Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by daftar »

kayaknya tadi bukan masalah headrest kepisah, tapi masalah kurang tinggi.
:ngacir:
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by doge »

ChZ wrote: -cut-
Headrest nya model fixed, masalahnya kalau di Mobilio kepala saya masih kena, di Calya udah kayak nyetir mobil gak pake headrest. Pendek bangetttt. Unsafe buat driver diatas 170 cm. Iya ada 2 airbag, tapi leher saya yang gak selamet....
yahh... ada airbag, tp bs kena whiplash injury... wkwk..

- Hal yang gak penting bagi sebagian orang, tapi buat saya cukup penting : desain engine nya! Yang ini kebalik sama Sienta. kalo Sienta terlalu deket sama firewall dan wiper sehingga bongkar filter udara harus buka wiper dulu. Di Calya, justru block mesin terlalu dekat dengan subframe bagian depan. Memang buka filter udaranya gak nyiksa, tapi kalo udah waktunya bongkar dinamo amper / alternator .... Ya siap-siap di charge biaya lebih di BeRes... Juga risiko kalau kecelakaan.... Jaraknya paling gak ada sejengkal itu. Tabrakan 60-80 km/h bakal sukses mecahin engine head. Plus i presume akan sangat berpengaruh di center of gravity mobil nya yang pasti akan sangat front-heavy.
imo sih... mungkin itu engine dimajuin biar jd penyerap benturan (dead engine is better than dead bod(y/ies) in cabin right?); dan/atau... krn ini mobil FF, klo dimuatin di blkg (as typically found in indo... bawa keluarga, bawa galon, bawa beras wkwk),kan distribusi bobot pasti geser ke blkg... nah, cr counter hal itu (biar ban depan msh ada cukup grip waloupun loaded dan/atau lg nanjak) ya mindah bobot gede (mesin) agak ke depan

Value for money? Yes. Sangat. But since i am very concerned about my neck's safety.... Kalo punya duit disuruh beli pun masih mikir-mikir.... :big_peace:
:ngacir:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by newrubble »

ChZ wrote:Kemarin iseng iseng l......

........

.. Kalo punya duit disuruh beli pun masih mikir-mikir.... :
kalo di kasih satu .... pasti minta dua ......
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by coklatMetalik »

newrubble wrote:
ChZ wrote:Kemarin iseng iseng l......

........

.. Kalo punya duit disuruh beli pun masih mikir-mikir.... :
kalo di kasih satu .... pasti minta dua ......
trus jual dua duanya :ngacir:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by ChZ »

villanova_7th wrote:
Untuk 7 seater sub 150jt, apa ada yang driver headrest nya kepisah?
Untuk kelas LCGC bukannya semua mobil headrestnya seperti itu?

Thanks
Iya semua headrest nya nyatu, masalah nya adalah, dudukan jok Calya ini cukup tinggi sehingga malah kepalanya jadi gak kena headrest.
doge wrote: yahh... ada airbag, tp bs kena whiplash injury... wkwk..
imo sih... mungkin itu engine dimajuin biar jd penyerap benturan (dead engine is better than dead bod(y/ies) in cabin right?); dan/atau... krn ini mobil FF, klo dimuatin di blkg (as typically found in indo... bawa keluarga, bawa galon, bawa beras wkwk),kan distribusi bobot pasti geser ke blkg... nah, cr counter hal itu (biar ban depan msh ada cukup grip waloupun loaded dan/atau lg nanjak) ya mindah bobot gede (mesin) agak ke depan


Justru menurut saya lagi, mesin terlalu dekat dengan rangka utama itu bkn aman malah bahaya... Kebanyakan pabrikan mobil even eropa pun selalu memposisikan engine nya selalu di tengah tengah ruang mesin. Ini kalo total loss bisa jadi langsung kena block mesin. Engine block pecah, risiko terbakar pun ada....

Engine gak bisa jadi penyerap benturan, om. Biasanya design engine itu kalau kecelakaan jatoh ke bawah, bukan malah dihancurin.

Mobil yang terlalu front-heavy justru malah bahaya... brake nya cepet fatigue... Beban yang diterima roda depan lebih besar. Apalagi sebagian besar beban pengereman itu semua di depan....

Ya udah lah, yang beli jg kaga mikir sampe sgitunya... wwkwkw...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by arfs »

villanova_7th wrote: Untuk 7 seater sub 150jt, apa ada yang driver headrest nya kepisah?
Untuk kelas LCGC bukannya semua mobil headrestnya seperti itu?

Thanks
GPP lah kursi dengan model headrest jadi satu, biar kyk ala kursi sportcar atau supercar :big_slap:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by newrubble »

coklatMetalik wrote:
newrubble wrote:
ChZ wrote:Kemarin iseng iseng l......

........

.. Kalo punya duit disuruh beli pun masih mikir-mikir.... :
kalo di kasih satu .... pasti minta dua ......
trus jual dua duanya :ngacir:
nah sy malah mau tau liquidity dia ada di angka brapa ..... 1 normal sale .....1 fire sale
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by newrubble »

arfs wrote:
villanova_7th wrote: Untuk 7 seater sub 150jt, apa ada yang driver headrest nya kepisah?
Untuk kelas LCGC bukannya semua mobil headrestnya seperti itu?

Thanks
GPP lah kursi dengan model headrest jadi satu, biar kyk ala kursi sportcar atau supercar :big_slap:
dulu corolla ke10 .... ke 20 head restrain pair spt itu juga tdk ada yg protesting ...... anggap sj ini product design reuse u cost saving

bandenset + velgen ukuran sgitu juga kan corolla jaman benyamin s populair
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by doge »

ChZ wrote: menurut saya lagi, mesin terlalu dekat dengan rangka utama itu bkn aman malah bahaya... Kebanyakan pabrikan mobil even eropa pun selalu memposisikan engine nya selalu di tengah tengah ruang mesin. Ini kalo total loss bisa jadi langsung kena block mesin. Engine block pecah, risiko terbakar pun ada....

Engine gak bisa jadi penyerap benturan, om. Biasanya design engine itu kalau kecelakaan jatoh ke bawah, bukan malah dihancurin.

Mobil yang terlalu front-heavy justru malah bahaya... brake nya cepet fatigue... Beban yang diterima roda depan lebih besar. Apalagi sebagian besar beban pengereman itu semua di depan....

Ya udah lah, yang beli jg kaga mikir sampe sgitunya... wwkwkw...
I see...

Iya sih... yg beli gitu biasanya pokoknya mobil baru wkwk...
:ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Iya semua headrest nya nyatu, masalah nya adalah, dudukan jok Calya ini cukup tinggi sehingga malah kepalanya jadi gak kena headrest.
kirain ane doang yang aneh posturnya, tiap kali duduk di brio mobilio sekarang sigra cs selalu kepala diatas headrest :mky_01:
Justru menurut saya lagi, mesin terlalu dekat dengan rangka utama itu bkn aman malah bahaya... Kebanyakan pabrikan mobil even eropa pun selalu memposisikan engine nya selalu di tengah tengah ruang mesin. Ini kalo total loss bisa jadi langsung kena block mesin. Engine block pecah, risiko terbakar pun ada....

Engine gak bisa jadi penyerap benturan, om. Biasanya design engine itu kalau kecelakaan jatoh ke bawah, bukan malah dihancurin.

Mobil yang terlalu front-heavy justru malah bahaya... brake nya cepet fatigue... Beban yang diterima roda depan lebih besar. Apalagi sebagian besar beban pengereman itu semua di depan....

Ya udah lah, yang beli jg kaga mikir sampe sgitunya... wwkwkw...
karena daitoyo ngitungnya gini: calya itu akan overload penumpang nah fungsinya taro mesin ke belakang itu buat pemberat jadi seimbang distribusi bobot depan belakang :big_grin:

juga mikirin konsumen kalau kesenggol depan ga kena mesin langsung, jadi ongkosnya konsumen murah buat body repair, terus engineernya juga tau Indo itu ga butuh ini itu, karena bilangnya pasti nyetir itu pelan2 biar ga nabrak karena pelan2 itu aman, nah kenapa masih dikasi ABS dan airbag? karena ini lebih mahal order ke supplier part rem tanpa abs daripada pake abs, kalau airbag karena udah murah juga emang ciri daitoyo :big_biglaugh:
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by Mozawa »

Plat bodynya tipis banget euy..... paling tipis diantara mobil murah yg ane tau.....terutama plat body daerah samping kiri kanan depan penutup mesin, bener bener naujubile........parah.....kena angin kec 100 kmph l aja mungkin bisa penyok, kalau anginnya frontal.....

kalo ane disuruh beli,.... emoh......
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by PRBS »

Mozawa wrote:Plat bodynya tipis banget euy..... paling tipis diantara mobil murah yg ane tau.....terutama plat body daerah samping kiri kanan depan penutup mesin, bener bener naujubile........parah.....kena angin kec 100 kmph l aja mungkin bisa penyok, kalau anginnya frontal.....

kalo ane disuruh beli,.... emoh......
even dibanding datsun go dkk?

karena menurut saya yg terkaleng itu datsun.. pernah ga sengaja penyokin mobil tetangga yg pake datsun goplus, hanya gara2 saya berdiri dan tangan bersandar di pintunya dalam waktu 15menitan.. pas badan saya ubah posisi, baru sadar.. "lah kok penyok?".. sambil perlahan langkah seribu_ :mky_08: :mky_08:
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by gobale »

klu perlu mbl nanti bodynya plastik aja semuah....
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by newrubble »

plaat tipis mgkn ada maksut ..... kalo bengkok hanya perlu satu martil di depan n satu tapak tangan di sisi baliknya atau ikat tali jemuran before reversing

dua tiga x ketok (spt presiding judge hammers in courtroom) n bengkok ilang .... hrsnya masuk promotion strategy ini
User avatar
villanova_7th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Nov 14, 2004 4:16
Location: Near......

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by villanova_7th »

PRBS wrote:
Mozawa wrote:Plat bodynya tipis banget euy..... paling tipis diantara mobil murah yg ane tau.....terutama plat body daerah samping kiri kanan depan penutup mesin, bener bener naujubile........parah.....kena angin kec 100 kmph l aja mungkin bisa penyok, kalau anginnya frontal.....

kalo ane disuruh beli,.... emoh......
even dibanding datsun go dkk?

karena menurut saya yg terkaleng itu datsun.. pernah ga sengaja penyokin mobil tetangga yg pake datsun goplus, hanya gara2 saya berdiri dan tangan bersandar di pintunya dalam waktu 15menitan.. pas badan saya ubah posisi, baru sadar.. "lah kok penyok?".. sambil perlahan langkah seribu_ :mky_08: :mky_08:
Gak..lbh tipis datsun Go, kemarin sempet2 kompare di GIIAS. Gak beda jauh, cuma gak bisa lah dibilang tipiissssss bgt kalau dibandingkan dengan kendaraan sekelas, intinya kalau banding agya, datsun kita kayak omong angka 95,93,90 lahhhhh

Kalau dibandingkan sama avanza iya, mungking 80 banding 95.... apa lagi dengan innova... bisa 70 banding 100 :)

Kena angin 100 kmph gak bakal penyok kali... emang muka mobilnya kayak bus :) Aerodinamika juga pasti diperhitungkan kali unutk mobil2 passenger. gilingan aja penyok :D
TOYOTAMAN: The One You Ought To Avoid, Man!
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by arissety »

Mozawa wrote:Plat bodynya tipis banget euy..... paling tipis diantara mobil murah yg ane tau.....terutama plat body daerah samping kiri kanan depan penutup mesin, bener bener naujubile........parah.....kena angin kec 100 kmph l aja mungkin bisa penyok, kalau anginnya frontal.....

kalo ane disuruh beli,.... emoh......
ane sering lihat duo kaleng body penyok2.
trus klo duo baru ini nanti kayak apa jadinya klo lbh tipis dari duo kaleng.. :big_dunno:
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by arissety »

newrubble wrote:plaat tipis mgkn ada maksut ..... kalo bengkok hanya perlu satu martil di depan n satu tapak tangan di sisi baliknya atau ikat tali jemuran before reversing
dua tiga x ketok (spt presiding judge hammers in courtroom) n bengkok ilang .... hrsnya masuk promotion strategy ini
sama itu mungkin mmg desain terbaru untuk meyerap benturan pas kecelakaan.
pasti poin euro ncap nya tinggi nih. :big_cry:
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by stevenanthony »

tadi liat 1 di jalan... ternyata cukup pendek ya mobil ini (bukan gc nya, tapi tinggi mobilnya)
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by coklatMetalik »

Malah di kampus ane udh ada yg dianter jemput pk mbl ini, warna silver. Sebetulnya ane pengen bilang gk suka bentuk mbl ini, & temen2 ane jg bilang bentuknya agak aneh...
Tp krn ane suka bentuk nonik maba yg dianter jemputnya, ane gk peduli lg bentuk mobilnya :ngacir:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by aburaza »

Di pulau terpencil tempat ane nyangkul udh ketemu di jalan, warna merah. IMHO pengemasan iklannya patut diacungi jempol, krn ternyata setelah liat di jalan......seniornya jd kliatan lbh enak dipandang
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by martinnn »

uda liat di jalan...betuknya oke juga... tinggal kasi pelek lebar, lalu lowering kit... jadi pas deh bentuknya
:big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2283
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by ilhami »

sebenarnya secara dimensi dan jarak sumbu xenia/avanza dan sigra/cayla cuma beda sedikit. Kalau xenia/avanza pakai FWD apa jadi masalah ya?
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by PRBS »

di grup sebelah ada yang kasih foto calya (atau sigra ya? masih bingung bedainnya) dikasih velg all new yaris.. jadi bagus. proporsinya pas. ga cingkrang.

apalagi kalo dummy stop lamp yg melintang horiszontal itu dicopot..
nis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Oct 30, 2009 0:59

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by nis »

PRBS wrote:di grup sebelah ada yang kasih foto calya (atau sigra ya? masih bingung bedainnya) dikasih velg all new yaris.. jadi bagus. proporsinya pas. ga cingkrang.

apalagi kalo dummy stop lamp yg melintang horiszontal itu dicopot..
bantu tongolin post di sebelah... emang bagus juga kalo ganti velg + ban yaris yah...
Image
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Post by nyotnyet »

nis wrote:
PRBS wrote:di grup sebelah ada yang kasih foto calya (atau sigra ya? masih bingung bedainnya) dikasih velg all new yaris.. jadi bagus. proporsinya pas. ga cingkrang.

apalagi kalo dummy stop lamp yg melintang horiszontal itu dicopot..
bantu tongolin post di sebelah... emang bagus juga kalo ganti velg + ban yaris yah...
Image
Sigra ini om...bedain paling gampang itu bumpernya...kalo calya foglampnya kaya agya naik ke atas...kalo sigra rumah foglampnya tidur...


Sent from my iPad using Tapatalk

Soul Red zoom zoom