasti drop.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by ChZ »

arief225 wrote: 18 Nov 2019, 14:26
sukerdan02 wrote:Untuk pelajaran, gak selalu buku panduan itu 100% benar dan 100% aman.. Kembali ke pemakaian dan preferensi user dulu
Kalau mau contoh, Chevrolet Spin yang diesel (yg dieselnya sebangun dengan ertiga diesel), kenapa banyak kasus gentong? Karena di manual book spin ditulis ganti oli + filter PER 15.000 km.. Setelah banyak kasus liner gentong, direvisi lah manual book itu menjadi 7500km..

Untuk kasus yg di spin, katanya sih gara2 oil dilution, karena oli yang jenis LOW SAPS yang harusnya untuk kondisi low sulphur, cepet terkontaminasi dengan kondisi bbm kita yg kandungan sulphurnya tinggi, akhirnya oli rusak sebelum waktunya.

Saya ada contoh nyatanya sih di rumah, ada 2 spin diesel, km mirip2 yang satu 105k satunya 99k.. Dan keduanya selalu servis bengkel resmi sampai saat garansi habis.. dan keduanya selalu pakai Pertade, oli juga selalu pakai Q8 sesuai beres.

Perbedaanya, yang km 99k suara sudah lebih kasar dan sudah keluar asap tipis dari lubang dipstick oli
yang km 105 suara lebih halus dan ga ada asap sama sekali

yang km 99k dulu selalu ikut interval servis sesuai manual book
yang km 105k, sejak awal ganti oli di 7500km, ga pernah ikut manual book

Saat ini kedua mobil itu ganti oli per 5k km, oli masih pake Q8

Pelajarannya, informasi di manual book jangan ditelan mentah2.. sering2 lah cek kondisi oli dll kendaraan anda, dan peka pada perubahan karakter kendaraan
10.000 itu harus kendaraan yang ga ernah kena macet sama sekali. Dengan 200jam kerja mesin. Dengan kata lain jalan rata harus diatas 50kmph. Klo rata rata cuma 25 kmph oli hanya tahan 5000km. Klo cuma jalan rata rata dibawah 10kmph atau macet. Oli 2000km saja sudah jelek. (oli standar dealer macam honda toyota suzuki dll). Dan sekali starter mesin, mobil dilarang kerja berat dan sebelum mesin mati ga boleh jalan di bawah 8km, dan ga boleh ban diam lama dalam keadaan mesin nyala (macet).
Contoh di mobil saya crv turbo ada oil lifenya. Di indokator tercatat mampu 10400km lagi adahal saya sudah jalan 3000km. Itu dengan catatan konsumsi bbm 20kmpl. 20kmpl itu bisa di capai karna jalanan tidak macet sama sekali. Dengan kata lain, anda harus tinggal di daerah saya, yg ga pernah kena macet sama sekali.
Kalau mau dipaksa macet dan tetep mau pake 5000km atau lebih, wajib pakai amsoil atau oli yg grade nya lebih tinggi.IMG20190706155712.jpegIMG20190807130342.jpeg
kalau ane liat di oil life meter nya civic / CRV itu tiap reset habis ganti oli ya selalu dapetnya sekitar 5.000an di dalem kota. baru kemarin aja civic tembus jadi 5600 krn cukup sering ngetol.

pada heboh indikator olinya "boros", lah kalo mobil lain dikasi indikator oli jg paling kaget juga dapetnya dikit banget, apalagi yg sehari-hari kena macet berjam - jam.

dgn asumsi ini wajarnya mobil dipake dalem kota dengan kerja yang sangat berat begitu idealnya ya segitu. tapi ya ane tiap minggu selalu nyuci mobil sendiri sekalian cek mingguan cairan-cairan.

ane si itungan ikut bulan karena mobil sebulan jalan gak sampe 1000. blm nyala indikatornya udah 6 bulan :mky_01: gak berani di indonesia ganti oli per 10.000. klo pake oli bagus setaun 1x, kalo pake oli pabrikan ya 6 bulan sekali.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 10 Feb 2017, 13:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by arief225 »

ChZ wrote:
arief225 wrote: 18 Nov 2019, 14:26
sukerdan02 wrote:Untuk pelajaran, gak selalu buku panduan itu 100% benar dan 100% aman.. Kembali ke pemakaian dan preferensi user dulu
Kalau mau contoh, Chevrolet Spin yang diesel (yg dieselnya sebangun dengan ertiga diesel), kenapa banyak kasus gentong? Karena di manual book spin ditulis ganti oli + filter PER 15.000 km.. Setelah banyak kasus liner gentong, direvisi lah manual book itu menjadi 7500km..

Untuk kasus yg di spin, katanya sih gara2 oil dilution, karena oli yang jenis LOW SAPS yang harusnya untuk kondisi low sulphur, cepet terkontaminasi dengan kondisi bbm kita yg kandungan sulphurnya tinggi, akhirnya oli rusak sebelum waktunya.

Saya ada contoh nyatanya sih di rumah, ada 2 spin diesel, km mirip2 yang satu 105k satunya 99k.. Dan keduanya selalu servis bengkel resmi sampai saat garansi habis.. dan keduanya selalu pakai Pertade, oli juga selalu pakai Q8 sesuai beres.

Perbedaanya, yang km 99k suara sudah lebih kasar dan sudah keluar asap tipis dari lubang dipstick oli
yang km 105 suara lebih halus dan ga ada asap sama sekali

yang km 99k dulu selalu ikut interval servis sesuai manual book
yang km 105k, sejak awal ganti oli di 7500km, ga pernah ikut manual book

Saat ini kedua mobil itu ganti oli per 5k km, oli masih pake Q8

Pelajarannya, informasi di manual book jangan ditelan mentah2.. sering2 lah cek kondisi oli dll kendaraan anda, dan peka pada perubahan karakter kendaraan
10.000 itu harus kendaraan yang ga ernah kena macet sama sekali. Dengan 200jam kerja mesin. Dengan kata lain jalan rata harus diatas 50kmph. Klo rata rata cuma 25 kmph oli hanya tahan 5000km. Klo cuma jalan rata rata dibawah 10kmph atau macet. Oli 2000km saja sudah jelek. (oli standar dealer macam honda toyota suzuki dll). Dan sekali starter mesin, mobil dilarang kerja berat dan sebelum mesin mati ga boleh jalan di bawah 8km, dan ga boleh ban diam lama dalam keadaan mesin nyala (macet).
Contoh di mobil saya crv turbo ada oil lifenya. Di indokator tercatat mampu 10400km lagi adahal saya sudah jalan 3000km. Itu dengan catatan konsumsi bbm 20kmpl. 20kmpl itu bisa di capai karna jalanan tidak macet sama sekali. Dengan kata lain, anda harus tinggal di daerah saya, yg ga pernah kena macet sama sekali.
Kalau mau dipaksa macet dan tetep mau pake 5000km atau lebih, wajib pakai amsoil atau oli yg grade nya lebih tinggi.IMG20190706155712.jpegIMG20190807130342.jpeg
kalau ane liat di oil life meter nya civic / CRV itu tiap reset habis ganti oli ya selalu dapetnya sekitar 5.000an di dalem kota. baru kemarin aja civic tembus jadi 5600 krn cukup sering ngetol.

pada heboh indikator olinya "boros", lah kalo mobil lain dikasi indikator oli jg paling kaget juga dapetnya dikit banget, apalagi yg sehari-hari kena macet berjam - jam.

dgn asumsi ini wajarnya mobil dipake dalem kota dengan kerja yang sangat berat begitu idealnya ya segitu. tapi ya ane tiap minggu selalu nyuci mobil sendiri sekalian cek mingguan cairan-cairan.

ane si itungan ikut bulan karena mobil sebulan jalan gak sampe 1000. blm nyala indikatornya udah 6 bulan :mky_01: gak berani di indonesia ganti oli per 10.000. klo pake oli bagus setaun 1x, kalo pake oli pabrikan ya 6 bulan sekali.
Mau nanya nih om mumpung ketemu om di tread ini. Om pakai oli ama di l15 dan k24? Selama ini aku pakai amsoil signatur 0w20. Ganti tiap 6000sampai7.5000. Karna mobil setahun jalan 25000lebih hehe. Jadi pakai hitungan km. Sudai sesuai kah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by Suryaputra »

arief225 wrote: 18 Nov 2019, 15:49
ChZ wrote:
arief225 wrote: 18 Nov 2019, 14:26

10.000 itu harus kendaraan yang ga ernah kena macet sama sekali. Dengan 200jam kerja mesin. Dengan kata lain jalan rata harus diatas 50kmph. Klo rata rata cuma 25 kmph oli hanya tahan 5000km. Klo cuma jalan rata rata dibawah 10kmph atau macet. Oli 2000km saja sudah jelek. (oli standar dealer macam honda toyota suzuki dll). Dan sekali starter mesin, mobil dilarang kerja berat dan sebelum mesin mati ga boleh jalan di bawah 8km, dan ga boleh ban diam lama dalam keadaan mesin nyala (macet).
Contoh di mobil saya crv turbo ada oil lifenya. Di indokator tercatat mampu 10400km lagi adahal saya sudah jalan 3000km. Itu dengan catatan konsumsi bbm 20kmpl. 20kmpl itu bisa di capai karna jalanan tidak macet sama sekali. Dengan kata lain, anda harus tinggal di daerah saya, yg ga pernah kena macet sama sekali.
Kalau mau dipaksa macet dan tetep mau pake 5000km atau lebih, wajib pakai amsoil atau oli yg grade nya lebih tinggi.IMG20190706155712.jpegIMG20190807130342.jpeg
kalau ane liat di oil life meter nya civic / CRV itu tiap reset habis ganti oli ya selalu dapetnya sekitar 5.000an di dalem kota. baru kemarin aja civic tembus jadi 5600 krn cukup sering ngetol.

pada heboh indikator olinya "boros", lah kalo mobil lain dikasi indikator oli jg paling kaget juga dapetnya dikit banget, apalagi yg sehari-hari kena macet berjam - jam.

dgn asumsi ini wajarnya mobil dipake dalem kota dengan kerja yang sangat berat begitu idealnya ya segitu. tapi ya ane tiap minggu selalu nyuci mobil sendiri sekalian cek mingguan cairan-cairan.

ane si itungan ikut bulan karena mobil sebulan jalan gak sampe 1000. blm nyala indikatornya udah 6 bulan :mky_01: gak berani di indonesia ganti oli per 10.000. klo pake oli bagus setaun 1x, kalo pake oli pabrikan ya 6 bulan sekali.
Mau nanya nih om mumpung ketemu om di tread ini. Om pakai oli ama di l15 dan k24? Selama ini aku pakai amsoil signatur 0w20. Ganti tiap 6000sampai7.5000. Karna mobil setahun jalan 25000lebih hehe. Jadi pakai hitungan km. Sudai sesuai kah?
Klo lihat datasheetnya Amsoil ASM.
Max pemakaian adalah : 1 year / 25rb miles / 700 hours engine run (mana yg nyampai duluan)
misal dalam 6 bulan, engine hours udah nyentuh 750 jam (karena 90% kena macet), yah baiknya ganti.

Itu kelas amsoil signature series loh, jawara di kelasnya & harga di online 200rb-an / 946ml
bayangin klo oli" kelas bengkel-resmi :mky_01:

Ganti oli gak seberapa mahal, dibanding resiko internal parts kenapa2.

_______________________________________________________


Anyway ketika ngelihat manual book interval ganti oli, harus dibaca juga di bagian syarat & ketentuan tambahan (ada di halaman lain biasanya).
Biasanya ada statement bahwa, oli bisa ganti sampai interval 10rb atau 6 bln dgn kondisi ringan atau sangat jarang / gak pernah kena macet.
kecepatan jg seringnya konstan / bukan stop & go yg cukup menyiksa mesin dan transmisi.
Last edited by Suryaputra on 18 Nov 2019, 17:24, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: Bingung Aturan Ganti Oli All New Ertiga

Post by black2345 »

Waktu service di salah satu beres suzuki di jatim ane sempet nanya soal ganti olie

Oleh mekanik dijawab sebenernya bisa sampai 10.000 km atau 6 bulan, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu
Karena ANE sudah pakai olie dengan spek 0w-20, yang lebih baik kualitasnya dari 5w-30 punya SGO
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post