Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2810
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ginting » 15 Mar 2018, 17:09

patrickstar wrote:
15 Mar 2018, 16:59
Tats wrote:
15 Mar 2018, 15:15
Namun sy setuju om martin, sy merasa kurang nyaman dgn culture kerja org jepang di negaranya yg senioritas
Pernah kunjungan perusahaan ke jepang di salah satu perusahaan elektronik terbesar di sana dgn inisial "S"
CEO nya kalau makan di restoran dgn tamunya (kebetulan itu sy dan ayah sy), staff nya disuruh tunggu di luar ga dikasih apa2
Jangan salah, staff nya yg nunggu di luar itu udah punya jabatan sebagai head manager ke atas loh itu, umurnya 40-50 taunan
Dalam hati sy, "kalau bosnya kaku begini, Gimana caranya staff menyampaikan ide2 kreatif dan inovatifnya ya?"
Tinggal tunggu waktu aja deh...
Betul yg Om Tats bilang, salah satu faktor kekalahan Jepang vs Korsel ( salah satunya di dunia Elektronik ), disebabkan budaya kerja yg terlalu kaku.
Sehingga ide-ide dari generasi muda tidak terakomodir, jadinya pengembangannya susah.
Plusnya nasionalisme tinggi, kalo bisa seisi kantor di Indo diisi barang import Jepang semua.

Btw, ngomongin kondisi Jepang, semenjak Elektronik pada jatuh, Jepang mulai berubah haluan ke arah pariwisata, itu info dari Tour Guide saya.
Makanya sekrg harga tiket ke Jepang semakin murah, akses masuk kesana dipermudah. Ngga heran artis-artis pada berbondong-bondong kesana, bahkan yg rombongan Kantor banyak diarahkan kesana.
Semua ada masanya (siklusnya) oom..
kalau dulu Japan terkenal dengan manufacturers-nya, mungkin nanti abada ini Jepang dikenal dalam bisnis Hospitality.
Dan mereka punya modal kuat dalam hal budaya keramahan hormat kebersihan dll

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by evanbngdor » 15 Mar 2018, 17:11

coklatMetalik wrote:
15 Mar 2018, 16:18
Smp skrg kyknya sy lbh sering liat avanza all new drpd avanza grand new

Beda dgn ipah, sy lbh sering liat ANKI drpd dono
Beda segmen om. Pengguna ipah lebih memikirkan gengsi&usia ketimbang pengguna avanza.

So pasti ya lebih sering gonta-ganti dibanding pengguna avanza. Udah gitu kan antara ANKI&dono secara model udah beda jauh banget. Memicu orang buat ganti jd ANKI jg.

Kalo all new sama grand new avanza cuma facelift aja. Kalau nanti ganti model mungkin ya bakal jd banyak jg

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 404
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Michaelktp » 16 Apr 2018, 15:32

Pugman wrote:
20 Feb 2018, 17:15
Bukan hanya dari segi value, salah satu resep jitu Xpander yang memegang peranan penting adalah dimensi. Ini sudah jadi isu yang jamak dimana selama ini seolah lmpv harus compact yang di Amini oleh kompetitornya Ertiga dan Spin yang punya ukuran mirip. Andaikan dulu ertiga punya ukuran sebesar Xpander maka sebenarnya ertiga juga punya kesempatan menjegal Avanza.
Absolutely right,
Old Ertiga sewaktu launching pertana kali tahun 2012 sudah membuat PT. TAM kalang kabut dan segera menambahkan fitur safety SRS airbag dengan hanya kenaikan Rp 3 juta saja. Sementara ANA yang non airbags diskon besar sehingga RV nya jadi hancur lebur. Kebetulan kantor saya meminang ANA batch pertama di akhir 2011 untuk peremajaan Xenia 1.3 Xi 2004 waktu itu.
Hanya sayang gempuran Ertiga saat itu hanya mengandalkan M/T dan AC single blower CBU India. Padahal dengan 1 varian itu saja penjualan Ertiga sudah melebihi kesuksesan duet Escudo-Sidekick di era 90an dan menjadi mobil terlaris Suzuki sejak hadir di Indo DM. Saat konsumen Indo DM menantikan Ertiga A/T dan AC double blower, PT. SIS tidak bisa langsung memenuhinya karena suplai masih tergantung penuh dari Maruti India. Sementara di India sendiri, Ertiga juga booming banget sampai-sampai pabrik Suzuki 2W ( motor) India juga digunakan untuk merakit Ertiga. Akibatnya PT. SIS hanya bisa berjanji kepada konsumen dan euforia Ertiga perlahan memudar. Baru lha Ertiga A/T dan AC double blower meluncur mid 2013 dan CKD Indo. Bubar sudah perjuangan Ertiga untuk meruntuhkan Avanza saat itu. Dengan semakin dekatnya launching AN Ertiga di IIMS 2018 sebentar lagi, semoga PT. SIS bisa lebih all out dan belajar dari kegagalan Old Ertiga.
Sehingga menambah dalam keruntuhan dominasi Avanza yang sudah dilakukan oleh Xpander. We will see.

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by fabreguz » 16 Apr 2018, 20:52

se7 :big_exellent: :big_exellent:

kalo nti ada ertelu 1500 dijel turbo metik, bisa tambah nyungsep tenan ki apanja :mky_03: :mky_01:
Don't Imageate

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by fabreguz » 16 May 2018, 16:29

https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... april-2018

Xpander Masih Dipuncak, Avanza Turun 40 Persen Januari-April 2018
Jakarta, KOMPAS.com – Laporan bulanan dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), di segmen MPV sejuta umat atau low multi purpose vehicle ( LMPV), paling teratas masih Xpander. Jawara baru di LMPV ini berhasil memperoleh 29.069 unit Januari-April 2018, dengan pangsa pasar 31,03 persen. Khusus pada April pencapaian Xpander 7.097 unit, atau dari bulan sebelumnya (Maret) yang ada di angka 7.493 unit. LMPV Mitsubishi masih ditempel ketat oleh Avanza, yang wholesales-nya sebesar 28.330 unit. Model terlaris Toyota ini kebagian jatah 30,24 persen saja. Padahal pada periode yang sama tahun lalu, market share-nya mencapai 50 persen.

Avanza juga mengalami penurunan parah atau hampir terpangkas separuh (-40.51 persen) dari jualannya di Januari-April 2018. Entah apa strategi Toyota untuk bisa mengangkat lagi Avanza di segmen ini. Jauh pada posisi ketiga, ada Suzuki Ertiga yang distribusi ke dealernya sebanyak 11.652 unit, dengan market share 12 persen. Kemudian dua model terakhir di lima besar, ada Xenia dan Mobilio, yang masing-masing memperoleh 11.558 unit (12,34 persen), serta Mobilio 7.651 unit (8,17 persen). Secara keseluruhan, pasar MPV sejuta umat sendiri mencapai angka 93.690 unit periode Januari-April 2018. Angka tersebut turun sedikit atau 0,30 persen dibanding tahun lalu.
ngeri jg dampak xvender ke dominasi papanja [emo-police] [emo-police]
miksubizi lage on fire :mky_02: :mky_08:
sales 42tuner jg mulai sering dilibas oleh pajero spot ol nyu
semisal miksubizi niat skrg rilis horse olnyu reborn lage, spetine dominasi inopah bisa nyusul papanja nyungsep bablas angin e :mky_03: :mky_01:
Don't Imageate

User avatar
Harchi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 08 Dec 2012, 17:14

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Harchi » 16 May 2018, 20:14

Semisal euro 4 ke atas udah diberlakukan, kira2 yoyota masih bisa buat mobil entry level yg reliable ga ya? Soalnya kok rasa2nya mobil entry level toyota skrg (termasuk avanza) reliable gegara pake mesin teknologi jadul ya
If you can't stop thinking about it...buy it!!!

piw
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 23 Feb 2017, 10:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by piw » 16 May 2018, 20:39

Harchi wrote:
16 May 2018, 20:14
Semisal euro 4 ke atas udah diberlakukan, kira2 yoyota masih bisa buat mobil entry level yg reliable ga ya? Soalnya kok rasa2nya mobil entry level toyota skrg (termasuk avanza) reliable gegara pake mesin teknologi jadul ya
Kalau lihat spesifikasi mesin yg dipakai avanza sekaranf 1NRFE sudah support standart euro 4 bahkan bisa standart uero 5 setelah optimisasi mesinnya.
Seharusnya dari sisi realibilty tidak jauh berbeda dengan yg sekarang.

Tapi kalau lihat penjualan acanza sampai april, masih stabil di angka 6-7 rb per bulan.

Masih mantab untuk mobil yg belum dapat update beberapa tahun terakhir.

Link : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Toyota_NR_engine

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 404
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Michaelktp » 18 Aug 2018, 14:04

Kijang-Panther-Kuda dulunya populer disebut mobil niaga dan memang benar head to head. Istilah MPV baru mulai populer setelah lahirnya Avanza (LMPV) akhir 2003 dan Innova (Mid MPV) di 2004. So sekarang diperkeren dengan istilah MPV secara kan harga sudah keren hahaha. Jaman Now istilah niaga pindah ke mobil PU.
Sekarang Innova memang melenggang sendirian di segmen Mid-sized MPV ladder frame. Jelas dominasi tunggal secara
Panther (obsolete model) dan Kuda (total discontinue 2005) di Indo DM. Nissan GL 1.8L dan Honda Stream 1.7L jelas bukan head to head dengan Innova. Saking tidak adanya pesaing yang terjun di segmen Mid sized MPV ladder frame.
Mitsu Kuda seharusnya sudah meluncur di Indo DM tahun 1997 dan mundur lama karena terhadang krisis1998. Sehingga baru bisa meluncur Mid 1999 dengan harga yang jelas berbeda jauh dari rencana PT. KTB di akhir 1997. Dengan harga mobil yang semakin mahal tentu sudah agak terlambat selain kelemahan Mitsu di RV juga pada masa itu. Tentu konsumen lebih memperhitungkannya secara harga mobil naik hampir 3 kali lipat dan ini lha poin krusial Kuda susah bersaing di mobil niaga...ups Mid sized MPV ladder frame hahaha

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 732
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by lemonadelovers » 18 Aug 2018, 16:23

Mobil sekarang yg sama2 runtuh RV-nya :)

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 404
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Michaelktp » 21 Aug 2018, 16:56

lemonadelovers wrote:
18 Aug 2018, 16:23
Mobil sekarang yg sama2 runtuh RV-nya :)
Yup exatcly.
Kalau jaman now ya wajar mobil penumpang ambrol semua RV-nya. Secara APM sudah saling perang diskon sejak 2013. Memang harus maklum juga secara mereka memproduksi dan mengejar volume penjualan sudah seperti omprengan kejar setoran.. hahaha.

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 732
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by lemonadelovers » 21 Aug 2018, 17:03

Michaelktp wrote:
21 Aug 2018, 16:56
lemonadelovers wrote:
18 Aug 2018, 16:23
Mobil sekarang yg sama2 runtuh RV-nya :)
Yup exatcly.
Kalau jaman now ya wajar mobil penumpang ambrol semua RV-nya. Secara APM sudah saling perang diskon sejak 2013. Memang harus maklum juga secara mereka memproduksi dan mengejar volume penjualan sudah seperti omprengan kejar setoran.. hahaha.
ada faktor bunga mobil baru murah banget jd mobil seken harganya tertekan krna mobil seken bunganya jauh lebih tinggi, kan lucu klo kredit beli seken uang keluar setelah lunas malah jatuhnya lebih mahal drpd beli baru dengan asumsi pembelian kredit

marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 666
Joined: 04 Feb 2010, 15:44

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by marama » 17 Sep 2018, 09:15

https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... -awal-2019

Yang ngebet next gen avanza sptnya harus lebih bersabar lagi krn taun dpn yg keluar versi facelift nya, kebiasaan astra biasanya facelift terakhir buat next gen agar pasar nya g jenuh sementara

dsign1990
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1021
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by dsign1990 » 17 Sep 2018, 10:08

marama wrote:
17 Sep 2018, 09:15
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... -awal-2019

Yang ngebet next gen avanza sptnya harus lebih bersabar lagi krn taun dpn yg keluar versi facelift nya, kebiasaan astra biasanya facelift terakhir buat next gen agar pasar nya g jenuh sementara
kayaknya bakal launching desember soalnya gen 1 desember 2003 gen 2 desember 2011 , itu di artikel bilangnya " tapi diskusi lagi " soalnya kalau bilang akhir tahun ini ntar bikin current gen makin gak dilirik konsumen

Post Reply

Return to “MPV Types”