Seputar perawatan Carry Bagong 84
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Jun 29, 2017 0:15
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Carry_Bagong_84
Seputar perawatan Carry Bagong 84
selamat malam om/tante, met apa saja. maaf, sudah bolalik balik cari di forum ini tapi belum juga ketemu post tentang mobil 1 ini. terpaksa ane buka post. jikalau sudah dopost,monggo bisa dihapus. makasih sebelumnya
2 bulan yang lalu babe ane coba cari kendaraan untuk angkut barang dagangan. ternyata dapetnya carry bagong 1000cc keluaran tahun 1984. memang body memang sudah tak bisa dibilang bagus,palagi mulus . pertama datang memang sangat menyedihkan. coba udah ane repair sebagian,tapi masih belum fix. sambil jalan pelan2, perbaikan tetap on progres sambil duit bs terkumpul.
minta saran gan untuk perbaikan sebagai berikut :
- mesin
mesinnya rembes dikit olinya. netes nya gak terlalu terasa, tetapi pas lihat kolong dimesin memang gak kering,alias agak basah dikit. karena terparkir pada posisi yang sama, bercak oli ditanah baru kelihatan kurang lebih seminggu kemudian. kalo dipanasin pertama kali dihidupkan.startter agak banyak +-5 kali starter baru nyala dan agak ngebul dikit. suhu mesin normal. cuma pas macet lebaran kmaren sempet naik karena banyak berhenti. pas sudah jalan agak panjang dikit demi dkit turun dan normal.
- knalpot
pertama kali datang sudah blombongan. kendangan juga hilang gak ditemukan. sudah dicarikan kendangan dan dapat. sudah dipasang.tapi pengelasan kurang rapi. agak belok - belok.
- setir
anehnya ini, setirnya masih presisi dan bagus. gak ada yang narik kekanan ataupun kekiri pas ane coba dijalan lempeng dan datar. pernah sekali narik kekanan. tapi ternyata ban kanan kurang angin. kmaren uglik ugil, ternyata baut setir deket gas hampir copot .
- jendela dan pintu
karet masih ada kondisinya juga gak terlalu jelek. tapi swaktu hujan air pada masuk lewat sela - sela pintu dan jendela. talang air masih ada dan kondisinya masih 70% sisanya karatan.
- rem
ini yang sampe sekarang gak kelar juga. kmaren pas sebelum ane ganti silnya bagus. tetapi setelah beberapa hari, malah jadi parah. rem harus dikocok tiap kali pijak rem. kalo ditahan terus, gak berhenti2 dan suara gembosan angin terasa sekali. jadi agak merinding kalo diturunan atau dijalan yang rame.
- kopling
sudah ane stel susah payah. akhirnya nyaman juga. sempet ganti kampas kopling skali.
- porsneling
gigi masih 4 dan ksemuanya normal dan mudah untuk dioper. gak ada masalah.
- shock breaker
kaki kaki masih empuuk dan normal. bantingan ya..bgini sih. mungkin memang udah tua dan teknologi lama ya. pkok e serba bergetar dan agak berdecit.
dari sekian keluhan carry bagong babe ane, bagi agan yang pernah miara mobil sejenis. bisa dishare donk cara perawatan sekaligus pembetulannya. apakah masih harus keluar dana banyak untuk memperbaiki hingga normal. diseputar jogja itu mobil ane bayarin 15jt dan dikasih. tapi pajak off 3 tahunan
2 bulan yang lalu babe ane coba cari kendaraan untuk angkut barang dagangan. ternyata dapetnya carry bagong 1000cc keluaran tahun 1984. memang body memang sudah tak bisa dibilang bagus,palagi mulus . pertama datang memang sangat menyedihkan. coba udah ane repair sebagian,tapi masih belum fix. sambil jalan pelan2, perbaikan tetap on progres sambil duit bs terkumpul.
minta saran gan untuk perbaikan sebagai berikut :
- mesin
mesinnya rembes dikit olinya. netes nya gak terlalu terasa, tetapi pas lihat kolong dimesin memang gak kering,alias agak basah dikit. karena terparkir pada posisi yang sama, bercak oli ditanah baru kelihatan kurang lebih seminggu kemudian. kalo dipanasin pertama kali dihidupkan.startter agak banyak +-5 kali starter baru nyala dan agak ngebul dikit. suhu mesin normal. cuma pas macet lebaran kmaren sempet naik karena banyak berhenti. pas sudah jalan agak panjang dikit demi dkit turun dan normal.
- knalpot
pertama kali datang sudah blombongan. kendangan juga hilang gak ditemukan. sudah dicarikan kendangan dan dapat. sudah dipasang.tapi pengelasan kurang rapi. agak belok - belok.
- setir
anehnya ini, setirnya masih presisi dan bagus. gak ada yang narik kekanan ataupun kekiri pas ane coba dijalan lempeng dan datar. pernah sekali narik kekanan. tapi ternyata ban kanan kurang angin. kmaren uglik ugil, ternyata baut setir deket gas hampir copot .
- jendela dan pintu
karet masih ada kondisinya juga gak terlalu jelek. tapi swaktu hujan air pada masuk lewat sela - sela pintu dan jendela. talang air masih ada dan kondisinya masih 70% sisanya karatan.
- rem
ini yang sampe sekarang gak kelar juga. kmaren pas sebelum ane ganti silnya bagus. tetapi setelah beberapa hari, malah jadi parah. rem harus dikocok tiap kali pijak rem. kalo ditahan terus, gak berhenti2 dan suara gembosan angin terasa sekali. jadi agak merinding kalo diturunan atau dijalan yang rame.
- kopling
sudah ane stel susah payah. akhirnya nyaman juga. sempet ganti kampas kopling skali.
- porsneling
gigi masih 4 dan ksemuanya normal dan mudah untuk dioper. gak ada masalah.
- shock breaker
kaki kaki masih empuuk dan normal. bantingan ya..bgini sih. mungkin memang udah tua dan teknologi lama ya. pkok e serba bergetar dan agak berdecit.
dari sekian keluhan carry bagong babe ane, bagi agan yang pernah miara mobil sejenis. bisa dishare donk cara perawatan sekaligus pembetulannya. apakah masih harus keluar dana banyak untuk memperbaiki hingga normal. diseputar jogja itu mobil ane bayarin 15jt dan dikasih. tapi pajak off 3 tahunan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Mon May 02, 2016 14:54
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
Waah giginya masih 4 ya, untung belum ompong....hehehe just kidding.
Btw penasaran ama mobilnya, ini carry yg model lampu bulat kayak di film2 india itu ya?
Btw penasaran ama mobilnya, ini carry yg model lampu bulat kayak di film2 india itu ya?
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
pickup atau minibus om?
yg spt ini kan?
foto nyomot dr mobilmotorlama.com
yg spt ini kan?
foto nyomot dr mobilmotorlama.com
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
pengalaman miara suzi tua, katana
mesin :
suzi tua memang gampang panas, dulu pasti gemeter kalo kena macet parah... solusinya : kalo jalan jauh pilih malam, lbh dingin....wkwkwk... kalo nemu macet, pilih jalur alternatif...
rem:
juga pernah ngalamin, selesai dibengkelin malah makin parah rembesnya, sampe bannya basah. akhirnya ganti master rem, beres dech...
mesin :
suzi tua memang gampang panas, dulu pasti gemeter kalo kena macet parah... solusinya : kalo jalan jauh pilih malam, lbh dingin....wkwkwk... kalo nemu macet, pilih jalur alternatif...
rem:
juga pernah ngalamin, selesai dibengkelin malah makin parah rembesnya, sampe bannya basah. akhirnya ganti master rem, beres dech...
|ertelu gx 13||miras glx 14|
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Jun 29, 2017 0:15
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Carry_Bagong_84
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
iya om. ntar tak potone om skrang mah lupa gk bawa HPalicevamps wrote: ↑Tue Jul 04, 2017 11:37 Waah giginya masih 4 ya, untung belum ompong....hehehe just kidding.
Btw penasaran ama mobilnya, ini carry yg model lampu bulat kayak di film2 india itu ya?
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Jun 29, 2017 0:15
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Carry_Bagong_84
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
ntar ane post om foto nya. mnibus om. tp yg difoto om birunya bagus bangetcoklatMetalik wrote: ↑Tue Jul 04, 2017 13:35 pickup atau minibus om?
yg spt ini kan?
foto nyomot dr mobilmotorlama.com
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Jun 29, 2017 0:15
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Carry_Bagong_84
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
wadoh . memang g ada solusi ya om itu mesinnyasaridin wrote: ↑Tue Jul 04, 2017 14:28 pengalaman miara suzi tua, katana
mesin :
suzi tua memang gampang panas, dulu pasti gemeter kalo kena macet parah... solusinya : kalo jalan jauh pilih malam, lbh dingin....wkwkwk... kalo nemu macet, pilih jalur alternatif...
rem:
juga pernah ngalamin, selesai dibengkelin malah makin parah rembesnya, sampe bannya basah. akhirnya ganti master rem, beres dech...
iya om. lagi mau tak carikan master rem nya di jogja, moga2 prab* motor ada
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Jun 29, 2017 0:15
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Carry_Bagong_84
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
ini om fotonya. warnanya putih ,.. putih apa ya itu namanya
sementara ini baru masuk bengkel. mo cek master rem, sama pompa bensin nya
sementara ini baru masuk bengkel. mo cek master rem, sama pompa bensin nya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
Suzuki 1000 itu gampang dan bandel kok. Cuma ya karena usia mesti betulin sana sini. Tapi kalo udah dibetulin ya selesai, rusaknya nanti kalo part saatnya ganti.
Mesin rembes bisa dari atas atau bawah. Kalo atas biasanya dari seal busi atau paking head. Kalo gejalanya ada netes mungkin ini dari bawah atau bagian seal kruk as situ.
Rem, kalo ini mobil apapun kalo bekas selalu saya bongkar. Dulu Katana juga begitu, bongkar piston remnya, per dalem drumnya dan ganti kampas rem. Kalo perlu selang remnya juga. Semua dicek dan tap minyak rem. 5 tahun pegang Katana, ga pernah blong atau rembes.
Kalo karet pintu bisa beli meteran. Tapi mesti pasang di tempat yang pinter. Kalo nggak teliti rembes nanti di tekukannya.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Mesin rembes bisa dari atas atau bawah. Kalo atas biasanya dari seal busi atau paking head. Kalo gejalanya ada netes mungkin ini dari bawah atau bagian seal kruk as situ.
Rem, kalo ini mobil apapun kalo bekas selalu saya bongkar. Dulu Katana juga begitu, bongkar piston remnya, per dalem drumnya dan ganti kampas rem. Kalo perlu selang remnya juga. Semua dicek dan tap minyak rem. 5 tahun pegang Katana, ga pernah blong atau rembes.
Kalo karet pintu bisa beli meteran. Tapi mesti pasang di tempat yang pinter. Kalo nggak teliti rembes nanti di tekukannya.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Jun 29, 2017 0:15
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Carry_Bagong_84
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
iya gan..thanx gan atas ilmunya.octafiantos wrote: ↑Wed Jul 05, 2017 8:49 Suzuki 1000 itu gampang dan bandel kok. Cuma ya karena usia mesti betulin sana sini. Tapi kalo udah dibetulin ya selesai, rusaknya nanti kalo part saatnya ganti.
Mesin rembes bisa dari atas atau bawah. Kalo atas biasanya dari seal busi atau paking head. Kalo gejalanya ada netes mungkin ini dari bawah atau bagian seal kruk as situ.
Rem, kalo ini mobil apapun kalo bekas selalu saya bongkar. Dulu Katana juga begitu, bongkar piston remnya, per dalem drumnya dan ganti kampas rem. Kalo perlu selang remnya juga. Semua dicek dan tap minyak rem. 5 tahun pegang Katana, ga pernah blong atau rembes.
Kalo karet pintu bisa beli meteran. Tapi mesti pasang di tempat yang pinter. Kalo nggak teliti rembes nanti di tekukannya.
Sent from my iPhone using Tapatalk
dan tadi dikabari lagi soal pompa bensinya.sudah jebol. dan suruh cari, kalo ada ganti dengan Rotax.Rotax dengan standar bawaan memang bagus mana ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
Mesin overhaul total aja
parts2 Suzuki mah gak mahal
Rem juga drpd pusing, parts yg udah jelek lgs ganti assy aja, mengingat usia nya
* Salam dr yg masi piara Katana 97 *
parts2 Suzuki mah gak mahal
Rem juga drpd pusing, parts yg udah jelek lgs ganti assy aja, mengingat usia nya
* Salam dr yg masi piara Katana 97 *
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
Pompa bensin mau pake merek apa aja sama aja kalo mesin begini -kalo menurut saya sih. Isepannya ga gede, beda sama injeksi yang butuh pompa bensin kuat. Dulu saya piara Katana 95 selama 5 tahun lebih. Terakhir turunin 1/2 karena udah turun kompresinya, ganti ring piston dll habis 1.25juta itu juga ga cuma sektor mesin. Ngga begitu lama dari itu dijual dituker Kijang 1994 karena butuh space lebih besar. Mitos mesin ini kena macet panas menurut saya sih karena mobil ngga sehat. Saya bawa macet di JORR biasa saja sebelum saya kirim ke ibu saya. Mobil ini full AC dari Jakarta-Purbalingga-Cilacap via Nagrek jarak totalnya 500 kilo lebih sedikit cuma habis 30 liter premium. Termasuk kena macet dari Rancaekek ke Nagrek. Speed normal, what can you expect from Katana lah. Crusing non tol 60 santai, di tol sempet saya bawa sampe 110 buat test, habis itu cruising 90an.
Kampas rem SGP belakang waktu tahun 2010 itu saya inget, 60ribu. Dua roda, kanan kiri, empat buah.
Kampas rem depan SGP cakram 125ribu, dua roda, kanan kiri, empat buah. Sampe saya bilang gila ini, kampas rem belakang buat motor Karisma saya waktu itu 27.5 cuma dua buah.
Kampas rem SGP belakang waktu tahun 2010 itu saya inget, 60ribu. Dua roda, kanan kiri, empat buah.
Kampas rem depan SGP cakram 125ribu, dua roda, kanan kiri, empat buah. Sampe saya bilang gila ini, kampas rem belakang buat motor Karisma saya waktu itu 27.5 cuma dua buah.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
bisa kok Om diperbaiki, sy pernah benerin radiator. dari pengalaman katana sebelumnya yg pernah overheat gara2 kena macet parah di solo pas lagi terik2nya, sy ganti katana yg lebih mudaan terus radiator-nya lgsg sy ganti pake coolant....., lgsg bocor!!! akhirnya diperbaiki, ditambal, gak sampe ganti radiator ya, selajutnya hampir selalu pake coolant ijo merk prestone. dan gak ada masalah...
cuma memang kalo kena macet parah, apalagi kalo pas siang hari terik, sy pilih menghindar, play safe aja si..... sebelum diperlebar, dulu jalur muntilan-metro (magelang) selalu macet, apalagi kalo musim mudik ato liburan, sy pilih muter lewat mungkid (arah borobudur) tembus sma taruna nusantara...
|ertelu gx 13||miras glx 14|
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Feb 08, 2017 1:47
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
Bapak saya pernah pelihara ini lamaaaaa sekali. Mesinnya cukup awet, gak pernah ganti oli gak masalah cuma rutin ditambah aja, ujung-ujung cuma oil sludge entah ditahun keberapa, dibersihkan dengan biaya cuma 100rb langsung normal lagi. Radiator wajib dibersihkan setahun sekali (karena pakai air kran) biar gak overheat. Cek worm steernya, biasanya sudah pada aus jadi stir banyak speleng. Cek juga dudukan worm steernya, banyak yg sudah kropos,bahaya ini. Untuk rem, wheel cylindernya langsung ganti aja keempatnya, yg belakang cukup merk sanyco untuk depan usahakan yg asli.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
piara mobil berumur itu harus sabar, dalam artian, kalo minta jajan ya maklum lah. namanya juga sudah berumur, sudah waktunya perbaikan/ganti spare part. saya belum pernah nemu mobil berumur yang nggak pernah ganti spare part tapi nggak rewel.
semua pasti ada solusinya. jangan kemakan omongan orang yang bilang mobil tua mesinnya rawan panas. ya dibenerin dong sistem pendinginan mesinnya...! jangan pasrah bongkok'an.....
radiator diservis, atau ganti baru biar keliatan kinclong sisan. tambah ekstra fan biar suhu mesin tetep stabil. waterpump juga diganti. selang-selang radiator dicek jangan sampe ada bocor.
pengapian sama kelistrikan juga diperhatiken. platina musti lengser, ganti pake cdi comot dari carry yang baru. alternator lama juga pensiun aja, ganti model IC/regulator dalem dari carry yang baruan. nggak perlu beli baru, yang rebuild juga banyak dan pasti sehat.
soket-soket kabel listrik pelan-pelan diganti biar lampu nggak kaya senthir.
masalah rem, buang anginnya bener nggak? buang angin sendiri aja, bisa kok. manfaatkan gravitasi bumi. wes gak ungsum kocok-tahan-buang-kocok-tahan-buang. ndeso tenan. montor mung siji dikroyok wong loro.....
tetap semangat mas, kalo ada masalah jangan malu bertanya.
semua pasti ada solusinya. jangan kemakan omongan orang yang bilang mobil tua mesinnya rawan panas. ya dibenerin dong sistem pendinginan mesinnya...! jangan pasrah bongkok'an.....
radiator diservis, atau ganti baru biar keliatan kinclong sisan. tambah ekstra fan biar suhu mesin tetep stabil. waterpump juga diganti. selang-selang radiator dicek jangan sampe ada bocor.
pengapian sama kelistrikan juga diperhatiken. platina musti lengser, ganti pake cdi comot dari carry yang baru. alternator lama juga pensiun aja, ganti model IC/regulator dalem dari carry yang baruan. nggak perlu beli baru, yang rebuild juga banyak dan pasti sehat.
soket-soket kabel listrik pelan-pelan diganti biar lampu nggak kaya senthir.
masalah rem, buang anginnya bener nggak? buang angin sendiri aja, bisa kok. manfaatkan gravitasi bumi. wes gak ungsum kocok-tahan-buang-kocok-tahan-buang. ndeso tenan. montor mung siji dikroyok wong loro.....
tetap semangat mas, kalo ada masalah jangan malu bertanya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
pompa bensin standar masih mekanis, ibarat pompa tangan dragon.
rotax/pompa bensin elektrik, ibarat sanyo. kunci kontak di posisi ACC dulu, kocok pedal gas 1-2x, baru start.
pompa bensin elektrik bisa pake kepunyaan carry yang lebih muda atau daihatsu zebra. kalo saya pilih kepunyaan zebra/espass karena bentuknya lebih simpel dan kecil lebih praktis nggak makan tempat.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Seputar perawatan Carry Bagong 84
Pengalaman pertama saya punya mobil adalah Carry 86, jadi sepertinya gak beda jauh2 amat sama punya saya dulu. Bedanya, waktu itu saya miara di sekitar tahun 98, jadi umurnya "baru" 12 tahun.
Tapi harap maklum, sudah lama sekali, jadi saya lupa pernah ganti apa saja. Plus waktu itu masih buta sama sekali soal otomotif. Kalau sekarang sih agak mendingan walaupun ya ngerti dikit2 doang.
Yang jelas, waktu itu yang sering bermasalah itu rem, kalau direm setirnya ngebanting ke kanan. Kalau gak salah ini ganti masternya sembuh.
Lalu bearing (lager) rusak sampai mobil benar2 gak bisa jalan Kalau sekarang sih rodanya bunyi "wung wung wung" dikit aja langsung parno dah
Kalau overheat, seingat saya sih belum pernah mengalami, mungkin ya karena baru 12 tahun itu tadi.
Saya cukup beruntung karena punya kenalan montir panggilan yg rumahnya cuma selisih 500 m dari rumah saya, jadi kalo ada apa2, cepat ditangani, hehe.
Tapi harap maklum, sudah lama sekali, jadi saya lupa pernah ganti apa saja. Plus waktu itu masih buta sama sekali soal otomotif. Kalau sekarang sih agak mendingan walaupun ya ngerti dikit2 doang.
Yang jelas, waktu itu yang sering bermasalah itu rem, kalau direm setirnya ngebanting ke kanan. Kalau gak salah ini ganti masternya sembuh.
Lalu bearing (lager) rusak sampai mobil benar2 gak bisa jalan Kalau sekarang sih rodanya bunyi "wung wung wung" dikit aja langsung parno dah
Kalau overheat, seingat saya sih belum pernah mengalami, mungkin ya karena baru 12 tahun itu tadi.
Saya cukup beruntung karena punya kenalan montir panggilan yg rumahnya cuma selisih 500 m dari rumah saya, jadi kalo ada apa2, cepat ditangani, hehe.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net