seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by pradit_d »

Sesuai judul. Kenapa mobil ini begitu heboh di forum ini?

Entah kenapa saya ngerasa mobil ini biasa2 aja. Apa mungkin karena saya ga tertarik or bosen liatnya jd ya begitulah. Bbrp Kali nyetir mobil ini jg biasa2 aja, tentunya bukan punya saya n kondisinya sebagian besar yg saya coba standard.

Ada jg yg lucu yaitu tmn sekantor saya, silent reader di forum ini tapi selalu nyaranin org2 beli gnki d4d, padahal dia blm pernah punya mobil n bahkan nyetir blm lancar. Saking dia ngerasa mobil ini begitu reliable bahkan bilang ke orang2 cukup isi bbm aja n ga perlu service....duuuh

Yah itu semua cuman pemikiran iseng saya, mohon maaf klo ada yg kurang berkenan
:big_peace:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by ginting »

Pertamax...
Krn pengaruh org modif gila2an dan blok mesin tahan...
Kakau handling sih msh banyak yg lebih enak

Sent from my K012 using Tapatalk
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by htannis »

Om telolet ommmm
Numpang lewat saya juga pengen tau apa bagusnya dan hebatnya gnki d4d sih

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by Zaxis »

Krn termasuk mobil terlaris jd kalo rusak byk yg bisa servis dan spare part nya jg byk
Kalo lain nya mungkin ini mesin diesel bisa minum solar busuk dan irit pula
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by dimassn25 »

Tuh baca aja signature om htannis gimana hahaha

Alasan kenapa badak
1.Chasis pick up hilux yang basicnya buat mobil perang
2.Mesin diesel yang juga dipake buat pick up hilux
3. Spare part yang kuat dan stoknya dimana mana

Walaupun kalo dibilang nyaman juga ga senyaman monokok. Tapi emang yang beli mobil kayak gini ya orang yang nyari mobil "battle proven"
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by htannis »

dimassn25 wrote:Tuh baca aja signature om htannis gimana hahaha

Alasan kenapa badak
1.Chasis pick up hilux yang basicnya buat mobil perang
2.Mesin diesel yang juga dipake buat pick up hilux
3. Spare part yang kuat dan stoknya dimana mana

Walaupun kalo dibilang nyaman juga ga senyaman monokok. Tapi emang yang beli mobil kayak gini ya orang yang nyari mobil "battle proven"
Yup betul memang kalau kondisi std tinggal isi solar aja karena mesin + transmisi kuat sekali
Tapi kalau nyaman sih jelas mobil2 kayak mobilio r3 dkk lebih nyaman, yah chassis ladder rwd soalnya
Cuman kalau masalah akomodasi jelas innova menang telak dibanding mobil2 lain terutama buat keluarga yg mobilnya baris ke 3 sering dipake, kayak ane yg suka muat byk orang kalau di mobil
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by Jose »

Mau tanya donk, kan gnki ini satu basis dgn fortuner vnt, bedanya gnf udah pake VNT

1. Utk mendongkrak horsepower gampangan mana? Krn gnki base cuma 102hp sdgkn VNT udah 144hp

2. Klo power udah didongkrak, ketika dibawa lari enakan mana?

Terus terang saya kepikiran utk beli krn sepertinya basis kedua mobil ini tergolong paling badak dan layak jadi collectible item dibanding model yg baru
Increase speed = increase Risk
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by arfyano »

laah kok kasusnya temen om ts persis bgt kaya ane om.. beda nya ini ane alamin sendiri.. karena seringnya ane buka SM n sering jg baca artikel tntng GNKI diesel, jd ane rada ngerti dikit mslh ni mbl jd setiap ada temen yg mau beli mbl pasti ane saranin utk beli ni mbl pdhl ane sendiri wkt itu blm pnya, msh pake panther.. sampe pd akhirnya 3 bulan lalu ada saudara yg mau jual GNKI diesel thn 2013 dgn kondisi istimewa (KM msh 30rb), ane tawarin ke temen sampe akhrnya terjadi tawar menawar. karena tawar menawarnya ga deal, ya udah ane tawarin panther GT pnya ane dan akhrnya doi setuju terus ane bayarin tuh GNKI punya saudara, wkwkwwk.. nambah sedikit sih dr hasil penjualan si panther, tp ane akuin nyamannya jauh (nyaman gnki). kurangnya ni mbl cm d tampilan aja yg kurang gagah, mungkin memang karena MPV. waktu itu ane ga kefikiran utk ambil fortuner atau pasport apalg mbl lain karena dlm fikiran ane cm GNKI diesel aja, hahahahaa
Legtop
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Jan 10, 2016 19:21

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by Legtop »

Maaf OOT nih, ane ada rencana pengen ambil Gnki D4D. Tapi setelah browsing sana sini kepincut juga dengan Captiva Faceift Vcdi krn harga dan tahunnya mirip2.

Ane tau kalau Chevy partnya mahal dan mesinnya gak sebadak 2kd nya ipah. Nah pertanyaanya seberapa jauh beda harga part nya? Dan serewel apa Captiva itu?
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by ternakblog »

Legtop wrote:Maaf OOT nih, ane ada rencana pengen ambil Gnki D4D. Tapi setelah browsing sana sini kepincut juga dengan Captiva Faceift Vcdi krn harga dan tahunnya mirip2.

Ane tau kalau Chevy partnya mahal dan mesinnya gak sebadak 2kd nya ipah. Nah pertanyaanya seberapa jauh beda harga part nya? Dan serewel apa Captiva itu?
Bkn menakutin sih
Pernah trngok di salah satu forum
Injectornya jebol gara2 solar busuk,kena 6jtan.cmiw
Trus air suspensionnya mahal meski ada yg aftermarket juga yg suspensi biasa
Selebihnya cuma itu yg pwrlu dicek bener2,ini mobil badak juga kok cuma ya itu,kalo pemilik awalnya asal aja ngerawatnya,ya jadi bercinta sama bengkel terus nantinya
Oh iya masalah ipah 2kd ini,dirumah masih nyimpen,mayan badak juga kok
Padahal cuma bondo ganti oli isi solar,beres urusan.ga pernah acara rewel2
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by PlantFoot »

ya kl dah srg bc forum ini hrsnya dah bs bikin kesimpulan sendiri kan..

yg sy tangkep sih nih mbl menang di durability..jd kl kondisi std, perawatan minim jg gpp..kl suka modif, jeroannya jg dah proven tahan disiksa..

komunitasnya byk, jd mudah utk tanya kl ada mslh dan/atau kl mau modif/upgrade..

kl sy pribadi sih bbrp kali naik & setir mbl ini dlm kondisi std..ttp aja ga suka hahaha..
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by ipat »

Gnki d4d sy pernah buat narik truk sy yg mogok dijalan,termasuk hebat belum?
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by aspsilver »

Untuk mobil seharga 300 juta (G bensin), 340 juta (g diesel)

Mobil ini sangat bagus, bahan yang digunakan (interior) bagus. Mesin bensin ok lah. Mesin diesel mesin baru, canggih dibandingkan yang lama.

Ride jg jauh lebih baik drp model sebelumnya.

Trus modelnya gak terlalu van, jadi kalau dikemudikan sendiri masi ok (menurut saya)

Kalo van model serena, nav1, biante, delica, kan serasa bis kecil, Kalo sendiri atau cuma berdua, aneh ah.
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by dieselman228 »

Tuneable and immortality proven

Sent from Seraya Motor Mobile App
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by ChZ »

Well, i feel you TS... hahaha...

Memang GNKI ini mobil yang paling sensibel kalau cari sekedar transportasi A ke B, bukan tipe orang yang suka rawat mobil... Tapi buat yang suka nyetir? Well, merek sebelah masih lebih baik. Mobil ini literally bigger Avanza. Nyaman nya biasa aja sih bukan tipikal yang nyaman buangettt, damper nya juga kurang enak... Sama kya Avanza kan. Nyaman biasa aja, tapi sensibel.

Kelg ane juga baru angkut GNKI Dono D-4D AT 2013 bwat gantiin Kijang Kapsul tuir... Mobil simpenan sekali (mungkin yang punya lupa bahkan klw punya mobil)... Baru lulus servis 1000 KM :big_slap: tapi saking disimpennya tuh ruang mesin jadi sarang tikus....

Tapi ane ngerasa D-4D agak overrated juga disini hahaha... Mau minta saran mobil 100juta sampe 2 milyar juga jawabannya D-4D... :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by coklatMetalik »

1. Merk Toyota. Ini mempengaruhi secara psikologis
2. Mesin badak yg sepertinya memang dirancang untuk tidak dirawat
3. Sparepart & ASS yg mudah & murah
4. Performa mesin yang cukup memuaskan jk dibandingkan dgn rival2nya, ngebut bisa, nanjak pun bisa, apalagi kalo dimodif
5. Interior lega & benar2 Multi Purpose vehicle, Bisa diisi orang/barang hingga overload, dan ground clearancenya msh wajar, gk jd ceper bgt kyk cayla
6. Kenyamanan, memang bukan yg terbaik, tp sudah cukup memenuhi harapan
7. Model yang "aman". Tidak kontroversial, semua orang suka (kecuali model Dono). Nyetir sendiri cocok, disupirin jg cocok

8. Monggo dilanjutkan....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by lemonadelovers »

pengalaman saya ya pernah piara GNKI non dono G dan V

ini mobil minusnya cuma handling dan rem aja, yg lainnya ok.

dah itu aja..
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by flamboyan »

ChZ wrote:Well, i feel you TS... hahaha...

Memang GNKI ini mobil yang paling sensibel kalau cari sekedar transportasi A ke B, bukan tipe orang yang suka rawat mobil... Tapi buat yang suka nyetir? Well, merek sebelah masih lebih baik. Mobil ini literally bigger Avanza. Nyaman nya biasa aja sih bukan tipikal yang nyaman buangettt, damper nya juga kurang enak... Sama kya Avanza kan. Nyaman biasa aja, tapi sensibel.

Kelg ane juga baru angkut GNKI Dono D-4D AT 2013 bwat gantiin Kijang Kapsul tuir... Mobil simpenan sekali (mungkin yang punya lupa bahkan klw punya mobil)... Baru lulus servis 1000 KM :big_slap: tapi saking disimpennya tuh ruang mesin jadi sarang tikus....

Tapi ane ngerasa D-4D agak overrated juga disini hahaha... Mau minta saran mobil 100juta sampe 2 milyar juga jawabannya D-4D... :big_slap:

:mky_07: Baca paragraf terakhir

Yg pasti rate bintangnya (dlm pilihan opsi kenyamanan, kelegaan, dll.) memenuhi nilai optimal (bukan maksimal) di hampir semua poin penilaian.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by ChZ »

flamboyan wrote:

:mky_07: Baca paragraf terakhir

Yg pasti rate bintangnya (dlm pilihan opsi kenyamanan, kelegaan, dll.) memenuhi nilai optimal (bukan maksimal) di hampir semua poin penilaian.
Ya lah oom... hahaha... Habis nya kadang orang nanya saran Mercy, eeee disuruh beli GNKI D-4D... nanya Agya, eeee D-4D seken aja... :mky_05: lama-lama orang mau nanya Lamborghini disuruh beli D-4D juga...

Kalo dalam skala 1-10 ya GNKI masuk level 5/10 lah... average... bagus gak... jelek juga gak...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by jivos »

Sy jg binun dulu om, begitu ada yg minta suggest......jwb nya dah ketebak ....D4D
Krn blm pernah cb, kepala jd ikutan mikir ....sakti bener kyk nya itu mbl yak.....

Sampe" ni forum....diluar lbh dikenal sbg D4D panboy forum :mky_03:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by Rakean »

ginting wrote:Pertamax...
Krn pengaruh org modif gila2an dan blok mesin tahan...
Kakau handling sih msh banyak yg lebih enak

Sent from my K012 using Tapatalk
nah ini dia.. disini banyak yg nyaranin D4D karena gampang di modif mesin nya.. padahal gak semua orang mau modif mesin wkwkwkwk :mky_07:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by aspsilver »

wah kalo dibandingkan Low MPV macam Avanza, Innova mah jauhhh lebih enak.

innova lama saja sudah lebih enak. yang baru lebih nyaman drp innova lama.

Panther, lebih nyaman drp avanza gen 1, tapi dibanding gen 2, kayaknya avanza lebih baik, apalagi yang versi facelift dual vvti.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by ak4ng »

Jgn lupa, ada d4d yg versi 2,5 M .............. :glodak: cbu iu or atpm :mrgreen:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Mon May 02, 2016 14:54

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by alicevamps »

Yup setuju, overatted jg sih mobil ini, sering numpang klo lagi jalan2 keluar kota, biasa aja rasanya. Klo nyetir jg ga gitu fun, malah berasa lbh bongsor dr mobil aku yg lebih panjang. Mungkin ketangguhannya kali yg bagus.
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: seberapa hebat/bagus kah GNKI D4D

Post by vulvy8858 »

pradit_d wrote:Sesuai judul. Kenapa mobil ini begitu heboh di forum ini?

Entah kenapa saya ngerasa mobil ini biasa2 aja. Apa mungkin karena saya ga tertarik or bosen liatnya jd ya begitulah. Bbrp Kali nyetir mobil ini jg biasa2 aja, tentunya bukan punya saya n kondisinya sebagian besar yg saya coba standard.

Ada jg yg lucu yaitu tmn sekantor saya, silent reader di forum ini tapi selalu nyaranin org2 beli gnki d4d, padahal dia blm pernah punya mobil n bahkan nyetir blm lancar. Saking dia ngerasa mobil ini begitu reliable bahkan bilang ke orang2 cukup isi bbm aja n ga perlu service....duuuh

Yah itu semua cuman pemikiran iseng saya, mohon maaf klo ada yg kurang berkenan
uda berulang kali bawa Innova Diesel lama dari taun 2004 sampe GNKI Dono Gitong taun 2015..

handling Innova lama yaa biasa aja, khas ladder frame jaman baheula, bukan tipikal mobil yang enak disetirin, limbung kalo belok kencang, cukup melayang diatas 120 kpj, pas direm ada dipping dan pas digas mendadak ada berasa turun di bokongnya. waktu disetir sendiri, Innova lama agak berasa melayang di tol, isi 4 paling pas, diatas 6 orang mulai berasa ngayun, diisi full 8 orang ya sudahlah wkwkwkwkwk.

tenaga yang diesel matic sih OK torsinya, tapi pas kondisi standard pabrikan yaa kurang enak. diatas 3000 rpm uda mulai berat, diatas 3500 RPM sisa sisa napas. 1500-2800an RPM berjaya ni mesin. kalok tipikal orang yang konstan bahagia alias santai kayak saya sih ga akan terlalu terdistract dengan tenaganya, cuma kalo yang tipikal gegeberan ya kayaknya si kesel juga lama lama. kelebihan diesel matic ya mudah dimodifikasi gila-gilaan dan sangat membantu buat yang ngail tenaga dan durabilitynya diatas rata-rata juga kalok diisi bahan bakar dan pelumas yang proper.

yang diesel manual, rasio giginya berasa bawa truk / pikap, napasnya pendek pendek, 100 kpj uda cukup tinggi putaran mesinnya, lari 140-150 kpj uda ngeden sangat amat, torsi RPM bawah juga agak berat, tapi kebantu ada kopling sih, bisa ditoel toel hahahahaha.

pantangan yang diesel yaa cuma sering2 ganti trio filter, sering2 buang sedimenter, sama pakek olie yang proper..

oiya, sama RV khas mubil2 sejuta umatnya Toyota.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007