Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5690
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by sintoni »

marmut wrote: Wed Apr 03, 2019 5:09
DOHC wrote: Wed Apr 03, 2019 4:30
-

*bagi pejuang hardc*re lipindut, bole tanya om bebonk yg perna ngetap oli lipindut yg baru jalan 7500 km, sisa brapa tuh..

mesin lipindut itu sakti mandraguna dan lebih canggih dari mesin USS Enterprise.
owe 2x ngetap oli mesinnya, yang keluar nda sampe setengah liter. hebat bukan?
Serius nih om? Dipake jadi oli samping kah sama mesinnya?

:mky_06:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

marmut wrote:
DOHC wrote: Wed Apr 03, 2019 4:30
-

*bagi pejuang hardc*re lipindut, bole tanya om bebonk yg perna ngetap oli lipindut yg baru jalan 7500 km, sisa brapa tuh..

mesin lipindut itu sakti mandraguna dan lebih canggih dari mesin USS Enterprise.
owe 2x ngetap oli mesinnya, yang keluar nda sampe setengah liter. hebat bukan?
Mesin lipidut masih mesin kecil biasa saja, tapi mesin GTR baru mesin yg luar biasa menurut saya setelah nonton ini
https://youtu.be/YAtf6UADkI4
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

marmut wrote: Wed Apr 03, 2019 5:09
DOHC wrote: Wed Apr 03, 2019 4:30
-

*bagi pejuang hardc*re lipindut, bole tanya om bebonk yg perna ngetap oli lipindut yg baru jalan 7500 km, sisa brapa tuh..

mesin lipindut itu sakti mandraguna dan lebih canggih dari mesin USS Enterprise.
owe 2x ngetap oli mesinnya, yang keluar nda sampe setengah liter. hebat bukan?
Mesin eco friendly yg sesungguhnya tuh.. berpartisipasi mengurangi limbah B2... prius aj kalah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by P47hos »

rioangga wrote: Tue Apr 02, 2019 9:34 Om om semua.... Benarkah klo grand livina ga boleh dipake ngetem lama2 dalam keadaan mesin dan ac hidup?
Mesinnya tinggi suhu nya om, sedangkan komponen pendingin mobilnya minimal. Fan nya kerja keras jadi klo dipakai jadi genset tuh oli cepet terbakar, nah oli terbakar itu yg bikin ruang bakar kotor dan bikin mesinnya ngelitik, mobil saya 11 tahun, oli shell 10w30 jalan 4000km (istri pakai buat antar jemput anak) sudah biasa nambah 1/2 liter. Yg penting rutin cek dipstick aja, makanya saya jg ga pake oli mahal. Pernah pake shell 5w40 sami mawon nguap nya.
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by P47hos »

rioangga wrote: Wed Apr 03, 2019 4:23 Separah itukah engine pina om? :ungg:
Engine-nya kuat, bloknya aluminium cuma radiatornya kecil dah gitu biasanya org2 jarang yg mau kuras radiator akibatnya ya gitu deh, ring piston kalah duluan, jd oli naik ke ruang bakar
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by slapnuts »

Sepertinya ribet banget ya pelihara livina ini, bahkan sampai nunggu di mobil sambil dinyalakan pun ada aturannya *menurut salah satu postingan user di sini.

Logikanya kalau menunggu di dalam mobil dalam waktu lama ga boleh, rusak semua dong mobil-mobil yang dipakai macet-macetan mudik tiap lebaran/ menunggu buka tutup di puncak apalagi cuaca panas, penumpang penuh, kondisi lingkungan juga panas dikelilingi mobil lain yang panas juga.

Ada-ada saja, salah satu tujuan memakai mobil adalah sebagai transportasi penunjang kenyamanan, gausah terlalu lebay ini itu gaboleh. Kalau ribet, jual aja ganti yang ga rewel. Mobil di rumah T, S, M, sangat sering dipakai ngadem sambil kaca dibuka sedikit, no problem at all, terakhir si logo S cuma minta ganti dinamo Radiator Fan doang karena udah ngorok dan oblak. That’s it.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

btw, mengenai penguapan jg ga bsa dipukul rata brapa liter, bahkan dl OGL ama XR dl ane aj bsa beda tingkat penguapan nya.. yg OGL rada heboh, 5000 km aj bsa top up ampir seliteran, itu pake NGO 10-30.. nah kl di XR, ane ud blajar pake oli full syn yg bagusan, itu jalan 7000an km kira2 ud nambah sliter lebi dikit, tingkat keenceran slalu 5-30.. gaya nyetir mostly sehh alon2, ngeri rusak kaki2 nya dl.. beda kl lg nyetir apanja ane dl, kesetanan mulu, untung ga tralu doyan bakar oli tuh enjin..

mengenai suhu enjin, perna dl colok OBD di autod*ne, baca di alat nya suhu radiator pas idle aj di 93, kondisi radiator dan kipas sehat smua.. kapasitas oli mesin tiap kl ganti oli + filter masuk 3 ampe 3.1 liter ud mentok titik atas..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

sintoni wrote: Wed Apr 03, 2019 5:58
Serius nih om? Dipake jadi oli samping kah sama mesinnya?

:mky_06:


ya serius lah... ini kejadian beneran bukan ngimpi. saya sendiri ampe kaget kok, ada saksinya salah satu member disini.
tapi berkat penjelasan dari suhu Turboman di kamar sebelah jadi nggak heran lagi dah....
rioangga
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 19, 2013 1:55
Daily Vehicle: HR15DE --- QR25DE --- 4D56 --- 3A92 Mivec --- Piaggio Vespa S 150 ie --- Yamaha Mio Z 125

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by rioangga »

Overall sih saya puas beralih dr avanza ke pina terutama dari segi kenyamanan & power mesin saat lagi geber di jalan tol semarang salatiga. Sebelumnya pake avanza cuma berani mentok 110 aja krn suara mesin sdh teriak mungkin krn faktor gear ratio kali ya. Cuma ya itu spare dana utk perawatan kayaknya lebih dr avanza ya. Kmaren tanya2 bengkel kaki2 utk bongkar total sediakan dana 3-4jt diluar shockbreaker krn sdh ada yg jual bushing2nya aja tanpa harus sepaket ama swing arm macam di beres
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

rioangga wrote:Overall sih saya puas beralih dr avanza ke pina terutama dari segi kenyamanan & power mesin saat lagi geber di jalan tol semarang salatiga. Sebelumnya pake avanza cuma berani mentok 110 aja krn suara mesin sdh teriak mungkin krn faktor gear ratio kali ya. Cuma ya itu spare dana utk perawatan kayaknya lebih dr avanza ya. Kmaren tanya2 bengkel kaki2 utk bongkar total sediakan dana 3-4jt diluar shockbreaker krn sdh ada yg jual bushing2nya aja tanpa harus sepaket ama swing arm macam di beres
Maintenance Grand Livina kalau beli dari kondisi baru murah saja asal bawa nya ngak Sruntulan dan mengerti ngerawat mobil, yg paling rutin itu cuma ganti oli mesin (3 ltr X Rp 100 ribu)
sama filter oli (Rp 38 ribu) saja tiap ganti oli mesinnya jasa ganti oli. Pakai saja oli mesin yg fully synthetic 5w30 API SN ganti saja tiap 6 max 7 bulan sekali. Lha saya pakai dari th 2014 dgn bbm saya isi premium Ron 88 saja sampai skrg mesin nya masih sehat kok. BBM pakai Ron 88 saja bisa di MID tadi sore 1 : 16.7 rute komplek tempat tinggal ke Prabumulih Sumsel PP.
IMG_20190403_151143.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by josomba »

marmut wrote: Wed Apr 03, 2019 10:13
sintoni wrote: Wed Apr 03, 2019 5:58
Serius nih om? Dipake jadi oli samping kah sama mesinnya?

:mky_06:


ya serius lah... ini kejadian beneran bukan ngimpi. saya sendiri ampe kaget kok, ada saksinya salah satu member disini.
tapi berkat penjelasan dari suhu Turboman di kamar sebelah jadi nggak heran lagi dah....
:ngacir: :ngacir:
Image
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Michaelktp »

rioangga wrote: Wed Apr 03, 2019 12:09 Overall sih saya puas beralih dr avanza ke pina terutama dari segi kenyamanan & power mesin saat lagi geber di jalan tol semarang salatiga. Sebelumnya pake avanza cuma berani mentok 110 aja krn suara mesin sdh teriak mungkin krn faktor gear ratio kali ya. Cuma ya itu spare dana utk perawatan kayaknya lebih dr avanza ya. Kmaren tanya2 bengkel kaki2 utk bongkar total sediakan dana 3-4jt diluar shockbreaker krn sdh ada yg jual bushing2nya aja tanpa harus sepaket ama swing arm macam di beres
Saya kalau pakai Avanza di tol tidak berani lebih dari 110 km/jam juga secara seperti jet mau take off hahaha. Juga tidak enak dipakai menanjak dan ngelitik...ckckck. Pengalaman waktu coba Nissan GL 1.8L (MR18DE) M/T ke Solo sekalian naik ke Tawangmangu. Memang enak banget handlingnya dan juga saat nenanjak tidak loss power apalagi di jalan tol. FC irit lagi daripada Avanza 1 3L K3-VE yang saya sama ukur dari metode isi full o full.
Kalau GL1.5L tidak pernah coba tapi saya yakin pasti tidak seenak yang 1.8L. Niat mulai hunting Old Nissan GL 1.8L M/T cuman barangnya kok lebih jarang dari Supercar hahaha. Avanza kan GC tinggi jelas lebih nyaman Nissan GL kemana-mana seperti SpinDies yang GC rendah. Karena itu Avanza 2012 saya malah jadi penjaga garasi dan odometer baru 68K km tapi SpinDies 2014 sudah 120K km.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by IGedeAmat »

Michaelktp wrote: Thu Apr 04, 2019 1:59
rioangga wrote: Wed Apr 03, 2019 12:09 Overall sih saya puas beralih dr avanza ke pina terutama dari segi kenyamanan & power mesin saat lagi geber di jalan tol semarang salatiga. Sebelumnya pake avanza cuma berani mentok 110 aja krn suara mesin sdh teriak mungkin krn faktor gear ratio kali ya. Cuma ya itu spare dana utk perawatan kayaknya lebih dr avanza ya. Kmaren tanya2 bengkel kaki2 utk bongkar total sediakan dana 3-4jt diluar shockbreaker krn sdh ada yg jual bushing2nya aja tanpa harus sepaket ama swing arm macam di beres
Saya kalau pakai Avanza di tol tidak berani lebih dari 110 km/jam juga secara seperti jet mau take off hahaha. Juga tidak enak dipakai menanjak dan ngelitik...ckckck. Pengalaman waktu coba Nissan GL 1.8L (MR18DE) M/T ke Solo sekalian naik ke Tawangmangu. Memang enak banget handlingnya dan juga saat nenanjak tidak loss power apalagi di jalan tol. FC irit lagi daripada Avanza 1 3L K3-VE yang saya sama ukur dari metode isi full o full.
Kalau GL1.5L tidak pernah coba tapi saya yakin pasti tidak seenak yang 1.8L. Niat mulai hunting Old Nissan GL 1.8L M/T cuman barangnya kok lebih jarang dari Supercar hahaha. Avanza kan GC tinggi jelas lebih nyaman Nissan GL kemana-mana seperti SpinDies yang GC rendah. Karena itu Avanza 2012 saya malah jadi penjaga garasi dan odometer baru 68K km tapi SpinDies 2014 sudah 120K km.
Kayaknya yang banyak di bully dari Nissan emang HR Series engine nya ya
(HR15 nya Livina ama HR12 nya march)

MR Series engine mah kayaknya fine2 aja...
rioangga
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 19, 2013 1:55
Daily Vehicle: HR15DE --- QR25DE --- 4D56 --- 3A92 Mivec --- Piaggio Vespa S 150 ie --- Yamaha Mio Z 125

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by rioangga »

IGedeAmat wrote: Fri Apr 05, 2019 1:48
Michaelktp wrote: Thu Apr 04, 2019 1:59
rioangga wrote: Wed Apr 03, 2019 12:09 Overall sih saya puas beralih dr avanza ke pina terutama dari segi kenyamanan & power mesin saat lagi geber di jalan tol semarang salatiga. Sebelumnya pake avanza cuma berani mentok 110 aja krn suara mesin sdh teriak mungkin krn faktor gear ratio kali ya. Cuma ya itu spare dana utk perawatan kayaknya lebih dr avanza ya. Kmaren tanya2 bengkel kaki2 utk bongkar total sediakan dana 3-4jt diluar shockbreaker krn sdh ada yg jual bushing2nya aja tanpa harus sepaket ama swing arm macam di beres
Saya kalau pakai Avanza di tol tidak berani lebih dari 110 km/jam juga secara seperti jet mau take off hahaha. Juga tidak enak dipakai menanjak dan ngelitik...ckckck. Pengalaman waktu coba Nissan GL 1.8L (MR18DE) M/T ke Solo sekalian naik ke Tawangmangu. Memang enak banget handlingnya dan juga saat nenanjak tidak loss power apalagi di jalan tol. FC irit lagi daripada Avanza 1 3L K3-VE yang saya sama ukur dari metode isi full o full.
Kalau GL1.5L tidak pernah coba tapi saya yakin pasti tidak seenak yang 1.8L. Niat mulai hunting Old Nissan GL 1.8L M/T cuman barangnya kok lebih jarang dari Supercar hahaha. Avanza kan GC tinggi jelas lebih nyaman Nissan GL kemana-mana seperti SpinDies yang GC rendah. Karena itu Avanza 2012 saya malah jadi penjaga garasi dan odometer baru 68K km tapi SpinDies 2014 sudah 120K km.
Kayaknya yang banyak di bully dari Nissan emang HR Series engine nya ya
(HR15 nya Livina ama HR12 nya march)

MR Series engine mah kayaknya fine2 aja...
Klo hr15 saya rasa ga ada masalah jg sih om. Cuma masalah nglitik dan oli nguap aja. Nglitik biasanya hilang setelah carbon clean tp biasanya jalan 3000an km dah nglitik lg. Miara lipina ini hampir mirip ngerawat cewek om sering sering diperhatiin ama di manja ajah :big_blushing:
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Michaelktp »

IGedeAmat wrote: Fri Apr 05, 2019 1:48
Kayaknya yang banyak di bully dari Nissan emang HR Series engine nya ya
(HR15 nya Livina ama HR12 nya march)

MR Series engine mah kayaknya fine2 aja...
CR Nissan HR sudah 10,5:1 dan jauh lebih tinggi dari CR Nissan MR yang hanya 9,9:1.
Secara masalahnya Nissan MR tidak ada displacement 1.5L seperti Nissan HR. Padahal untuk segmen LMPV Indo DM yang sangat concern pada biaya operasional tentu mission impossible jika harus memakai bensin dengan oktan tinggi pada HR15DE. Secara segmen yang diatas LMPV seperti Midsized SUV Monocoque dan Ladder Frame pun masih banyak yang menenggak BBM oktan rendah. CR mesin Mercedes M274 yang dipakai oleh MB C-Class W205 2.0L saja juga hanya 9,8:1
Kembali ke Nissan MR yang lebih bersahabat dengan bensin oktan rendah. MR series engine adalah replacement dari Nissan QR20DE yang penuh masalah terutama di sektor ECU. Akhirnya QR20DE discontinue tahun 2004 dan full digantikan oleh MR series engine. Nasib QR20DE berbeda jauh dengan QR25DE yang lebih robust sehingga bisa dipakai Nissan X-Trail T30 - T32 yang terlalu underpowered jika memakai Nissan MR20DE. Nissan MR menjadi sangat populer sejak diadopsi di Nissan Qashqai yang jauh lebih sukses penjualannya secara global daripada X-Trail apalagi Juke. Untuk MR displacement yang lebih kecil 1.8L dipakai oleh Nissan Latio dan GL 1.8L yang merupakan AUV Nissan saja bukan platform global. Sayangnya sekarang MR18DE juga sudah tidak eksis lagi di Indo DM karena AN Livina 2019 hanya memakai Mitsu 4A91 1.5L yang sama dengan Xpander.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by lemonadelovers »

Menurut saya ngelitiknya livina selain krna Faktor kompresi, jumlah oli yg sekitar 3literan jg bikin mesin panas dan memicu ngelitik apalagi ditambah penggunaan d daerah tropis dan macet stop n go sebaiknya pakai oli fullsynth ug bagus dan pakai busi setingkat lbh dingin dr standar
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

sebenernya mesin HR ama MR itu masi saudara kandung koq, lahir dari pabrik batu makam yg sama di aichi sana.. teknologi mreka ber2 jg mirip, beda di displacement nya aj, HR utk 1.6 and below, MR utk 1.8 ama 2.0 litre... cuman kl mnurut hemat ane, problem plg fatal nya yah si HR kompresi ketinggian, dan lahir di waktu yg salah aj, dmana bensin oktan tertinggi waktu taon 2010 ke bawah, plg mentok cuman 95..

btw, dl perna baca2 di forum lipindut nya malon, disana aj mreka jg ngeluh hal yg sama, musti pake oktan 98 baru ilang tuh glitik.. bayangin aj bensin terbusuk nya mreka yg oktan 95 aj masi bkin glitik..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by arief225 »

lemonadelovers wrote:Menurut saya ngelitiknya livina selain krna Faktor kompresi, jumlah oli yg sekitar 3literan jg bikin mesin panas dan memicu ngelitik apalagi ditambah penggunaan d daerah tropis dan macet stop n go sebaiknya pakai oli fullsynth ug bagus dan pakai busi setingkat lbh dingin dr standar
Remap om. Masalah biasanya ilang abis remap. Dulu saya juga ada livina ngelitik. Setelah remap tenaganya naik dan ngelitik ilang. Setelah ngeremap itu sekarang mobil sata semua di remap karna torsinya yg cukup untuk menyalip dan sering selip roda hehe.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

piara mesin lipindut inti nya yah musti rajin carbon clean, bersihin TB (pasang OCT lebi afdol), modalin oli bagus, rajin cek oli, ganti coolant laknat bawaan pabrik yg doyan bkin endapan2 ga jlas... sisanya mah biasa aj, mau hajar premium terus jg gapapa.. ane punya dl dgn prawatan kaya gt aja tembus 130an rebu masi strong dan minim glitik pas dijual..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by lemonadelovers »

arief225 wrote: Mon Apr 08, 2019 11:04
lemonadelovers wrote:Menurut saya ngelitiknya livina selain krna Faktor kompresi, jumlah oli yg sekitar 3literan jg bikin mesin panas dan memicu ngelitik apalagi ditambah penggunaan d daerah tropis dan macet stop n go sebaiknya pakai oli fullsynth ug bagus dan pakai busi setingkat lbh dingin dr standar
Remap om. Masalah biasanya ilang abis remap. Dulu saya juga ada livina ngelitik. Setelah remap tenaganya naik dan ngelitik ilang. Setelah ngeremap itu sekarang mobil sata semua di remap karna torsinya yg cukup untuk menyalip dan sering selip roda hehe.
Remap biayanya ga sedikit om, ini yg bikin saya mikir toyota bikin innova bensin n diesel kebutuhan olinya dibikin banyak 6-7liter ya selain buat pelumasan, membilas kotoran jg mendinginkan mesin kan..
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Michaelktp »

CR mesib K3-VE saja 10,3:1 dan sekarang juga ngelitik walaupun pakai RON 90 dan lemot nanjak. Masih better K3-DE tahun 2004 di AvXen saya dulu dan tidak terasa ngelitik dan enak menanjak. Secara mesin juga dari Daihatsu YR-V 1.3L.yang dipetelin Turbonya. Perbedaan K3-DE tahun 2004 masih CBU DMC Japan dan K3-VE sudah diproduksi oleh PT. TMMIN di Karawang Plant..
CR Nissan HR terbaru sekarang yang DDT malah sudah melonjak ke 11,1-13:1 . Sudah nyaris sama dengan mesin Mazda SKY-G yang juga diturunkan CR ke 13:1 spesial untuk Mazda CX-5 Indo DM dari CX-5 JDM yang 14:1 . Sementara CR MRA8DE yang pengembangan terbaru dari MR18DE masih konsisten di 9,9:1 tapi power maksimum naik dari 126 HP KE 130 HP dengan Dual CVTC dan intake. .Asli membikin penasaran saja performa MRA8DE apalagi setelah pernah merasakan performa MR18DE #mimpidisiangbolong hahaha.
Last edited by Michaelktp on Mon Apr 08, 2019 12:11, edited 1 time in total.
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by arief225 »

lemonadelovers wrote:
arief225 wrote: Mon Apr 08, 2019 11:04
lemonadelovers wrote:Menurut saya ngelitiknya livina selain krna Faktor kompresi, jumlah oli yg sekitar 3literan jg bikin mesin panas dan memicu ngelitik apalagi ditambah penggunaan d daerah tropis dan macet stop n go sebaiknya pakai oli fullsynth ug bagus dan pakai busi setingkat lbh dingin dr standar
Remap om. Masalah biasanya ilang abis remap. Dulu saya juga ada livina ngelitik. Setelah remap tenaganya naik dan ngelitik ilang. Setelah ngeremap itu sekarang mobil sata semua di remap karna torsinya yg cukup untuk menyalip dan sering selip roda hehe.
Remap biayanya ga sedikit om, ini yg bikin saya mikir toyota bikin innova bensin n diesel kebutuhan olinya dibikin banyak 6-7liter ya selain buat pelumasan, membilas kotoran jg mendinginkan mesin kan..
Remap di bandung om. 3jt an untuk nisan and honda nonturbo. Klo turbo tambah 1jt an. Hasilnya maknyus om. Makanya om klo misalnya beli mobil baru saya saranin remap om biar di itung itung murah jadinya[emoji16]. Bbm juga irit om, tpi jalan tol ya.
Saya dapet 1:18 pake crv 2400.
IMG-20190327-WA0002.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by supriyadi »

Misi Om, mau nanya & minta pencerahannya. Kalo pas AC hidup dan mesin dalam keadaan idle, begitu fan hidup bodi terasa agak bergetar sesaat sekitar 2-4 detik. Apa penyebab & solusinya? Tolong infonya Om. Terimakasih :big_deal: :big_deal:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Saya coba kasih info artikel yg pernah saya baca saja karena mobil.ANGL CVT th 2014 punya saya belum ada case seperti itu.
Bisa Om baca artikel berikut mungkin bisa membantu.
https://doktermobil.net/jika-ac-mobil-g ... nggu-anda/
supriyadi wrote:Misi Om, mau nanya & minta pencerahannya. Kalo pas AC hidup dan mesin dalam keadaan idle, begitu fan hidup bodi terasa agak bergetar sesaat sekitar 2-4 detik. Apa penyebab & solusinya? Tolong infonya Om. Terimakasih :big_deal: :big_deal:
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

supriyadi wrote: Thu Apr 25, 2019 1:25 Misi Om, mau nanya & minta pencerahannya. Kalo pas AC hidup dan mesin dalam keadaan idle, begitu fan hidup bodi terasa agak bergetar sesaat sekitar 2-4 detik. Apa penyebab & solusinya? Tolong infonya Om. Terimakasih :big_deal: :big_deal:

sudah diperiksa fan shroud-nya?
jangan mikir aneh-aneh dulu apalagi yang mahal-mahal. bisa gila nanti.
semua kasus itu diperiksa dari mulai yang termurah dan termudah dulu.

saya pernah nemu kasus persis seperti ini di yaris, baut fan shroud kendor dan ganjel karet yang dibawah hilang.
cukup dikencangkan lagi bautnya dan kasih ganjel karet, selesai sudah.