Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Cahyo2002
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Mon Dec 18, 2017 11:51
Location: Purbalingga
Daily Vehicle: Innova

Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Cahyo2002 »

Permisi mau nanya nih sama warga SM sekalian disini apa ciri ciri kampas kopling mau habis ya? Gerobak ane innova 2.0 m/t . Kemarin sy ke beres N*smoc* nih dealer dan beres T*y*ta Jateng&DIY setelah dicek katanya Kampas kopling masih bagus,tapi yg saya rasakan saat menyalip kendaraan lain pas menanjak di pegunungan itu agak sulit dan kecepatan 60km/jam gigi 3 rpm di 3000. Katanya itu ciri ciri kampas kopling sudah habis,dri referensi yg sy baca katanya itu jika seperti itu tanda2 kampas kopling mulai habis?? apa benar suhu2 SM yg ada disini?? Mohon Jawabannya sy belum paham banget tentang otomotif
Escaflowne
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Escaflowne »

Biasanya ciri ciri kopling abis yang paling mudah dikenali, kalo di gas rpm semakin tinggi, semakin loss tenaganya alias tidak bertambah kecepatan.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by michaelgiri93 »

Iya kalau kampas kopling sudah mulai habis harusnya selip ketika dibawa menanjak.
Rasanya seperti setengah kopling.
Kalau gak kuat nanjak tapi rasanya gak kaya setengah kopling coba tune up mesin aja (carbon clean, bersihkan injektor, ganti oli+filter, ganti filter bensin, bersihkan/ganti filter udara, dll).
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Pugman »

Cahyo2002 wrote: Sun May 13, 2018 2:09 Permisi mau nanya nih sama warga SM sekalian disini apa ciri ciri kampas kopling mau habis ya? Gerobak ane innova 2.0 m/t . Kemarin sy ke beres N*smoc* nih dealer dan beres T*y*ta Jateng&DIY setelah dicek katanya Kampas kopling masih bagus,tapi yg saya rasakan saat menyalip kendaraan lain pas menanjak di pegunungan itu agak sulit dan kecepatan 60km/jam gigi 3 rpm di 3000. Katanya itu ciri ciri kampas kopling sudah habis,dri referensi yg sy baca katanya itu jika seperti itu tanda2 kampas kopling mulai habis?? apa benar suhu2 SM yg ada disini?? Mohon Jawabannya sy belum paham banget tentang otomotif
Pas nanjak itu seberapa curam tanjakannya? Isi berapa orang? 3000rpm di tanjakan itu hanya untuk menjaga mobil tetap melaju kedepan, untuk mendahului maka perlu rpm lebih tinggi dengan turun gigi, lihat spec mobil peak torque ada di berapa, dijaga didekat situ.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Herman7103 »

Cahyo2002 wrote:Permisi mau nanya nih sama warga SM sekalian disini apa ciri ciri kampas kopling mau habis ya? Gerobak ane innova 2.0 m/t . Kemarin sy ke beres N*smoc* nih dealer dan beres T*y*ta Jateng&DIY setelah dicek katanya Kampas kopling masih bagus,tapi yg saya rasakan saat menyalip kendaraan lain pas menanjak di pegunungan itu agak sulit dan kecepatan 60km/jam gigi 3 rpm di 3000. Katanya itu ciri ciri kampas kopling sudah habis,dri referensi yg sy baca katanya itu jika seperti itu tanda2 kampas kopling mulai habis?? apa benar suhu2 SM yg ada disini?? Mohon Jawabannya sy belum paham banget tentang otomotif
Wow Mobil RWD 2000 CC dan mobil badak dan MT lagi dan dari comment TS Quote
Kemarin sy ke beres N*smoc* nih dealer dan beres T*y*ta Jateng&DIY setelah dicek katanya Kampas kopling masih bagus
Unquote
Menurut saya yg seorang akunting yg sudah beberapa kali nanjak dgn mobil FWD 1500 CC dan CVT,
Cek aja mesin mobilnya sehat atau ngak dulu serta muatannya berapa saat itu balik ke rumus power to weight ratio dan peak torquenya. Yg saya tahu dulu saat nanjak di Dieng selama nyetir pake feeling aja Krn udah biasa nanjak biasa biasa saja kalau power to weight ratio dan peak torquenya dapet tapi bila mau nyalib ngak pernah terpikir demi alasan safety karena bawa muatan seluruh anggota keluarga dan bagasi yg penuh, oh iya memangnya di pegunungan mana kalau boleh tahu Krn saya org nya suka penasaran? Dan yg mau di overtake mobil apa memangnya? peace Om semoga mobilnya kedepannya kuat nanjak sesuai ekspektasi nya.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by geofreyap »

Mesin bensin itu butuh rpm tinggi kalau mau keluar tenaganya, apalagi kalau posisi nanjak.
Kondisi normal pun kalau lagi nanjak, bawa muatan, rpm di 3rb, memang bakal kurang nonjok tenaganya.
Apalagi kalau memang benar kopling selip.
Ciri² kopling sudah mau habis itu kalau di gas poll, di moment² tertentu bakal ga gigit, kaya di teken kopling setengah.
Atau kalau sudah parah, posisi masuk gigi terus di rem, ga bakal stall.
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Jupiemx99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Jupiemx99 »

Saya pemakai innova v at 2012. Saya juga merasakan hal yg sama. Kalau menurut saya nanjak sih kuat. Tapi gak bisa kenceng. Jadi kalo tanjakan mau nyalip ya susah, tidak bisa instan. Harus ancang2 dulu. Mungkin ini yg dimaksud rpm-nya harus di torsi maksimum. Cmiiw. :big_peace:
Cahyo2002
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Mon Dec 18, 2017 11:51
Location: Purbalingga
Daily Vehicle: Innova

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Cahyo2002 »

Herman7103 wrote:
Cahyo2002 wrote:Permisi mau nanya nih sama warga SM sekalian disini apa ciri ciri kampas kopling mau habis ya? Gerobak ane innova 2.0 m/t . Kemarin sy ke beres N*smoc* nih dealer dan beres T*y*ta Jateng&DIY setelah dicek katanya Kampas kopling masih bagus,tapi yg saya rasakan saat menyalip kendaraan lain pas menanjak di pegunungan itu agak sulit dan kecepatan 60km/jam gigi 3 rpm di 3000. Katanya itu ciri ciri kampas kopling sudah habis,dri referensi yg sy baca katanya itu jika seperti itu tanda2 kampas kopling mulai habis?? apa benar suhu2 SM yg ada disini?? Mohon Jawabannya sy belum paham banget tentang otomotif
Wow Mobil RWD 2000 CC dan mobil badak dan MT lagi dan dari comment TS Quote
Kemarin sy ke beres N*smoc* nih dealer dan beres T*y*ta Jateng&DIY setelah dicek katanya Kampas kopling masih bagus
Unquote
Menurut saya yg seorang akunting yg sudah beberapa kali nanjak dgn mobil FWD 1500 CC dan CVT,
Cek aja mesin mobilnya sehat atau ngak dulu serta muatannya berapa saat itu balik ke rumus power to weight ratio dan peak torquenya. Yg saya tahu dulu saat nanjak di Dieng selama nyetir pake feeling aja Krn udah biasa nanjak biasa biasa saja kalau power to weight ratio dan peak torquenya dapet tapi bila mau nyalib ngak pernah terpikir demi alasan safety karena bawa muatan seluruh anggota keluarga dan bagasi yg penuh, oh iya memangnya di pegunungan mana kalau boleh tahu Krn saya org nya suka penasaran? Dan yg mau di overtake mobil apa memangnya? peace Om semoga mobilnya kedepannya kuat nanjak sesuai ekspektasi nya.
Klo sy sih daerah Kretek Wonosobo-Parakan Temanggung Om krn itu biasanya banyak truk2 besar lewat dan pelan2 krn beban yg tinggi... sy sih Orang Semarang tinggal Purbalingga sering pulang juga. Kemarin dibawa ke daerah situ rasanya menyalip agak susah sih. Oh ya kmarin juga udh di Tune up juga si di N*sm*co. Makanya sy nanya disini[emoji1] [emoji1]
Cahyo2002
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Mon Dec 18, 2017 11:51
Location: Purbalingga
Daily Vehicle: Innova

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Cahyo2002 »

Cahyo2002 wrote:
Herman7103 wrote:
Cahyo2002 wrote:Permisi mau nanya nih sama warga SM sekalian disini apa ciri ciri kampas kopling mau habis ya? Gerobak ane innova 2.0 m/t . Kemarin sy ke beres N*smoc* nih dealer dan beres T*y*ta Jateng&DIY setelah dicek katanya Kampas kopling masih bagus,tapi yg saya rasakan saat menyalip kendaraan lain pas menanjak di pegunungan itu agak sulit dan kecepatan 60km/jam gigi 3 rpm di 3000. Katanya itu ciri ciri kampas kopling sudah habis,dri referensi yg sy baca katanya itu jika seperti itu tanda2 kampas kopling mulai habis?? apa benar suhu2 SM yg ada disini?? Mohon Jawabannya sy belum paham banget tentang otomotif
Wow Mobil RWD 2000 CC dan mobil badak dan MT lagi dan dari comment TS Quote
Kemarin sy ke beres N*smoc* nih dealer dan beres T*y*ta Jateng&DIY setelah dicek katanya Kampas kopling masih bagus
Unquote
Menurut saya yg seorang akunting yg sudah beberapa kali nanjak dgn mobil FWD 1500 CC dan CVT,
Cek aja mesin mobilnya sehat atau ngak dulu serta muatannya berapa saat itu balik ke rumus power to weight ratio dan peak torquenya. Yg saya tahu dulu saat nanjak di Dieng selama nyetir pake feeling aja Krn udah biasa nanjak biasa biasa saja kalau power to weight ratio dan peak torquenya dapet tapi bila mau nyalib ngak pernah terpikir demi alasan safety karena bawa muatan seluruh anggota keluarga dan bagasi yg penuh, oh iya memangnya di pegunungan mana kalau boleh tahu Krn saya org nya suka penasaran? Dan yg mau di overtake mobil apa memangnya? peace Om semoga mobilnya kedepannya kuat nanjak sesuai ekspektasi nya.
Klo sy sih daerah Kretek Wonosobo-Parakan Temanggung Om krn itu biasanya banyak truk2 besar lewat dan pelan2 krn beban yg tinggi... sy sih Orang Semarang tinggal Purbalingga sering pulang juga. Kemarin dibawa ke daerah situ rasanya menyalip agak susah sih. Oh ya kmarin juga udh di Tune up juga si di N*sm*co. Makanya sy nanya disini[emoji1] [emoji1]
Mungkin sebelum lebaran sy mo ke Semarang sy coba lagi dulu[emoji23]
Cahyo2002
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Mon Dec 18, 2017 11:51
Location: Purbalingga
Daily Vehicle: Innova

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Cahyo2002 »

Pugman wrote:
Cahyo2002 wrote: Sun May 13, 2018 2:09 Permisi mau nanya nih sama warga SM sekalian disini apa ciri ciri kampas kopling mau habis ya? Gerobak ane innova 2.0 m/t . Kemarin sy ke beres N*smoc* nih dealer dan beres T*y*ta Jateng&DIY setelah dicek katanya Kampas kopling masih bagus,tapi yg saya rasakan saat menyalip kendaraan lain pas menanjak di pegunungan itu agak sulit dan kecepatan 60km/jam gigi 3 rpm di 3000. Katanya itu ciri ciri kampas kopling sudah habis,dri referensi yg sy baca katanya itu jika seperti itu tanda2 kampas kopling mulai habis?? apa benar suhu2 SM yg ada disini?? Mohon Jawabannya sy belum paham banget tentang otomotif
Pas nanjak itu seberapa curam tanjakannya? Isi berapa orang? 3000rpm di tanjakan itu hanya untuk menjaga mobil tetap melaju kedepan, untuk mendahului maka perlu rpm lebih tinggi dengan turun gigi, lihat spec mobil peak torque ada di berapa, dijaga didekat situ.
Ga di tanjakan,di jalan datar juga sama om[emoji16][emoji16] ga ada bedanya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by ChZ »

Cahyo2002 wrote: Sun May 13, 2018 2:09 Permisi mau nanya nih sama warga SM sekalian disini apa ciri ciri kampas kopling mau habis ya? Gerobak ane innova 2.0 m/t . Kemarin sy ke beres N*smoc* nih dealer dan beres T*y*ta Jateng&DIY setelah dicek katanya Kampas kopling masih bagus,tapi yg saya rasakan saat menyalip kendaraan lain pas menanjak di pegunungan itu agak sulit dan kecepatan 60km/jam gigi 3 rpm di 3000. Katanya itu ciri ciri kampas kopling sudah habis,dri referensi yg sy baca katanya itu jika seperti itu tanda2 kampas kopling mulai habis?? apa benar suhu2 SM yg ada disini?? Mohon Jawabannya sy belum paham banget tentang otomotif
Innova MT bensin taun berapa ?
Klo yang belum Euro kan ada setelan AFRnya tuh... coba disetel dulu sapa tau ngga bener setelannya. Klo kopling dicek masih bagus harusnya ngga da urusan ma kopling. Tinggal tu mekanik beres bener ngga ngeceknya.

Di jalan datar klo digas waktu oper gigi apa ada gejala mesin RPM meraung naik tapi speed lama naiknya ? Klo iya ya bener bisa jadi kopling uda mulai selip...

Belinya dari baru atau bekas ? Krn klo beli bekas, mungkin aja dulunya pake mobil apa skrg merasa Innova loyo... :mky_01: tergantung butt-o-meter juga ini. Klo dari Avanza/Xenia soalnya memang naik Innova bensin berasa loyonya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Cahyo2002
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Mon Dec 18, 2017 11:51
Location: Purbalingga
Daily Vehicle: Innova

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Cahyo2002 »

ChZ wrote:
Cahyo2002 wrote: Sun May 13, 2018 2:09 Permisi mau nanya nih sama warga SM sekalian disini apa ciri ciri kampas kopling mau habis ya? Gerobak ane innova 2.0 m/t . Kemarin sy ke beres N*smoc* nih dealer dan beres T*y*ta Jateng&DIY setelah dicek katanya Kampas kopling masih bagus,tapi yg saya rasakan saat menyalip kendaraan lain pas menanjak di pegunungan itu agak sulit dan kecepatan 60km/jam gigi 3 rpm di 3000. Katanya itu ciri ciri kampas kopling sudah habis,dri referensi yg sy baca katanya itu jika seperti itu tanda2 kampas kopling mulai habis?? apa benar suhu2 SM yg ada disini?? Mohon Jawabannya sy belum paham banget tentang otomotif
Innova MT bensin taun berapa ?
Klo yang belum Euro kan ada setelan AFRnya tuh... coba disetel dulu sapa tau ngga bener setelannya. Klo kopling dicek masih bagus harusnya ngga da urusan ma kopling. Tinggal tu mekanik beres bener ngga ngeceknya.

Di jalan datar klo digas waktu oper gigi apa ada gejala mesin RPM meraung naik tapi speed lama naiknya ? Klo iya ya bener bisa jadi kopling uda mulai selip...

Belinya dari baru atau bekas ? Krn klo beli bekas, mungkin aja dulunya pake mobil apa skrg merasa Innova loyo... :mky_01: tergantung butt-o-meter juga ini. Klo dari Avanza/Xenia soalnya memang naik Innova bensin berasa loyonya...
Innova thn 2011,jalan datar si tdk meraung tpi klo gigi 3 kecepatan 60km/jam rpm 3000,dan bapak sy beli nya bekas om sdh 2015-2018 sdh 3 thn ini an Om Chz
Cahyo2002
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Mon Dec 18, 2017 11:51
Location: Purbalingga
Daily Vehicle: Innova

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Cahyo2002 »

ChZ wrote:
Cahyo2002 wrote: Sun May 13, 2018 2:09 Permisi mau nanya nih sama warga SM sekalian disini apa ciri ciri kampas kopling mau habis ya? Gerobak ane innova 2.0 m/t . Kemarin sy ke beres N*smoc* nih dealer dan beres T*y*ta Jateng&DIY setelah dicek katanya Kampas kopling masih bagus,tapi yg saya rasakan saat menyalip kendaraan lain pas menanjak di pegunungan itu agak sulit dan kecepatan 60km/jam gigi 3 rpm di 3000. Katanya itu ciri ciri kampas kopling sudah habis,dri referensi yg sy baca katanya itu jika seperti itu tanda2 kampas kopling mulai habis?? apa benar suhu2 SM yg ada disini?? Mohon Jawabannya sy belum paham banget tentang otomotif
Innova MT bensin taun berapa ?
Klo yang belum Euro kan ada setelan AFRnya tuh... coba disetel dulu sapa tau ngga bener setelannya. Klo kopling dicek masih bagus harusnya ngga da urusan ma kopling. Tinggal tu mekanik beres bener ngga ngeceknya.

Di jalan datar klo digas waktu oper gigi apa ada gejala mesin RPM meraung naik tapi speed lama naiknya ? Klo iya ya bener bisa jadi kopling uda mulai selip...

Belinya dari baru atau bekas ? Krn klo beli bekas, mungkin aja dulunya pake mobil apa skrg merasa Innova loyo... :mky_01: tergantung butt-o-meter juga ini. Klo dari Avanza/Xenia soalnya memang naik Innova bensin berasa loyonya...
Sebelum innova pake panther new royale thn 2000 om chz
gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by gerobak nippon »

Tune up, carb clean, stel valve, kalo perlu check kompresi..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by ChZ »

Cahyo2002 wrote: Sun May 13, 2018 17:48 Sebelum innova pake panther new royale thn 2000 om chz
Owww mungkin ini ya oom... tapi bisa aja dugaan saya salah. Kalo nanjak dengan torsi ala mesin diesel di panther memang lebih ringan pastinya dibanding bensin. Soalnya saya juga ngalamin bawa diesel biasanya bawa bensin, kok rpm rendah amat di 2000an mainnya udah narik...

60 km/jam di rpm 3000 sounds normal buat mobil bensin N/A, kan gigi 1 paling sampe 20, gigi 2 sampe 40, gigi 3 di 60, cuma perlu konfirmasi dari user innova bensin MT lainnya. Mobil tahun 2011 harusnya blom terlalu tua, tapi uda yang euro pastinya jd AFR ngga bisa dimainin setelannya.

Coba diservis lengkap dulu : filter udara, busi, carb cleaner, bersihkan throttle body... cabut terminal negatif aki +- 10 detik pasang lagi...

masih ndak kuat coba modifikasi ringan seperti ganti header dan pipa yang agak kecilan. Exhaust system Innova bensin masalahnya dimensinya disamain ama yang dijel... Jd agak "ngowos" ....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Pugman »

ChZ wrote: Sun May 13, 2018 17:57
Cahyo2002 wrote: Sun May 13, 2018 17:48 Sebelum innova pake panther new royale thn 2000 om chz
Owww mungkin ini ya oom... tapi bisa aja dugaan saya salah. Kalo nanjak dengan torsi ala mesin diesel di panther memang lebih ringan pastinya dibanding bensin. Soalnya saya juga ngalamin bawa diesel biasanya bawa bensin, kok rpm rendah amat di 2000an mainnya udah narik...

60 km/jam di rpm 3000 sounds normal buat mobil bensin N/A, kan gigi 1 paling sampe 20, gigi 2 sampe 40, gigi 3 di 60, cuma perlu konfirmasi dari user innova bensin MT lainnya. Mobil tahun 2011 harusnya blom terlalu tua, tapi uda yang euro pastinya jd AFR ngga bisa dimainin setelannya.

Coba diservis lengkap dulu : filter udara, busi, carb cleaner, bersihkan throttle body... cabut terminal negatif aki +- 10 detik pasang lagi...

masih ndak kuat coba modifikasi ringan seperti ganti header dan pipa yang agak kecilan. Exhaust system Innova bensin masalahnya dimensinya disamain ama yang dijel... Jd agak "ngowos" ....

Nah itu sudah dijelaskan Om CHZ, ini rpm vs speed di mobil saya, sedan 2000cc, rasio gear sedikit lebih berat dari mpv.
Ini speed tiap gear urut mulai dari 2000rpm, 3000rpm dan 4000rpm
Gear 1, 20kpj, 25kpj, 40kpj
Gear 2, 30kpj, 45kpj, 60kpj
Gear 3, 45kpj, 65kpj, 90kpj
Gear 4, 60kpj, 90kpj, 110kpj
Gear 5, 75kpj, 110kpj, 145kpj
Jadi kalau innova gear 3, 60kpj ya normal karena rasio lebih ringan, yang penting kalau di gas, speednya ikut naik linear sama rpm berarti bukan kopling.
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by hafizh »

Apa ada pengaruh klo di pegunungan oksigen lebih tipis drpd di dataran rendah? saya pakai mobil bensin manual di tawangmangu gigi 1 meraung, gigi 2 lemot apalagi klo ketahan mobil depan padahal sampai sarangan enteng2 saja pakai gigi 2 atau 3 ( pas kebetulan jalan lancar )..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by evanbngdor »

Kalo dari tulisan-tulisan diatas sih rasanya cara berkendaranya aja yg belom tepat, apalagi sebelumnya pake mesin diesel yg notabene main di RPM rendah.

Innova VVTi tenaganya keluar di RPM menengah. jadi bisa dicoba dulu shiftingnya kalo lg nanjak atau narik itu di angka 3000-3500an. kuat kok pasti. Innova VVTi yg matic aja kuat kok nanjak extreme, tergantung pinter-pinter ambil sela nya aja.

Kalau masih lemot coba lakukan penyehatan mesin, filter udara dibersihin, kuras tangki, carbon clean, dll.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Or4cle »

Innova 2.0 torsi maksimal di RPM 4000 jadi tenaga baru keluar di rentang RPM yang cukup tinggi dibandingkan dgn mesin diesel.
Jadi nanjak kurang kuat wajar ditambah dimensi MPV yang lumayan besar
Cahyo2002
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Mon Dec 18, 2017 11:51
Location: Purbalingga
Daily Vehicle: Innova

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Cahyo2002 »

evanbngdor wrote:Kalo dari tulisan-tulisan diatas sih rasanya cara berkendaranya aja yg belom tepat, apalagi sebelumnya pake mesin diesel yg notabene main di RPM rendah.

Innova VVTi tenaganya keluar di RPM menengah. jadi bisa dicoba dulu shiftingnya kalo lg nanjak atau narik itu di angka 3000-3500an. kuat kok pasti. Innova VVTi yg matic aja kuat kok nanjak extreme, tergantung pinter-pinter ambil sela nya aja.

Kalau masih lemot coba lakukan penyehatan mesin, filter udara dibersihin, kuras tangki, carbon clean, dll.
Sy bingungnya dgn referensinya om[emoji1] [emoji1] memang klo rpm 3000 nanjak kuat si
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by andyez86 »

nasmoco lagii...nasmoco lg...wkwkwkwkkwwk cb cari bengkel alternatif lain aja om...ampe bego lah ngurus bgni di nasmoco.....cb cek kondisi busi dlu,carbon clean,bersihkan throttle body,cek filter udara ,filter bahan bakar (kalau perlu kuras tangki bersihkan screen filter nya),ipah bensin buat di jln tanjakan musti maen di rpm tinggi om bru dpt powernya....
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by bero89 »

Kalo lagi nanjak-nanjak pake posisi rpm terenaknya si mobil aja om, jangan dipatok-patokin rpm sekian apalagi ngejar mode ekonomis, kasihan mesinnya nanti. Cmiiw

Faktor teknisnya biar om lainnya yang nambahin
Cahyo2002
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Mon Dec 18, 2017 11:51
Location: Purbalingga
Daily Vehicle: Innova

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Cahyo2002 »

andyez86 wrote:nasmoco lagii...nasmoco lg...wkwkwkwkkwwk cb cari bengkel alternatif lain aja om...ampe bego lah ngurus bgni di nasmoco.....cb cek kondisi busi dlu,carbon clean,bersihkan throttle body,cek filter udara ,filter bahan bakar (kalau perlu kuras tangki bersihkan screen filter nya),ipah bensin buat di jln tanjakan musti maen di rpm tinggi om bru dpt powernya....
Udah semua om
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Dogies »

Coba di nyalakan mesinnya (ac off), terus masukkan ke gigi 1 lalu kopling dilepas mendadak (tanpa injek gas)
Kalau mesin mati berarti kopling set masih bagus, kalau mesin masih hidup dan meluncur artinya kopling set/mataharinya sudah mesti diganti
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by gaspol »

Salam kenal om ts..saya user ipah bengsin mt 2012. Mobil harian saya selama saya tinggal di papua yg notabene daerah perbukitan dan pegunungan..
Imho untuk nanjak2 apalagi bawa penumpang, mau nyalip pula itu mesti pakai gigi 2 om..mesti tega denger raungan mesinnya. Jgn lupa ancang2 dr bawah. Saya biasanya main di 3500-4000 rpm oom..gada patokan sih,disesuaikan sm kondisi jalan aja..yg pasti main rpm menengah atas terus.