Avanza/xenia kan sekarang ini begitu populer dikalangan mobil 110jtan.
Nah pertanyaan saya tentang avanza aja.
Apa ada perbedaan dengan xenia dalam hal mesin dan performa? juga bagaimana suspensinya?
Apakah setiap avanza kalo mesinnya dinyalakan, rpmnya nasih dibawah 1, tapi kalo acnya dinyalakan rpmnya langsung naik jadi 1.5!
Sehingga mesinnya agak meraung.
Knalpot apa yang cocok dipakai pada avanza? Aku suka model yang suaranya empuk tidak mberebet. Tipe apa yang cocok?
Bagaimana solusinya?
Sementara cukup itu dulu
Terima Kasih
Seputar AVANZA
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
@bos adisantosa, utk mesin sih sama, kalo utk ECU nya tdk tahu sama apa tdk. kalo APV & Maven ECUnya beda...
kalo utk mobil cc kecil, setelah ac dinyalakan memang diset di rpm tinggi spy tenaga mesinnya gak kurang banyak. Tapi utk 1500rpm sebenarnya udah ketinggian. Biasanya max di 950-1000rpm utk cc kecil. Kalo utk kondisi non AC, tergantung dr kondisi masing2 mobil ada yg main di 650rpm masih gak masalah....
kalo utk mobil cc kecil, setelah ac dinyalakan memang diset di rpm tinggi spy tenaga mesinnya gak kurang banyak. Tapi utk 1500rpm sebenarnya udah ketinggian. Biasanya max di 950-1000rpm utk cc kecil. Kalo utk kondisi non AC, tergantung dr kondisi masing2 mobil ada yg main di 650rpm masih gak masalah....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
- Location: Shinjuku
Setahu aku, semuanya mesin Daihatsu, kontrol VVT-i-nya punya Toyotadatsu wrote:Ini bukannya harus masuk minibus yak??
mesin avanza yang biasa itu sama dengan mesin xenia yang 1300...
Kalo mau beli mesin yang beda (original toyota) beli avanza yang versi S..vvt-i matic..
Kalau gak salah ingat, type mesin yg dipakai itu, K3, sama dengan yg dipakai oleh YRV, hanya saja YRV ketambahan unit yg mirip-mirip VVT-i yg oleh Daihatsu dinamakan D-VVT
Di Jepang sendiri pernah ada YRV yg pakai turbo, tenaganya melonjak jadi 140ps, jadi mungkin sebentar lagi ada yg modif Avanza / Xenia pakai turbo dari YRV
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
[quote="handling]kalo utk mobil cc kecil, setelah ac dinyalakan memang diset di rpm tinggi spy tenaga mesinnya gak kurang banyak. Tapi utk 1500rpm sebenarnya udah ketinggian. Biasanya max di 950-1000rpm utk cc kecil. Kalo utk kondisi non AC, tergantung dr kondisi masing2 mobil ada yg main di 650rpm masih gak masalah....[/quote]
Jadi rpmnya masih ketinggian?
Kalo knalpot apa aja yg mesti diganti?
Jadi rpmnya masih ketinggian?
Kalo knalpot apa aja yg mesti diganti?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
@bos adisantosa, ... bagian knalpot tdk bisa main ganti begitu saja...karena walaupun cuma buangan dari sisa pembakaran....sudah ada ukuran tekanan tertentu dari pabrikan... Dan efek tekanan balik dr pembuangan pembakaran ini akan mempengaruhi output dr power yg dihasilkan mesin.
salah ganti malah akan membuat tenaga yg dihasilkan malah ngempos dan hp/torsi yg dihasilkan bukannya naik dr ukuran standart, tapi malah menurun dr power aslinya..
untuk mengganti modifikasi knalpot yg profesional perlu perencanaan yg matang....apakah anda ingin membuat tarikan lebih panjang atau tarikan pendek yg bertenaga...semuanya punya perhitungan sendiri....
Kalo cuma main asal ganti di pinggir jalan sih...saya yakin mendingan gak usah deh.....hasilnya sepadan dgn uang yg dikeluarkan.
so saran gua ....konsultasi ama yg memang prof....saya tdk berani kasih comment pake merk ini atau itu yg diluar bidang gua...hahhaahaaa.a.....so sorry aja ntar takut salah jawab..... ;o)
salah ganti malah akan membuat tenaga yg dihasilkan malah ngempos dan hp/torsi yg dihasilkan bukannya naik dr ukuran standart, tapi malah menurun dr power aslinya..
untuk mengganti modifikasi knalpot yg profesional perlu perencanaan yg matang....apakah anda ingin membuat tarikan lebih panjang atau tarikan pendek yg bertenaga...semuanya punya perhitungan sendiri....
Kalo cuma main asal ganti di pinggir jalan sih...saya yakin mendingan gak usah deh.....hasilnya sepadan dgn uang yg dikeluarkan.
so saran gua ....konsultasi ama yg memang prof....saya tdk berani kasih comment pake merk ini atau itu yg diluar bidang gua...hahhaahaaa.a.....so sorry aja ntar takut salah jawab..... ;o)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya