Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jun 15, 2015 18:12
Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Hi SM-ers
Ada yang bisa share pengalaman or knowledge tentang aplhard 2nd gen?
Esp yang tahun 2009....pros & cons serta potential problem yang mungkin timbul...
last but not least...harga pasaran sekarang untuk mobil ini berapa ya?
Thanks guys...
Salam newbie
Ada yang bisa share pengalaman or knowledge tentang aplhard 2nd gen?
Esp yang tahun 2009....pros & cons serta potential problem yang mungkin timbul...
last but not least...harga pasaran sekarang untuk mobil ini berapa ya?
Thanks guys...
Salam newbie
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Alphard 2nd gen ... ada penyakit di EPS, steering rack, & kaki2 nya ga setangguh yg gen1... Sisanya bisa dibilang aman sih
Kalo pas TD unit yg diincer, perhatiin apa stirnya berat-ringan-berat-ringan sendiri & ada bunyi2 or engga pas jalan, maticnya ga boleh ada geter2 pas pindah dari N-D-jalan or N-R-jalan, di kickdown harus smooth ...
Pros tentu aja nyaman buat yg nyetir & terutama yg duduk di row 2 & 3 (row 3 mobil ini nyaman bgt didudukin & ga goncang2), matic CVT jd smooth akselerasinya & bikin irit, mesin kuat banget, dan yg pasti ... Image alphard yg dianggap kalo udah punya alphard udah jd orang sukses
Cons... Kalo bawa sendiri di sangka supir (tapi di sekitar ane ada ibu2 kerudungan tiap hari bawa alpard 2.4G sendiri ,,,
Pasarannya lagi turun nih berhubung alphard gen3 keluar, yg gen2 edisi 2009 udh sentuh 450-490 (tergantung spek)
Kalo pas TD unit yg diincer, perhatiin apa stirnya berat-ringan-berat-ringan sendiri & ada bunyi2 or engga pas jalan, maticnya ga boleh ada geter2 pas pindah dari N-D-jalan or N-R-jalan, di kickdown harus smooth ...
Pros tentu aja nyaman buat yg nyetir & terutama yg duduk di row 2 & 3 (row 3 mobil ini nyaman bgt didudukin & ga goncang2), matic CVT jd smooth akselerasinya & bikin irit, mesin kuat banget, dan yg pasti ... Image alphard yg dianggap kalo udah punya alphard udah jd orang sukses
Cons... Kalo bawa sendiri di sangka supir (tapi di sekitar ane ada ibu2 kerudungan tiap hari bawa alpard 2.4G sendiri ,,,
Pasarannya lagi turun nih berhubung alphard gen3 keluar, yg gen2 edisi 2009 udh sentuh 450-490 (tergantung spek)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jun 15, 2015 18:12
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Thx infonya...
Mmm... Gimana caranya membedakan tipe2 nya ya? Karena alphard ini terkenal banget dengan spek nya yang bermacam2...like gimana bedain yg 18 speaker? Trus audio bawaan jepang or pasangan lokal...jok kulit ori or lokal? Kamera dll...
Mmm... Gimana caranya membedakan tipe2 nya ya? Karena alphard ini terkenal banget dengan spek nya yang bermacam2...like gimana bedain yg 18 speaker? Trus audio bawaan jepang or pasangan lokal...jok kulit ori or lokal? Kamera dll...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Nah inidia yg susah bedainnya om ... Tp biasanya sih ditulis di iklan, ini alphard yg 18 speaker, or ini yg audioless, dsb dsb...IAA wrote:Thx infonya...
Mmm... Gimana caranya membedakan tipe2 nya ya? Karena alphard ini terkenal banget dengan spek nya yang bermacam2...like gimana bedain yg 18 speaker? Trus audio bawaan jepang or pasangan lokal...jok kulit ori or lokal? Kamera dll...
Kalo ane yg beli sih ga akan liat spec2 nya lagi, liat aja mana unit yg paling bagus kondisinya, lebih penting...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3139
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
hati hati dengan unit, pastikan ambil yang udah ada audio nya
yg audio less rata rata rattling, bagian aetir juga seting rusak, akan keluar bunyi bunyi klo dah rusak sudah ga happy lg bawany krn berisik.
kekurangan yg dah ada audio nya adalah bahasa kanji jepang, ngak ada yg mudeng pake nya
klo mau main aman ambil atpm. walopun audio nya std toyota indo.
yg audio less rata rata rattling, bagian aetir juga seting rusak, akan keluar bunyi bunyi klo dah rusak sudah ga happy lg bawany krn berisik.
kekurangan yg dah ada audio nya adalah bahasa kanji jepang, ngak ada yg mudeng pake nya
klo mau main aman ambil atpm. walopun audio nya std toyota indo.
engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
alphard ANH 20 2.4 yang beredar di indo ada 2 versi yaitu IU dan ATPM.
versi IU : type ZG, S, G dan X (2012 up ada type Gs)
versi ATPM : type G dan X
saya akan jelaskan yang umum saja ya karena terlalu banyak varian/beda spek masing2 IU.
type paling umum adalah S dan G yang keduanya 7 seater captain seat (beda lagi dengan pilot seat).
type S : body kit + door panel, Velg R 18, foglamp bulat
interior umumnya black dan ada juga beige.
versi IU : type ZG, S, G dan X (2012 up ada type Gs)
versi ATPM : type G dan X
saya akan jelaskan yang umum saja ya karena terlalu banyak varian/beda spek masing2 IU.
type paling umum adalah S dan G yang keduanya 7 seater captain seat (beda lagi dengan pilot seat).
type S : body kit + door panel, Velg R 18, foglamp bulat
interior umumnya black dan ada juga beige.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
type G: tidak ada door panel dan body kit, velg R 17
interior hanya beige, kursi driver electric seat, kursi penumpang depan ada sandaran kaki seperti 2nd row.
untuk membedakan premium sound dengan audioless sangat mudah yaitu lihat di grill depan kalau ada kamera berarti type premium sound (18 speaker). Head unit premium sound menunya dalam bahasa jepun. Selain itu ada speaker di plafon atas.
Audioless bukan berarti tidak ada audionya, biasanya dari IU sudah dipasang HU 2 din, TV di plafon dan 8 speaker serta kamera mundur.
Selisih harga bekas untuk tahun yang sama antara premium sound dengan audioless sekitar 50 juta (tergantung kondisi kendaraan)
Sebaiknya pilih yang ada service record dan low km walaupun harga sedikit lebih mahal.
interior hanya beige, kursi driver electric seat, kursi penumpang depan ada sandaran kaki seperti 2nd row.
untuk membedakan premium sound dengan audioless sangat mudah yaitu lihat di grill depan kalau ada kamera berarti type premium sound (18 speaker). Head unit premium sound menunya dalam bahasa jepun. Selain itu ada speaker di plafon atas.
Audioless bukan berarti tidak ada audionya, biasanya dari IU sudah dipasang HU 2 din, TV di plafon dan 8 speaker serta kamera mundur.
Selisih harga bekas untuk tahun yang sama antara premium sound dengan audioless sekitar 50 juta (tergantung kondisi kendaraan)
Sebaiknya pilih yang ada service record dan low km walaupun harga sedikit lebih mahal.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jun 15, 2015 18:12
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
thanks infonya bro esh..
antara tipe G dan S lebih mahal yang S ya?
Sorry newbie..
well noted on the premium sound identification.
antara tipe G dan S lebih mahal yang S ya?
Sorry newbie..
well noted on the premium sound identification.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
harga bekasnya relatif sama antara G dan S, tergantung kondisi dan option.IAA wrote:thanks infonya bro esh..
antara tipe G dan S lebih mahal yang S ya?
Sorry newbie..
well noted on the premium sound identification.
option yang tidak selalu ada adalah:
- vacuum back door (biasanya type G yang ada)
- power back door (biasanya ada di audioless)
- krey original (kadang ada di premium sound)
- Intelligent Parking Assist (jarang ada)
- cool box
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jun 15, 2015 18:12
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
ada yang tau kenapa keyless entry nya susah sekali dioperasikan? di dashboard juga tertera indikator immobilizer..
apakah artinya baterainya habis ya?
Ada yang tahu kode baterai dan dimana bisa dibeli?
Thanks
apakah artinya baterainya habis ya?
Ada yang tahu kode baterai dan dimana bisa dibeli?
Thanks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
biasanya memang batere sudah lemah, bawa saja ke toko jamIAA wrote:ada yang tau kenapa keyless entry nya susah sekali dioperasikan? di dashboard juga tertera indikator immobilizer..
apakah artinya baterainya habis ya?
Ada yang tahu kode baterai dan dimana bisa dibeli?
Thanks
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Thu Feb 04, 2016 14:53
- Location: DKI Jakarta
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Kebetulan sy ada pakai unit thn 2010 tipe S Audioless, dan mayoritas nyetir sendiri.
Pro :
- cukup irit dan perawatan minim, toyota rules.
- ga pernah manja minta ke beres, selalu di bengkel umum kepercayaan.
- bantingan lumayan ok juga.
- tenaga ya not bad lah utk mobil sebongsor ini. Punya saya ditambahkan throttle control buat nipu kaki.
- nyetirnya ga berasa bawa mobil gede. Apa udh kebiasa yah?
- pernah sy coba pentokin speedo meter di 180, dan ternyata masih jauh lbh stabil dr ipah loh di speed ini. (Kondisi sama2 kaki std, sy kebetulan ada ipah juga)
- filter ac kabin sama dng ipah punya, murmerrr.. Saya setiap 3 bulan sekali ganti.
Cons :
- mulai ada rattling di interior.
- kalau gas dibejek rpm tinggi dan rada lama, bau sangit.
- keyless nya di bbrp spot suka error. Gampang solusi nya, kalau mau buka/tutup pintu di area yg susah sinyal nya, tempelin aja kunci di kaca belakang kanan. Hampir selalu bisa.
- kunci suka tidak mau detect pd saat mau starter mesin, gampang. Tempelkan di start/stop button nya n tunggu sampai lampu hijan kecil nyala. Beres.
- lampu HID asli kurang terang, ganti dengan merk D*, headlamp dan foglamp. Terang banget jadinya.
- cari oli maticnya rada susah, walaupun di beres toyota. Pakai type CVTF-TC. Sy flush di km 45rb (umur mobil 5 tahun). Mantap hasilnya. Tarikan beda, lbh responsif.
- shock breaker asli di km 37rb (umur 4 tahun) sudah terasa mulai lemah, ganti saja dan mobil enak lagi. Pakai merk kayaba.
- utk unit saya, pintu bagasi dan kursi tdk electric. Pakai tenaga otot / voice command (suruh supir... Hehehehe)
Pro :
- cukup irit dan perawatan minim, toyota rules.
- ga pernah manja minta ke beres, selalu di bengkel umum kepercayaan.
- bantingan lumayan ok juga.
- tenaga ya not bad lah utk mobil sebongsor ini. Punya saya ditambahkan throttle control buat nipu kaki.
- nyetirnya ga berasa bawa mobil gede. Apa udh kebiasa yah?
- pernah sy coba pentokin speedo meter di 180, dan ternyata masih jauh lbh stabil dr ipah loh di speed ini. (Kondisi sama2 kaki std, sy kebetulan ada ipah juga)
- filter ac kabin sama dng ipah punya, murmerrr.. Saya setiap 3 bulan sekali ganti.
Cons :
- mulai ada rattling di interior.
- kalau gas dibejek rpm tinggi dan rada lama, bau sangit.
- keyless nya di bbrp spot suka error. Gampang solusi nya, kalau mau buka/tutup pintu di area yg susah sinyal nya, tempelin aja kunci di kaca belakang kanan. Hampir selalu bisa.
- kunci suka tidak mau detect pd saat mau starter mesin, gampang. Tempelkan di start/stop button nya n tunggu sampai lampu hijan kecil nyala. Beres.
- lampu HID asli kurang terang, ganti dengan merk D*, headlamp dan foglamp. Terang banget jadinya.
- cari oli maticnya rada susah, walaupun di beres toyota. Pakai type CVTF-TC. Sy flush di km 45rb (umur mobil 5 tahun). Mantap hasilnya. Tarikan beda, lbh responsif.
- shock breaker asli di km 37rb (umur 4 tahun) sudah terasa mulai lemah, ganti saja dan mobil enak lagi. Pakai merk kayaba.
- utk unit saya, pintu bagasi dan kursi tdk electric. Pakai tenaga otot / voice command (suruh supir... Hehehehe)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Cons, semua alphard gen 2, steering rack pasti bunyi kletek2, itu normal karena gak di design utk jalanan indonesia. Bisa diganti part nya (kata mekanik saya) tapi paling 6 bulan gitu lagi. Gak diganti juga gak ada efek2 yg lain, cuma bunyi2 doank kalo lewat jalan gak rata.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Numpang tny gan,pajak nya brp ya?worth it kah kalo ambil yg thn 2009/10?trus yg dicek apa aja? Makasihmajuterus wrote:Kebetulan sy ada pakai unit thn 2010 tipe S Audioless, dan mayoritas nyetir sendiri.
Pro :
- cukup irit dan perawatan minim, toyota rules.
- ga pernah manja minta ke beres, selalu di bengkel umum kepercayaan.
- bantingan lumayan ok juga.
- tenaga ya not bad lah utk mobil sebongsor ini. Punya saya ditambahkan throttle control buat nipu kaki.
- nyetirnya ga berasa bawa mobil gede. Apa udh kebiasa yah?
- pernah sy coba pentokin speedo meter di 180, dan ternyata masih jauh lbh stabil dr ipah loh di speed ini. (Kondisi sama2 kaki std, sy kebetulan ada ipah juga)
- filter ac kabin sama dng ipah punya, murmerrr.. Saya setiap 3 bulan sekali ganti.
Cons :
- mulai ada rattling di interior.
- kalau gas dibejek rpm tinggi dan rada lama, bau sangit.
- keyless nya di bbrp spot suka error. Gampang solusi nya, kalau mau buka/tutup pintu di area yg susah sinyal nya, tempelin aja kunci di kaca belakang kanan. Hampir selalu bisa.
- kunci suka tidak mau detect pd saat mau starter mesin, gampang. Tempelkan di start/stop button nya n tunggu sampai lampu hijan kecil nyala. Beres.
- lampu HID asli kurang terang, ganti dengan merk D*, headlamp dan foglamp. Terang banget jadinya.
- cari oli maticnya rada susah, walaupun di beres toyota. Pakai type CVTF-TC. Sy flush di km 45rb (umur mobil 5 tahun). Mantap hasilnya. Tarikan beda, lbh responsif.
- shock breaker asli di km 37rb (umur 4 tahun) sudah terasa mulai lemah, ganti saja dan mobil enak lagi. Pakai merk kayaba.
- utk unit saya, pintu bagasi dan kursi tdk electric. Pakai tenaga otot / voice command (suruh supir... Hehehehe)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1091
- Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
- Location: JakartaBarat
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
tipe s yg full audio dijual gk sih di indonesia? kok gk prnh liat ya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Thu Feb 04, 2016 14:53
- Location: DKI Jakarta
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Pajak mobil sy, plat B DKI, tdk kena progresif, unit thn 2010 tipe S Ausioless 12,2jtan per tahun (baru perpanjang feb kmrn, naik yah pajak nya).ipat wrote:Numpang tny gan,pajak nya brp ya?worth it kah kalo ambil yg thn 2009/10?trus yg dicek apa aja? Makasihmajuterus wrote:Kebetulan sy ada pakai unit thn 2010 tipe S Audioless, dan mayoritas nyetir sendiri.
Pro :
- cukup irit dan perawatan minim, toyota rules.
- ga pernah manja minta ke beres, selalu di bengkel umum kepercayaan.
- bantingan lumayan ok juga.
- tenaga ya not bad lah utk mobil sebongsor ini. Punya saya ditambahkan throttle control buat nipu kaki.
- nyetirnya ga berasa bawa mobil gede. Apa udh kebiasa yah?
- pernah sy coba pentokin speedo meter di 180, dan ternyata masih jauh lbh stabil dr ipah loh di speed ini. (Kondisi sama2 kaki std, sy kebetulan ada ipah juga)
- filter ac kabin sama dng ipah punya, murmerrr.. Saya setiap 3 bulan sekali ganti.
Cons :
- mulai ada rattling di interior.
- kalau gas dibejek rpm tinggi dan rada lama, bau sangit.
- keyless nya di bbrp spot suka error. Gampang solusi nya, kalau mau buka/tutup pintu di area yg susah sinyal nya, tempelin aja kunci di kaca belakang kanan. Hampir selalu bisa.
- kunci suka tidak mau detect pd saat mau starter mesin, gampang. Tempelkan di start/stop button nya n tunggu sampai lampu hijan kecil nyala. Beres.
- lampu HID asli kurang terang, ganti dengan merk D*, headlamp dan foglamp. Terang banget jadinya.
- cari oli maticnya rada susah, walaupun di beres toyota. Pakai type CVTF-TC. Sy flush di km 45rb (umur mobil 5 tahun). Mantap hasilnya. Tarikan beda, lbh responsif.
- shock breaker asli di km 37rb (umur 4 tahun) sudah terasa mulai lemah, ganti saja dan mobil enak lagi. Pakai merk kayaba.
- utk unit saya, pintu bagasi dan kursi tdk electric. Pakai tenaga otot / voice command (suruh supir... Hehehehe)
Worthed atau tdk nya menurut saya kembali lagi ke om. Kalau mobil saya kebetulan hampir 3/4 hari dlm 1 minggu pasti keluar dan saya setir sendiri kebanyakan dan merasa enjoy2 aja.
Point yg di cek pasti interior dulu, krn yang langsung kelihatan sama kita setiap kali naik mobilnya. Cek kondisi karet penutup rel kursi captain seat nya, punya saya sdh kurang enak di lihat. Electric door, sunroof. Lalu test jalan, apk ada bunyi2 dr interior? Punya sy sdh mulai bunyi sedikit dan cukup mengganggu buat sy. Penyakitnya dari meja lipat diantara capt seat nya.
Lalu next coba test jalan, penyakit di EPS nya. Teman2 sy banyak yg kena (supir sering bawa, jorok bawanya mungkin). Kalau sy punya sampai saat ini km 48 rb sih so far ok aja masih mantap.
And then cek dia punya transmisi matic, apakah ada yg aneh? Trus kl udh ambil jangan lupa di flush aja. Dan pastikan oli maticnya pakai jenis CVTF-TC original Toyota. Kalau mau flush / ganti di BERES, hati2 dan perhatikan baik2, jangan mau dimasukin oli ATF T4! Saya pernah adu bacot dengan SA salah satu Beres Toyota di Jkt Barat krn Alphard sy mau dikasih pake oli ATF T4.
Kaki2 sih harusnya aman yah, shock saya sdh ganti di 37an rb KM, pake merk Kayaba dan mobil enak lagi. Sedikit lebih keras dari std nya, tapi saya malah suka krn mobil jadi tdk terlalu ngayun dan handling nya bertambah baik. Utk parts kaki2 diluar shock belum pernah ganti.
Lalu yg terakhir, mobil saya penyakin bawaan orok itu kalau di gas rpm rada tinggi dan lama, itu bah sangit. Ga bisa hilang2 dr dulu. Bbrp unit 2010 teman saya juga begitu. Alphard 2012 sy tdk ada bau sama sekali walaupun di geber sampai maksimum juga.
Thanks.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Fri Mar 14, 2008 11:29
- Location: Medan, Indonesia.
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Mau nanya nih..
Kalo unit alphard tanpa power back door thn 2010 bisa gak ya kalo mau dipasang dan kisaran harga brp? Tapi pintu blkg nya uda bisa vacuum.
Kalo unit alphard tanpa power back door thn 2010 bisa gak ya kalo mau dipasang dan kisaran harga brp? Tapi pintu blkg nya uda bisa vacuum.
Wilz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2556
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Pengalaman punya vellfire emang susah bgt keyless entry dan remote nya juga susah dipake, terlebih di parkiran padat macem parkiran bandara. Mbl baru seminggu udah susah, harrier juga gt
Biasanya itu remote fungsi kl dipencet deket kaca samping belakang kanan apa kiri sy lupa
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Fri Mar 14, 2008 11:29
- Location: Medan, Indonesia.
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Kalo pintu bagasi alphard 2010 yg uda vacuum door, bisa gak ya sekalian pasang power back door?
Wilz
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: March HR15
Re: Ask: toyota alphard gen 2 (2009)
Ini yg kejadian susah seperti ini di mobil IU atau atpm juga ya om?farizfsa wrote: ↑Sat May 20, 2017 18:52Pengalaman punya vellfire emang susah bgt keyless entry dan remote nya juga susah dipake, terlebih di parkiran padat macem parkiran bandara. Mbl baru seminggu udah susah, harrier juga gt
Biasanya itu remote fungsi kl dipencet deket kaca samping belakang kanan apa kiri sy lupa
Mungkin yg IU susah karena frekuensinya egk disesuaiin sama jaringan lain di indonesia. Jadi sering terganggu komunikasi key fob sama komputer di mobil. CMIIW.
Yg punya alphard versi atpm susah juga kah?