Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1461
Joined: 26 Aug 2012, 19:36
Location: Riau
Contact:

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by grandis_GT » 24 Jan 2018, 23:48

Hakimnya udah di sumpel duluan om pake dolar :ngacir:
The Art of Luxury

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7234
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by newrubble » 25 Jan 2018, 06:03

grandis_GT wrote:
24 Jan 2018, 23:48
Hakimnya udah di sumpel duluan om pake dolar :ngacir:
hush................riyal (halal)

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Herman7103 » 25 Jan 2018, 22:01

imanoff wrote:OOT sedikit. Liputan investigasi ini menurut saya sangat menarik untuk disimak, dan mungkin bisa menjawab mengapa dominasi Toyota begitu besar di Indonesia.

https://investigasi.tempo.co/toyota/
Karena saya kerja bidang akuntansi, istilah ini tidak asing lagi,. nice info Om utk tambah wawasan, karena baru tahu kalau kalo ATPM sebesar itu lagi nunggu keputusan akhir pengadilan pajak jg.
:glodak:
HR15DE 2014

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 400
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Michaelktp » 20 Feb 2018, 12:36

Siap-siap diambang keruntuhan dominasi PT. TAM di segmen LMPV. Bulan depan semoga sudah terjadi.
Sumber:
http://otomotif.kompas.com/read/2018/02 ... nuari-2018

Semoga setelah ini MMC Japan berminat menghidupkan kembali segmen Midsized MPV ladder frame (Kuda reborn) untuk pesaing Innova. Pasti TAM semakin ketar ketir.
No doubt hanya brand triple diamonds yang tidak bisa dipandang enteng oleh triple elips di Indo DM. Sekarang "Mr Bean" sudah mendapatkan ayam bertelur emas.

Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: 15 Jan 2016, 22:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Rundeer » 20 Feb 2018, 12:50

Michaelktp wrote:
20 Feb 2018, 12:36
Siap-siap diambang keruntuhan dominasi PT. TAM di segmen LMPV. Bulan depan semoga sudah terjadi.
Sumber:
http://otomotif.kompas.com/read/2018/02 ... nuari-2018

Semoga setelah ini MMC Japan berminat menghidupkan kembali segmen Midsized MPV ladder frame (Kuda reborn) untuk pesaing Innova. Pasti TAM semakin ketar ketir.
No doubt hanya brand triple diamonds yang tidak bisa dipandang enteng oleh triple elips di Indo DM. Sekarang "Mr Bean" sudah mendapatkan ayam bertelur emas.
Btw kalo avanza keluar all new pastinya itu tahta bakal kerebut kembali. Sekarang masih di tameng pake Rush dulu...

Let's see bakal berapa lama Xpander konsisten jualan di angka segitu :ngacir:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Pugman » 20 Feb 2018, 17:15

Bukan hanya dari segi value, salah satu resep jitu Xpander yang memegang peranan penting adalah dimensi. Ini sudah jadi isu yang jamak dimana selama ini seolah lmpv harus compact yang di Amini oleh kompetitornya Ertiga dan Spin yang punya ukuran mirip. Andaikan dulu ertiga punya ukuran sebesar Xpander maka sebenarnya ertiga juga punya kesempatan menjegal Avanza.

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1606
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by kunaskun » 20 Feb 2018, 17:18

Rundeer wrote:
20 Feb 2018, 12:50
Michaelktp wrote:
20 Feb 2018, 12:36
Siap-siap diambang keruntuhan dominasi PT. TAM di segmen LMPV. Bulan depan semoga sudah terjadi.
Sumber:
http://otomotif.kompas.com/read/2018/02 ... nuari-2018

Semoga setelah ini MMC Japan berminat menghidupkan kembali segmen Midsized MPV ladder frame (Kuda reborn) untuk pesaing Innova. Pasti TAM semakin ketar ketir.
No doubt hanya brand triple diamonds yang tidak bisa dipandang enteng oleh triple elips di Indo DM. Sekarang "Mr Bean" sudah mendapatkan ayam bertelur emas.
Btw kalo avanza keluar all new pastinya itu tahta bakal kerebut kembali. Sekarang masih di tameng pake Rush dulu...

Let's see bakal berapa lama Xpander konsisten jualan di angka segitu :ngacir:
seperti dulu ertiga x xenia. lawan xenia sanggup tapi ketika fight avanza ga mampu, sekarang stabil di bawah xenia. :mky_08:

lagian itu angka avanza tumben2nya turun banget ga di angka 10 ribuan unit per bulan, bukan xpander yang jualan tinggi menurut saya, tapi avanza yang kenapa bisa drop segitu banyak. alasannya bisa banyak, tapi ya yang menarik lihat saja nanti xpander bisa kuat gitu terus ngga.

carl
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: 31 Dec 2013, 21:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by carl » 20 Feb 2018, 17:57

Kalo sampe bulan ini, Xpander nyalip Avanza bukan gak mungkin kalo mereka merilis All New Avanza tahun ini.. Kalo siklus avanza dulu sih, 7 tahun ganti generasi. Berarti tahun ini Avanza ganti gen...

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1604
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by coklatMetalik » 20 Feb 2018, 18:23

Kalo liat sejarah Kuda dulu
Cm laku di taun2 awal, lama2 penjualannya turun terus smp discontinue, market kembali ke Kijang, Ipah & Avanza
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor » 20 Feb 2018, 20:09

Jadi teringat tahun 2000an, waktu Panther, Kijang, dan Kuda saling bersaing. Persaingan paling sengit itu dulu.

Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.

Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: 15 Jan 2016, 22:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Rundeer » 20 Feb 2018, 20:17

evanbngdor wrote:
20 Feb 2018, 20:09
Jadi teringat tahun 2000an, waktu Panther, Kijang, dan Kuda saling bersaing. Persaingan paling sengit itu dulu.

Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.
Isuzu udh terlena sama penjualan mobil niaga. Dari tahun-tahun kemaren jg kabarnya panther mau model baru tapi sampe sekarang gak ada kabar. Harapan tinggal di Mitsu. Gara" melenggang sendiri itu TAM ngasih harga Innova seenakne dewe. Tipe teratas udh hampir 480jt :big_slap:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor » 20 Feb 2018, 20:22

Rundeer wrote:
20 Feb 2018, 20:17
evanbngdor wrote:
20 Feb 2018, 20:09
Jadi teringat tahun 2000an, waktu Panther, Kijang, dan Kuda saling bersaing. Persaingan paling sengit itu dulu.

Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.
Isuzu udh terlena sama penjualan mobil niaga. Dari tahun-tahun kemaren jg kabarnya panther mau model baru tapi sampe sekarang gak ada kabar. Harapan tinggal di Mitsu. Gara" melenggang sendiri itu TAM ngasih harga Innova seenakne dewe. Tipe teratas udh hampir 480jt :big_slap:
Bukan terlena dengan mobil niaga nya om. Astra group bingung ini segmentation, targeting, and positioning passenger car nya isuzu mau diapain. Meskipun satu bapak, tapi jangan sampe ada pertikaian antar sodara sendiri kan.

Setidaknya harus ada segmentation, targeting, and positioning yang jelas antar brand-brand nya astra, jadi semua bisa hidup dan merambah semua kalangan. Itu sih kalo emang mau jadi penguasa otomotif di Indonesia.

IMHO.

User avatar
iwidiyanto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: 30 Oct 2011, 18:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by iwidiyanto » 20 Feb 2018, 21:15

mengenai isuzu, om nr udah pernah panjang lebar kenapa isuzu ga digarap serius sama astra. coba search aja

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor » 20 Feb 2018, 21:27

iwidiyanto wrote:
20 Feb 2018, 21:15
mengenai isuzu, om nr udah pernah panjang lebar kenapa isuzu ga digarap serius sama astra. coba search aja
Ya sekarang tinggal strategi petinggi2nya astra aja nih gimana. Mau posisi bertahan, atau posisi menyerang.

Menurut ane yg pernah studi kasus astra group sih, mereka kalo ditanya punya resource itu memadai atau ngga, jelas lebih dari cukup. Tinggal kedepannya strategi apa yg dipilih nih.

Kalau mau agresif ekspansi sodok kiri kanan atas bawah sih pasti bisa lah. Mau monopoli pasar otomotif jg bisa aja menurut ane sih, tinggal liat seberapa pinter&nekat manajemennya aja

:mky_08: :mky_08:

Senargitar
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 11 Dec 2015, 19:21

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Senargitar » 20 Feb 2018, 21:28

evanbngdor wrote:
20 Feb 2018, 20:22
Rundeer wrote:
20 Feb 2018, 20:17
evanbngdor wrote:
20 Feb 2018, 20:09
Jadi teringat tahun 2000an, waktu Panther, Kijang, dan Kuda saling bersaing. Persaingan paling sengit itu dulu.

Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.
Isuzu udh terlena sama penjualan mobil niaga. Dari tahun-tahun kemaren jg kabarnya panther mau model baru tapi sampe sekarang gak ada kabar. Harapan tinggal di Mitsu. Gara" melenggang sendiri itu TAM ngasih harga Innova seenakne dewe. Tipe teratas udh hampir 480jt :big_slap:
Bukan terlena dengan mobil niaga nya om. Astra group bingung ini segmentation, targeting, and positioning passenger car nya isuzu mau diapain. Meskipun satu bapak, tapi jangan sampe ada pertikaian antar sodara sendiri kan.

Setidaknya harus ada segmentation, targeting, and positioning yang jelas antar brand-brand nya astra, jadi semua bisa hidup dan merambah semua kalangan. Itu sih kalo emang mau jadi penguasa otomotif di Indonesia.

IMHO.

bukannya krn isuzu global memang udh gak fokus ke passenger car ya, di luar negri juga cuma dmax dan mux sisanya truck dan bus.

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor » 20 Feb 2018, 21:39

Senargitar wrote:
20 Feb 2018, 21:28
evanbngdor wrote:
20 Feb 2018, 20:22

Bukan terlena dengan mobil niaga nya om. Astra group bingung ini segmentation, targeting, and positioning passenger car nya isuzu mau diapain. Meskipun satu bapak, tapi jangan sampe ada pertikaian antar sodara sendiri kan.

Setidaknya harus ada segmentation, targeting, and positioning yang jelas antar brand-brand nya astra, jadi semua bisa hidup dan merambah semua kalangan. Itu sih kalo emang mau jadi penguasa otomotif di Indonesia.

IMHO.

bukannya krn isuzu global memang udh gak fokus ke passenger car ya, di luar negri juga cuma dmax dan mux sisanya truck dan bus.
Kalau secara global iya om, tp pasar indo sebenernya masih cukup menjanjikan di sektor passenger car nya. Bisa aja sih terjun lg ke pasar ini kalo emang mau isuzu indo nya. Apalagi masih dipegang sama astra group, yang bs dibilang apa aja bisa dilakukan kalo mau&nekat.

Waktu ngobrol bareng sama direkturnya politeknik manufaktur astra sih beliau jg bilang kalau passenger isuzu mau dibangkitkan lg sih ayo aja kalo mau.

IMHO

:mky_01: :mky_01:

Penikmat_Kopi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1135
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Penikmat_Kopi » 21 Feb 2018, 12:59

Kalau kompetitornya mau meruntuhkan atau paling tidak menyaingi dominasi avanza/innova, percuma kalau hanya sekedar nambah fitur ini itu. Yang paling efektif itu adalah jiplak mentah-mentah strategi pemasarannya astra plus harga murah.

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by lemonadelovers » 22 Feb 2018, 12:40

Penikmat_Kopi wrote:
21 Feb 2018, 12:59
Kalau kompetitornya mau meruntuhkan atau paling tidak menyaingi dominasi avanza/innova, percuma kalau hanya sekedar nambah fitur ini itu. Yang paling efektif itu adalah jiplak mentah-mentah strategi pemasarannya astra plus harga murah.
Salah satu strategi soal pricing : tiap tahun harga dinaikan, keuntungannya: menambah laba, bisa punya ruang kasih diskon besar, dan secara tidak langsung menjaga resale value

imanoff
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 01 Oct 2017, 19:40

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by imanoff » 23 Feb 2018, 07:38

Di dunia marketing, teori segmentation/targeting/positioning sebetulnya sudah usang dan mulai ditinggalkan. Sekarang bergeser fokusnya ke customer experience.

Zaman sekarang, satu produk tidak bisa lagi STP ke kelas/market tertentu. MPV bisa dibeli tak hanya keluarga, bisa corporate, bisa untuk taxi online, bisa individu, bahkan bisa anak muda. Makanya customer experience jadi penting sekali.

Selain itu, paradigma jual putus juga sudah ditinggalkan. Pabrikan tidak bisa lagi hanya fokus ngiklan produk dan jualan produknya lalu selesai. Sekarang semuanya kudu dibungkus rapi dengan servis yang baik. Produk dikemas dengan service, istilahnya servitization.

Sepengetahuan saya, (sayangnya) baru TAM yang jago beginian. Dan pabrikan mobil premium (kelas atas) tentunya.

Dogies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: 27 Dec 2007, 09:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Dogies » 23 Feb 2018, 09:09

Ane mencium bau2 'capsule will reborn' nih... snif..snif..

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2328
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by b8099ok » 23 Feb 2018, 09:27

Panjah dijel plis,... 1NDTV,... Smoke iz gud beibeh,...
Tune and drive! :big_love:

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor » 23 Feb 2018, 12:00

imanoff wrote:
23 Feb 2018, 07:38
Di dunia marketing, teori segmentation/targeting/positioning sebetulnya sudah usang dan mulai ditinggalkan. Sekarang bergeser fokusnya ke customer experience.

Zaman sekarang, satu produk tidak bisa lagi STP ke kelas/market tertentu. MPV bisa dibeli tak hanya keluarga, bisa corporate, bisa untuk taxi online, bisa individu, bahkan bisa anak muda. Makanya customer experience jadi penting sekali.

Selain itu, paradigma jual putus juga sudah ditinggalkan. Pabrikan tidak bisa lagi hanya fokus ngiklan produk dan jualan produknya lalu selesai. Sekarang semuanya kudu dibungkus rapi dengan servis yang baik. Produk dikemas dengan service, istilahnya servitization.

Sepengetahuan saya, (sayangnya) baru TAM yang jago beginian. Dan pabrikan mobil premium (kelas atas) tentunya.
Betul, ane ambil MM juga teori STP cuma sebatas info dasar aja, tp fokus marketing skg lebih ke arah Consumer Behaviour. Strategic digital marketing jg sudah mulai banyak yg mendalami skg.

sefkaz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 14 Feb 2018, 11:31
Location: Depok
Daily Vehicle: Mio

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by sefkaz » 14 Mar 2018, 16:03

Menarik juga dibahas TAM/ADM bisa keluarin Rushter baru dengan harga yang mefet, termasuk juga Yaris baru dengen fullspec dan harga so so sama yang lama...

efek monopoli bener bener merusak, seperti kasus intel yang begitu keluar AMD Ryzen langsung multicore nya keluar all out

User avatar
alvin23
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1257
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by alvin23 » 14 Mar 2018, 16:24

sefkaz wrote:
14 Mar 2018, 16:03
Menarik juga dibahas TAM/ADM bisa keluarin Rushter baru dengan harga yang mefet, termasuk juga Yaris baru dengen fullspec dan harga so so sama yang lama...

efek monopoli bener bener merusak, seperti kasus intel yang begitu keluar AMD Ryzen langsung multicore nya keluar all out
enaknya jadi leader itu, punya duit cash banyak. Nanti kalo masih kalah ya, dengan duitnya tinggal keluarin fitur2 yang selama ini belum dikeluarin aja.

tepar dah tuh pesaing. skrg misal dari segi fitur udh gaada beda, pesaing harus cari lagi dari angle mana dia bisa nyalip wkwk
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
CRV 2.0 AT 2017

Senargitar
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 11 Dec 2015, 19:21

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Senargitar » 14 Mar 2018, 16:58

udah runtuh tuh... seberapa lama runtuhnya? bakal mendominasi lagikah? itu yang menarik utk ditunggu

Post Reply

Return to “MPV Types”