Grand Livina Users..! - PART 05

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16466
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC » 31 Dec 2017, 07:53

ahh enjin HR15 bergumpal.. masalah klasik itu...

ini enjin super hot, suhu radiator nya aj kisaran ~93 derajat (liat di OBD nya aut*dyne), jauh lebi panas dr enjin2 jepun umumnya, apalagi macam ipah.. jelas lah suhu dan kerja oli lebi berat, blom lg kapasitas oli cuman 3 literan...

balik soal oli gumpal, bagusnya pake oli yg bagusan dan jarak penggantian di percepet... ane dl waktu make lipina, kl make oli OEM, ganti tiap 6-7 rebu, motul dan sejenisnya max 8rebu... odo 130 rebu buka enjin head, masi bersih...

kl ga salah d forum tetangga, perna ad yg curhat llipina nya lg di overhaul di odo 80an rebu gegara enjin overheat full sludge..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 » 31 Dec 2017, 09:12

Selama 3 thn masa warranty tiap tahun Saya sekeluarga selalu road trip antar pulau Sumsel to Jawa dan jg nyobain ambil jalur nanjak yg tinggi terakhir ke tempat wisata tawangmangu telaga Sarangan sampe Grojogan Sewu, lau tempat main paralayang gunung banyak di Batu malang dan ke Dieng sengaja utk lihat ketahanan mesinnya krn masih masa warranty dan
kemampuannya naik gunung kesimpulan saya pribadi selama mesin sehat tanpa defect dan keempat bannya prima serta maintenance servicenya bagus baik oleh kita sendiri atau mekanik bengkelnya ok maka sanggup dan nyaman dibawa jalan jauh utk wisata keliling Jawa tanpa kendala.
:glodak:
HR15DE 2014

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1155
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2011 Suzuki SX4 RC1 AT
Contact:

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs » 31 Dec 2017, 09:48

DOHC wrote:
31 Dec 2017, 07:53
ahh enjin HR15 bergumpal.. masalah klasik itu...

ini enjin super hot, suhu radiator nya aj kisaran ~93 derajat (liat di OBD nya aut*dyne), jauh lebi panas dr enjin2 jepun umumnya, apalagi macam ipah.. jelas lah suhu dan kerja oli lebi berat, blom lg kapasitas oli cuman 3 literan...

balik soal oli gumpal, bagusnya pake oli yg bagusan dan jarak penggantian di percepet... ane dl waktu make lipina, kl make oli OEM, ganti tiap 6-7 rebu, motul dan sejenisnya max 8rebu... odo 130 rebu buka enjin head, masi bersih...

kl ga salah d forum tetangga, perna ad yg curhat llipina nya lg di overhaul di odo 80an rebu gegara enjin overheat full sludge..
anu....
Terakhir ane ganti oli lipindut, cuman keluar 2 liter doang plus plg 0.2 l dari filter nya...
entah 0.8 liter nya itu jadi gumpal atau menguap... semoga aja menguap dah... :big_childish:
“We don’t need myths, we need examples to be followed.
Examples of courage, determination, hope.
We need to believe it’s possible to win.
And it is our duty to pursue it” - Ayrton Senna da Silva

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16466
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC » 31 Dec 2017, 10:02

@ arfs : biasa pake oli apa dan ganti tiap brapa km om ??

dl lipina ane, mau make oli apapun (kcuali waktu make Q8 special 5-30, nambah dikit doank), per 7-8 rebu km, at least musti nambah 500cc.. dan tiap ganti oli biasa ane masukin 3 liter aj ud ampir kena titik atas dipstick..

soal nguap atau nga, coba buka head paling ketauan om..

tp mmengenai soal sludge, kl make oli (yg beneran) full syn sehh ga usa tralu parno, lipina ane dl slalu di cekokin oli embel2 full syn, sehat walafiat smua koq tanpa sludge ampe odo trakir 140 rebu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Jambangan » 31 Dec 2017, 11:42

DOHC wrote:
31 Dec 2017, 10:02
@ arfs : biasa pake oli apa dan ganti tiap brapa km om ??

dl lipina ane, mau make oli apapun (kcuali waktu make Q8 special 5-30, nambah dikit doank), per 7-8 rebu km, at least musti nambah 500cc.. dan tiap ganti oli biasa ane masukin 3 liter aj ud ampir kena titik atas dipstick..

soal nguap atau nga, coba buka head paling ketauan om..

tp mmengenai soal sludge, kl make oli (yg beneran) full syn sehh ga usa tralu parno, lipina ane dl slalu di cekokin oli embel2 full syn, sehat walafiat smua koq tanpa sludge ampe odo trakir 140 rebu
Mod, gw curiga yg livinanya sludge itu yg pake oli Nissan 10w30 ganti tiap 10rb KM
Soalnya dulu di SM sini (member SM jg) ada yg evalia nya mesti turun mesin gara2 sludge di odo 52rb KM
Katanya sih pake oli nissan 10w30 ganti tiap 10rb kM terus dari baru

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 » 31 Dec 2017, 11:56

Sebenarnya pake yg
:glodak:
HR15DE 2014

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1155
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2011 Suzuki SX4 RC1 AT
Contact:

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs » 31 Dec 2017, 11:58

DOHC wrote:@ arfs : biasa pake oli apa dan ganti tiap brapa km om ??
Terakhir ini pake Helix HX8 ganti di odo 60rb (olinya dipakai dr 50rb)
Di dipstick nya jg mulai ada noda sludge... Mesti di amplas dikit baru mau hilang noda sludge di dipstick nya.. Image
Last edited by arfs on 31 Dec 2017, 11:58, edited 1 time in total.
“We don’t need myths, we need examples to be followed.
Examples of courage, determination, hope.
We need to believe it’s possible to win.
And it is our duty to pursue it” - Ayrton Senna da Silva

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16466
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC » 31 Dec 2017, 11:59

Jambangan wrote:
31 Dec 2017, 11:42
DOHC wrote:
31 Dec 2017, 10:02
@ arfs : biasa pake oli apa dan ganti tiap brapa km om ??

dl lipina ane, mau make oli apapun (kcuali waktu make Q8 special 5-30, nambah dikit doank), per 7-8 rebu km, at least musti nambah 500cc.. dan tiap ganti oli biasa ane masukin 3 liter aj ud ampir kena titik atas dipstick..

soal nguap atau nga, coba buka head paling ketauan om..

tp mmengenai soal sludge, kl make oli (yg beneran) full syn sehh ga usa tralu parno, lipina ane dl slalu di cekokin oli embel2 full syn, sehat walafiat smua koq tanpa sludge ampe odo trakir 140 rebu
Mod, gw curiga yg livinanya sludge itu yg pake oli Nissan 10w30 ganti tiap 10rb KM
Soalnya dulu di SM sini (member SM jg) ada yg evalia nya mesti turun mesin gara2 sludge di odo 52rb KM
Katanya sih pake oli nissan 10w30 ganti tiap 10rb kM terus dari baru
dulu ane jg perna post link dr kuskas (member Klik) yg lipinanya jg turun stengah enjin padahal odo masi 80an rebu kl ga salah.. doi jg pakenya oli batumakam 10-30, serpis ikutin jadwal beres..

tp kl ane sehh dulu ga brani hajar 10 rebu, scara enjin HR itu super panas, dan kapasitas oil pan super kecil... oli gampang tergradasi, kcuali pasang oil cooler macam GTR..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 » 31 Dec 2017, 12:00

Sebenarnya ANGL konsisten pake oli NGO 5w30 cukup dan konsisten aja diganti tiap 6 bulan.
:glodak:
HR15DE 2014

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16466
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC » 31 Dec 2017, 12:01

arfs wrote:
31 Dec 2017, 11:58
DOHC wrote:@ arfs : biasa pake oli apa dan ganti tiap brapa km om ??
Terakhir ini pake Helix HX8.
Di dipstick nya jg mulai ada noda sludge... Mesti di amplas dikit baru mau hilang noda sludge di dipstick nya.. Image
somehow dl lipina ane agak kurang cuco pake hx8, penguapan mirip kaya lg make oli OEM 5-30 nya... dan yg plg noticeable, suara enjin jd lebi kasar..

kl di HR ane dl cuco nya pake kendall semi syn 5-30, q8 special, ama q8 excel 5-40... khusus yg excel, krn lebi kentel, suara mesin jg lebi alus..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1155
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2011 Suzuki SX4 RC1 AT
Contact:

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs » 31 Dec 2017, 12:03

Persiapan flush CVTF... ImageImageImage
“We don’t need myths, we need examples to be followed.
Examples of courage, determination, hope.
We need to believe it’s possible to win.
And it is our duty to pursue it” - Ayrton Senna da Silva

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Jambangan » 31 Dec 2017, 12:07

DOHC wrote:
31 Dec 2017, 11:59
Jambangan wrote:
31 Dec 2017, 11:42
DOHC wrote:
31 Dec 2017, 10:02
@ arfs : biasa pake oli apa dan ganti tiap brapa km om ??

dl lipina ane, mau make oli apapun (kcuali waktu make Q8 special 5-30, nambah dikit doank), per 7-8 rebu km, at least musti nambah 500cc.. dan tiap ganti oli biasa ane masukin 3 liter aj ud ampir kena titik atas dipstick..

soal nguap atau nga, coba buka head paling ketauan om..

tp mmengenai soal sludge, kl make oli (yg beneran) full syn sehh ga usa tralu parno, lipina ane dl slalu di cekokin oli embel2 full syn, sehat walafiat smua koq tanpa sludge ampe odo trakir 140 rebu
Mod, gw curiga yg livinanya sludge itu yg pake oli Nissan 10w30 ganti tiap 10rb KM
Soalnya dulu di SM sini (member SM jg) ada yg evalia nya mesti turun mesin gara2 sludge di odo 52rb KM
Katanya sih pake oli nissan 10w30 ganti tiap 10rb kM terus dari baru
dulu ane jg perna post link dr kuskas (member Klik) yg lipinanya jg turun stengah enjin padahal odo masi 80an rebu kl ga salah.. doi jg pakenya oli batumakam 10-30, serpis ikutin jadwal beres..

tp kl ane sehh dulu ga brani hajar 10 rebu, scara enjin HR itu super panas, dan kapasitas oil pan super kecil... oli gampang tergradasi, kcuali pasang oil cooler macam GTR..
Eh mod, kalo HRV nya pake oli apa nih?
HRV 1.5 kan?


Eh jadi oot :ngacir:

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Jambangan » 31 Dec 2017, 12:20

Herman7103 wrote:
31 Dec 2017, 12:00
Sebenarnya ANGL konsisten pake oli NGO 5w30 cukup dan konsisten aja diganti tiap 6 bulan.
Kalo itu kyknya masih lumayan deh om soalnya ada embel2 full synthetic nya
Saya jg pake itu kalo servis di nissan
Ganti 6-7rb KM/8 bulan
Tapi ini lagi pake total 5w30 ganti di nissan halim

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 » 31 Dec 2017, 14:51

Jambangan wrote:
Herman7103 wrote:
31 Dec 2017, 12:00
Sebenarnya ANGL konsisten pake oli NGO 5w30 cukup dan konsisten aja diganti tiap 6 bulan.
Kalo itu kyknya masih lumayan deh om soalnya ada embel2 full synthetic nya
Saya jg pake itu kalo servis di nissan
Ganti 6-7rb KM/8 bulan
Tapi ini lagi pake total 5w30 ganti di nissan halim
Saya pribadi sample skrg blm pernah nyobain oli diluar NGO 5W30 yg fully synthetic sample skrg cuma filter udara yg skrg udh pake K&N udh 2 minggu lbh dgn FC base om MID gbr 1 dan jarak tempuh gbr 2 , skrg
berubah lbh bail dari sebelumnya dgn rute komplek perumahan lalu keliling kota Palembang PP seperti gbr dibawah


ImageImage
:glodak:
HR15DE 2014

hengky85
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 16 Dec 2017, 12:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by hengky85 » 31 Dec 2017, 22:27

Jambangan wrote:
31 Dec 2017, 05:46
hengky85 wrote:
29 Dec 2017, 18:29
hengky85 wrote:
18 Dec 2017, 22:29
Akhir pilihan jatuh ke livina juga
Td siang selesai transaksi dpt ANGL 2014

Langsung di tes pulang pergi kerja,trnyata ada bbrp masalah

1.pas macet kondisi tanjakan mesin seperti berebet gt,2-3 kali..kalau jalanan rata normal

2.pas belok ada seperti bunyi tek,tek,di bagian stang

3.pas muter balik(stang dipatahin) ada bunyi aneh lg di bagian bawah

4.gas kayanya maunya nyelonong terus klo rem ga pinter2 kita mainin

😂😂 baru mau nyobain livina,ada aja masalahnya

Mohon bantuan rekan2,kalau ada bengkel rekomendasi boleh info ke saya(daerah jkt)

Thx
updated :

-akhirnya mobil saya bawa ke FAMILY AUTO SERVICE bintara,tune up dan cek kaki2
berikut rincian biaya2nya:

-tune up 350.000
-oli + filter 400rb
-filter ac dan udara 250an
-kuras matik 6 botol @110.000
-busi 4 @110.000
-cleaner 3 botol

Dan ada biaya yg ga terduga,ternyata yg bikin kalau belok patah ada bunyi2 dibawah ternyata as roda kana kiri saya sdh kena,mau direpair sudah ga bisa karna bola2nya sdh berkarat
Mau beli outer luarnya ternyata buat all new livina blm ada yg jual dan harus beli 1 set @ 4.100.000 bearti kalau kiri kanan 8.200.000 udah gt mesti indent di nissan
Untungnya sama org FAS nya dicarikan dan dapat copotan baru cabutan sebelah kanan dan sebelah kiri kondisi new hasil lelang 2 pcs 4juta

part utk servis kaki2 beli sendiri di tokped:

-jasa 400an
-lower arm 2 pcs @290.000=580.000
-conrod 2pcs @100.000=200.000
-bushing member 2pcs @100.000=200.000
-link komp kiri 250.000
-karet @65.000=130.000

Setelah kaki2 dipasang saya pikir sdh selesai penderitaan saya,pas mesin dinyalain ternyata oli ga naik dan bunyi mesin agak aneh
Akhirnya tutup klep mesin dibuka,mekaniknya mau cek olinya nempel ga di mesin Dan ternyata.......
Oli sudah mengumpal nempel di dinding mesin,apa bila ga dibersihin mesin bisa jebol jika dipakai lama(overhaul)
Akhirnya mobil harus saya inepin lagi semingguan utk di Overhaul
berikut rincian biayanya:

-Jasa 3juta
-ring set piston 400an
-packing set 1.400an
-cairan pembersih 500an
-tutup klep 1.5-2jutaan*
-oli mesin 4 liter
-membran besi 500an*
(yg * mau dicek,harus diganti apa gag)

total sudah belasan juta ... :big_think: :big_think:
Om, odo udah brp KM??
Pemilik sebelumnya apa pake oli nissan ganti tiap 10rb KM?
Oli ga naik apa lampu peringatan tekanan oli rendah nyala?
Kalo misalkan bermasalah lagi mending bawa ke beres aja om. Curiga bengkel tempat si om servis ga bener
Ane ga tau om pemilik sebelumnya ganti brp km sekali,soalnya buku servisnya ga ada..saya curiga mobil sdh lama ga diganti oli,soalnya saringan udara sama filter acnya pas diganti kotor bgt.
Kalau bengkelnya saya tongkrongin pas buka tutup klep mesin dan memang bener ngegumpel bgt olinya..

supriyadi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by supriyadi » 05 Jan 2018, 23:22

Malam Suhu semua, mau tanya nih. Saya pake ANGL 2014 km sekarang 41rban, rencana mau ganti air radiator, kira2 merk apa yang bagus ya? Kalo ganti pake yang ori kira2 worth gak tuh? Tolong sarannya :big_peace:

AAKNYUN
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 12 Jan 2018, 11:34
Location: Malang
Daily Vehicle: NISSAN

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by AAKNYUN » 12 Jan 2018, 11:40

Adakah yg tahu Servis Grand Livina non resmi di kota malang di mana ya?

User avatar
lonely1999
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 18 Jun 2014, 10:07

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by lonely1999 » 12 Jan 2018, 12:15

permisi master
numpang mantau yach

ane pengguna ANGL thn 2014 :big_smile]

thanks

RamaneZulaikha
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 12 Jan 2018, 23:38
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANGL-2015

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by RamaneZulaikha » 12 Jan 2018, 23:56

Ijin gabung gan.. hu.. ane bikin ID seraya motor cuma buat nimbrung. hehehe

sekalian langsung curhat. sy pemakai ANGL xv 2015 akhir.

kemaren servis di beres di km 52.000 biasanya servis di bengkel biasa.. baru ini kembali ke beres setelah terakhir servis gratis 10.000
penyakit sampe saat ini.
-bunyi klutuk pas belok/poldur. kemungkinan link stabil dah kena kalo liat postingan postingan yg sebelumnya
-kemaren rem sempet geter dan agak ngeloss. kayaknya karena kotor.. setelah servis kemaren kembali OK
-enjin ga ada masalah kyknya. terakhir servis ganti oli di km 45.000, kmaren cek filter udara jg masih bersih.
-kopling dah agak tipis di sekitar 40% kata SA nya..
-dapet PR ganti karet per blkg kanan kiri n seal differensial katanya perlu dibenerin.


keluhan di interior =
-bagian cover airbag penumpang "rattle" pas lewat speedbump/jalan jelek. pas kemaren servis SA cuma bilang nanti di cek tapi hasilnya blm keliatan. ada yang ngalami jg kah?
-kursi penumpang yg di belakang supir juga kadang bunyi kalo lewat speedbump. kalo didudukin bunyinya hilang.

keluhan lain :
habis servis kok rasanya rpm pas idle agak berkurang.. biasanya 750 skrg 600an.. jadi kerasa geter sedikit di bangku kemudi.. biasanya halus sekali gak terasa apa apa.

Oya, ban bawaan 2 biji udah bolong dindingnya gara gara ngehajar lobang di pantura.. dah 3 kali ban bocor selama 2 tahun ini. sepertinya agak lemah ban ini kalo ketemu jalanan berbatuan tajam. terakhir bocor di ciwidey.. pengennya sih ganti semuanya sekalian.

gedanggodok
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 26 Apr 2017, 17:14
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Livina

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by gedanggodok » 30 Jan 2018, 18:30

Permisi para suhu dan master..

Ane ada OGL 2013 and KM udh jalan 87rb..

Ada keluhan, kalau stir dibelokan saat posisi ban diam ada suara bergemuruh gitu. Kira2 masalah ny ada dimana ya?

Thanks

wibrahim
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 17 Sep 2016, 13:46

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wibrahim » 27 Feb 2018, 23:14

https://cintamobil.com/review-mobil/rev ... =Thaopasar

Beneran Nissan Grand Livina 2018 = rebadge Mitsubishi Expander ?

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 » 28 Feb 2018, 08:31

wibrahim wrote:https://cintamobil.com/review-mobil/rev ... =Thaopasar

Beneran Nissan Grand Livina 2018 = rebadge Mitsubishi Expander ?
Saya sih ngak yakin di copy paste or rebadge.
:glodak:
HR15DE 2014

marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: 04 Feb 2010, 15:44

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by marama » 28 Feb 2018, 09:33

hengky85 wrote:
29 Dec 2017, 18:29
hengky85 wrote:
18 Dec 2017, 22:29
Akhir pilihan jatuh ke livina juga
Td siang selesai transaksi dpt ANGL 2014

Langsung di tes pulang pergi kerja,trnyata ada bbrp masalah

1.pas macet kondisi tanjakan mesin seperti berebet gt,2-3 kali..kalau jalanan rata normal

2.pas belok ada seperti bunyi tek,tek,di bagian stang

3.pas muter balik(stang dipatahin) ada bunyi aneh lg di bagian bawah

4.gas kayanya maunya nyelonong terus klo rem ga pinter2 kita mainin

😂😂 baru mau nyobain livina,ada aja masalahnya

Mohon bantuan rekan2,kalau ada bengkel rekomendasi boleh info ke saya(daerah jkt)

Thx
updated :

-akhirnya mobil saya bawa ke FAMILY AUTO SERVICE bintara,tune up dan cek kaki2
berikut rincian biaya2nya:

-tune up 350.000
-oli + filter 400rb
-filter ac dan udara 250an
-kuras matik 6 botol @110.000
-busi 4 @110.000
-cleaner 3 botol

Dan ada biaya yg ga terduga,ternyata yg bikin kalau belok patah ada bunyi2 dibawah ternyata as roda kana kiri saya sdh kena,mau direpair sudah ga bisa karna bola2nya sdh berkarat
Mau beli outer luarnya ternyata buat all new livina blm ada yg jual dan harus beli 1 set @ 4.100.000 bearti kalau kiri kanan 8.200.000 udah gt mesti indent di nissan
Untungnya sama org FAS nya dicarikan dan dapat copotan baru cabutan sebelah kanan dan sebelah kiri kondisi new hasil lelang 2 pcs 4juta

part utk servis kaki2 beli sendiri di tokped:

-jasa 400an
-lower arm 2 pcs @290.000=580.000
-conrod 2pcs @100.000=200.000
-bushing member 2pcs @100.000=200.000
-link komp kiri 250.000
-karet @65.000=130.000

Setelah kaki2 dipasang saya pikir sdh selesai penderitaan saya,pas mesin dinyalain ternyata oli ga naik dan bunyi mesin agak aneh
Akhirnya tutup klep mesin dibuka,mekaniknya mau cek olinya nempel ga di mesin Dan ternyata.......
Oli sudah mengumpal nempel di dinding mesin,apa bila ga dibersihin mesin bisa jebol jika dipakai lama(overhaul)
Akhirnya mobil harus saya inepin lagi semingguan utk di Overhaul
berikut rincian biayanya:

-Jasa 3juta
-ring set piston 400an
-packing set 1.400an
-cairan pembersih 500an
-tutup klep 1.5-2jutaan*
-oli mesin 4 liter
-membran besi 500an*
(yg * mau dicek,harus diganti apa gag)

total sudah belasan juta ... :big_think: :big_think:
Saya kok agak curiga ke bengkel nya ya?

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 » 28 Feb 2018, 12:52

marama wrote:
hengky85 wrote:
29 Dec 2017, 18:29
hengky85 wrote:
18 Dec 2017, 22:29
Akhir pilihan jatuh ke livina juga
Td siang selesai transaksi dpt ANGL 2014

Langsung di tes pulang pergi kerja,trnyata ada bbrp masalah

1.pas macet kondisi tanjakan mesin seperti berebet gt,2-3 kali..kalau jalanan rata normal

2.pas belok ada seperti bunyi tek,tek,di bagian stang

3.pas muter balik(stang dipatahin) ada bunyi aneh lg di bagian bawah

4.gas kayanya maunya nyelonong terus klo rem ga pinter2 kita mainin

ImageImage baru mau nyobain livina,ada aja masalahnya

Mohon bantuan rekan2,kalau ada bengkel rekomendasi boleh info ke saya(daerah jkt)

Thx
updated :

-akhirnya mobil saya bawa ke FAMILY AUTO SERVICE bintara,tune up dan cek kaki2
berikut rincian biaya2nya:

-tune up 350.000
-oli + filter 400rb
-filter ac dan udara 250an
-kuras matik 6 botol @110.000
-busi 4 @110.000
-cleaner 3 botol

Dan ada biaya yg ga terduga,ternyata yg bikin kalau belok patah ada bunyi2 dibawah ternyata as roda kana kiri saya sdh kena,mau direpair sudah ga bisa karna bola2nya sdh berkarat
Mau beli outer luarnya ternyata buat all new livina blm ada yg jual dan harus beli 1 set @ 4.100.000 bearti kalau kiri kanan 8.200.000 udah gt mesti indent di nissan
Untungnya sama org FAS nya dicarikan dan dapat copotan baru cabutan sebelah kanan dan sebelah kiri kondisi new hasil lelang 2 pcs 4juta

part utk servis kaki2 beli sendiri di tokped:

-jasa 400an
-lower arm 2 pcs @290.000=580.000
-conrod 2pcs @100.000=200.000
-bushing member 2pcs @100.000=200.000
-link komp kiri 250.000
-karet @65.000=130.000

Setelah kaki2 dipasang saya pikir sdh selesai penderitaan saya,pas mesin dinyalain ternyata oli ga naik dan bunyi mesin agak aneh
Akhirnya tutup klep mesin dibuka,mekaniknya mau cek olinya nempel ga di mesin Dan ternyata.......
Oli sudah mengumpal nempel di dinding mesin,apa bila ga dibersihin mesin bisa jebol jika dipakai lama(overhaul)
Akhirnya mobil harus saya inepin lagi semingguan utk di Overhaul
berikut rincian biayanya:

-Jasa 3juta
-ring set piston 400an
-packing set 1.400an
-cairan pembersih 500an
-tutup klep 1.5-2jutaan*
-oli mesin 4 liter
-membran besi 500an*
(yg * mau dicek,harus diganti apa gag)

total sudah belasan juta ... :big_think: :big_think:
Saya kok agak curiga ke bengkel nya ya?
Saya kira pemilik awal mobil yg tidak merawat mobilnya dan tidak baca keseluruhan manual book nya cuma tau pake aja padahal semua mobil yg non EV wajib ganti oli oli an dan filter filter NYA dsb saat sudah waktunya ganti. Next owner nya kelolosan dalam comprehensive check mobil sebelum dibeli. Untung dulu saya yg tdk byk tau ttg mobil ini buy new from dealer jadi after 46 month used only regular periodic maintenance, no problem found until now
Image
:glodak:
HR15DE 2014

supriyadi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by supriyadi » 28 Feb 2018, 13:35

Herman7103 wrote:
28 Feb 2018, 12:52
marama wrote:
hengky85 wrote:
29 Dec 2017, 18:29


updated :

-akhirnya mobil saya bawa ke FAMILY AUTO SERVICE bintara,tune up dan cek kaki2
berikut rincian biaya2nya:

-tune up 350.000
-oli + filter 400rb
-filter ac dan udara 250an
-kuras matik 6 botol @110.000
-busi 4 @110.000
-cleaner 3 botol

Dan ada biaya yg ga terduga,ternyata yg bikin kalau belok patah ada bunyi2 dibawah ternyata as roda kana kiri saya sdh kena,mau direpair sudah ga bisa karna bola2nya sdh berkarat
Mau beli outer luarnya ternyata buat all new livina blm ada yg jual dan harus beli 1 set @ 4.100.000 bearti kalau kiri kanan 8.200.000 udah gt mesti indent di nissan
Untungnya sama org FAS nya dicarikan dan dapat copotan baru cabutan sebelah kanan dan sebelah kiri kondisi new hasil lelang 2 pcs 4juta

part utk servis kaki2 beli sendiri di tokped:

-jasa 400an
-lower arm 2 pcs @290.000=580.000
-conrod 2pcs @100.000=200.000
-bushing member 2pcs @100.000=200.000
-link komp kiri 250.000
-karet @65.000=130.000

Setelah kaki2 dipasang saya pikir sdh selesai penderitaan saya,pas mesin dinyalain ternyata oli ga naik dan bunyi mesin agak aneh
Akhirnya tutup klep mesin dibuka,mekaniknya mau cek olinya nempel ga di mesin Dan ternyata.......
Oli sudah mengumpal nempel di dinding mesin,apa bila ga dibersihin mesin bisa jebol jika dipakai lama(overhaul)
Akhirnya mobil harus saya inepin lagi semingguan utk di Overhaul
berikut rincian biayanya:

-Jasa 3juta
-ring set piston 400an
-packing set 1.400an
-cairan pembersih 500an
-tutup klep 1.5-2jutaan*
-oli mesin 4 liter
-membran besi 500an*
(yg * mau dicek,harus diganti apa gag)

total sudah belasan juta ... :big_think: :big_think:
Saya kok agak curiga ke bengkel nya ya?
Saya kira pemilik awal mobil yg tidak merawat mobilnya dan tidak baca keseluruhan manual book nya cuma tau pake aja padahal semua mobil yg non EV wajib ganti oli oli an dan filter filter NYA dsb saat sudah waktunya ganti. Next owner nya kelolosan dalam comprehensive check mobil sebelum dibeli. Untung dulu saya yg tdk byk tau ttg mobil ini buy new from dealer jadi after 46 month used only regular periodic maintenance, no problem found until now
Image
Betul itu Om. Untuk orang yang awam mesin macam kita mending beli mobil baru yang relatif lebih trouble free, memang lebih mahal sih. Ikutin petunjuk buku manual, tapi ya mana yang dirasa kurang enak bisa kita kknsultasikan dengan SA nya. Nah seiring berjalannya waktu kita bisa merasakan ketidaknyamanan mobil kita, baru kita sadar & paham masalah di mobil kita. Maaf susunan katanya belepotan

Post Reply

Return to “MPV Types”