Grand Livina Users..! - PART 05

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2422
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by marmut » 31 Jul 2018, 18:03

mrphilanderer wrote:
23 Jul 2018, 15:26
Permisi suhu suhu grand livina sekalian...

kebetulan ada masalah (menurut ane si :big_dunno: ) gara gara FC grand livina ane boros banget...

dalkot aja cuma dapet 1:6km, yang dimana kalo ane ubek ubek dibanding yang lain punya ane ini boros banget minumnya...

untuk saat ini Km sudah di angka 180rb an..

yang pengen ane tanyakan apa yang bisa ane lakuin supaya paling tidak meningkatkan FC mobil ane, soalnya mobil sepupu dengan cc identik (1.800) ditarik dalkot bisa di angka 1:9 s/d 1:10..

kira kira apa aja tips and trik nya yang suhu suhu taau untuk masalah FC kaya ane gini.........

mesin masih std tapi kok minumnya udah kaya sedan 2000cc keatas ya, padahal pemakaian kaki tuh udah sangat sopan (diurut) tapi kok belum bisa ngejar pemakaian sepupu, yang pemakaiannya sama sama dalkot jakarta :big_dunno: :big_dunno:

semoga suhu-suhu disini berkenan memberi tips and trik nya buat ane


terima kasih sebelumnya suhu suhu :thanks: :thanks: :thanks:

bahan bakar pake RON berapa? oli mesin pakai SAE berapa?
pipes - cigars - coffee

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 732
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by lemonadelovers » 31 Jul 2018, 22:22

mrphilanderer wrote:
23 Jul 2018, 15:26
Permisi suhu suhu grand livina sekalian...

kebetulan ada masalah (menurut ane si :big_dunno: ) gara gara FC grand livina ane boros banget...

dalkot aja cuma dapet 1:6km, yang dimana kalo ane ubek ubek dibanding yang lain punya ane ini boros banget minumnya...

untuk saat ini Km sudah di angka 180rb an..

yang pengen ane tanyakan apa yang bisa ane lakuin supaya paling tidak meningkatkan FC mobil ane, soalnya mobil sepupu dengan cc identik (1.800) ditarik dalkot bisa di angka 1:9 s/d 1:10..

kira kira apa aja tips and trik nya yang suhu suhu taau untuk masalah FC kaya ane gini.........

mesin masih std tapi kok minumnya udah kaya sedan 2000cc keatas ya, padahal pemakaian kaki tuh udah sangat sopan (diurut) tapi kok belum bisa ngejar pemakaian sepupu, yang pemakaiannya sama sama dalkot jakarta :big_dunno: :big_dunno:

semoga suhu-suhu disini berkenan memberi tips and trik nya buat ane


terima kasih sebelumnya suhu suhu :thanks: :thanks: :thanks:
Carbon cleaN
Kalibrasi injector
Cek busi, sensor oksigen dan filter2

mrphilanderer
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 23 Jul 2018, 15:13
Location: Jakarta Timur,Jakarta Timur
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina XV 1800cc AT 2008

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by mrphilanderer » 01 Aug 2018, 14:03

marmut wrote:
31 Jul 2018, 18:03
mrphilanderer wrote:
23 Jul 2018, 15:26
Permisi suhu suhu grand livina sekalian...

kebetulan ada masalah (menurut ane si :big_dunno: ) gara gara FC grand livina ane boros banget...

dalkot aja cuma dapet 1:6km, yang dimana kalo ane ubek ubek dibanding yang lain punya ane ini boros banget minumnya...

untuk saat ini Km sudah di angka 180rb an..

yang pengen ane tanyakan apa yang bisa ane lakuin supaya paling tidak meningkatkan FC mobil ane, soalnya mobil sepupu dengan cc identik (1.800) ditarik dalkot bisa di angka 1:9 s/d 1:10..

kira kira apa aja tips and trik nya yang suhu suhu taau untuk masalah FC kaya ane gini.........

mesin masih std tapi kok minumnya udah kaya sedan 2000cc keatas ya, padahal pemakaian kaki tuh udah sangat sopan (diurut) tapi kok belum bisa ngejar pemakaian sepupu, yang pemakaiannya sama sama dalkot jakarta :big_dunno: :big_dunno:

semoga suhu-suhu disini berkenan memberi tips and trik nya buat ane


terima kasih sebelumnya suhu suhu :thanks: :thanks: :thanks:

bahan bakar pake RON berapa? oli mesin pakai SAE berapa?
kalo untuk RON ane make selalu make shell super om..
terus oli selalu make oli nissan SAE 10-40 om, karena kata mekaniknya untuk mobil ane sudah diatas 10th dianjurkan make oli itu

kemarin juga pas ke beres timing pengapian di standar, diposisi 0. kira kira apa penyebab dan apa langkah selanjutnya ya om?
lemonadelovers wrote:
31 Jul 2018, 22:22
mrphilanderer wrote:
23 Jul 2018, 15:26
Permisi suhu suhu grand livina sekalian...

kebetulan ada masalah (menurut ane si :big_dunno: ) gara gara FC grand livina ane boros banget...

dalkot aja cuma dapet 1:6km, yang dimana kalo ane ubek ubek dibanding yang lain punya ane ini boros banget minumnya...

untuk saat ini Km sudah di angka 180rb an..

yang pengen ane tanyakan apa yang bisa ane lakuin supaya paling tidak meningkatkan FC mobil ane, soalnya mobil sepupu dengan cc identik (1.800) ditarik dalkot bisa di angka 1:9 s/d 1:10..

kira kira apa aja tips and trik nya yang suhu suhu taau untuk masalah FC kaya ane gini.........

mesin masih std tapi kok minumnya udah kaya sedan 2000cc keatas ya, padahal pemakaian kaki tuh udah sangat sopan (diurut) tapi kok belum bisa ngejar pemakaian sepupu, yang pemakaiannya sama sama dalkot jakarta :big_dunno: :big_dunno:

semoga suhu-suhu disini berkenan memberi tips and trik nya buat ane


terima kasih sebelumnya suhu suhu :thanks: :thanks: :thanks:
Carbon cleaN
Kalibrasi injector
Cek busi, sensor oksigen dan filter2
kalo untuk carbon clean sudah dilakukan om, tapi kalo kalibrasi injector, pas servis besar kemaren kira kira masuk pelayanan yang pasti dilakukan kalo servis di beres ga ya? soalnya baru servis 180.000 km di beres..

untuk sensor oksigen, belum tau karena belum pernah cek, cuma kalo ngeliat km dan umurnya kayanya perlu di coba untuk dicek. sensor oksigen livina ada berapa ya om? dan beda kah sama yang 1500cc?

filter baru ganti juga karena filter lama patah ditengah om, bingung nih kenapa ya diatas rata rata konsumsinya

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2422
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by marmut » 01 Aug 2018, 22:00

mrphilanderer wrote:
01 Aug 2018, 14:03

-


terus oli selalu make oli nissan SAE 10-40 om, karena kata mekaniknya untuk mobil ane sudah diatas 10th dianjurkan make oli itu

kemarin juga pas ke beres timing pengapian di standar, diposisi 0. kira kira apa penyebab dan apa langkah selanjutnya ya om?

-

nah..... pinter mekaniknya. nggak sekalian dikasih rored ep-a?
ganti ke 0w20. kalo penguapan banyak, ganti ke 5w30. merk sesuaikan dengan selera, yang penting oli asli.
pipes - cigars - coffee

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16438
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC » 02 Aug 2018, 09:17

Waduh... itu oli oem batu makam yg kepala 10 ati2 tuh.. ud bnyak kasus ampe sludge.. ubek2 kuskas jg ud bnyk bahas..

Btw cek coil bawaan ogl mau ga mau musti copot coil krn biasa yg rusak cuman selongsong plastik laknat nya doank.. jd arus listrik bocor ga ke kepala busi smua... kl coil nya mahh kadang gapapa..d atrium seinget ane si gt motor atau champion ud ad jual slongsong nya doank
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 964
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by iwing » 02 Aug 2018, 10:26

tambahan, oli harus rutin ganti meskipun jarak tempuh belum tercapai (klo saya) dan kekentalan pakai sae terendah yang diijinkan di buku manual. sekali2 geber rpm tinggi (bukan berarti harus ngebut)

mrphilanderer
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 23 Jul 2018, 15:13
Location: Jakarta Timur,Jakarta Timur
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina XV 1800cc AT 2008

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by mrphilanderer » 06 Aug 2018, 08:33

marmut wrote:
01 Aug 2018, 22:00
mrphilanderer wrote:
01 Aug 2018, 14:03

-


terus oli selalu make oli nissan SAE 10-40 om, karena kata mekaniknya untuk mobil ane sudah diatas 10th dianjurkan make oli itu

kemarin juga pas ke beres timing pengapian di standar, diposisi 0. kira kira apa penyebab dan apa langkah selanjutnya ya om?

-

nah..... pinter mekaniknya. nggak sekalian dikasih rored ep-a?
ganti ke 0w20. kalo penguapan banyak, ganti ke 5w30. merk sesuaikan dengan selera, yang penting oli asli.
dikasih SA nya oli itu karena mobil ini kan usia nya diatas 10 tahun om. terus terang awam masalah oli, apa memang umur mesin juga pengaruh om? dan apa bener kalo mobil umur 10th keatas memang kudu dikasih buntut 40? :e-doh:

selain itu om, kalo di grand livina sensor O2 itu selain buat kepentingan emisi, fungsinya apa lagi ya? katanya kalo kena, bisa ngaruh ke mobil yang boros. soalnya udah 10th lebih belom pernah ganti nih

apa rusaknya kalo nunggu nyala check engine nya? :shrug: :shrug:
DOHC wrote:
02 Aug 2018, 09:17
Waduh... itu oli oem batu makam yg kepala 10 ati2 tuh.. ud bnyak kasus ampe sludge.. ubek2 kuskas jg ud bnyk bahas..

Btw cek coil bawaan ogl mau ga mau musti copot coil krn biasa yg rusak cuman selongsong plastik laknat nya doank.. jd arus listrik bocor ga ke kepala busi smua... kl coil nya mahh kadang gapapa..d atrium seinget ane si gt motor atau champion ud ad jual slongsong nya doank
wah kalo sludge serem amat, dikasih oli apaan itu sampe bisa kaya gitu.. :e-doh:

kalo coil belom ane cek om. selain itu apa bener busi iridium ngaruh gitu?

soekrie
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 21 Jul 2017, 10:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by soekrie » 14 Aug 2018, 14:46

Dear para suhu,
Sy mau minta masukannya.
Sy pengguna ANGL ultimate th 2013, yg transmisi matic penggerak roda depan. Saat ini KM masih 17rb-an krn jarang dipake. Parkir digarasi dg lantai semen. Hari minggu kemaren saat tambah angin sy baru sadar kok ban blkg kiri kanan sudah banyak ngelupas dan robek2? Sedangkan ban depannya masih dalam kondisi bagus. Nah saya ada kecurigaaan apakah ada kemungkinan di tuker saat service dua minggu lalu di beres Nissan? Karena teman saya dl pernah kejadian ada yg ban serepnya di tuker ama yg sdh vulkanisir, karpet hilang dan wipernya di tuker ama yg rusak. Saat itu teman saya komplen ke nissan dan akhirnya diganti lagi ama nissan.
Yg jadi pertanyaan saya :
1. Apakah wajar ban belakang rusak parah sedangkan ban depan msh bagus? Kalau memang getas krn sdh 5 tahun seharusnya kan ban depan dan blkg sama2 rusak.
2. Dua minggu sblmnya sy service di beres nissan dan ada item spooring dan balancing, pastinya saat itu teknisinya ngeliat kondisi ban dan seharusnya melaporkan ke saya...tp tdk ada laporan sama sekali.

Mohon pencerahannya apa yg hrs sy lakukan..

Thanks


Post Reply

Return to “MPV Types”