Sharing tentang Suzuki Ertiga

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
BradPitt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 24 Feb 2014, 22:12

Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by BradPitt »

Halo semua, saya newbie di forum ini ingin sharing tentang Suzuki Ertiga GL M/T yang saya baru ambil Desember 2013 lalu. Sebelum saya memutuskan membeli Ertiga GL ini saya ada pilihan lain ke Daihatsu Xenia R 1300cc, dan Honda Mobilio E. Toyota Avanza tidak saya pilih karena saya sudah ada Toyota Avanza G thn 2011. Chevrolet Spin dan Nissan Livina tdk masuk dalam list saya krn faktor merknya tdk pernah kena di hati saya dari dulu hehe. Saya membeli transmisi manual krn memang tdk tertarik dgn matic, tdk pernah saya membeli mobil matic. Biarpun macet di Jakarta tp saya tetap enjoy dgn manual, scr bbm jg lbh irit.

Daihatsu Xenia tidak saya pilih krn punya kesamaan bentuk dsb dengan Toyota Avanza. Honda Mobilio E harganya cukup jauh dari budget saya malah tak ada diskon dan inden pula sampai maret-april. Saya dpt diskon di suzuki sampai 12 juta + bbrp aksesoris eksterior. Di total2 harga Ertiga yg saya ambil jadi beda 27 jutaan dgn mobilio E.

1. Yang pertama saya lihat dari bentuknya Ertiga not bad lah. Gak malu2in lah klo masuk ke hotel bintang 4/5. Hanya bannya yang menurut saya agak kekecilan tingginya yaitu 65. Kalau dipakai ukuran 70 mungkin lbh kerenan tapi nanti saja klo sudah < 40% ketebalannya. Spion jg ada sennya, cukup membantu penglihatan buat mobil/motor dari arah berlawanan.

2. Fitur di tipe GL yg berbeda dari GX adlh tdk ada ABS, EBD & Airbag. Di bagian setir GL jg tdk ada tombol utk control sound system. Di speedometer GL tdk ada penunjuk suhu luar spt di GX. Saya gak terlalu masalahin utk fitur2 itu. Immobilizer sdh ada di tipe GL ini. Cukup ok lah udh ada immo ini, Avanza sy malah blm ada.

3. Kursi supir dan penumpang depan, tengah dan belakang lumayan nyaman. Kursi supirnya cukup mengakomodasi badan saya yg agak lebar. Bagian punggung saya cukup nyaman dgn senderannya. Baris kedua bisa dimaju-mundurkan, baris ketiga walaupun gak terlalu besar tp tetap cukup ok utk mengakomodir org2 yg tingginya di 170 cm an. Visibility bagian supir cukup ok dgn kondisi tinggi badan saya yg 175cm

4. Luas bagian bagasi cukup ok lah dgn merebahkan kursi baris 3 walaupun hanya bisa 1/2. Memang tdk seluas avanza tapi krn saya hampir tdk pernah bawa barang yg sampai menuhin bagasi ya gak masalah juga. Repotnya cuma klo bawa brng2 yg bulat seperti galon atau tabung gas 12kg, bisa terguling atau klo tabung gasnya nekad diberdirikan bakalan miring dan bisa pecahin kaca klo terjungkang.

5. Dasbor Ertiga bagi saya cukup baik. Ada head unit double din, soundsytemnya cukup baik, saya pernah coba volumenya dibesarkan spekernya tdk pecah suaranya. Ada socket usb utk pasang lagu dari HP. Warna interiornya bagi saya cukup ok, kayak warna sampangne kali yaa. Bentuk2 & warna dashbornya mirip2 dengan honda accord VTI-L 2002 punya oom saya. Selaras dgn warna kursi2nya. Biat saya tdk kesan murahan lah jadinya.

6. Acnya cukup baik dinginnya (masih baru sih hehe) dan double blower menjangkau sampai baris ketiga.

7. Dari sisi kenyaman berkendara, bagi saya cukup nyaman, suspensinya cukup lembut, perpindahan giginya lumayan halus. Dengan berbekal 1400cc dan tarikan depan cukup lumayanlah lajunya. Jgn expect bakal kenceng ya dgn cc segitu. Suara mesin ketika berdiri di luar mobil jg tdk keras, sampai teman saya sempat nyangka mesin mobilnya gak hidup. Getaran mesinnya jg tdk berasa, peredamnya cukup baik.

8. Keiritan yg saya dpt sampai skr klo macet2an dlm kota sy dpt di angka 10.3 kpl dan kalau ke luar kota (paling jauh baru ke bandung dan malam jlnnya) sy pernah dpt di 13.8. Gak terlalu pol gasnya saya bawa. Kalau di geber saya yakin kurang dari segitu dpt keiritannya. Lebih irit dari Avanza dan E36 saya.

9. Komentar dari keluarga/teman2/relasi2 sy yg pernah ikut di Ertiga ini semuanya bilang nyaman dan cukup worthed dgn harga yg didapat.


Kekurangan yg saya rasakan:

1. Buat sy yg tingginya 175cm, tuas persenelingnya sedikit kejauhan dan agak pendek juga. Jadi sy mesti majuin bangkunya utk dpt menjangkau scr nyaman. Kalau yg tinggi bdnnya kurang dari segitu mungkin gak terlalu masalah.

2. Kalau udh kecepatan > 80km , kadang2 suka kayak ada sedikit suara angin dari luar masuk.

3. Kalau udh kecepatan > 80km juga saya suka ngerasa agak limbung dikit, klo menurut saya mungkin faktor ring atau bannya yg kekecilan.

4. Kalau abis mutar balik, setirnya gak bisa lgs mutar full balik ke arah lurus lagi, mesti dibantu dgn tangan kita utk meluruskannya. Agak berbeda dgn avanza saya atau e46 saya yg bisa lgs full balik ke arah lurus lagi setelah mutar balik. Mungkin krn faktor tarikan depan kali ya. Avanza dan e36 tarikan belakang.

5. Bagian atas lampu depan kadang2 suka berembun terutama klo abis keluar dari garasi rmh sy yg kurang kena cahaya matahari. Kenapa begini ya? apa semuanya mengalami hal yg sama? Berarti ada udara yg masuk. Mobil sy yg lain gak begitu.

6. Jamnya ada di bagian speedometer. Ini saya gak demen, mestinya dipasang di bagian tengah jadi penumpang jg bisa lihat.

Secara keseluruhan saya cukup puaslah dengan Ertiga GL ini, fitur2 yg ada cukup mumpuni dibanding kompetitor sekelas dan didpt dengan harga yg lbh murah. Tinggal kita lihat masalah keawetan sparepartnya terutama setelah KM 50ribuan atau setelah 3 thn kita lihat kualitas karet2nya. Saya kasih angka 7,5 dari 10.
Attachments
suzuki_ertiga_50_1362610288.jpg;r width=1000,height=667;w watermark=0;static p_s1sf_au_0;file c4b30c.jpg
suzuki_ertiga_50_1362610288.jpg;r width=1000,height=667;w watermark=0;static p_s1sf_au_0;file c4b30c.jpg (84.17 KiB) Viewed 10801 times
75f65180e82f3dde23db490054217c87_large.jpg
75f65180e82f3dde23db490054217c87_large.jpg (18.25 KiB) Viewed 10803 times
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: 17 Dec 2013, 22:06
Location: Bandung

Post by WongZo »

Kelemahan no. 4 yg puter balik itu karena EPS gan, karakter EPS yg minim feedback dibanding PS hidrolik heheheheh. :big_peace:
BradPitt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 24 Feb 2014, 22:12

Re:

Post by BradPitt »

WongZo wrote:Kelemahan no. 4 yg puter balik itu karena EPS gan, karakter EPS yg minim feedback dibanding PS hidrolik heheheheh. :big_peace:
oo gitu ya gan, baru tau saya hehehe
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by azu »

Selamat untuk mobil barunya om!

di rumah juga ada Ertiga GX MT 2012, agak nyesek juga liat sekarang diskonnya udah gede ditambah ngga indent.. GX MT DB setelah diskon malah lebih murah dibanding harga GX SB dulu :mrgreen:

mau nambahin utk yg kekurangannya:
1. tuas perseneling dan rem tangan memang terlalu bawah.. pas dulu TD pertama kali kerasa kagok, apalagi kalau biasa bawa innova yg tongkat persenelingnya besar dan panjang.. tapi utk perpindahan giginya cukup ringan
2. suara angin yg siulan itu hanya ada di kecepatan 80 sd 120 om.. solusinya: jalan kurang dr 80 kpj atau lebih dari 120 kpj sekalian :mrgreen:
3. wajar saja sih, tapi kalau saya mulai kerasa limbung yg ga nyaman diatas 140 kpj om.. mungkin dulu karena saya biasa bawa apv, jd peningkatannya jauh bgt :mrgreen:
4. kayanya sih karena ertiga sdh pakai EPS om..
5. memang seperti ini om, didiemin jg ilang sih sebenernya.. pengalaman dr temen2 di sebelah kalau mau klaim jg pasti diganti, cukup sertakan foto saat berembun nanti akan diproses klaim garansi.. tapi saya sendiri ga klaim, males :mrgreen:
6. kalau ini selera sih.. :mrgreen:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
BradPitt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 24 Feb 2014, 22:12

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by BradPitt »

azu wrote:Selamat untuk mobil barunya om!

di rumah juga ada Ertiga GX MT 2012, agak nyesek juga liat sekarang diskonnya udah gede ditambah ngga indent.. GX MT DB setelah diskon malah lebih murah dibanding harga GX SB dulu :mrgreen:

mau nambahin utk yg kekurangannya:
1. tuas perseneling dan rem tangan memang terlalu bawah.. pas dulu TD pertama kali kerasa kagok, apalagi kalau biasa bawa innova yg tongkat persenelingnya besar dan panjang.. tapi utk perpindahan giginya cukup ringan
2. suara angin yg siulan itu hanya ada di kecepatan 80 sd 120 om.. solusinya: jalan kurang dr 80 kpj atau lebih dari 120 kpj sekalian :mrgreen:
3. wajar saja sih, tapi kalau saya mulai kerasa limbung yg ga nyaman diatas 140 kpj om.. mungkin dulu karena saya biasa bawa apv, jd peningkatannya jauh bgt :mrgreen:
4. kayanya sih karena ertiga sdh pakai EPS om..
5. memang seperti ini om, didiemin jg ilang sih sebenernya.. pengalaman dr temen2 di sebelah kalau mau klaim jg pasti diganti, cukup sertakan foto saat berembun nanti akan diproses klaim garansi.. tapi saya sendiri ga klaim, males :mrgreen:
6. kalau ini selera sih.. :mrgreen:
ooo yg nomor 1-5 emang gitu ya, berarti emang kekurangan umum ertiga... utk no 5 klaim garansi maksudnya gmana? kalau lampunya diganti baru ya gpp, tp klo diservis doang dgn cara di lem super mah sama aja boong dong....
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by azu »

ya kira2 begitu om :D
utk no 5, klaim garansi diganti baru om :)

mungkin cocoknya dipindah nih mod, ke mpv section atau minibus :)

oiya mau nambahin yg harus diwaspadai.. masalah2 berikut tercover garansi, jadi klaim ke beres bakal diganti :)
1. steering rack rattle.. kalau lewat jalan tidak rata, dari kaki2 bawah setir akan terdengar getar yg cukup mengganggu.. penyakit suzuki yg sudah EPS.. saya sudah sekali klaim saat KM 20rb..

2. rear axle beam. setahu saya ini terdapat pada Gen 1 (single blower), gatau kalau gen 2 ada yg kena atau ngga.. kalau lewat polisi tidur atau gundukan, dari sekitar roda belakang terdengar bunyi "tek" yg cukup keras.. untungnya unit saya tdk mengalami, tp di forum sebelah cukup banyak yg mengalami dan diganti komponen yg bermasalahnya gratis..
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
BradPitt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 24 Feb 2014, 22:12

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by BradPitt »

azu wrote:ya kira2 begitu om :D
utk no 5, klaim garansi diganti baru om :)

mungkin cocoknya dipindah nih mod, ke mpv section atau minibus :)

oiya mau nambahin yg harus diwaspadai.. masalah2 berikut tercover garansi, jadi klaim ke beres bakal diganti :)
1. steering rack rattle.. kalau lewat jalan tidak rata, dari kaki2 bawah setir akan terdengar getar yg cukup mengganggu.. penyakit suzuki yg sudah EPS.. saya sudah sekali klaim saat KM 20rb..

2. rear axle beam. setahu saya ini terdapat pada Gen 1 (single blower), gatau kalau gen 2 ada yg kena atau ngga.. kalau lewat polisi tidur atau gundukan, dari sekitar roda belakang terdengar bunyi "tek" yg cukup keras.. untungnya unit saya tdk mengalami, tp di forum sebelah cukup banyak yg mengalami dan diganti komponen yg bermasalahnya gratis..
wah thank you banget nih informasinya ... saya mau klaim deh klo gitu utk lampunya ...

yg no. 1 , so far sy blm ngalamin ... no. 2 gak ada sih bunyi gitu sampai skr...
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 25 Nov 2013, 15:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by DDR »

Wah ada Ertiga user juga hehe... sama dengan bro Azu, mengenai headlamp ngembun, saya cuekin bro hehehe... soalnya di Xenia 2013 saya ngembun juga... terus di forum forum luar ternyata memang mobil sekarang banyak yang ngembun headlamp nya... selama nggak sampe menggenang air... tapi kalau bro nggak nyaman dengan banyak nya embun boleh coba di claim koq ke Suzuki...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: 26 Aug 2007, 10:43

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by artoodetoo »

azu wrote: mungkin cocoknya dipindah nih mod, ke mpv section atau minibus :)
Done! :big_peace:
Makasih perhatiannya
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
BradPitt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 24 Feb 2014, 22:12

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by BradPitt »

DDR wrote:Wah ada Ertiga user juga hehe... sama dengan bro Azu, mengenai headlamp ngembun, saya cuekin bro hehehe... soalnya di Xenia 2013 saya ngembun juga... terus di forum forum luar ternyata memang mobil sekarang banyak yang ngembun headlamp nya... selama nggak sampe menggenang air... tapi kalau bro nggak nyaman dengan banyak nya embun boleh coba di claim koq ke Suzuki...
oo gitu ya mslh embun... spy hrgnya gak mahal dipake kualitas bahannya yg mika/plastic... saya mau klaim ah, klo ganti lampu kan sebentar..
BradPitt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 24 Feb 2014, 22:12

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by BradPitt »

BradPitt wrote:
DDR wrote:Wah ada Ertiga user juga hehe... sama dengan bro Azu, mengenai headlamp ngembun, saya cuekin bro hehehe... soalnya di Xenia 2013 saya ngembun juga... terus di forum forum luar ternyata memang mobil sekarang banyak yang ngembun headlamp nya... selama nggak sampe menggenang air... tapi kalau bro nggak nyaman dengan banyak nya embun boleh coba di claim koq ke Suzuki...
oo gitu ya mslh embun... spy hrgnya gak mahal dipake kualitas bahannya yg mika/plastic... saya mau klaim ah, klo ganti lampu kan sebentar..
Saya sdh klaim ke suzuki, kangsung diganti kebetulan ada stocknya.. cepat prosesnya gak berbelit2.. udh ok pelayanan suzuki.. thanks atas infonya bro
amirbray
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 06 Mar 2014, 13:44

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by amirbray »

Satu hal yg ku tak suka, ini boil fwd..
Macam mana pula mpv fwd ini?
cuma bisa putar putar dalam kota..
dapat lumpur di pendakian.?? Tak berkutik dia..
Godwill
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: 23 Feb 2014, 11:16

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by Godwill »

amirbray wrote:Satu hal yg ku tak suka, ini boil fwd..
Macam mana pula mpv fwd ini?
cuma bisa putar putar dalam kota..
dapat lumpur di pendakian.?? Tak berkutik dia..
fwd sama aja dengan mobilio & livina..siapa bilang cuma bisa putar2 dlm kota? bisa kok dari jakarta-cikampek-bandung-semarang-surabaya-bali selama lewat jalan aspal..klo mau masuk lumpur beli jeep ato mobil 4wd oom. :big_peace:
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: 18 Dec 2012, 14:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by bapakne_satya »

amirbray wrote:Satu hal yg ku tak suka, ini boil fwd..
Macam mana pula mpv fwd ini?
cuma bisa putar putar dalam kota..
dapat lumpur di pendakian.?? Tak berkutik dia..
main lumpur lebih mantap pake SUV bro, yang 4x4
User avatar
ddjt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 04 Mar 2014, 16:02

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by ddjt »

Aloo sesama pengguna Ertiga, ane jg pake yg GX M/T.

Untuk lampu berembun pengalaman ane udah dua kali diganti sampe sekarang masih berembun, tapi yang kiri saja, yang kanan udah gak berembun lagi.

Yah semoga punya om gak berembun lagi, capek juga bolak-baliknya walaupun gampang claimnya, langsung diganti ama beres
IndoMild
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: 26 Feb 2014, 16:18

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by IndoMild »

gak ertiga aja gan, kayak spin-avanza-xenia jg ada laporan masalah embun ini ..tp ertiga temen gw udh 10 bulan gak berembun sama sekali
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3137
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by walid_007 »

Kok bisa berembun,, kena banjir yak??

Ga kaya mobil dulu
engine roaring!
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by azu »

BradPitt wrote:
BradPitt wrote:
DDR wrote:Wah ada Ertiga user juga hehe... sama dengan bro Azu, mengenai headlamp ngembun, saya cuekin bro hehehe... soalnya di Xenia 2013 saya ngembun juga... terus di forum forum luar ternyata memang mobil sekarang banyak yang ngembun headlamp nya... selama nggak sampe menggenang air... tapi kalau bro nggak nyaman dengan banyak nya embun boleh coba di claim koq ke Suzuki...
oo gitu ya mslh embun... spy hrgnya gak mahal dipake kualitas bahannya yg mika/plastic... saya mau klaim ah, klo ganti lampu kan sebentar..
Saya sdh klaim ke suzuki, kangsung diganti kebetulan ada stocknya.. cepat prosesnya gak berbelit2.. udh ok pelayanan suzuki.. thanks atas infonya bro
mantap om.. semoga penggantinya awet tidak berembun lagi :mky_02:

untuk yang sudah pakai Ertiga, biasa service setiap brp KM? dan pakai oli apa? Share dong :big_smile]

kalau Ertiga di rumah biasa service per 10.000 KM meskipun di stikernya diminta setiap 5.000 KM.. tetapi karena di manual book standarnya 10.000 KM dan SA pun membolehkan, yaudah saya servicenya setiap 10.000 KM.. lumayan ngurangin ongkosnya :mky_01:
untuk oli awalnya pakai SGO, tapi setelah 5.000 KM terasa sekali penurunan kinerjanya jadi hanya berani pakai sampai 5000an KM saja utk SGO.. FC dalkot susah utk naik dari 12,xx km/L setelah pemakaian 5.000 Km..
sekarang coba pakai Shell HX8, lumayan lebih baik dibanding SGO.. Penurunan kinerja mulai terasa di 6.000 KM pemakaian.. tetapi dicoba sampai 9.000 KM penurunan kinerjanya tidak sedrastis SGO, dan masih bisa dapet FC 13,xx Km/L meskipun sudah 9.000 KM pemakaian.. :mky_01:

nanti akan saya coba untuk share biaya service saya sampai dengan KM 30.000 saat ini.. kalau ada waktu, mungkin sekalian buat long term reviewnya :mky_01:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
ddjt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 04 Mar 2014, 16:02

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by ddjt »

azu wrote:
mantap om.. semoga penggantinya awet tidak berembun lagi :mky_02:

untuk yang sudah pakai Ertiga, biasa service setiap brp KM? dan pakai oli apa? Share dong :big_smile]

kalau Ertiga di rumah biasa service per 10.000 KM meskipun di stikernya diminta setiap 5.000 KM.. tetapi karena di manual book standarnya 10.000 KM dan SA pun membolehkan, yaudah saya servicenya setiap 10.000 KM.. lumayan ngurangin ongkosnya :mky_01:
untuk oli awalnya pakai SGO, tapi setelah 5.000 KM terasa sekali penurunan kinerjanya jadi hanya berani pakai sampai 5000an KM saja utk SGO.. FC dalkot susah utk naik dari 12,xx km/L setelah pemakaian 5.000 Km..
sekarang coba pakai Shell HX8, lumayan lebih baik dibanding SGO.. Penurunan kinerja mulai terasa di 6.000 KM pemakaian.. tetapi dicoba sampai 9.000 KM penurunan kinerjanya tidak sedrastis SGO, dan masih bisa dapet FC 13,xx Km/L meskipun sudah 9.000 KM pemakaian.. :mky_01:

nanti akan saya coba untuk share biaya service saya sampai dengan KM 30.000 saat ini.. kalau ada waktu, mungkin sekalian buat long term reviewnya :mky_01:
Klo ane kondisinya begini, mobil dipake cuma weekend doang, utk kerja pake R2. Jadi pemakaian rata2 dalam 6 bulan cuma 5000km, so ane ikut jadwal service dan ganti oli + filter tiap 6 bulan, tapi item2 penggantian yang lain tetep ikutin itungan KM nya, seperti ganti busi & oli transmisi tiap 20rb km (kira2 nanti umur ertiga udah 2 tahun).
Jadi selama ini biaya service sangat murah, cuma ganti oli + filter saja. Dan olinya juga pake SGO yang ramah buat kantong ane hehehe.. :big_peace:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 25 Nov 2013, 15:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by DDR »

Ane service bakal setiap 5000 KM pake oli SGO aja karena ane punya pendapat lebih baik pake oli biasa aja (SGO) tapi interval ganti nya dicepetin (5000KM), berhubung Jakarta ini lalulintas nya tidak dapat diprediksi jadi udah gak bisa lagi pake patokan KM, seharusnya sih Engine Hour... tapi susah ngitungnya hehehehe...
sutan_bagindo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 11 Jan 2013, 14:25

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by sutan_bagindo »

DDR wrote:Wah ada Ertiga user juga hehe... sama dengan bro Azu, mengenai headlamp ngembun, saya cuekin bro hehehe... soalnya di Xenia 2013 saya ngembun juga... terus di forum forum luar ternyata memang mobil sekarang banyak yang ngembun headlamp nya... selama nggak sampe menggenang air... tapi kalau bro nggak nyaman dengan banyak nya embun boleh coba di claim koq ke Suzuki...


Saya complain dan indent untuk diganti karena masih garansi untuk headlamp kiri kanan dan foglamp kiri kanan, setelah menunggu hampir 1 blnan akhirnya parts sudah ada dan sudah diganti di beres,

kemarin saat hujan sengaja test pingin tahu masih bocor apa tidak, ternyata..... sama aja, berembun juga headlamp dan foglamp nya :frm_bang_head:
sutan_bagindo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 11 Jan 2013, 14:25

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by sutan_bagindo »

amirbray wrote:Satu hal yg ku tak suka, ini boil fwd..
Macam mana pula mpv fwd ini?
cuma bisa putar putar dalam kota..
dapat lumpur di pendakian.?? Tak berkutik dia..

Setahu saya untuk MPV idealnya FWD, salah satu keunggulannya krn deck lebih rata dan lebih stabil di jalanan,
untuk kendaraan sekarang, kalo umumnya RWD dipakai buat jeep, pick up atau kendaraan angkut barang yang butuh dorongan lebih untuk bawa bawaan barangan dan medan yang "agak berat",

tapi kalo soal medan off road berlumpur sebaiknya pakai kendaraan yang sudah 4WD atau minimal AWD seperti subaru.

:big_grin:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by VanzMatic »

Hah??

Mercy, bmw,.lexus, buat angkut barang?
Subaru lebih cocok ke lumpur?
Kuda diesel ane rwd tapi ngga pake tonjolan di dek lho... kijang super juga ga pake tonjolan di dek lho...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3137
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by walid_007 »

Bagaimanapun fwd plg jelek,, rwd itu lebih baik, namun sayangnya di indonesia yg rwd tau nya avanza innova, padahal mercy e class, ls460, semuanya rwd lhoooo ,,,l
engine roaring!
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: 18 Dec 2012, 14:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga

Post by bapakne_satya »

Om vanz, ya nggak segitunya kali, kan utk ngangkut barang memang lbh cocok rwd, karena titik berat cenderung di belakang shg grip lbh mantap, kebayang kan truk bawa beban 5 ton fwd, nanjak dikit bisa spin habis2an. Kalo mobil penumpang fwd punya keuntungan power loss relatif rendah namun rwd tetap punya benefit distribusi beban yg lbh baik.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post