Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by grandis_GT »

Hakimnya udah di sumpel duluan om pake dolar :ngacir:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by newrubble »

grandis_GT wrote: Wed Jan 24, 2018 16:48 Hakimnya udah di sumpel duluan om pake dolar :ngacir:
hush................riyal (halal)
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Herman7103 »

imanoff wrote:OOT sedikit. Liputan investigasi ini menurut saya sangat menarik untuk disimak, dan mungkin bisa menjawab mengapa dominasi Toyota begitu besar di Indonesia.

https://investigasi.tempo.co/toyota/
Karena saya kerja bidang akuntansi, istilah ini tidak asing lagi,. nice info Om utk tambah wawasan, karena baru tahu kalau kalo ATPM sebesar itu lagi nunggu keputusan akhir pengadilan pajak jg.
:glodak:
HR15DE 2014
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Michaelktp »

Siap-siap diambang keruntuhan dominasi PT. TAM di segmen LMPV. Bulan depan semoga sudah terjadi.
Sumber:
http://otomotif.kompas.com/read/2018/02 ... nuari-2018

Semoga setelah ini MMC Japan berminat menghidupkan kembali segmen Midsized MPV ladder frame (Kuda reborn) untuk pesaing Innova. Pasti TAM semakin ketar ketir.
No doubt hanya brand triple diamonds yang tidak bisa dipandang enteng oleh triple elips di Indo DM. Sekarang "Mr Bean" sudah mendapatkan ayam bertelur emas.
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Rundeer »

Michaelktp wrote: Tue Feb 20, 2018 5:36 Siap-siap diambang keruntuhan dominasi PT. TAM di segmen LMPV. Bulan depan semoga sudah terjadi.
Sumber:
http://otomotif.kompas.com/read/2018/02 ... nuari-2018

Semoga setelah ini MMC Japan berminat menghidupkan kembali segmen Midsized MPV ladder frame (Kuda reborn) untuk pesaing Innova. Pasti TAM semakin ketar ketir.
No doubt hanya brand triple diamonds yang tidak bisa dipandang enteng oleh triple elips di Indo DM. Sekarang "Mr Bean" sudah mendapatkan ayam bertelur emas.
Btw kalo avanza keluar all new pastinya itu tahta bakal kerebut kembali. Sekarang masih di tameng pake Rush dulu...

Let's see bakal berapa lama Xpander konsisten jualan di angka segitu :ngacir:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Pugman »

Bukan hanya dari segi value, salah satu resep jitu Xpander yang memegang peranan penting adalah dimensi. Ini sudah jadi isu yang jamak dimana selama ini seolah lmpv harus compact yang di Amini oleh kompetitornya Ertiga dan Spin yang punya ukuran mirip. Andaikan dulu ertiga punya ukuran sebesar Xpander maka sebenarnya ertiga juga punya kesempatan menjegal Avanza.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by kunaskun »

Rundeer wrote: Tue Feb 20, 2018 5:50
Michaelktp wrote: Tue Feb 20, 2018 5:36 Siap-siap diambang keruntuhan dominasi PT. TAM di segmen LMPV. Bulan depan semoga sudah terjadi.
Sumber:
http://otomotif.kompas.com/read/2018/02 ... nuari-2018

Semoga setelah ini MMC Japan berminat menghidupkan kembali segmen Midsized MPV ladder frame (Kuda reborn) untuk pesaing Innova. Pasti TAM semakin ketar ketir.
No doubt hanya brand triple diamonds yang tidak bisa dipandang enteng oleh triple elips di Indo DM. Sekarang "Mr Bean" sudah mendapatkan ayam bertelur emas.
Btw kalo avanza keluar all new pastinya itu tahta bakal kerebut kembali. Sekarang masih di tameng pake Rush dulu...

Let's see bakal berapa lama Xpander konsisten jualan di angka segitu :ngacir:
seperti dulu ertiga x xenia. lawan xenia sanggup tapi ketika fight avanza ga mampu, sekarang stabil di bawah xenia. :mky_08:

lagian itu angka avanza tumben2nya turun banget ga di angka 10 ribuan unit per bulan, bukan xpander yang jualan tinggi menurut saya, tapi avanza yang kenapa bisa drop segitu banyak. alasannya bisa banyak, tapi ya yang menarik lihat saja nanti xpander bisa kuat gitu terus ngga.
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by carl »

Kalo sampe bulan ini, Xpander nyalip Avanza bukan gak mungkin kalo mereka merilis All New Avanza tahun ini.. Kalo siklus avanza dulu sih, 7 tahun ganti generasi. Berarti tahun ini Avanza ganti gen...
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by coklatMetalik »

Kalo liat sejarah Kuda dulu
Cm laku di taun2 awal, lama2 penjualannya turun terus smp discontinue, market kembali ke Kijang, Ipah & Avanza
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor »

Jadi teringat tahun 2000an, waktu Panther, Kijang, dan Kuda saling bersaing. Persaingan paling sengit itu dulu.

Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Rundeer »

evanbngdor wrote: Tue Feb 20, 2018 13:09 Jadi teringat tahun 2000an, waktu Panther, Kijang, dan Kuda saling bersaing. Persaingan paling sengit itu dulu.

Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.
Isuzu udh terlena sama penjualan mobil niaga. Dari tahun-tahun kemaren jg kabarnya panther mau model baru tapi sampe sekarang gak ada kabar. Harapan tinggal di Mitsu. Gara" melenggang sendiri itu TAM ngasih harga Innova seenakne dewe. Tipe teratas udh hampir 480jt :big_slap:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor »

Rundeer wrote: Tue Feb 20, 2018 13:17
evanbngdor wrote: Tue Feb 20, 2018 13:09 Jadi teringat tahun 2000an, waktu Panther, Kijang, dan Kuda saling bersaing. Persaingan paling sengit itu dulu.

Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.
Isuzu udh terlena sama penjualan mobil niaga. Dari tahun-tahun kemaren jg kabarnya panther mau model baru tapi sampe sekarang gak ada kabar. Harapan tinggal di Mitsu. Gara" melenggang sendiri itu TAM ngasih harga Innova seenakne dewe. Tipe teratas udh hampir 480jt :big_slap:
Bukan terlena dengan mobil niaga nya om. Astra group bingung ini segmentation, targeting, and positioning passenger car nya isuzu mau diapain. Meskipun satu bapak, tapi jangan sampe ada pertikaian antar sodara sendiri kan.

Setidaknya harus ada segmentation, targeting, and positioning yang jelas antar brand-brand nya astra, jadi semua bisa hidup dan merambah semua kalangan. Itu sih kalo emang mau jadi penguasa otomotif di Indonesia.

IMHO.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by iwidiyanto »

mengenai isuzu, om nr udah pernah panjang lebar kenapa isuzu ga digarap serius sama astra. coba search aja
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor »

iwidiyanto wrote: Tue Feb 20, 2018 14:15 mengenai isuzu, om nr udah pernah panjang lebar kenapa isuzu ga digarap serius sama astra. coba search aja
Ya sekarang tinggal strategi petinggi2nya astra aja nih gimana. Mau posisi bertahan, atau posisi menyerang.

Menurut ane yg pernah studi kasus astra group sih, mereka kalo ditanya punya resource itu memadai atau ngga, jelas lebih dari cukup. Tinggal kedepannya strategi apa yg dipilih nih.

Kalau mau agresif ekspansi sodok kiri kanan atas bawah sih pasti bisa lah. Mau monopoli pasar otomotif jg bisa aja menurut ane sih, tinggal liat seberapa pinter&nekat manajemennya aja

:mky_08: :mky_08:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Senargitar »

evanbngdor wrote: Tue Feb 20, 2018 13:22
Rundeer wrote: Tue Feb 20, 2018 13:17
evanbngdor wrote: Tue Feb 20, 2018 13:09 Jadi teringat tahun 2000an, waktu Panther, Kijang, dan Kuda saling bersaing. Persaingan paling sengit itu dulu.

Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.
Isuzu udh terlena sama penjualan mobil niaga. Dari tahun-tahun kemaren jg kabarnya panther mau model baru tapi sampe sekarang gak ada kabar. Harapan tinggal di Mitsu. Gara" melenggang sendiri itu TAM ngasih harga Innova seenakne dewe. Tipe teratas udh hampir 480jt :big_slap:
Bukan terlena dengan mobil niaga nya om. Astra group bingung ini segmentation, targeting, and positioning passenger car nya isuzu mau diapain. Meskipun satu bapak, tapi jangan sampe ada pertikaian antar sodara sendiri kan.

Setidaknya harus ada segmentation, targeting, and positioning yang jelas antar brand-brand nya astra, jadi semua bisa hidup dan merambah semua kalangan. Itu sih kalo emang mau jadi penguasa otomotif di Indonesia.

IMHO.

bukannya krn isuzu global memang udh gak fokus ke passenger car ya, di luar negri juga cuma dmax dan mux sisanya truck dan bus.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor »

Senargitar wrote: Tue Feb 20, 2018 14:28
evanbngdor wrote: Tue Feb 20, 2018 13:22
Bukan terlena dengan mobil niaga nya om. Astra group bingung ini segmentation, targeting, and positioning passenger car nya isuzu mau diapain. Meskipun satu bapak, tapi jangan sampe ada pertikaian antar sodara sendiri kan.

Setidaknya harus ada segmentation, targeting, and positioning yang jelas antar brand-brand nya astra, jadi semua bisa hidup dan merambah semua kalangan. Itu sih kalo emang mau jadi penguasa otomotif di Indonesia.

IMHO.

bukannya krn isuzu global memang udh gak fokus ke passenger car ya, di luar negri juga cuma dmax dan mux sisanya truck dan bus.
Kalau secara global iya om, tp pasar indo sebenernya masih cukup menjanjikan di sektor passenger car nya. Bisa aja sih terjun lg ke pasar ini kalo emang mau isuzu indo nya. Apalagi masih dipegang sama astra group, yang bs dibilang apa aja bisa dilakukan kalo mau&nekat.

Waktu ngobrol bareng sama direkturnya politeknik manufaktur astra sih beliau jg bilang kalau passenger isuzu mau dibangkitkan lg sih ayo aja kalo mau.

IMHO

:mky_01: :mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Penikmat_Kopi »

Kalau kompetitornya mau meruntuhkan atau paling tidak menyaingi dominasi avanza/innova, percuma kalau hanya sekedar nambah fitur ini itu. Yang paling efektif itu adalah jiplak mentah-mentah strategi pemasarannya astra plus harga murah.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by lemonadelovers »

Penikmat_Kopi wrote: Wed Feb 21, 2018 5:59 Kalau kompetitornya mau meruntuhkan atau paling tidak menyaingi dominasi avanza/innova, percuma kalau hanya sekedar nambah fitur ini itu. Yang paling efektif itu adalah jiplak mentah-mentah strategi pemasarannya astra plus harga murah.
Salah satu strategi soal pricing : tiap tahun harga dinaikan, keuntungannya: menambah laba, bisa punya ruang kasih diskon besar, dan secara tidak langsung menjaga resale value
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
imanoff
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by imanoff »

Di dunia marketing, teori segmentation/targeting/positioning sebetulnya sudah usang dan mulai ditinggalkan. Sekarang bergeser fokusnya ke customer experience.

Zaman sekarang, satu produk tidak bisa lagi STP ke kelas/market tertentu. MPV bisa dibeli tak hanya keluarga, bisa corporate, bisa untuk taxi online, bisa individu, bahkan bisa anak muda. Makanya customer experience jadi penting sekali.

Selain itu, paradigma jual putus juga sudah ditinggalkan. Pabrikan tidak bisa lagi hanya fokus ngiklan produk dan jualan produknya lalu selesai. Sekarang semuanya kudu dibungkus rapi dengan servis yang baik. Produk dikemas dengan service, istilahnya servitization.

Sepengetahuan saya, (sayangnya) baru TAM yang jago beginian. Dan pabrikan mobil premium (kelas atas) tentunya.
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Dogies »

Ane mencium bau2 'capsule will reborn' nih... snif..snif..
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by b8099ok »

Panjah dijel plis,... 1NDTV,... Smoke iz gud beibeh,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor »

imanoff wrote: Fri Feb 23, 2018 0:38 Di dunia marketing, teori segmentation/targeting/positioning sebetulnya sudah usang dan mulai ditinggalkan. Sekarang bergeser fokusnya ke customer experience.

Zaman sekarang, satu produk tidak bisa lagi STP ke kelas/market tertentu. MPV bisa dibeli tak hanya keluarga, bisa corporate, bisa untuk taxi online, bisa individu, bahkan bisa anak muda. Makanya customer experience jadi penting sekali.

Selain itu, paradigma jual putus juga sudah ditinggalkan. Pabrikan tidak bisa lagi hanya fokus ngiklan produk dan jualan produknya lalu selesai. Sekarang semuanya kudu dibungkus rapi dengan servis yang baik. Produk dikemas dengan service, istilahnya servitization.

Sepengetahuan saya, (sayangnya) baru TAM yang jago beginian. Dan pabrikan mobil premium (kelas atas) tentunya.
Betul, ane ambil MM juga teori STP cuma sebatas info dasar aja, tp fokus marketing skg lebih ke arah Consumer Behaviour. Strategic digital marketing jg sudah mulai banyak yg mendalami skg.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
sefkaz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Wed Feb 14, 2018 4:31
Location: Depok
Daily Vehicle: Mio

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by sefkaz »

Menarik juga dibahas TAM/ADM bisa keluarin Rushter baru dengan harga yang mefet, termasuk juga Yaris baru dengen fullspec dan harga so so sama yang lama...

efek monopoli bener bener merusak, seperti kasus intel yang begitu keluar AMD Ryzen langsung multicore nya keluar all out
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by alvin23 »

sefkaz wrote: Wed Mar 14, 2018 9:03 Menarik juga dibahas TAM/ADM bisa keluarin Rushter baru dengan harga yang mefet, termasuk juga Yaris baru dengen fullspec dan harga so so sama yang lama...

efek monopoli bener bener merusak, seperti kasus intel yang begitu keluar AMD Ryzen langsung multicore nya keluar all out
enaknya jadi leader itu, punya duit cash banyak. Nanti kalo masih kalah ya, dengan duitnya tinggal keluarin fitur2 yang selama ini belum dikeluarin aja.

tepar dah tuh pesaing. skrg misal dari segi fitur udh gaada beda, pesaing harus cari lagi dari angle mana dia bisa nyalip wkwk
Rocky R ADS CVT 2021
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Senargitar »

udah runtuh tuh... seberapa lama runtuhnya? bakal mendominasi lagikah? itu yang menarik utk ditunggu