Nissan Serena C25 !!!

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
liongkiky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19

Post by liongkiky »

Kayanya nih mobil bakal lebih laris dari pendahulunya C24 yang sudah lama designnya kalo gak salah beda 1 abad , abad 20, sekarang kan abad 21.
Anda bisa bayangkan apa yang bisa insinyur nissan lakukan dalam 1 abad itu. :)
Nissan Indonesia adalah salah satu penjual mobil penipu keluarin mobil yang designnya sudah ketinggalan 1 abad. Sebenarnya sih banyak ATPM indonesia yang menipu konsumen indonesia dengan design2 yg lama, misal soluna, carry, every, katana (Sampe skr di jualkan???? Katana itu jaman gw masih SD sampe dah skr dah punya anak lagi masih ada aja, kasus hahahaha) dll. Dan lucunya orang Indonesia dengan mudah ketipu. Kaya di jadikan tampungan model-model lama gitu loh.

Aduhhhh sedihnya hatiku :P
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Mr. Conan, pernah dengar Dr. Jykell and Mr. Hyde ? Mungkin saya seperti gitu lah ! Paginya jadi bapak baik, kerja cari nafka. Eh sudah malam, jadi setan yang liar ! He he !

Bukan saya mau belain NMI atau apa. Tapi coba guys, cool sedikit. Seharusnya saya lebih marah dari U guys. Iya kan ? I am a c24 owner. U guys kan belum ? except the few c24 owners in this forum.

My feeling is, lets think fairly. Misalnya anda adalah Pak Bambang Ramiadji, pemegang franchise McDonald di Indonesia. Besok mau keluarin pahe soto ayam. Do U think U can just do that TANPA persetujuan McDonals America pusat ?

So, it is clear that Nissan Motor Indonesia ngak sekuat powernya as some of U guys think. NMI is just a SUBSIDIARY of Nissan Motor Japan.

Lihat si Hasegawa. Di sini pangkatnya keren. President Director. Eh balik ke Jepang kok belum ada gelar Director malah seolah turun jadi " Manager-planning, general overseas market". Something like that.

Dulu saya kerja di Singapura juga gitu. Lihat orang di subsidiary di Indonesia pangkat Director, eh ternyata pangkatnya kalah ama seorang di head office di Singapura yang titlenya cuman Manager. So that Singapore Manager holds a lot more power than the Director di subsidiary di Indonesia.

So any Nissan activities di Indonesia, mana mungkin Nissan Jepang tidak tau, tidak peduli, tidak control, tidak give the FINAL approval ?

My best thought abt this c24/c25 sekarang MUNGKIN begini:

Like Mr. Conan used to say, perhaps there is many c24 inventories left. So di lempar ke Indo. Well, this is kind of insulting, tapi jika anda adalah Nissan Jepang, what do U do ? Lempar stock nilai masih tinggi itu ke laut Pacific ? Ngak kan ? Di jadiin scrap metal ? Sayang juga. Nilainya cuman berapa. Jual ke Amrik/ Eropa ?

Salah satu cara ya ke SEA. My best prediction is yaitu, nanti c25 akan tiba di Indo tahun 2008. 4 tahun masih agak wajar meskipun masih singkat. Nanti c26 keluar di tahun 2011-2012, Indo bisa ikut. On par. My convergence idea, lihat post saya earlier.

I mean U guys ada berapa yang businessman juga kan. Ada inventory ngak mungkin asal di buang saja. Pasti di jual dong.

Well, jika nanti c25 muncul di 2008, its late again, tapi mulai converge. If the c26 muncul di sini sama dengan Jepang, ya boleh bilang Nissan bertobatlah !

This is likely to happen. Soalnya lihat model lain seperti X-Trail, Teana, nanti Tiida, yang belum lama keluar langsung datang ke Indo.

Well, nanti Jakarta Motor Show jika Tiida muncul, we can safely assume that in the future, this c24/c25 thing is less likely to happen again. Toh c24 itu ada excess inventory soalnya dia juga sebagian bekas pre-Ghosn era, saat Nissan hancur, ngak ada orang mau beli mobilnya.

Jaman sekarang, most Nissan models lumayan laku around the World. So I think ngak banyak model kurang laku yang numpuk di gudang, to dump to SEA again. Hopefully.

Actually, masalah inventory excess juga saya agak binggung. Kok bisa ? I thought jaman sekarang most Japanese automakers kan pakai system " Just in Time ". Di bikin sesuai permintaan. Ngak ada macam numpuk stock bahan baku.

Dan Mr. Liongkiky, sebenernya bukan tertipu kita. But cuman ada 2 alasan. Satu ngak ada pilihan. Di tawarin barang gitu mau gimana ? Mau yang paling up to date harus beli CBU yang mahal. So most Indonesians mau irit, no choice but to buy old but CHEAP models. Asal 4 rodanya jalan, ya wuis lah !

Seperti Unilever Indonesia yang keluarkan packaging shampoo yang cuma 50 atau 100 ml ! Mini and cute. And very cheap ! Tapi kalau mini botol ini di jual di negara maju, di ketawain langsung ! Hey ! Saya sekali keramas habis itu seluruh botol ! Are U nuts !
Joe_Black
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Thu Mar 24, 2005 9:19

Post by Joe_Black »

Dan Mr. Liongkiky, sebenernya bukan tertipu kita. But cuman ada 2 alasan. Satu ngak ada pilihan. Di tawarin barang gitu mau gimana ? Mau yang paling up to date harus beli CBU yang mahal. So most Indonesians mau irit, no choice but to buy old but CHEAP models. Asal 4 rodanya jalan, ya wuis lah !
Kondisi yang dibilang bung Szli ini sama dgn kondisi saya saat membeli C-24. Mau beli Alphard apalagi Carravelle nggak sanggup sih.. :cry:

C-24 buat saya paling pas saat itu.. pas secara fungsi dan budget..

Mau beli mobil Korea (Trajet, Sedona).. imagenya udah nggak bagus akibat pengalaman dengan KIA Carnival sepupu saya.

Kijang Innova nggak ada airbagnya, belakangnya sempit dan antrinya itu loh... nggak tega ngeluarin 7 jt ... yang versi 2.7nya belakangnya juga sempit, why not C-24 ?

Honda Stream : nggak kuat ngeringkuk di belakangnya.. :(
walau handling dan triptroniknya cukup menggoda...

C-24 :
- Captain seat : anak gue bisa langsung ngeloyor ke baris 3 tanpa harus lipat kursi.
- Ada TV/DVD/VCD/MP3
- Suspensinya OK (AutoBild) atau vs. kijang LGX saya
- Pintu otomatis, bisa pake remote : kalo kudu cepet masuk ke mobil saat panas.
- Head-room dan leg-roomnya luas
- Pengaturan kursinya asyik banget..mumpung baby gue nggak mabok walau duduknya hadap belakang...
- Mesin 147 PS
- Bengkel dekat rumah.. :lol:

sementara Kijang LGX 1.8 EFI 2001 saya (km 80,000 +)harus cepat di jual sebelum turun harga jika dijual thn 2005 dan mulai rewel sana-sini

Untuk saya yang budgetnya pas2an ya nggak bisa toh nungguin C-25 .. :wink:

Jadi utk kasus saya C-24 ada pada saat yang tepat, di tempat yang tepat dgn harga yang cocok.. :lol:
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

szli wrote:Misalnya anda adalah Pak Bambang Ramiadji, pemegang franchise McDonald di Indonesia. Besok mau keluarin pahe soto ayam. Do U think U can just do that TANPA persetujuan McDonals America pusat ?
Another irrelevant analogy, Mr. Szli.

Lagipula, pada kasus C24/C25 yang terjadi justru kebalikannya. NMI tidak bisa membuat resep (=model mobil) sendiri, mereka hanya bisa memilih dari model2 yang dibuat pusat. Masalahnya, ketika mereka memilih C24, apakah orang2 NMI ini 'tutup mata' terhadap fakta/kenyataan, bahwa C24 ini sudah ada sejak 1999 dan akan diganti dengan C25 pada April 2005 ini?

Dan jangan katakan mereka 'mungkin' tidak tahu tentang C25, ini tidak mungkin. Memangnya C24 itu model abadi? Lagipula, tidak seperti kita, NMI tentu bisa mendapat insider info dari NMC tentang kapan siapnya C25. Karena proses men-design C25 tidak berlangsung hanya dalam sehari, tapi tentu minimal 1-2 tahun sebelum peluncurannya. Jadi, C25 sudah dalam proses design, ketika NMI meluncurkan C24 di Indonesia!

Apalagi pada tahun 2002 saja sudah mid-life facelift, berarti sudah jelas lifespan-nya sudah lewat setengah. Meluncurkan C24 pada pertengahan tahun 2004, dengan mengetahui bahwa C25 sebentar lagi akan diluncurkan, apa ini bisa disebut sebagai keputusan yang baik dan bersifat jangka panjang? Atau keputusan terburu2 untuk menghabiskan stok C24 dan mendapat cash dengan cepat?

Karena tidak mungkin stok parts C24 sekarang cukup untuk penjualan selama 2 tahun ke depan, seperti dikemukakan sendiri oleh bung Szli :
szli wrote:Actually, masalah inventory excess juga saya agak binggung. Kok bisa ? I thought jaman sekarang most Japanese automakers kan pakai system " Just in Time ". Di bikin sesuai permintaan. Ngak ada macam numpuk stock bahan baku.
Jadi, keputusan menjual C24 di Indo adalah keputusan yang disengaja, memang bertujuan demikian, dan secara prinsip berlawanan dengan keputusan2 NMI yang lain, yang segera memasukkan model2 terbaru Nissan ke Indo, seperti Teana dan the upcoming Latio.

Nah, bung Szli especially, mengapa mereka melakukan hal ini hanya pada C24?

Karena sebagai contoh, NMI tidak memasukkan Nissan Sunny sedan sejak tahun lalu ke Indo (padahal Sunny ini sangat laris di Singapore), karena sejak tahun lalu pun mereka sudah TAHU akan keberadaan Latio sedan, yang diposisikan untuk menggantikan Sunny!

Mereka memutuskan untuk tidak 'menghabiskan stok' Sunny di Indo selama 2-3 tahun ke depan, tapi memutuskan untuk memberikan kita Latio yang bahkan masih fresh di Jepang sana!

Jadi, sekali lagi pertanyaanku, why the different treatment to Serena?

Why? :e-naughty:
conan wrote:Like Mr. Conan used to say, perhaps there is many c24 inventories left. So di lempar ke Indo. Well, this is kind of insulting, tapi jika anda adalah Nissan Jepang, what do U do ? Lempar stock nilai masih tinggi itu ke laut Pacific ? Ngak kan ? Di jadiin scrap metal ? Sayang juga.

Salah satu cara ya ke SEA
SEA = ASEAN ??

Mungkin kita konsumen Asean dianggap laut untuk membuang barang?? :mrgreen: :mrgreen:
szli wrote:If the c26 muncul di sini sama dengan Jepang, ya boleh bilang Nissan bertobatlah !

This is likely to happen. Soalnya lihat model lain seperti X-Trail, Teana, nanti Tiida, yang belum lama keluar langsung datang ke Indo.
Again, why the different treatment to Serena? Apakah Serena itu model yang begitu tidak pentingnya di bawah X-Trail/Teana/Tiida? Sehingga Nissan tidak merasa pentingnya menjaga image Serena di Asean? :)
szli wrote:My best prediction is yaitu, nanti c25 akan tiba di Indo tahun 2008. 4 tahun masih agak wajar meskipun masih singkat. Nanti c26 keluar di tahun 2011-2012,
C26 akan keluar di tahun 2010, bung Szli, karena produsen2 mobil Jepang sekarang memiliki standar lifespan 5 tahun. C25 tertunda hanya karena Nissan waktu itu hampir bangkrut. Bahkan Toyota/Honda akan segera menerapkan lifespan 4 tahun untuk model2nya (seperti dulu lagi), karena tidak mau pasar mereka direbut Hyundai/Kia yang mulai agresif mengganti model2nya setiap 4 tahun. Karena statistik penjualan Toyota/Honda membuktikan, penjualan pada tahun ke-5 selalu jeblok.

Dan aku yakin C25 akan muncul di Indo sekitar awal atau pertengahan tahun depan, tidak mungkin tahun 2007. Darimana mereka mendapat begitu banyak barang untuk dijual sampai 2007, jika pabrik Serena di Jepang sudah tidak lagi membuat parts C24 sejak bulan ini?? Apa yang mau dijual? Angin? Invisible! Err, impossible. :mrgreen:

Bahkan jika C24 laris, persediaan stok akan lebih cepat habis dan C25 akan lebih cepat lagi keluar! Masuk akal? :)

Apa Nissan tidak mengambil pelajaran dari Honda dulu dengan old CRV/new CRV? Honda pun tidak bisa terus menjual old CRV selama 1-2 tahun setelah pabrik Honda di Jepang sudah membuat new CRV. Dan C24 juga bukannya tidak laku di Jepang, karena seperti pernah ditunjukkan juga oleh Mr. Szli, C24 masih kadang2 masuk top 10 penjualan mobil di Jepang, bahkan pada tahun terakhirnya (2004).

So, again, why the C24/C25? :e-naughty:
Last edited by conan on Mon May 02, 2005 5:35, edited 1 time in total.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

liongkiky wrote:Kayanya nih mobil bakal lebih laris dari pendahulunya C24 yang sudah lama designnya kalo gak salah beda 1 abad , abad 20, sekarang kan abad 21.
Anda bisa bayangkan apa yang bisa insinyur nissan lakukan dalam 1 abad itu. :)
Hear, hear :mrgreen: :mrgreen:
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Joe_Black wrote:Kondisi yang dibilang bung Szli ini sama dgn kondisi saya saat membeli C-24. Mau beli Alphard apalagi Carravelle nggak sanggup sih..

C-24 buat saya paling pas saat itu.. pas secara fungsi dan budget..
Tapi, Mr. Death, seandainya dulu C24 tidak diluncurkan, bukankah tahun ini Anda akan bisa membeli sebuah C25 dengan harga setara? :e-dance:
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Joe-Black,

Akhirnya ada orang, apalagi fellow c24 owner yang appreciate c24 dan saya baca post anda sangat terharu, sampai sedikit batuk, ada sedikit air mata tertetes !

Saya sudah bilang, jangan takut ama c25. First, dia baru lahir, entah kapan masuk ke Indo. Beli lewat importir umum juga bad value. Kan mahal, bisa 350 juta mungkin.

Feeling anda tentang c24 mirip banget ama saya. Once again, meskipun c24 sudah previous generation, tapi BANDING ama minivan / MPV CKD yang di Indonesia lain, she is NOT BAD !

Tunggu berapa tahun lagi untuk MR20DE, OK lah ! Toh QR20DE yang sekarang sudah lebih dari cukup. Iya gak ? 0-100km/jam sekitar 11 detik. Bensin umum, sekitar 1:6.5-8. Ngak hebat, tapi ngak payah juga. Pakai Premium bisa. So its as good as anyone else. Even as good as Innova's so called newest VVT-i engine.

Space, lega better than si Carnival yang bongsor. Beli Alphard / Caravelle ? Jangan dulu deh ! Harga segitu tinggi man !

Don't worry bung Joe-Black. Ngomong anda sudah pakai berapa lama ? My c24 sudah sekitar 8 bulan. Makin lama pakai makin appreciate ! Really no complaints abt this car. Masuk gang yang agak sempit juga bisa. Misalnya gang gang sempit sekitar Pekojan, Pejagalan, situ yang semrawut. Muat sajah tuh. Thats why c25 juga 1695 mm. I said it again, for Jakarta, lebar 1695 mm is damn near ideal !

Pokoknya meskipun c25 masuk besok, saya jamin c24 owners ngak bakal benci ama mobil dia dan mau jual cepat. Its still very good to use !

Yr situation mirip ama saya, saat ngerti tentang spec c24, dia langsung jadi kandidate tunggal dalam pemilu mobil keluarga di hati saya. Nobody else is suitable for my needs ! Timing tepat, harga juga banding fasilitas yang di sajikan ngak gila banget. Bengkel Nissan juga dekat rumah saya !

Dan yang bosan ama kapsul, jual saja. The last time saya ke rumah ayah, iseng, coba duduk lagi di kapsul. Baris 1-3. Eh ! Kaget. Dulu kapsul kesan lega, sekarang kok jadi sempit yah ! Bukan saya gimana. bung Joe, anda milik kapsul, langsung rasain bedanya jauh banget kan ? Soalnya kapsul kap mesinnya jauh lebih panjang. Dan chassis rear sectionnya agak naik. Thats why the 3rd row jadi sempit.

I sound norak, but saya senang dengar saksi c24 owner yang ternyata ada yang ngerti c24nya sedalam saya.

Mau tau c24 harganya akan hancur atau tidak ? Lets find a clue. Demand side saya tidak tau. Tapi dari supply side, coba tanya any c24 owner. Ada tidak yang mau jual c24nya habis setahun turun say 20%. Pasti jawabnya NO WAY ! Max. 10% depresiasi gue baru rela lepas ! More than that, dream on !

If majority c24 owners TIDAK mau jual mobilnya lebih dari 10-15% turun harga setahun, sudah pasti resale valuenya bagus. Iya dong. Yang mau nawar ala Carnival 20-25% drop setahun, ngak akan dapat barang ! Kecuali mungkin bekas tabrakan.

Bung Joe-black, siapa tau c25 tidak ada versi kaptain seatnya. If so, mobil kita not bad dong ! Bench seat meskipun bisa 3 orang, tapi yang belum rasain feeling duduk kaptain seat, tidak akan ngerti ke indahan kursi macam ini. Why do U think most Alphard buyers beli versi 7 seater and not the 8 seater ?
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Gue rasa C24 diluncurkan untuk mencuri start dlm persaingan MPV th 2004, utamanya Innova. C24 kan sengaja diluncurkan sebelum innova dikeluarkan TAM th lalu. NMI mungkin tau, C24 bakal susah bersaing dgn innova scr langsung. Kalo nunggu c25 keluar, entah kapan NMI bisa dapat kebagian "kue" penjualan MPV. Bukan gak mungkin penjualannya gak sebagus c24, krn org2 udah pada beli/indent innova.
Nah kalo diluncurkan sblm innova, paling nggak org2 yg kebelet pengen ganti MPV punya kesempatan melirik model lain. Dan itu terbukti penjualan c24 (sebelum innova dikeluarkan) lumayan laris dibanding penjualannya skrg.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Ada-ada saja, bung Szli. Justru pada C25, jok baris kedua bisa menjadi either sepasang captain seats, bahkan dengan sebuah meja kecil di tengah, atau bisa juga menjadi bench untuk 3 orang. Seperti Elgrand.

Tidak sanggup beli Elgrand, bisa beli C25.

Apakah C24 Anda bisa memuat 3 orang dengan nyaman pada baris kedua, atau total 8 orang dengan nyaman? Inilah salah satu keunggulan C25 sebagai produk freshlier designed.

:)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Mr. Conan,

Abt this c24 thing, I really have no clue. Now U said this c25 car will pop up next year.

OK. Then kali ini saya adu yr anticipation ama the info I got from NMI. Lets see if U are right again.

But anda jangan always pikir, just because c25 keluar, the c24 nanti tidak bisa di bikin lagi.

Lets say Nissan have their own reasons (we will never know) for wanting to offer the c24 longer in Indo dan Malaysia, plus the QRV in Taiwan.

Bisa saja tetap suruh pabriknya continue production asal blue printnya ngak di buang. Mesin QR20DE juga belum akan punah ! Masih banyak model Nissan lain pakai QR20DE ini.

Maybe once more magazines report this c25 thing, NMI will have something to reply and give clues abt this c24/c25 issue.

I am not about to extend this debate. My feeling is, tahun 2006 will be the year of the AUV. A big project and hope for Nissan in Indonesia. The fate of the c25 here will come after this AUV guy. Lets see..
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Herry, Yr guess makes some sense ! Kenapa saya ngak kepikiran yah !

I always binggung ama ATPM yang tutup mulut tentang model baru yang akan keluar.

Kalau saya, jauh hari sudah bocorin dulu. Supaya orang suka dan excited. Dan tidak terlanjur inden dulu model lain.

Kalau orang sudah keluar seperti Innova, 15 juta untuk inden, lihat model baru yang lebih suka juga belum tentu pindah. 15 juta kan lumayan ! Masa di buang saja ?

So betul, bisa saja c24's job is to get a pie of the MPV market, dari pada makin banyak orang terlanjur lari ke merek lain dulu.

But thats not the full story. Pasti ada reason lain juga, which saya masih ngak kepikir why ?
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Herry, Yr guess makes some sense ! Kenapa saya ngak kepikiran yah !

I always binggung ama ATPM yang tutup mulut tentang model baru yang akan keluar.

Kalau saya, jauh hari sudah bocorin dulu. Supaya orang suka dan excited. Dan tidak terlanjur inden dulu model lain.

Kalau orang sudah keluar seperti Innova, 15 juta untuk inden, lihat model baru yang lebih suka juga belum tentu pindah. 15 juta kan lumayan ! Masa di buang saja ?

So betul, bisa saja c24's job is to get a pie of the MPV market, dari pada makin banyak orang terlanjur lari ke merek lain dulu. Istilah blokir sebagian jalan dulu.

In fact, I once suggest NMI launch the c24 2 months earlier, soalnya I told them, if the c24 lahir bersamaan ama the New Kijang, susah nanti. Kijang kan teriaknya keras. Harus curi start dulu. Maybe they listened to me ?

But thats not the full story. Pasti ada reason lain juga, which saya masih ngak kepikir why ?
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Quoted from the discussion on the Fortuner's thread :
Observer wrote:Mr. Villanova, could u sniff out the price (and spek) of Yaris??
Villanova_7th wrote:Nope. Not the detail though
one thing for sure, that they already planning oon bringing yaris to indonesia since the end of 2004. the reason why the wait till 2006 is because they do not wanna make mistake like Serena and Crv though. 1 or 2 years life cycle wouldnt do any good. so instead they wait for the latest one instead.
Ah! Toyota know what they're doing.
A 1-or-2 year lifespan for a model, any model, will do them more damage than do them benefit! :)
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Yeah! Good job - Conan!
ken771
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Tue Jul 22, 2008 2:30

New Nissan Serena

Post by ken771 »

Teman2x ada Info tidak kapan New Serena akan di launch ATPM?
Kenapa ATPM sampai sekarang belum ada kabarnya, padahal model ini sudah keluar cukup lama.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Re: New Nissan Serena

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Taon kemaren gw dibilangin sales nisan PIKnya taon ini (2008), ternyata infonya ga accurate. Taon ini sewaktu peluncuran X-Trail, gw tanya lg ke salesnya, lg lg katanya taon depan (2009), ga tau bener ato ga nih, jawabannya cm 'TAON DEPAN' melulu, kayaknya salesnya sendiri jg ga punya clue.
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: New Nissan Serena

Post by abrof »

Ini mobil di sononya sdh ada sejak 2004, di sini belum nongol, nunggu cetakan bekasnya yg dari jepang......payah nissan indonesia
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: New Nissan Serena

Post by andy1800 »

beberapa thread sudah membahas ttg C25 tersebut, .... dan sang master Nissan, i.e. Sithlord/slzi, sudah barang tentu seringkali membicarakannya.
bahkan sejak th 2005
silakan bro-bro membantu kreatifitas men-searchnya.



salah satu bahasan ttg nya ada di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 333#p81333 <<< menyelip2 di: Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 339#p34339 <<< (All New) Honda Stepwagon or Nissan Serena?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 86#p196686 <<< Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?
dll
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: New Nissan Serena

Post by nescafe »

kalau ingin cepat yah lewat IU.. tp.. :(
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
Radiohead
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Thu May 01, 2008 13:50

Re: New Nissan Serena

Post by Radiohead »

Yg jelas ngak tahun ini...mungkin tahun depan kali
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Nissan Serena C25 !!!

Post by andy1800 »

berikut jg adalah thread ttg C25 lagi:

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=8&t=3264 <<<< More info & photos of Serena C25
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=300 <<<< Nissan 'New' Serena : Old or new?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &sk=t&sd=a <<<< ini jg mash ada hubungnannya
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 171#p84171 <<<< demikian jg dg yg ini

masih kurang?....oh, jangan kawatir, pasti masih ada lagi "di dalam sana"
silakan
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Nissan Serena C25 !!!

Post by edward »

Diskusi2 panjang dan mengasyikkan antara dua sejoli yg udah lama bgt 'musuhan'....

'musuhan' dalam arti positif loh...................... :2gunfire: :ngacir:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016