Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 623
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by fabreguz » 19 Dec 2013, 23:32

http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... za-innova-
Image
Image
Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Makin banyak model pesaing dari kompetitor.
VIVAnews - Gempuran kompetitor menghadirkan model pesaing di segmen mobil keluarga atau Multi Purpose Vehicle (MPV), rupanya belum bisa menyudahi dominasi pemain lama seperti Avanza dan Kijang Innova.

Menang itu bukan perkara mudah. Sebab, Toyota yang merupakan pemegang merek keduanya mobil itu sudah cukup pengalaman, bahkan salah satu pionir dalam pengembangan kendaraan keluarga atau MPV di Indonesia.

Sejak kemunculan segmen kendaraan keluarga di Indonesia di akhir 1970-an, Toyota termasuk yang berhasil memperbesar pasar segmen ini melalui Toyota Kijang.

Keberhasilan kendaraan ini di pasar, tidak hanya membuat Kijang mampu bertahan dan mendominasi pasar sampai generasi ke-5. Mobil ini juga telah melegenda dan menjadi ikon kendaraan keluarga Indonesia.

Kemampuan Toyota melahirkan MPV kembali terbukti saat meluncurkan Avanza pada 2004. Lahir dengan karakteristik nyaris sama dengan Kijang, Avanza langsung disambar konsumen ketika dilepar ke pasar.

Penjualan mobil ini langsung melejit dan sampai sekarang bertahan sebagai market leader di kelas entry level MPV 7 penumpang.

Hanya dalam waktu 9 tahun, penjualan Avanza berhasil menembus angka 1 juta unit. Satu rekor yang masih sulit disaingi mobil lain dari kompetitor.

Poin penting yang menjadikan daya saing utama MPV Toyota adalah resale value (harga penjualan kembali), cukup tinggi dibandingkan kendaraan lain.

Tak heran Innova dan Avanza mempunyai peminat yang tinggi di tengah masyarakat, termasuk di pasar mobil bekas.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kedua model ini menjadi penyumbang terbesar penjualan mobil bekas. Harga jual kembali Innova dan Avanza memang paling bagus. Ini juga yang membuat kami selalu ready stock, karena selalu dicari konsumen," komentar Senior Manager Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat, Herjanto Kosasih kepada VIVAnews, hari ini.

Selain itu, Avanza ditunjang oleh brand Toyota yang cukup familiar di masyarakat Indonesia dengan layanan purna jual lumayan lengkap.

Jika ditelisik, Avanza juga berbeda dengan pesaingnya yang sebagian besar menggunakan sistem gerak roda depan.

Dari sejak awal, MPV Toyota selalu didesain dengan sistem gerak roda belakang agar mempunyai tenaga tinggi dan lincah dalam berbagai lintasan, baik di perkotaan maupun daerah pinggiran atau pedesaan, serta kemampuan melintasi jalanan menanjak dengan mudah.

Keunggulan Avanza juga terletak pada sasis yang digunakan, yakni kombinasi sasis frame dan sasis semi monokok atau dikenal dengan sebutan 'UNIBODY'.

Nilai tambah dari sasis ini adalah kemampuannya menahan beban berat serta lebih kuat. Diklaim juga lebih stabil saat bermanuver dan lebih kuat menahan benturan.

Di samping itu, Innova maupun Avanza diklaim sebagai mobil tahan banjir karena ground clearance lebih tinggi.

Dengan berbagai keunggulan itu, tak heran Innova maupun Toyota Avanza juga semakin diterima oleh pasar global. Sebab, keduanya jadi penyumbang terbesar penjualan ekspor mobil nasional.

Tapi perlu diingat, dengan sejumlah keunggulan itu keduanya tidak boleh lengah. Mengingat kompetitor juga makin gencar berebut "kue" di segmen MPV, tentunya melihat celah kelemahan keduanya. Ditambah lagi konsumen kini makin kritis saat membeli mobil.
sesuai judul, kenapa ya ?
tahun segera berganti
tapi posisi market leader di low dan medium mpv ternyata tidak pernah berganti :mky_03: :mky_01:
sepanjang 2013 ini dikejutkan dengan gebrakan suzuki r3 yg beberapa x bisa menyodok peringkat 2 nasional.
tapi menjelang akhir tahun ini, spertine gebrakan pasar suzuki r3 kok mulai loyo ya ??? :big_think: :big_think:
apakah memang akan selalu begitu ? pesaing baru datang, menggebrak pasar tapi kemudian kembali takluk
lagi dan lagi dan lagi :big_childish: :big_childish:

tapi spertine tahun depan 2014 pertempuran low-medium mpv akan semakin keras
yg pasti tahun depan ada lagi lawan baru sperti honda mobilio, mpv datsun, suzuki er3 diesel, low-med mpv dari mitsubishi.
denger2 merk korea dan ford jg berminat masuk pertempuran low-medium mpv :big_exellent: :big_exellent:
mana yg mempunyai prospek paling besar dalam merebut posisi bagian kue terbesar di segmen mpv ? syukur syukur jika bisa mencetak sejarah pertama kali, pasti jadi produk top dan fenomenal abis deh :big_smoking: :big_smoking:
speri kalimat paling akhir yg dibold merah, konsumen semakin kritis dan bagaimana pun jg sekuat kuatnya suatu produk tetap pasti ada titik kelemahannya :big_sorry: :big_sorry:
atau memang posisi tidak akan pernah berubah ? :big_think: :big_think:
Don't Imageate

ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11900
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ricz » 20 Dec 2013, 00:12

Menurut gw, yakni:

1. Gegara Toyota udh memasuki pasar duluan
2. Krn ga ad pabrikan yg membuat MPV 7 seater RWD
3. Nama besar toyotanya itu sendiri

Gile ye, udh 10 taon sejak gw beli papanjah batch pertama selalu jd no.1...
2013 RM3 2.4
2009 KUN40 2.5

-semua ini hanya pendapat pribadi nubie semata. mohon maaf jika ada kesalahan-

User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: CMH USA
Daily Vehicle: Chevrolet_Silverado_1500_LT_Z71_4x4_2018

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by POS VETT » 20 Dec 2013, 05:04

Kijang memang tiada duanya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"QUINN A W"
"HKD 3070"

User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3210
Joined: 27 Mar 2013, 11:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Felixz_Yaris » 20 Dec 2013, 05:15

Krn, ipah dan apansa itu reliable. Masa bodoh dengan designnya. Asal reliable bakal dicari..
Trs, resale valuenya, dan terakhir krn,nama toyota. Service bagus dll...
[TYCI 917]
[YKC]

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4363
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by JESKONENG » 20 Dec 2013, 05:21

yg sangat jelas : segmen pasarnya avanza/xenia semakin tergerogoti oleh R3 dll
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1374
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Salvanost » 20 Dec 2013, 06:53

masih lama buat ngebantai Innova,
kalau ada mobil yg bisa bawa 12 orang kaya innova baru deh bisa kalahin :big_smoking:

itu salah satu alasan sampai sekarang keluarga saya senang jadiin innova (dulu kijang)
sebagai sarana transportasi operasional
kapasitas gede, daya tahan bagus, maintenance yg udah cukup familiar

avanza lebih gampang, tapi gimana cara ngalahinnya?
waktu yang akan menjawab
soalnya Toyota ga mungkin rela Avanza turun dari peringkat 1

tapi ga tau lagi ya sekarang, liat image toyota innova terbaru yang makin premium
mungkin abis innova ini, ganti ke mobil travel

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2464
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by marmut » 20 Dec 2013, 07:09

POS VETT wrote:Kijang memang tiada duanya.
menjelang tahun 90an akhir, ikutan drag race di sentul pake kijang. start berjalan mulus. saat pindah ke 2nd gear, chicken sh#t! nggak mau masuk gigi 2. terpaksa langsung masuk 3rd gear dan tertinggal 1 body* oleh lawan.
kijang memang tiada 2 nya. benar2 tiada gigi 2nya.



*body 747 jumbo jet
pipes - cigars - coffee

User avatar
peace
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 31 Jul 2012, 11:31

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by peace » 20 Dec 2013, 07:41

Belum lagi perusahaan pilihan untuk mobil paling cocok avxen innova... Memang pilihan mobil pribadi semkain nersaing,tapi u/ kerjaan imo belum ada saingan

User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 824
Joined: 09 Sep 2013, 18:59

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by batumakam » 20 Dec 2013, 07:44

1.karna merknya toyota :mky_02:
2.tahan banting n 'tahan lama' coyy :mky_03:
3.resale value yg mayan bagus dibanding merk2 sejawatnya :big_grin:
walau soal rv sekarang yoyota udah agak lemah,gak kayak dulu yg marginnya jauh dari kawan2nya dari segi mobil 2nd :big_childish:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....

User avatar
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 841
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by mr_mytplx » 20 Dec 2013, 08:03

batumakam wrote:1.karna merknya toyota :mky_02:
2.tahan banting n 'tahan lama' coyy :mky_03:
3.resale value yg mayan bagus dibanding merk2 sejawatnya :big_grin:
walau soal rv sekarang yoyota udah agak lemah,gak kayak dulu yg marginnya jauh dari kawan2nya dari segi mobil 2nd :big_childish:
mungkin karena om batumakan kurang giat bekerja dan beriklan.... :big_weee:

:ngacir: :ngacir: :ngacir:

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11046
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by VanzMatic » 20 Dec 2013, 08:27

Mirip mirip dengan pertarungan antara Popmie dan Sedaap Cup.

Sejak Sedaap Cup meluncur, sempat dimana mana penjual asongan banyak jualin Sedaap cup. Bahkan saat mudik, banyak yang menjajakan merk baru ini.

Popmie jelas nggamau turun tahta. Mie nya dibanyakin, ada potongan daging juga didalamnya, meniru Sedaapcup, bahkan potongan bakso tipisnya sedikit tebal dan tambah satu potong, plus upgrade rasa yg lebih enak lagi, merubah desain produk dan bim salabim, sekarang penjual asongan makin banyak yang jual popmie lagi.

Pelajarannya:
Selama market leader mau sedikit memberi lebih kepada konsumen, dengan juga meniru pesaing, pelanggan lama nya yang setia akan melirik kembali dan tergoda untuk mencicipi cup.... eh... produknya.

Ibaratnya, ganti casing, tambah fitur dikit, harga naik dikiit, babay pesaing...
:big_grin:

IMHO..CMIIW..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 824
Joined: 09 Sep 2013, 18:59

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by batumakam » 20 Dec 2013, 08:34

mr_mytplx wrote:
batumakam wrote:1.karna merknya toyota :mky_02:
2.tahan banting n 'tahan lama' coyy :mky_03:
3.resale value yg mayan bagus dibanding merk2 sejawatnya :big_grin:
walau soal rv sekarang yoyota udah agak lemah,gak kayak dulu yg marginnya jauh dari kawan2nya dari segi mobil 2nd :big_childish:
mungkin karena om batumakan kurang giat bekerja dan beriklan.... :big_weee:

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
enak aja ane bukan sales batumakam kalik :mky_05: ini id terinspirasi dari mobil paporit ane gtr-r35 :mky_02: sayang lom kesampaian punya :mky_01: kalo nissan yg laen sih ogah :big_slap: boilnya bagus2 tapi sayang kualitas serpis dan mekaniknya menyedihkan :big_slap:
@om VM bener juga tuh,, modal tambah airbag tu avanza langsung melejit lagi :big_slap: sayang gak diikuti sama ipah dono,,, :big_slap: muke gile tu moncongnya :mky_07:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....

User avatar
walid_007
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2798
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: pekalongan, indonesia

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by walid_007 » 20 Dec 2013, 09:02

Ahir2 ini liat muka ipah dono kok bagus juga yak,,, malah gnki biasa kelihatan tipis

Oh ya yg bagus itu yg v,,, banyak chrome2 nya, smp rumah fog lamp pun ada....


Udah bnyak bgt berkeliaran
Image

LGX
the legend of toyota

User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: 16 Dec 2013, 07:24
Location: Indonesia

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by axala » 20 Dec 2013, 09:22

walid_007 wrote:Ahir2 ini liat muka ipah dono kok bagus juga yak,,, malah gnki biasa kelihatan tipis

Oh ya yg bagus itu yg v,,, banyak chrome2 nya, smp rumah fog lamp pun ada....


Udah bnyak bgt berkeliaran
Masalahnya tempelan yg kaya epalia itu yg bikin ipah gt semakin ngenes tampangnya

innova sekarang bisa diibaratkan org berumur yg penuh kosmetik biar keliatan muda cuma sayangnya kosmetiknya over

kalo innova itu diibaratkan orang maka ini lah innova
Image

no offense buat para pemilik ipah gt( muhun maap sebesar2nya ) :mky_01:
Pursuit of Perfection

User avatar
walid_007
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2798
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: pekalongan, indonesia

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by walid_007 » 20 Dec 2013, 09:33

Mmm ,, emang gambar ga bersahabat buat dono
Jika lihat penjualan 5000 unit ,, mmmm rasanya kga salah deh klo ipah stil looks good
Image

LGX
the legend of toyota

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11046
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by VanzMatic » 20 Dec 2013, 10:03

walid_007 wrote:Mmm ,, emang gambar ga bersahabat buat dono
Jika lihat penjualan 5000 unit ,, mmmm rasanya kga salah deh klo ipah stil looks good
Seenggaknya, menurut analisa sok tau ala nubie jadul macam ane, orang yg beli ipah gelambir,(mungkiin) merasa kekurangbagusan eksterior masih ngga parah parah amat kalu dibanding trade off nya berupa kelebihan reliability, bengkel partikelir yang bisa garap, dan kemudahan suku cadang, serta masih perkasa nenggak bbm busuk disini.
IMHO, CMIIW...

Daaan...last but not least, masi bisa angkut ayah, ibu, adek, kaka, aa' teteh, uwak...dll dll dll...
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
1500cc
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 16 Dec 2013, 17:10

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by 1500cc » 20 Dec 2013, 11:22

Masukkan ane seorang customer yang beralih dari apanjah ke Spin, sebenarnya ane hampir batal ambil Spin dan tetap beli apanjah feslip dikarenakan keluarga ane mindset nya paling aman (dan memang sebenarnya iya) ambil mobil merek Toyota. Merek sudah besar, lebih terjamin after sales nya. Pokoknya udah dapat peace of mind deh. Namun akhirnya kita beralih ke Spin karena selain model yang fresh, fitur2 secara keseluruhan juga lebih unggul. Mereknya sendiri ngga gurem2 amat juga. Tentu kita 'gambling' sama Spin, baik dari segi after sales, harga jual bekas, kualitas jangka panjang. Namun sejauh ini kita ngga menyesal :D

Intinya berdasarkan pengalaman ane ketika memilih pengganti apanjah yang sudah berumur 5 thn, menurut ane mindset konsumen Indonesia kebanyakan belum berani mencoba yang baru, mendingan ambil yang aman2 aja.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16888
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Turboman » 20 Dec 2013, 11:30

Saya termasuk yg sgt berharap akan munculnya kompetitor Ipah yg setara, MPV steel ladder - Diesel yg reliable dgn parts terjangkau

Well, utk bisa sukses menjadi penguasa pasar itu banyak sekali faktor yg berperan, aspek mobilnya sendiri hanyalah 1 aspek dari sekian puluh aspek lainnya, harus diakui TAM berhasil membangun Ekosistem yg hebat utk kelangsungan hidup MPV MPV nya di Indonesia

Kalau di laut kita mengenal ekosistem yg hebat spt di Raja Ampat atau Great Barrier Reef misalnya, ekosistem kesuksesan eksistensi pemasaran sebuah mobil di Indonesia ditunjang oleh :
- Ketersediaan parts & harga parts (supply chain utk users), dimana TAM berinvestasi besar utk hal ini - spare parts centre maha besar
- Jaringan BeRes
- Jaringan pemasaran (showroom)
- Kapasitas produksi
- QC product
- Jaringan pemasok komponen utk TMMIN (supply chain utk manufacturer)
- Produk yg sesuai kebutuhan publik dan reliable

Ekosistem ini semakin lengkap dengan adanya :
- IU parts yg main parts Toyota
- Bengkel2 swasta spesialis Toyota
- Bertebarannya toko toko parts Toyota sampai ke pelosok
- Bertebarannya spare parts Kw Toyota

Well....Toyota sukses utk di sektor MPV / sebagian kendaraan penumpang, tapi utk truk 3/4 dia juga gak bisa lawan si Kepala Koneng........dimana ekosistem yg terbentuk utk si kepala kuning juga sudah demikian hebat.

Hal yang mirip di sektor lain, bisa kita lihat amazon.com......mengapa amazon bisa menjadi maharaja online store.

Buat para pemain yg ingin menumbangkan dominasi Toyota di sektor MPV memang nggak mudah, sama juga utk sektor truk 3/4 si yellow head.

IMO & CMIIW


P.S. :
Penjualan Pansah / Ipah juga disumbang pembelian oleh para korporasi utk fleet-nya serta Persh.2 rental skala besar utk Corporate rental cars.

Persh2 Korea di sini aja pakeknya juga Ipah / Camry........knp ga pake Hyundai / KIA ?

User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1161
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Xous » 20 Dec 2013, 11:59

Bicara dominasi mereka, pagi ini ane d buat pusing ketika hopeng ane tlp dan berkata, 200 jeti, sby, mbl baru apa neh slaen apanja. tp dgn kemudahan d jual kembali, daya tahan part, performa mirip spt avz. Hbs dia uda mabok kena avz. saudara dia uda pake smua, klo dia pake jg, bener2 kyk opice rental rmhnya dia. *fenomena avz.

User avatar
1500cc
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 16 Dec 2013, 17:10

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by 1500cc » 20 Dec 2013, 12:10

Paling r3 om alternatifnya atau GL.... :big_think:

User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: 23 Dec 2012, 09:30

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by g4ndalf » 20 Dec 2013, 12:37

Avanza karena usernya banyak, spare part kw banyak, inova karena tahan solar bensin busuk.

Yg jelas dari kedua mobil di atas, ride quality tdk bagus, innova masih mending, tapi kalau avanza, ampun deh. Mohon maaf bagi pemilik avanza, opini pribadi saya. Tp bandelnya dan operating costs yg murah harus diakui. Kalau semisal saya perlu armada fleet transporter pilihan saya juga kedua merk di atas.

But on a personal basis, mending ertiga, atau livina. Innova bensin ok, kalau diesel stlh agak lama goyangan terasa juga.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16888
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Turboman » 20 Dec 2013, 12:56

Innova sih kalo dalam kondisi std faktor comfort so so karena :
- Ban std nya type yg load factor tinggi alias kompon keras
- Per belakang type per utk nahan beban, model ulir renggang2 / bukan Progressive rate spring (alhasil bantingan kaku / empuk tapi ngayun)

Membuat Ipah jadi lebih nyaman ? Gampang.......

- Per belakang Ipah ganti per MB W123 yg Progressive rate spring (potong 1,5 - 2 ulir)
- Shock HB DT-1
- Ban yg komponnya agak empuk / comfort
- Utk handling = install UnderBrace / Rear Sway Bar

Lgs beda bumi - langit dibanding aslinya.......hehehehehe

Enaknya ya mobil sejuta umat : "apps apps" utk peningkatan kinerja mesin / suspensi / rem mudah didapat

*Bukan seles Ipah*

twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 577
Joined: 09 Apr 2008, 16:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by twa » 20 Dec 2013, 12:58

Turboman wrote:Saya termasuk yg sgt berharap akan munculnya kompetitor Ipah yg setara, MPV steel ladder - Diesel yg reliable dgn parts terjangkau

Well, utk bisa sukses menjadi penguasa pasar itu banyak sekali faktor yg berperan, aspek mobilnya sendiri hanyalah 1 aspek dari sekian puluh aspek lainnya, harus diakui TAM berhasil membangun Ekosistem yg hebat utk kelangsungan hidup MPV MPV nya di Indonesia

Kalau di laut kita mengenal ekosistem yg hebat spt di Raja Ampat atau Great Barrier Reef misalnya, ekosistem kesuksesan eksistensi pemasaran sebuah mobil di Indonesia ditunjang oleh :
- Ketersediaan parts & harga parts (supply chain utk users), dimana TAM berinvestasi besar utk hal ini - spare parts centre maha besar
- Jaringan BeRes
- Jaringan pemasaran (showroom)
- Kapasitas produksi
- QC product
- Jaringan pemasok komponen utk TMMIN (supply chain utk manufacturer)
- Produk yg sesuai kebutuhan publik dan reliable

Ekosistem ini semakin lengkap dengan adanya :
- IU parts yg main parts Toyota
- Bengkel2 swasta spesialis Toyota
- Bertebarannya toko toko parts Toyota sampai ke pelosok
- Bertebarannya spare parts Kw Toyota

Well....Toyota sukses utk di sektor MPV / sebagian kendaraan penumpang, tapi utk truk 3/4 dia juga gak bisa lawan si Kepala Koneng........dimana ekosistem yg terbentuk utk si kepala kuning juga sudah demikian hebat.

Hal yang mirip di sektor lain, bisa kita lihat amazon.com......mengapa amazon bisa menjadi maharaja online store.

Buat para pemain yg ingin menumbangkan dominasi Toyota di sektor MPV memang nggak mudah, sama juga utk sektor truk 3/4 si yellow head.

IMO & CMIIW


P.S. :
Penjualan Pansah / Ipah juga disumbang pembelian oleh para korporasi utk fleet-nya serta Persh.2 rental skala besar utk Corporate rental cars.

Persh2 Korea di sini aja pakeknya juga Ipah / Camry........knp ga pake Hyundai / KIA ?
bener banget om, dikantor juga mobil dinas semua toyota dr fortie, ipah sampai yaris tapi apanzah kagak :mrgreen:
kalo mobil niaga ya mitsu lah, tiap kali peremajaan pas nanya ke supir2 semua maunya mitsu lagi ( mesinnya bandel )
sayang mitsu ngak ada BV akhirnya pas nambah mobil kecil ambil apv BV.

User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: 16 Aug 2008, 06:31
Location: Jakarta Timur

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by an15wn » 20 Dec 2013, 13:28

Kalo dari jawaban Oom Turbo, berarti intinya adalah merk Toyotanya sendiri, ya. Buktinya, mobil kembarannya yg dijual oleh di Dai gak sanggup mempertahankan prestasinya. Setelah digeser R3, terus ditendang ama lcgc. Sedangkan avanza nyaris steady aja segitu jualannya.

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8672
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by y_anjasrana » 20 Dec 2013, 13:41

an15wn wrote:Kalo dari jawaban Oom Turbo, berarti intinya adalah merk Toyotanya sendiri, ya. Buktinya, mobil kembarannya yg dijual oleh di Dai gak sanggup mempertahankan prestasinya. Setelah digeser R3, terus ditendang ama lcgc. Sedangkan avanza nyaris steady aja segitu jualannya.
ASS toyota memang toph dah....
Accurate V5 Accounting System Consultant

Post Reply

Return to “MPV Types”