SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by b8099ok »

arfs wrote: 05 Jan 2018, 08:43
b8099ok wrote:Ertidis gain dpt mayan gede. Yg jelas koplingnya kalah duluan. Awas ni ecu msh kline, blm canbus, lama kali tarik datanya ama writingnya. Ampe jenggotan dah,... :big_slap:
Tapi masih lamaan nunggu FRD mendapatkan cinta nya kan? :ngacir:
Ketikung pulak,... :glodak:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
Kijangers
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 13 Jul 2017, 12:22
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Bentor

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by Kijangers »

vp920b wrote:Idle start stop tidak akan selalu jalan, karena dia harus ngisi daya dulu yang cukup baru idle start stop jalan.

Kasus begitu sama saja seperti di Merc or Beemer, akan selalu silang auto start stop kalau daya pengisian KERS/SHSV kalau di suzuki belum full. Kalau sudah full baru bisa start stop.

Deselerasi untuk mengisi daya dari rem(Kinetic Energy).

Saya sih kalau pun punya Ertidis, sudah pasti SHSV akan selalu off, maklum takut dinamo stater ama aki jebol karena Aki tidak bisa beli sembarangan.

Thanks
Iya Om vp920b, saya juga lebih sering mati ISS nya. Logika saya mesin turbo biar ga langsung hilang pelumasan turbo nya dipasang turbo timer, ini malah dengan sengaja langsung mati. Takut malah ada imbas negatif ke turbo nya...
User avatar
mas_amoh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 07 Jan 2010, 11:38
Location: jkt|bdg|jog

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by mas_amoh »

KakaAde wrote: 05 Jan 2018, 09:50
aryoicez wrote: 05 Jan 2018, 01:02
KakaAde wrote: 03 Jan 2018, 11:54
kl ane penikmat mesn berisik... coz melihara inova diesel '14 jg
so far pake ertidis itu, enjoy dan maintenance gakribet :big_smile] .. hny saja tenaga rpm bwh krg nendang, tp kl dah diatas.. ngerih turbo VGT-nya... :)
(kndisi ertidis ane dah dcopot katalic converternya (si penghambat buangan gas) + psg ground cable

titik pemasangan ground cable dimana aja gan?
itu cuman copot katalicnya aja? gak nambah2 lagi pipa2nya?

sekrang aksel naik banget gak gan?
ane psg GC dlangganan bengkel anak2 inova.. titik2nya lupa :(
copot/buang CC... mal ulang pipanya...
stlh dcopot siulan turbo tdengar lbh jelas alias krn lbh plong buangannya... step1 optimalisasi mesin :)
Kalo pake Pertadex CC nya masih lebih baik dicopot jg ya...
or am I fool, goin' where the wind blows, see ya then...
aryoicez
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 22 Jun 2017, 13:47

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by aryoicez »

Kijangers wrote: 06 Jan 2018, 16:01
vp920b wrote:Idle start stop tidak akan selalu jalan, karena dia harus ngisi daya dulu yang cukup baru idle start stop jalan.

Kasus begitu sama saja seperti di Merc or Beemer, akan selalu silang auto start stop kalau daya pengisian KERS/SHSV kalau di suzuki belum full. Kalau sudah full baru bisa start stop.

Deselerasi untuk mengisi daya dari rem(Kinetic Energy).

Saya sih kalau pun punya Ertidis, sudah pasti SHSV akan selalu off, maklum takut dinamo stater ama aki jebol karena Aki tidak bisa beli sembarangan.

Thanks
Iya Om vp920b, saya juga lebih sering mati ISS nya. Logika saya mesin turbo biar ga langsung hilang pelumasan turbo nya dipasang turbo timer, ini malah dengan sengaja langsung mati. Takut malah ada imbas negatif ke turbo nya...
udah pasang turbotimer kena berapa?
KakaAde
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 28 Dec 2017, 23:22
Location: Banten

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by KakaAde »

mas_amoh wrote: 07 Jan 2018, 08:42
KakaAde wrote: 05 Jan 2018, 09:50
aryoicez wrote: 05 Jan 2018, 01:02


titik pemasangan ground cable dimana aja gan?
itu cuman copot katalicnya aja? gak nambah2 lagi pipa2nya?

sekrang aksel naik banget gak gan?
ane psg GC dlangganan bengkel anak2 inova.. titik2nya lupa :(
copot/buang CC... mal ulang pipanya...
stlh dcopot siulan turbo tdengar lbh jelas alias krn lbh plong buangannya... step1 optimalisasi mesin :)
Kalo pake Pertadex CC nya masih lebih baik dicopot jg ya...
iya om... penghambat buangan gas..
lama kelamaan malah jd bikin mampet buangan gas, kl dah numpuk karbonnya..
aryoicez
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 22 Jun 2017, 13:47

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by aryoicez »

KakaAde wrote: 08 Jan 2018, 18:23
mas_amoh wrote: 07 Jan 2018, 08:42
KakaAde wrote: 05 Jan 2018, 09:50
ane psg GC dlangganan bengkel anak2 inova.. titik2nya lupa :(
copot/buang CC... mal ulang pipanya...
stlh dcopot siulan turbo tdengar lbh jelas alias krn lbh plong buangannya... step1 optimalisasi mesin :)
Kalo pake Pertadex CC nya masih lebih baik dicopot jg ya...
iya om... penghambat buangan gas..
lama kelamaan malah jd bikin mampet buangan gas, kl dah numpuk karbonnya..
kmren kata tukang knalpotnya, CC erdis sama spin beda.. di erdis itu di cor, jadi agak susah untuk "copot" CC tapi gak tau dehh di akalin sama tukangnya.. sekarng "siulannya" udahh kedengaren dari rpm bwah
fiestawhite13
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 03 Aug 2017, 09:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fiesta

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by fiestawhite13 »

gan nanya dong ada yg sebelumnya pake ertiga bensin ga sebelum ke ertidis? apakah perbedaann konsumsi bbmmnya signifikan banget untuk dalkot jkt yg super macet jam kantor? mau nanya pendapat real dari user yang pernah menggunakan langsung ertiga bensin nih karena ada rencana ambil ertidis tapi yang versi bensin khususnya second cukup menarik bagi saya terima kasih
omozy
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 01 Jan 2018, 03:16
Location: tegal
Daily Vehicle: ertiga

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by omozy »

sepi yak, masih pada baru baru mobilnya belum banyak oprek oprek wkwkwkw
urangdiri
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 19 Dec 2017, 14:48
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Suzuki

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by urangdiri »

omozy wrote:sepi yak, masih pada baru baru mobilnya belum banyak oprek oprek wkwkwkw
Iya om..
Kalo saya belum brani oprek2... odometer masih d bawah 5000, mantau nyimak review dari user lain dulu :-)
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by b8099ok »

Kapan sih kluar metiknya,... Sepet bener pake manual di jkt,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
urangdiri
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 19 Dec 2017, 14:48
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Suzuki

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by urangdiri »

b8099ok wrote: 15 Jan 2018, 09:54 Kapan sih kluar metiknya,... Sepet bener pake manual di jkt,...
Belum tau om..mungkin di new ertiga diesel metiknya
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by b8099ok »

urangdiri wrote: 18 Jan 2018, 14:38
b8099ok wrote: 15 Jan 2018, 09:54 Kapan sih kluar metiknya,... Sepet bener pake manual di jkt,...
Belum tau om..mungkin di new ertiga diesel metiknya
Cape deh lamanya susuki,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
rgee
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 09 Nov 2017, 13:30

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by rgee »

Sekedar sharing kemaren abis servis 10k cuma ganti oli SGO dan krn filter oli gak ada barang. Sekalian tes SGO kalo gak maknyus balik lagi ke castrol. [emoji3]

Ada yg punya inpo bengkel yg bisa ganti oli+filter diluar beres daerah Jaksel/tangsel ?

Terima kasih
IMG_20180212_130000.jpg
IMG_20180212_130000.jpg (34.16 KiB) Viewed 519 times
harjo
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 27 Mar 2018, 11:14
Location: cirebon
Daily Vehicle: ertiga diesel

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by harjo »

Dear All, salam kenal, saya agung dari cirebon pemakai ertiga diesel.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 27 Jun 2008, 13:36

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by hafizh »

harjo wrote: 27 Mar 2018, 11:34 Dear All, salam kenal, saya agung dari cirebon pemakai ertiga diesel.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.
Mantep nih, mungkin bisa dijelaskan detil langkah2 modifikasinya om...
User avatar
u53r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Jul 2016, 15:00
Daily Vehicle: 2KD-FTV + DDIS 1300

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by u53r »

harjo wrote:Dear All, salam kenal, saya agung dari cirebon pemakai ertiga diesel.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.
Iya nih om tlg di share biar kawan2 disini bisa ngobatin masalahnya.. karena suzuki benar2 import cbu tanpa membuat adaptasi sama sekali untuk iklim di indonesia...
User avatar
u53r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Jul 2016, 15:00
Daily Vehicle: 2KD-FTV + DDIS 1300

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by u53r »

KakaAde wrote:
u53r wrote: 04 Jan 2018, 19:36
KakaAde wrote: kl ane penikmat mesn berisik... coz melihara inova diesel '14 jg
so far pake ertidis itu, enjoy dan maintenance gakribet :big_smile] .. hny saja tenaga rpm bwh krg nendang, tp kl dah diatas.. ngerih turbo VGT-nya... :)
(kndisi ertidis ane dah dcopot katalic converternya (si penghambat buangan gas) + psg ground cable
Bongkar catalitic convnya dimana? Ganti downpipe ya
di budi knalpot permata hijau.... kndisi KM 1000, br jln sgitu ajah dah item gosong cataliticnya... :(
intinya hrs dcopot/belah tuh CC, pengerjaannya dbuat ulang pipanya.
Mantap om.. rasanya memang cm di Budi Knalpot aja yang ready custom begitu... terimakasih infonya
Ilhams
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 27 Mar 2018, 14:02
Location: Medan

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by Ilhams »

Pagi, Siang, malam om,,, saya newbie disini.. pengguna Surtidis (medan), mau tanya untuk mencmpur bahan bakar Bio Diesel VS Dexlite aman gak ya? dan kalaupun terpaksa pakai Bio SOlar gimana tarikan mesin dan kualitas suaranya..?
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: 01 Mar 2018, 13:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by Boeds »

harjo wrote: 27 Mar 2018, 11:34 Dear All, salam kenal, saya agung dari cirebon pemakai ertiga diesel.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.
wow...keren banget om bisa segitu. effortnya gak sampai bikin capek hati kan? :big_think:
kalo driving normal dapet segitu, bisa ketagihan roadtrip jauh" mulu nih...

saya pemakai ertiga bensin kloter pertama, sudah hampir nginjak 6 tahun.
mesin masih gak beda jauh dgn pertama ambil dulu, masih relatif halus.
cuma ya, interior saja rada kuning" jorok gitu, maklum interior beige usia 6 tahun... isinya anak" .

lagi kepikiran ganti suasana ertidis buat harian.
kalau om harjo dalam kota biasanya dapat berapa fc nya dari beberapa kali pengamatan ?
harjo
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 27 Mar 2018, 11:14
Location: cirebon
Daily Vehicle: ertiga diesel

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by harjo »

Kalau untuk sekitaran kota rata2 kalau yang pakai saya bisa tembus 20km/lt tapi kalau yang bawa istri bisa 18km/lt, oh iya om mungkin weight to ratio perlu diperhatikan juga karena ertiga diesel saya bangku jok belakang saya lepas biar bisa muat lebih banyak barang om.., yang paling utama juga sebenarnya adalah drive stile kita yang harus perlu banyak belajar disesuaikan dengan karakter mobil apalagi buat diesel.

sekedar share pengalaman saya pemakaian sehari-hari, saya juga sering campur tuh dexlite sama biosolar, terakhir sering biosolarnya dan yg paling terasa adalah pijakan gas harus lebih dalem om dan konsumsi juga ngaruh sedikit lebih boros, tetapi kalau dihitung2 tetap jauh lebih irit duitnya, cuman perlu diperhatikan kalau sering pakai biosolar harus dibarengi dengan penambahan additive yg dicampur ke bahan bakar biar tidak membuat filter solar sama injector gampang kotor.
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 27 Jun 2008, 13:36

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by hafizh »

oh ya om harjo, ditunggu langkah2 modif temperatur kontrolnya...
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: 18 May 2014, 06:11

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by andrijet »

Jok belakang gak sampe 20kg kyknya, hehehe...

Maksudnya gak ada thermostat itu gmn yak?
ACnya gak bs set suhu gt?
Emang India ada 4 musim yak?
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by mike22 »

ditunggu jg om step modif masang termostatnya.. spertinya di mobil sy juga masalahnya sama
harjo
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 27 Mar 2018, 11:14
Location: cirebon
Daily Vehicle: ertiga diesel

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by harjo »

hafizh wrote: 28 Mar 2018, 10:03 oh ya om harjo, ditunggu langkah2 modif temperatur kontrolnya...
om hafizh coba cari di online shop untuk temperature control harganya ngak mahal kok malah yang modulenya aja cuman ngak sampai 50K, kalau om paham cara bongkarnya buat yg di dashboard tinggal cabut dan putus kabel warna biru muda itu kepunyaan switch AC on/off, ntar tinggal pasang aja kabel dari alat temperature controlnya (relay pemutus dari module temp), untuk sensornya lubangi air hose atas seukuran sensor dan masukkan setengah sensor masuk kedalam air hose tersebut, untuk power 12vDC nya saya jumper dari lighter.
kalau om beli alat temperature control usahakan yg ada manualnya karena ntar perlu setting deadband/jarak mati target temperature buat menyalakan dan mematikan compressor.
sebenarnya system ini sama dengan thermostat AC biasa cuman harganya jauh lebih murah om, jangan kuatir saya sudah pakai alat ini sejak awal sampai sekarang berjalan lebih dari 7000km masih aman tidak ada pengaruh ke system yang lain.
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: 29 Dec 2013, 06:45

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by halooo »

harjo wrote: 28 Mar 2018, 13:27
hafizh wrote: 28 Mar 2018, 10:03 oh ya om harjo, ditunggu langkah2 modif temperatur kontrolnya...
om hafizh coba cari di online shop untuk temperature control harganya ngak mahal kok malah yang modulenya aja cuman ngak sampai 50K, kalau om paham cara bongkarnya buat yg di dashboard tinggal cabut dan putus kabel warna biru muda itu kepunyaan switch AC on/off, ntar tinggal pasang aja kabel dari alat temperature controlnya (relay pemutus dari module temp), untuk sensornya lubangi air hose atas seukuran sensor dan masukkan setengah sensor masuk kedalam air hose tersebut, untuk power 12vDC nya saya jumper dari lighter.
kalau om beli alat temperature control usahakan yg ada manualnya karena ntar perlu setting deadband/jarak mati target temperature buat menyalakan dan mematikan compressor.
sebenarnya system ini sama dengan thermostat AC biasa cuman harganya jauh lebih murah om, jangan kuatir saya sudah pakai alat ini sejak awal sampai sekarang berjalan lebih dari 7000km masih aman tidak ada pengaruh ke system yang lain.
Sekalian aja foto atau videonya om dan link beli alatnya. Garansi kelistrikan otomatis hilang ya? Tapi gatel jg sih kl ada problem serupa di mobil sendiri sementara beres ga bs ngapa2in. #user gx 13 yg lg mikir nyari ganti yg senyaman ertiga apa
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post