Page 1 of 1

Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sun Jan 27, 2019 5:25
by jacx
All SMers barangkali ada pengalaman serupa, tiap hari kendaraan tempur pk Grand new Avanza 2016 mt tp knp beda banget dg gen sebelumnya wkt sy pk yg new Avanza 2013. Perbedaan nya:
- akselerasi berat
-bbm sih iritnya juara dibandingkan yg 2013.
-per lebih kaku dan rigid , yg 2013 masih kerasa lebih soft.
-Kedua mobil itu sama2 minum Ron 90
Barangkali ada pengalaman serupa, dan ada masukan untuk poin 1-3 diatas, nuhun

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sun Jan 27, 2019 6:01
by supriyadi
Kalo nggak salah generasi Grand New Avanza gas sudah pake DBW bukan pake sling/tali gas. Respon DBW nggak se spontan gas pake sling, makanya avanza dulu dipake ngacir & sruntulan enak bener

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sun Jan 27, 2019 6:47
by syafimsa
mungkin mesin 2nr ini diset buat eco2 an ecu nya, terus juga mungkin pansa baru ni gapake kabel gas lg tp pake dbw. saya si bisa bandinginnya sama rush lama dan veloz lama, karna jujur jarang bawa pansa 1.3 lama. ya gasnya lebih spontan yg 3szve ini sih

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sun Jan 27, 2019 9:42
by MSU
Mobil kantor kbtlan pake xenia 2016 m/t...mgkn mesinnya sama dgn avanza dimaksud?
Menurut sy sbg penumpang malah generasi double vvti ini banyak improve terutama di suspensi..memang rada kaku tp msh acceptable.
Mesin berasa ga cpt nggerung...napas juga panjang2 ..driver kantor kadang jg loncat gigi...dr 1-3-5 hehe...kecepatan max yg pernah dicapai 160kmh..rpm sepertinya udh redline..

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sun Jan 27, 2019 11:24
by satukata
iya gna agak lelet krn dbw,
bisa install throttle control module..

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sun Jan 27, 2019 12:11
by maastricht889
Tarikan memang beda om, antara lain spt kata2 om diatas (gas DBW). Cuma kalo buat luar kota GNA/GNX jauh lebih stabil sama nyaman dari yang sebelum dual vvti. Di tol udah diatas 100 napasnya lumayan panjang dan stabil

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sun Jan 27, 2019 13:20
by FU27
Sempat kaget juga sama leletnya GNA matic, dulu pernah pake avanza matic 2013, enak, ga lemot kaya GNA.

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sun Jan 27, 2019 13:47
by Satya21
GNA pengaturan eco nya gak om?
Sbg contoh di sigra, sy bingung kok berat sekali lari nya. Rupanya ada pengaturan eco nya di tombol spidometernya, lalu sy off kan eco nya langsung enteng lari nya.

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sun Jan 27, 2019 13:52
by henxster
Fungsi eco on/off di sigra hanya utk mematikan indikator eco driving saja, bukan berfungsi selayaknya throttle controller yg bisa ganti mode normal/eco/sport. Silakan cek manual book. Leletnya GNA sy rasa hanya karena sudah DBW saja, butuh adaptasi kapan saat yg tepat utk bejek gas.

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sun Jan 27, 2019 14:25
by Pboyz97
Om udh non aktifin fungsi econya blm? Mungkin mode econya yg bikin grand avanza lelet , terus kalo GNA yg dual vvti ini memang tarikannya gak seenak avanza lama, tapi emg lebih irit FC nya daripada yg sblm dual vvti, tapi coba matiin mode econya deh om, siapatau tarikannya bisa lebih mending daripada sekarang

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Mon Jan 28, 2019 3:38
by Dxo24
bukannya indikator eco itu ga bisa dimatiin ya?
btw, utk mobil gna memang terasa leletnya kok, terlebih yg matic. kalo ga terbiasa bawa, utk nyalip kendaraan lain kadang agak kaget krn udh di gas kaya ada delay, tp ya kalo udh terbiasa no problem sih. lalu antara matic sama manual, kalo di toll enakan maticnya, karena nafas lebih panjang dr pd yg manual

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Mon Jan 28, 2019 4:19
by quyquy
jacx wrote: Sun Jan 27, 2019 5:25 All SMers barangkali ada pengalaman serupa, tiap hari kendaraan tempur pk Grand new Avanza 2016 mt tp knp beda banget dg gen sebelumnya wkt sy pk yg new Avanza 2013. Perbedaan nya:
- akselerasi berat
-bbm sih iritnya juara dibandingkan yg 2013.
-per lebih kaku dan rigid , yg 2013 masih kerasa lebih soft.
-Kedua mobil itu sama2 minum Ron 90
Barangkali ada pengalaman serupa, dan ada masukan untuk poin 1-3 diatas, nuhun
1. Kalo si Om petrolheads, pasti bisa nyari perbedaan mesin vvti dng dual vvti :e-whistle: . Kalo uda ketemu bedanya, nanti ketemua jawabannya kok. Keywordnya: drive by wired.

2. Tentang per kaku dan rigid. Nah, kalo si om tipikal speed petrolehads kata nyaman itu justru milih yang ini. Hehe. Repot memang, dibuat soft ntar kecewa dibilang mobilnya mobil nggak stabil lah. Dibuat rigid eh kecewa juga eibilang mobil kayak naik dokar.. Kalo pengen stabil dan dan soft ganti BPKB nya Om ke sedan kelas medium keatas.
Dng dimensi avanza seperti itu: whellbase nggak panjang (which is keunggulannya bodi kompak masuk ke gang2) dan high clearance tinggi (tipikal disukai banyak org disini karena msh banyak jalan keriting super dan genangsn air kala hujan) akan agak susah untuk men setting suspensi yg soft tapi stabil juga. Kale ane jadi si Om, set suspensi si grand avanza sudah the best utk dimensinya. Kalo msh kurang soft, ane mah msh acceptable karena keunggulan lainnya yaitu gampang blusukan di jalan kecil dan tinggi ground clearance nya.

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Mon Jan 28, 2019 8:41
by diidoot
GNA lemot itukarena

1. DBW. Ini bikin respon gas jadi ga spontan.
2. Ini masih asumsi saya sih, sepertinya setelannya agak dicekek di putaran bawah biar lebih irit dipake di perkotaan

seniapanja mau enak suspensinya? Ganti shock aftermarket dual action, mayan ngurangin mentul-mentulnya. Saya beli merk tokico harganya masih terjangkau, minusnya ambles kalau dipake penuh, tapi kalau berempat lumayan nyaman karena rebound lebih lambat. Ya at least lebih baik dibanding standarnya lah yang menurut saya terlalu cepat baliknya. Kalau ga mau ganti shock, bawa beras aja 50kg ditaro di bagasi. Ga akan senyaman LMPV lain karena platform body avanza yang masih semi monokok. Dan dari yang saya baca-baca, masih turunan Daihatsu Taruna CMIIW :big_bored:

Belum nyoba yang 2019, katanya ada perbaikan lagi di suspensinya

Satya21 wrote: Sun Jan 27, 2019 13:47 GNA pengaturan eco nya gak om?
Sbg contoh di sigra, sy bingung kok berat sekali lari nya. Rupanya ada pengaturan eco nya di tombol spidometernya, lalu sy off kan eco nya langsung enteng lari nya.
sugesti kali om

eco indicator ini bukan eco mode. Ga ngaruh ke driving mode. Cuman indikator kita nyetirnya hemat apa engga. Perasaan di buku manual ada deh

:big_dunno: :big_dunno:

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Mon Jan 28, 2019 10:40
by DOHC
entah cuman sugesti ane doank atau emg bener,

apanja tarikan yg plg kontan malah apanja gen 1 FL vvti.. sejak ganti enjin NR, apalagi ditambah DBW, berasa bawa OGL 1.5 plus 5 mods FRD didalem..
tp kl dr segi kenyamanan, malah yg gen1 berasa plg ga enak gebrak2 nya..

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Mon Jan 28, 2019 11:00
by jacx
Memang butuh adaptasi jg ya.. terutama pas mo nyalip telat nurunin gigi berasa takut "ga nyampe'
Untuk jln yg banyak bukit2 nya kudu bisa ngatur timing, cuma ya itu kadang 'miss' hehehe
Btw material dashboardnya masih lebih baik yg gen sebelumnya ya cmiiw

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Mon Jan 28, 2019 12:58
by ak4ng
DOHC wrote: Mon Jan 28, 2019 10:40 entah cuman sugesti ane doank atau emg bener,

apanja tarikan yg plg kontan malah apanja gen 1 FL vvti.. sejak ganti enjin NR, apalagi ditambah DBW, berasa bawa OGL 1.5 plus 5 mods FRD didalem..
tp kl dr segi kenyamanan, malah yg gen1 berasa plg ga enak gebrak2 nya..
Ane pun merasa avanza S 1.5 adalah avanza paling ngacir :big_weee:, veloz 1.5 beda tipis :big_smoking: pokoe sing penting irit nan kenchangggg

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Mon Jan 28, 2019 18:25
by Satya21
diidoot wrote: Mon Jan 28, 2019 8:41 GNA lemot itukarena

1. DBW. Ini bikin respon gas jadi ga spontan.
2. Ini masih asumsi saya sih, sepertinya setelannya agak dicekek di putaran bawah biar lebih irit dipake di perkotaan

seniapanja mau enak suspensinya? Ganti shock aftermarket dual action, mayan ngurangin mentul-mentulnya. Saya beli merk tokico harganya masih terjangkau, minusnya ambles kalau dipake penuh, tapi kalau berempat lumayan nyaman karena rebound lebih lambat. Ya at least lebih baik dibanding standarnya lah yang menurut saya terlalu cepat baliknya. Kalau ga mau ganti shock, bawa beras aja 50kg ditaro di bagasi. Ga akan senyaman LMPV lain karena platform body avanza yang masih semi monokok. Dan dari yang saya baca-baca, masih turunan Daihatsu Taruna CMIIW :big_bored:

Belum nyoba yang 2019, katanya ada perbaikan lagi di suspensinya

Satya21 wrote: Sun Jan 27, 2019 13:47 GNA pengaturan eco nya gak om?
Sbg contoh di sigra, sy bingung kok berat sekali lari nya. Rupanya ada pengaturan eco nya di tombol spidometernya, lalu sy off kan eco nya langsung enteng lari nya.
sugesti kali om

eco indicator ini bukan eco mode. Ga ngaruh ke driving mode. Cuman indikator kita nyetirnya hemat apa engga. Perasaan di buku manual ada deh

:big_dunno: :big_dunno:
Ntah sugesti ntah tidak ya om.
Tapi sy ngerasa ada perbedaan nya om.
Saat eco on, itu mobil kalau di gas terasa ngeden dan terasa ada delay gas nya.
Mirip spt di anki saat eco on.
Saat eco off, lebih spontan gas nya.
Kebetulan sigra nya matic, lebih terasa perbedaannya.

Sy juga bingung di bukman tidak ada penjelasan ttg ini.

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Mon Jan 28, 2019 23:49
by adri31
Saya pakai GNA 2017, juga merasakan hal yg sama.
Cara matikan eco mode ini, tekan lama tombol kanan saat ada tulisan eco on, nanti akan berubah jadi eco off
Satya21 wrote:
diidoot wrote: Mon Jan 28, 2019 8:41 GNA lemot itukarena

1. DBW. Ini bikin respon gas jadi ga spontan.
2. Ini masih asumsi saya sih, sepertinya setelannya agak dicekek di putaran bawah biar lebih irit dipake di perkotaan

seniapanja mau enak suspensinya? Ganti shock aftermarket dual action, mayan ngurangin mentul-mentulnya. Saya beli merk tokico harganya masih terjangkau, minusnya ambles kalau dipake penuh, tapi kalau berempat lumayan nyaman karena rebound lebih lambat. Ya at least lebih baik dibanding standarnya lah yang menurut saya terlalu cepat baliknya. Kalau ga mau ganti shock, bawa beras aja 50kg ditaro di bagasi. Ga akan senyaman LMPV lain karena platform body avanza yang masih semi monokok. Dan dari yang saya baca-baca, masih turunan Daihatsu Taruna CMIIW :big_bored:

Belum nyoba yang 2019, katanya ada perbaikan lagi di suspensinya

Satya21 wrote: Sun Jan 27, 2019 13:47 GNA pengaturan eco nya gak om?
Sbg contoh di sigra, sy bingung kok berat sekali lari nya. Rupanya ada pengaturan eco nya di tombol spidometernya, lalu sy off kan eco nya langsung enteng lari nya.
sugesti kali om

eco indicator ini bukan eco mode. Ga ngaruh ke driving mode. Cuman indikator kita nyetirnya hemat apa engga. Perasaan di buku manual ada deh

:big_dunno: :big_dunno:
Ntah sugesti ntah tidak ya om.
Tapi sy ngerasa ada perbedaan nya om.
Saat eco on, itu mobil kalau di gas terasa ngeden dan terasa ada delay gas nya.
Mirip spt di anki saat eco on.
Saat eco off, lebih spontan gas nya.
Kebetulan sigra nya matic, lebih terasa perbedaannya.

Sy juga bingung di bukman tidak ada penjelasan ttg ini.

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Tue Jan 29, 2019 0:38
by b8099ok
Krn hrsnya apanjuh baru itu pake 2kd,...

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Thu Apr 04, 2019 2:12
by Michaelktp
ANA 1.3L (K3-VE) juga terasa lebih lelet daripada AvXen 1.3L (K3-DE) 2004 yang terasa lebih responsif dan kuat menanjak. Padahal K3-VE masih belum DBW. Kalau yang sekarang sudah DBW ya begitu lha pastinya.

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Thu Apr 04, 2019 3:57
by fuchu92
Gegara dbw jd agak lemot di stop n go ny mnurut gw
Tp pas jalan lumayan lincah kok

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Thu Apr 04, 2019 4:31
by evanbngdor
Sebenernya karena Grand New Avanza terasa lemot karena emang injekan gas nya untuk start awal itu harus injek setengah baru mesinnya ngerespon, beda sama avanza lama yg ditoel dikit aja langsung berasa loncat.

Tp untuk putaran tinggi terasa mesin NR ini lebih ngisi dibanding avanza lama. Cuma ya emang mesti lebih berani nginjek gas aja Grand New Avanza ini

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sat Apr 13, 2019 16:09
by FU27
Klo soal responsif, avanza awal non VVT-i paling enak.

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sat Apr 13, 2019 17:41
by rendr
akhirnya bukan ane doang yg notice ini.. kebetulan bbrp waktu lalu pake lama kedua2nya.. 1.3 single vvti mt dan 1.3 dual vvti mt (veloz)
even ECO mode : OFF tetep aja bentakan gasnya ga se responsif avz single vvti, soal konsumsi bensin? berdasarkan pengalaman saya yg single vvti bisa dapet 16km/L rute yg sama dual vvti cuman 14km/L (jkt-tuban jatim PP) bahkan hypermiling di tol cipali yg single vvti bisa tembus 25km/L up... dual vvti konstan di 14km/L... udah gitu redlinenya ngepas bgt di rpm 6ribu.. pake limiter pula.. ga asik

soal suspensi bener juga lebih rigid.. jalan bumpy di daerah kerek-tuban berasa beda bantingannya yg model single vvti sama dual vvti.. tapi entah saya kok malah lebih suka karakter suspensinya GNA ini... gesit banget jadinya..

tapi dengan segala kekurangan GNA tetep prefer GNA untuk daily drpd yg single vvti... lebih "nyaman" buat sebuah papanjah....

Re: Knp Grand Avanza lelet

Posted: Sat Apr 13, 2019 17:44
by quyquy
FU27 wrote: Sat Apr 13, 2019 16:09 Klo soal responsif, avanza awal non VVT-i paling enak.
Wah ane setuju banget kalo yang ini...

Avanza awal non vvti lebih enak tarikan bawahnya.

Pencapaian torsi nya lebih cepat di rpm lebih bawah ketimbang vvti.