Page 1 of 2

HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 00:31
by Syauqi
Malam om,, sori ngepost jam2 gak umum begini, berhubung juga lagi darurat..
Sekarang saya posisi di gunung bromo, udah hampir di puncak (mau oper pake hartop).
Kondisi sekarang mobil tiba2 transmisi maticnya nyangkut di R, padahal sebelumnya ketika dipake nanjak tidak apa2..
Jadi sekarang mobil posisi gak bisa distarter (tuas bisa pindah kemanapun tapi gearnya tetep R). Lebih parahnya lagi, gigi P tiba2 gak berfungsi alias gak menahan mobil, jadinya mobil tetep mundur ditanjakan walaupun posisi di P..
Ada saran dari om2 disini? Terima kasih sebelumnya..
(Innova 2.0 matic 2005)

Re: RE: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 00:51
by Turboman
Syauqi wrote:Malam om,, sori ngepost jam2 gak umum begini, berhubung juga lagi darurat..
Sekarang saya posisi di gunung bromo, udah hampir di puncak (mau oper pake hartop).
Kondisi sekarang mobil tiba2 transmisi maticnya nyangkut di R, padahal sebelumnya ketika dipake nanjak tidak apa2..
Jadi sekarang mobil posisi gak bisa distarter (tuas bisa pindah kemanapun tapi gearnya tetep R). Lebih parahnya lagi, gigi P tiba2 gak berfungsi alias gak menahan mobil, jadinya mobil tetep mundur ditanjakan walaupun posisi di P..
Ada saran dari om2 disini? Terima kasih sebelumnya..
(Innova 2.0 matic 2005)
udah cek kawat yg hubungan tuas dgn matic unit ?

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 00:55
by exflowly
Wadauw. Coba telpon Pak Noven 082233092751 atau 082244423505 buat pinjem hardtopnya tow ke atas. Bilangin bawa tali tow/tambang juga. Dia punya beberapa hardtop yang standby mestinya.

Pas nanti ditowing (roda gerak) coba oper-oper ke R atau D atau N.

Semoga bisa. Saya rasa itu gear selectornya nyangkut (hard mechanical atau electricnya).

Re: RE: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 00:57
by Syauqi
Turboman wrote: 13 Jul 2017, 00:51 Udah cek kawat yg hubungan tuas dgn matic unit ?

Kalo boleh tau posisinya disebelah mana ya om? Dan cara ngeceknya seperti apa?
Terima Kasih..

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 01:06
by Syauqi
exflowly wrote: 13 Jul 2017, 00:55 Wadauw. Coba telpon Pak Noven 082233092751 atau 082244423505 buat pinjem hardtopnya tow ke atas. Bilangin bawa tali tow/tambang juga. Dia punya beberapa hardtop yang standby mestinya.

Pas nanti ditowing (roda gerak) coba oper-oper ke R atau D atau N.

Semoga bisa. Saya rasa itu gear selectornya nyangkut (hard mechanical atau electricnya).
Wah, makasih banyak om ngrepotin.. btw mobilnya kayaknya gabakal di tow sih, berhubung posisinya udah diatas & kayaknya terlalu bahaya kalo ditow... apalagi kondisi jalanan menurun & girbox lagi gak bener.

Enaknya diapain ya om? Berhubung bapak & supir saya juga gak terlalu paham, karena ini juga masalah yang baru selama mobil ini dimiliki 12tahun..

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 01:11
by exflowly
Pak Noven itu punya beberapa hardtop kalau perlu bantuan. Posisi di atas di penginapan mana? Kalau memang kondisi stabil (gak berhenti kanan kiri jurang) coba tanya dia dan minta mekaniknya buat liat. Dia pasti tau beberapa mekanik.

Om Turbo bilang kawat putus/lepas. Enteng nggak mindahin giginya?

Kebetulan saya ke Bromo beberapa bulan yang lalu bawa Fortuner tapi aman sentosa walaupun sempet lewat jalan yang parah (salah jalan).

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 01:19
by Syauqi
exflowly wrote: 13 Jul 2017, 01:11 Pak Noven itu punya beberapa hardtop kalau perlu bantuan. Posisi di atas di penginapan mana? Kalau memang kondisi stabil (gak berhenti kanan kiri jurang) coba tanya dia dan minta mekaniknya buat liat. Dia pasti tau beberapa mekanik.

Om Turbo bilang kawat putus/lepas. Enteng nggak mindahin giginya?

Kebetulan saya ke Bromo beberapa bulan yang lalu bawa Fortuner tapi aman sentosa walaupun sempet lewat jalan yang parah (salah jalan).
Wah makasih om...
Posisi saya sekarang ada di rest area om, yang setelah pembayaran retribusi daerah itu.. posisi disini sangat stabil, berhubung ini juga lahan luas..
Nah jadi saat posisi tuas dipindah ke R kaya ga ada rasanya gitu om, istilahnya loss gitu lah..

Gimana enaknya ya om?

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 01:27
by exflowly
Syauqi wrote: 13 Jul 2017, 01:19
Wah makasih om...
Posisi saya sekarang ada di rest area om, yang setelah pembayaran retribusi daerah itu.. posisi disini sangat stabil, berhubung ini juga lahan luas..
Nah jadi saat posisi tuas dipindah ke R kaya ga ada rasanya gitu om, istilahnya loss gitu lah..

Gimana enaknya ya om?
Kalo stabil ya sudah tinggal tidur/ngedaki dulu. Mau liat sunrise kan?

Kalo loss berarti mmg kawat/kabelnya lepas/putus. Mungkin sudah ada usia juga. Kalau putus, mungkin sebagai darurat bisa dilas/sambung lagi untuk sementara sebelum dibawa ke Malang/Surabaya buat ganti kabel/kawatnya.

Coba tanya ke Pak Noven atau Bapak-bapak yang punya hardtop lainnya. Mereka pasti punya bengkel las di sana karena perawatan mobil mereka juga yang ngelakuin.

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 01:36
by Turboman
ya itu wajar Ipah matic kalo dah berumur kawat penghubung tuas ke matic unit harus diganti

Dah panggil mobil gendong aja, utk bawa Ipah-nya ke BeRes terdekat dr situ

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 02:05
by Syauqi
exflowly wrote: 13 Jul 2017, 01:27 Kalo stabil ya sudah tinggal tidur/ngedaki dulu. Mau liat sunrise kan?

Kalo loss berarti mmg kawat/kabelnya lepas/putus. Mungkin sudah ada usia juga. Kalau putus, mungkin sebagai darurat bisa dilas/sambung lagi untuk sementara sebelum dibawa ke Malang/Surabaya buat ganti kabel/kawatnya.

Coba tanya ke Pak Noven atau Bapak-bapak yang punya hardtop lainnya. Mereka pasti punya bengkel las di sana karena perawatan mobil mereka juga yang ngelakuin.
Makasih ya om atas infonya.. kalo ntar sekiranya jadi dilas kira2 buat perjalanan pulang (kurleb 120kman) aman nggak ya om?
Berhubung bapak saya termasuk orang yg ragu dgn hal2 yg tidak genuine..

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 02:09
by Syauqi
Turboman wrote: 13 Jul 2017, 01:36 ya itu wajar Ipah matic kalo dah berumur kawat penghubung tuas ke matic unit harus diganti

Dah panggil mobil gendong aja, utk bawa Ipah-nya ke BeRes terdekat dr situ
Wah gitu ya om...
Iyasih, umur mobil udah 12th.. sempet ngerasa heran aih krn mobil ini termasuk terawat & sebelumnya ga pernah ada masalah terkait transmisi.
Tapi namanya umur emang gabisa bohong

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 08:59
by liep
mantap minta tlg mlm lgs ad yg bantu, ijin save no kontak td sapa tau ad perlu ke bromo buat sewa jip

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 09:53
by ginting
Syauqi wrote: 13 Jul 2017, 02:09
Turboman wrote: 13 Jul 2017, 01:36 ya itu wajar Ipah matic kalo dah berumur kawat penghubung tuas ke matic unit harus diganti

Dah panggil mobil gendong aja, utk bawa Ipah-nya ke BeRes terdekat dr situ
Wah gitu ya om...
Iyasih, umur mobil udah 12th.. sempet ngerasa heran aih krn mobil ini termasuk terawat & sebelumnya ga pernah ada masalah terkait transmisi.
Tapi namanya umur emang gabisa bohong
semoga problem oom TS bisa klar segera.
Nanti tolong update kalau sdh nemu masalahnya dan apa solusinya serta biayanya oom.
Pastinya berguna buat warga SM sedunia.

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 13:11
by exflowly
Syauqi wrote: 13 Jul 2017, 02:05
Makasih ya om atas infonya.. kalo ntar sekiranya jadi dilas kira2 buat perjalanan pulang (kurleb 120kman) aman nggak ya om?
Berhubung bapak saya termasuk orang yg ragu dgn hal2 yg tidak genuine..

Gak tau aman atau enggak, yang penting kan kalo disambung mudah-mudahan mobil bisa distarter karena pindah persneling bisa, minimal ke N atau D?

Tinggal dilihat saja kalau dilas/sambung, lumayan kuat gak sambungannya. Kalo lasnya bagus ya 120km mestinya gak masalah (kecuali sopir suka pindah dari D ke 3 terus ke N sering banget).

Sekarang posisi mobil gimana? Kalau mau derek gendong sih pasti siap2x duit agak banyak.

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 13:25
by grandis_GT
Gmana Om tokinov nya , udah selesai ?

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 16:52
by Syauqi
[UPDATE]

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada om Turboman, exflowly, liep, ginting, & grandis_GT karena sudah turut membantu beserta meramaikan diskusi ini...

Jadi ceritanya, pada akhirnya urusan mobil kami sekeluarga serahkan ke driver, berhubung waktu sangatlah mepet & liburan must go on... Pada saat pagi hari (saya sekeluarga masih keliling2 bromo) supir akhirnya menghubungi pak noven, tapi karena lokasi beliau jauh (sama2 di area bromo, tapi mobil kami di sisi probolinggo & pak noven di sisi pasuruan) akhirnya tidak jadilah meminta bantuan kpd beliau...

Menjelang agak siangan (jam9) supir menghubungi toyota, oleh orang toyota dijelaskan kenapa masalahnya (penjelasannya kurleb sama seperti penjelasan om Turboman & exflowly), dan kemudian dibantu utk memindahkan posisi transmisi secara manual lewat kolong mobil, via telepon.. (dengan mengorbankan sedikit pulsa).

Akhirnya supir kami berhasil menstarter mobil & memindahkan posisi transmisi ke D secara manual (lewat kolong), walaupun tuasnya masih berada di posisi P...
Akhirnya jam 10.30 perjalanan pulang kami mulai, dengan sepanjang perjalanan mobil hanya bisa maju dan posisi tuas tetap ada di P...

Akhir kata, masalahnya selesai sebagian, atleast bisa pulang kerumah tanpa perlu derek & sambungan sementara.. Masalahnya utama adalah tuas transmisi & matic unit tidak terhubung karena kawat (atau kabel ya?) nya putus/lepas.. Sialnya sparepartnya mesti inden karena ini masalah jarang, biasanya yg kena beginian mobilnya emang udah tua. Fyi mobil ini udah dimiliki bapak saya dari tahun 2005, dan sampe sekarang km udah 185rb+km... gak ada rencana ganti.
Harga sparepartnya sendiri untuk toyota vios (yg innova belum tau harganya) 750rb, belum termasuk ongkos jasa.

Nah, mungkin itu updatean saya, sekarang mobilnya dianggurin untuk sementara. Barangkali om2 sm disini ada yg punya saran soal sparepartnya?

Terima kasih sekali lagi saya ucapkan...

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 17:12
by Turboman
syukurla

kalo mobil masih mau terus dipake sekalian juga
- Ganti kopling magnet kompressor AC
- Servis alternator (cek voltage nya dulu)
- Ganti Evap depan belakang
- Kuras tangki bensin

itu kalo hal2 di atas belum dilakukan / diganti

kalo udah ya wes

Kopling magnet komp AC Ipah kalo dah above 9 taun ya siap2

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 19:29
by liep
Syukur aman jaya sd d rmh..btw utk kabel bginian ini bkn tmsk item yg hrs dganti stlh periode jarak ato waktu tertentu?

Ane sendiri pnah ngalami pas mau dekat papuma trus dengar bunyi cetakkk keras dr bwh...feeling ane ud ga enak krn stir jd ringan dan ga bisa balik..lo mau belok hrs diputar berkali2 stirnya hehe... jd lgs turunin kecpt dan rem...pas lg turunan dekat pantai kjadiannya..sampe pantai papuma ane liat ga ad rembesan tp tetap aj cuma 5mnit lgs balik ke toyota jember...dicek disana dan cuma dikencangin stirnya sd kondisi bisa balik meski agak lama...trus suruh bw balik malang dg catatan tdk boleh kecpt lbih dr 80..ya ud jln pelan sdmlg trus bsknya diperbaiki.
Pasti om spanjang jln sambil nyetir sambil tegang kyk ane...mikir nyampe ga nih sampe rumah..kuat ga nih mbl jln 4jam pelan2 hahaha

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 13 Jul 2017, 22:45
by exflowly
Syauqi wrote: 13 Jul 2017, 16:52
Nah, mungkin itu updatean saya, sekarang mobilnya dianggurin untuk sementara. Barangkali om2 sm disini ada yg punya saran soal sparepartnya?

Terima kasih sekali lagi saya ucapkan...
Mantapz Bro. Bagus juga Pak Supir jadi lebih ngerti ttg mobil sekarang. Spareparts mah pakai punya Toyota aja, dah tahan 12 tahun....

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 15 Jul 2017, 08:45
by Syauqi
Turboman wrote: 13 Jul 2017, 17:12 syukurla

kalo mobil masih mau terus dipake sekalian juga
- Ganti kopling magnet kompressor AC
- Servis alternator (cek voltage nya dulu)
- Ganti Evap depan belakang
- Kuras tangki bensin

itu kalo hal2 di atas belum dilakukan / diganti

kalo udah ya wes

Kopling magnet komp AC Ipah kalo dah above 9 taun ya siap2
Iya nih om, acnya nih ipah udah sering ga dingin.. trus kalo mobil akselerasi kadang2 ada bunyi dengungan gitu, bunyi dengungannya ngikuti rpm...
Ya mungkin taun2 ini bakalan banyak penggantian part nih om..

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 15 Jul 2017, 08:54
by Syauqi
liep wrote: 13 Jul 2017, 19:29 Syukur aman jaya sd d rmh..btw utk kabel bginian ini bkn tmsk item yg hrs dganti stlh periode jarak ato waktu tertentu?

Ane sendiri pnah ngalami pas mau dekat papuma trus dengar bunyi cetakkk keras dr bwh...feeling ane ud ga enak krn stir jd ringan dan ga bisa balik..lo mau belok hrs diputar berkali2 stirnya hehe... jd lgs turunin kecpt dan rem...pas lg turunan dekat pantai kjadiannya..sampe pantai papuma ane liat ga ad rembesan tp tetap aj cuma 5mnit lgs balik ke toyota jember...dicek disana dan cuma dikencangin stirnya sd kondisi bisa balik meski agak lama...trus suruh bw balik malang dg catatan tdk boleh kecpt lbih dr 80..ya ud jln pelan sdmlg trus bsknya diperbaiki.
Pasti om spanjang jln sambil nyetir sambil tegang kyk ane...mikir nyampe ga nih sampe rumah..kuat ga nih mbl jln 4jam pelan2 hahaha
Wah, kurang tau juga ya om.. soalnya masalah kawat putus ini termasuk jarang (biasanya yg kena mobil2 yg udah berumur) dan menurut saya sih kawat itu sendiri seharusnya bukan termasuk part2 yg harus diganti dlm periode tertentu. Beberapa mobil ada yang ngganti, tapi banyak juga yang nggak maka dari itu sparepartnya sendiri kudu inden..

Wah, pengalaman menegangkan tuh om... mobil saat itu pake apa om? Power steeringnya belum elektris kah? Turut berduka atas liburannya om, hehe..
Kalo saya sih masih tenang2 saja om, mobil masih bisa jalan normal tapi ya itu, sepanjang perjalanan transmisi hanya bisa di posisi D, tapi gak lucunya tuas di posisi P... jadinya sepanjang perjalanan berdoa biar gak salah jalan, krn mobilnya gak bisa mundur.. hahaha..

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 15 Jul 2017, 08:57
by Syauqi
exflowly wrote: 13 Jul 2017, 22:45 Mantapz Bro. Bagus juga Pak Supir jadi lebih ngerti ttg mobil sekarang. Spareparts mah pakai punya Toyota aja, dah tahan 12 tahun....
Yups bro... ternyata harganya gak mahal juga..
Saya juga terima kasih lho krn udah dibantu, walaupun kita gak pernah ketemu dan gak tau wajah satu sama lain bahkan gak tau nama.. hahaha..
Memang the power of socmed berguna banget bagi masalah sy kali ini..

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 15 Jul 2017, 09:08
by Syauqi
[UPDATE]

Nah, jadi mungkin ini updatean saya terakhir kali, krn berhubung juga masalahnya juga udah selesai...

Jadinya kemarin (15/07) supir kami pergi ke toyota utk membenarkan mobil sementara sekalian inden sparepart.. Mengeluarkan mobil itu sendiri butuh perjuangan, karena harus dua kali masuk kolong, yang pertama di halaman pindah dari posisi N ke R untuk memundurkan mobil, dan ketika mobil sudah dijalan masuk kolong lagi untuk pindah dari R ke D.. dan saya didalam mobil utk menahan remnya.. (daripada supirnya kelindes kan kasian)

Harga sparepartnya ternyata lebih murah dari perkiraan, sebesar 630rb.. dan kudu inden paling gak 5hari-seminggu..
Dan untuk sementara sambungan dari tuas ke matic unit diikat (gatau pake apaan), sehingga transmisi bisa pindah2 posisi dengan normal..

Akhir kata akhirnya selesailah masalah yang dialami ipah ini, dan semoga bisa bermanfaat bagi user2 lainnya..

Re: HELP!!! Matic Old Innova Nyangkut

Posted: 15 Jul 2017, 09:11
by Syauqi
ginting wrote: 13 Jul 2017, 09:53 semoga problem oom TS bisa klar segera.
Nanti tolong update kalau sdh nemu masalahnya dan apa solusinya serta biayanya oom.
Pastinya berguna buat warga SM sedunia.
grandis_GT wrote: 13 Jul 2017, 13:25 Gmana Om tokinov nya , udah selesai ?
Alhamdulillah om, masalah sudah selesai.. updatean juga udah saya tulis, semoga dapat bermanfaat bagi user2 lainnya juga..

Posted: 15 Jul 2017, 12:21
by exflowly
Syauqi wrote: 15 Jul 2017, 09:08 [UPDATE]

Nah, jadi mungkin ini updatean saya terakhir kali, krn berhubung juga masalahnya juga udah selesai...

Jadinya kemarin (15/07) supir kami pergi ke toyota utk membenarkan mobil sementara sekalian inden sparepart.. Mengeluarkan mobil itu sendiri butuh perjuangan, karena harus dua kali masuk kolong, yang pertama di halaman pindah dari posisi N ke R untuk memundurkan mobil, dan ketika mobil sudah dijalan masuk kolong lagi untuk pindah dari R ke D.. dan saya didalam mobil utk menahan remnya.. (daripada supirnya kelindes kan kasian)

Harga sparepartnya ternyata lebih murah dari perkiraan, sebesar 630rb.. dan kudu inden paling gak 5hari-seminggu..
Dan untuk sementara sambungan dari tuas ke matic unit diikat (gatau pake apaan), sehingga transmisi bisa pindah2 posisi dengan normal..

Akhir kata akhirnya selesailah masalah yang dialami ipah ini, dan semoga bisa bermanfaat bagi user2 lainnya..
Ya harus ditahan dunk remnya jangan sampe kelindes (safety first always). Iketan itu yang saya mikir pas kemarin posting, las temporary (atau kalau saya biasanya sedia zip ties di mobil ~ buat emergency ~ buat prakarya dah).