Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by Turboman »

lawyerone wrote:
Turboman wrote: Mon Feb 13, 2017 11:14
lawyerone wrote: Mon Feb 13, 2017 10:55

Di berita ga nongol yahh
Kudu nyampering langsung kayaknya hahahahaha

Di kemendag yah itu? Atau ada dirjennya? Kalo samperin BPSK nya aja dapet ga yah datanya wkakakakaka
kenapa nih om ??

mobil om bermasalah ?

gak puas dgn layanan BeRes ?

lapor BPSK aja....atau ke kemendag subdit Perlindungan konsumen juga bisa
Ngga om, mau nyari bahan skripsi mwahahahaha
cari bahan laen aja mas

apakah anda berharap user konflik sama APM kah ? sampe masuk pengadilan gitu

itu mah provokator namanya......

jika anda ingin tahu aneka kasus berat, silakan anda ke kemendag subdit bpk, banyak kasus2 konsumen lawan produsen sampe pengadilan..........

lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: RE: Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by lawyerone »

Turboman wrote: Mon Feb 13, 2017 16:00
lawyerone wrote:
Turboman wrote: Mon Feb 13, 2017 11:14

kenapa nih om ??

mobil om bermasalah ?

gak puas dgn layanan BeRes ?

lapor BPSK aja....atau ke kemendag subdit Perlindungan konsumen juga bisa
Ngga om, mau nyari bahan skripsi mwahahahaha
cari bahan laen aja mas

apakah anda berharap user konflik sama APM kah ? sampe masuk pengadilan gitu

itu mah provokator namanya......

jika anda ingin tahu aneka kasus berat, silakan anda ke kemendag subdit bpk, banyak kasus2 konsumen lawan produsen sampe pengadilan..........
Bukan berharap konflik sama APM, tapi saya rasa masa dari sekian banyak kasus komplain gitu ga ada satupun yang coba protes. Karena kalo dilihat respon APM agak kurang. Kalau memang ternyata ga ada yah gapapa, toh saya hanya mencari bahan.

Biasa kalau kasus berat udah terlanjur blow up (misalnya: vaksin palsu), sedangkan untuk skripsi atau Legal Memo biasa dicari bahan baru yang masih fresh, dan analisisnya ditekankan analisa baru. Makanya saya mau cari bahan dari bidang otomotif yang biasanya kurang banyak dibahas di Indo. Kalo soal makanan, services, obat, dll sudah sering sekali dibahas. Putusan juga banyak. Mau di download online juga sering kali ada dari web MA. Saya juga tau kalo kasus sampe pengadilan itu banyak, secara saya udah biasa bolak balik nyari draft putusan.

Maaf kalo om tersinggung dengan cara saya mencari informasi :)

Tidak ada niat provokasi. Tapi kalau memang ternyata ada, yah kenapa tidak. Dan saya rasa kalaupun ternyata ada tentunya yah untuk kebaikan bersama juga, secara sudah cukup banyak APM yang semakin lama semakin bertingkah semaunya sendiri. Untungnya memang masih ada yang punya itikad baik mencoba untuk menyelesaikan masalah konsumen. Tapi untuk yang terkesan asal-asalan kan parah juga, dan yang asal-asalan itu gaboleh didiamkan seharusnya, harus setidaknya di complain ke principalnya. Ga perlu sampai dilaporkan juga, karena yang terpenting kan sebenarnya kalau APM ada itikad baik melayani konsumen.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by Turboman »

lawyerone wrote:
Turboman wrote: Mon Feb 13, 2017 16:00
lawyerone wrote: Ngga om, mau nyari bahan skripsi mwahahahaha
cari bahan laen aja mas

apakah anda berharap user konflik sama APM kah ? sampe masuk pengadilan gitu

itu mah provokator namanya......

jika anda ingin tahu aneka kasus berat, silakan anda ke kemendag subdit bpk, banyak kasus2 konsumen lawan produsen sampe pengadilan..........
Bukan berharap konflik sama APM, tapi saya rasa masa dari sekian banyak kasus komplain gitu ga ada satupun yang coba protes. Karena kalo dilihat respon APM agak kurang. Kalau memang ternyata ga ada yah gapapa, toh saya hanya mencari bahan.

Biasa kalau kasus berat udah terlanjur blow up (misalnya: vaksin palsu), sedangkan untuk skripsi atau Legal Memo biasa dicari bahan baru yang masih fresh, dan analisisnya ditekankan analisa baru. Makanya saya mau cari bahan dari bidang otomotif yang biasanya kurang banyak dibahas di Indo. Kalo soal makanan, services, obat, dll sudah sering sekali dibahas. Putusan juga banyak. Mau di download online juga sering kali ada dari web MA. Saya juga tau kalo kasus sampe pengadilan itu banyak, secara saya udah biasa bolak balik nyari draft putusan.

Maaf kalo om tersinggung dengan cara saya mencari informasi :)

Tidak ada niat provokasi. Tapi kalau memang ternyata ada, yah kenapa tidak. Dan saya rasa kalaupun ternyata ada tentunya yah untuk kebaikan bersama juga, secara sudah cukup banyak APM yang semakin lama semakin bertingkah semaunya sendiri. Untungnya memang masih ada yang punya itikad baik mencoba untuk menyelesaikan masalah konsumen. Tapi untuk yang terkesan asal-asalan kan parah juga, dan yang asal-asalan itu gaboleh didiamkan seharusnya, harus setidaknya di complain ke principalnya. Ga perlu sampai dilaporkan juga, karena yang terpenting kan sebenarnya kalau APM ada itikad baik melayani konsumen.
hehhehe

saya mah sante aja

ingat2 aja kata om NR

"kalo bisa hindari urusan pengadilan dgn APM tsb"

coba aja PM om NR......apa alasan beliau.....hehhehe
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by lawyerone »

Turboman wrote: Sat Feb 18, 2017 8:39
lawyerone wrote:
Turboman wrote: Mon Feb 13, 2017 16:00
cari bahan laen aja mas

apakah anda berharap user konflik sama APM kah ? sampe masuk pengadilan gitu

itu mah provokator namanya......

jika anda ingin tahu aneka kasus berat, silakan anda ke kemendag subdit bpk, banyak kasus2 konsumen lawan produsen sampe pengadilan..........
Bukan berharap konflik sama APM, tapi saya rasa masa dari sekian banyak kasus komplain gitu ga ada satupun yang coba protes. Karena kalo dilihat respon APM agak kurang. Kalau memang ternyata ga ada yah gapapa, toh saya hanya mencari bahan.

Biasa kalau kasus berat udah terlanjur blow up (misalnya: vaksin palsu), sedangkan untuk skripsi atau Legal Memo biasa dicari bahan baru yang masih fresh, dan analisisnya ditekankan analisa baru. Makanya saya mau cari bahan dari bidang otomotif yang biasanya kurang banyak dibahas di Indo. Kalo soal makanan, services, obat, dll sudah sering sekali dibahas. Putusan juga banyak. Mau di download online juga sering kali ada dari web MA. Saya juga tau kalo kasus sampe pengadilan itu banyak, secara saya udah biasa bolak balik nyari draft putusan.

Maaf kalo om tersinggung dengan cara saya mencari informasi :)

Tidak ada niat provokasi. Tapi kalau memang ternyata ada, yah kenapa tidak. Dan saya rasa kalaupun ternyata ada tentunya yah untuk kebaikan bersama juga, secara sudah cukup banyak APM yang semakin lama semakin bertingkah semaunya sendiri. Untungnya memang masih ada yang punya itikad baik mencoba untuk menyelesaikan masalah konsumen. Tapi untuk yang terkesan asal-asalan kan parah juga, dan yang asal-asalan itu gaboleh didiamkan seharusnya, harus setidaknya di complain ke principalnya. Ga perlu sampai dilaporkan juga, karena yang terpenting kan sebenarnya kalau APM ada itikad baik melayani konsumen.
hehhehe

saya mah sante aja

ingat2 aja kata om NR

"kalo bisa hindari urusan pengadilan dgn APM tsb"

coba aja PM om NR......apa alasan beliau.....hehhehe
Hahaha, iya om iya

Sep, thanks om.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by paidjho »

andyez86 wrote:Ada yg rem nya geter waktu dipake ngerem di jalan turunan panjang ga?pnya saia kmrn geter parah wktu dipake di tol semarang
Claim aja Om.
Disk brake peyang & ketipisan.
Aku claim pas Km 6000an.
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by andyez86 »

paidjho wrote: Sun Feb 19, 2017 22:04
andyez86 wrote:Ada yg rem nya geter waktu dipake ngerem di jalan turunan panjang ga?pnya saia kmrn geter parah wktu dipake di tol semarang
Claim aja Om.
Disk brake peyang & ketipisan.
Aku claim pas Km 6000an.
Udah om...posisi skrg 16000km..mgkin kaki saya terlalu sensitif...org beres blg mblnya normal pula...jd bingung
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by paidjho »

andyez86 wrote:
paidjho wrote: Sun Feb 19, 2017 22:04
andyez86 wrote:Ada yg rem nya geter waktu dipake ngerem di jalan turunan panjang ga?pnya saia kmrn geter parah wktu dipake di tol semarang
Claim aja Om.
Disk brake peyang & ketipisan.
Aku claim pas Km 6000an.
Udah om...posisi skrg 16000km..mgkin kaki saya terlalu sensitif...org beres blg mblnya normal pula...jd bingung
Udah di dial ama check thickness nya?
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: RE: Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by andyez86 »

paidjho wrote: Mon Feb 20, 2017 11:17
andyez86 wrote:
paidjho wrote: Sun Feb 19, 2017 22:04
Claim aja Om.
Disk brake peyang & ketipisan.
Aku claim pas Km 6000an.
Udah om...posisi skrg 16000km..mgkin kaki saya terlalu sensitif...org beres blg mblnya normal pula...jd bingung
Udah di dial ama check thickness nya?
Org beres ngga laporan soal dial n thickness nya..mbl posisi d solo...kmrn pas dicek beres saya lg ke jktt..kynya bsk perlu cek di beres lain deh...makin ga bener aja ni
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: RE: Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by marmut »

andyez86 wrote: Mon Feb 20, 2017 11:27
Org beres ngga laporan soal dial n thickness nya..mbl posisi d solo...kmrn pas dicek beres saya lg ke jktt..kynya bsk perlu cek di beres lain deh...makin ga bener aja ni
dial test sendiri aja, modal dongkrak 2 unit sama pinsil yang sudah diraut sampe runcing. periksa ketebalan bisa pake micrometer, beli di toko bangunan nggak mahal kok sekitar 120rb.
Juliusekaputra
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Feb 25, 2017 3:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by Juliusekaputra »

Mohon pencerahannya Gan..
Anki ane kalo pindah gigi dari N ke R bunyi jedug keras banget.. Bisa hilang dengan remap TCU kah?
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by slowipah »

Turboman wrote: Thu Feb 18, 2016 4:48 Fenomena mobil model baru spt nya yah

Image
Kl ini mmg penyakit. Bw anki bensin temen di 60kph aja ud kedengaran suara angin, sptnya salah design spion soalnya kl spion ditutup ilang suaranya
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by vipere »

Terlalu sensitif kayaknya sampe berasa efek turbulensi segala. Hehe. Teman ane punya anki gak pernah ngeluh apapun. Ditanya juga bilang gak ada apa apa. Mungkin ini salah satu contoh customer gak sensitif yg disukai totoya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by Turboman »

Juliusekaputra wrote:Mohon pencerahannya Gan..
Anki ane kalo pindah gigi dari N ke R bunyi jedug keras banget.. Bisa hilang dengan remap TCU kah?
cek level ATF

Top up bila kurang

kalo mau lebih smooth = ganti dgn ATF yg lebih baik dr ATF WS
Juliusekaputra
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Feb 25, 2017 3:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by Juliusekaputra »

Turboman wrote: Sat Feb 25, 2017 14:14
Juliusekaputra wrote:Mohon pencerahannya Gan..
Anki ane kalo pindah gigi dari N ke R bunyi jedug keras banget.. Bisa hilang dengan remap TCU kah?
cek level ATF

Top up bila kurang

kalo mau lebih smooth = ganti dgn ATF yg lebih baik dr ATF WS
Siap Om thanks untuk pencerahannya. Rencana besok ane mau bawa ke BeRes... mudah2an bisa dikasih masukan sama kita SA nya hehehhe...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by marmut »

Juliusekaputra wrote: Mon Feb 27, 2017 14:54
Siap Om thanks untuk pencerahannya. Rencana besok ane mau bawa ke BeRes... mudah2an bisa dikasih masukan sama kita SA nya hehehhe...
cek level atf ngapain ke beres? cek sendiri ga sampe 60 detik udah selesai.
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by andyez86 »

Juliusekaputra wrote: Mon Feb 27, 2017 14:54
Turboman wrote: Sat Feb 25, 2017 14:14
Juliusekaputra wrote:Mohon pencerahannya Gan..
Anki ane kalo pindah gigi dari N ke R bunyi jedug keras banget.. Bisa hilang dengan remap TCU kah?
cek level ATF

Top up bila kurang

kalo mau lebih smooth = ganti dgn ATF yg lebih baik dr ATF WS
Siap Om thanks untuk pencerahannya. Rencana besok ane mau bawa ke BeRes... mudah2an bisa dikasih masukan sama kita SA nya hehehhe...
Minta masukan itu lgs sm technical ato kepala bengkel nya....jgn sama SA...itu sama aja ky ngobrol brg tukang obat...SA taunya terima mbl sm serahin mbl klo ud slsai...udah bertahun2 saya ngadepin puluhan SA toyota blm ada bener2 oke....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by Turboman »

marmut wrote:
Juliusekaputra wrote: Mon Feb 27, 2017 14:54
Siap Om thanks untuk pencerahannya. Rencana besok ane mau bawa ke BeRes... mudah2an bisa dikasih masukan sama kita SA nya hehehhe...
cek level atf ngapain ke beres? cek sendiri ga sampe 60 detik udah selesai.
AC 60 E gak ada dipstik om

Mesti buka baut cek level ATF di bag bawah oil pan
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by marmut »

nggak ada dipstick toh... wah, sudah ketauan lah kalo kaya gini caranya. hahaha......
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by Turboman »

Semua AT unit yg gak ada dipstik itu ada baut utk cek level ATF di bawah ATF pan, posisi baut nya agak "nyelup" ke dalam pan

mau mobil Eropa / Japan / Korea

buka baut tsb, isi ATF lewat lubang isi sampe sedikit keluar dr baut cek level tsb

Dan idealnya itu cek level ATF saat dingin / suhu ATF below 45 deg C

Ribet memang

Makanya di US bbrp jenis matic ada yg jual oil pan lengkap dgn dipstick
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by lonesnake »

Turboman wrote: Thu Mar 02, 2017 2:57 Semua AT unit yg gak ada dipstik itu ada baut utk cek level ATF di bawah ATF pan, posisi baut nya agak "nyelup" ke dalam pan

mau mobil Eropa / Japan / Korea

buka baut tsb, isi ATF lewat lubang isi sampe sedikit keluar dr baut cek level tsb

Dan idealnya itu cek level ATF saat dingin / suhu ATF below 45 deg C

Ribet memang

Makanya di US bbrp jenis matic ada yg jual oil pan lengkap dgn dipstick
Hmm cek atf yang model gini ada beberapa macam, Please CMIIW ada yang mengharuskan sampai range temperatur tertentu baru dicek belum tentu harus dingin, yang pernah saya alami cek level oli atf di mark x. Baut tapnya ada 2, tapi satu lubang. Salah satu ada yang harus dilepas ketika pengecekan,jika pada temperatur tertentu yang disebutkan tadi menetes maka volume sudah pas maka baut yang dilepas tadi dipasang kembali.

Untuk literaturnya akan saya cantumkan jika saya menemukannnya.
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by lonesnake »

User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by paidjho »

lonesnake wrote:
Turboman wrote: Thu Mar 02, 2017 2:57 Semua AT unit yg gak ada dipstik itu ada baut utk cek level ATF di bawah ATF pan, posisi baut nya agak "nyelup" ke dalam pan

mau mobil Eropa / Japan / Korea

buka baut tsb, isi ATF lewat lubang isi sampe sedikit keluar dr baut cek level tsb

Dan idealnya itu cek level ATF saat dingin / suhu ATF below 45 deg C

Ribet memang

Makanya di US bbrp jenis matic ada yg jual oil pan lengkap dgn dipstick
Hmm cek atf yang model gini ada beberapa macam, Please CMIIW ada yang mengharuskan sampai range temperatur tertentu baru dicek belum tentu harus dingin, yang pernah saya alami cek level oli atf di mark x. Baut tapnya ada 2, tapi satu lubang. Salah satu ada yang harus dilepas ketika pengecekan,jika pada temperatur tertentu yang disebutkan tadi menetes maka volume sudah pas maka baut yang dilepas tadi dipasang kembali.

Untuk literaturnya akan saya cantumkan jika saya menemukannnya.
Pernah baca untuk A60E:
Suhu max 45 deg C
Lepas drain plug
Top up 1.5 liter

absolute
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Thu Jun 10, 2010 2:14

Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by absolute »

Suhu2 numpang nanya, bgmn update ttg problem2 ANKI? Apa udah solve untuk di nik 2017? Atau mending ambil GNKI 2015? Tq
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by Turboman »

absolute wrote:Suhu2 numpang nanya, bgmn update ttg problem2 ANKI? Apa udah solve untuk di nik 2017? Atau mending ambil GNKI 2015? Tq
Beli GNKI gak perlu ambil lucky dip

hanya krn dah gak ada yg baru, ambil seken ya hrs teliti aja

kalo yg 2016 - onwards ini masih sistem Lucky Dip om......gak tahu kertas mana yg ada tulisan anda beruntung

Gampangnya gini aja

di negara yg ada NHTSA aja itu AC 60 E pick up juga masih lucky dip

apalagi di negara yg gak ada NHTSA

wekekeekkeke
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Update perbaikan ANKI oleh BeRes : Matic / Turbo / rem dll

Post by Turboman »

lonesnake wrote:
Turboman wrote: Thu Mar 02, 2017 2:57 Semua AT unit yg gak ada dipstik itu ada baut utk cek level ATF di bawah ATF pan, posisi baut nya agak "nyelup" ke dalam pan

mau mobil Eropa / Japan / Korea

buka baut tsb, isi ATF lewat lubang isi sampe sedikit keluar dr baut cek level tsb

Dan idealnya itu cek level ATF saat dingin / suhu ATF below 45 deg C

Ribet memang

Makanya di US bbrp jenis matic ada yg jual oil pan lengkap dgn dipstick
Hmm cek atf yang model gini ada beberapa macam, Please CMIIW ada yang mengharuskan sampai range temperatur tertentu baru dicek belum tentu harus dingin, yang pernah saya alami cek level oli atf di mark x. Baut tapnya ada 2, tapi satu lubang. Salah satu ada yang harus dilepas ketika pengecekan,jika pada temperatur tertentu yang disebutkan tadi menetes maka volume sudah pas maka baut yang dilepas tadi dipasang kembali.

Untuk literaturnya akan saya cantumkan jika saya menemukannnya.
Haa om pake Mark X

itu 6 AT - A 760 yah

gimana maticnya so far so good ?