Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by PlantFoot »

ya sbnrnya simpel aja..duo ini dibuat untuk market lokal..history nya ckp panjang dari kijang...plus dibuat oleh brand yg jaringannya dah kuat..dan diperbaharui secara kontinu..

toh dominasi ini cm utk market lokal..di market luar mah biasa aja cenderung gak laku...

sbnrnya membuat spek lokal mcm duo ini di era global skrg ini ga efisien...innova pun menggunakan platform global tuk kurangi cost..avanza sy krg tau apakah dari gen 1 sp skrg ada perubahan di chassis...mgkn ini knp panther & kuda ga lanjut...mending brand nya jualan spek global yg ada psrnya di indo mcm elf & triton...

anyway kbthan mbl berhubungan dgn infrastruktur & ekonomi..slm msh byk jln jelek, banjir, bbm kualitas rendah & mbl adalah brg mewah( jd pgnnya mbl besar krn pgn angkut sodara yg tdk punya mbl) duo ini akan trs laku...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Turboman »

Xenia di RRC pernah dijual under FAW brand

Dan........kandas......kalah laku ama Wuling........wakakakaka

Image
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by daftar »

Bulgogi wrote: Tue Aug 01, 2017 11:35
daftar wrote:Kenapa di india avanza nggak jualan ya
Padahal perlakuan orang india dalam meng-abuse kendaraan mirip2 lah sama indo.
kan kata kebanyakan orang avanza itu awet
apa karena produk dari daihatsu
Kalo ngomong tahan banting mah suzuki sama kuatnya kaya toyota.. cm kembali ke kebutuhan aja.. org indihe butuhnya mobil kecil & pikap roda 3.. disana jalannya sempit, pemukiman padet, lebih bnyk yg jalan kaki drdp kendaraan saking padetnya terutama new delhi.. tol & jalan raya sedikit.. belum lagi pajak ringan utk CC kecil.. avanza pernah di jual, tapi ga laku.. malah lebih laku innova..
hehe iya om sebenernya maksud saya agak nyindir orang yang bilang: avansa lebih kuat, reliabel, susuki ertiga gampang rusak
padahal buktinya di indihe sana ertiga laku, sementara orang india kalo cara pake mobil mungkin mirip2 atau lebih parah dari indo, tp tetep jualannya kayak kacang goreng, berarti awet juga kan
pdhl kalo lihat pengalaman dahulu sih sebenernya susuki lebih bandel ketimbang daihatsu, bisa ditanyakan ke orang daerah
:ngacir:
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Galaxy14 »

Dari dulu pada berlomba-lomba menumbangkan avanza innova. Kalo menurut saya sih yang bikin tumbang ya produsennya sendiri. Liat aja ntar wkwk
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Harchi »

Coba dihitung jumlah penjualan avanza per diler brp? Hitung kasar aja total penjualan dibagi jumlah diler, bandingkan ama merek kompetitor. Btw ane liat sih toyota berjaya karena jaringan penjualan n servis dimana2, kayak kmrn waktu ane ke morowali cuman ada toyota. Mau ga mau pilihan org sana (klo mau aman) ya toyota, mana modelnya itu2 aja pula. Coba misalkan toyota kayak suzuki lbh banyak pilihan model dlm 1 kelas
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Herman7103 »

Menurut data yang saya baca trends penjualan avanza mencapai puncak di th 2013 lalu tahun tahun berikutnya terus tergerus jumlah nya total penjualan nya walau tetap menduduki peringkat 1. Hal ini disebabkan makin banyak Kompetitor nya. Dengan hadir nya Xpander dan Wuling ada potensi total penjualannya makin menurun di tahun ini di banding tahun 2016 lalu walau utk tahun 2017 ini masih bisa mempertahankan peringkat 1 tapi total sales nya ke depan cenderung akan terus turun kayaknya.
Image

Sent from my Redmi Note 3

:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
2KD4D56
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Thu Jul 06, 2017 8:33
Location: semarang
Daily Vehicle: pajero

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by 2KD4D56 »

Ya sejauh ini emg duo toyota ASS nya plg oke. Part jg gampang sampai bengkel pinggir jalan jg ada. Jd mgkn cocok bagi yg ga mau coba2 merk
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by adrevolution »

Herman7103 wrote: Wed Aug 02, 2017 14:01 Menurut data yang saya baca trends penjualan avanza mencapai puncak di th 2013 lalu tahun tahun berikutnya terus tergerus jumlah nya total penjualan nya walau tetap menduduki peringkat 1. Hal ini disebabkan makin banyak Kompetitor nya. Dengan hadir nya Xpander dan Wuling ada potensi total penjualannya makin menurun di tahun ini di banding tahun 2016 lalu walau utk tahun 2017 ini masih bisa mempertahankan peringkat 1 tapi total sales nya ke depan cenderung akan terus turun kayaknya.
Image

Sent from my Redmi Note 3
Kyknya mobilio punya peran paling gede gerogotin sales avanza. Pas bgt timingnya di 2014 awal mobilio mulai sales & sepanjang 2014 monthly sales YoY honda naik tinggi bener, lupa persenannya.

Sepertinya kejadian serupa bakal dialami sama mitsubishi taun ini, cuma gak akan segede honda krn pasar LMPV udah banyak alternatif + wuling sbg newcomer dgn harga cukup fantastis...
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by artoodetoo »

Saya berharap sebentar lagi ada trit Mengapa Xpander Berhasil Meruntuhkan Dominasi Avanza? *eh

Note: saya bukan fanboy Mitsu, malahan fanboy Toyota

Tapi mobilnya Mirage

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ChZ »

Karna bbrp taun belakangan mulai marak taksi online... Mungkin salah satu yg bikin apansa bertahan...

Orang mw ambil ertiga/mobilio bwat taksi online masih takut ma perawatan mahal... Pdhl ya sama aja

Sent from my Redmi 4X

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sinchan17
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Thu Jan 15, 2015 4:12

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by sinchan17 »

Sy amati temen2 kantor sy skrng sudah ga ada yg beli avanza/xenia buat pribadi, beda dgn 5 thn yg lalu. Tp kalo mobil kantor masih avanza-innova
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Turboman »

buat rental tetap rame

kalo di Bali sih enak pake vanza soalnya banyak jalan kecil2
User avatar
2KD4D56
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Thu Jul 06, 2017 8:33
Location: semarang
Daily Vehicle: pajero

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by 2KD4D56 »

Turboman wrote: Thu Aug 03, 2017 1:54 buat rental tetap rame

kalo di Bali sih enak pake vanza soalnya banyak jalan kecil2
pengalaman kalo ke Bali lebih nyaman sewa mobil extra kecil seperti agya / ayla krn macet dan gangnya kecil2.
tp ya muatnya cuman ber 4
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by kunaskun »

kegerus karena marketnya ga bertambah kan, jadi artinya kelas tersebut makin sesak = otomatis tergerus karena calon buyer pindah. gimana juga avanza itu ya emang diciptain untuk jalanan indo bukan orang di dalamnya. dimana penumpang ya dianggap barang = karena ya emang berasa nyawa itu bisa dibeli. makanya ya driving experience as driver or passenger ya begitulah, sampe ada sebutan: namanya aja avanza.

untuk taksi online gitu2 juga beli avanza karena merasa perawatan dan resale value tinggi, tapi di lapangan konsumennya malah ogah avanza, maunya selain itu. dan emang untuk ala taksi online macem gitu, ga butuh kendaraan spek dan perawatan kaya taxi beneran.

rentalan di bali, saya si seneng hatchback, karena nyetir sendiri jadi gampang parkirnya, karena di bali jalanan kecil2. kalau udah mau gedean sekalian innova or apv aja lah, puas gedenya, dan pake driver.
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Dogies »

Turboman wrote: Wed Aug 02, 2017 2:33 Xenia di RRC pernah dijual under FAW brand

Dan........kandas......kalah laku ama Wuling........wakakakaka

Image
Akankah terjadi balas dendam..? :big_dunno:
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by adhika »

Jujur aja, booming taksi online menjadi dewa penyelamat bagi penjualan Avanza.
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by adrevolution »

Bener juga sih kyknya avanza skrg di kota besar (at least di jabodetabek sama bandung) banyakan dipake fleet... entah taksi online atau fleet perusahaan. Soalnya skrg banyak tipe E ketimbang G, dimana th 2012-2013 justru buanyak banget tipe G. Tipe veloz jg mulai berkurang dibanding 5 th lalu, tapi ngga sedrastis tipe G sih.
Mungkin ada yg punya data penjualan avanza per varian?
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ak4ng »

Kalo ane lihat knp skarang banyak yg E drpd G aplg veloz lbh karena harga yg G ud kemahalan, tembus 200jt cuma buat seekor apanja doang :big_cry:

E dan G fitur pembeda yg signifikan cuma immobilizer dimana rata2 konsumen awam ga aware manfaat nya apa, juga ga tau itu benda apa, toh sama2 udh ada alarm nya :big_childish: fitur lain sperti sein spion, aksesori finishing silver, velg kaleng, rear spoiler dll juga pada masabodo toh yg penting masih "apanjaaaaaa......" di kampung lebih bergengsi drpd xenia

Maybe itu jg yg membuat ada varian veloz trondol (1.3) karena harga veloz yg 1.5 ud 250jt :mky_05: very muahal syekale :off_bored: yg penting pas ditanya tetangga or mertua udh bawa "veloz" :big_weee:


Cmiiw...... :glodak:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Ojreng
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sat Jul 22, 2017 11:03

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Ojreng »

sinchan17 wrote: Wed Aug 02, 2017 17:27 Sy amati temen2 kantor sy skrng sudah ga ada yg beli avanza/xenia buat pribadi, beda dgn 5 thn yg lalu. Tp kalo mobil kantor masih avanza-innova
tadi sengaja iseng hitung kendaraan di pelataran parkir karyawan kantor, ada dari 132 mobil, AX=12, GL=8, Mobilio=14, Ertiga=4. Dari 12 AX, hanya 3 unit yang generasi terakhir, sementara GL, Mobilio & Ertiga semua tahun >2012. sepertinya saya harus setuju dengan pendapat om
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Michaelktp »

Avanza dan Innova memang masih bisa mendominasi karena dukungan fleet, diluar Innova yang memang tidak punya kompetitor di segmennya. Kalau pasar LMPV sih betul sudah penuh sesak. Untuk penjualan pribadi, saya juga mengamati sudah jarang personal user yang mengambil unit ANA dibanding tahun 2012-2013, karena kantor saya juga meminang unit barunya saat itu. Masalahnya jumlah total sales tentu dijadikan 1 database di Gaikindo. Sehingga nyaris tidak mungkin mengetahui perbedaan jumlah wholesales antara personal user dan fleet, kecuali internal APM nya sendiri hahaha. Jika bisa diketahui publik, mungkin bisa sangat mengejutkan perbedaan jumlahnya dan juga perbandingan jumlah sales dengan kompetitor untuk personal user.
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Michaelktp »

yozhuaa wrote: Tue Aug 01, 2017 9:01
Michaelktp wrote: Sat Jun 03, 2017 6:23
Sepemahaman hehehe. Jika saja ada pengembangan Mitsubishi 4N1 dengan displacement 1.3D MIVEC untuk LMPV Mitsubishi Expander. Sayangnya 4N1 yang paling mini 4N13 pun masih 1.8D
berdasarkanbpemahaman saya belum tentu berhasil juga,
itu ertiga disel itu kok kykny ga berhasil2 bngt menurut saya ya sales penjualan ny msh ckup mirip2 dengan bulan bulan sebelum nya.
apa mungkin karena ga ad transmisi maticnya kah ? atau kabin yang kurang luas ?

#cmiiw #nooffense :mky_01:
Kalau Xpander mini diesel memang hanya mimpi belaka hehe, secara Mitsu tidak pernah punya platform mesin mini diesel. Berbeda dengan Ertiga dan Spin yang dipasok Fiat untuk mesin mini dieselnya.

In my opinion karena SIS gagal memanfaatkan momentum terbaiknya setelah peluncuran Ertiga bensin tahun 2012. Waktu itu walau Ertiga hanya mesin bensin M/T dan AC single blower, penjualan sangat booming dan membuat rekor penjualan Suzukicars selama di Indo DM. Melebihi kesuksesan duet Escudo- Sidekick era-90 an karena Ertiga langsung menyodok di no.2 penjualan mobil nasional. Xenia langsung tersingkir sementara Mitsu dan Honda juga turun peringkat. Ini membuat TAM menyematkan fitur keselamatan (dual SRS airbags) pada ANA di tahun 2013 dan juga diskon besar batch awal non airbags. Tidak pernah terjadi sebelumnya untuk produk entry level TAM-ADM. Waktu 6 bulan paling krusial untuk produk baru, gagal dilanjutkan SIS yaitu harapan konsumen untuk Ertiga bensin A/T doube blower dan Diesel . Versi A/T CKD Indo baru meluncur 1 tahun lebih dengan AC double blower. Tentu it is too LATE. Euforia pasar terhadap Ertiga perlahan memudar dan terbukti penjualannya mulai melandai apalagi seiring dengan pengenalan Honda Mobilio di IIMS 2013 dengan 2 varian langsung 1.5L M/T & A/T. Sementara untuk ErtiDies barusan mengaspal tahun ini dan berarti butuh 4 tahun untuk menjadi kenyataan. Very very late ckckck. Untuk ErtiDies A/T tidak bakal ada apalagi selama masih CBU India seperti Ertiga bensin dulunya. Dengan kondisi ekonomi nasional yang jauh berbeda dengan 5 tahun lalu. Jelas bisa ditebak hasilnya. Jika SIS all out masa itu sepertinya Avanza sudah tumbang beberapa tahun lalu.
Semoga MMKSI bisa memanfaatkan waktu krusial 6 bulan dalam pemasaran Xpander seperti Ertiga di 2012. Euforianya sepertinya sudah mirip-mirip walaupun kansnya mungkin tidak bisa sebesar seperti saat Ertiga tahun 2012.
sinchan17
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Thu Jan 15, 2015 4:12

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by sinchan17 »

Ditunggu xpander pake mesin diselnya duster. Kan sudah satu group.
UnicornMyth
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Jun 04, 2017 7:30
Location: Halim Perdana Kusuma
Daily Vehicle: Avanza_Veloz

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by UnicornMyth »

saya bingung nih sama ongongan kayak beginian, kita konsumen ngapain mikirin beginian, yang mikirin beginian mah sales sama perusahaan wkwkwkw
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by nyotnyet »

ChZ wrote:Karna bbrp taun belakangan mulai marak taksi online... Mungkin salah satu yg bikin apansa bertahan...

Orang mw ambil ertiga/mobilio bwat taksi online masih takut ma perawatan mahal... Pdhl ya sama aja

Sent from my Redmi 4X
Nah ini....
Meskipun saya belinya xenia, soale avz yg E tetep kemahalan...

Ama rasanya dipake kok ga eman2 ya, mobilio ama ertiga masih sayang klo dipake taxol...hahahaha

Soul Red zoom zoom
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by MitshuToyo »

Imo salesnya pasti turun trs.. yg punya duit cukup drpd beli apanja baru mending beli second Innova GNKI.. dan model2 second akan terus ketekan harganya dgn munculnya mobil2 baru.. pernah ngobrol2 dgn pdg mobkas di HI.. bilang susah skrg.. sekali gak laku beberapa bulan smp ganti tahun harga udah terkoreksi.. konsumen jg sudah pinter2.. :)
Lagi nginjek rem..