SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by adityabp »

akbarfit wrote: 30 Sep 2017, 16:53 Kompresor always engage itu umum sebetulnya. X-Trail taun 2004 sudah pake model seperti itu merk Zexel. Berbeda dengan X-Trail saya yang tahun 2007 padahal body masih sama yang engage off engage off merk Calsonic.

saya gak paham yang dimaksud hanya selector dingin panas. maksudnya apa? kemudian yang beku apa?

Sistemnya memang seperti itu. Kasusnya di x-trail, justru mereka yang modif/pantek kompresor menjadi on off di model yang engage terus malah jebol dan rusak sak....

Kalo saya bilang sih, itu semua yang dipermasalahkan masalah AC adalah wajar dan tidak tahu darimana ada istilah beku itu yang sperti apa. Harusnya, begitu freon beku justru mobil jadi gak dingin.
Yg dimaksud beku disini, muncul es di evap yg menghalangi angin dari blower.
Saya gak tau pasti efeknya ke kompresor kalo evap sdh beku (muncul es), tapi yg pasti AC jadi gak dingin krn angin dari blower berkurang dan mungkin juga bisa merusak motor blower krn angin yg hrsnya mengalir lewat evap malah tertahan.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by kunaskun »

adityabp wrote: 02 Oct 2017, 16:27
Yg dimaksud beku disini, muncul es di evap yg menghalangi angin dari blower.
Saya gak tau pasti efeknya ke kompresor kalo evap sdh beku (muncul es), tapi yg pasti AC jadi gak dingin krn angin dari blower berkurang dan mungkin juga bisa merusak motor blower krn angin yg hrsnya mengalir lewat evap malah tertahan.
kompressor beku biasa karena thermostat ngaco, pressure freon ketinggian akibatnya freon belum sempet turun uda balik lagi, expansion valve ngaco, tapi jarang kejadian motor blower mati karena angin tertahan karena beban motor blower itu enteng makanya jarang sekali ada yang rusak kecuali penyakit bawaan.

kenapa evap beku ac jadi ga dingin, ya karena anginnya bener ketahan es di evap.

btw ini kan mobil diesel, mestinya ac itu kerjanya enteng sekali loh dan jadinya cenderung lebih dingin, karena torque mobil diesel gede bikin puteran kompressor enteng, juga karena rpm ga tinggi2 amat jadi magnet awet karena engage disengage di rpm rendah daripada mobil bensin
daftar wrote: 30 Sep 2017, 17:34 @kunaskun untuk menyetel panas dingin kayaknya bukan dengan thermostat tapi ampli AC, sedikit lebih canggih dari thermostat
Mozawa wrote: 30 Sep 2017, 19:05 Termostat bekerja paralel / simultan dg cut off blow off valve. Jadi tetap bekerja.

jadi ada 2 input , 1 tekanan (berbanding lurus rpm) 1 suhu .

ampli ac itu termostat yg bekerja dg cara elektronik . cara kerjanya Sama.
kalo takut kompresor jebol , Pasang aja kabelnya termostat di kabel katup blow off, jadi kalau dingin ,blow off aktif. pakai relay . tukang ac yg mumpuni is a must
ah thanks for the info om
User avatar
u53r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Jul 2016, 15:00
Daily Vehicle: 2KD-FTV + DDIS 1300

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by u53r »

arissety wrote: 30 Sep 2017, 17:28
u53r wrote: 30 Sep 2017, 15:05
konsumsi BBM dalkot pakai dexlite dapat 11,3km per liter, kemaren abis service pertama iseng isi dex dari nol malah turun ke 10.9 kmpl.

kalo tarikan seperti biasa ya khas suzuki, ngejambak di di rpm mulai 2600 keatas, mulai 2600 berasa banget torsinya mantap. kabin cukup silent, cat yang india agak tipis, lebih tebal cat GX lokalan.

tarikan selama di test pake Dexlite di tol bisa mentok 165km/h on speedo. performa pakai dexlite dan dex ga banyak berubah sih. Asap knalpot udah ga bau kayak kebanyakan mobil diesel, ini baunya kek asap bensin campur tai kucing ( ada bau amoniaknya ) sorry jadi agak oot... hahaha.
Saya pikir konsumsi bbm bisa diatas 20kmpl dalkot, seperti yg dipromosikan.
Klo macet berhenti, mesin sudah off sendiri dan otomatis jalan klo pas lepas kopling kan om?

Btw g coba paket tambahan komponen spy bisa pakai biosolar om? itu resmi paket dr suzuki.
Pas awal TD pakai punya bengkel kondisi macet bekasi masih dapat 16Kmpl.

Saya tanya bengkel tempat beli mereka malah blm tahu update untuk pakai solar.
User avatar
u53r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Jul 2016, 15:00
Daily Vehicle: 2KD-FTV + DDIS 1300

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by u53r »

Mozawa wrote: 30 Sep 2017, 19:05 Termostat bekerja paralel / simultan dg cut off blow off valve. Jadi tetap bekerja.

jadi ada 2 input , 1 tekanan (berbanding lurus rpm) 1 suhu .

ampli ac itu termostat yg bekerja dg cara elektronik . cara kerjanya Sama.
kalo takut kompresor jebol , Pasang aja kabelnya termostat di kabel katup blow off, jadi kalau dingin ,blow off aktif. pakai relay . tukang ac yg mumpuni is a must

ya yang jelas sekarang problemnya, saya beli dua unit dan casenya sama krn entah compressor tidak ada cut off atau blow off tidak bekerja jika ac kondisi nyala walaupun selector cool heat diposisi tengah, ac belakang tetap dingin dan tidak ada cut off. jadi bisa dipastikan kaca belakang termasuk baris ketiga kiri kanan selalu akan berembun dan penumpang mengigil semua. kalau double blower dimatikan fannya, karena tidak ada valve cutnya, maka evap double blower akan membeku, karena freon tetap mengalir walaupun fan dalam kondisi mati. dan jika dibiarkan off, nanti pada saat dinyalakan akan rada bau anyir karena bekas membeku. jadi solusinya double blower harus selalu kondisi hidup ketika ac hidup.

Apakah ada referensi bengkel ac yang mumpuni? saya dulu hanya langganan di fatmawati, dan pelayanannya oke. terakhir abis service mobil daihatsu di bengkel dengan emblem DENSO besar, tapi yang ada mobil lecet2 dashboard dll.. kecewa deh sama pelayanannya.
User avatar
u53r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Jul 2016, 15:00
Daily Vehicle: 2KD-FTV + DDIS 1300

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by u53r »

Change wrote: 30 Sep 2017, 22:08 http://www.theautomotiveindia.com/forum ... rs-10.html

Forum diskusi mengenai konsumsi bbm ertiga diesel di india..mgkn bisa buat nambah informasi.
Thanks buat linknya Om, di india mereka sih rata2 puas ya dengan mobilnya.. ada yang konsumsi sampai dgn 27 Kmpl... :emo-big_love:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by maastricht889 »

Waktu 2 minggu lalu saya ke beres suzuki setiabudhi bandung, biasa nya ada papan daftar biaya servis. Kebetulan di kolom ertiga diesel, biaya servis yg matic kok udah ada ya? Pertanda kah? SAnya saya tanyain ga ngaku
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: 17 Jun 2013, 15:30

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by arissety »

u53r wrote: 02 Oct 2017, 17:37
arissety wrote: 30 Sep 2017, 17:28
u53r wrote: 30 Sep 2017, 15:05
konsumsi BBM dalkot pakai dexlite dapat 11,3km per liter, kemaren abis service pertama iseng isi dex dari nol malah turun ke 10.9 kmpl.

kalo tarikan seperti biasa ya khas suzuki, ngejambak di di rpm mulai 2600 keatas, mulai 2600 berasa banget torsinya mantap. kabin cukup silent, cat yang india agak tipis, lebih tebal cat GX lokalan.

tarikan selama di test pake Dexlite di tol bisa mentok 165km/h on speedo. performa pakai dexlite dan dex ga banyak berubah sih. Asap knalpot udah ga bau kayak kebanyakan mobil diesel, ini baunya kek asap bensin campur tai kucing ( ada bau amoniaknya ) sorry jadi agak oot... hahaha.
Saya pikir konsumsi bbm bisa diatas 20kmpl dalkot, seperti yg dipromosikan.
Klo macet berhenti, mesin sudah off sendiri dan otomatis jalan klo pas lepas kopling kan om?

Btw g coba paket tambahan komponen spy bisa pakai biosolar om? itu resmi paket dr suzuki.
Pas awal TD pakai punya bengkel kondisi macet bekasi masih dapat 16Kmpl.

Saya tanya bengkel tempat beli mereka malah blm tahu update untuk pakai solar.
Kok aneh ya om dapetnya 10-11 kmpl.
Masak kalah sama panther 2,2 TON ane, yg cuma pakai biosolar.
Coba dikonsultasikan ke beresnya om.
User avatar
u53r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Jul 2016, 15:00
Daily Vehicle: 2KD-FTV + DDIS 1300

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by u53r »

Sekarang sudah naik di 13.5 kmpl setelah jalan 2500an km
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: 07 Jan 2008, 10:10

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by singachu »

Mozawa wrote: 27 Sep 2017, 06:07 Pasang aja termostat sendiri, gampang kok. Intinya hanya nge cut arus istrik ke kopresors saat udah dingin.

Mungkin cara kerja kompresor ertiga diesel sama dengan kompresor kompresor eropa misal merk. Delphi.

Kompresor selalu engaged dan berputar ( pulley magnet selalu menempel atau lengket) tapi saat putaran tinggi misal akselerasi, maka di dalam kompresor ada katup blow off atau bypass yang bekerja sehinga freon tidak mengalir even pulley magnet tetap bekerja.

Secara kasat mata tidak kelihatan katup bypass bekerja, tapi kerja kompEsor jd ringan

Solusinya, modif dg termostat tambahan sehingga pulley magnet gak selalu lengket
kalau kompresor yang seperti ini, misal jarang rpm tinggi dan cuaca di luar ga terlalu panas, dia masa ga kebuka juga katup blow off nya ?
Atau selain rpm ada lagi ?
u53r wrote: 30 Sep 2017, 15:05 kalo tarikan seperti biasa ya khas suzuki, ngejambak di di rpm mulai 2600 keatas, mulai 2600 berasa banget torsinya mantap. kabin cukup silent, cat yang india agak tipis, lebih tebal cat GX lokalan.

padahal turbo diesel ya ? 2000 blom brasa torsi ?

regards,
singachu
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: 29 Dec 2013, 06:45

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by halooo »

Kalau konsumsi bbm nya tdk terlalu signifikan mending yang bensin dong ya harusnya, semoga salah, soalnya diesel harusnya bs lebih irit lagi.... Matic nya segera dikeluarin dongg
rgee
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 09 Nov 2017, 13:30

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by rgee »

Permisi para Suhu, nubie ijin gabung.
Baru minang neng Erti Diesel 3mgg.
Krn kali pertama pegang diesel, mohon petunjuknya[emoji120]

Image


Sharing FC rute Rumah-Kantor via JORR2
Berangkat:
Image

Pulang: detour 4km buat isi Solar
Image
rgee
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 09 Nov 2017, 13:30

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by rgee »

Update sharing Ertiga Diesel metode full 2 full tembus 21,10km/l. Jarak 453.7 km di isi Solar 21.5 liter.

Bagi yang punya info toko part & aksesoris R3 diesel boleh di share disini [emoji120] semuanya.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: 07 Jan 2008, 10:10

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by singachu »

rgee wrote: 11 Nov 2017, 16:20 Update sharing Ertiga Diesel metode full 2 full tembus 21,10km/l. Jarak 453.7 km di isi Solar 21.5 liter.

Bagi yang punya info toko part & aksesoris R3 diesel boleh di share disini [emoji120] semuanya.
rute lalin bagaimana ?
gaya nyetir ?

regards,
singachu
rgee
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 09 Nov 2017, 13:30

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by rgee »

singachu wrote:
rgee wrote: 11 Nov 2017, 16:20 Update sharing Ertiga Diesel metode full 2 full tembus 21,10km/l. Jarak 453.7 km di isi Solar 21.5 liter.

Bagi yang punya info toko part & aksesoris R3 diesel boleh di share disini [emoji120] semuanya.
rute lalin bagaimana ?
gaya nyetir ?

regards,
singachu
Jarak +/- 32km waktu 45-65 menit
Kalau sepi sesekali bejek 130km[emoji57]
Manut sama shift indikator
Nyetir kalem sih gan faktor iritnya[emoji5]

Sering matiin idle start/stop kecuali lampu merah sama kalo macet parah [emoji33] takut aki tekor secara mahal juga kalo tiap taon ganti[emoji111]

Lagi nyoba additive solar buat nambahin dex + dexlite
Kesan pertama nyata perbedaannya suara mesin lebih kalem sama bau knalpot agak kurang

Next dex+dexlite+biosol [emoji126]

Kira-kira garansi angus gak gan?[emoji54]

Kalo baca berita katanya bisa minum solar

http://otodriver.com/article/view/suzuk ... 5KHlrNkkpo


Maap jadi panjang lebar kali tinggi[emoji120]
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: 07 Jan 2008, 10:10

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by singachu »

rgee wrote: 16 Nov 2017, 09:50
singachu wrote:
rgee wrote: 11 Nov 2017, 16:20 Update sharing Ertiga Diesel metode full 2 full tembus 21,10km/l. Jarak 453.7 km di isi Solar 21.5 liter.

Bagi yang punya info toko part & aksesoris R3 diesel boleh di share disini [emoji120] semuanya.
rute lalin bagaimana ?
gaya nyetir ?

regards,
singachu
Jarak +/- 32km waktu 45-65 menit
Kalau sepi sesekali bejek 130km[emoji57]
Manut sama shift indikator
Nyetir kalem sih gan faktor iritnya[emoji5]

Sering matiin idle start/stop kecuali lampu merah sama kalo macet parah [emoji33] takut aki tekor secara mahal juga kalo tiap taon ganti[emoji111]

Lagi nyoba additive solar buat nambahin dex + dexlite
Kesan pertama nyata perbedaannya suara mesin lebih kalem sama bau knalpot agak kurang

Next dex+dexlite+biosol [emoji126]

Kira-kira garansi angus gak gan?[emoji54]

Kalo baca berita katanya bisa minum solar

http://otodriver.com/article/view/suzuk ... 5KHlrNkkpo


Maap jadi panjang lebar kali tinggi[emoji120]
mantap.
itu mid dibanding full to full, selisih brp ?

Erdis bukannya dapat free pertadex ya dari suzuki ?

regards,
singachu
rgee
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 09 Nov 2017, 13:30

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by rgee »


singachu wrote:
rgee wrote: 16 Nov 2017, 09:50
singachu wrote: rute lalin bagaimana ?
gaya nyetir ?

regards,
singachu
Jarak +/- 32km waktu 45-65 menit
Kalau sepi sesekali bejek 130km[emoji57]
Manut sama shift indikator
Nyetir kalem sih gan faktor iritnya[emoji5]

Sering matiin idle start/stop kecuali lampu merah sama kalo macet parah [emoji33] takut aki tekor secara mahal juga kalo tiap taon ganti[emoji111]

Lagi nyoba additive solar buat nambahin dex + dexlite
Kesan pertama nyata perbedaannya suara mesin lebih kalem sama bau knalpot agak kurang

Next dex+dexlite+biosol [emoji126]

Kira-kira garansi angus gak gan?[emoji54]

Kalo baca berita katanya bisa minum solar

http://otodriver.com/article/view/suzuk ... 5KHlrNkkpo


Maap jadi panjang lebar kali tinggi[emoji120]
mantap.
itu mid dibanding full to full, selisih brp ?

Erdis bukannya dapat free pertadex ya dari suzuki ?

regards,
singachu
Tes awal saya reset AVG nya setiap mau jalan, kalo dibandingin sih kayaknya mirip MID sama F2F.
*see my previous post

Skrg lagi tes lagi F2F tanpa reset mid, nanti saya update lagi. Cuma proporsinya agak beda Krn campur biosol 10liter [emoji111]

Bonus 1500l pertadex pas launching kayaknya, waktu OCT bonus Roof Rack cmiiw

*Bukan sales Juki
rgee
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 09 Nov 2017, 13:30

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by rgee »

Tes kedua F2F sejauh 498Km diisi 30.98liter = 16.07Km/l pada MID 16.9Km/l
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: 07 Jan 2008, 10:10

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by singachu »

rgee wrote: 17 Nov 2017, 11:13
singachu wrote:
rgee wrote: 16 Nov 2017, 09:50
Jarak +/- 32km waktu 45-65 menit
Kalau sepi sesekali bejek 130km[emoji57]
Manut sama shift indikator
Nyetir kalem sih gan faktor iritnya[emoji5]

Sering matiin idle start/stop kecuali lampu merah sama kalo macet parah [emoji33] takut aki tekor secara mahal juga kalo tiap taon ganti[emoji111]

Lagi nyoba additive solar buat nambahin dex + dexlite
Kesan pertama nyata perbedaannya suara mesin lebih kalem sama bau knalpot agak kurang

Next dex+dexlite+biosol [emoji126]

Kira-kira garansi angus gak gan?[emoji54]

Kalo baca berita katanya bisa minum solar

http://otodriver.com/article/view/suzuk ... 5KHlrNkkpo


Maap jadi panjang lebar kali tinggi[emoji120]
mantap.
itu mid dibanding full to full, selisih brp ?

Erdis bukannya dapat free pertadex ya dari suzuki ?

regards,
singachu
Tes awal saya reset AVG nya setiap mau jalan, kalo dibandingin sih kayaknya mirip MID sama F2F.
*see my previous post

Skrg lagi tes lagi F2F tanpa reset mid, nanti saya update lagi. Cuma proporsinya agak beda Krn campur biosol 10liter [emoji111]

Bonus 1500l pertadex pas launching kayaknya, waktu OCT bonus Roof Rack cmiiw

*Bukan sales Juki
mid yang 19.3 km/l ? atau yang 23.8 ?
itu pas tes F2F 21.5 km/l ?

mantep iritnya......

oalah 1500l pertadex itu buat awal2 aja ya.....

regards,
singachu
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by sukerdan02 »

Chevyman wrote: 27 Sep 2017, 14:47 Spin diesel apa jg ga ada termostat kah?
Kalo spin diesel sepertinya untuk kompresor ac masih pakai magnetic clutch biasa.. Kalau pas nyala kerasa dan kedengeran banget kok bunyinya "jeduk", dan thermostat juga bisa disetel..
Untuk blower belakang ga ada masalah, kalau tombol rear AC ga ditekan blower juga ga bs di on.. dan ga ada keluhan beku..
u53r wrote: 18 Oct 2017, 08:37 Sekarang sudah naik di 13.5 kmpl setelah jalan 2500an km
Kemungkinan driving style nya yg perlu disesuaikan lagi.. Masa jaraknya jauh bgt dengan spin diesel.. Kebetulan keluarga saya pelihara 2 spin diesel.. Yang satu dari baru selalu full dex, sedangkan yang satu sempat pakai biosolar karena dulu dipakai sopir.. keduanya rata2 konsumsi 1:17-18 dalam kota semarang.. Semapt saya pakai di jakarta, masih diseputaran 1:15-16an kok buat macet2an dalam kota
User avatar
sesanga
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 05 Mar 2010, 22:28

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by sesanga »

u53r wrote: 26 Sep 2017, 09:56 Dear All, perkenalkan nama saya John. Izinkan saya untuk buat thread diskusi Suzuki ertiga diesel.

selama ini hanya SR, tapi berhubung saya beli mobil ini dan saya cari2 tidak ada thread khususnya maka saya buat untuk kita saling berbagi dan diskusi supaya memudahkan masing2 kedepannya. Terimakasih.

Kebetulan saya beli mobil ini pertengahan thn 2017. Dan sdh jalan beberapa bulan dan ada berapa hal kelebihan dan kekurangannya..

Masalah yang saya alami adalah pada Ertiga diesel ini adalah:

1. tidak ada thermostat ac. Hanya selector panas dan dingin. Jadi ac dingin terus dan kompressor bekerja terus menerus.
Saya sudah komplain ke suzuki dan jawabannya adalah semua unit diesel sama2 tidak mempunyai thermostat sehingga ac akan terus dingin dan kaca berembun. Karena dari indianya sudah begitu dan tidak ada pilihan apapun.

2. tidak ada valve cut off untuk freon unit ac double blower. Jadi jika fan double blower tidak dihidupkan, otomatis evap double blower akan beku. Dan jika beku nantinya ac akan bau karena berjamur.

3. Tarikan rpm 10000 ke 25000 agak berat naiknya. Kalo bisa mohon masukannya rekan2 SM apakah ada solusi untuk membuat nafas bawahnya lebih plong.
1. Ertiga diesel ini memang import utuh dari India, solusi: konsultasikan ke spesialis AC utk penambahan thermostat
2. Solusi : Fan double blower, sementara harus ikut dinyalakan terus, karena berfungsi untuk mengurangi tekanan dari kompresor yg bekerja terus menerus, resiko pipa AC bisa bocor.
3. Maksudnya RPM 1.000 ke 2.500 ya. Ini adalah turbo lag. Mesin Ertiga ini memakai turbo kecil yg masih tipe fix. Turbo baru bekerja pada RPM sekitar 2200an. Solusinya : kenali dan biasakan dulu kombinasi RPM dengan gigi persneleng dengan tingkat kecepatan.
Mesin yg dipakai Ertiga Diesel, memakai mesin diesel produksi pabrikan FIAT, sama dengan yg dipakai Chevy Spin Diesel, 1300cc DOHC 4 cylinder.
Konsumsi BBM sangat irit di kelasnya : Luar kota bisa tembus 1:25.
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: 14 Aug 2007, 10:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by lonesnake »

sesanga wrote: 29 Nov 2017, 16:52
u53r wrote: 26 Sep 2017, 09:56 Dear All, perkenalkan nama saya John. Izinkan saya untuk buat thread diskusi Suzuki ertiga diesel.

selama ini hanya SR, tapi berhubung saya beli mobil ini dan saya cari2 tidak ada thread khususnya maka saya buat untuk kita saling berbagi dan diskusi supaya memudahkan masing2 kedepannya. Terimakasih.

Kebetulan saya beli mobil ini pertengahan thn 2017. Dan sdh jalan beberapa bulan dan ada berapa hal kelebihan dan kekurangannya..

Masalah yang saya alami adalah pada Ertiga diesel ini adalah:

1. tidak ada thermostat ac. Hanya selector panas dan dingin. Jadi ac dingin terus dan kompressor bekerja terus menerus.
Saya sudah komplain ke suzuki dan jawabannya adalah semua unit diesel sama2 tidak mempunyai thermostat sehingga ac akan terus dingin dan kaca berembun. Karena dari indianya sudah begitu dan tidak ada pilihan apapun.

2. tidak ada valve cut off untuk freon unit ac double blower. Jadi jika fan double blower tidak dihidupkan, otomatis evap double blower akan beku. Dan jika beku nantinya ac akan bau karena berjamur.

3. Tarikan rpm 10000 ke 25000 agak berat naiknya. Kalo bisa mohon masukannya rekan2 SM apakah ada solusi untuk membuat nafas bawahnya lebih plong.
1. Ertiga diesel ini memang import utuh dari India, solusi: konsultasikan ke spesialis AC utk penambahan thermostat
2. Solusi : Fan double blower, sementara harus ikut dinyalakan terus, karena berfungsi untuk mengurangi tekanan dari kompresor yg bekerja terus menerus, resiko pipa AC bisa bocor.
3. Maksudnya RPM 1.000 ke 2.500 ya. Ini adalah turbo lag. Mesin Ertiga ini memakai turbo kecil yg masih tipe fix. Turbo baru bekerja pada RPM sekitar 2200an. Solusinya : kenali dan biasakan dulu kombinasi RPM dengan gigi persneleng dengan tingkat kecepatan.
Mesin yg dipakai Ertiga Diesel, memakai mesin diesel produksi pabrikan FIAT, sama dengan yg dipakai Chevy Spin Diesel, 1300cc DOHC 4 cylinder.
Konsumsi BBM sangat irit di kelasnya : Luar kota bisa tembus 1:25.
Ertiga diesel sudah VGT/VNT whatever the terms, bukan tipe fix seperti di spin
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 30 Sep 2016, 10:52

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by slowipah »

Masa ga ad thermostat? Freezer aja pake
Zazan88
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 13 Nov 2017, 16:03
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Freed

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by Zazan88 »

Om om tanya dong, kira2 besok ada versi matic nya tidak ya ?
User avatar
u53r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Jul 2016, 15:00
Daily Vehicle: 2KD-FTV + DDIS 1300

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by u53r »

Versi matik keknya keluar tahun depan seri baru pakai mesin diesel 1.5L Suzuki, kemaren baru ke bengkel suzuki pulogadung, ternyata disana juga banyak swift facelift yang diesel, tapi belum dijual keluar..

Udah tanya-tanya, kelihatannya memang tidak ada thermostat..

untuk konsumsi punya saya tetap aja sekarang 12,5 kmpl, driving style santai tarik rpm 10000 sd 36000 oper naik gigi. saya coba bawa driving style bejek abis juga cuman selisil paling 0.5kmpl.. baru irit bisa 13.9 kmpl pas dibawah jauh ke cirebon...

saya sih sejauh ini sama teman ambil dua unit dan kasusnya sama :D
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: 01 Oct 2015, 08:05

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Post by geofreyap »

Swift diesel ? :big_chicken:

12.5 kpl only ? :big_chicken:

10000 - 36000 rpm ? :big_chicken:

Anw. Pengen nyewa ertidies nih. Yg punya buat disewain siapa ya kira² ?
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post