Page 45 of 46

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Thu Apr 25, 2019 7:34
by MSU
serius avanza 1.3L ngelitik om? mobil ops kantor pake xenia..driver malah kadang iseng pindah gigi 1-3-5 atau kadang start dr 2 ga terdengar ngelitik.
mgkn udh ada anti knock sensornya

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Thu Apr 25, 2019 7:47
by irvansp
orang indonesia memang sangat percaya dengan brand. akan tetapi mengarah 2019 keatas sepertinya banyak pelanggan yang sudah mulai berganti gan jenis dan merek mobil

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Thu Apr 25, 2019 8:15
by boyindra1
punya saya yang 2018 seh ngak ngelitik..cuma nyentak nyentak di gigi1..mangkanya ngak pernah lama di gigi 1..bahkan sering jalan pelan banget pake gigi 2.

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Thu Apr 25, 2019 8:42
by Balalaika
irvansp wrote: Thu Apr 25, 2019 7:47 orang indonesia memang sangat percaya dengan brand. akan tetapi mengarah 2019 keatas sepertinya banyak pelanggan yang sudah mulai berganti gan jenis dan merek mobil
engga cuma di Indonesia sih.. tapi ya mau gimana lagi ya, kalo liat youtube channel org amrik ato eropa (check Scotty Kilmer, Hoovies Garage, Car Throttle dll)juga pasti bilangnya yg paling reliable ya Toyota/honda. bahkan di merk jepang pun Nissan ama mazda dinilai kurang reliable sama mereka.

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Thu Apr 25, 2019 9:06
by Herman7103
Kalau menurut saya pribadi tidak bisa di generalisir bahwa merk brand ini lebih realible atau durable dibandingkan brand lainnya. Kalau saya pribadi yang paling saya percayai adalah pengalaman kita sendiri, yang kita rasakan selama memiliki, mengendarai dan merawat mobil nya itu yg paling saya percayai bukan Scoty dll he..he.. he.. serta Makin mudah Merawatnya serta Murah Operasional Cost dll nya makin lama Mobil tsb Saya pelihara. Itu kalau saya pribadi [emoji2]
Balalaika wrote:
irvansp wrote: Thu Apr 25, 2019 7:47 orang indonesia memang sangat percaya dengan brand. akan tetapi mengarah 2019 keatas sepertinya banyak pelanggan yang sudah mulai berganti gan jenis dan merek mobil
engga cuma di Indonesia sih.. tapi ya mau gimana lagi ya, kalo liat youtube channel org amrik ato eropa (check Scotty Kilmer, Hoovies Garage, Car Throttle dll)juga pasti bilangnya yg paling reliable ya Toyota/honda. bahkan di merk jepang pun Nissan ama mazda dinilai kurang reliable sama mereka.

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Thu Apr 25, 2019 13:39
by silentIm2

Herman7103 wrote:Kalau menurut saya pribadi tidak bisa di generalisir bahwa merk brand ini lebih realible atau durable dibandingkan brand lainnya. Kalau saya pribadi yang paling saya percayai adalah pengalaman kita sendiri, yang kita rasakan selama memiliki, mengendarai dan merawat mobil nya itu yg paling saya percayai bukan Scoty dll he..he.. he.. serta Makin mudah Merawatnya serta Murah Operasional Cost dll nya makin lama Mobil tsb Saya pelihara. Itu kalau saya pribadi [emoji2]


Saya setuju om. Menurut saya pribadi, merek sekarang sudah cukup reliabel, biar merek terburuk pun juga sebanding sama reliabilitas toyota/honda 10 tahun yang lalu. Prinsipnya, makin canggih/ limited production mobil maka makin ringkih, pengalaman liat temen yang pernah pake S class sama BMW 330i. Tuh mobil mewah tapi bikin waswas di jalan, langganan towing minimal setahun sekali.

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Thu Apr 25, 2019 14:03
by Herman7103
Nissan cars memang mengalami anomali di Indo Market dan memang penjualannya dibawah dari market leader di indonesia, tapi di pasar otomotif terbesar di dunia justru terbalik, Nissan cars seperti Nissan Sylphie dengan varian mesin HR16DE 1.6-liter (93 kW/154Nm) or MRA8DE 1.8-liter engine (102 kW/174Nm) with a five-speed (six-speed in the 1.8) manual or CVT transmission serta varian EV zero emision bisa terjual jauh lebih banyak dari dari brand market leader di indonesia.

https://www.marklines.com/en/statistics ... china_2019

Michaelktp wrote:
rozanov wrote: Mon Apr 22, 2019 2:00 Dr angl ke avanza... bagi saya yg pernah punya xenia dan angl.. itu berasa downgrade... no offense yah to apansah loper... :mky_01:

Nyaman ama power angl masih setingkat di atas apansah... menurut sayah ya... :big_grin:
boyindra1 wrote: Sun Apr 21, 2019 14:04 saya baru aja ganti ANGL ke Avanza G 2018, salah satu alesan paling kuat adalah bini komplain..di GL sering mati saat keluar dari sekolah anak karena nanjak dan ngantri, pake avanza..ngak ada masalah itu..kkkekeke. Buat yang udah biasa mungkin bisa ke handle..tapi buat yang jarang bawa mobil..PR banget itu saat buru buru jalan malah mati mesinnya.

mengenai ndut ndutan...dulu saya punya Xenia 2004, 2007 dan 2011 dan sekarang punay 2018..penyakitnya sama....jalan gigi 1 ndut ndutan parah...tapi kalo udah masuk gigi 2..biasa aja seh..ngak pernah issue tuh saat AC idup dia nyentak..smooth aja. Semua mobil saya manual dan cuma xenia 2004 aja yang 1000cc..sisanya 1300 cc.
Yup downgrade sekali kalau dari Nissan GL turun ke Avanza secara semua aspek di Nissan GL apalagi yang 1.8L menang telak kecuali GC rendah dan space kabin sempit. Nah ini poin minus di Nissan GL sama seperti Honda Stream yang ngenes penjualannya walaupun FC lenih irit dan nyaman. Berbeda dengan Avanza yang tidak nyaman, limbung, FC termasuk boros walau displacement 1.3L, juga ngelitik dan memang hanya cocok sebagai people carrier saja. Ini lha yang akhirnya terdobrak oleh Xpander yang mempunyai GC tinggi dan brand image Mitsucars yang lebih kuat di Indo DM dan jauh lebih ditakuti market leader daripada Honda apalagi Nissan.
Screenshot_2019-04-25-20-05-43-448_com.opera.mini.native.jpeg

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Thu Apr 25, 2019 23:55
by Balalaika
Herman7103 wrote: Thu Apr 25, 2019 9:06 Kalau menurut saya pribadi tidak bisa di generalisir bahwa merk brand ini lebih realible atau durable dibandingkan brand lainnya. Kalau saya pribadi yang paling saya percayai adalah pengalaman kita sendiri, yang kita rasakan selama memiliki, mengendarai dan merawat mobil nya itu yg paling saya percayai bukan Scoty dll he..he.. he.. serta Makin mudah Merawatnya serta Murah Operasional Cost dll nya makin lama Mobil tsb Saya pelihara. Itu kalau saya pribadi [emoji2]
Balalaika wrote:
irvansp wrote: Thu Apr 25, 2019 7:47 orang indonesia memang sangat percaya dengan brand. akan tetapi mengarah 2019 keatas sepertinya banyak pelanggan yang sudah mulai berganti gan jenis dan merek mobil
engga cuma di Indonesia sih.. tapi ya mau gimana lagi ya, kalo liat youtube channel org amrik ato eropa (check Scotty Kilmer, Hoovies Garage, Car Throttle dll)juga pasti bilangnya yg paling reliable ya Toyota/honda. bahkan di merk jepang pun Nissan ama mazda dinilai kurang reliable sama mereka.
Definisi reliable setiap orang beda2 soalnya.. ada yang menganggap pemakaian 5-10 tahun aman aman maka mobil itu reliable.. nah yang begini biasa yang engga peduli merk.. Nah standard saya mobil itu gak merongrong ketika usianya 15-20 tahunan baru dikatakan reliable.. Dan kategori untuk ini ya so far puji Tuhan mercy saya masuk standard saya (usia 22 tahun), dan belum ada sedan jepang tahun segini yang masuk hitungan.. Karena kebanyakan sedan mereka FWD dan biasanya kaki2 uda minta jajan melebihi harga mobilnya.. Udah pernah liat twincam temen jajan 20jt+, altis saya jajan 10jt an utk kaki2 padahal baru berusia 8 tahun.. Mercy masih pake shock bawaan.. Nah keuntungan Avanza innova paling besar adalah mereka berani ambil RWD sedangkan merk pesaing hampir tidak ada yang berani kecuali plg terakhir Confero.. ditambah manual transmission reliability maka Confero sangat mungkin untuk meruntuhkan dominasi Avanza.. tapi untuk innova kayaknya masih susah, secara innova basisnya hilux yang biasa dipake di daerah 'keras' dan reliabilitynya cukup oke makanya harga secondnya bertahan

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Fri Apr 26, 2019 1:22
by silentIm2

Balalaika wrote:
Definisi reliable setiap orang beda2 soalnya.. ada yang menganggap pemakaian 5-10 tahun aman aman maka mobil itu reliable.. nah yang begini biasa yang engga peduli merk.. Nah standard saya mobil itu gak merongrong ketika usianya 15-20 tahunan baru dikatakan reliable.. Dan kategori untuk ini ya so far puji Tuhan mercy saya masuk standard saya (usia 22 tahun), dan belum ada sedan jepang tahun segini yang masuk hitungan.. Karena kebanyakan sedan mereka FWD dan biasanya kaki2 uda minta jajan melebihi harga mobilnya.. Udah pernah liat twincam temen jajan 20jt+, altis saya jajan 10jt an utk kaki2 padahal baru berusia 8 tahun.. Mercy masih pake shock bawaan.. Nah keuntungan Avanza innova paling besar adalah mereka berani ambil RWD sedangkan merk pesaing hampir tidak ada yang berani kecuali plg terakhir Confero.. ditambah manual transmission reliability maka Confero sangat mungkin untuk meruntuhkan dominasi Avanza.. tapi untuk innova kayaknya masih susah, secara innova basisnya hilux yang biasa dipake di daerah 'keras' dan reliabilitynya cukup oke makanya harga secondnya bertahan
15 tahun reliabel mah ga mungkin om. Apalagi kalo harganya suruh bersaing. Mobil 15 tahun tuh minimal paling engga sudah 200 ribu km. minimal sudah pasti servis AC & servis alternator. Kaki2 minimal shock depan paling engga udah ganti 2x. Kalo transmisi rajin ganti oli sih mungkin selamat (tapi bukunya toyota sendiri bilang a/t 80,000 km ganti oli, pengalaman terlalu panjang itu). Karet2 dah pada getas (power steering, engine mounting, bushing2, v belt). Grease bushing2nya dah kering kalo belum ganti (bunyi2), apalagi rata2 bushingnya ga ada nipple untuk suntik grease ulang kayak di truk.

Kalo 15 tahun tapi truk mitsubishi fuso / hino ranger/ isuzu giga mah iya baru bebas penyakit.

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Fri Apr 26, 2019 1:58
by Herman7103
Definisi reliable setiap orang beda2 kalau itu saya setuju tapi kalau di bilang brand .... ini pasti reliable semua product nya atau line up nya no way I don't belief at all he..he..he..
Yang penting menurut saya pribadi tetap Pengalaman selama memelihara mobil nya, mengendarai nya tanpa masalah, mudah merawatnya serta effisiensi bahan bakarnya yg ngak ribet karena dgn bbm termurah pun masih effisien serta no trouble in it's engine.[emoji2] Inti nya biaya Operasionalnya murah di jangka pendek maupun di jangka panjangnya.
Selama biaya operasional mobil nya di jangka yg sangat panjang tidak bikin dompet ownernya tipis atau kosong, realible and durable lah mobil tsb bagi saya pribadi.[emoji2]
Balalaika wrote:
Herman7103 wrote: Thu Apr 25, 2019 9:06 Kalau menurut saya pribadi tidak bisa di generalisir bahwa merk brand ini lebih realible atau durable dibandingkan brand lainnya. Kalau saya pribadi yang paling saya percayai adalah pengalaman kita sendiri, yang kita rasakan selama memiliki, mengendarai dan merawat mobil nya itu yg paling saya percayai bukan Scoty dll he..he.. he.. serta Makin mudah Merawatnya serta Murah Operasional Cost dll nya makin lama Mobil tsb Saya pelihara. Itu kalau saya pribadi [emoji2]
Balalaika wrote: engga cuma di Indonesia sih.. tapi ya mau gimana lagi ya, kalo liat youtube channel org amrik ato eropa (check Scotty Kilmer, Hoovies Garage, Car Throttle dll)juga pasti bilangnya yg paling reliable ya Toyota/honda. bahkan di merk jepang pun Nissan ama mazda dinilai kurang reliable sama mereka.
Definisi reliable setiap orang beda2 soalnya.. ada yang menganggap pemakaian 5-10 tahun aman aman maka mobil itu reliable.. nah yang begini biasa yang engga peduli merk.. Nah standard saya mobil itu gak merongrong ketika usianya 15-20 tahunan baru dikatakan reliable.. Dan kategori untuk ini ya so far puji Tuhan mercy saya masuk standard saya (usia 22 tahun), dan belum ada sedan jepang tahun segini yang masuk hitungan.. Karena kebanyakan sedan mereka FWD dan biasanya kaki2 uda minta jajan melebihi harga mobilnya.. Udah pernah liat twincam temen jajan 20jt+, altis saya jajan 10jt an utk kaki2 padahal baru berusia 8 tahun.. Mercy masih pake shock bawaan.. Nah keuntungan Avanza innova paling besar adalah mereka berani ambil RWD sedangkan merk pesaing hampir tidak ada yang berani kecuali plg terakhir Confero.. ditambah manual transmission reliability maka Confero sangat mungkin untuk meruntuhkan dominasi Avanza.. tapi untuk innova kayaknya masih susah, secara innova basisnya hilux yang biasa dipake di daerah 'keras' dan reliabilitynya cukup oke makanya harga secondnya bertahan

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Fri Apr 26, 2019 6:06
by Balalaika
silentIm2 wrote: Fri Apr 26, 2019 1:22
Balalaika wrote:
Definisi reliable setiap orang beda2 soalnya.. ada yang menganggap pemakaian 5-10 tahun aman aman maka mobil itu reliable.. nah yang begini biasa yang engga peduli merk.. Nah standard saya mobil itu gak merongrong ketika usianya 15-20 tahunan baru dikatakan reliable.. Dan kategori untuk ini ya so far puji Tuhan mercy saya masuk standard saya (usia 22 tahun), dan belum ada sedan jepang tahun segini yang masuk hitungan.. Karena kebanyakan sedan mereka FWD dan biasanya kaki2 uda minta jajan melebihi harga mobilnya.. Udah pernah liat twincam temen jajan 20jt+, altis saya jajan 10jt an utk kaki2 padahal baru berusia 8 tahun.. Mercy masih pake shock bawaan.. Nah keuntungan Avanza innova paling besar adalah mereka berani ambil RWD sedangkan merk pesaing hampir tidak ada yang berani kecuali plg terakhir Confero.. ditambah manual transmission reliability maka Confero sangat mungkin untuk meruntuhkan dominasi Avanza.. tapi untuk innova kayaknya masih susah, secara innova basisnya hilux yang biasa dipake di daerah 'keras' dan reliabilitynya cukup oke makanya harga secondnya bertahan
15 tahun reliabel mah ga mungkin om. Apalagi kalo harganya suruh bersaing. Mobil 15 tahun tuh minimal paling engga sudah 200 ribu km. minimal sudah pasti servis AC & servis alternator. Kaki2 minimal shock depan paling engga udah ganti 2x. Kalo transmisi rajin ganti oli sih mungkin selamat (tapi bukunya toyota sendiri bilang a/t 80,000 km ganti oli, pengalaman terlalu panjang itu). Karet2 dah pada getas (power steering, engine mounting, bushing2, v belt). Grease bushing2nya dah kering kalo belum ganti (bunyi2), apalagi rata2 bushingnya ga ada nipple untuk suntik grease ulang kayak di truk.

Kalo 15 tahun tapi truk mitsubishi fuso / hino ranger/ isuzu giga mah iya baru bebas penyakit.
Unfortunately tapi enggak semua mobil engga reliable di titik 15 tahun om. Servis alternator dan AC, bushing, shock, dan part karet lainnya itu wajar karena yaa namanya juga part karet. Dan sayangnya tidak semua kendaraan perlu ganti shock depan 2x, disinilah menangnya Avanza/innova karena RWD jadi nggak Nose-Heavy. Ini beberapa bagian yang saya kategorikan sebagai 'reliable':

1. Part mesin - 15 tahun apakah packing mulai masalah meski dirawat dengan baik? Tidak ada coolant atau oli yang rembes ke ruang mesin? Injector mobil diesel apakah sering bermasalah?
2. Automatic transmission - BMW E90/E60 user, Chevrolet Cruze, Xtrail 2009 kebawah user mungkin uda familiar sama masalah ini. Mobil yang reliable biasanya maticnya minta jajan ketika kmnya uda tinggi
3. Steering rack - Even Toyota kayak Alphard, Corolla Altis gak bisa memungkiri bahwa system EPS umumnya steering racknya ringkih. Dan ini rasanya penyakit rata-rata mobil sekarang.
4. Electrical - Meskipun membawa emblem Mercy, mobil saya elektrikalnya cukup simple karena tahun 97. Masih jauh lebih sederhana ketimbang MPV murah jaman sekarang yang sudah ada hill start assist, remote start stop engine, hill descent control, bahkan electric park brake. Lucunya kalo system ini error, rasanya uda gak bisa cuma dibawa ke bengkel pinggir jalan. Beda sama mobil2 simple kyk kendaraan saya yang cuma buka fuse box, ganti sekring dan berfungsi lagi.
5. Kaki-kaki - yup saya mention lagi kaki-kaki karena meskipun ini part yang umum seperti shockbreaker dan bushing, ini juga menyangkut part yang vital yaitu CV Joint depan. Tidak seperti CV Joint belakang pada mobil-mobil yang suspensinya independent, CV joint depan tugasnya lebih berat lagi karena harus menanggung gesekan ke segala arah. Akselerasi/Dekselerasi, Suspensi, dan Steering membuat gesekan pada CV joint ini ke segala arah dan terjadi setiap saat. Oleh karena itu CV joint ini harus dibuat dengan material yang tangguh, sedangkan pelindungnya biasa hanyalah karet CV joint boot yang berisikan grease dan jarang dilihat masyarakat umum. Disini Avanza/innova/confero menang karena mobil mobil ini sistemnya RWD sehingga tidak perlu pusing dengan bagian CV joint ini.

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Fri Apr 26, 2019 10:37
by Herman7103
Iya begitulah Om, pengalaman kita sendiri, melihat dan mendengar sendiri dari pengalaman saudara atau teman teman dekat dll yg punya mobil brand lain bisa menjadi masukkan terbaik bagi kita he..he... Beli mobil yg cost operationalnya rendah untuk dipelihara buat jangka panjang karena kita ngak mau jatuh miskin karena tingginya biaya perawatan mobil yg kita kendarai [emoji2]dan bukan karena memory atau kenangan masa lalu atau kisah kisah durabllitas mobil brand tsb di masa masa puluhan tahun yg lalu sebagai dasar penilaian dan mengeneralisir semua line up nya.
silentIm2 wrote:
Herman7103 wrote:Kalau menurut saya pribadi tidak bisa di generalisir bahwa merk brand ini lebih realible atau durable dibandingkan brand lainnya. Kalau saya pribadi yang paling saya percayai adalah pengalaman kita sendiri, yang kita rasakan selama memiliki, mengendarai dan merawat mobil nya itu yg paling saya percayai bukan Scoty dll he..he.. he.. serta Makin mudah Merawatnya serta Murah Operasional Cost dll nya makin lama Mobil tsb Saya pelihara. Itu kalau saya pribadi [emoji2]


Saya setuju om. Menurut saya pribadi, merek sekarang sudah cukup reliabel, biar merek terburuk pun juga sebanding sama reliabilitas toyota/honda 10 tahun yang lalu. Prinsipnya, makin canggih/ limited production mobil maka makin ringkih, pengalaman liat temen yang pernah pake S class sama BMW 330i. Tuh mobil mewah tapi bikin waswas di jalan, langganan towing minimal setahun sekali.

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Fri Apr 26, 2019 18:48
by liemivan86
Balalaika wrote:
silentIm2 wrote: Fri Apr 26, 2019 1:22
Balalaika wrote:
Definisi reliable setiap orang beda2 soalnya.. ada yang menganggap pemakaian 5-10 tahun aman aman maka mobil itu reliable.. nah yang begini biasa yang engga peduli merk.. Nah standard saya mobil itu gak merongrong ketika usianya 15-20 tahunan baru dikatakan reliable.. Dan kategori untuk ini ya so far puji Tuhan mercy saya masuk standard saya (usia 22 tahun), dan belum ada sedan jepang tahun segini yang masuk hitungan.. Karena kebanyakan sedan mereka FWD dan biasanya kaki2 uda minta jajan melebihi harga mobilnya.. Udah pernah liat twincam temen jajan 20jt+, altis saya jajan 10jt an utk kaki2 padahal baru berusia 8 tahun.. Mercy masih pake shock bawaan.. Nah keuntungan Avanza innova paling besar adalah mereka berani ambil RWD sedangkan merk pesaing hampir tidak ada yang berani kecuali plg terakhir Confero.. ditambah manual transmission reliability maka Confero sangat mungkin untuk meruntuhkan dominasi Avanza.. tapi untuk innova kayaknya masih susah, secara innova basisnya hilux yang biasa dipake di daerah 'keras' dan reliabilitynya cukup oke makanya harga secondnya bertahan
15 tahun reliabel mah ga mungkin om. Apalagi kalo harganya suruh bersaing. Mobil 15 tahun tuh minimal paling engga sudah 200 ribu km. minimal sudah pasti servis AC & servis alternator. Kaki2 minimal shock depan paling engga udah ganti 2x. Kalo transmisi rajin ganti oli sih mungkin selamat (tapi bukunya toyota sendiri bilang a/t 80,000 km ganti oli, pengalaman terlalu panjang itu). Karet2 dah pada getas (power steering, engine mounting, bushing2, v belt). Grease bushing2nya dah kering kalo belum ganti (bunyi2), apalagi rata2 bushingnya ga ada nipple untuk suntik grease ulang kayak di truk.

Kalo 15 tahun tapi truk mitsubishi fuso / hino ranger/ isuzu giga mah iya baru bebas penyakit.
Unfortunately tapi enggak semua mobil engga reliable di titik 15 tahun om. Servis alternator dan AC, bushing, shock, dan part karet lainnya itu wajar karena yaa namanya juga part karet. Dan sayangnya tidak semua kendaraan perlu ganti shock depan 2x, disinilah menangnya Avanza/innova karena RWD jadi nggak Nose-Heavy. Ini beberapa bagian yang saya kategorikan sebagai 'reliable':

1. Part mesin - 15 tahun apakah packing mulai masalah meski dirawat dengan baik? Tidak ada coolant atau oli yang rembes ke ruang mesin? Injector mobil diesel apakah sering bermasalah?
2. Automatic transmission - BMW E90/E60 user, Chevrolet Cruze, Xtrail 2009 kebawah user mungkin uda familiar sama masalah ini. Mobil yang reliable biasanya maticnya minta jajan ketika kmnya uda tinggi
3. Steering rack - Even Toyota kayak Alphard, Corolla Altis gak bisa memungkiri bahwa system EPS umumnya steering racknya ringkih. Dan ini rasanya penyakit rata-rata mobil sekarang.
4. Electrical - Meskipun membawa emblem Mercy, mobil saya elektrikalnya cukup simple karena tahun 97. Masih jauh lebih sederhana ketimbang MPV murah jaman sekarang yang sudah ada hill start assist, remote start stop engine, hill descent control, bahkan electric park brake. Lucunya kalo system ini error, rasanya uda gak bisa cuma dibawa ke bengkel pinggir jalan. Beda sama mobil2 simple kyk kendaraan saya yang cuma buka fuse box, ganti sekring dan berfungsi lagi.
5. Kaki-kaki - yup saya mention lagi kaki-kaki karena meskipun ini part yang umum seperti shockbreaker dan bushing, ini juga menyangkut part yang vital yaitu CV Joint depan. Tidak seperti CV Joint belakang pada mobil-mobil yang suspensinya independent, CV joint depan tugasnya lebih berat lagi karena harus menanggung gesekan ke segala arah. Akselerasi/Dekselerasi, Suspensi, dan Steering membuat gesekan pada CV joint ini ke segala arah dan terjadi setiap saat. Oleh karena itu CV joint ini harus dibuat dengan material yang tangguh, sedangkan pelindungnya biasa hanyalah karet CV joint boot yang berisikan grease dan jarang dilihat masyarakat umum. Disini Avanza/innova/confero menang karena mobil mobil ini sistemnya RWD sehingga tidak perlu pusing dengan bagian CV joint ini.
Saya agak bingung lho kalo dibilang Innova nda nose-heavy... Ha2...

Saya ada Innova lama dan sering coba Innova baru, sama-sama nose dive nya lebih parah dari X-trail saya.. Masalah nose dive sih IMHO Nda berhubungan dengan FWD RWD ya, tapi lebih ke kekerasan suspensi dan distribusi bobot mobil..

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Sat Apr 27, 2019 22:43
by Balalaika
liemivan86 wrote: Fri Apr 26, 2019 18:48
Saya ada Innova lama dan sering coba Innova baru, sama-sama nose dive nya lebih parah dari X-trail saya.. Masalah nose dive sih IMHO Nda berhubungan dengan FWD RWD ya, tapi lebih ke kekerasan suspensi dan distribusi bobot mobil..
Nose heavy dan distribusi bobot mobil sangat dipengaruhi yang namanya FWD dan RWD. Mobil FWD yang paling balance mungkin bobot depan belakang 60:40 sedangkan RWD yang gak balance mungkin 60:40 juga. Alasannya simple, karena komponen transmisi seluruhnya di depan. Innova kelihatannya nose heavy, tapi badannya Panjang kebelakang jadi weight distributionnya pun lain. Sewajarnya lebih nose heavy disbanding. CRV/SantaFe. Gampangnya diliat aja, mobil FWD pasti ban depannya habis duluan sehingga harus rotasi lebih sering daripada mobil RWD.

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Sun Apr 28, 2019 6:48
by silentIm2

Balalaika wrote:
liemivan86 wrote: Fri Apr 26, 2019 18:48
Saya ada Innova lama dan sering coba Innova baru, sama-sama nose dive nya lebih parah dari X-trail saya.. Masalah nose dive sih IMHO Nda berhubungan dengan FWD RWD ya, tapi lebih ke kekerasan suspensi dan distribusi bobot mobil..
Nose heavy dan distribusi bobot mobil sangat dipengaruhi yang namanya FWD dan RWD. Mobil FWD yang paling balance mungkin bobot depan belakang 60:40 sedangkan RWD yang gak balance mungkin 60:40 juga. Alasannya simple, karena komponen transmisi seluruhnya di depan. Innova kelihatannya nose heavy, tapi badannya Panjang kebelakang jadi weight distributionnya pun lain. Sewajarnya lebih nose heavy disbanding. CRV/SantaFe. Gampangnya diliat aja, mobil FWD pasti ban depannya habis duluan sehingga harus rotasi lebih sering daripada mobil RWD.
Kalau ban habis sih om karena ban itu ysng menyalurkan tenaga ke jalan. Kalo RWD ya ban belakang yang cepet habis. Sepeda motor juga ban belakang yang lebih cepat habis.

Tapi benar kata om CV joint salah satu kelemahan FWD. Karena CV joint di harus meneruskan putaran mesin, di sisi lain dia harus fleksibel mengikuti arah kemudi, dan mengikuti gerakan suspensi.

tapi umur CV joint lumayan lama, 5 - 10 tahun. Bahkan bapak saya masih pelihara Kia Sedona (Carnival) diesel lama, masih pake cv joint aslinya. Jarang jalan juga sih mobilnya. Padahal mobil berat itu.

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Sun Apr 28, 2019 16:16
by liemivan86
Balalaika wrote:
liemivan86 wrote: Fri Apr 26, 2019 18:48
Saya ada Innova lama dan sering coba Innova baru, sama-sama nose dive nya lebih parah dari X-trail saya.. Masalah nose dive sih IMHO Nda berhubungan dengan FWD RWD ya, tapi lebih ke kekerasan suspensi dan distribusi bobot mobil..
Nose heavy dan distribusi bobot mobil sangat dipengaruhi yang namanya FWD dan RWD. Mobil FWD yang paling balance mungkin bobot depan belakang 60:40 sedangkan RWD yang gak balance mungkin 60:40 juga. Alasannya simple, karena komponen transmisi seluruhnya di depan. Innova kelihatannya nose heavy, tapi badannya Panjang kebelakang jadi weight distributionnya pun lain. Sewajarnya lebih nose heavy disbanding. CRV/SantaFe. Gampangnya diliat aja, mobil FWD pasti ban depannya habis duluan sehingga harus rotasi lebih sering daripada mobil RWD.
Siap om. Saya salah baca. Yang dimaksud ternyata nose heavy ini berhubungan dengan distribusi bobot, bukan masalah nose dive.. Mohon maaf..

Betul, kalo soal distribusi bobot, memang mobil RWD lebih merata bobot nya, walaupun kalo medium MPV, apalagi LMPV yang paling menentukan distribusi bobot adalah penumpang nya..

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Sun Apr 28, 2019 17:49
by ders

Herman7103 wrote:Iya begitulah Om, pengalaman kita sendiri, melihat dan mendengar sendiri dari pengalaman saudara atau teman teman dekat dll yg punya mobil brand lain bisa menjadi masukkan terbaik bagi kita he..he... Beli mobil yg cost operationalnya rendah untuk dipelihara buat jangka panjang karena kita ngak mau jatuh miskin karena tingginya biaya perawatan mobil yg kita kendarai [emoji2]dan bukan karena memory atau kenangan masa lalu atau kisah kisah durabllitas mobil brand tsb di masa masa puluhan tahun yg lalu sebagai dasar penilaian dan mengeneralisir semua line up nya.
silentIm2 wrote:
thats it om.. mayoritas kita masih base on reference sdr sodara/teman/tetangga dll saat kita mau pilih/beli mobil..
sedangkan pilihan berdasar fungsi masih menjadi nomor sekian..

pemahaman seperti itulah yg membuat stigma RV sebuah toyota menjadi besar.. and more bigger..

but its nature loh.. ya suka ndak suka.. gara2
Herman7103 wrote:Iya begitulah Om, pengalaman kita sendiri, melihat dan mendengar sendiri dari pengalaman saudara atau teman teman dekat dll yg punya mobil brand lain bisa menjadi masukkan terbaik bagi kita he..he... Beli mobil yg cost operationalnya rendah untuk dipelihara buat jangka panjang karena kita ngak mau jatuh miskin karena tingginya biaya perawatan mobil yg kita kendarai [emoji2]dan bukan karena memory atau kenangan masa lalu atau kisah kisah durabllitas mobil brand tsb di masa masa puluhan tahun yg lalu sebagai dasar penilaian dan mengeneralisir semua line up nya.
Herman7103 wrote:Iya begitulah Om, pengalaman kita sendiri, melihat dan mendengar sendiri dari pengalaman saudara atau teman teman dekat dll yg punya mobil brand lain bisa menjadi masukkan terbaik bagi kita he..he... Beli mobil yg cost operationalnya rendah untuk dipelihara buat jangka panjang karena kita ngak mau jatuh miskin karena tingginya biaya perawatan mobil yg kita kendarai [emoji2]dan bukan karena memory atau kenangan masa lalu atau kisah kisah durabllitas mobil brand tsb di masa masa puluhan tahun yg lalu sebagai dasar penilaian dan mengeneralisir semua line up nya.

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Tue Apr 30, 2019 2:44
by Michaelktp
MSU wrote: Thu Apr 25, 2019 7:34 serius avanza 1.3L ngelitik om? mobil ops kantor pake xenia..driver malah kadang iseng pindah gigi 1-3-5 atau kadang start dr 2 ga terdengar ngelitik.
mgkn udh ada anti knock sensornya
Yup, K3-VE 1 3L M/T di ANA batch awal akhir 2011 ngelitik terutama saat stop and go apalagi kalau di tanjakan lebih terasa lagi. BBM ganti ke RON 90 tetap sama saja. Setelah saya cari-cari tentang info CR K3-VE ternyata tinggi juga di 10,3:1. Lebih rendah sedikit saja dari Nissan HR15DE yang 10,5:1 ckckck
Padahal dulu juga pelihara AvXen K3-DE rakitan PT ADM awal 2004 sampai dijual tahun 2012 tetap tidak ngelitik walaupun pakai RON 88. Juga terasa enak responsif di tanjakan padahal mesin K3-DE/VE juga sama dari Daihatsu YR-V 1 3L yang dipretelin Turbonya
Perbedaannya jelas K3-DE tahun 2004 masih CBU Daihatsu Japan sementara K3-VE sejak tahun 2010 sudah mulai dirakit PT. TMMIN di Karawang Plant. Jadi mungkin sudah ketularan karakter mesin triple elips yang lemot hahaha

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Mon Jul 15, 2019 4:39
by pcx
Pengalaman nubie beberapa kali numpang taxol calsig yg notabene mesin Daiha pun ngelitik jg :e-snooty:

Padahal driver bilang diisi pertamax tapi pasrah dibiarin aza :shrug:

Jadi ga heran kalo mesin Avanxen ngelitik jg dan Esblender bisa membuat TAM repot dan emosi jiwa wkwkkwk
Nubie feeling mesin Daiha zaman now udah ga setahan banting kayak dulu lage :mrgreen:

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Mon Jul 15, 2019 8:15
by supriyadi
Karena ada Grab. Usia mobil Grab maksimal 5 tahun. Diatas 5 tahun harus ganti baru. Ujung2nya ya Avxen, Calsig, 😆😆😆

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Wed Mar 11, 2020 8:45
by henbob
ngeramein ahhh..

kalo mnrt gw emang dominasi kedua jenis mobil itu emang mantep, yg paling penting itu ga rewel. Kalo rewel, ngapain punya mobil? naek ojol aja. hehehhe.

Utk realiable mnrt gw tuh, ga ribet kalo service sendiri. Kalo service sendiri aja ribet dan harus ke bengkel itu jadi minus buat gw.. wkkwkwkw. Sparepart masih ada, walopun mobil jadul kyk starlet pake FWD (CV joint) gw pernah pake yg tahun 1984 masih awet aja tuh gw buat kluar kota dari brunei ke sabah dan Miri bolak balik masih strong.. corolla twincam ato kijang kotak.

Sama pelayanan di beres itu efisien bgt utk A2knya, dibanding merk S itu jadul bgt beresnya. Kalo H blom pernah punyak. hihihihi.

Udah terbukti klo merk 2 mobil itu dipake dipertambangan dan survive sampek skrng ini. Bokap dulu bandingin dgn merk mobil lainnya termasuk G*C, Hum**r, dan F. Yg strong itu tetep T aja, kalo merk I itu lumayan jg. Walopun bnyk yg bilang kopongan, jadul, mobil sejuta umat dan mahal. hehehehe.

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Sat Aug 22, 2020 10:17
by adri31
bulan juli, avanza-innova tidak nomer satu lagi, akhirnya kalah sama saudaranya yg lebih tinggi, fortuner
ternyata butuhnya virus untuk mengalahkan avanza-innova. bukan butuh mobil yg lebih murah, lebih canggih, atau lebih menarik modelnya

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Sat Aug 22, 2020 15:48
by bangrosi
adri31 wrote:bulan juli, avanza-innova tidak nomer satu lagi, akhirnya kalah sama saudaranya yg lebih tinggi, fortuner
ternyata butuhnya virus untuk mengalahkan avanza-innova. bukan butuh mobil yg lebih murah, lebih canggih, atau lebih menarik modelnya
Sebenernya dari dulu avanza ini bkn nomor satu tapi msh dibawah kijang innova.kalo dihitung total nominal nya.

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Sat Aug 22, 2020 16:24
by AR93
Yang bisa meruntuhkan Avanza-Innova ya Toyota sendiri. Liat aja taun depan pas mereka ngeluarin MPV baru...

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Posted: Sun Aug 23, 2020 15:57
by bangrosi
AR93 wrote:Yang bisa meruntuhkan Avanza-Innova ya Toyota sendiri. Liat aja taun depan pas mereka ngeluarin MPV baru...
Skr penjualan bkn Juli 2020 akhirnya di kalahkan sama Suzuki Carry dalam penjualan.