Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by benzz89 »

WAH mirip ama lipindut punya ane nih dulu, cuman ane trim ultimate.

Rawatan BeRes kok kaya gini yah hasilnya? Kaya kurang terawat (sekali) unitnya om...

KM jg sdh gondrong 270 ribu, kl benar2 terawat sih biar KM segitu harusnya matic & kaki2 msh seger (preventive maintenance nya jalan).

Mesin L10 sih rajanya ngilitik & makan oli, kl liat olinya sdh hitam & kurang jauh di deep stick sih keliatan gak terawat itu mobilnya om, blom koil sdh terdeteksi bermasalah, dulu adik ane ganti koil 4 biji kena 1,6 jutaan taon 2018, ntah skrg berapa harganya, mesin L10 jg.

Saran ane sih mending jgn diambil om, biar dikata mau bantu kolega jg... kecuali si om memang sdh siap mental buat pelihara lebih lanjut itu lipindutnya ya go ahead deh.

Akhirnya ada jg yah lipindut yg nyampe 270 ribu KM dlm waktu 9 taon... nungguin punya Om Herman kelamaan msh 13 taonan lg baru nyampe di KM segituan... Om klep sdh keburu nimang cucu itu mah hahahah [emoji1787]
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

evanbngdor wrote: 16 Sep 2021, 13:46 Siang om-om para leluhur pengguna GL resink engine.

Tolong tanya, kalau Grand Livina XV matic L10 mesin HR15DE, odometer 270rb tahun 2012. Kira-kira layak untuk dipertimbangkan ngga ya? Kebetulan ada kolega yang butuh dana, ditawarkan sedikit dibawah pasaran >60jt.

Secara maintenance sih selalu rutin berkala sesuai manual book ke beres batu makam termasuk penggantian part hingga saat ini. Cuma catatan nya itu:
1. Matic susah masuk, ada selip dan kalau dingin ngga langsung jalan
2. Kaki-kaki butuh peremajaan yg jelas support shock depan dan arm.
3. Mesin belum ngecek apakah ada sludge atau ngga yg jelas udah waktunya ganti oli, hitam pekat dan kondisi 1/2 dipstick. Ngga ada ngelitik
4. Ada baret & penyok di 5 panel body karena dr baru ngga pernah repaint bahkan poles sekalipun.
5. Koil ada gejala bocor dan busi sudah 70rb km belum diganti

Rencana nya kalo biaya perbaikan masih dalam batas wajar, saya mau ambil mobil ini buat dipake sama ortu sehari-sehari ya meskipun kebanyakan sih bakal standby aja selama pandemi gini. Setidaknya ada mobil matic yg bisa dipake kalo lg males pegel2an karena skg adanya 3 pedal semua
:mky_01:

Terima kasih sebelumnya
Bantu jawab ya Om...
1. Anggaplah msh bisa diakalin dgn pake additive tp lbh baik turun maticnya dan ganti seal serta bersihkan kotoran di Valve nya. Estimasi sekitar 5 jutaan drpd nanti mobilnya ngga bs jalan krn stuck di kampas kopling maticnya.
2. Ini bisa pake parts yg Thailand pny kok om.
3. Nah kl ini mendingan bawa ke spesialis dan buka cover engine atas, paling bayar 250 rb sdh sama gasketnya
4. Bisa ditouch up
5. Mayan ini kl mau awet ganti busi 4 ori dan koil kl apes kena bukan di selongsong maka bisa 2 juta u 1 set pakai pny Nissan March.

Dari semua itu paling ngga om mesti spare 10-15 juta.
Knp segitu krn asumsi saya worst case mesin sludge dan mesti turun 1/2 mesin u bersihkan sludge nya sekalian ganti seal engine.

Kl ngecek paling enak ya bawa ke beres bayar 300 rb u tau semua penyakit dan estimasi biaya nya.

Kl ditawarin di harga 40-50 juta okelah Om...
Krn pasaran skrg dia di harga 70 jutaan kecuali kondisi super mint bisa tembus 80 an.
Tinggal om aja mesti segera beresin nomor 1 dan no 3 begitu angkat unitnya..
Dan terakhir ganti semua fluidanya dari oli, coolant dan ATF nya plus minyak rem.

Demikian pendapat nubie mengenai case Om yg ditawarkan kolega L10 dgn kondisi begitulah dan opsinya antara ambil atau ngga...
Jgn lupa cek ac nya gmn...jgn2 ac lbh parah krn itu ATF aja saya yakin ngga ganti olinya :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by evanbngdor »

blloewy wrote: 16 Sep 2021, 16:12
Bantu jawab ya Om...
1. Anggaplah msh bisa diakalin dgn pake additive tp lbh baik turun maticnya dan ganti seal serta bersihkan kotoran di Valve nya. Estimasi sekitar 5 jutaan drpd nanti mobilnya ngga bs jalan krn stuck di kampas kopling maticnya.
2. Ini bisa pake parts yg Thailand pny kok om.
3. Nah kl ini mendingan bawa ke spesialis dan buka cover engine atas, paling bayar 250 rb sdh sama gasketnya
4. Bisa ditouch up
5. Mayan ini kl mau awet ganti busi 4 ori dan koil kl apes kena bukan di selongsong maka bisa 2 juta u 1 set pakai pny Nissan March.

Dari semua itu paling ngga om mesti spare 10-15 juta.
Knp segitu krn asumsi saya worst case mesin sludge dan mesti turun 1/2 mesin u bersihkan sludge nya sekalian ganti seal engine.

Kl ngecek paling enak ya bawa ke beres bayar 300 rb u tau semua penyakit dan estimasi biaya nya.

Kl ditawarin di harga 40-50 juta okelah Om...
Krn pasaran skrg dia di harga 70 jutaan kecuali kondisi super mint bisa tembus 80 an.
Tinggal om aja mesti segera beresin nomor 1 dan no 3 begitu angkat unitnya..
Dan terakhir ganti semua fluidanya dari oli, coolant dan ATF nya plus minyak rem.

Demikian pendapat nubie mengenai case Om yg ditawarkan kolega L10 dgn kondisi begitulah dan opsinya antara ambil atau ngga...
Jgn lupa cek ac nya gmn...jgn2 ac lbh parah krn itu ATF aja saya yakin ngga ganti olinya :big_grin:
Ya itung2 bantu, restorasi kerusakan, seapes2nya dijual lg masih impas ya Om kalo dia ngelepas 40jt
:mky_01:

AC sih saya ngga ngeliat detail banget, yg jelas masih dingin dan kebetulan kolega termasuk orang yg resik, interior bisa dibilang ngga ada cacat, bahkan setir pun ngga botak, device bluetooth bawaan dealer itu masih berfungsi dengan baik. Cuma memang perawatan berkala sepenuhnya diserahkan ke bengkel resmi.
benzz89 wrote: 16 Sep 2021, 16:10 WAH mirip ama lipindut punya ane nih dulu, cuman ane trim ultimate.

Rawatan BeRes kok kaya gini yah hasilnya? Kaya kurang terawat (sekali) unitnya om...

KM jg sdh gondrong 270 ribu, kl benar2 terawat sih biar KM segitu harusnya matic & kaki2 msh seger (preventive maintenance nya jalan).

Mesin L10 sih rajanya ngilitik & makan oli, kl liat olinya sdh hitam & kurang jauh di deep stick sih keliatan gak terawat itu mobilnya om, blom koil sdh terdeteksi bermasalah, dulu adik ane ganti koil 4 biji kena 1,6 jutaan taon 2018, ntah skrg berapa harganya, mesin L10 jg.

Saran ane sih mending jgn diambil om, biar dikata mau bantu kolega jg... kecuali si om memang sdh siap mental buat pelihara lebih lanjut itu lipindutnya ya go ahead deh.

Akhirnya ada jg yah lipindut yg nyampe 270 ribu KM dlm waktu 9 taon... nungguin punya Om Herman kelamaan msh 13 taonan lg baru nyampe di KM segituan... Om klep sdh keburu nimang cucu itu mah hahahah [emoji1787]
Siap om, ditampung advise nya.

270rb dalam 9 tahun sih setau saya dia resepnya Meruya-Karawang tiap hari Om, sangat wajar
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: 16 Sep 2021, 16:26
270rb dalam 9 tahun sih setau saya dia resepnya Meruya-Karawang tiap hari Om, sangat wajar
:mky_01:
Numpang coret2 y mbah

Terlepas niatan bantu kolega nya, saya cuman mo komen sikit mengenai odo mobil

Kl saya seh, pas dulu2 iseng hunting mobkas, utk mobil2 yg enjin blok nya aluminium tanpa liner, apalagi yg tanpa piston oil jet squirter (sperti d L10 ini, untungnya L11 ud ada), maka odo d atas 160 rebu pasti saya skip.. resiko nya ga worth the money soalnya



Bahkan utk yg rutin gantol tiap 5 rebu km skalipun
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: 16 Sep 2021, 16:51
evanbngdor wrote: 16 Sep 2021, 16:26
270rb dalam 9 tahun sih setau saya dia resepnya Meruya-Karawang tiap hari Om, sangat wajar
:mky_01:
Numpang coret2 y mbah

Terlepas niatan bantu kolega nya, saya cuman mo komen sikit mengenai odo mobil

Kl saya seh, pas dulu2 iseng hunting mobkas, utk mobil2 yg enjin blok nya aluminium tanpa liner, apalagi yg tanpa piston oil jet squirter (sperti d L10 ini, untungnya L11 ud ada), maka odo d atas 160 rebu pasti saya skip.. resiko nya ga worth the money soalnya



Bahkan utk yg rutin gantol tiap 5 rebu km skalipun
Tossss dulu om, saya geleng2 ada levina HR15 awal masih bisa survive sampe 270rb. Dulu levina HR15 2007 akhir saya dg pakean jorok pun jalan 135rb pas th 2012an itu oli udah mulai sering nambah 1lt 1lt dan bensinnya lebih boros (1:8).

Walaupun saya tau levina awal itu dg umur sekarang udah kaya embah2 masih ada aja yg jalan. Kesimpulannya unt mesin spesial ini dg kondisi gitu = SKIP, kl ada yg 1.8 lebih menantang. Tp bukan banding2in konteksnya om evan, karena bantu kolega yg belum tentu persisnya rawat gmn dan rawatan beres kalo capnya nissan saya ndak percaya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

erwinign wrote: 16 Sep 2021, 17:19
DOHC wrote: 16 Sep 2021, 16:51
evanbngdor wrote: 16 Sep 2021, 16:26
270rb dalam 9 tahun sih setau saya dia resepnya Meruya-Karawang tiap hari Om, sangat wajar
:mky_01:
Numpang coret2 y mbah

Terlepas niatan bantu kolega nya, saya cuman mo komen sikit mengenai odo mobil

Kl saya seh, pas dulu2 iseng hunting mobkas, utk mobil2 yg enjin blok nya aluminium tanpa liner, apalagi yg tanpa piston oil jet squirter (sperti d L10 ini, untungnya L11 ud ada), maka odo d atas 160 rebu pasti saya skip.. resiko nya ga worth the money soalnya



Bahkan utk yg rutin gantol tiap 5 rebu km skalipun
Tossss dulu om, saya geleng2 ada levina HR15 awal masih bisa survive sampe 270rb. Dulu levina HR15 2007 akhir saya dg pakean jorok pun jalan 135rb pas th 2012an itu oli udah mulai sering nambah 1lt 1lt dan bensinnya lebih boros (1:8).

Walaupun saya tau levina awal itu dg umur sekarang udah kaya embah2 masih ada aja yg jalan. Kesimpulannya unt mesin spesial ini dg kondisi gitu = SKIP, kl ada yg 1.8 lebih menantang. Tp bukan banding2in konteksnya om evan, karena bantu kolega yg belum tentu persisnya rawat gmn dan rawatan beres kalo capnya nissan saya ndak percaya
kl dibilang bisa sehhh pasti bisa om

cuman yah tingkat keausan nya pasti lebi tinggi aj, ibaratnya tinggal nunggu aj kapan napas terakir nya , nahh kl ud napas trakir, disini baru mulai ga enak nya... kcuali sarinande atau bengkel bubut d kramat sana ud ngerti gmana cara nambah daging di liner, atau bsa masupin liner custom, baru dehh silahkeun...

kcuali sperti yg saya blg d atas, enjin blok aluminium non liner tapiiiii ber piston oil squirter... ini (umumnya) bsa agak panjang umurnya, bahkan mendekati cast iron enjin blok (walapun kl ud napas trakir, yah tetep aj nasip nya bakal di kilo in di parung, ga bsa di slip liner).. pengecualian utk enjin hyundai kia theta 2 yah, ini mesin ada cacad disain dari fabriek
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 16 Sep 2021, 16:51
Numpang coret2 y mbah

Terlepas niatan bantu kolega nya, saya cuman mo komen sikit mengenai odo mobil

Kl saya seh, pas dulu2 iseng hunting mobkas, utk mobil2 yg enjin blok nya aluminium tanpa liner, apalagi yg tanpa piston oil jet squirter (sperti d L10 ini, untungnya L11 ud ada), maka odo d atas 160 rebu pasti saya skip.. resiko nya ga worth the money soalnya
ngomong apa ini mbah ..... *aku benci pikiranku* :e-wall:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 16 Sep 2021, 18:49
DOHC wrote: 16 Sep 2021, 16:51
Numpang coret2 y mbah

Terlepas niatan bantu kolega nya, saya cuman mo komen sikit mengenai odo mobil

Kl saya seh, pas dulu2 iseng hunting mobkas, utk mobil2 yg enjin blok nya aluminium tanpa liner, apalagi yg tanpa piston oil jet squirter (sperti d L10 ini, untungnya L11 ud ada), maka odo d atas 160 rebu pasti saya skip.. resiko nya ga worth the money soalnya
ngomong apa ini mbah ..... *aku benci pikiranku* :e-wall:
iseng hunting panty liner yg bekas squirter, resiko nya ga worth it digebukin massa :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:


# kaboer sblom di gembok

# ehh ini kan bukan tret hentul, gapapa d :upss: :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: 16 Sep 2021, 18:08

kl dibilang bisa sehhh pasti bisa om

cuman yah tingkat keausan nya pasti lebi tinggi aj, ibaratnya tinggal nunggu aj kapan napas terakir nya , nahh kl ud napas trakir, disini baru mulai ga enak nya... kcuali sarinande atau bengkel bubut d kramat sana ud ngerti gmana cara nambah daging di liner, atau bsa masupin liner custom, baru dehh silahkeun...

kcuali sperti yg saya blg d atas, enjin blok aluminium non liner tapiiiii ber piston oil squirter... ini (umumnya) bsa agak panjang umurnya, bahkan mendekati cast iron enjin blok (walapun kl ud napas trakir, yah tetep aj nasip nya bakal di kilo in di parung, ga bsa di slip liner).. pengecualian utk enjin hyundai kia theta 2 yah, ini mesin ada cacad disain dari fabriek
Mbah rektor ini sebabnya ya kenapa Lipindut L10 mesti pakai oli bagus atau penggantian oli dipercepat kl pake oli so so...karena efek pelumasannya akan jauh berkurang dan potensi buat baret liner nya yg akhir nya duar....kagak bisa diapa2in lagi itu engine blok selain ganti set :big_think:
Beda ama mobil2 jadul macem Timor gt ya? Kl liner baret msh bisa diakalin, begitu kah maksudnya?
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: 16 Sep 2021, 19:23
DOHC wrote: 16 Sep 2021, 18:08

kl dibilang bisa sehhh pasti bisa om

cuman yah tingkat keausan nya pasti lebi tinggi aj, ibaratnya tinggal nunggu aj kapan napas terakir nya , nahh kl ud napas trakir, disini baru mulai ga enak nya... kcuali sarinande atau bengkel bubut d kramat sana ud ngerti gmana cara nambah daging di liner, atau bsa masupin liner custom, baru dehh silahkeun...

kcuali sperti yg saya blg d atas, enjin blok aluminium non liner tapiiiii ber piston oil squirter... ini (umumnya) bsa agak panjang umurnya, bahkan mendekati cast iron enjin blok (walapun kl ud napas trakir, yah tetep aj nasip nya bakal di kilo in di parung, ga bsa di slip liner).. pengecualian utk enjin hyundai kia theta 2 yah, ini mesin ada cacad disain dari fabriek
Mbah rektor ini sebabnya ya kenapa Lipindut L10 mesti pakai oli bagus atau penggantian oli dipercepat kl pake oli so so...karena efek pelumasannya akan jauh berkurang dan potensi buat baret liner nya yg akhir nya duar....kagak bisa diapa2in lagi itu engine blok selain ganti set :big_think:
Beda ama mobil2 jadul macem Timor gt ya? Kl liner baret msh bisa diakalin, begitu kah maksudnya?
tepat sekali

plus jgn lupa, HR15DE itu kan stelan nya enjin super mega maha resing banget... jadi nya lebi panas dari mesin F1, makanya oli jelek kere hore pasti gampang nguap kebakar

kl enjin2 jadul kaya timor gt, (kl saya ga salah, krn ga perna punya, apalagi nyobain temen punya) dia enjin blok nya masi dari besi cor, jadi biasanya yg kalah duluan itu d ring piston, kl liner nya, slama ga parah2 amat, paling di honing sikit jg ud ckup (coba mbah 69 kl baca bsa di konfirmasi lagi statement nubie ini)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 16 Sep 2021, 19:30
blloewy wrote: 16 Sep 2021, 19:23
DOHC wrote: 16 Sep 2021, 18:08

kl dibilang bisa sehhh pasti bisa om

cuman yah tingkat keausan nya pasti lebi tinggi aj, ibaratnya tinggal nunggu aj kapan napas terakir nya , nahh kl ud napas trakir, disini baru mulai ga enak nya... kcuali sarinande atau bengkel bubut d kramat sana ud ngerti gmana cara nambah daging di liner, atau bsa masupin liner custom, baru dehh silahkeun...

kcuali sperti yg saya blg d atas, enjin blok aluminium non liner tapiiiii ber piston oil squirter... ini (umumnya) bsa agak panjang umurnya, bahkan mendekati cast iron enjin blok (walapun kl ud napas trakir, yah tetep aj nasip nya bakal di kilo in di parung, ga bsa di slip liner).. pengecualian utk enjin hyundai kia theta 2 yah, ini mesin ada cacad disain dari fabriek
Mbah rektor ini sebabnya ya kenapa Lipindut L10 mesti pakai oli bagus atau penggantian oli dipercepat kl pake oli so so...karena efek pelumasannya akan jauh berkurang dan potensi buat baret liner nya yg akhir nya duar....kagak bisa diapa2in lagi itu engine blok selain ganti set :big_think:
Beda ama mobil2 jadul macem Timor gt ya? Kl liner baret msh bisa diakalin, begitu kah maksudnya?
tepat sekali

plus jgn lupa, HR15DE itu kan stelan nya enjin super mega maha resing banget... jadi nya lebi panas dari mesin F1, makanya oli jelek kere hore pasti gampang nguap kebakar

kl enjin2 jadul kaya timor gt, (kl saya ga salah, krn ga perna punya, apalagi nyobain temen punya) dia enjin blok nya masi dari besi cor, jadi biasanya yg kalah duluan itu d ring piston, kl liner nya, slama ga parah2 amat, paling di honing sikit jg ud ckup (coba mbah 69 kl baca bsa di konfirmasi lagi statement nubie ini)
untuk lebih tepat (dan seru) nya besok mbah blower tanya ke part center apakah ada piston oversize utk lipina L10. biasanya oversize 25, oversize 50, dan 100. kl ada berarti cyl bore juga bisa di oversize, by factory guideline.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

DOHC wrote: 16 Sep 2021, 19:30
plus jgn lupa, HR15DE itu kan stelan nya enjin super mega maha resing banget... jadi nya lebi panas dari mesin F1, makanya oli jelek kere hore pasti gampang nguap kebakar

kl enjin2 jadul kaya timor gt, (kl saya ga salah, krn ga perna punya, apalagi nyobain temen punya) dia enjin blok nya masi dari besi cor, jadi biasanya yg kalah duluan itu d ring piston, kl liner nya, slama ga parah2 amat, paling di honing sikit jg ud ckup (coba mbah 69 kl baca bsa di konfirmasi lagi statement nubie ini)


hanya satu solusinya :

Mesran Super SAE 20w50 API SE.

dapat dibeli di museum terdekat.



:ngacir:
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Spies »

DOHC wrote: 16 Sep 2021, 16:51
evanbngdor wrote: 16 Sep 2021, 16:26
270rb dalam 9 tahun sih setau saya dia resepnya Meruya-Karawang tiap hari Om, sangat wajar
:mky_01:
Numpang coret2 y mbah

Terlepas niatan bantu kolega nya, saya cuman mo komen sikit mengenai odo mobil

Kl saya seh, pas dulu2 iseng hunting mobkas, utk mobil2 yg enjin blok nya aluminium tanpa liner, apalagi yg tanpa piston oil jet squirter (sperti d L10 ini, untungnya L11 ud ada), maka odo d atas 160 rebu pasti saya skip.. resiko nya ga worth the money soalnya



Bahkan utk yg rutin gantol tiap 5 rebu km skalipun
L10 saya odo baru 56,500 km mbah.. Berarti masih ada sisa 103,500 km lagi :mky_01: :mky_01: :mky_01:

Mudah2an kuat dipake beberapa taun lagi, sambil nabung buat upgrade :ungg:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Spies wrote: 16 Sep 2021, 21:58
DOHC wrote: 16 Sep 2021, 16:51
evanbngdor wrote: 16 Sep 2021, 16:26
270rb dalam 9 tahun sih setau saya dia resepnya Meruya-Karawang tiap hari Om, sangat wajar
:mky_01:
Numpang coret2 y mbah

Terlepas niatan bantu kolega nya, saya cuman mo komen sikit mengenai odo mobil

Kl saya seh, pas dulu2 iseng hunting mobkas, utk mobil2 yg enjin blok nya aluminium tanpa liner, apalagi yg tanpa piston oil jet squirter (sperti d L10 ini, untungnya L11 ud ada), maka odo d atas 160 rebu pasti saya skip.. resiko nya ga worth the money soalnya



Bahkan utk yg rutin gantol tiap 5 rebu km skalipun
L10 saya odo baru 56,500 km mbah.. Berarti masih ada sisa 103,500 km lagi :mky_01: :mky_01: :mky_01:

Mudah2an kuat dipake beberapa taun lagi, sambil nabung buat upgrade :ungg:
ahh 56 rebu

masi hanimon itu

:mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

marmut wrote: 16 Sep 2021, 21:08
DOHC wrote: 16 Sep 2021, 19:30
plus jgn lupa, HR15DE itu kan stelan nya enjin super mega maha resing banget... jadi nya lebi panas dari mesin F1, makanya oli jelek kere hore pasti gampang nguap kebakar

kl enjin2 jadul kaya timor gt, (kl saya ga salah, krn ga perna punya, apalagi nyobain temen punya) dia enjin blok nya masi dari besi cor, jadi biasanya yg kalah duluan itu d ring piston, kl liner nya, slama ga parah2 amat, paling di honing sikit jg ud ckup (coba mbah 69 kl baca bsa di konfirmasi lagi statement nubie ini)


hanya satu solusinya :

Mesran Super SAE 20w50 API SE.

dapat dibeli di museum terdekat.



:ngacir:
kirain wins sae 40 ,

beli dari drum2an nya si ayung bonjer :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: 08 Jul 2016, 13:15

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Woompy »

evanbngdor wrote: 16 Sep 2021, 13:46 Siang om-om para leluhur pengguna GL resink engine.

Tolong tanya, kalau Grand Livina XV matic L10 mesin HR15DE, odometer 270rb tahun 2012. Kira-kira layak untuk dipertimbangkan ngga ya? Kebetulan ada kolega yang butuh dana, ditawarkan sedikit dibawah pasaran >60jt.

Secara maintenance sih selalu rutin berkala sesuai manual book ke beres batu makam termasuk penggantian part hingga saat ini. Cuma catatan nya itu:
1. Matic susah masuk, ada selip dan kalau dingin ngga langsung jalan
2. Kaki-kaki butuh peremajaan yg jelas support shock depan dan arm.
3. Mesin belum ngecek apakah ada sludge atau ngga yg jelas udah waktunya ganti oli, hitam pekat dan kondisi 1/2 dipstick. Ngga ada ngelitik
4. Ada baret & penyok di 5 panel body karena dr baru ngga pernah repaint bahkan poles sekalipun.
5. Koil ada gejala bocor dan busi sudah 70rb km belum diganti

Rencana nya kalo biaya perbaikan masih dalam batas wajar, saya mau ambil mobil ini buat dipake sama ortu sehari-sehari ya meskipun kebanyakan sih bakal standby aja selama pandemi gini. Setidaknya ada mobil matic yg bisa dipake kalo lg males pegel2an karena skg adanya 3 pedal semua
:mky_01:

Terima kasih sebelumnya
Kebetulan dirumah ada L10 HR15DE 2012 dirumah, based on experience:

1. Engga paham kalau casenya gini gimana, tp mungkin bisa dicoba ganti filter maticnya dulu. Kebetulan L10 dirumah cukup sering dikuras atfnya. Pertama kuras di km 50 ribu, dikerjain di beres. Berikutnya 2 kali gerlong di spesialis pake idemitsu atf. Terakhir di km 100 ribu flushing pake afw+ tapi di km 105 ribu udh di flushing lagi pake q8 auto jk karena waktu pake afw+ seliternya kena acdc :2gunfire: . Sampe sekarang odo udh 123 ribuan km belom ganti lagi respon transmisi masih OK, beberapa kali dihajar shifting manual dari 2 ke D sampe kena rev limit masih aman :big_smoking:

2. Tahun 2016 reparasi kaki2 ganti segala bushing + reparasi racksteer abis 5,5 jutaan. Awal 2019 ganti shockbreaker depan pake original, belakang pake kyb excell g abis hampir 4 juta. Sebelomnya pernah claim ganti shockbreaker belakang. Sekarang udah mulai muncul sedikit bunyi2an lagi sih, paling keliatan link stabil udh harus diganti.

3. Bisa diintip dulu dari lubang pengisian oli, kalo gaada kerak yg parah harusnya aman. Coba aja dibandingin sama foto berikut ini. Ini kondisi dulu waktu service di beres sering dihajar pake ngo 10w30 sampe 6000-6500 km. Tp ini kondisi udh pernah pake ptt flushing oil 2 kali.
Screenshot_20210917-001911_Video Player.jpg
Screenshot_20210917-001911_Video Player.jpg (149.24 KiB) Viewed 433 times
20210917_002015.jpg
20210917_002015.jpg (107.42 KiB) Viewed 433 times
4. Wajar lah ya, ini L10 juga udh repaint full body. Check aja seperti beli mobil bekas pada umumnya apa ada bekas tabrak yg berbekas atau ada karat.

5. Koil kebetulan udh ganti 4 pcs juga, 2 ganti di km 80 ribuan pake merek hitachi, 2 lagi ganti di km 100 ribuan pake koil part number datsun. Yang hitachi harganya 450 ribu, yg koil part number datsun harganya 500 ribuan.

Kalo emg niat bantu kolega sih okelah, cuma imo 60 jutaan untuk kondisi kayak gitu masih mahal ya. Kalau harganya 40-50 jutaan mungkin bolehlah dipertimbangkan karena biaya rekondisi sampai kondisi enak dipakai mungkin akan menghabiskan 20 - 25 jutaan ya sepertinya...
DOHC wrote: 16 Sep 2021, 16:51 Numpang coret2 y mbah

Terlepas niatan bantu kolega nya, saya cuman mo komen sikit mengenai odo mobil

Kl saya seh, pas dulu2 iseng hunting mobkas, utk mobil2 yg enjin blok nya aluminium tanpa liner, apalagi yg tanpa piston oil jet squirter (sperti d L10 ini, untungnya L11 ud ada), maka odo d atas 160 rebu pasti saya skip.. resiko nya ga worth the money soalnya



Bahkan utk yg rutin gantol tiap 5 rebu km skalipun
Om mau nanya dong, berdasarkan pengalaman om miara HR15DE normalnya top up oli brp ml per brp km? HR15DE dirumah biasanya top up 200-300 ml setiap 3000-3500 km dalam rentang waktu 3-4 bulan. Tp sekarang karena lagi jarang dipake, udh mau 9 bulan baru jalan 3000an km, top upnya kemaren habis hampir 500 ml. Apa walaupun km ga nambah banyak tp karena udh lewat 6 bulan penguapan jadi tetap nambah? :thanks:
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Ariazaki wrote: 17 Sep 2021, 00:53

Om mau nanya dong, berdasarkan pengalaman om miara HR15DE normalnya top up oli brp ml per brp km? HR15DE dirumah biasanya top up 200-300 ml setiap 3000-3500 km dalam rentang waktu 3-4 bulan. Tp sekarang karena lagi jarang dipake, udh mau 9 bulan baru jalan 3000an km, top upnya kemaren habis hampir 500 ml. Apa walaupun km ga nambah banyak tp karena udh lewat 6 bulan penguapan jadi tetap nambah? :thanks:
Normalnya begitu...saya pakai 5000 km 7 bulan malah pas diukur kurang 100 ml.aja.
Kl ini tergandeng oli yg dipake Om.
Oli yg dipake skrg nguap 500 ml sama ngga dgn yg dipakai sebelumnya.
Saya pakai PTT 0W-30 sich cuma hilang segitu dan terakhir ganti oli juli kemarin isi 2,9 L aja.
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Omnibus wrote: 16 Sep 2021, 19:58
DOHC wrote: 16 Sep 2021, 19:30
blloewy wrote: 16 Sep 2021, 19:23
Mbah rektor ini sebabnya ya kenapa Lipindut L10 mesti pakai oli bagus atau penggantian oli dipercepat kl pake oli so so...karena efek pelumasannya akan jauh berkurang dan potensi buat baret liner nya yg akhir nya duar....kagak bisa diapa2in lagi itu engine blok selain ganti set :big_think:
Beda ama mobil2 jadul macem Timor gt ya? Kl liner baret msh bisa diakalin, begitu kah maksudnya?
tepat sekali

plus jgn lupa, HR15DE itu kan stelan nya enjin super mega maha resing banget... jadi nya lebi panas dari mesin F1, makanya oli jelek kere hore pasti gampang nguap kebakar

kl enjin2 jadul kaya timor gt, (kl saya ga salah, krn ga perna punya, apalagi nyobain temen punya) dia enjin blok nya masi dari besi cor, jadi biasanya yg kalah duluan itu d ring piston, kl liner nya, slama ga parah2 amat, paling di honing sikit jg ud ckup (coba mbah 69 kl baca bsa di konfirmasi lagi statement nubie ini)
untuk lebih tepat (dan seru) nya besok mbah blower tanya ke part center apakah ada piston oversize utk lipina L10. biasanya oversize 25, oversize 50, dan 100. kl ada berarti cyl bore juga bisa di oversize, by factory guideline.
Owh oke2....mari kita tanyakeun ke Parts Center dan grup sapisialis Lipinah...
Km skrg 95 rb usia mobil 9 tahun msh aman...msh okelah u dipakai sampai 160 rb km dgn perawatan proper ala mbah 58 plus oli bagus :big_smile]
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Ariazaki wrote: 17 Sep 2021, 00:53
evanbngdor wrote: 16 Sep 2021, 13:46 Siang om-om para leluhur pengguna GL resink engine.

Tolong tanya, kalau Grand Livina XV matic L10 mesin HR15DE, odometer 270rb tahun 2012. Kira-kira layak untuk dipertimbangkan ngga ya? Kebetulan ada kolega yang butuh dana, ditawarkan sedikit dibawah pasaran >60jt.

Secara maintenance sih selalu rutin berkala sesuai manual book ke beres batu makam termasuk penggantian part hingga saat ini. Cuma catatan nya itu:
1. Matic susah masuk, ada selip dan kalau dingin ngga langsung jalan
2. Kaki-kaki butuh peremajaan yg jelas support shock depan dan arm.
3. Mesin belum ngecek apakah ada sludge atau ngga yg jelas udah waktunya ganti oli, hitam pekat dan kondisi 1/2 dipstick. Ngga ada ngelitik
4. Ada baret & penyok di 5 panel body karena dr baru ngga pernah repaint bahkan poles sekalipun.
5. Koil ada gejala bocor dan busi sudah 70rb km belum diganti

Rencana nya kalo biaya perbaikan masih dalam batas wajar, saya mau ambil mobil ini buat dipake sama ortu sehari-sehari ya meskipun kebanyakan sih bakal standby aja selama pandemi gini. Setidaknya ada mobil matic yg bisa dipake kalo lg males pegel2an karena skg adanya 3 pedal semua
:mky_01:

Terima kasih sebelumnya
Kebetulan dirumah ada L10 HR15DE 2012 dirumah, based on experience:

1. Engga paham kalau casenya gini gimana, tp mungkin bisa dicoba ganti filter maticnya dulu. Kebetulan L10 dirumah cukup sering dikuras atfnya. Pertama kuras di km 50 ribu, dikerjain di beres. Berikutnya 2 kali gerlong di spesialis pake idemitsu atf. Terakhir di km 100 ribu flushing pake afw+ tapi di km 105 ribu udh di flushing lagi pake q8 auto jk karena waktu pake afw+ seliternya kena acdc :2gunfire: . Sampe sekarang odo udh 123 ribuan km belom ganti lagi respon transmisi masih OK, beberapa kali dihajar shifting manual dari 2 ke D sampe kena rev limit masih aman :big_smoking:

2. Tahun 2016 reparasi kaki2 ganti segala bushing + reparasi racksteer abis 5,5 jutaan. Awal 2019 ganti shockbreaker depan pake original, belakang pake kyb excell g abis hampir 4 juta. Sebelomnya pernah claim ganti shockbreaker belakang. Sekarang udah mulai muncul sedikit bunyi2an lagi sih, paling keliatan link stabil udh harus diganti.

3. Bisa diintip dulu dari lubang pengisian oli, kalo gaada kerak yg parah harusnya aman. Coba aja dibandingin sama foto berikut ini. Ini kondisi dulu waktu service di beres sering dihajar pake ngo 10w30 sampe 6000-6500 km. Tp ini kondisi udh pernah pake ptt flushing oil 2 kali.

Screenshot_20210917-001911_Video Player.jpg
20210917_002015.jpg

4. Wajar lah ya, ini L10 juga udh repaint full body. Check aja seperti beli mobil bekas pada umumnya apa ada bekas tabrak yg berbekas atau ada karat.

5. Koil kebetulan udh ganti 4 pcs juga, 2 ganti di km 80 ribuan pake merek hitachi, 2 lagi ganti di km 100 ribuan pake koil part number datsun. Yang hitachi harganya 450 ribu, yg koil part number datsun harganya 500 ribuan.

Kalo emg niat bantu kolega sih okelah, cuma imo 60 jutaan untuk kondisi kayak gitu masih mahal ya. Kalau harganya 40-50 jutaan mungkin bolehlah dipertimbangkan karena biaya rekondisi sampai kondisi enak dipakai mungkin akan menghabiskan 20 - 25 jutaan ya sepertinya...
DOHC wrote: 16 Sep 2021, 16:51 Numpang coret2 y mbah

Terlepas niatan bantu kolega nya, saya cuman mo komen sikit mengenai odo mobil

Kl saya seh, pas dulu2 iseng hunting mobkas, utk mobil2 yg enjin blok nya aluminium tanpa liner, apalagi yg tanpa piston oil jet squirter (sperti d L10 ini, untungnya L11 ud ada), maka odo d atas 160 rebu pasti saya skip.. resiko nya ga worth the money soalnya



Bahkan utk yg rutin gantol tiap 5 rebu km skalipun
Om mau nanya dong, berdasarkan pengalaman om miara HR15DE normalnya top up oli brp ml per brp km? HR15DE dirumah biasanya top up 200-300 ml setiap 3000-3500 km dalam rentang waktu 3-4 bulan. Tp sekarang karena lagi jarang dipake, udh mau 9 bulan baru jalan 3000an km, top upnya kemaren habis hampir 500 ml. Apa walaupun km ga nambah banyak tp karena udh lewat 6 bulan penguapan jadi tetap nambah? :thanks:
Enjin nya cakep tu om, masi bersih daleman nya

Btw dulu saya penguapan 2000- 3000 pasti ampir 500 ml, karena mugkin sering saya geber2 (waktu itu masi darah muda), pokok nya slama 7000 km interval, pasti abis sbotol oli

Mustinya kl mesin jarang nyala, ga nguap sgitu banyak om, malah kadang bsa nambah oli nya, (tapi stelah dipake jalan lgs jadi tekor) :upss: ... ada bocor ga ? Mustinya nga jg yah, spanjang saya punya livina dl, ga perna ad rembes olmes setitik pun ampe d jual
Last edited by DOHC on 17 Sep 2021, 09:15, edited 1 time in total.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: 17 Sep 2021, 08:41
Omnibus wrote: 16 Sep 2021, 19:58
DOHC wrote: 16 Sep 2021, 19:30

tepat sekali

plus jgn lupa, HR15DE itu kan stelan nya enjin super mega maha resing banget... jadi nya lebi panas dari mesin F1, makanya oli jelek kere hore pasti gampang nguap kebakar

kl enjin2 jadul kaya timor gt, (kl saya ga salah, krn ga perna punya, apalagi nyobain temen punya) dia enjin blok nya masi dari besi cor, jadi biasanya yg kalah duluan itu d ring piston, kl liner nya, slama ga parah2 amat, paling di honing sikit jg ud ckup (coba mbah 69 kl baca bsa di konfirmasi lagi statement nubie ini)
untuk lebih tepat (dan seru) nya besok mbah blower tanya ke part center apakah ada piston oversize utk lipina L10. biasanya oversize 25, oversize 50, dan 100. kl ada berarti cyl bore juga bisa di oversize, by factory guideline.
Owh oke2....mari kita tanyakeun ke Parts Center dan grup sapisialis Lipinah...
Km skrg 95 rb usia mobil 9 tahun msh aman...msh okelah u dipakai sampai 160 rb km dgn perawatan proper ala mbah 58 plus oli bagus :big_smile]
Mbah

Nanti skalian nanyain si mbah 69 aj, mo upgret, dr HR15DE ke RB26DETT atau 1UZ-FE skalian :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: 17 Sep 2021, 09:12
blloewy wrote: 17 Sep 2021, 08:41
Omnibus wrote: 16 Sep 2021, 19:58

untuk lebih tepat (dan seru) nya besok mbah blower tanya ke part center apakah ada piston oversize utk lipina L10. biasanya oversize 25, oversize 50, dan 100. kl ada berarti cyl bore juga bisa di oversize, by factory guideline.
Owh oke2....mari kita tanyakeun ke Parts Center dan grup sapisialis Lipinah...
Km skrg 95 rb usia mobil 9 tahun msh aman...msh okelah u dipakai sampai 160 rb km dgn perawatan proper ala mbah 58 plus oli bagus :big_smile]
Mbah

Nanti skalian nanyain si mbah 69 aj, mo upgret, dr HR15DE ke RB26DETT atau 1UZ-FE skalian :upss: :upss:
Wedan sarannya :upss:
Btw sdh nanya2 di grup sapisialis adanya piston oversize bukan ori...cm nemu satu oversize 50 doang sich...
Tp ngga tau kl nissan pny racing kit u si HR15DE ini :big_think:
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: 17 Sep 2021, 09:30
DOHC wrote: 17 Sep 2021, 09:12
blloewy wrote: 17 Sep 2021, 08:41

Owh oke2....mari kita tanyakeun ke Parts Center dan grup sapisialis Lipinah...
Km skrg 95 rb usia mobil 9 tahun msh aman...msh okelah u dipakai sampai 160 rb km dgn perawatan proper ala mbah 58 plus oli bagus :big_smile]
Mbah

Nanti skalian nanyain si mbah 69 aj, mo upgret, dr HR15DE ke RB26DETT atau 1UZ-FE skalian :upss: :upss:
Wedan sarannya :upss:
Btw sdh nanya2 di grup sapisialis adanya piston oversize bukan ori...cm nemu satu oversize 50 doang sich...
Tp ngga tau kl nissan pny racing kit u si HR15DE ini :big_think:
justru kl batu makam brani bkin piston oversize ori buat si hr15de

maka

toyota musti sungkem sujud cium kaki enjineer nya batu makam :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

resing kit ?? ada donk,

supercharger for HR & MR enjin by impulse :big_smoking: :big_smoking:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: 16 Sep 2021, 16:51
evanbngdor wrote: 16 Sep 2021, 16:26
270rb dalam 9 tahun sih setau saya dia resepnya Meruya-Karawang tiap hari Om, sangat wajar
:mky_01:
Numpang coret2 y mbah

Terlepas niatan bantu kolega nya, saya cuman mo komen sikit mengenai odo mobil

Kl saya seh, pas dulu2 iseng hunting mobkas, utk mobil2 yg enjin blok nya aluminium tanpa liner, apalagi yg tanpa piston oil jet squirter (sperti d L10 ini, untungnya L11 ud ada), maka odo d atas 160 rebu pasti saya skip.. resiko nya ga worth the money soalnya



Bahkan utk yg rutin gantol tiap 5 rebu km skalipun
Setuju Om, malah saya pribadi sebenernya ngeliat odo di atas 100rb pun udah skip, apalagi kalo brand2 yang terkenal haus perawatan.

Cuma kembali lg saya niat awal cuma mau bantu kolega, tp ya jangan sampe malah merugikan saya juga kelak, makanya saya minta advise dari para senior2 di sini. Apakah cukup feasible, ya setidaknya impas lah dengan biaya perbaikannya
:mky_01:

Kenapa saya terkesan niat banget, kebetulan saya tau kolega memang benar2 BU karena memang sedang ada masalah, dan yg utama sebenernya saya ngga mau memberikan bantuan secara 'cuma-cuma'. Bukan nya sok, tp saya ngga mau melatih orang untuk menjadi 'pengemis' nanti nya, harus tau berkorban demi hal lain yang lebih baik bagi dia saat ini.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: 17 Sep 2021, 13:58
DOHC wrote: 16 Sep 2021, 16:51
evanbngdor wrote: 16 Sep 2021, 16:26
270rb dalam 9 tahun sih setau saya dia resepnya Meruya-Karawang tiap hari Om, sangat wajar
:mky_01:
Numpang coret2 y mbah

Terlepas niatan bantu kolega nya, saya cuman mo komen sikit mengenai odo mobil

Kl saya seh, pas dulu2 iseng hunting mobkas, utk mobil2 yg enjin blok nya aluminium tanpa liner, apalagi yg tanpa piston oil jet squirter (sperti d L10 ini, untungnya L11 ud ada), maka odo d atas 160 rebu pasti saya skip.. resiko nya ga worth the money soalnya



Bahkan utk yg rutin gantol tiap 5 rebu km skalipun
Setuju Om, malah saya pribadi sebenernya ngeliat odo di atas 100rb pun udah skip, apalagi kalo brand2 yang terkenal haus perawatan.

Cuma kembali lg saya niat awal cuma mau bantu kolega, tp ya jangan sampe malah merugikan saya juga kelak, makanya saya minta advise dari para senior2 di sini. Apakah cukup feasible, ya setidaknya impas lah dengan biaya perbaikannya
:mky_01:

Kenapa saya terkesan niat banget, kebetulan saya tau kolega memang benar2 BU karena memang sedang ada masalah, dan yg utama sebenernya saya ngga mau memberikan bantuan secara 'cuma-cuma'. Bukan nya sok, tp saya ngga mau melatih orang untuk menjadi 'pengemis' nanti nya, harus tau berkorban demi hal lain yang lebih baik bagi dia saat ini.
Kl gt

Ayo di sikat om .. heh heh heh :mky_03:

Lalu, swap enjin, kayanya cekokin MR20DE copotan t31 masi muat tu, kasi girbok 6 speed manual nya lipindut 1.8 :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
evanbngdor wrote: 17 Sep 2021, 13:58
DOHC wrote: 16 Sep 2021, 16:51 Numpang coret2 y mbah

Terlepas niatan bantu kolega nya, saya cuman mo komen sikit mengenai odo mobil

Kl saya seh, pas dulu2 iseng hunting mobkas, utk mobil2 yg enjin blok nya aluminium tanpa liner, apalagi yg tanpa piston oil jet squirter (sperti d L10 ini, untungnya L11 ud ada), maka odo d atas 160 rebu pasti saya skip.. resiko nya ga worth the money soalnya



Bahkan utk yg rutin gantol tiap 5 rebu km skalipun
Setuju Om, malah saya pribadi sebenernya ngeliat odo di atas 100rb pun udah skip, apalagi kalo brand2 yang terkenal haus perawatan.

Cuma kembali lg saya niat awal cuma mau bantu kolega, tp ya jangan sampe malah merugikan saya juga kelak, makanya saya minta advise dari para senior2 di sini. Apakah cukup feasible, ya setidaknya impas lah dengan biaya perbaikannya
:mky_01:

Kenapa saya terkesan niat banget, kebetulan saya tau kolega memang benar2 BU karena memang sedang ada masalah, dan yg utama sebenernya saya ngga mau memberikan bantuan secara 'cuma-cuma'. Bukan nya sok, tp saya ngga mau melatih orang untuk menjadi 'pengemis' nanti nya, harus tau berkorban demi hal lain yang lebih baik bagi dia saat ini.
Kl gt

Ayo di sikat om .. heh heh heh :mky_03:

Lalu, swap enjin, kayanya cekokin MR20DE copotan t31 masi muat tu, kasi girbok 6 speed manual nya lipindut 1.8 :mky_03: :mky_03:
Se7 deh ama Om kelep, sikat yokkk... penasaran nih ama lipindut 270 rebu KM.

Nanti dibikin trit khusus aja mbah buat lipindut ini, apa2 aja yg hrs diperbaiki sampe jd sehat lg.

Pan ada om kelep, om blowey, om herman, om marmut, om omni para master di mari.

Tawarlah 40 juta-an + perbaikan 20 jutaan, kayanya 60 jutaan sdh sehat lg tuh yah, toh jg bukan buat kerja keras lg kan? Sekedar ada-lah mobil matic buat ortu gitu.

Kl mau dibikin racing tinggal ganti piston yg oversize [emoji4]
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post