Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

draxx13 wrote: Thu Dec 24, 2020 3:44
blloewy wrote: Thu Dec 24, 2020 3:01
draxx13 wrote: Thu Dec 24, 2020 2:42

Ini temperatur OGL 2010 via OBD minggu lalu pas mengarungi transjawa 😁
pake aplikasi apa ini om?
ini dipasang di HU ya?
jadi bisa ketauan pas lagi bejek gasnya selama dipake :weekk:
Ini pake hp om, aplikasinya car scanner
Saya ambil data histori recordnya heheh
cobain ah krn kl aplikasi car gauge pro ngga bisa dpt data history gt.
dia cuma bisa ukur real time aja kya model begini.
WhatsApp Image 2020-12-24 at 11.04.54 AM.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: Thu Dec 24, 2020 3:58 Kl cruising bsa dbawah 90 seh itungan nya adem om

Ud mirip inofa bensin tuh

OGL saya dl seh ga perna d bawah 90, kcuali mesin mati atau pagi2 baru nyalain beberapa minit



Btw penasaran ama temp nya ANGL brapa,mustinya lebi rendah seh, EGR jg katanya ud ga ad kan yah

Ini mbah Herman perna ngukur ga yah, 2014 ANGL HR15DE twin cvtc injector nya
mbah, pernah nyoba nutup EGR nya ngga di OGL?
infonya bisa mengahsilkan sesuatu yg signifikan.
Ditutup ya bukan dilepas socket EGR nya.
kl dilepas sdh pasti amburadul ECU baca datanya.
Kl ditutup khan seolah-olah EGR ngga ngasi gas buang ke dalam ruang bakar alias 0.
kl di OBD cuma kebaca EGR Volume Valve 0,5 kl idle ama EGR Temperature 3,16 vols (temperature kok VDC satuannya :big_think: )
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: Thu Dec 24, 2020 4:24
DOHC wrote: Thu Dec 24, 2020 3:58 Kl cruising bsa dbawah 90 seh itungan nya adem om

Ud mirip inofa bensin tuh

OGL saya dl seh ga perna d bawah 90, kcuali mesin mati atau pagi2 baru nyalain beberapa minit



Btw penasaran ama temp nya ANGL brapa,mustinya lebi rendah seh, EGR jg katanya ud ga ad kan yah

Ini mbah Herman perna ngukur ga yah, 2014 ANGL HR15DE twin cvtc injector nya
mbah, pernah nyoba nutup EGR nya ngga di OGL?
infonya bisa mengahsilkan sesuatu yg signifikan.
Ditutup ya bukan dilepas socket EGR nya.
kl dilepas sdh pasti amburadul ECU baca datanya.
Kl ditutup khan seolah-olah EGR ngga ngasi gas buang ke dalam ruang bakar alias 0.
kl di OBD cuma kebaca EGR Volume Valve 0,5 kl idle ama EGR Temperature 3,16 vols (temperature kok VDC satuannya :big_think: )
Ga brani

Toel2 motor EGR nya aj ud bsa bkin lampu natal tuh CE

Apalagi d matiin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Thu Dec 24, 2020 3:25
DOHC wrote: Thu Dec 24, 2020 3:03
draxx13 wrote: Thu Dec 24, 2020 2:42

Ini temperatur OGL 2010 via OBD minggu lalu pas mengarungi transjawa 😁

Itu pas cruising dbawah 90 om ?

Adem bener
kl liat datanya tetep di speed 3000 rpm yg paling oke ECT nya di bawah 90 derajat.
begitu digeber dia akan sedikit naik.
yg ane bold om, sptnya penggarisnya hrs lurus wkwkwkwk. kl penggarisnya bengkok atau parallax error bisa salah arti pas nyocokin ke time line nya. kl sy kok bacanya pas rpm rendah baru ECT naik.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Thu Dec 24, 2020 4:24
DOHC wrote: Thu Dec 24, 2020 3:58 Kl cruising bsa dbawah 90 seh itungan nya adem om

Ud mirip inofa bensin tuh

OGL saya dl seh ga perna d bawah 90, kcuali mesin mati atau pagi2 baru nyalain beberapa minit



Btw penasaran ama temp nya ANGL brapa,mustinya lebi rendah seh, EGR jg katanya ud ga ad kan yah

Ini mbah Herman perna ngukur ga yah, 2014 ANGL HR15DE twin cvtc injector nya
mbah, pernah nyoba nutup EGR nya ngga di OGL?
infonya bisa mengahsilkan sesuatu yg signifikan.
Ditutup ya bukan dilepas socket EGR nya.
kl dilepas sdh pasti amburadul ECU baca datanya.
Kl ditutup khan seolah-olah EGR ngga ngasi gas buang ke dalam ruang bakar alias 0.
kl di OBD cuma kebaca EGR Volume Valve 0,5 kl idle ama EGR Temperature 3,16 vols (temperature kok VDC satuannya :big_think: )
temperature sensor (thermistor) dibaca oleh ecu sbg voltage reading. ecu ngertinya baca dlm voltage sbg inputnya. sementara utk kita manusia utk memudahkan nanti dr voltage tsb ditranslate oleh OBD scanner menjadi °C/°F.

kl baca pakai OBD scanner akan ada 2 PID (parameter identification data) utk bacaan ECT yg sama (dr sensor yg sama), 1 dalam volt 1 lagi dalam °C.
Last edited by Omnibus on Thu Dec 24, 2020 4:47, edited 2 times in total.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: Thu Dec 24, 2020 4:30

Ga brani

Toel2 motor EGR nya aj ud bsa bkin lampu natal tuh CE

Apalagi d matiin
iya juga sich...
kl EGR kotor aja emang bakalan goyang dombret.
EGR ama TB tp paling parah emang TB sich..
towel dikit aja :big_cry:

Omnibus wrote: Thu Dec 24, 2020 4:41

yg ane bold om, sptnya penggarisnya hrs lurus wkwkwkwk. kl penggarisnya bengkok atau parallax error bisa salah arti pas nyocokin ke time line nya. kl sy kok bacanya pas rpm rendah baru ECT naik.
wkwkwkwk mungkin beda ketelitian ini bacanya.
setelah diliat lagi emang sich pas 150 kpj dan rpm 5000 dia turun di bawah 90 deg C
tp sesaat sich itu.
kl kena macet langsung dah naek itu temperature krn ngga ada angin yg bantu pendinginan jd cm bersandar ke fan aja :big_cry:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Thu Dec 24, 2020 4:46

temperature sensor (thermistor) dibaca oleh ecu sbg voltage reading. ecu ngertinya baca dlm voltage sbg inputnya. sementara utk kita manusia utk memudahkan nanti dr voltage tsb ditranslate oleh OBD scanner menjadi °C/°F.

kl baca pakai OBD scanner akan ada 2 PID (parameter identification data) utk bacaan ECT yg sama (dr sensor yg sama), 1 dalam volt 1 lagi dalam °C.
kl yg EGR cma ada 3,16 VDC ama 0,5 step aja Mbah Shifu.
Rupanya EGR ini pake nya motor stepper pantes aja munculnya data 0,5 step.
Jadi dia step by step gerakkin buka tutup valve nya.

baca2 EGR akan fully closed kl mesin idle, high speed, low coolant temperature dst nya.
Capture.JPG
pas dibuka dulu di garasi 58 ternyata diganjel plat spy itu EGR ngga ngebuka sama sekali.
jadi ketahan plat itu dan si motor ngga bisa ngebuka valve alias katupnya.
hmmm.... :big_think:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Thu Dec 24, 2020 4:54
Omnibus wrote: Thu Dec 24, 2020 4:46

temperature sensor (thermistor) dibaca oleh ecu sbg voltage reading. ecu ngertinya baca dlm voltage sbg inputnya. sementara utk kita manusia utk memudahkan nanti dr voltage tsb ditranslate oleh OBD scanner menjadi °C/°F.

kl baca pakai OBD scanner akan ada 2 PID (parameter identification data) utk bacaan ECT yg sama (dr sensor yg sama), 1 dalam volt 1 lagi dalam °C.
kl yg EGR cma ada 3,16 VDC ama 0,5 step aja Mbah Shifu.
Rupanya EGR ini pake nya motor stepper pantes aja munculnya data 0,5 step.
Jadi dia step by step gerakkin buka tutup valve nya.

baca2 EGR akan fully closed kl mesin idle, high speed, low coolant temperature dst nya.
Capture.JPG

pas dibuka dulu di garasi 58 ternyata diganjel plat spy itu EGR ngga ngebuka sama sekali.
jadi ketahan plat itu dan si motor ngga bisa ngebuka valve alias katupnya.
hmmm.... :big_think:
scanner nya kurang canggih jd cuma kebaca 1 PID (ga semua PID kebaca)

oh begitu ternyata alasan diganjal2 ya. kl di ahond L15 ga bisa tuh om krn di system EGR nya ada confirmation beneran buka ngga itu valve setelah dikasih command dr ecu. jaminan CEL nyala. wkwkwkwk mungkin saking seringnya dulu yg ngehack diganjal.
Last edited by Omnibus on Thu Dec 24, 2020 5:04, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Dec 24, 2020 4:57
blloewy wrote: Thu Dec 24, 2020 4:54
Omnibus wrote: Thu Dec 24, 2020 4:46

temperature sensor (thermistor) dibaca oleh ecu sbg voltage reading. ecu ngertinya baca dlm voltage sbg inputnya. sementara utk kita manusia utk memudahkan nanti dr voltage tsb ditranslate oleh OBD scanner menjadi °C/°F.

kl baca pakai OBD scanner akan ada 2 PID (parameter identification data) utk bacaan ECT yg sama (dr sensor yg sama), 1 dalam volt 1 lagi dalam °C.
kl yg EGR cma ada 3,16 VDC ama 0,5 step aja Mbah Shifu.
Rupanya EGR ini pake nya motor stepper pantes aja munculnya data 0,5 step.
Jadi dia step by step gerakkin buka tutup valve nya.

baca2 EGR akan fully closed kl mesin idle, high speed, low coolant temperature dst nya.
Capture.JPG

pas dibuka dulu di garasi 58 ternyata diganjel plat spy itu EGR ngga ngebuka sama sekali.
jadi ketahan plat itu dan si motor ngga bisa ngebuka valve alias katupnya.
hmmm.... :big_think:
oh begitu ternyata alasan diganjal2 ya. kl di ahond L15 ga bisa tuh om krn di system EGR nya ada confirmation beneran buka ngga itu valve setelah dikasih command dr ecu. jaminan CEL nyala. wkwkwkwk mungkin saking seringnya dulu yg ngehack diganjal.
Tp di L12 malah d amputasi mbah ntuh EGR
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu Dec 24, 2020 5:04
Tp di L12 malah d amputasi mbah ntuh EGR
L12 engine resing kali mbah ..... :mky_03:
draxx13
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by draxx13 »

Mumpung lg rame, ad yang pernah pake shock absorber aftermarket ga ya om om sekalian?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Dec 24, 2020 5:05
DOHC wrote: Thu Dec 24, 2020 5:04
Tp di L12 malah d amputasi mbah ntuh EGR
L12 engine resing kali mbah ..... :mky_03:
Masi kalagh ama HR15DE mbah

:mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by jnkr »

Punteun mbah suhu dimari... Minta petuahnya untuk oli atf yg comply dg nissan Matic D apa ya? Selain stdnya... Mobil Grand Livina 2010 matic. Tetima kasih
nerubianassassins
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Sep 26, 2020 13:35
Daily Vehicle: Grand Livina L10 2010

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by nerubianassassins »

permisi suhu, minta penjelasan beda evaporator merk denso dan valeo secara hrg nya beda jauh banget tp banyak yg ambil denso akibatnya pepatah "ada harga, ada barang" jadi gak berarti disituasi ini. Terima Kasih suhu
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

KM sdh tinggi 91 ribu usia mau masuk 9 tahun.
Jadi parno sama motor Fan krn khawatir mati tiba2 di jalan.
Adakah yg sudah pernah ganti?
Harga berapa ya itu motor fan?
Atau cukup ganti arang nya aja itu motor fan?
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Dear SM member, para suhu dan senior yang berpengalaman.
Sehubungan dengan mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 sekarang odonya sudah mencapai 92 ribu Km lebih, saya mohon saran dari para Suhu dan senior sehubungan dari awal beli baru, mobil ini belum pernah dilakukan kuras tangki bensinnya yang selama ini hampir 7 tahun selalu di isi dengan bensin premium ron 88 serta belum pernah dilakukan pembersihan MAF, Throttle body, MAP, serta knock sensornya, O2 sensor, apakah sebaiknya saya sekarang ini melakukan servis kuras tangki bensinnya, serta service pembersihan MAF dengan maf cleaner serta pembersihan throttle body, MAP dan knock sensornya walau pun sekarang tidak ada keluhan yg terjadi sekarang ini (Normal)? Mohon saran dari Suhu untuk preventive maintenance nya yg sebaiknya buat mobil yg akan digunakan untuk jangka panjang.
Semua saran dan pendapat kami akan jadikan masukkan dan tak lupa kami ucapkan terima kasih.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

blloewy wrote: Mon Jan 11, 2021 1:24 KM sdh tinggi 91 ribu usia mau masuk 9 tahun.
Jadi parno sama motor Fan krn khawatir mati tiba2 di jalan.
Adakah yg sudah pernah ganti?
Harga berapa ya itu motor fan?
Atau cukup ganti arang nya aja itu motor fan?

images (1).jpeg










:ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by benzz89 »

Herman7103 wrote: Thu Jan 14, 2021 7:24 Dear SM member, para suhu dan senior yang berpengalaman.
Sehubungan dengan mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 sekarang odonya sudah mencapai 92 ribu Km lebih, saya mohon saran dari para Suhu dan senior sehubungan dari awal beli baru, mobil ini belum pernah dilakukan kuras tangki bensinnya yang selama ini hampir 7 tahun selalu di isi dengan bensin premium ron 88 serta belum pernah dilakukan pembersihan MAF, Throttle body, MAP, serta knock sensornya, O2 sensor, apakah sebaiknya saya sekarang ini melakukan servis kuras tangki bensinnya, serta service pembersihan MAF dengan maf cleaner serta pembersihan throttle body, MAP dan knock sensornya walau pun sekarang tidak ada keluhan yg terjadi sekarang ini (Normal)? Mohon saran dari Suhu untuk preventive maintenance nya yg sebaiknya buat mobil yg akan digunakan untuk jangka panjang.
Semua saran dan pendapat kami akan jadikan masukkan dan tak lupa kami ucapkan terima kasih.
Bukan suhu & senior secara ane bukan suhu Omni, om Klep & mbah Marmut... kalau ane jadi Om Herman yah ikutin jadwal service berkala aja Om, apa2 yang sudah harus dibersihkan atau diganti. Bersihin tangki bahan bakar kalau dulu sih ane di 80 ribu km & kayanya list2 yang sudah Om sebutin diatas yah sudah boleh dilakukan, paling enggak di 100 ribu Km nanti. Ntah itu jadwal timing belt apakah sudah harus ganti? Kalau ganti yah sekalian ama waterpump + themostat biar gak kerja 2x.

Namanya kan preventive yah dibersihkan/diganti sebelum sampai terjadi kerusakan, kalau sudah keduluan rusak yah namanya sudah bukan preventive lagi dong, apalagi seperti yang Om bilang ini mobil mau dipakai jangka (sangat) panjang 14 taon lagi, minum premium, gak pernah nyusahin, hemat biaya bahan bakar, disayang2lah mobilnya, kapan lagi bisa punya mobil kaya begini kan? Punya ane sih dulu Km 70 ribu sudah keburu dijual, pakai 6-7 taon juga, puji Tuhan juga gak sampe nyusahin sih. Yang harus diperhatiin sih menurut ane itu evap AC si lipindut, kayanya setelah sekian taon bocor halus. Sisanya sih biar master Om Klep yang nambahin secara doi sudah pakem kalau soal Lipindut :big_okay:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

benzz89 wrote:
Herman7103 wrote: Thu Jan 14, 2021 7:24 Dear SM member, para suhu dan senior yang berpengalaman.
Sehubungan dengan mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 sekarang odonya sudah mencapai 92 ribu Km lebih, saya mohon saran dari para Suhu dan senior sehubungan dari awal beli baru, mobil ini belum pernah dilakukan kuras tangki bensinnya yang selama ini hampir 7 tahun selalu di isi dengan bensin premium ron 88 serta belum pernah dilakukan pembersihan MAF, Throttle body, MAP, serta knock sensornya, O2 sensor, apakah sebaiknya saya sekarang ini melakukan servis kuras tangki bensinnya, serta service pembersihan MAF dengan maf cleaner serta pembersihan throttle body, MAP dan knock sensornya walau pun sekarang tidak ada keluhan yg terjadi sekarang ini (Normal)? Mohon saran dari Suhu untuk preventive maintenance nya yg sebaiknya buat mobil yg akan digunakan untuk jangka panjang.
Semua saran dan pendapat kami akan jadikan masukkan dan tak lupa kami ucapkan terima kasih.
Bukan suhu & senior secara ane bukan suhu Omni, om Klep & mbah Marmut... kalau ane jadi Om Herman yah ikutin jadwal service berkala aja Om, apa2 yang sudah harus dibersihkan atau diganti. Bersihin tangki bahan bakar kalau dulu sih ane di 80 ribu km & kayanya list2 yang sudah Om sebutin diatas yah sudah boleh dilakukan, paling enggak di 100 ribu Km nanti. Ntah itu jadwal timing belt apakah sudah harus ganti? Kalau ganti yah sekalian ama waterpump + themostat biar gak kerja 2x.

Namanya kan preventive yah dibersihkan/diganti sebelum sampai terjadi kerusakan, kalau sudah keduluan rusak yah namanya sudah bukan preventive lagi dong, apalagi seperti yang Om bilang ini mobil mau dipakai jangka (sangat) panjang 14 taon lagi, minum premium, gak pernah nyusahin, hemat biaya bahan bakar, disayang2lah mobilnya, kapan lagi bisa punya mobil kaya begini kan? Punya ane sih dulu Km 70 ribu sudah keburu dijual, pakai 6-7 taon juga, puji Tuhan juga gak sampe nyusahin sih. Yang harus diperhatiin sih menurut ane itu evap AC si lipindut, kayanya setelah sekian taon bocor halus. Sisanya sih biar master Om Klep yang nambahin secara doi sudah pakem kalau soal Lipindut :big_okay:
Thank you om Benzz89 atas sarannya. Yup saya memang masih sayang sama mobilnya dan sudah booking service juga di bengkel resmi Nissan Soekarno Hatta Palembang utk hari sabtu ini. Sepakat dengan saran om Benzz89 dan planning preventive maintenance yang terpikir adalah kuras tangki bensin dan check and clean fuel pump dan sampai saat ini sih belum terpikir ganti part unless saat dicheck ada part yg perlu di ganti baru saya ganti. Ok om thank you.
:glodak:
HR15DE 2014
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by ricz »

Herman7103 wrote: Thu Jan 14, 2021 7:24 Dear SM member, para suhu dan senior yang berpengalaman.
Sehubungan dengan mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 sekarang odonya sudah mencapai 92 ribu Km lebih, saya mohon saran dari para Suhu dan senior sehubungan dari awal beli baru, mobil ini belum pernah dilakukan kuras tangki bensinnya yang selama ini hampir 7 tahun selalu di isi dengan bensin premium ron 88 serta belum pernah dilakukan pembersihan MAF, Throttle body, MAP, serta knock sensornya, O2 sensor, apakah sebaiknya saya sekarang ini melakukan servis kuras tangki bensinnya, serta service pembersihan MAF dengan maf cleaner serta pembersihan throttle body, MAP dan knock sensornya walau pun sekarang tidak ada keluhan yg terjadi sekarang ini (Normal)? Mohon saran dari Suhu untuk preventive maintenance nya yg sebaiknya buat mobil yg akan digunakan untuk jangka panjang.
Semua saran dan pendapat kami akan jadikan masukkan dan tak lupa kami ucapkan terima kasih.
Coba bersihin throttle body dulu om, pasti kotornya luar biasa :mky_03:

GL 2013 nubie baru jalan 65 ribu km, kemaren coba bersihin throttle body ama bersihin ruang bakar pake Liquimoly Jetclean krn GL nubie ada masalah brebet di tarikan awal / pas baru jalan, hasilnya pas ntuh throttlebody dibuka, keraknya tebel bgt :big_biglaugh:

Padahal selama ini nubie banyakan pake bensin pertalite (semenjak pandemi nubie isi pake pertamax 92 krn jarang jalan) apalagi py om Herman yg diisi premium :big_childish:

Habis dibersihin ruang bakar ama cuci throttlebody, brebet pas tarikan awal jadi hilang total :mky_02:

Saran nubie coba bersihin aja dulu buat preventive maintenance om...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

ricz wrote:
Herman7103 wrote: Thu Jan 14, 2021 7:24 Dear SM member, para suhu dan senior yang berpengalaman.
Sehubungan dengan mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 sekarang odonya sudah mencapai 92 ribu Km lebih, saya mohon saran dari para Suhu dan senior sehubungan dari awal beli baru, mobil ini belum pernah dilakukan kuras tangki bensinnya yang selama ini hampir 7 tahun selalu di isi dengan bensin premium ron 88 serta belum pernah dilakukan pembersihan MAF, Throttle body, MAP, serta knock sensornya, O2 sensor, apakah sebaiknya saya sekarang ini melakukan servis kuras tangki bensinnya, serta service pembersihan MAF dengan maf cleaner serta pembersihan throttle body, MAP dan knock sensornya walau pun sekarang tidak ada keluhan yg terjadi sekarang ini (Normal)? Mohon saran dari Suhu untuk preventive maintenance nya yg sebaiknya buat mobil yg akan digunakan untuk jangka panjang.
Semua saran dan pendapat kami akan jadikan masukkan dan tak lupa kami ucapkan terima kasih.
Coba bersihin throttle body dulu om, pasti kotornya luar biasa :mky_03:

GL 2013 nubie baru jalan 65 ribu km, kemaren coba bersihin throttle body ama bersihin ruang bakar pake Liquimoly Jetclean krn GL nubie ada masalah brebet di tarikan awal / pas baru jalan, hasilnya pas ntuh throttlebody dibuka, keraknya tebel bgt :big_biglaugh:

Padahal selama ini nubie banyakan pake bensin pertalite (semenjak pandemi nubie isi pake pertamax 92 krn jarang jalan) apalagi py om Herman yg diisi premium :big_childish:

Habis dibersihin ruang bakar ama cuci throttlebody, brebet pas tarikan awal jadi hilang total :mky_02:

Saran nubie coba bersihin aja dulu buat preventive maintenance om...
Thank you atas sarannya bersihkan throttle body, akan saya cross check biayanya dulu untuk bersihkan throttle body, Mass Air Flow dll karena untuk cleaner baru Wealth MAF Cleaner yg sudah nyampai di rumah hari ini dan Nissan Engine Conditioner yg ready. Untuk kuras tangki bensin biayanya 176 ribu (setelah potong disc jasa 20%) make sense for me and will execute this saturday.
Screenshot_2021-01-14-22-32-21-983_com.android.browser.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Update service preventive maintenance mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVTtahun 2014 di bengkel resmi Nissan jalan Soekarno Hatta Palembang.
Mobil mulai dikerjakan jam 9 pagi dan selesai di cuci jam 12.55 WIB.
Biaya tune up gurah mesin dengan memasukkan Nissan engine cinditioner ke dalam 4 lobang busi lalu cairannya disedot lagi pakai alatnya, bersihkan throttle body, bersihkan MAF sensor dengan Wealthy MAF Cleaner. Ganti filter kabin AC dan ganti wiper depan. total biaya setelah discount jasa 20 % dan discount part 5 % sebesar Rp 615.913..
IMG_20210116_095334.jpg
IMG_20210116_095331.jpg
IMG_20210116_104136.jpg
IMG_20210116_100158.jpg
IMG_20210116_094646.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

No evidence is hoax jadi gue lampirkan foto invoice dan foto throttle body yg kinclong setelah di bersihkan pakai Nissan Engine Conditioner.
IMG_20210116_125631.jpg
IMG_20210116_091714.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Omnibus »

om herman, jangan lupa tanya apa sdh di Idle Volume Learning lagi pakai Nissan scanner Consult III setelah TB dibersihkan. harusnya sih sudah krn wajib kl ga idlenya bisa diatas 1000 rpm dan bisa jg naik turun, tp ga ada salahnya tanya.

abis service ini pasti enak bgt tuh mobilnya ....
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Omnibus wrote:om herman, jangan lupa tanya apa sdh di Idle Volume Learning lagi pakai Nissan scanner Consult III setelah TB dibersihkan. harusnya sih sudah krn wajib kl ga idlenya bisa diatas 1000 rpm dan bisa jg naik turun, tp ga ada salahnya tanya.

abis service ini pasti enak bgt tuh mobilnya ....
Om Omni, sudah di idke volume leaning lagi pakai Nissan Scanner Consult III dan RPM sudah normal dan tidak Naik. Sekarang setelah bersihkan fuel.pump, throttle body dll serta filter bensin nya sekarang saya cukup yakin fuel pump ready for. next 7 year used dan still used premium ron 88 without problem.[emoji16]
:glodak:
HR15DE 2014