Seputar AVANZA

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Seputar AVANZA

Post by adisantosa »

Avanza/xenia kan sekarang ini begitu populer dikalangan mobil 110jtan.
Nah pertanyaan saya tentang avanza aja.

Apa ada perbedaan dengan xenia dalam hal mesin dan performa? juga bagaimana suspensinya?

Apakah setiap avanza kalo mesinnya dinyalakan, rpmnya nasih dibawah 1, tapi kalo acnya dinyalakan rpmnya langsung naik jadi 1.5!
Sehingga mesinnya agak meraung.

Knalpot apa yang cocok dipakai pada avanza? Aku suka model yang suaranya empuk tidak mberebet. Tipe apa yang cocok?
Bagaimana solusinya?

Sementara cukup itu dulu
Terima Kasih

:n00b:
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

@bos adisantosa, utk mesin sih sama, kalo utk ECU nya tdk tahu sama apa tdk. kalo APV & Maven ECUnya beda...

kalo utk mobil cc kecil, setelah ac dinyalakan memang diset di rpm tinggi spy tenaga mesinnya gak kurang banyak. Tapi utk 1500rpm sebenarnya udah ketinggian. Biasanya max di 950-1000rpm utk cc kecil. Kalo utk kondisi non AC, tergantung dr kondisi masing2 mobil ada yg main di 650rpm masih gak masalah....
Image
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Ini bukannya harus masuk minibus yak??

mesin avanza yang biasa itu sama dengan mesin xenia yang 1300...

Kalo mau beli mesin yang beda (original toyota) beli avanza yang versi S..vvt-i matic..
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

datsu wrote:Ini bukannya harus masuk minibus yak??

mesin avanza yang biasa itu sama dengan mesin xenia yang 1300...

Kalo mau beli mesin yang beda (original toyota) beli avanza yang versi S..vvt-i matic..
Setahu aku, semuanya mesin Daihatsu, kontrol VVT-i-nya punya Toyota
Kalau gak salah ingat, type mesin yg dipakai itu, K3, sama dengan yg dipakai oleh YRV, hanya saja YRV ketambahan unit yg mirip-mirip VVT-i yg oleh Daihatsu dinamakan D-VVT
Di Jepang sendiri pernah ada YRV yg pakai turbo, tenaganya melonjak jadi 140ps, jadi mungkin sebentar lagi ada yg modif Avanza / Xenia pakai turbo dari YRV
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

[quote="handling]kalo utk mobil cc kecil, setelah ac dinyalakan memang diset di rpm tinggi spy tenaga mesinnya gak kurang banyak. Tapi utk 1500rpm sebenarnya udah ketinggian. Biasanya max di 950-1000rpm utk cc kecil. Kalo utk kondisi non AC, tergantung dr kondisi masing2 mobil ada yg main di 650rpm masih gak masalah....[/quote]


Jadi rpmnya masih ketinggian?
Kalo knalpot apa aja yg mesti diganti?
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

@bos adisantosa, ... bagian knalpot tdk bisa main ganti begitu saja...karena walaupun cuma buangan dari sisa pembakaran....sudah ada ukuran tekanan tertentu dari pabrikan... Dan efek tekanan balik dr pembuangan pembakaran ini akan mempengaruhi output dr power yg dihasilkan mesin.
salah ganti malah akan membuat tenaga yg dihasilkan malah ngempos dan hp/torsi yg dihasilkan bukannya naik dr ukuran standart, tapi malah menurun dr power aslinya..
untuk mengganti modifikasi knalpot yg profesional perlu perencanaan yg matang....apakah anda ingin membuat tarikan lebih panjang atau tarikan pendek yg bertenaga...semuanya punya perhitungan sendiri....
Kalo cuma main asal ganti di pinggir jalan sih...saya yakin mendingan gak usah deh.....hasilnya sepadan dgn uang yg dikeluarkan.
so saran gua ....konsultasi ama yg memang prof....saya tdk berani kasih comment pake merk ini atau itu yg diluar bidang gua...hahhaahaaa.a.....so sorry aja ntar takut salah jawab..... ;o)
Image
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

kalo aku sih suka tarikan yang panjang. pernah dicoba ganti tabung tengahnya dengan model yang kecil (headernya standar) tarikannya jauh lebih panjang tapi kok kalo mobil diam suaranya agak keras apalagi kalo acnya nyala. (mobil diam tanpa ac gak masalah)

tau yang prof di surabaya?
:? :? :? :? :? :? :? :?