Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by FU27 »

bangrosi wrote: Sun Aug 23, 2020 15:57
AR93 wrote:Yang bisa meruntuhkan Avanza-Innova ya Toyota sendiri. Liat aja taun depan pas mereka ngeluarin MPV baru...
Skr penjualan bkn Juli 2020 akhirnya di kalahkan sama Suzuki Carry dalam penjualan.
Salesman S masih bisa senyum di masa pandemi. Ada kawan sales S, di bulan April-Mei yang paling berat sekalipun, masih bisa delivery mobil (apalagi klo bukan Carry). Dan ada satu kawan lagi yang sales H, 2 bulan gak dapat SPK.
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by patrickstar »

Suzuki itu unik ya om, bisa bertahan segala kondisi walau ngga kaya2 amat
Santai dijalan, nikmati hidup.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by maastricht889 »

FU27 wrote: Mon Aug 24, 2020 0:54
bangrosi wrote: Sun Aug 23, 2020 15:57
AR93 wrote:Yang bisa meruntuhkan Avanza-Innova ya Toyota sendiri. Liat aja taun depan pas mereka ngeluarin MPV baru...
Skr penjualan bkn Juli 2020 akhirnya di kalahkan sama Suzuki Carry dalam penjualan.
Salesman S masih bisa senyum di masa pandemi. Ada kawan sales S, di bulan April-Mei yang paling berat sekalipun, masih bisa delivery mobil (apalagi klo bukan Carry). Dan ada satu kawan lagi yang sales H, 2 bulan gak dapat SPK.
Suzuki kayanya masih ketolong sama carry, XL7 sama bbrp instansi kesehatan ambil apv ambulance ya om? Carry sama xl7 sejak launching lumayan banyak di jalan
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by bensinsolar »

After Sales Service TOYOTA memang juara. Avanza, Innova & Fortuner gabisa dikalahkan. Bahkan sekelas brand Mitsubishi aja, ud 1 mingguan telp ke Beres bwt service ga diangkat terus karena OS setelah ada penggantian part masih ada yg bunyi dikit. Telp Sales diangkat trus coba ditrf ke service dept. Dihold 15 menit diangkat lagi ama salesnya, servicenya sibuk, disuruh bawa aja ke bengkel bwt daftar. Sampe Beres ud kaya pasar ramenya. Mobilnya sih enak banget tp Bad experience ASS yg bikin frustrated. Telp service Toyota lgsg diangkat bwt booking service :mky_04:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ChZ »

jadi dari awal trit dibuat 7 tahun lalu dan 45 halaman kemudian msh belum terjawab mengapa dominasi avanza innova tidak runtuh-runtuh...

dan sampai hari ini juga tidak runtuh-runtuh...

:ngacir:

avanza skrg angkanya kecil krn terbagi dengan agya, calya, dan rush... krn avanza sendiri jg sdh bkn entry level car.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by kunaskun »

patrickstar wrote: Mon Aug 24, 2020 1:08 Suzuki itu unik ya om, bisa bertahan segala kondisi walau ngga kaya2 amat
passenger mah ga puyeng karena ada subsidi dari commercial = apv + carry. duit suzuki mah dari sini.
juga ertiga lumayanlah bisa export, sisa dagangan lain ya dari India, pajak 0% seperti sesama ASEAN, cuma kena kuota saja kalau ga ada kuota bisa lebih kenceng kali ya :big_think:
erwinign wrote: Mon Aug 24, 2020 1:09 Suzuki kayanya masih ketolong sama carry, XL7 sama bbrp instansi kesehatan ambil apv ambulance ya om? Carry sama xl7 sejak launching lumayan banyak di jalan
APV buat daerah wisata, terutama Bali, ga ada matinya disana. herannya ada grandmax luxio tetep milih APV di sana.
carry ya pasti terus dibeli, apalagi yg baru, sangat mendukung usaha kecil yg butuh "colongan" tonase dengan dimensi kecil.
XL7 si biasalah suzuki, karena masih anget aja, ntar juga sepi :big_biglaugh:
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by dieselman228 »

trus tahun depan avanza xenia ganti model baru . makin susah deh wkwkwkw
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by bangrosi »

patrickstar wrote:Suzuki itu unik ya om, bisa bertahan segala kondisi walau ngga kaya2 amat
Sesuai slogannya walaupun skr sdh berubah tapi tetap 'Inovasi Tiada Henti'

Bahkan di india toyota pun bekerjasama dgn suzuki utk rebrand mobil2 nya.

PR rumah utk suzuki semoga divisi roda dua diperbaiki sdh bosan dgn produk duo penguasa pasar.
User avatar
ecodriver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Tue Oct 16, 2018 13:07
Location: ponorogo
Daily Vehicle: Astrea Grand

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ecodriver »

kalo ada yg LEBIH kuat, enak, lega, reliable, great after sales, etc selain avz-inv pasti akan jadi mobil saya suatu ketika.... :big_biglaugh:
2GD Ven AE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ChZ »

bangrosi wrote: Mon Aug 24, 2020 17:47
patrickstar wrote:Suzuki itu unik ya om, bisa bertahan segala kondisi walau ngga kaya2 amat
Sesuai slogannya walaupun skr sdh berubah tapi tetap 'Inovasi Tiada Henti'

Bahkan di india toyota pun bekerjasama dgn suzuki utk rebrand mobil2 nya.

PR rumah utk suzuki semoga divisi roda dua diperbaiki sdh bosan dgn produk duo penguasa pasar.
merk macem suzuki mitsubishi dan isuzu kyknya ga trlalu pusing dengan passenger car...

krn liat aja biarpun suzuki passenger itu di jalan ga sbanyak toyota daihatsu, tp klo main ke toko bangunan atau pasar mahh mobil kbanyakan carry.

mitsubishi waktu passenger divisionnya lesu aja bertahan cm modal jualan truk dan elsapek...

main comm vehicle itu rasanya buat atpm lebih feasible untuk jangka panjang... selain dari angka mobilnya juga dari perputaran spare parts lebih cuan. mobil commercial itu life cycle nya lama dan biaya produksi partsnya jauh lebih rendah. gimana ngga cepet balik modal :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by IGedeAmat »

ChZ wrote: Tue Aug 25, 2020 2:34
bangrosi wrote: Mon Aug 24, 2020 17:47
patrickstar wrote:Suzuki itu unik ya om, bisa bertahan segala kondisi walau ngga kaya2 amat
Sesuai slogannya walaupun skr sdh berubah tapi tetap 'Inovasi Tiada Henti'

Bahkan di india toyota pun bekerjasama dgn suzuki utk rebrand mobil2 nya.

PR rumah utk suzuki semoga divisi roda dua diperbaiki sdh bosan dgn produk duo penguasa pasar.
merk macem suzuki mitsubishi dan isuzu kyknya ga trlalu pusing dengan passenger car...

krn liat aja biarpun suzuki passenger itu di jalan ga sbanyak toyota daihatsu, tp klo main ke toko bangunan atau pasar mahh mobil kbanyakan carry.

mitsubishi waktu passenger divisionnya lesu aja bertahan cm modal jualan truk dan elsapek...

main comm vehicle itu rasanya buat atpm lebih feasible untuk jangka panjang... selain dari angka mobilnya juga dari perputaran spare parts lebih cuan. mobil commercial itu life cycle nya lama dan biaya produksi partsnya jauh lebih rendah. gimana ngga cepet balik modal :mky_01:
dan konsumennya gak minta macem2 juga,
yang penting glinding, bodo amat gak ada AC Climate, dual Airbags,
atau bertahun2 gak ada facelift...
Seatbelt aja cuma karena biar gak ditilang, kalo gak wajib mah gak bakal ada,
dan konsumennya gak bakal minta juga...
:big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ChZ »

IGedeAmat wrote: Tue Aug 25, 2020 2:50
ChZ wrote: Tue Aug 25, 2020 2:34
bangrosi wrote: Mon Aug 24, 2020 17:47 Sesuai slogannya walaupun skr sdh berubah tapi tetap 'Inovasi Tiada Henti'

Bahkan di india toyota pun bekerjasama dgn suzuki utk rebrand mobil2 nya.

PR rumah utk suzuki semoga divisi roda dua diperbaiki sdh bosan dgn produk duo penguasa pasar.
merk macem suzuki mitsubishi dan isuzu kyknya ga trlalu pusing dengan passenger car...

krn liat aja biarpun suzuki passenger itu di jalan ga sbanyak toyota daihatsu, tp klo main ke toko bangunan atau pasar mahh mobil kbanyakan carry.

mitsubishi waktu passenger divisionnya lesu aja bertahan cm modal jualan truk dan elsapek...

main comm vehicle itu rasanya buat atpm lebih feasible untuk jangka panjang... selain dari angka mobilnya juga dari perputaran spare parts lebih cuan. mobil commercial itu life cycle nya lama dan biaya produksi partsnya jauh lebih rendah. gimana ngga cepet balik modal :mky_01:
dan konsumennya gak minta macem2 juga,
yang penting glinding, bodo amat gak ada AC Climate, dual Airbags,
atau bertahun2 gak ada facelift...
Seatbelt aja cuma karena biar gak ditilang, kalo gak wajib mah gak bakal ada,
dan konsumennya gak bakal minta juga...
:big_biglaugh:
konsumen comm itu cuma minta :
- payload gede
- mesin irit dan kuat nanjak
- maintenance mudah dan murah, bisa dipake sampe 10 abad berturut-turut tanpa rewel.

dibanding konsumen passenger :
- modelnya terkini
- interior mewah, build quality bagus, fitur banyak.
- mesinnya harus lari kenceng, irit, skaligus kuat nanjak...
- suspensi harus nyaman tapi stabil
- maintenance murah meriah mudah, klo bisa tidak ngebengkel
- bisa diisi BBM jelek

dan smua ini minta harganya semurah mungkin.

merk kya isuzu ga bikin panther baru, MUX lambat teknologinya, ya gak peduli... enak jualan elf ama traga :big_biglaugh: ngga perlu ngurusin ribetnya konsumen passenger
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1477
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by MSU »

ChZ wrote: Tue Aug 25, 2020 3:19
IGedeAmat wrote: Tue Aug 25, 2020 2:50
ChZ wrote: Tue Aug 25, 2020 2:34

merk macem suzuki mitsubishi dan isuzu kyknya ga trlalu pusing dengan passenger car...

krn liat aja biarpun suzuki passenger itu di jalan ga sbanyak toyota daihatsu, tp klo main ke toko bangunan atau pasar mahh mobil kbanyakan carry.

mitsubishi waktu passenger divisionnya lesu aja bertahan cm modal jualan truk dan elsapek...

main comm vehicle itu rasanya buat atpm lebih feasible untuk jangka panjang... selain dari angka mobilnya juga dari perputaran spare parts lebih cuan. mobil commercial itu life cycle nya lama dan biaya produksi partsnya jauh lebih rendah. gimana ngga cepet balik modal :mky_01:
dan konsumennya gak minta macem2 juga,
yang penting glinding, bodo amat gak ada AC Climate, dual Airbags,
atau bertahun2 gak ada facelift...
Seatbelt aja cuma karena biar gak ditilang, kalo gak wajib mah gak bakal ada,
dan konsumennya gak bakal minta juga...
:big_biglaugh:
konsumen comm itu cuma minta :
- payload gede
- mesin irit dan kuat nanjak
- maintenance mudah dan murah, bisa dipake sampe 10 abad berturut-turut tanpa rewel.

dibanding konsumen passenger :
- modelnya terkini
- interior mewah, build quality bagus, fitur banyak.
- mesinnya harus lari kenceng, irit, skaligus kuat nanjak...
- suspensi harus nyaman tapi stabil
- maintenance murah meriah mudah, klo bisa tidak ngebengkel
- bisa diisi BBM jelek

dan smua ini minta harganya semurah mungkin.

merk kya isuzu ga bikin panther baru, MUX lambat teknologinya, ya gak peduli... enak jualan elf ama traga :big_biglaugh: ngga perlu ngurusin ribetnya konsumen passenger
sayang2 juga...padahal image panther tu masih lengket sampe skrg
mgkn karena mahal invest utk bikin line up panther baru juga ya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by DOHC »

MSU wrote: Tue Aug 25, 2020 4:07
ChZ wrote: Tue Aug 25, 2020 3:19
IGedeAmat wrote: Tue Aug 25, 2020 2:50

dan konsumennya gak minta macem2 juga,
yang penting glinding, bodo amat gak ada AC Climate, dual Airbags,
atau bertahun2 gak ada facelift...
Seatbelt aja cuma karena biar gak ditilang, kalo gak wajib mah gak bakal ada,
dan konsumennya gak bakal minta juga...
:big_biglaugh:
konsumen comm itu cuma minta :
- payload gede
- mesin irit dan kuat nanjak
- maintenance mudah dan murah, bisa dipake sampe 10 abad berturut-turut tanpa rewel.

dibanding konsumen passenger :
- modelnya terkini
- interior mewah, build quality bagus, fitur banyak.
- mesinnya harus lari kenceng, irit, skaligus kuat nanjak...
- suspensi harus nyaman tapi stabil
- maintenance murah meriah mudah, klo bisa tidak ngebengkel
- bisa diisi BBM jelek

dan smua ini minta harganya semurah mungkin.

merk kya isuzu ga bikin panther baru, MUX lambat teknologinya, ya gak peduli... enak jualan elf ama traga :big_biglaugh: ngga perlu ngurusin ribetnya konsumen passenger
sayang2 juga...padahal image panther tu masih lengket sampe skrg
mgkn karena mahal invest utk bikin line up panther baru juga ya
Kan papa nya isusu ud punya anak emas yg laen utk passenger car disel, si almighty D4D, GD series..

Yakin seyakin nya saya kl isusu dikasi angin jg buat kembangin passenger car disel, yah kegerus lah si anak emas..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Tue Aug 25, 2020 6:53
MSU wrote: Tue Aug 25, 2020 4:07
sayang2 juga...padahal image panther tu masih lengket sampe skrg
mgkn karena mahal invest utk bikin line up panther baru juga ya
Kan papa nya isusu ud punya anak emas yg laen utk passenger car disel, si almighty D4D, GD series..

Yakin seyakin nya saya kl isusu dikasi angin jg buat kembangin passenger car disel, yah kegerus lah si anak emas..
tp kayaknya bener loh astra itu klo commercial jagoin isuzu bgt... ntah knp buat kelas truk tronton muatan gede lumayan sering liat giga atau elf msh pada kinyis2.

toyota kan truknya ampe mampus cm ada dyna a.k.a hino rebadge :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by DOHC »

ChZ wrote: Tue Aug 25, 2020 8:49
DOHC wrote: Tue Aug 25, 2020 6:53
MSU wrote: Tue Aug 25, 2020 4:07
sayang2 juga...padahal image panther tu masih lengket sampe skrg
mgkn karena mahal invest utk bikin line up panther baru juga ya
Kan papa nya isusu ud punya anak emas yg laen utk passenger car disel, si almighty D4D, GD series..

Yakin seyakin nya saya kl isusu dikasi angin jg buat kembangin passenger car disel, yah kegerus lah si anak emas..
tp kayaknya bener loh astra itu klo commercial jagoin isuzu bgt... ntah knp buat kelas truk tronton muatan gede lumayan sering liat giga atau elf msh pada kinyis2.

toyota kan truknya ampe mampus cm ada dyna a.k.a hino rebadge :mky_01:
yah mungkin itu emg strategi astra, dibagi2 kue nya biar ga saling makan

toh dgn kbagi2 gini, kan enak mreka dapet kue yg gede jadi nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by iwidiyanto »

coba browsing2 komentar om NR dulu ttg isuzu di Indonesia yg di tangan Astra. Akan terjawab mengapa nasib Isuzu di Indonesia seperti saat ini.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Turboman »

ChZ wrote:
DOHC wrote: Tue Aug 25, 2020 6:53
MSU wrote: Tue Aug 25, 2020 4:07
sayang2 juga...padahal image panther tu masih lengket sampe skrg
mgkn karena mahal invest utk bikin line up panther baru juga ya
Kan papa nya isusu ud punya anak emas yg laen utk passenger car disel, si almighty D4D, GD series..

Yakin seyakin nya saya kl isusu dikasi angin jg buat kembangin passenger car disel, yah kegerus lah si anak emas..
tp kayaknya bener loh astra itu klo commercial jagoin isuzu bgt... ntah knp buat kelas truk tronton muatan gede lumayan sering liat giga atau elf msh pada kinyis2.

toyota kan truknya ampe mampus cm ada dyna a.k.a hino rebadge :mky_01:
Isuzu Giga - ASII

SCANIA - UNTR

Truk grup Toyota (HINO) adanya di IMAS

wkwkwkwkw
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ChZ »

Turboman wrote: Sat Sep 12, 2020 1:26 Isuzu Giga - ASII

SCANIA - UNTR

Truk grup Toyota (HINO) adanya di IMAS

wkwkwkwkw
nah itu... yg punya grup toyota malah di grup sebelah... :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by P47hos »

https://www.facebook.com/groups/5404119 ... 348042941/

Ga heran ga ada yg bisa runtuhkan dominasi innova
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by benzz89 »

P47hos wrote:https://www.facebook.com/groups/5404119 ... 348042941/

Ga heran ga ada yg bisa runtuhkan dominasi innova
Ini pake snorkel kali yah? Kalau standard aja sih hebat banget itu ipah nya, mana mesinnya bensin lagi bukan diesel yang notabene lebih sulit mati mesinnya kalau trobos banjir
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1477
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by MSU »

benzz89 wrote: Mon Sep 14, 2020 2:17
P47hos wrote:https://www.facebook.com/groups/5404119 ... 348042941/

Ga heran ga ada yg bisa runtuhkan dominasi innova
Ini pake snorkel kali yah? Kalau standard aja sih hebat banget itu ipah nya, mana mesinnya bensin lagi bukan diesel yang notabene lebih sulit mati mesinnya kalau trobos banjir
kalo ga salah ada "snorkel" di dalam fender depan..menghadap ke arah pilar A
cukup panjang & tinggi snorkel-nya...masih bbrp puluh cm di atas ban
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by P47hos »

benzz89 wrote: Mon Sep 14, 2020 2:17
P47hos wrote:https://www.facebook.com/groups/5404119 ... 348042941/

Ga heran ga ada yg bisa runtuhkan dominasi innova
Ini pake snorkel kali yah? Kalau standard aja sih hebat banget itu ipah nya, mana mesinnya bensin lagi bukan diesel yang notabene lebih sulit mati mesinnya kalau trobos banjir
Klo dilihat di foto2 FB owner-nya, dari luar kondisi standar semua. makanya luar biasa juga