10-Dee-q wrote:halo semua, mo menta pendapat
baru ambil New Alphard
ban bawaan nya Toyo Tranpath 235/50 R18
nah ini mobil emang kan mobil buat comfort, bukan buat ngebut ngebutan
makanya gua lagi pikir pengen ganti bannya sama yg lebih comfort
soalnya kalo di jalan turunan, +-40 km/h sengaja gua ga injek gas mobil meluncur sendiri, nah kalo di alphard ini suara angin senyap
tapi gemuruh ban kena aspal masih agak masuk sedangkan di innova D4D saya pakein Toyo C1s ukuran 235/55 R17 kerasanya lebih senyap
bukan sengap kabin secara keseluruhan loh yah
tapi bandingin suara ban ketemu aspal, kayanya yg innova pake Toyo C1S lebih hening dai alphard yg pake Toyo Tranpath
nah maka dari itu rencana tadinya udah pasti mo ganti alphard pake C1S juga
tapi barusan baca baca lagi katanya ada lagi yg lebih hening dan comfort yah ?
kaya Michelin ST3 ?
ada jg yg saranin pake Yokohama Advan DB tapi kok di mark X saya bawaan nya Yokohama advan DB suara ban ketemu aspalnya lebih meraung lagi.
jadi bingung nih, menta saran nya dong harga ga masalah asal masih masuk akal
yg penting ada ukuran 235/55 R18, silent banget, empuk banget, yg laen ga penting.
thank you.
Innova sasisnya sm alphard beda om. Jadi agak krg fair jg perbandingannya.
Innova pake sasis ladder, udh pasti getaran ban dr aspal ke body teredam lbh baik, karena sasis dan body pisah.. Klo alphard kan sasis monokok, sasis sm body jd satu kesatuan, getaran ban dr aspal ke body lbh terasa.
Apalagi dibanding sedan mark X yg punya GC lbh rendah, dan sasis monokok pula. Getaran ban ke aspalnya lbh terasa dibanding mbl yg bersasis ladder.
Hubungan getaran ban dr aspal diterjemahkan jadi suara.
Mobil pakai sasis monokok dan peredam kabin pas2an bawaan pabrik, ya jadinya gesekan suara ban mengganggu ke dalam kabin. Solusinya pasang peredam extra di lantai dan pintu2.
Selain peredam kabin dan tipe sasis yg digunakan, peran ban tentunya jg memberikan pengaruh terhadap NVH (noise vibration and harshness).