Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 459
Joined: 12 Aug 2016, 13:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Nainggolan21 » 14 May 2018, 12:59

Kalau di tanjakan bawa innova itu emang greget om. Pakai gigi 1 gak tega dengar gerungan mesinnya di rpm tinggi plus bau kampas kopling yang menyengat. Pindah ke gigi2 langsung drop rpm nya dan gak ada tenaga.
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"

User avatar
r12qiSonH4ji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: 17 Jul 2014, 12:10
Location: Mampang Prapatan

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by r12qiSonH4ji » 14 May 2018, 13:00

Nainggolan21 wrote:
14 May 2018, 12:59
Kalau di tanjakan bawa innova itu emang greget om. Pakai gigi 1 gak tega dengar gerungan mesinnya di rpm tinggi plus bau kampas kopling yang menyengat. Pindah ke gigi2 langsung drop rpm nya dan gak ada tenaga.
Sekarang sukanya diesel ya om :mky_03:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------

User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 459
Joined: 12 Aug 2016, 13:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Nainggolan21 » 14 May 2018, 13:03

r12qiSonH4ji wrote:
14 May 2018, 13:00
Nainggolan21 wrote:
14 May 2018, 12:59
Kalau di tanjakan bawa innova itu emang greget om. Pakai gigi 1 gak tega dengar gerungan mesinnya di rpm tinggi plus bau kampas kopling yang menyengat. Pindah ke gigi2 langsung drop rpm nya dan gak ada tenaga.
Sekarang sukanya diesel ya om :mky_03:
Yang Pasti suka yang "GREGET" Gitu om :big_love: :big_love: :big_love:
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1810
Joined: 17 Aug 2015, 13:32

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by martinnn » 14 May 2018, 13:43

Service besar Dan pakai pertabo

Mellow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 10 Feb 2015, 06:01

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Mellow » 14 May 2018, 14:29

gaspol wrote:
14 May 2018, 12:45
Salam kenal om ts..saya user ipah bengsin mt 2012. Mobil harian saya selama saya tinggal di papua yg notabene daerah perbukitan dan pegunungan..
Imho untuk nanjak2 apalagi bawa penumpang, mau nyalip pula itu mesti pakai gigi 2 om..mesti tega denger raungan mesinnya. Jgn lupa ancang2 dr bawah. Saya biasanya main di 3500-4000 rpm oom..gada patokan sih,disesuaikan sm kondisi jalan aja..yg pasti main rpm menengah atas terus.
yup, klo pas nanjak ke pegunungan, penting buat kenali dulu karakter mobil :terutama mesin & tranmisinya (gear ratio). Mesin bensin biasanya peak HP & torque di rpm menengah atas (yg repot klo lalin lagi macet di tanjakan :big_dunno:, ini yg sering bikin kopling M/T cepet aus, krn start di tanjakan ). mesin diesel dah dapat peak HP & torque di rpm bawah-tengah.
Perlu juga pengenalan kondisi jalan & sikap main aman (jika tidak yakin tentang sudut tanjakan: pake gear 2 atau bahkan 1).

carlzeiss
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 383
Joined: 04 Jul 2016, 23:27

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by carlzeiss » 14 May 2018, 14:50

Agak loyo ya innova bensin, saya sebelumnya pakai hrv, kemufian dpt fasilitas kantor GNKI V matic bensin 2014, lemot sekali ya di rpm bawah buat sruntulan dimacet kurang pas , apa dengan pakai pivot TC bisa lebih sigap ya ?
GE 8 RS - 2012
GB 3 PSD - 2010
GB 3 PSD - 2014
RU 1 E CVT - 2015
1TR-FE V - 2014

supriyadi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by supriyadi » 14 May 2018, 15:40

Mellow wrote:
14 May 2018, 14:29
gaspol wrote:
14 May 2018, 12:45
Salam kenal om ts..saya user ipah bengsin mt 2012. Mobil harian saya selama saya tinggal di papua yg notabene daerah perbukitan dan pegunungan..
Imho untuk nanjak2 apalagi bawa penumpang, mau nyalip pula itu mesti pakai gigi 2 om..mesti tega denger raungan mesinnya. Jgn lupa ancang2 dr bawah. Saya biasanya main di 3500-4000 rpm oom..gada patokan sih,disesuaikan sm kondisi jalan aja..yg pasti main rpm menengah atas terus.
yup, klo pas nanjak ke pegunungan, penting buat kenali dulu karakter mobil :terutama mesin & tranmisinya (gear ratio). Mesin bensin biasanya peak HP & torque di rpm menengah atas (yg repot klo lalin lagi macet di tanjakan :big_dunno:, ini yg sering bikin kopling M/T cepet aus, krn start di tanjakan ). mesin diesel dah dapat peak HP & torque di rpm bawah-tengah.
Perlu juga pengenalan kondisi jalan & sikap main aman (jika tidak yakin tentang sudut tanjakan: pake gear 2 atau bahkan 1).
Malo nanjak apalagi bawa beban mau gak mau harus main gigi rendah & rpm tinggi, kalo nggak ya nggak keluar tenaganya. Pengalaman nanjak di Lembah Anai & Malalak Sumbar pake gerobak 1500 cc full loaded main digigi 1, 2 rpm 3000-4500an. Mesin meraung macam peresan tebu kata Om DOHC, daripada ndak kuat nanjak. Kalo nggak gas dikocok bukan pedal to karpet, kalo dikocok gasnya lumayan keluar tenaga. Pernah mendaki gas mentok bukannya kuat malah mati mesin ditanjakan

chaprizone
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: 15 Feb 2016, 09:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Barat

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by chaprizone » 14 May 2018, 15:51

saya pernah nanjak agak curam +tikungan tajam (gk ada ancang2) pakai innova 2.0 MT gen 1 memang berasa loyo om, saya kebiasaan naik panther LV non-turbo lewat jalur situ juga.
jadi kalau pake panther bisa pake gigi 2 dg RPM rendah, klo innova harus gigi 1 dg RPM yg cukup tinggi, sekitar 4000rpm, tp setelah dapet peak power langsung bisa naik enteng aja, jadi emang feel-nya beda om antara innova bensin dg panther.
:big_okay:

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by coklatMetalik » 14 May 2018, 16:57

Intinya kalo nanjak jangan males downshift
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 736
Joined: 15 Jan 2016, 22:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by Rundeer » 14 May 2018, 17:55

Saya jg pengguna Ipah bensin m/t 2012. Kalo misalnya kerasa boyo emg normal sih, karakter mesinnya emg begitu. Ini mesin enak di jalan lurus, kalo tanjakan ya harus downshift ke gigi 2.

Btw karakter mesin 1TR ini kaya mood mood an menurut saya, kadang enak dibawa lari, kadangan ogah ogahan malah ngeden n teriak tapi gak ngebut :big_slap:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:

adrianomyman
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 26 Mar 2018, 20:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak

Post by adrianomyman » 02 Jul 2018, 06:12

Kalo dr pengalaman ane bolak balik selalu mdn-kabanjahe-keliling Toba, pake mesin bensin MT mau nyalip di tanjakan apalagi yg disalip itu mbl truk/truk galon Pertamina, musti tega main rpm tinggi ,gear 2 , atau gak musti bikin ancang-ancang. Ga mungkin ECO drive, tp kalo sekedar naik nanjak sih mesin ga perlu maksa jg bisa, lain cerita kalo mau nyalip. Fwd/Rwd, LMPV,LCGC 3silinder jg kuat kok nanjak2 sekalipun macet2an atau jalan non-aspal(light off-road). Cuman masing2 tipe memang beda karakternya hrs tau kita kail torsinya biar pas.

Post Reply

Return to “MPV Types”