Page 2 of 2

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Posted: Mon May 14, 2018 5:59
by Nainggolan21
Kalau di tanjakan bawa innova itu emang greget om. Pakai gigi 1 gak tega dengar gerungan mesinnya di rpm tinggi plus bau kampas kopling yang menyengat. Pindah ke gigi2 langsung drop rpm nya dan gak ada tenaga.

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Posted: Mon May 14, 2018 6:00
by r12qiSonH4ji
Nainggolan21 wrote: Mon May 14, 2018 5:59 Kalau di tanjakan bawa innova itu emang greget om. Pakai gigi 1 gak tega dengar gerungan mesinnya di rpm tinggi plus bau kampas kopling yang menyengat. Pindah ke gigi2 langsung drop rpm nya dan gak ada tenaga.
Sekarang sukanya diesel ya om :mky_03:

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Posted: Mon May 14, 2018 6:03
by Nainggolan21
r12qiSonH4ji wrote: Mon May 14, 2018 6:00
Nainggolan21 wrote: Mon May 14, 2018 5:59 Kalau di tanjakan bawa innova itu emang greget om. Pakai gigi 1 gak tega dengar gerungan mesinnya di rpm tinggi plus bau kampas kopling yang menyengat. Pindah ke gigi2 langsung drop rpm nya dan gak ada tenaga.
Sekarang sukanya diesel ya om :mky_03:
Yang Pasti suka yang "GREGET" Gitu om :big_love: :big_love: :big_love:

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Posted: Mon May 14, 2018 6:43
by martinnn
Service besar Dan pakai pertabo

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Posted: Mon May 14, 2018 7:29
by Mellow
gaspol wrote: Mon May 14, 2018 5:45 Salam kenal om ts..saya user ipah bengsin mt 2012. Mobil harian saya selama saya tinggal di papua yg notabene daerah perbukitan dan pegunungan..
Imho untuk nanjak2 apalagi bawa penumpang, mau nyalip pula itu mesti pakai gigi 2 om..mesti tega denger raungan mesinnya. Jgn lupa ancang2 dr bawah. Saya biasanya main di 3500-4000 rpm oom..gada patokan sih,disesuaikan sm kondisi jalan aja..yg pasti main rpm menengah atas terus.
yup, klo pas nanjak ke pegunungan, penting buat kenali dulu karakter mobil :terutama mesin & tranmisinya (gear ratio). Mesin bensin biasanya peak HP & torque di rpm menengah atas (yg repot klo lalin lagi macet di tanjakan :big_dunno:, ini yg sering bikin kopling M/T cepet aus, krn start di tanjakan ). mesin diesel dah dapat peak HP & torque di rpm bawah-tengah.
Perlu juga pengenalan kondisi jalan & sikap main aman (jika tidak yakin tentang sudut tanjakan: pake gear 2 atau bahkan 1).

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Posted: Mon May 14, 2018 7:50
by carlzeiss
Agak loyo ya innova bensin, saya sebelumnya pakai hrv, kemufian dpt fasilitas kantor GNKI V matic bensin 2014, lemot sekali ya di rpm bawah buat sruntulan dimacet kurang pas , apa dengan pakai pivot TC bisa lebih sigap ya ?

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Posted: Mon May 14, 2018 8:40
by supriyadi
Mellow wrote: Mon May 14, 2018 7:29
gaspol wrote: Mon May 14, 2018 5:45 Salam kenal om ts..saya user ipah bengsin mt 2012. Mobil harian saya selama saya tinggal di papua yg notabene daerah perbukitan dan pegunungan..
Imho untuk nanjak2 apalagi bawa penumpang, mau nyalip pula itu mesti pakai gigi 2 om..mesti tega denger raungan mesinnya. Jgn lupa ancang2 dr bawah. Saya biasanya main di 3500-4000 rpm oom..gada patokan sih,disesuaikan sm kondisi jalan aja..yg pasti main rpm menengah atas terus.
yup, klo pas nanjak ke pegunungan, penting buat kenali dulu karakter mobil :terutama mesin & tranmisinya (gear ratio). Mesin bensin biasanya peak HP & torque di rpm menengah atas (yg repot klo lalin lagi macet di tanjakan :big_dunno:, ini yg sering bikin kopling M/T cepet aus, krn start di tanjakan ). mesin diesel dah dapat peak HP & torque di rpm bawah-tengah.
Perlu juga pengenalan kondisi jalan & sikap main aman (jika tidak yakin tentang sudut tanjakan: pake gear 2 atau bahkan 1).
Malo nanjak apalagi bawa beban mau gak mau harus main gigi rendah & rpm tinggi, kalo nggak ya nggak keluar tenaganya. Pengalaman nanjak di Lembah Anai & Malalak Sumbar pake gerobak 1500 cc full loaded main digigi 1, 2 rpm 3000-4500an. Mesin meraung macam peresan tebu kata Om DOHC, daripada ndak kuat nanjak. Kalo nggak gas dikocok bukan pedal to karpet, kalo dikocok gasnya lumayan keluar tenaga. Pernah mendaki gas mentok bukannya kuat malah mati mesin ditanjakan

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Posted: Mon May 14, 2018 8:51
by chaprizone
saya pernah nanjak agak curam +tikungan tajam (gk ada ancang2) pakai innova 2.0 MT gen 1 memang berasa loyo om, saya kebiasaan naik panther LV non-turbo lewat jalur situ juga.
jadi kalau pake panther bisa pake gigi 2 dg RPM rendah, klo innova harus gigi 1 dg RPM yg cukup tinggi, sekitar 4000rpm, tp setelah dapet peak power langsung bisa naik enteng aja, jadi emang feel-nya beda om antara innova bensin dg panther.

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Posted: Mon May 14, 2018 9:57
by coklatMetalik
Intinya kalo nanjak jangan males downshift

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Posted: Mon May 14, 2018 10:55
by Rundeer
Saya jg pengguna Ipah bensin m/t 2012. Kalo misalnya kerasa boyo emg normal sih, karakter mesinnya emg begitu. Ini mesin enak di jalan lurus, kalo tanjakan ya harus downshift ke gigi 2.

Btw karakter mesin 1TR ini kaya mood mood an menurut saya, kadang enak dibawa lari, kadangan ogah ogahan malah ngeden n teriak tapi gak ngebut :big_slap:

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Posted: Sun Jul 01, 2018 23:12
by adrianomyman
Kalo dr pengalaman ane bolak balik selalu mdn-kabanjahe-keliling Toba, pake mesin bensin MT mau nyalip di tanjakan apalagi yg disalip itu mbl truk/truk galon Pertamina, musti tega main rpm tinggi ,gear 2 , atau gak musti bikin ancang-ancang. Ga mungkin ECO drive, tp kalo sekedar naik nanjak sih mesin ga perlu maksa jg bisa, lain cerita kalo mau nyalip. Fwd/Rwd, LMPV,LCGC 3silinder jg kuat kok nanjak2 sekalipun macet2an atau jalan non-aspal(light off-road). Cuman masing2 tipe memang beda karakternya hrs tau kita kail torsinya biar pas.