Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
- grandis_GT
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: 26 Aug 2012, 19:36
- Location: Riau
- Contact:
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Hakimnya udah di sumpel duluan om pake dolar
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7353
- Joined: 07 Dec 2012, 10:22
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
hush................riyal (halal)
- Herman7103
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: 03 Oct 2016, 06:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Karena saya kerja bidang akuntansi, istilah ini tidak asing lagi,. nice info Om utk tambah wawasan, karena baru tahu kalau kalo ATPM sebesar itu lagi nunggu keputusan akhir pengadilan pajak jg.imanoff wrote:OOT sedikit. Liputan investigasi ini menurut saya sangat menarik untuk disimak, dan mungkin bisa menjawab mengapa dominasi Toyota begitu besar di Indonesia.
https://investigasi.tempo.co/toyota/
HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: 02 Nov 2013, 15:00
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Siap-siap diambang keruntuhan dominasi PT. TAM di segmen LMPV. Bulan depan semoga sudah terjadi.
Sumber:
http://otomotif.kompas.com/read/2018/02 ... nuari-2018
Semoga setelah ini MMC Japan berminat menghidupkan kembali segmen Midsized MPV ladder frame (Kuda reborn) untuk pesaing Innova. Pasti TAM semakin ketar ketir.
No doubt hanya brand triple diamonds yang tidak bisa dipandang enteng oleh triple elips di Indo DM. Sekarang "Mr Bean" sudah mendapatkan ayam bertelur emas.
Sumber:
http://otomotif.kompas.com/read/2018/02 ... nuari-2018
Semoga setelah ini MMC Japan berminat menghidupkan kembali segmen Midsized MPV ladder frame (Kuda reborn) untuk pesaing Innova. Pasti TAM semakin ketar ketir.
No doubt hanya brand triple diamonds yang tidak bisa dipandang enteng oleh triple elips di Indo DM. Sekarang "Mr Bean" sudah mendapatkan ayam bertelur emas.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: 15 Jan 2016, 22:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Btw kalo avanza keluar all new pastinya itu tahta bakal kerebut kembali. Sekarang masih di tameng pake Rush dulu...Michaelktp wrote: ↑20 Feb 2018, 12:36 Siap-siap diambang keruntuhan dominasi PT. TAM di segmen LMPV. Bulan depan semoga sudah terjadi.
Sumber:
http://otomotif.kompas.com/read/2018/02 ... nuari-2018
Semoga setelah ini MMC Japan berminat menghidupkan kembali segmen Midsized MPV ladder frame (Kuda reborn) untuk pesaing Innova. Pasti TAM semakin ketar ketir.
No doubt hanya brand triple diamonds yang tidak bisa dipandang enteng oleh triple elips di Indo DM. Sekarang "Mr Bean" sudah mendapatkan ayam bertelur emas.
Let's see bakal berapa lama Xpander konsisten jualan di angka segitu
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja
- Pugman
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: 16 Aug 2014, 11:39
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Bukan hanya dari segi value, salah satu resep jitu Xpander yang memegang peranan penting adalah dimensi. Ini sudah jadi isu yang jamak dimana selama ini seolah lmpv harus compact yang di Amini oleh kompetitornya Ertiga dan Spin yang punya ukuran mirip. Andaikan dulu ertiga punya ukuran sebesar Xpander maka sebenarnya ertiga juga punya kesempatan menjegal Avanza.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: 26 Mar 2007, 15:16
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
seperti dulu ertiga x xenia. lawan xenia sanggup tapi ketika fight avanza ga mampu, sekarang stabil di bawah xenia.Rundeer wrote: ↑20 Feb 2018, 12:50Btw kalo avanza keluar all new pastinya itu tahta bakal kerebut kembali. Sekarang masih di tameng pake Rush dulu...Michaelktp wrote: ↑20 Feb 2018, 12:36 Siap-siap diambang keruntuhan dominasi PT. TAM di segmen LMPV. Bulan depan semoga sudah terjadi.
Sumber:
http://otomotif.kompas.com/read/2018/02 ... nuari-2018
Semoga setelah ini MMC Japan berminat menghidupkan kembali segmen Midsized MPV ladder frame (Kuda reborn) untuk pesaing Innova. Pasti TAM semakin ketar ketir.
No doubt hanya brand triple diamonds yang tidak bisa dipandang enteng oleh triple elips di Indo DM. Sekarang "Mr Bean" sudah mendapatkan ayam bertelur emas.
Let's see bakal berapa lama Xpander konsisten jualan di angka segitu
lagian itu angka avanza tumben2nya turun banget ga di angka 10 ribuan unit per bulan, bukan xpander yang jualan tinggi menurut saya, tapi avanza yang kenapa bisa drop segitu banyak. alasannya bisa banyak, tapi ya yang menarik lihat saja nanti xpander bisa kuat gitu terus ngga.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: 31 Dec 2013, 21:57
- Daily Vehicle: transjakarta
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Kalo sampe bulan ini, Xpander nyalip Avanza bukan gak mungkin kalo mereka merilis All New Avanza tahun ini.. Kalo siklus avanza dulu sih, 7 tahun ganti generasi. Berarti tahun ini Avanza ganti gen...
- coklatMetalik
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: 24 Jun 2016, 18:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Kalo liat sejarah Kuda dulu
Cm laku di taun2 awal, lama2 penjualannya turun terus smp discontinue, market kembali ke Kijang, Ipah & Avanza
Cm laku di taun2 awal, lama2 penjualannya turun terus smp discontinue, market kembali ke Kijang, Ipah & Avanza
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: 13 Sep 2015, 10:08
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Jadi teringat tahun 2000an, waktu Panther, Kijang, dan Kuda saling bersaing. Persaingan paling sengit itu dulu.
Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.
Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: 15 Jan 2016, 22:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Isuzu udh terlena sama penjualan mobil niaga. Dari tahun-tahun kemaren jg kabarnya panther mau model baru tapi sampe sekarang gak ada kabar. Harapan tinggal di Mitsu. Gara" melenggang sendiri itu TAM ngasih harga Innova seenakne dewe. Tipe teratas udh hampir 480jtevanbngdor wrote: ↑20 Feb 2018, 20:09 Jadi teringat tahun 2000an, waktu Panther, Kijang, dan Kuda saling bersaing. Persaingan paling sengit itu dulu.
Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: 13 Sep 2015, 10:08
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Bukan terlena dengan mobil niaga nya om. Astra group bingung ini segmentation, targeting, and positioning passenger car nya isuzu mau diapain. Meskipun satu bapak, tapi jangan sampe ada pertikaian antar sodara sendiri kan.Rundeer wrote: ↑20 Feb 2018, 20:17Isuzu udh terlena sama penjualan mobil niaga. Dari tahun-tahun kemaren jg kabarnya panther mau model baru tapi sampe sekarang gak ada kabar. Harapan tinggal di Mitsu. Gara" melenggang sendiri itu TAM ngasih harga Innova seenakne dewe. Tipe teratas udh hampir 480jtevanbngdor wrote: ↑20 Feb 2018, 20:09 Jadi teringat tahun 2000an, waktu Panther, Kijang, dan Kuda saling bersaing. Persaingan paling sengit itu dulu.
Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.
Setidaknya harus ada segmentation, targeting, and positioning yang jelas antar brand-brand nya astra, jadi semua bisa hidup dan merambah semua kalangan. Itu sih kalo emang mau jadi penguasa otomotif di Indonesia.
IMHO.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
- iwidiyanto
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: 30 Oct 2011, 18:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
mengenai isuzu, om nr udah pernah panjang lebar kenapa isuzu ga digarap serius sama astra. coba search aja
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: 13 Sep 2015, 10:08
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Ya sekarang tinggal strategi petinggi2nya astra aja nih gimana. Mau posisi bertahan, atau posisi menyerang.iwidiyanto wrote: ↑20 Feb 2018, 21:15 mengenai isuzu, om nr udah pernah panjang lebar kenapa isuzu ga digarap serius sama astra. coba search aja
Menurut ane yg pernah studi kasus astra group sih, mereka kalo ditanya punya resource itu memadai atau ngga, jelas lebih dari cukup. Tinggal kedepannya strategi apa yg dipilih nih.
Kalau mau agresif ekspansi sodok kiri kanan atas bawah sih pasti bisa lah. Mau monopoli pasar otomotif jg bisa aja menurut ane sih, tinggal liat seberapa pinter&nekat manajemennya aja
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: 11 Dec 2015, 19:21
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
evanbngdor wrote: ↑20 Feb 2018, 20:22Bukan terlena dengan mobil niaga nya om. Astra group bingung ini segmentation, targeting, and positioning passenger car nya isuzu mau diapain. Meskipun satu bapak, tapi jangan sampe ada pertikaian antar sodara sendiri kan.Rundeer wrote: ↑20 Feb 2018, 20:17Isuzu udh terlena sama penjualan mobil niaga. Dari tahun-tahun kemaren jg kabarnya panther mau model baru tapi sampe sekarang gak ada kabar. Harapan tinggal di Mitsu. Gara" melenggang sendiri itu TAM ngasih harga Innova seenakne dewe. Tipe teratas udh hampir 480jtevanbngdor wrote: ↑20 Feb 2018, 20:09 Jadi teringat tahun 2000an, waktu Panther, Kijang, dan Kuda saling bersaing. Persaingan paling sengit itu dulu.
Mudah2an persaingat kyk gitu bakal muncul lagi dalam waktu dekat ini, bosen juga ngeliat innova melenggang tanpa lawan yang berarti.
Setidaknya harus ada segmentation, targeting, and positioning yang jelas antar brand-brand nya astra, jadi semua bisa hidup dan merambah semua kalangan. Itu sih kalo emang mau jadi penguasa otomotif di Indonesia.
IMHO.
bukannya krn isuzu global memang udh gak fokus ke passenger car ya, di luar negri juga cuma dmax dan mux sisanya truck dan bus.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: 13 Sep 2015, 10:08
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Kalau secara global iya om, tp pasar indo sebenernya masih cukup menjanjikan di sektor passenger car nya. Bisa aja sih terjun lg ke pasar ini kalo emang mau isuzu indo nya. Apalagi masih dipegang sama astra group, yang bs dibilang apa aja bisa dilakukan kalo mau&nekat.Senargitar wrote: ↑20 Feb 2018, 21:28evanbngdor wrote: ↑20 Feb 2018, 20:22
Bukan terlena dengan mobil niaga nya om. Astra group bingung ini segmentation, targeting, and positioning passenger car nya isuzu mau diapain. Meskipun satu bapak, tapi jangan sampe ada pertikaian antar sodara sendiri kan.
Setidaknya harus ada segmentation, targeting, and positioning yang jelas antar brand-brand nya astra, jadi semua bisa hidup dan merambah semua kalangan. Itu sih kalo emang mau jadi penguasa otomotif di Indonesia.
IMHO.
bukannya krn isuzu global memang udh gak fokus ke passenger car ya, di luar negri juga cuma dmax dan mux sisanya truck dan bus.
Waktu ngobrol bareng sama direkturnya politeknik manufaktur astra sih beliau jg bilang kalau passenger isuzu mau dibangkitkan lg sih ayo aja kalo mau.
IMHO
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: 09 Nov 2012, 07:39
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Kalau kompetitornya mau meruntuhkan atau paling tidak menyaingi dominasi avanza/innova, percuma kalau hanya sekedar nambah fitur ini itu. Yang paling efektif itu adalah jiplak mentah-mentah strategi pemasarannya astra plus harga murah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: 26 Apr 2014, 11:42
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Salah satu strategi soal pricing : tiap tahun harga dinaikan, keuntungannya: menambah laba, bisa punya ruang kasih diskon besar, dan secara tidak langsung menjaga resale valuePenikmat_Kopi wrote: ↑21 Feb 2018, 12:59 Kalau kompetitornya mau meruntuhkan atau paling tidak menyaingi dominasi avanza/innova, percuma kalau hanya sekedar nambah fitur ini itu. Yang paling efektif itu adalah jiplak mentah-mentah strategi pemasarannya astra plus harga murah.
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 199
- Joined: 01 Oct 2017, 19:40
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Di dunia marketing, teori segmentation/targeting/positioning sebetulnya sudah usang dan mulai ditinggalkan. Sekarang bergeser fokusnya ke customer experience.
Zaman sekarang, satu produk tidak bisa lagi STP ke kelas/market tertentu. MPV bisa dibeli tak hanya keluarga, bisa corporate, bisa untuk taxi online, bisa individu, bahkan bisa anak muda. Makanya customer experience jadi penting sekali.
Selain itu, paradigma jual putus juga sudah ditinggalkan. Pabrikan tidak bisa lagi hanya fokus ngiklan produk dan jualan produknya lalu selesai. Sekarang semuanya kudu dibungkus rapi dengan servis yang baik. Produk dikemas dengan service, istilahnya servitization.
Sepengetahuan saya, (sayangnya) baru TAM yang jago beginian. Dan pabrikan mobil premium (kelas atas) tentunya.
Zaman sekarang, satu produk tidak bisa lagi STP ke kelas/market tertentu. MPV bisa dibeli tak hanya keluarga, bisa corporate, bisa untuk taxi online, bisa individu, bahkan bisa anak muda. Makanya customer experience jadi penting sekali.
Selain itu, paradigma jual putus juga sudah ditinggalkan. Pabrikan tidak bisa lagi hanya fokus ngiklan produk dan jualan produknya lalu selesai. Sekarang semuanya kudu dibungkus rapi dengan servis yang baik. Produk dikemas dengan service, istilahnya servitization.
Sepengetahuan saya, (sayangnya) baru TAM yang jago beginian. Dan pabrikan mobil premium (kelas atas) tentunya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: 27 Dec 2007, 09:16
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Ane mencium bau2 'capsule will reborn' nih... snif..snif..
- b8099ok
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: 18 Nov 2009, 11:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
- Contact:
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Panjah dijel plis,... 1NDTV,... Smoke iz gud beibeh,...
FWD + RWD + 4WD =
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: 13 Sep 2015, 10:08
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Betul, ane ambil MM juga teori STP cuma sebatas info dasar aja, tp fokus marketing skg lebih ke arah Consumer Behaviour. Strategic digital marketing jg sudah mulai banyak yg mendalami skg.imanoff wrote: ↑23 Feb 2018, 07:38 Di dunia marketing, teori segmentation/targeting/positioning sebetulnya sudah usang dan mulai ditinggalkan. Sekarang bergeser fokusnya ke customer experience.
Zaman sekarang, satu produk tidak bisa lagi STP ke kelas/market tertentu. MPV bisa dibeli tak hanya keluarga, bisa corporate, bisa untuk taxi online, bisa individu, bahkan bisa anak muda. Makanya customer experience jadi penting sekali.
Selain itu, paradigma jual putus juga sudah ditinggalkan. Pabrikan tidak bisa lagi hanya fokus ngiklan produk dan jualan produknya lalu selesai. Sekarang semuanya kudu dibungkus rapi dengan servis yang baik. Produk dikemas dengan service, istilahnya servitization.
Sepengetahuan saya, (sayangnya) baru TAM yang jago beginian. Dan pabrikan mobil premium (kelas atas) tentunya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
- sefkaz
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: 14 Feb 2018, 11:31
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Mio
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Menarik juga dibahas TAM/ADM bisa keluarin Rushter baru dengan harga yang mefet, termasuk juga Yaris baru dengen fullspec dan harga so so sama yang lama...
efek monopoli bener bener merusak, seperti kasus intel yang begitu keluar AMD Ryzen langsung multicore nya keluar all out
efek monopoli bener bener merusak, seperti kasus intel yang begitu keluar AMD Ryzen langsung multicore nya keluar all out
- alvin23
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1958
- Joined: 01 Jan 2007, 09:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
enaknya jadi leader itu, punya duit cash banyak. Nanti kalo masih kalah ya, dengan duitnya tinggal keluarin fitur2 yang selama ini belum dikeluarin aja.sefkaz wrote: ↑14 Mar 2018, 16:03 Menarik juga dibahas TAM/ADM bisa keluarin Rushter baru dengan harga yang mefet, termasuk juga Yaris baru dengen fullspec dan harga so so sama yang lama...
efek monopoli bener bener merusak, seperti kasus intel yang begitu keluar AMD Ryzen langsung multicore nya keluar all out
tepar dah tuh pesaing. skrg misal dari segi fitur udh gaada beda, pesaing harus cari lagi dari angle mana dia bisa nyalip wkwk
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: 11 Dec 2015, 19:21
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
udah runtuh tuh... seberapa lama runtuhnya? bakal mendominasi lagikah? itu yang menarik utk ditunggu
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 225 Replies
- 20398 Views
-
Last post by adityawei
-
- 17 Replies
- 1628 Views
-
Last post by DrivingPotato
-
- 34 Replies
- 3216 Views
-
Last post by quyquy
-
- 8 Replies
- 1417 Views
-
Last post by kurniakerten
-
- 2 Replies
- 719 Views
-
Last post by carlzeiss
-
- 15 Replies
- 2491 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 26 Replies
- 3734 Views
-
Last post by darrelund
-
- 31 Replies
- 2979 Views
-
Last post by noire
-
- 63 Replies
- 5331 Views
-
Last post by faridrach
-
- 40 Replies
- 3451 Views
-
Last post by Suryaputra