Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor » 14 Mar 2018, 17:16

Senargitar wrote:
14 Mar 2018, 16:58
udah runtuh tuh... seberapa lama runtuhnya? bakal mendominasi lagikah? itu yang menarik utk ditunggu
Nah itu.

Feeling ane sih kuartal 2 bakal jd raja lg sih. Astra gitu loh, yg dijual kan bukan produknya, tp brand image nya.

:mky_04: :mky_04:

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2764
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ginting » 14 Mar 2018, 17:59

evanbngdor wrote:
Senargitar wrote:
14 Mar 2018, 16:58
udah runtuh tuh... seberapa lama runtuhnya? bakal mendominasi lagikah? itu yang menarik utk ditunggu
Nah itu.

Feeling ane sih kuartal 2 bakal jd raja lg sih. Astra gitu loh, yg dijual kan bukan produknya, tp brand image nya.

:mky_04: :mky_04:
tapi ada masanya orang mulai logis bahwa kalo beli mobil itu bukam beli merek


merek itu kan refleksi dari barangnya. jadi kalo brand kuat tp lama lama udah gak ada apa apa lagi, ya org berpaling

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Herman7103 » 14 Mar 2018, 18:32

Milihat data ttl penjualan Avanza feb ini yg dibawah ttl penjualan Expander dan bila terjadi terus begini beberapa bln kedepan ada kemungkinan minor/major facelift or versi avanza Tigre atau mungkin model masa depan yg FWD yg pernah tampil di pameran otomotif tahun sebelumnya diproduksi. Krn semua major competitor nya FWD semua krn ngejar fuel efficiency. Tapi yg paling tahu tentu pentinggi Toyota.
:glodak:
HR15DE 2014

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 875
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by liemivan86 » 14 Mar 2018, 20:27


ginting wrote: tapi ada masanya orang mulai logis bahwa kalo beli mobil itu bukam beli merek


merek itu kan refleksi dari barangnya. jadi kalo brand kuat tp lama lama udah gak ada apa apa lagi, ya org berpaling
Kalo soal ini sih kayak ya Honda yang bakal paling terpukul. Soalnya kalo Toyota, masih ada image (dan memang kenyataan nya seperti itu) bahwa produk Toyota tahan banting, sparepart murah, perawatan mudah. Karena itu avanza dan Innova masih dipertahankan ladder frame dan RWD.

Sedangkan Honda, uda nda tahan banting, perawatan mahal, sparepart mahal, build quality jelek, lengkap dah..

shibui
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 13 Feb 2018, 15:33

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by shibui » 14 Mar 2018, 20:34

liemivan86 wrote:
14 Mar 2018, 20:27
ginting wrote: tapi ada masanya orang mulai logis bahwa kalo beli mobil itu bukam beli merek


merek itu kan refleksi dari barangnya. jadi kalo brand kuat tp lama lama udah gak ada apa apa lagi, ya org berpaling
Kalo soal ini sih kayak ya Honda yang bakal paling terpukul. Soalnya kalo Toyota, masih ada image (dan memang kenyataan nya seperti itu) bahwa produk Toyota tahan banting, sparepart murah, perawatan mudah. Karena itu avanza dan Innova masih dipertahankan ladder frame dan RWD.

Sedangkan Honda, uda nda tahan banting, perawatan mahal, sparepart mahal, build quality jelek, lengkap dah..
Kata siapa? Itu fortuner innova jedag jedug.

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1608
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by coklatMetalik » 14 Mar 2018, 21:11

Tp bukannya data penjualan yg ada di media itu pengiriman mobil dr pabrik ke dealer ya?

Kalo iya, mungkin expander angkanya jd tinggi krn utk menebus inden yg bejibun?

Nanti ssdh inden kelar semua mungkin turun lg

CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1606
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by kunaskun » 15 Mar 2018, 00:46

kalau mitsubishi disuruh sendirian tempur ya ga akan kuat, inget dulu gimana nissan perkasa banget, terus melempem... macem kehabisan energi. gitu juga suzuki (ya satu induk juga si). sebenernya si mr John Peace udah bagus tahun2 lalu dengan mak erot platform brio (yg dari jazz) tapi belakangan malah melempem juga.. karena ya emang ga ada yang sekuat daitoyo buat urusan marathon selain duit juga faktor pabrikas dan tentunya daya saing untuk teken harga part karena monopoli jadi margin tetep bagus biarpun perang diskon, belom bicara soal ratanya kualitas sales dan service. ga usah bicara soal ford atau merek lain, rata2 hanya kuat di awal, sisanya ya emang bener brand image. apalagi brand image hasil katnaya pedege mobkas dan katanya bengkel entah siapa lah itu. lama2 efeknya kuat dan mukul itu brand.

monopoli itu bagus, tapi kalau marketnya seneng2 saja ya ga berasa kan... lah udah biasa dimonopoli dikasi yang lain ya begitulah.

feeling saya ga sampe kuartal ketiga juga itu xpander sudah menurun dan seperti biasanya duo kaleng berjaya lagi.

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by lemonadelovers » 15 Mar 2018, 06:08

Kalau sudah berhasil bersaing jgn lupa “koordinasi” dengan media mainstream supaya gak kena black champaign

mobilkutu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 276
Joined: 16 Dec 2015, 09:27

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by mobilkutu » 15 Mar 2018, 07:22

coklatMetalik wrote:
14 Mar 2018, 21:11
Tp bukannya data penjualan yg ada di media itu pengiriman mobil dr pabrik ke dealer ya?

Kalo iya, mungkin expander angkanya jd tinggi krn utk menebus inden yg bejibun?

Nanti ssdh inden kelar semua mungkin turun lg

CMIIW
Kegerus sodara sendiri menurut gw, org mau beli avanza jadi lari ke toyota rush terbaru atau terios, kan tinggi bgt tuh penjualan rush 3000lebih.

Dipikir2 ambil avanza bagusan rush lebih ganteng safety lebih lengkap. Fitur apalagi.

Soalnya seheboh2 nya mobilio ertiga, gak ada yg bs ngalahin avanza.

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor » 15 Mar 2018, 08:05

ginting wrote:
14 Mar 2018, 17:59
evanbngdor wrote:
Senargitar wrote:
14 Mar 2018, 16:58
udah runtuh tuh... seberapa lama runtuhnya? bakal mendominasi lagikah? itu yang menarik utk ditunggu
Nah itu.

Feeling ane sih kuartal 2 bakal jd raja lg sih. Astra gitu loh, yg dijual kan bukan produknya, tp brand image nya.

:mky_04: :mky_04:
tapi ada masanya orang mulai logis bahwa kalo beli mobil itu bukam beli merek


merek itu kan refleksi dari barangnya. jadi kalo brand kuat tp lama lama udah gak ada apa apa lagi, ya org berpaling
Ini kalo bicara jualan B to C sih masuk akal, konsumen mulai ada yg berpaling. Bahkan lumayan banyak yg beli Xpander ketimbang Avanza untuk pemakaian pribadi

Tp kalo udah bicara B to B sih astra grup msh di atas awan om, kan selama ini penjualan terbesarnya bukan B to C, tp B to B.

B to B sih cukup jual brand aja, apalagi kalo udah bicara resale value, astra grup masih belom ada yg ngelawan lah.

User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 775
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Bulgogi » 15 Mar 2018, 08:28

evanbngdor wrote: Ini kalo bicara jualan B to C sih masuk akal, konsumen mulai ada yg berpaling. Bahkan lumayan banyak yg beli Xpander ketimbang Avanza untuk pemakaian pribadi

Tp kalo udah bicara B to B sih astra grup msh di atas awan om, kan selama ini penjualan terbesarnya bukan B to C, tp B to B.

B to B sih cukup jual brand aja, apalagi kalo udah bicara resale value, astra grup masih belom ada yg ngelawan lah.
Ngomongin B to B, avanza ini mobil badak termurah.. termurah segalanya.. andai panther seharga avanza coorporate pasti lari ke panther semua..

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1721
Joined: 17 Aug 2015, 13:32

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by martinnn » 15 Mar 2018, 08:36

dulu orang bilang nokia too big to fail.... akhirnya fail juga.... samsung...dan brand elektronik jepang uda kolaps...tinggal tunggu roda berputar

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor » 15 Mar 2018, 08:40

Bulgogi wrote:
15 Mar 2018, 08:28
evanbngdor wrote: Ini kalo bicara jualan B to C sih masuk akal, konsumen mulai ada yg berpaling. Bahkan lumayan banyak yg beli Xpander ketimbang Avanza untuk pemakaian pribadi

Tp kalo udah bicara B to B sih astra grup msh di atas awan om, kan selama ini penjualan terbesarnya bukan B to C, tp B to B.

B to B sih cukup jual brand aja, apalagi kalo udah bicara resale value, astra grup masih belom ada yg ngelawan lah.
Ngomongin B to B, avanza ini mobil badak termurah.. termurah segalanya.. andai panther seharga avanza coorporate pasti lari ke panther semua..
Nah itu dia om. Selama msh berada di bawah payung astra sih pasti akan banyak jualannya.

Apalagi kalo udah bicarain resale value, untuk kebutuhan perusahaan sih secara nilai buku di tahun ke 5 mungkin udah 0, tp kalo dapet surplus lebih tinggi dr harga jualnya ya why not ketimbang beli merek lain yg mungkin surplusnya ngga segede ini.

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2328
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by b8099ok » 15 Mar 2018, 09:50

Semoga tam insap dan segera launch agya, calya, avanza dan rush pake mesin 1nd, 1kd atau 1gd,... :ngacir:
Tune and drive! :big_love:

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 25 Jan 2016, 18:40

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by arfs » 15 Mar 2018, 10:46

b8099ok wrote:Semoga tam insap dan segera launch agya, calya, avanza dan rush pake mesin 1nd, 1kd atau 1gd,... :ngacir:
Mesti lo jd petinggi nya TAM dulu baru keluar semua hatchback, lcgc, lmpv atoyot pake mesin dijel semua... Image Image Image
“We don’t need myths, we need examples to be followed.
Examples of courage, determination, hope.
We need to believe it’s possible to win.
And it is our duty to pursue it” - Ayrton Senna da Silva

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2328
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by b8099ok » 15 Mar 2018, 10:59

arfs wrote:
15 Mar 2018, 10:46
b8099ok wrote:Semoga tam insap dan segera launch agya, calya, avanza dan rush pake mesin 1nd, 1kd atau 1gd,... :ngacir:
Mesti lo jd petinggi nya TAM dulu baru keluar semua hatchback, lcgc, lmpv atoyot pake mesin dijel semua... Image Image Image
Also awd and 10 speed AT :emo-big_love:
Tune and drive! :big_love:

User avatar
Harchi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 460
Joined: 08 Dec 2012, 17:14

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Harchi » 15 Mar 2018, 11:17

Jgn senang dulu, klo aanza digabung xenia masih dominan jg. Tp setuju klo untuk user perorangan kayaknya xpander udah menang (semoga). Semoga bln2 berikutnya jg bukan avanza lagi yg no 1, biar ada persaingan yg sehat
If you can't stop thinking about it...buy it!!!

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2764
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ginting » 15 Mar 2018, 13:07

b8099ok wrote:
15 Mar 2018, 10:59
arfs wrote:
15 Mar 2018, 10:46
b8099ok wrote:Semoga tam insap dan segera launch agya, calya, avanza dan rush pake mesin 1nd, 1kd atau 1gd,... :ngacir:
Mesti lo jd petinggi nya TAM dulu baru keluar semua hatchback, lcgc, lmpv atoyot pake mesin dijel semua... Image Image Image
Also awd and 10 speed AT :emo-big_love:
pake peresan Samtjan sebagai cooling olil buat turbo yang 15 billet... :mky_07: :mky_07:

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by lemonadelovers » 15 Mar 2018, 13:18

Salah satu faktor keruntuhan: resale value semua mobil sama2 anjlok, dulu kan RV terjaga bikin extra point buat dia

marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 637
Joined: 04 Feb 2010, 15:44

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by marama » 15 Mar 2018, 14:23

Ada yang punya data g ya untuk pemakaian pribadi di jabodetabek penjualan avanza brp unit? saya perhatikan kok di jakarta khususnya semakin sedikit org pribadi membeli avanza (larinya kl g xpander, ertiga, mobilio), kec bicara taxol rental dan mbl fleet kantor yaa ini sih avanza g ada saingan

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor » 15 Mar 2018, 14:37

marama wrote:
15 Mar 2018, 14:23
Ada yang punya data g ya untuk pemakaian pribadi di jabodetabek penjualan avanza brp unit? saya perhatikan kok di jakarta khususnya semakin sedikit org pribadi membeli avanza (larinya kl g xpander, ertiga, mobilio), kec bicara taxol rental dan mbl fleet kantor yaa ini sih avanza g ada saingan
Di kota-kota besar sih Avanza udah mulai tidak dominan, meskipun masih sering bgt ngeliat.

Tp di kota-kota luar Pulau Jawa sih Avanza msh dominan, pas terakhir saya ke bengkulu, hampir semua Avanza. Di Jambi jg Avanza msh dominan.

Ada Sodara yg tinggal di kedua kota itu, Avanza msh jd favorit apalagi buat jd mobil pertama brand new.

marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 637
Joined: 04 Feb 2010, 15:44

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by marama » 15 Mar 2018, 14:58

evanbngdor wrote:
15 Mar 2018, 14:37

Di kota-kota besar sih Avanza udah mulai tidak dominan, meskipun masih sering bgt ngeliat.

Tp di kota-kota luar Pulau Jawa sih Avanza msh dominan, pas terakhir saya ke bengkulu, hampir semua Avanza. Di Jambi jg Avanza msh dominan.

Ada Sodara yg tinggal di kedua kota itu, Avanza msh jd favorit apalagi buat jd mobil pertama brand new.
Penyebarannya lbh merata ya brarti avanza ke pelosok2 indonesia

Tats
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: 01 Oct 2017, 12:36

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Tats » 15 Mar 2018, 15:15

martinnn wrote:
15 Mar 2018, 08:36
dulu orang bilang nokia too big to fail.... akhirnya fail juga.... samsung...dan brand elektronik jepang uda kolaps...tinggal tunggu roda berputar
Beaten by huawei (in smartphone market) doesn't mean samsung failing as a suceessfull electronic brand
Profit dan inovasi dari samsung menurut sy masih yg terbaik di industri elektronik
Berbeda dari nokia yg waktu itu kalah inovasi, kalah dari apple bahkan di market indo kalah dari BB
Nokia masih mengandalkan reliabilitas dan kamera, sedangkan rivalnya sudah main di software dan fitur
Nokia akhirnya buat windows phone yg aplikasinya jauh sekali dalam hal jumlah dan kualitasnya dibanding android dan IOS
Whatsapp sj tidak serius mengembangkan aplikasinya di windows, terbukti dari adanya fitur2 yg tidak lengkap
Hancur lah nokia...

Taktik serupa yg diandalkan TAM, produk yang mengandalkan reliabilitas sebagai keunggulan
Hanya sj perilaku konsumen di pasar otomotif dan HP pasti berbeda
Hp kan sekarang sudah jd kebutuhan mayoritas masy indo (bukan barang mewah lagi)
Sekarang iphone X bisa di cicil di bawah 1 jutaan/ bulan, iphonenya hilang tinggal nyicil xiaomi
Kalau di indo, mobil itu barang mahal yg susah dibeli mayoritas masyarakatnya
Semakin bagus reliabilitynya, semakin rendah resikonya kan?
Tentu orang yg hanya memakai mobil untuk transportasi memilih mobil yg reliable tanpa embel2 fitur dll
Namun ada sedikit pergeseran dimana selain reliability, org juga mencari gengsi
"Beli expander ah kyknya lebih keliatan mewah dibanding pakai avanza" sorry to say tp kenyataannya emg begitu
Makanya expander sementara bisa unggul, khususnya untuk pasar end user ya, kalau fleet sy gatau
Tapi ingat, toyota kan bukan hanya avanza dan mitsu bukan hanya expander
Avanza dikalahin expander bukan berarti TAM bakal kyk nokia juga hahaha
Ya kita tunggu sj apa yg akan dilakukan toyota nanti, apakah akan jadi seperti nokia atau seperti samsung

Namun sy setuju om martin, sy merasa kurang nyaman dgn culture kerja org jepang di negaranya yg senioritas
Pernah kunjungan perusahaan ke jepang di salah satu perusahaan elektronik terbesar di sana dgn inisial "S"
CEO nya kalau makan di restoran dgn tamunya (kebetulan itu sy dan ayah sy), staff nya disuruh tunggu di luar ga dikasih apa2
Jangan salah, staff nya yg nunggu di luar itu udah punya jabatan sebagai head manager ke atas loh itu, umurnya 40-50 taunan
Dalam hati sy, "kalau bosnya kaku begini, Gimana caranya staff menyampaikan ide2 kreatif dan inovatifnya ya?"
Tinggal tunggu waktu aja deh...

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1608
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by coklatMetalik » 15 Mar 2018, 16:18

Smp skrg kyknya sy lbh sering liat avanza all new drpd avanza grand new

Beda dgn ipah, sy lbh sering liat ANKI drpd dono
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: 26 Aug 2013, 12:50

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by patrickstar » 15 Mar 2018, 16:59

Tats wrote:
15 Mar 2018, 15:15
Namun sy setuju om martin, sy merasa kurang nyaman dgn culture kerja org jepang di negaranya yg senioritas
Pernah kunjungan perusahaan ke jepang di salah satu perusahaan elektronik terbesar di sana dgn inisial "S"
CEO nya kalau makan di restoran dgn tamunya (kebetulan itu sy dan ayah sy), staff nya disuruh tunggu di luar ga dikasih apa2
Jangan salah, staff nya yg nunggu di luar itu udah punya jabatan sebagai head manager ke atas loh itu, umurnya 40-50 taunan
Dalam hati sy, "kalau bosnya kaku begini, Gimana caranya staff menyampaikan ide2 kreatif dan inovatifnya ya?"
Tinggal tunggu waktu aja deh...
Betul yg Om Tats bilang, salah satu faktor kekalahan Jepang vs Korsel ( salah satunya di dunia Elektronik ), disebabkan budaya kerja yg terlalu kaku.
Sehingga ide-ide dari generasi muda tidak terakomodir, jadinya pengembangannya susah.
Plusnya nasionalisme tinggi, kalo bisa seisi kantor di Indo diisi barang import Jepang semua.

Btw, ngomongin kondisi Jepang, semenjak Elektronik pada jatuh, Jepang mulai berubah haluan ke arah pariwisata, itu info dari Tour Guide saya.
Makanya sekrg harga tiket ke Jepang semakin murah, akses masuk kesana dipermudah. Ngga heran artis-artis pada berbondong-bondong kesana, bahkan yg rombongan Kantor banyak diarahkan kesana.

Post Reply

Return to “MPV Types”