Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

lambokz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Sep 10, 2015 7:32
Daily Vehicle: GL HWS AT 11 - Lio MT13

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by lambokz »

justmrf wrote: Mon Nov 19, 2018 8:30 Permisi suhu..
ane baru 2 bulan ini meminang OGL 2012 1.5Ultimate. keluhan yang ada:
1. bunyi tiktoktiktok kalau kita ngidupin sen mati. tapi lamu sen semua berfungsi.
2. kaki-kaki kalau lewat jalan tidak rata bunyi berisik, udah ganti shockbreaker bunyi tetepgak ilang. udah di cek di bengkel kaki-kaki pinggiran katanya semuanya oke. mungkin gak karet roti di stabilizer bar depan udah keras minta di ganti?
3. ngelitik hu.. pake pertalite, pertamax ngelitik parah.. tapi kalau pake pertamax turbo ngelitik hilang 100% tp tenaga agak berat. apa perlu di CC...
4. kalau di CC cabut busi lampu CE bakal hidup trs rpm bakal naik turun harus reset ECU gak?

terima kasih...
Bantu yang No1.
Saya OGL 2011 HWS juga gitu... tiap ke beres minta di cek...
Kata mereka speker suara dari speedo nya goyang.. di benerin dan bunyi lagi...
Ehhh gak berapa lama ilang suaranya... sekarang bunyi lagi tapi kecil bngat suaranya...
Semua bunyi tiktok sein, pengingat handbrake, kunci tertinggal, dari situ semua...

NO.2
Persis kayak saya, masalah di support shock depan. Harga nya lumayan juga tuhh

No.3
Gak pernah ngelitik sampai sekarang... tx :D (minimal pake pertalite, sering nya pertamax)
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs »

Image

Hmm pantesan HR15DE yg baru kgk pake EGR lg...
Di ganti pakai cam overlap :ngacir: :ngacir: :ngacir:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
lambokz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Sep 10, 2015 7:32
Daily Vehicle: GL HWS AT 11 - Lio MT13

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by lambokz »

arfs wrote: Mon Nov 26, 2018 4:49 Image

Hmm pantesan HR15DE yg baru kgk pake EGR lg...
Di ganti pakai cam overlap :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Jadi kelebihan dari Cam overlap vs EGR dimana nya ya?
sori nanya cetek :D
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 »

gils wrote:Om om semua.. kemarin di tawarin sales nissan disc lumayan buat livina,belum di nego lagi..

Pertanyaan nya kira2 worth gak ya beli livina sekarang?

Thanks
Apakah sudah test ride mobilnya bareng istri ? Apakah sudah sesuai dgn kebutuhan dan ekspektasi keluarga? Apakah mobil telah sesuai dgn driving style anda setelah test Drive? Setelah dicompare dgn opsi mobil lain yg jadi incaran apakah worth harganya ? Apakah dibanding mobil sebelumnya lebih worth? Bila semua jawabannya iya berarti worth it. Itu pengalaman saya saat beli all new grand Livina di tahun 2014 yg sampai skrg saya pakai sebagai mobil perang ( utk segala aktivitas) krn merupakan mobil satu satunya di garasi. Selama piara mobil ini yg penting cuma ganti oli mesin dan filter nya saja setahun 2 X serta ganti oli matic CVT saat 30 ribu mil/48 ribu km serta kuras coolant radiator nya kalau mobil mau dipakai untuk jangka yg panjang . Itu saja yg saya lakukan selama piara mobil ini dgn driving style yg proper belum ada penggantian part kaki kaki sampai odo 56 ribu, cuma ganti 4 ban dan ganti aki saja serta karet wiper depan saja biaya bensinnya murah, pajak nya cuma 2.6 jt an per thn jadi betah piara nya[emoji3]
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 »

lambokz wrote:
arfs wrote: Mon Nov 26, 2018 4:49 Image

Hmm pantesan HR15DE yg baru kgk pake EGR lg...
Di ganti pakai cam overlap :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Jadi kelebihan dari Cam overlap vs EGR dimana nya ya?
sori nanya cetek :D
Kelebihannya pembakaran lbh stabil, meningkatkan effisiensi bahan bakar, ngurangin pumping loss mengurangi jumlah bahan bakar yang tidak terbakar.
Jawaban nya dari hasil membaca dan lihat gambar diatas. Kalau tidak tepat silahkan dikoreksi.

Sistem Dual Injector yg menggandakan jumlah injektor per silinder sehingga "mengurangi diameter tetesan bahan bakar utk menghasilkan pembakaran yg lebih stabil ".

Sistem ini jg di tambah Continuous Variabel Timing Control (CVTC) di sisi pembuangan ke Valve sisi asupan konvensional utk "meningkatkan efisiensi panas mengurangi pumping loss dan meningkatkan efisiensi bahan bakar" disinkronkan dgn dual injector.

Sistem injektor ganda juga menggunakan separuh jumlah logam langka di katalisnya serta "mengurangi jumlah bahan bakar yang tidak terbakar".

Desain siklus Atkinson dan EGR membantu efisiensi bahan bakar tetapi " tidak mencapai pembakaran yang benar-benar stabil"
karena kompresi dan suhu yang lebih rendah dari siklus Atkinson dan "refeeding gas buang yang tidak terbakar di ruang pembakaran dengan EGR".
Sementara sistem injektor ganda menggunakan 2 nozzle yg lebih kecil dgn sudut semprotan lebar dan mount lebih dekat dengan valve intake.
Dengan demikian di sistem injektor ganda tetesan bahan bakar yang lebih kecil ( kabut) dan berkontribusi "meningkatkan stabilitas pembakaran".
:glodak:
HR15DE 2014
lambokz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Sep 10, 2015 7:32
Daily Vehicle: GL HWS AT 11 - Lio MT13

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by lambokz »

Herman7103 wrote: Tue Nov 27, 2018 12:05
lambokz wrote:
arfs wrote: Mon Nov 26, 2018 4:49 Image

Hmm pantesan HR15DE yg baru kgk pake EGR lg...
Di ganti pakai cam overlap :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Jadi kelebihan dari Cam overlap vs EGR dimana nya ya?
sori nanya cetek :D
Kelebihannya pembakaran lbh stabil, meningkatkan effisiensi bahan bakar, ngurangin pumping loss mengurangi jumlah bahan bakar yang tidak terbakar.
Jawaban nya dari hasil membaca dan lihat gambar diatas. Kalau tidak tepat silahkan dikoreksi.

Sistem Dual Injector yg menggandakan jumlah injektor per silinder sehingga "mengurangi diameter tetesan bahan bakar utk menghasilkan pembakaran yg lebih stabil ".

Sistem ini jg di tambah Continuous Variabel Timing Control (CVTC) di sisi pembuangan ke Valve sisi asupan konvensional utk "meningkatkan efisiensi panas mengurangi pumping loss dan meningkatkan efisiensi bahan bakar" disinkronkan dgn dual injector.

Sistem injektor ganda juga menggunakan separuh jumlah logam langka di katalisnya serta "mengurangi jumlah bahan bakar yang tidak terbakar".

Desain siklus Atkinson dan EGR membantu efisiensi bahan bakar tetapi " tidak mencapai pembakaran yang benar-benar stabil"
karena kompresi dan suhu yang lebih rendah dari siklus Atkinson dan "refeeding gas buang yang tidak terbakar di ruang pembakaran dengan EGR".
Sementara sistem injektor ganda menggunakan 2 nozzle yg lebih kecil dgn sudut semprotan lebar dan mount lebih dekat dengan valve intake.
Dengan demikian di sistem injektor ganda tetesan bahan bakar yang lebih kecil ( kabut) dan berkontribusi "meningkatkan stabilitas pembakaran".
Siap... ane ngerti om jadinya

Tx om
lambokz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Sep 10, 2015 7:32
Daily Vehicle: GL HWS AT 11 - Lio MT13

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by lambokz »

Om, ane mau nanya ni...

mobil saya OGL 11 AT( jalan 74rb), beberpa hari ini baru nyadar.. kalau sudah jalan lbh dari 20 menit ada keanehan.
Setiap di rpm sekitar 1900 selalu nyendat ya, kalau sudah lewat lancar, bahkan sampai di gas rpm tinggi gak ada masalah.

gak enak ny pas di tol cruising di rpm segitu jadi terasa bngat.

Apa ada masalah di transmisi atau pengapian ya?

Mohon advise dari Om2 sekalian...
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs »

Oh jadi omongan executive high rank terpercaya nissan motor indonesia yg bilang injector kedua dari dual injector itu cuman kerja ketika saat mesin lg high load salah dong? :mky_03: :ngacir: :ngacir:

https://www.otosia.com/berita/hebatnya- ... -baru.html
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

nubie numpang nyimak di pojokan sambil makan kuaci ama kopi jahe dl..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 »

lambokz wrote:
Herman7103 wrote: Tue Nov 27, 2018 12:05
lambokz wrote: Jadi kelebihan dari Cam overlap vs EGR dimana nya ya?
sori nanya cetek :D
Kelebihannya pembakaran lbh stabil, meningkatkan effisiensi bahan bakar, ngurangin pumping loss mengurangi jumlah bahan bakar yang tidak terbakar.
Jawaban nya dari hasil membaca dan lihat gambar diatas. Kalau tidak tepat silahkan dikoreksi.

Sistem Dual Injector yg menggandakan jumlah injektor per silinder sehingga "mengurangi diameter tetesan bahan bakar utk menghasilkan pembakaran yg lebih stabil ".

Sistem ini jg di tambah Continuous Variabel Timing Control (CVTC) di sisi pembuangan ke Valve sisi asupan konvensional utk "meningkatkan efisiensi panas mengurangi pumping loss dan meningkatkan efisiensi bahan bakar" disinkronkan dgn dual injector.

Sistem injektor ganda juga menggunakan separuh jumlah logam langka di katalisnya serta "mengurangi jumlah bahan bakar yang tidak terbakar".

Desain siklus Atkinson dan EGR membantu efisiensi bahan bakar tetapi " tidak mencapai pembakaran yang benar-benar stabil"
karena kompresi dan suhu yang lebih rendah dari siklus Atkinson dan "refeeding gas buang yang tidak terbakar di ruang pembakaran dengan EGR".
Sementara sistem injektor ganda menggunakan 2 nozzle yg lebih kecil dgn sudut semprotan lebar dan mount lebih dekat dengan valve intake.
Dengan demikian di sistem injektor ganda tetesan bahan bakar yang lebih kecil ( kabut) dan berkontribusi "meningkatkan stabilitas pembakaran".
Siap... ane ngerti om jadinya

Tx om
Saya senang bila membantu om,
Ini link video untuk mesin HR16DE yg dual injector + CVTC mesin yg dipakai
Nissan All New Grand Livina yg dijual di Taiwan

NISSAN ALL NEW LIVINA Dual CVTC HR16DE節能引擎介紹- YouTubehttps://m.youtube.com › watch

sementara untuk Nissan All new grand Livina yg dijual mulai akhir Mei 2013 di Indonesia bermesin HR15DE dual injector + CVTC juga.
Kebetulan saya piara mobil nya (ANGL 1.5 SV CVT) dari tahun 2014 sampai sekarang ini. [emoji3]

:glodak:
HR15DE 2014
aryoajiwibowo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Fri Feb 12, 2016 7:50

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by aryoajiwibowo »

gils wrote: Mon Nov 26, 2018 2:31 Om om semua.. kemarin di tawarin sales nissan disc lumayan buat livina,belum di nego lagi..

Pertanyaan nya kira2 worth gak ya beli livina sekarang?

Thanks

Tahun 2017 saya beli bln sept dapat disc 50 mio ha...ha... makanya trus ambil ini mobil [emo-police]

Saya nyari kenyamanan aja om setelah perbandingan dg MPV2 yg ada, masalah perawatan dan keawetan tergantung kita2nya kok :off_good:
:big_smoking:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 »

Herman7103 wrote:
lambokz wrote:
Herman7103 wrote: Tue Nov 27, 2018 12:05 Kelebihannya pembakaran lbh stabil, meningkatkan effisiensi bahan bakar, ngurangin pumping loss mengurangi jumlah bahan bakar yang tidak terbakar.
Jawaban nya dari hasil membaca dan lihat gambar diatas. Kalau tidak tepat silahkan dikoreksi.

Sistem Dual Injector yg menggandakan jumlah injektor per silinder sehingga "mengurangi diameter tetesan bahan bakar utk menghasilkan pembakaran yg lebih stabil ".

Sistem ini jg di tambah Continuous Variabel Timing Control (CVTC) di sisi pembuangan ke Valve sisi asupan konvensional utk "meningkatkan efisiensi panas mengurangi pumping loss dan meningkatkan efisiensi bahan bakar" disinkronkan dgn dual injector.

Sistem injektor ganda juga menggunakan separuh jumlah logam langka di katalisnya serta "mengurangi jumlah bahan bakar yang tidak terbakar".

Desain siklus Atkinson dan EGR membantu efisiensi bahan bakar tetapi " tidak mencapai pembakaran yang benar-benar stabil"
karena kompresi dan suhu yang lebih rendah dari siklus Atkinson dan "refeeding gas buang yang tidak terbakar di ruang pembakaran dengan EGR".
Sementara sistem injektor ganda menggunakan 2 nozzle yg lebih kecil dgn sudut semprotan lebar dan mount lebih dekat dengan valve intake.
Dengan demikian di sistem injektor ganda tetesan bahan bakar yang lebih kecil ( kabut) dan berkontribusi "meningkatkan stabilitas pembakaran".
Siap... ane ngerti om jadinya

Tx om
Saya senang bila membantu om,
Ini link video untuk mesin HR16DE yg dual injector + CVTC mesin yg dipakai
Nissan All New Grand Livina yg dijual di Taiwan

NISSAN ALL NEW LIVINA Dual CVTC HR16DE節能引擎介紹- YouTubehttps://m.youtube.com › watch

sementara untuk Nissan All new grand Livina yg dijual mulai akhir Mei 2013 di Indonesia bermesin HR15DE dual injector + CVTC juga.
Kebetulan saya piara mobil nya (ANGL 1.5 SV CVT) dari tahun 2014 sampai sekarang ini. [emoji3]
Link video nya

https://m.youtube.com/watch?v=BC7-DbVJY0Y l
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by b8099ok »

EGR itu hanya utk menurunkan emisi. Tidak ada hubungannya dgn performa atau output mesin tersebut.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 »

aryoajiwibowo wrote:
gils wrote: Mon Nov 26, 2018 2:31 Om om semua.. kemarin di tawarin sales nissan disc lumayan buat livina,belum di nego lagi..

Pertanyaan nya kira2 worth gak ya beli livina sekarang?

Thanks

Tahun 2017 saya beli bln sept dapat disc 50 mio ha...ha... makanya trus ambil ini mobil [emo-police]

Saya nyari kenyamanan aja om setelah perbandingan dg MPV2 yg ada, masalah perawatan dan keawetan tergantung kita2nya kok :off_good:
Mantap om dapat discount 50 Mio, saya waktu beli di tahun 2014 belum nyampe 50 Mio discount nya tapi nett cash yg saya bayar saat itu masih worth banget bagi saya pribadi cuma 163 jutaan saja. Untuk masalah perawatan dan keawetan memang benar tergantung cara kita, pengetahuan kita dlm merawat nya serta driving style kita saat mengendarai mobil tsb. Driving style bagus, perawatannya bagus hasilnya bagus karena biaya maintenance nya standar saja, BBM irit dan membuat kita jarang ke bengkel[emoji3]. So far so good.
:glodak:
HR15DE 2014
baim2013
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Dec 03, 2018 5:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Livina

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by baim2013 »

Permisi Bang, mau tanya klo service klakson Livina daerah Jaksel, recomended nya dmn ya ? tiba2 mati niy klakson
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by P47hos »

baim2013 wrote: Mon Dec 03, 2018 6:03 Permisi Bang, mau tanya klo service klakson Livina daerah Jaksel, recomended nya dmn ya ? tiba2 mati niy klakson
Kabel fleksibel putus. DC 300-400rb, servis dimana aja yg bilang spesialis nissan bisa kerjain
justmrf
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Nov 19, 2018 8:21
Location: Palembang
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by justmrf »

lambokz wrote: Mon Nov 26, 2018 4:25
justmrf wrote: Mon Nov 19, 2018 8:30 Permisi suhu..
ane baru 2 bulan ini meminang OGL 2012 1.5Ultimate. keluhan yang ada:
1. bunyi tiktoktiktok kalau kita ngidupin sen mati. tapi lamu sen semua berfungsi.
2. kaki-kaki kalau lewat jalan tidak rata bunyi berisik, udah ganti shockbreaker bunyi tetepgak ilang. udah di cek di bengkel kaki-kaki pinggiran katanya semuanya oke. mungkin gak karet roti di stabilizer bar depan udah keras minta di ganti?
3. ngelitik hu.. pake pertalite, pertamax ngelitik parah.. tapi kalau pake pertamax turbo ngelitik hilang 100% tp tenaga agak berat. apa perlu di CC...
4. kalau di CC cabut busi lampu CE bakal hidup trs rpm bakal naik turun harus reset ECU gak?

terima kasih...
Bantu yang No1.
Saya OGL 2011 HWS juga gitu... tiap ke beres minta di cek...
Kata mereka speker suara dari speedo nya goyang.. di benerin dan bunyi lagi...
Ehhh gak berapa lama ilang suaranya... sekarang bunyi lagi tapi kecil bngat suaranya...
Semua bunyi tiktok sein, pengingat handbrake, kunci tertinggal, dari situ semua...

NO.2
Persis kayak saya, masalah di support shock depan. Harga nya lumayan juga tuhh

No.3
Gak pernah ngelitik sampai sekarang... tx :D (minimal pake pertalite, sering nya pertamax)
Trima kasih suhu bantuan nya...

No.1 : bener banget hu. Semua bunyi hilang..pengingat handbrake, semuanya. Kira2 benerin di beres kena berapa ya hu.

No.2 : tp kemarin habis ganti shock depan kata tukang bengkel masih bagus support shock kika nya hu..

No3 : kemarin sempet bersihin ruang bakar, bersihin egr. Tarikan enteng ngelitik hilang jg. Tp skrg penyakit tsb muncul lg. Apa pengaruh dibusi ya.. di ujung busi nya emang rada gosong dan nguning gitu..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by marmut »

justmrf wrote: Sat Dec 08, 2018 3:50

No3 : kemarin sempet bersihin ruang bakar, bersihin egr. Tarikan enteng ngelitik hilang jg. Tp skrg penyakit tsb muncul lg. Apa pengaruh dibusi ya.. di ujung busi nya emang rada gosong dan nguning gitu..

coba businya difoto lalu posting disini supaya bisa keliatan jelas.
umur busi sudah berapa lama?
pakai platinum atau iridium?
oli mesin pakai SAE berapa?
GunturSon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: Sat Aug 23, 2014 18:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by GunturSon »

Om sekalian tolong bantu untuk problem ogl saya ya
Setelah jalan 120k km

1. Saat kondisi macet & masuk gigi D,
Kemudian saat kompresor ac on/off atau Elec Fan nyala,
Itu rpm mesin drop sesaat, jarum sentuh 500rpm dan naik ke 600 an lg
dan drop rpm tsb bikin geter (ky mesin mau mati di transmisi manual kalau kecepetan lepas kopling)

Kondisi 100k km kmrn tune up+Ganti busi, tp masih ada problem tsb
Kira2 apa yang perlu di service / maintenance ya?

2. Bunyi dengung depan kiri mulai speed 60km, apakah pasti positif bearing? Atau ada perkiraan part lain?
Kalau ban nya masih baru bbrp bulan kmrn ganti

Nih mobil Lain nya awet2 aja sih tidak ada mslh
Terima kasih om sekalian :)

Oh ya Share aja, juga mau bereskan kaki depan glodakan
Beli part di toped champion sawah besar
Link stabilizer kw king steel : 2*99rb
Karet link stabilizer ori : 2*75rb
Bushing crossmember ori thai : 2*200rb
Swing arm ori utuh full set: 2*350rb (drpd ganti bushing doang mahal ongkos, mending sekalian full set)
Service harga pahe moga2 senyap kembali :)
eThex
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Dec 14, 2018 23:02
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nisan livina

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by eThex »

Salam kenal om semua..mohon pencerahannya.

Baru seminggu minang livina..mau tanya kalo mobil baru di nyalain trs gabisa lsg jalan kalo di Gigi D kenapa ya? Harus ke 1 trs kira2 200 meter baru bisa dioper ke 2 trs ke D..pusing kalo pagi buru2 mau anter anak sekolah gabisa lsg jalan 😢

Yg saya mau tanyain

- apakah bahaya kalo selalu mulai jalan pakai Gigi 1?

- Untuk perbaikannya kira2 butuh biaya berapa ya?

- Ada bengkel rekomendasi buat perbaiki matic dan
serivice mesin up livina selain beres?
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Jambangan »

eThex wrote: Sat Dec 15, 2018 0:40 Salam kenal om semua..mohon pencerahannya.

Baru seminggu minang livina..mau tanya kalo mobil baru di nyalain trs gabisa lsg jalan kalo di Gigi D kenapa ya? Harus ke 1 trs kira2 200 meter baru bisa dioper ke 2 trs ke D..pusing kalo pagi buru2 mau anter anak sekolah gabisa lsg jalan 😢

Yg saya mau tanyain

- apakah bahaya kalo selalu mulai jalan pakai Gigi 1?

- Untuk perbaikannya kira2 butuh biaya berapa ya?

- Ada bengkel rekomendasi buat perbaiki matic dan
serivice mesin up livina selain beres?
Ini all new GL apa old GL om??
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by P47hos »

GunturSon wrote: Mon Dec 10, 2018 19:19 Om sekalian tolong bantu untuk problem ogl saya ya
Setelah jalan 120k km

1. Saat kondisi macet & masuk gigi D,
Kemudian saat kompresor ac on/off atau Elec Fan nyala,
Itu rpm mesin drop sesaat, jarum sentuh 500rpm dan naik ke 600 an lg
dan drop rpm tsb bikin geter (ky mesin mau mati di transmisi manual kalau kecepetan lepas kopling)

Kondisi 100k km kmrn tune up+Ganti busi, tp masih ada problem tsb
Kira2 apa yang perlu di service / maintenance ya?

2. Bunyi dengung depan kiri mulai speed 60km, apakah pasti positif bearing? Atau ada perkiraan part lain?
Kalau ban nya masih baru bbrp bulan kmrn ganti

Nih mobil Lain nya awet2 aja sih tidak ada mslh
Terima kasih om sekalian :)

Oh ya Share aja, juga mau bereskan kaki depan glodakan
Beli part di toped champion sawah besar
Link stabilizer kw king steel : 2*99rb
Karet link stabilizer ori : 2*75rb
Bushing crossmember ori thai : 2*200rb
Swing arm ori utuh full set: 2*350rb (drpd ganti bushing doang mahal ongkos, mending sekalian full set)
Service harga pahe moga2 senyap kembali :)
1. Ga bisa jawab, punya saya manual.
2. Dengung positif bearing. DC +/- 550k kw. Ori nya mahal soalnya beres jual nya assy
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by P47hos »

eThex wrote: Sat Dec 15, 2018 0:40 Salam kenal om semua..mohon pencerahannya.

Baru seminggu minang livina..mau tanya kalo mobil baru di nyalain trs gabisa lsg jalan kalo di Gigi D kenapa ya? Harus ke 1 trs kira2 200 meter baru bisa dioper ke 2 trs ke D..pusing kalo pagi buru2 mau anter anak sekolah gabisa lsg jalan 😢

Yg saya mau tanyain

- apakah bahaya kalo selalu mulai jalan pakai Gigi 1?

- Untuk perbaikannya kira2 butuh biaya berapa ya?

- Ada bengkel rekomendasi buat perbaiki matic dan
serivice mesin up livina selain beres?
Kemungkinan selenoid nya lemah. Perbaikan bisa di bengkel spesialis transmisi matik, ga perlu be ke spesialis Nissan karena mereka nanti jg bawanya ke spesialis transmisi.
Bahaya nya transmisi lama2 jebol. Ga mau masuk D cuma main di 1-2
eThex
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Dec 14, 2018 23:02
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nisan livina

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by eThex »

Jambangan wrote: Sat Dec 15, 2018 2:25
eThex wrote: Sat Dec 15, 2018 0:40 Salam kenal om semua..mohon pencerahannya.

Baru seminggu minang livina..mau tanya kalo mobil baru di nyalain trs gabisa lsg jalan kalo di Gigi D kenapa ya? Harus ke 1 trs kira2 200 meter baru bisa dioper ke 2 trs ke D..pusing kalo pagi buru2 mau anter anak sekolah gabisa lsg jalan 😢

Yg saya mau tanyain

- apakah bahaya kalo selalu mulai jalan pakai Gigi 1?

- Untuk perbaikannya kira2 butuh biaya berapa ya?

- Ada bengkel rekomendasi buat perbaiki matic dan
serivice mesin up livina selain beres?
Ini all new GL apa old GL om??
GL lama om, ultimate 2010..
P47hos wrote: Sat Dec 15, 2018 2:45
eThex wrote: Sat Dec 15, 2018 0:40 Salam kenal om semua..mohon pencerahannya.

Baru seminggu minang livina..mau tanya kalo mobil baru di nyalain trs gabisa lsg jalan kalo di Gigi D kenapa ya? Harus ke 1 trs kira2 200 meter baru bisa dioper ke 2 trs ke D..pusing kalo pagi buru2 mau anter anak sekolah gabisa lsg jalan 😢

Yg saya mau tanyain

- apakah bahaya kalo selalu mulai jalan pakai Gigi 1?

- Untuk perbaikannya kira2 butuh biaya berapa ya?

- Ada bengkel rekomendasi buat perbaiki matic dan
serivice mesin up livina selain beres?
Kemungkinan selenoid nya lemah. Perbaikan bisa di bengkel spesialis transmisi matik, ga perlu be ke spesialis Nissan karena mereka nanti jg bawanya ke spesialis transmisi.
Bahaya nya transmisi lama2 jebol. Ga mau masuk D cuma main di 1-2
Oh gitu..iya saya mikir juga gitu takut jebol kl lama2 mulai jalan selalu dari 1.. punya rekomendasi bengkel specialist matic kah om? Seputaran Jakarta atau sekitarnya boleh..
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Greenhunter »

selamat natal para suhu SM.

numpang tanya. kalau OGL XV matic 2008 harus pakai oli matic beres atau bisa ga ti oli matic di bwngkel biasa ? oli maticnya pakai yang tipe apa ? KM skrg 120K

Feliz navidad.