Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Herman7103 »

Berbeda pendapat adalah hal yg wajar begitu pula user yg pake berbeda merk find find aja. Yang penting user nya nyaman dan sreg dgn mobil nya masing masing. PEACE
:glodak:
HR15DE 2014
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: 06 May 2017, 18:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by calonjenazah »

Zaxis wrote: 21 Dec 2017, 11:29 Yg ribut kan yg beli mobil merk laen tp was2 jg harga jual bekas nya takut jatoh
Jd ajak rame2 pindah merk dia jg biar sama2 rasain kalo jual bekas nya jatoh bkn dia aja yg rugi
hahaha "mau terjun ke jurang kok ngajak ngajak, lu sendiri aja sono"
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: 15 Jul 2013, 09:40

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by mobilover »

calonjenazah wrote: 21 Dec 2017, 12:13
Mkresnap wrote: 21 Dec 2017, 10:26
haha setuju, berarti yang harusnya diubah tuh bukan mindset pembeli, tapi mindset para komentator ya gan haha, yang mintanya lebih dengan duit pas pasan, hello teknologi itu mahal dan toyota punya standar sendiri :mky_07: banyak fitur mubazir yang dikasih sama mazda contohnya, saya akuin keamanan mazda top punya, tapi di jalan indo pake scbs ngerem terus tuh mobil gara gara motor nyelip nyelip haha :mky_07: kalo dikasih elektrikal banyak nanti komen lagi bensin boros lah nggak awetlah. HEY lu pikir sensor tahan berapa lama. Maunya barang yang sempurna tapi budget pas pasan gini ini nih HAHAHA
hehe pembeli biasanya membeli barang sesuai yang dibutuhkan (paling sesuai isi dompet), kalau memang butuh yang fiturnya lebih ya mereka akan ambil yg fitur lebih (lebih kuras isi dompet sampai habis). Makanya ada pasarnya masing masing.

Nah yg lucunya kan biasanya orang orang sini bukan pembeli, bahkan calon pembeli saja bukan (tidak punya dompet), selalu membandingkan standard yg ada, dan meminta fitur lebih (padahal beli saja tidak), Begitu yang laku dipasaran yang featureless (paling jelek) menurut mereka, disalah salahin/dijelek jelekin yg pada beli featureless tadi mending beli yang ini mending yang itu (ingat padahal yg jelek jelekin punya dompet saja tidak), padahal hasil penjualan menunjukkan memang batas kebutuhan (kemampuan) mayoritas orang sini ya sekedar disitu (jaminan low price, low parts & maintenance price, low fuel consumption & quality, yg high durability).
Berarti mmg pasar indonesia mmg berbeda dgn pasar negera lain. Di negara lain merek2 otomotif semua berlomba2 bikin mobil bagus dgn teknologi dan fitur terdepan. Di Indonesia, mobil yg paling basic ( mesin transmisi teknologi jadul, fitur kopong ) malah paling laku dengan alasan mudah dimaintenance, tahan banting, gampang dijual lagi. Semua ini terlepas dr kebutuhan masyarakat indonesia yg melihat mobil sebagai alat transportasi untuk pindah dr titik A ke titik B semata, bukan sebagai kesenangan hobby ataupun manisfestasi kesuksesan.
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: 06 May 2017, 18:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by calonjenazah »

mobilover wrote: 21 Dec 2017, 12:30
Berarti mmg pasar indonesia mmg berbeda dgn pasar negera lain. Di negara lain merek2 otomotif semua berlomba2 bikin mobil bagus dgn teknologi dan fitur terdepan. Di Indonesia, mobil yg paling basic ( mesin transmisi teknologi jadul, fitur kopong ) malah paling laku dengan alasan mudah dimaintenance, tahan banting, gampang dijual lagi. Semua ini terlepas dr kebutuhan masyarakat indonesia yg melihat mobil sebagai alat transportasi untuk pindah dr titik A ke titik B semata, bukan sebagai kesenangan hobby ataupun manisfestasi kesuksesan.
Ya ga bisa dipungkiri selama ekonomi indonesia berada di level sekarang (nyungsep) dan akan terus seperti sekarang keadaan pasar akan terus seperti itu (malah sedang bergeser ke tren mobil dari negara tirai palsu).
Crossoverjersey
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: 05 Mar 2017, 14:05
Location: Bandung

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Crossoverjersey »

Kebanyakan orang kan beli mobil agak maksain.. Bahkan cicilan buat mobilnya bisa sampe 50 % dari Pendapatan dia... Makanya secara mindset mereka akan mencari mobil yg Istilahnya "aman" alias nanti kalo butuh duit Gampang dijual.. Atau ingin ganti upgrade juga ngga susah jualnya..

Intinya orang kebanyakan di Kelas LMPV ini yg dipikirkan itu resale Value..Irit BBM.. Dan ASS nya...

Makanya Sy lihat penjualan avanza ternyata masih stabil..ya digerogoti sama Xpander justru calon konsumen nya mobilio,ertiga, brv, rush
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Bulgogi »

Tenang tenang.. bentar lagi masuk era electric vehicle.. kebijakan lagi digodok, charging spot lagi dibangun, sosialisasi media ttg EV juga mulai masif.. jadi penasaran apa avanza masih bertahan di masa depan?

Atau avanza malah di cangkok batterai lithium?
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1366
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by iwing »

Bulgogi wrote: 21 Dec 2017, 13:27 Tenang tenang.. bentar lagi masuk era electric vehicle.. kebijakan lagi digodok, charging spot lagi dibangun, sosialisasi media ttg EV juga mulai masif.. jadi penasaran apa avanza masih bertahan di masa depan?

Atau avanza malah di cangkok batterai lithium?
paling mobil elektrik yang laku sekitar ratusan mentok. gak mungkin lah sampe ribuan. lihat deh kondisi sekitar. imho
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ak4ng »

Selama premium and solar masi terjangkau ngapain susah2 pindah EV/hybrid/apapun yg nonsubsidi hahaaaa

Hidup makin susah bozzzz, persaingan makin berat....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7351
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by newrubble »

mobilover wrote: 21 Dec 2017, 12:30
Berarti mmg pasar indonesia mmg berbeda dgn pasar negera lain. Di negara lain merek2 otomotif semua berlomba2 bikin mobil bagus dgn teknologi dan fitur terdepan. Di Indonesia, mobil yg paling basic ( mesin transmisi teknologi jadul, fitur kopong ) malah paling laku dengan alasan mudah dimaintenance, tahan banting, gampang dijual lagi. Semua ini terlepas dr kebutuhan masyarakat indonesia yg melihat mobil sebagai alat transportasi untuk pindah dr titik A ke titik B semata, bukan sebagai kesenangan hobby ataupun manisfestasi kesuksesan.
pasar domestik indo sama spt lower-middle 3rd world pd umumnya spt (kalo south asia) pakistan ...... beda nya cuma di pakistan octane level ikut negara negara normal (euro std) bahkan octane level di killzones juga normal tdk spt indo

di firstworld market advanced tech / safety bukan krn mrk (brands) itu generous tapi lbh kpd safety n enviro compliance (ingat di amriki contohnya 1980s kita sdh dengar bhw zero emission policy yg di mulai di california akan memberi incentive pd siapapun yg sanggup n penalty pd siapapun yg tdk / blm sanggup) ......

mobil dacia sandero yg mrp sedan / hatch termurah (euro 7,500 onroad incl insurance krn skrg lg year-end special offer) sdh ada itu in-cabin heater; 'panic button' (emergency locator beaming) atau lane change alert atau (u yg radio-less) traffic info radio channel (single band auto change on crossborder passing) ...... krn itu semua hrs ada (kalo tdk, pasti tdk bole jualan di EU)

yg blm pasti ada itu AC dan ..... kaca felem (maksut nya tinted windows) n video mundur
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Penikmat_Kopi »

rajapb wrote: 21 Dec 2017, 00:30
Penikmat_Kopi wrote: 20 Dec 2017, 22:23 Intinya sih kalau mobilnya gak laku ya jangan nyalahin pembelinya. Pembeli itu punya pertimbangan sendiri-sendiri kenapa memutuskan membeli produk tersebut. Kalau kompetitor avanza gak bisa bersaing dengan avanza, yang salah ya si kompetitornya, salah sendiri gak bisa jualan produknya berdasarkan apa yg calon pembeli butuhkan.
Atau mindset beberapa pembeli nya harus dirubah?
Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinya
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: 06 May 2017, 18:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by calonjenazah »

kebijakan EV apalagi yg barusan dipamerin untuk resmikan tol (Ezzy : perpaduan ford fiesta GE8 jadi CRZ dikasih batre ABC harga 500jt) sama dengan dulu mainan mobnas goals sebatas poles pilkada & pilpres nanti, penerapan disini absolutely myth, selama yg main di indonesia masih cungko cungko minyak ya memble saja.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Herman7103 »

Pendapat saya kalau melihat realitas kita yg dulu pengekspor minyak mentah dan yg sdh cukup lama jg jadi net importer minyak bumi yg merupakan sumber daya alam yg tidak bisa diperbaharui dan tidak banyak cadangan terbukti minyak bumi baru yg ditemui maka sumber energi alternatif non fossil fuel utk otomotif merupakan sesuatu yg tak terelakan lagi tinggal tunggu waktu nya aja hadir di IDM.
:glodak:
HR15DE 2014
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 04 Dec 2017, 20:57

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Mkresnap »

Sebenernya produsen sih bisa aja masukin semua telnologi keamanan tapi banyak hambatan pertama mercedez waktu itu mau masukin kalo gasalah lane keeping assist tapi bentrok sama frekuensi radio di indo, kedua kalo dikasih fitur lengkap pasti harga naik luar biasa, siapa yang mau beli? Kecuali orang orang dengan keuangan yang cukup banyak, ketiga kalo rusak atpm dihujat karena maunya sparepart murah padahal mobil sekelas chevy nissan yang kemanan cukup perawatan lumayan mahal dan sparepartnya itu bikin kantong bolong
senbei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: 14 Nov 2016, 09:50

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by senbei »

Nanti juga akan runtuh dengan sendirinya seiring dengan kesadaran customer indonesia menyadari penting nya resiko keselamatan dan menempatkan safety risk diurutan teratas dan RV risk diurutan paling bawah.

tapi pertanyaannya kapan ??? heheheee
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: 26 Nov 2015, 23:27

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by rajapb »

Penikmat_Kopi wrote: 21 Dec 2017, 15:18
rajapb wrote: 21 Dec 2017, 00:30
Penikmat_Kopi wrote: 20 Dec 2017, 22:23 Intinya sih kalau mobilnya gak laku ya jangan nyalahin pembelinya. Pembeli itu punya pertimbangan sendiri-sendiri kenapa memutuskan membeli produk tersebut. Kalau kompetitor avanza gak bisa bersaing dengan avanza, yang salah ya si kompetitornya, salah sendiri gak bisa jualan produknya berdasarkan apa yg calon pembeli butuhkan.
Atau mindset beberapa pembeli nya harus dirubah?
Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinya
so, semua orang harus beli mobil yang gampang ngerawat nya, boring to drive, sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus gitu? gak bisa lah.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Penikmat_Kopi »

rajapb wrote: 22 Dec 2017, 15:20
Penikmat_Kopi wrote: 21 Dec 2017, 15:18
rajapb wrote: 21 Dec 2017, 00:30

Atau mindset beberapa pembeli nya harus dirubah?
Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinya
so, semua orang harus beli mobil yang gampang ngerawat nya, boring to drive, sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus gitu? gak bisa lah.
Boring to drive? Bagi orang2 yg beli mungkin enggak lho, nyatanya paling laris.
Nah kalau kebanyakan orang milih avanza dengan pertimbangan sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus, harga terjangkau dan muat banyak, ya karena mungkin itulah yg mereka butuhkan dibanding dengan fitur2 yg bertebaran.
Ini konteksnya kan kenapa susah meruntuhkan dominasi avanza? Karena suka atau tidak suka ya harus diakui kalau avanza lebih mengerti kebutuhan pembelinya, dibanding kompetitornya.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7351
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by newrubble »

at commercial level dimanapun kapanpun u kasih yg (diliat org lain bagus) itu hrs:
-di paksa; atau
-ter paksa; atau 2 2 nya
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: 28 Jul 2010, 16:05

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by roymhs31 »

Penikmat_Kopi wrote: 22 Dec 2017, 16:01
rajapb wrote: 22 Dec 2017, 15:20
Penikmat_Kopi wrote: 21 Dec 2017, 15:18

Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinya
so, semua orang harus beli mobil yang gampang ngerawat nya, boring to drive, sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus gitu? gak bisa lah.
Boring to drive? Bagi orang2 yg beli mungkin enggak lho, nyatanya paling laris.
Nah kalau kebanyakan orang milih avanza dengan pertimbangan sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus, harga terjangkau dan muat banyak, ya karena mungkin itulah yg mereka butuhkan dibanding dengan fitur2 yg bertebaran.
Ini konteksnya kan kenapa susah meruntuhkan dominasi avanza? Karena suka atau tidak suka ya harus diakui kalau avanza lebih mengerti kebutuhan pembelinya, dibanding kompetitornya.
setuju kurleb ama pendapat ini. harus diingat penduduk indonesia yng beli mobil bukan cm di Jakarta ato di kota besar pulau Jawa. Di daerah-daerah meski idealnya orang pasti milih mobil yang value for money (harga vs fitur dan driving experences lainnya) tapi realita di lapangan gak bisa dihindari, yakni beli mobil tetap harus dipikirin ASSnya. kayaknya gak ada orang di daerah selain kota besar kyk Jakarta mau beli mobil cuma pake rusak trus ganti. Ini yang perlu dikikis secara gradual sama kompetitor avanza-innova khususnya pabrikannya. TAM juga mulai bisa ampe ke pelosok kan bukan 1 hari atau 1 tahun, tapi dicicil sudah berpuluh tahun untuk dpt reputasi dan persepsi merek kayak sekarang.

Kalo saya pribadi berharap banyak sama Mitsubsihi bisa jadi game changer untuk ngatasin dominasi TAM dan produk turunannya, khususnya selepas luncurin pajero sport dan skrg xpander. Hal ini karena setidaknya dia merek Jepang dan jaringan ASSnya sudah lumayan mapan meski lebih condong untuk kendaraan niaga. Setidaknya modal awalnya sudah bagus bagi Mitsubishi untuk mengulang duel seru dengan TAM di masa lalu.
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: 06 May 2017, 18:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by calonjenazah »

mungkin ada kok orang yang beli mobil fun to drive, susah ngerawatnya, sparepart susah, after sales tidak ada yg jamin (contoh: opel vectra atau subaru r1, silahkan tanya kalau pesen parts gimana), resale value hancur (contoh: kia carnival). Antara orang khilaf atau sial hahahaha

padahal semua orang disini pertimbangan membeli mobil "pribadi" ya awet gampang dirawat, sparepart & aftersales terjamin, resale value bagus. masa mau beli mobil yang nyusahin (padahal hidup disini saja sudah susah) untuk dipake (kecuali koleksi/pajangan).

saya senang baca baca fun logic yang terbalik balik disini.
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: 28 Feb 2016, 08:28

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Joehard30 »

Harga papanja n ipah itu mungkin lbh dr 30% harga durability n ass. Problem nya g ada rival yg cukup kuat krn manufaktur global lain ogah masuk allout. Mesin mereka bsa remuk kl minum bbm busuk. Pertama biar orang indo dpt bareng bagus harga kompetitif, bbm busuk harus d enyahkan dulu. Bbm busuk konon sarang korupsi krn impor bbm bagus, malah d proses jd jelek n krn d pojok dunia lain g ada yg pake, harganya g ada standarnya :big_bored: .

Oe jg curiga, orang2 bandar papanja tuh kolaborasi sm antek2 minyak biar terus jual bbm busuk. Markup lancar, jualan barang dibawah standar juga lancar, g ada kompetisi keras. Jd sama2 hepi deh :off_no:

Kl bbm udah bagus, manufaktur global jd rame2 deh mau ikut kompetisi. Bisa liat india, ngerasain mobil2 bagus mcm skoda, dacia, vw dll dg harga kompetitif. Atoyot baru bisa insaf deh hbs gt 😏
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
nylekamin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 01 Jul 2017, 22:23

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by nylekamin »

Jd diskusi 92 halaman ini udah ada kesimpulannya belum??
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 04 Dec 2017, 20:57

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Mkresnap »

rajapb wrote: 22 Dec 2017, 15:20
Penikmat_Kopi wrote: 21 Dec 2017, 15:18
rajapb wrote: 21 Dec 2017, 00:30

Atau mindset beberapa pembeli nya harus dirubah?
Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinya
so, semua orang harus beli mobil yang gampang ngerawat nya, boring to drive, sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus gitu? gak bisa lah.
boring to drive menurut perspektif siapa? toh kalo menurut anda toyota boring to drive, kan ada merk lain kayak mazda, bmw, mercedes, setiap brand punya positioning masing masing, sebenernya kalo ditanya kenapa avanza innova mendominasi jawabannya gampang, ya karena konsumennya banyak yang butuh, selesai, kalo mau fun to drive beli yang lain kelar kan ngapain di perdebatkan
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 04 Dec 2017, 20:57

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Mkresnap »

Joehard30 wrote: 22 Dec 2017, 17:50 Harga papanja n ipah itu mungkin lbh dr 30% harga durability n ass. Problem nya g ada rival yg cukup kuat krn manufaktur global lain ogah masuk allout. Mesin mereka bsa remuk kl minum bbm busuk. Pertama biar orang indo dpt bareng bagus harga kompetitif, bbm busuk harus d enyahkan dulu. Bbm busuk konon sarang korupsi krn impor bbm bagus, malah d proses jd jelek n krn d pojok dunia lain g ada yg pake, harganya g ada standarnya :big_bored: .

Oe jg curiga, orang2 bandar papanja tuh kolaborasi sm antek2 minyak biar terus jual bbm busuk. Markup lancar, jualan barang dibawah standar juga lancar, g ada kompetisi keras. Jd sama2 hepi deh :off_no:

Kl bbm udah bagus, manufaktur global jd rame2 deh mau ikut kompetisi. Bisa liat india, ngerasain mobil2 bagus mcm skoda, dacia, vw dll dg harga kompetitif. Atoyot baru bisa insaf deh hbs gt 😏
nah kalo ini baru mindset pembeli, kalo bbm dihilangin yang busuk emang pada nggak demo? nanti teriak teriak pemerintah tidak memperhatikan kesejahteraan rakyat, karena yang butuh mobil fun to drive siapa? mungkin orang orang di forum SM yang berduit ini jadi nggak butuh lagi beli bbm busuk kayak premium pertalite :mky_04: :mky_08:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ak4ng »

Seperti yg bro nr post, antara terpaksa atau dipaksa, di sini biaya jalan rupiah per kilometer pake premium pertait or bisolar tu paling murah, wajar sebagian besar tetep setia pakai, seaindainya itu pertamax 92 harganya 6550 and dex harganya 5150 dengan dihapusnya produk kualitas dibawahnya tentu smua orang pun (dipaksa) beralih masalahnya kenapa jomplang sekali harga bbm pertamina vs petronas di malay or negara lain lah, hhmmm smua di sini juga dah pada tau ya wkwkkwkwkkw.... juga selain durable thd bbm busuk, jaringan serpisnya cuma toyota yg bner2 memanjakan konsumen, kembarannya aja ga segitunya ngasi layanan, so wajar si irit nan kenchang 12 tahun berturut2 juara penjualan nasional hahahaaaaaa
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: 26 Nov 2015, 23:27

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by rajapb »

Penikmat_Kopi wrote: 22 Dec 2017, 16:01
rajapb wrote: 22 Dec 2017, 15:20
Penikmat_Kopi wrote: 21 Dec 2017, 15:18

Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinya
so, semua orang harus beli mobil yang gampang ngerawat nya, boring to drive, sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus gitu? gak bisa lah.
Boring to drive? Bagi orang2 yg beli mungkin enggak lho, nyatanya paling laris.
Nah kalau kebanyakan orang milih avanza dengan pertimbangan sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus, harga terjangkau dan muat banyak, ya karena mungkin itulah yg mereka butuhkan dibanding dengan fitur2 yg bertebaran.
Ini konteksnya kan kenapa susah meruntuhkan dominasi avanza? Karena suka atau tidak suka ya harus diakui kalau avanza lebih mengerti kebutuhan pembelinya, dibanding kompetitornya.
Berarti kalo merk2 yang menjual mobil2 fun to drive tersebut jadi pasar yang niche gak salah dong. Iya emang gak mungkin sih semua orang beli mobil2 segmented kaya gitu. Tapi misal.merk kaya mazda gitu punya idealis sendiri terus disuruh jual mobil yang diinginkan konsumen kebanykan? Udah bener kan jadi pasar niche. Dan merk2 niche tersebut juga ngerti dong pasar yang dituju mereka emang bukan pasar mainstream.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post